tire inflator ..... belom kebeli .... ehem
Koleksi hand tools [Part 10]
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11317
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4579
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
tiap ganti coolant apakah perlu lepas baut bleeder ?DOHC wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 3:21kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbahProfith83 wrote: ↑Tue Mar 01, 2022 1:50
Saya kecewa ganti di 4.5 thn padahal buku manual bisa 10 tahun. Kebayang bagaimana tuh termostat dan pompa air radiator kalau 10 tahun.
Sebenarnya 4.5 thn tidak ada tanda tanda biang karat sama sekali, cuma gak sukanya rada butek tuh coolant, sepertinya cairan kimia sudah terdegradasi lumayan
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3925
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3925
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Kalo menurut nubi perlu mbah... (Khusus yg ada baut bleeder udara). Kalo ga ada bautnya mah ga perluProfith83 wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 5:59tiap ganti coolant apakah perlu lepas baut bleeder ?DOHC wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 3:21kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbahProfith83 wrote: ↑Tue Mar 01, 2022 1:50
Saya kecewa ganti di 4.5 thn padahal buku manual bisa 10 tahun. Kebayang bagaimana tuh termostat dan pompa air radiator kalau 10 tahun.
Sebenarnya 4.5 thn tidak ada tanda tanda biang karat sama sekali, cuma gak sukanya rada butek tuh coolant, sepertinya cairan kimia sudah terdegradasi lumayan
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4579
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Kalau saya sudah terlanjur ganti, apakah perlu dibuka baut bleeder nya yah. supaya kalau ada udara terperangkap bisa keluar?yanuarra wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 6:38Kalo menurut nubi perlu mbah... (Khusus yg ada baut bleeder udara). Kalo ga ada bautnya mah ga perluProfith83 wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 5:59tiap ganti coolant apakah perlu lepas baut bleeder ?DOHC wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 3:21
kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbah
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11317
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
yg benzene beda mbahqueeeee .....Profith83 wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 5:59tiap ganti coolant apakah perlu lepas baut bleeder ?DOHC wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 3:21kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbahProfith83 wrote: ↑Tue Mar 01, 2022 1:50
Saya kecewa ganti di 4.5 thn padahal buku manual bisa 10 tahun. Kebayang bagaimana tuh termostat dan pompa air radiator kalau 10 tahun.
Sebenarnya 4.5 thn tidak ada tanda tanda biang karat sama sekali, cuma gak sukanya rada butek tuh coolant, sepertinya cairan kimia sudah terdegradasi lumayan
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11013
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11013
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
hmmm.... dateng juga mainan baru....
harga kerehore, lumayan buat punya-punya...
harga kerehore, lumayan buat punya-punya...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2916
- Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
- Location: Tangerang Selatan
- Daily Vehicle: Delman
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Ini kalau ada mesin nakal gabisa diservis, langsung dibelek gerinda terus jual ketengan kang?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3925
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11317
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4579
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Siap mbah, kalau 2 thn sekali?DOHC wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 3:21kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbahProfith83 wrote: ↑Tue Mar 01, 2022 1:50
Saya kecewa ganti di 4.5 thn padahal buku manual bisa 10 tahun. Kebayang bagaimana tuh termostat dan pompa air radiator kalau 10 tahun.
Sebenarnya 4.5 thn tidak ada tanda tanda biang karat sama sekali, cuma gak sukanya rada butek tuh coolant, sepertinya cairan kimia sudah terdegradasi lumayan
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah
Gaya nawar di pasar ...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4579
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Siap mbah.... maap murid bodoh banyak tanya ... kuatir overhead saja.Omnibus wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 6:54yg benzene beda mbahqueeeee .....Profith83 wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 5:59tiap ganti coolant apakah perlu lepas baut bleeder ?DOHC wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 3:21
kl butek itu, biasa bsa karena 2 macem mbah
yg pertama, coolant nya mengandung silicate dan / atau phospate
yg kedua, bahan organic acid nya yg bereaksi dgn mineral dari aer ledeng (makanya dsaranin pake distiled water) (mungkin ini biar mbah josomba yg ahli kimia jelasin lebi detil)
all in all, mo coolant jenis apapun, bagusan ganti lebi sering, even yg kelas SLLC skalipun... dulu inofa benzene jadul kta orang, sil water pump jebol di odo 80an rebu, pipa bypass coolant yg jadi kerupuk, dan radiator pas dibuka, buanyakkkk endapan2 merah
Nanti kalau VRZ ganti coolant... ingin tahu keluar berapa liter dan masuk berapa liter.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11317
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11013
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
ndak mbah.
yang AEG dibawa ama yang punya. berawal cordless impact dibawa, trus gerinda, lama-lama tinggal saya berduaan sama drum oli bekas dowang disitu....
mangka dari itu perlahan nyicil buat pribadi. yaaaah, sapa tau pemilik lahan di kawasan jaksel berubah pikiran dan nawarin saya ikut disana, jadi sudah punya modal sedikit.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11013
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11317
- Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
xixixixi ..... yg sy bingung kan kemaren mbah tanpa tau sop aja main sikat. skrg udah dikasih info sop nya malah jiper buka bleeder valve. nanya lagi sono sini piye toh.
kita bantu jij coba2 ya mbah, kl ternyata salah n perlu improvisasi monmaap kita jg belom pernah.
tenang dulu. skrg tinggal buka (waktu mesin dingin) bleeder valve semua trus tambahin sampai luber dr reservoir. pas posisi luber pastikan bleeder yg di atas intake manifold keluar air tanpa gelembung. artinya sdh penuh tuh yg di mesin n di jalur. tutuplah bleed valve itu. sedangkan bleed valve yg di reservoir jangan ditutup dulu krn msh hrs keluarin angin yg diatas radiator. kl tutup reservoir (tutup radiator yg besar) boleh ditutup.
skrg start engine, nyalain heater blower ke suhu paling tinggi kl mobilnya dilengkapi heater. tunggu deh sampai suhu kerja normal (thermostat terbuka), nanti dr bleeder yg di reservoir keluar tuh gelembung2 udara, angin palsu keluar artinya. kl sdh ga keluar boleh gas2 sampai rpm 2000 berulang2, biasanya msh ada yg keluar. ibarat lg mules itu angin ketahan sampai kita siap utk tembak rudal. waakakakaka
nah kl udah ga ada lagi gelembung, matikan mesin. tunggu dingin mesinnya. terakhir cek level coolant nya sampai batas F (artinya kl kurang ditambah, kl kelebihan disedot dr reservoir). abis itu tutup deh bleeder yg di reservoir (ada torque spec nya tuh kl ocd tp sy lupa brp).
*isi diluar tanggung jawab redaksi ya. disclaimer on.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3925
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Mbah suhu, brgkli ada info perawatan sistem wiper gitu.
Itu benda bergerak dan kayanya mekanismenya musti ada yg di bersihkan trus dikasih grease?
Itu benda bergerak dan kayanya mekanismenya musti ada yg di bersihkan trus dikasih grease?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3925
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11013
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3925
- Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11013
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 625
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
mbah.. saya request donk...Omnibus wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 9:50
xixixixi ..... yg sy bingung kan kemaren mbah tanpa tau sop aja main sikat. skrg udah dikasih info sop nya malah jiper buka bleeder valve. nanya lagi sono sini piye toh.
kita bantu jij coba2 ya mbah, kl ternyata salah n perlu improvisasi monmaap kita jg belom pernah.
tenang dulu. skrg tinggal buka (waktu mesin dingin) bleeder valve semua trus tambahin sampai luber dr reservoir. pas posisi luber pastikan bleeder yg di atas intake manifold keluar air tanpa gelembung. artinya sdh penuh tuh yg di mesin n di jalur. tutuplah bleed valve itu. sedangkan bleed valve yg di reservoir jangan ditutup dulu krn msh hrs keluarin angin yg diatas radiator. kl tutup reservoir (tutup radiator yg besar) boleh ditutup.
skrg start engine, nyalain heater blower ke suhu paling tinggi kl mobilnya dilengkapi heater. tunggu deh sampai suhu kerja normal (thermostat terbuka), nanti dr bleeder yg di reservoir keluar tuh gelembung2 udara, angin palsu keluar artinya. kl sdh ga keluar boleh gas2 sampai rpm 2000 berulang2, biasanya msh ada yg keluar. ibarat lg mules itu angin ketahan sampai kita siap utk tembak rudal. waakakakaka
nah kl udah ga ada lagi gelembung, matikan mesin. tunggu dingin mesinnya. terakhir cek level coolant nya sampai batas F (artinya kl kurang ditambah, kl kelebihan disedot dr reservoir). abis itu tutup deh bleeder yg di reservoir (ada torque spec nya tuh kl ocd tp sy lupa brp).
*isi diluar tanggung jawab redaksi ya. disclaimer on.
kalo cara bongpas motor buat cairan wiper/washer, itu gmn caranya? maksudnya, ada hal2 general yg perlu diperhatikan?
soale cairan wipernya ra metu2... tanya sana sini, katanya motornya..
sy kira motor wiper cuma buat penggeraknya.. trnyata ada buat squirternya.. saya kira selama ini pake pompa
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11013
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
Poporing wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 14:17
mbah.. saya request donk...
kalo cara bongpas motor buat cairan wiper/washer, itu gmn caranya? maksudnya, ada hal2 general yg perlu diperhatikan?
soale cairan wipernya ra metu2... tanya sana sini, katanya motornya..
sy kira motor wiper cuma buat penggeraknya.. trnyata ada buat squirternya.. saya kira selama ini pake pompa
bukan mbah ono tapi numpang jawap.
air wiper nggak keluar bisa karena :
1. nosel mampet
2. selang lepas/digigit tikus/bocor
3. dinamo di tabung air wiper macet/tidak fungsi
4. one way valve mampet
husus nomer 4, nggak semua mobil pake.
coba kondisi wiper diangkat, KOEO (key on engine off), tarik tuas wiper.
ada bunyi denging?
kalo ada, dinamo air wiper aman. tinggal periksa nomer 1 dan 2.
kalo gaada bunyi denging, dinamo bisa mati, bisa juga kabelnya lepas/putus.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Sun Jul 19, 2020 13:42
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner vnt
Re: Koleksi hand tools [Part 10]
mbah suhu, request buat 2kd dong. bleeder di mesin sebelah mana, nemunya yg di atas radiator.Omnibus wrote: ↑Wed Mar 02, 2022 9:50
xixixixi ..... yg sy bingung kan kemaren mbah tanpa tau sop aja main sikat. skrg udah dikasih info sop nya malah jiper buka bleeder valve. nanya lagi sono sini piye toh.
kita bantu jij coba2 ya mbah, kl ternyata salah n perlu improvisasi monmaap kita jg belom pernah.
tenang dulu. skrg tinggal buka (waktu mesin dingin) bleeder valve semua trus tambahin sampai luber dr reservoir. pas posisi luber pastikan bleeder yg di atas intake manifold keluar air tanpa gelembung. artinya sdh penuh tuh yg di mesin n di jalur. tutuplah bleed valve itu. sedangkan bleed valve yg di reservoir jangan ditutup dulu krn msh hrs keluarin angin yg diatas radiator. kl tutup reservoir (tutup radiator yg besar) boleh ditutup.
skrg start engine, nyalain heater blower ke suhu paling tinggi kl mobilnya dilengkapi heater. tunggu deh sampai suhu kerja normal (thermostat terbuka), nanti dr bleeder yg di reservoir keluar tuh gelembung2 udara, angin palsu keluar artinya. kl sdh ga keluar boleh gas2 sampai rpm 2000 berulang2, biasanya msh ada yg keluar. ibarat lg mules itu angin ketahan sampai kita siap utk tembak rudal. waakakakaka
nah kl udah ga ada lagi gelembung, matikan mesin. tunggu dingin mesinnya. terakhir cek level coolant nya sampai batas F (artinya kl kurang ditambah, kl kelebihan disedot dr reservoir). abis itu tutup deh bleeder yg di reservoir (ada torque spec nya tuh kl ocd tp sy lupa brp).
*isi diluar tanggung jawab redaksi ya. disclaimer on.