ChZ wrote: ↑14 Mar 2022, 09:56
gw yang bingung tuh gimana si duo astra ngetes ni mobil waktu tahap prototype. termasuk unit early batch yang lain koq kayaknya kurang mateng begitu udah sampe konsumen (duo 2gd, veloz/avanza). kalo honda sih glitch nya biasa di assembling bukan di mekanikal dan vendor partsnya kurang oke (karet karetnya HRV, tombol tuas transmisi CRV)
pdhl itu isu yang sebenernya kalo beneran isu, ketauan waktu tahap uji prototype. prototype unit kan udah dianggap final product. ngetes nya jg pasti lama lama sampe ratusan ribu kilo lah gak mungkin cuma muter di jakarta doank.
apa ya ngetesnya cuma ke luar kota naek tol beres gak ada masalah
harusnya bukan ke prototype test ya, kalau unit prototype atau pilotnya dibuat sesuai standar/benar sih pasti lolos sesuai yg diinginkan manufaktur.
Kayaknya lebih kepada production test nya, yg pusing saat ada model baru harusnya bukan hanya orang yg develop product, tapi orang yg ngurus assembly line nya. Gimana bisa in line dengan production line yg ada, gimana programming/work procedure bisa diubah atau ditambahkan untuk model baru dalam production line.
spot weld error begini lebih kepada production line error kayaknya, ada deviasi atau perubahan yg tidak terkontrol, ganti tools/system dll. Lalu Mungkin juga tidak ada update/revisi ke orang Quality Control sehingga ketika tidak align spot weld nya tidak menjadi temuan.
Kalau masalah ketat tidak ketat, saya sih yakin toyota pasti ketat dalam QC, sesuai dengan guidance atau parameter yg ditentukan ya. Apalagi ini bukan manufaktur kemarin sore.
Yang pasti sih ini njelimet repairnya, kasian orang bengkel. Mungkin Tools dan prosedur perbaikannya tidak semua bengkel punya atau terbiasa