[NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kunaskun »

vipere wrote: Sun Mar 13, 2022 11:59 Kok bisa dapet rakitan desember ,om ? bukannya desember sudah gak ada produksi ya ?
saya pembelian akhir desember, terima mobil januari. cek vin, eh masuk recall. kayaknya dikasih sisa stok lama.
saya juga bingung, kok masih ada ya. waktu beli memang lumayan banyak cerita :big_biglaugh: jadi dapet unit "inden" dari pabrik bukan stok dealer.
kalau mau tahu rakitan kiraa2 kapan dari part yg terpasang, paling gampang itu dari headlamp, ada stiker tertera stock date kapan.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by b0ku »

kunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 11:38
sebetulnya ini issue sudah lama muncul di FB Group Raize Rocky Indonesia. seingat saya dari foto yang beredar itu ada 2 unit yg kejadian mirip, satu kiri satu kanan. kalau dulu disebutnya: strut tower jebol. perbaikan garansi body repair.

memang ajaib si gara2 spot welding salah titik. bisa jadi robot yang spot welding itu lagi mabok atau gelombang pertama masih orang yang spot weld jadi agak meleng2 dikit terus masih masuk toleransi, eh ga taunya failure ketika hantem lobang. atau bisa jadi juga jumlah titik spot weld itu kurang, karena Daihatsu bilang total spot welding akan ditambah jadi 25 titik, sebelumnya 16 titik.

yg bikin repot itu lokasinya, dari pengamatan saya, mesti bongkar fender, bumper, front suspension dan kiri kanan. makanya waktu pekerjaan 7-8 jam kerja = seharian kalau kelar. berarti 2 hari baru kelar. dan sepertinya diganti itu fender apron-nya / dudukan sokbreker depan bagian atas. karena banyak member FB Grup diatas yang sharing spot weld yg meleset itu sesuai foto diatas yang "Pre Oktober" jadi tidak mungkin ditambah titik spot weld karena memang meleset banget. sepertinya tidak butuh repaint ya mungkin cukup di seal ulang saja agar tidak berkarat.

untung Rocky saya rakitan Desember 2021 dan cek VIN tidak termasuk. kalau iya sakit kepala dah itu bongkar part segitu banyak.
jd inget keknya dulu lexus RX spot weldingnya ada yang ditambahin buat ningkatin handlinganya :big_think:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kunaskun »

b0ku wrote: Sun Mar 13, 2022 15:15 jd inget keknya dulu lexus RX spot weldingnya ada yang ditambahin buat ningkatin handlinganya :big_think:
wah Raize GR Sport beneran jadi GR dong ya? GR by accident. :big_biglaugh:
Rocky jadinya Rocky GR :big_chicken:
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: Tue Oct 25, 2016 0:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by gadjahalphien »

Padahal mobil ini ada APAR kecil dibawah jog penumpang depan.

Mungkin karena panik, tidak terpikir ambil APAR nya.
marvelio wrote: Sun Mar 13, 2022 2:06
b0ku wrote: Sun Mar 13, 2022 1:16
Zordon wrote: Sat Mar 12, 2022 14:11 Kemarin veloz gagal nanjak, skrg rocky raize masalah welding, next apalagi?
temen saya baru ngomong ada raize kebakar di semarang cuma saya cari artikelnya gak nemu :big_dunno:


Tapi yang begini ini kita harus pertimbangkan juga apakah usernya pasang aksesoris dengan perkabelan yg benar. Gak jarang kok mobil baru dari LCGC sampe Santa Fe kebakar gara-gara perkabelan aksesorisnya ngawur. Kalo saya lebih curiga ke situ karena lihat arahnya sumber api di kiri mobil/posisi aki, seperti dari korsleting listrik

Jadi ingat, teman yg beli Rocky, sempat dapet foto tersebut yg di share oleh SA beres
darrelund wrote: Sat Mar 12, 2022 5:25 ni termasuk structural failure ga ya? secara itukan dudukan suspensi

bahaya klo lagi bawa penumpang tiba" tu mounting suspensi oblak

Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kendibocor »

Ini recall 7-8 jam ternyata di welding ulang? Whatttt?
Ini kayak ginian di welding diluar pabrik apa pasti kualitasnya seragam dan sesuai standar? Kadang kalo ganti kaca aja biarpun di beres harinya ga bakal sebaik waktu baru keluar dari pabrik.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by 3mul »

b0ku wrote: Sun Mar 13, 2022 4:27
kiri kan posisi ecu juga bisa jadi korban remap :big_think:
Input n output daya ECU relatif kecil om. Remap abal2 sekalipun ga akan bikin kebakaran. Rusakin komponen mesin sih iya :big_chicken:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by b0ku »

kunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 15:25
wah Raize GR Sport beneran jadi GR dong ya? GR by accident. :big_biglaugh:
Rocky jadinya Rocky GR :big_chicken:
tapi dulu lexus bukan karena cacat emamg improvement doank aja cuma ya ketara banget pelitnya toyota las2xan doank :big_biglaugh:

saya dulu pernah denger mekanik body repair bekas orang pabrik honda katanya honda tuh QC di chasisnya ketat banget kalo hasil las2xannya jelek pasti dibuang chasisnya :big_biglaugh:
3mul wrote: Sun Mar 13, 2022 23:56
Input n output daya ECU relatif kecil om. Remap abal2 sekalipun ga akan bikin kebakaran. Rusakin komponen mesin sih iya :big_chicken:
suka ada yang ngomongin kek gini makannya saya rada takut mau remap, pake dastek males sama kabelnya ujung2xnya std aja deh :big_bored:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by ChZ »

kunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 11:38
yg bikin repot itu lokasinya, dari pengamatan saya, mesti bongkar fender, bumper, front suspension dan kiri kanan. makanya waktu pekerjaan 7-8 jam kerja = seharian kalau kelar. berarti 2 hari baru kelar. dan sepertinya diganti itu fender apron-nya / dudukan sokbreker depan bagian atas. karena banyak member FB Grup diatas yang sharing spot weld yg meleset itu sesuai foto diatas yang "Pre Oktober" jadi tidak mungkin ditambah titik spot weld karena memang meleset banget. sepertinya tidak butuh repaint ya mungkin cukup di seal ulang saja agar tidak berkarat.

untung Rocky saya rakitan Desember 2021 dan cek VIN tidak termasuk. kalau iya sakit kepala dah itu bongkar part segitu banyak.
untungnya ini toyota/daihatsu mbah bengkel dmn2.

coba kalo hyundai atau mazda yg 1 kota 1 dealer. antri buat ngerjain beginian bisa sebulanan. langsung putus asa jual mobil :big_biglaugh:

tapi ya makan ati juga sih tetep aja dikali berapa ribu unit soalnya ini mobil laku banget. apalagi kl krusial gini pasti pada buru-buru juga kan. bisa bisa kepepet ada yang kerjain di bengkel luar urusan ngelas doank pikirnya :big_biglaugh:
b0ku wrote: Mon Mar 14, 2022 1:11
saya dulu pernah denger mekanik body repair bekas orang pabrik honda katanya honda tuh QC di chasisnya ketat banget kalo hasil las2xannya jelek pasti dibuang chasisnya :big_biglaugh:
gw yang bingung tuh gimana si duo astra ngetes ni mobil waktu tahap prototype. termasuk unit early batch yang lain koq kayaknya kurang mateng begitu udah sampe konsumen (duo 2gd, veloz/avanza). kalo honda sih glitch nya biasa di assembling bukan di mekanikal dan vendor partsnya kurang oke (karet karetnya HRV, tombol tuas transmisi CRV)

pdhl itu isu yang sebenernya kalo beneran isu, ketauan waktu tahap uji prototype. prototype unit kan udah dianggap final product. ngetes nya jg pasti lama lama sampe ratusan ribu kilo lah gak mungkin cuma muter di jakarta doank.

apa ya ngetesnya cuma ke luar kota naek tol beres gak ada masalah :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by omenRoo »

penasaran aja dibanding raize yg beredar di JDM, weldingnya gimana? kan di pasar sana juga laku banyak.

apa DNGA di sini ada "penyesuaian"?
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by 3mul »

b0ku wrote: Mon Mar 14, 2022 1:11 suka ada yang ngomongin kek gini makannya saya rada takut mau remap, pake dastek males sama kabelnya ujung2xnya std aja deh :big_bored:
cari rekomendasi tuner yg rekomended om.
ane dah 5 taun remap 2gd di mod b3b0nk so far no issue :big_blushing:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by darrelund »

omenRoo wrote: Mon Mar 14, 2022 4:11 penasaran aja dibanding raize yg beredar di JDM, weldingnya gimana? kan di pasar sana juga laku banyak.

apa DNGA di sini ada "penyesuaian"?
klo dari yg saya temukan sih begini oom, sekilas yg JDM terlihat lebih rapih titik weldingnya
Image
Image
Image
Image
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by mkamil »

ChZ wrote: Mon Mar 14, 2022 2:56
gw yang bingung tuh gimana si duo astra ngetes ni mobil waktu tahap prototype. termasuk unit early batch yang lain koq kayaknya kurang mateng begitu udah sampe konsumen (duo 2gd, veloz/avanza). kalo honda sih glitch nya biasa di assembling bukan di mekanikal dan vendor partsnya kurang oke (karet karetnya HRV, tombol tuas transmisi CRV)

pdhl itu isu yang sebenernya kalo beneran isu, ketauan waktu tahap uji prototype. prototype unit kan udah dianggap final product. ngetes nya jg pasti lama lama sampe ratusan ribu kilo lah gak mungkin cuma muter di jakarta doank.

apa ya ngetesnya cuma ke luar kota naek tol beres gak ada masalah :big_bored:
harusnya bukan ke prototype test ya, kalau unit prototype atau pilotnya dibuat sesuai standar/benar sih pasti lolos sesuai yg diinginkan manufaktur.

Kayaknya lebih kepada production test nya, yg pusing saat ada model baru harusnya bukan hanya orang yg develop product, tapi orang yg ngurus assembly line nya. Gimana bisa in line dengan production line yg ada, gimana programming/work procedure bisa diubah atau ditambahkan untuk model baru dalam production line.

spot weld error begini lebih kepada production line error kayaknya, ada deviasi atau perubahan yg tidak terkontrol, ganti tools/system dll. Lalu Mungkin juga tidak ada update/revisi ke orang Quality Control sehingga ketika tidak align spot weld nya tidak menjadi temuan.
Kalau masalah ketat tidak ketat, saya sih yakin toyota pasti ketat dalam QC, sesuai dengan guidance atau parameter yg ditentukan ya. Apalagi ini bukan manufaktur kemarin sore.

Yang pasti sih ini njelimet repairnya, kasian orang bengkel. Mungkin Tools dan prosedur perbaikannya tidak semua bengkel punya atau terbiasa :big_think:
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by dori2802 »

ga heran mbah...om
mereka ngejar growth Profit. jadi mereka mencari cara utk mengurangi Opex agar Profit ttp terjaga growth.
kalau di motor, perhatikan saja A*M. matic mereka yg keluaran terbaru sdh frameless semua alias monocoque. tujuannya apa? karena monocoque lebih besar marginnya. dimulai dari type Gen*0 sbgai percobaan dan sampai ke type2 terbaru. saya yakin ini pula yg mendasari atoyot sdg gemar memindahkan gear dari belakang ke depan... CMIIW
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by ChZ »

mkamil wrote: Mon Mar 14, 2022 5:36
spot weld error begini lebih kepada production line error kayaknya, ada deviasi atau perubahan yg tidak terkontrol, ganti tools/system dll. Lalu Mungkin juga tidak ada update/revisi ke orang Quality Control sehingga ketika tidak align spot weld nya tidak menjadi temuan.
Kalau masalah ketat tidak ketat, saya sih yakin toyota pasti ketat dalam QC, sesuai dengan guidance atau parameter yg ditentukan ya. Apalagi ini bukan manufaktur kemarin sore.

Yang pasti sih ini njelimet repairnya, kasian orang bengkel. Mungkin Tools dan prosedur perbaikannya tidak semua bengkel punya atau terbiasa :big_think:
ahh iya betul juga pernah belajar soal CNC machining... rada tricky emang kalo machining process itu kalo toolsnya udah mulai wear out. apalagi welding machine gini pasti kepresisiannya bakal berkurang sekian % setelah berapa unit. harus di adjust lagi.

saya yang curiga tuh mungkin beberapa manufaktur lokal juga punya problem yang sama makanya kualitas produk2 CKD belakangan rada caur dan konyol2.

krn kalau bilang ini brand jepang, ya semua pasti tau level QCnya sangat tinggi. apalagi skrg top management diisi orang nippon semua.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Mar 14, 2022 2:56
gw yang bingung tuh gimana si duo astra ngetes ni mobil waktu tahap prototype. termasuk unit early batch yang lain koq kayaknya kurang mateng begitu udah sampe konsumen (duo 2gd, veloz/avanza). kalo honda sih glitch nya biasa di assembling bukan di mekanikal dan vendor partsnya kurang oke (karet karetnya HRV, tombol tuas transmisi CRV)

pdhl itu isu yang sebenernya kalo beneran isu, ketauan waktu tahap uji prototype. prototype unit kan udah dianggap final product. ngetes nya jg pasti lama lama sampe ratusan ribu kilo lah gak mungkin cuma muter di jakarta doank.

apa ya ngetesnya cuma ke luar kota naek tol beres gak ada masalah :big_bored:
kalo prototype kan ud ada versi jepang yang sini punya tinggal downgrade sama sesuain specnya aj mungkin gak detail2x banget testnya sampe kek versi jepang :big_bored:
3mul wrote: Mon Mar 14, 2022 5:08

cari rekomendasi tuner yg rekomended om.
ane dah 5 taun remap 2gd di mod b3b0nk so far no issue :big_blushing:
kalo tuner ada nama sih gak ada masalah si emang :mky_01:

cuma ya masih males aja gara2x denger kek gitu nunggu mobilnya ganti isi kepala dulu sama upgrade radiator soalnya n/a percuma juga masih std di remap2x :mky_01:
mkamil wrote: Mon Mar 14, 2022 5:36
harusnya bukan ke prototype test ya, kalau unit prototype atau pilotnya dibuat sesuai standar/benar sih pasti lolos sesuai yg diinginkan manufaktur.

Kayaknya lebih kepada production test nya, yg pusing saat ada model baru harusnya bukan hanya orang yg develop product, tapi orang yg ngurus assembly line nya. Gimana bisa in line dengan production line yg ada, gimana programming/work procedure bisa diubah atau ditambahkan untuk model baru dalam production line.

spot weld error begini lebih kepada production line error kayaknya, ada deviasi atau perubahan yg tidak terkontrol, ganti tools/system dll. Lalu Mungkin juga tidak ada update/revisi ke orang Quality Control sehingga ketika tidak align spot weld nya tidak menjadi temuan.
Kalau masalah ketat tidak ketat, saya sih yakin toyota pasti ketat dalam QC, sesuai dengan guidance atau parameter yg ditentukan ya. Apalagi ini bukan manufaktur kemarin sore.

Yang pasti sih ini njelimet repairnya, kasian orang bengkel. Mungkin Tools dan prosedur perbaikannya tidak semua bengkel punya atau terbiasa :big_think:
saya sih lebih takutnya ke cost cutting karena emang ud berapa kali saya suka liat toyota chasisnya kurang bagus, ditambah sering colab buat mobil sportnya kenapa gak bangun chasis sendiri dari nol, keliatannya kemampuan mereka bikin platfom ketinggalan di banding pabrikan laen ntah kenapa :big_think:

kalo standartnya kek gitu ya kena QC ya akan lolos cuma jadi tanda tanya gimana mereka ngetestnya sampe lolos ke produksi atau mobilnya gak ancur ppas di test sampe akhirnya unit yang di produksi kek gini :mky_01:
Last edited by b0ku on Mon Mar 14, 2022 8:57, edited 1 time in total.
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by darrelund »

b0ku wrote: Mon Mar 14, 2022 8:50 saya sih lebih takutnya ke cost cutting karena emang ud berapa kali saya suka liat toyota chasisnya kurang bagus, ditambah sering colab buat mobil sportnya kenapa gak bangun chasis sendiri dari nol, keliatannya kemampuan mereka bikin platfom ketinggalan di banding pabrikan laen ntah kenapa :big_think:

kalo standartnya kek gitu ya kena QC ya akan lolos cuma jadi tanda tanya gimana mereka ngetestnya sampe lolos ke produksi atau mobilnya gak ancur ppas di test sampe akhirnya unit yang di produksi kek gini :mky_01:
bukannya TNGA sudah bangun sendiri oom? klo DNGA emg versi pahe nya, jadi ya jangan berharap banyak :big_biglaugh:

kualitas sasis mungkin tergantung target mobil yg akan gunakan sasisnya
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by b0ku »

darrelund wrote: Mon Mar 14, 2022 9:15 bukannya TNGA sudah bangun sendiri oom? klo DNGA emg versi pahe nya, jadi ya jangan berharap banyak :big_biglaugh:

kualitas sasis mungkin tergantung target mobil yg akan gunakan sasisnya
TNGA emang bangun sendiri gitu pula yang colab daihatsu yang colab ini yang kelasnya paling bawah sama parah kualitasnya inget gak dulu lexus v8 powernya lebih gede dari type R aja bisa kalah sama type r terus colab sama bmw bikin supra gr kalah si type R bonus M2 pun kalah padahal GR kan powernya dibawah lexus v8 :big_biglaugh:
Zordon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Thu Apr 06, 2017 8:57

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by Zordon »

Ini kan toyota tetap nomor 1 di wkwkland, kalau ini first batch ada bug bagaimana ya dgn creta yg first product di pabrik baru?apakah QC lebih baik?
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by b0ku »

Zordon wrote: Mon Mar 14, 2022 12:51 Ini kan toyota tetap nomor 1 di wkwkland, kalau ini first batch ada bug bagaimana ya dgn creta yg first product di pabrik baru?apakah QC lebih baik?
KALO di negara indihe sih banyak yang remuk :big_biglaugh:

ntah kenapa banyak liat meme orang indihe tentang struktur jelek2xin duo korea :big_bored:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kunaskun »

b0ku wrote: Mon Mar 14, 2022 1:11 tapi dulu lexus bukan karena cacat emamg improvement doank aja cuma ya ketara banget pelitnya toyota las2xan doank :big_biglaugh:

saya dulu pernah denger mekanik body repair bekas orang pabrik honda katanya honda tuh QC di chasisnya ketat banget kalo hasil las2xannya jelek pasti dibuang chasisnya :big_biglaugh:
tambah satu titik las = less profit :mky_03:

kalau honda kaya gitu, ga heran bikin takut dompet tiap kali rilis generasi baru harga pasti naek gocap :big_biglaugh:
buat nutupin ongkos scrapping gagal produksi atau ambil cuan kebanyakan :big_biglaugh:
Last edited by kunaskun on Mon Mar 14, 2022 14:05, edited 1 time in total.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kunaskun »

ChZ wrote: Mon Mar 14, 2022 2:56 gw yang bingung tuh gimana si duo astra ngetes ni mobil waktu tahap prototype. termasuk unit early batch yang lain koq kayaknya kurang mateng begitu udah sampe konsumen (duo 2gd, veloz/avanza). kalo honda sih glitch nya biasa di assembling bukan di mekanikal dan vendor partsnya kurang oke (karet karetnya HRV, tombol tuas transmisi CRV)

pdhl itu isu yang sebenernya kalo beneran isu, ketauan waktu tahap uji prototype. prototype unit kan udah dianggap final product. ngetes nya jg pasti lama lama sampe ratusan ribu kilo lah gak mungkin cuma muter di jakarta doank.

apa ya ngetesnya cuma ke luar kota naek tol beres gak ada masalah :big_bored:
mungkin yg ngetes kurang extreme. :big_think:
mestinya kirim dulu ke member SM, nah di roasting dulu abis itu kirim ke youtuber buat bikin hepi kaum mendang mending :big_biglaugh:

saya rasa ini sekedar assembling issue lah, bisa jadi unit prototype itu las2an bener semua, namanya saja prototype every mm counts. kalau di paultan ternyata rocky ini aslinya kerjaan keroyokan 3 negara sekaligus: Jepang, Malaysia dan Indonesia. ya engineering 3 negara masa iya gagal ngitung ginian.
apalagi ini platform totally all new yg akan jadi mesin duit DaiToyo kedepannya.
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by 3mul »

Zordon wrote: Mon Mar 14, 2022 12:51 Ini kan toyota tetap nomor 1 di wkwkland, kalau ini first batch ada bug bagaimana ya dgn creta yg first product di pabrik baru?apakah QC lebih baik?
Info dari seseorang yg kerja di supplier, h miring gak main2 dgn standar.
Coba aja mampir ke diler trus bandingkan bq dgn japs car rakitan lokal.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by b0ku »

3mul wrote: Mon Mar 14, 2022 15:00
Zordon wrote: Mon Mar 14, 2022 12:51 Ini kan toyota tetap nomor 1 di wkwkland, kalau ini first batch ada bug bagaimana ya dgn creta yg first product di pabrik baru?apakah QC lebih baik?
Info dari seseorang yg kerja di supplier, h miring gak main2 dgn standar.
Coba aja mampir ke diler trus bandingkan bq dgn japs car rakitan lokal.
bq mah mobil china juga dah bagus kok :big_biglaugh:

ada pabrikan sengaja suka pake baja tebel tapi murah buat bikin kesan seakan2x bqnya bagus toyota sendiri pas avanza gen1 fl pintunya tebel loh ud gak berasa kaleng kek yang pertama keluar tapi tetep aja strukturnya kaleng :big_biglaugh:

di marketing diajarin juga kalo jual mobil tuh pintunya ditutup mantep orang lebih berasa mewah :big_grin:

saya sih dulu bangga2xin punya chevy bobotnya berat di banding mobil laen ternyata eh ternyata kalo dah ngerti mah berat itu bisa jadi pertanda dia pake besi murah buat cutting cost yang bener itu materialnya makin lama makin ringan dan kuat biar handling makin presisi dan irit bbm kayak bmw belakangan mulai pake chasis alumunium makannya mobilnya makin kaleng compare aja E60 sama e39 e39 mah kayak tank berjalan :big_biglaugh:
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 609
Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by 3mul »

b0ku wrote: Mon Mar 14, 2022 15:05 bq mah mobil china juga dah bagus kok :big_biglaugh:

ada pabrikan sengaja suka pake baja tebel tapi murah buat bikin kesan seakan2x bqnya bagus toyota sendiri pas avanza gen1 fl pintunya tebel loh ud gak berasa kaleng kek yang pertama keluar tapi tetep aja strukturnya kaleng :big_biglaugh:

di marketing diajarin juga kalo jual mobil tuh pintunya ditutup mantep orang lebih berasa mewah :big_grin:

saya sih dulu bangga2xin punya chevy bobotnya berat di banding mobil laen ternyata eh ternyata kalo dah ngerti mah berat itu bisa jadi pertanda dia pake besi murah buat cutting cost yang bener itu materialnya makin lama makin ringan dan kuat biar handling makin presisi dan irit bbm kayak bmw belakangan mulai pake chasis alumunium makannya mobilnya makin kaleng compare aja E60 sama e39 e39 mah kayak tank berjalan :big_biglaugh:
imho agak beda sih, antara qc / bq dan kualitas material, walau saling berkaitan
material = bahan yg dirakit, qc itu proses kendali mutu barang yg sdh dirakit dari material, dan bq adalah result nya
yg jadi masalah disini ditemukan bq yg jelek di tangan konsumen.
kalau diasumsikan kekuatan material sesuai spek, hipotesis masalahnya ada di proses perakitan dan qc yg meluluskan
maap jadi ribet hehehe... :big_chicken:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by lemonadelovers »

b0ku wrote: Sun Mar 13, 2022 15:15
kunaskun wrote: Sun Mar 13, 2022 11:38
sebetulnya ini issue sudah lama muncul di FB Group Raize Rocky Indonesia. seingat saya dari foto yang beredar itu ada 2 unit yg kejadian mirip, satu kiri satu kanan. kalau dulu disebutnya: strut tower jebol. perbaikan garansi body repair.

memang ajaib si gara2 spot welding salah titik. bisa jadi robot yang spot welding itu lagi mabok atau gelombang pertama masih orang yang spot weld jadi agak meleng2 dikit terus masih masuk toleransi, eh ga taunya failure ketika hantem lobang. atau bisa jadi juga jumlah titik spot weld itu kurang, karena Daihatsu bilang total spot welding akan ditambah jadi 25 titik, sebelumnya 16 titik.

yg bikin repot itu lokasinya, dari pengamatan saya, mesti bongkar fender, bumper, front suspension dan kiri kanan. makanya waktu pekerjaan 7-8 jam kerja = seharian kalau kelar. berarti 2 hari baru kelar. dan sepertinya diganti itu fender apron-nya / dudukan sokbreker depan bagian atas. karena banyak member FB Grup diatas yang sharing spot weld yg meleset itu sesuai foto diatas yang "Pre Oktober" jadi tidak mungkin ditambah titik spot weld karena memang meleset banget. sepertinya tidak butuh repaint ya mungkin cukup di seal ulang saja agar tidak berkarat.

untung Rocky saya rakitan Desember 2021 dan cek VIN tidak termasuk. kalau iya sakit kepala dah itu bongkar part segitu banyak.
jd inget keknya dulu lexus RX spot weldingnya ada yang ditambahin buat ningkatin handlinganya :big_think:
Bedanya FD1 dan FD2 jg sama spot welding FD2 lebih banyak
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT