[NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2271
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: 16 Mar 2022, 13:03
Kayanya memang tiap suatu unit model sama tapi engine beda . Ada beberapa parts berbeda laennya deh buat nunjang driving experience .

Beda sama mobil kluaran jaman now yg mesin + transmisi sama semua tapi kasta / type dibanyakin. Pdhl cuman banyakan gimmick

Tau nih blom ada yg riset aja bedanya fortuner 2.4 vs 2.8 . Sekilas orang awam kek ane cuman liat beda mesin aja . Yg laen masih hidden…

Mungkin jg nanti all new HR-V bisa begitu jg seh … dy ada pilihan engine turbo sama yg n/a biasa :e-think:
DULU sih pajero exceed sama dakar beda di LSD soalnya saya ud cek 2 2nya pantesan punya saya lebih enak handlingnya ternyata ada LSD bokap punya gak ada ud ngintip di gardan belakang tulisannya :big_biglaugh:

Tags:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12234
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 16 Mar 2022, 13:03
Kayanya memang tiap suatu unit model sama tapi engine beda . Ada beberapa parts berbeda laennya deh buat nunjang driving experience .

Beda sama mobil kluaran jaman now yg mesin + transmisi sama semua tapi kasta / type dibanyakin. Pdhl cuman banyakan gimmick

Tau nih blom ada yg riset aja bedanya fortuner 2.4 vs 2.8 . Sekilas orang awam kek ane cuman liat beda mesin aja . Yg laen masih hidden…

Mungkin jg nanti all new HR-V bisa begitu jg seh … dy ada pilihan engine turbo sama yg n/a biasa :e-think:
base model sama top line bisa beda 50-100jt cuma beda gimmick. wkwkwkwkw. dulu 50-100 jt sih speknya udah beneran beda. FD1/2 itu dulu beda 50juta ternyata isinya emang se-beda-itu dan rasa nyetirnya emang beda.

skrg soalnya beda engine makin jarang sih. dibikin ringkas platformnya soalnya gak ada poin juga jual mobil beda engine sejak era mesin kecil turbo. displacement efeknya gak seberapa dibanding bikin 1 mesin dikasih turbo bedain tuningan aja macem ze germans.

mau more boost ya udah dari orok kasih aja stronger internals piston coating diganti conrod diganti intake digedein camshaft diganti turbo diganti sistemnya, tuning tuning tuning kelar bisa keluarin range 130 hp sampe 300 hp cuma dari 1 engine yang sama persis blocknya. mejik emang jaman computerized engine ini.

civic beda 500cc aja udah masuk performance lineup :big_grin: dari the same engine bisa hasilin civic 1.5T reguler dan civic 1.5T Si modal conrod ama piston baru.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3647
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kunaskun »

gadjahalphien wrote: 16 Mar 2022, 00:35 Terlepas dari problem las-an Raize-Rocky yg diduga jumlahnya kurang banyak.
Pabrik Mobil cenderung menggunakan 2 macam mesin las
- Spot welder (robot based maupun portable based)
- Arc Weld dg filler tembaga dan CO sebagai gas shield
Tinggal penggunaannya mau di bagian apa
infonya memang simpang siur, karena banyak user awam yang share info2 saja tanpa ada keterangan, ya namanya saja pemakai kan memang ada yang tahunya jadi saja.

tapi yang saya perhatikan sepertinya recall ini hanya dikerjakan di beres yang ada body repair, yang ga ada body repair mungkin akan diarahkan ke beres lain atau rekanan?.
pengerjaan juga dari yang saya baca2 sepertinya dengan spot welding karena kalau arc welding bukannya jadinya tidak bisa di "tengah2" dua bidang seperti spot weld?, karena end result disamakan dengan kerjaan pabrik. setelah itu di finishing tentunya dengan cat ulang. yang bikin repot pasti akan terlihat kerjaan body repair, dan di kemudian hari seperti biasa pedege oportunis akan semakin menjadi2 :big_dunno:

untungnya dari info yg beredar, bukan fender apron panel assy yang diganti tapi ditambah titik las saja, mungkin sebetulnya reinforce? tapi daripada jadi semakin simpang siur sekalian saja disebut recall fender apron. Dan ini jadi pekerjaan besar karena masuk body repair. sedangkan kalau ganti fender apron panel assy kerjaannya luar biasa karena ketika saya iseng cek Body Repair Manual Raize mesti bongkar dari interior juga. kalau ini hanya repot di turun front wheel assy saja.
nimoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 359
Joined: 14 Nov 2015, 21:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: nmax

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by nimoo »

hackers11 wrote: 15 Mar 2022, 13:37 Barusan abis nganter rocky bwt direpair.
Kata SAnya hanya 1 kejadian yg sampe lepas itu shock tower las lasannya di sumatra. Yg lain bwt precautions makanya direcall.
Untuk Daihatsu masuk di tangsel katanya pengerjaan di pusat body repair ciledug. Mobil saya yg pertama masuk di bengkel dia katanya. Lama pengerjaan 2 hari dan spare 1 hari bwt transportasi.

Dari grup wa sih ada yg udah share hasil repair toyota punya. Acakadut bgt, tp bisa jadi belum finishing sih. SAnya saya wanti wanti jangan keluar body repair jadi jelek. Pastikan dicat lagi. Semoga ga jelek sih.
IMG-20220315-WA0006.jpgIMG-20220315-WA0007.jpg
Perbaikannya untuk kanan dan kiri atau yg bermasalah aja om?
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 191
Joined: 27 Dec 2013, 18:59

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by epinjose »

Selesai perbaikan tinggal cek finishing deh, mustinya perlu spooring ya..

pengalaman spooring di bengkel-bengkel beres (japs ya), ujung2nya musti spooring ulang ke ahli nya :ungg:
hackers11
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by hackers11 »

nimoo wrote:
hackers11 wrote: 15 Mar 2022, 13:37 Barusan abis nganter rocky bwt direpair.
Kata SAnya hanya 1 kejadian yg sampe lepas itu shock tower las lasannya di sumatra. Yg lain bwt precautions makanya direcall.
Untuk Daihatsu masuk di tangsel katanya pengerjaan di pusat body repair ciledug. Mobil saya yg pertama masuk di bengkel dia katanya. Lama pengerjaan 2 hari dan spare 1 hari bwt transportasi.

Dari grup wa sih ada yg udah share hasil repair toyota punya. Acakadut bgt, tp bisa jadi belum finishing sih. SAnya saya wanti wanti jangan keluar body repair jadi jelek. Pastikan dicat lagi. Semoga ga jelek sih.
IMG-20220315-WA0006.jpgIMG-20220315-WA0007.jpg
Perbaikannya untuk kanan dan kiri atau yg bermasalah aja om?
Blom tau sih om. Kalo liat panduan sih aman2 aja harusnya, spot weldnya ga deket area batas
Apa keduanya atau salah satu belum jelas.
imansyx
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: 14 Oct 2014, 22:47

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by imansyx »

Ini baut kap mesin, baut shock baut dll dibuka? Berarti bakal ada “luka” tanda baut baut udah dibuka kaya mobil repair habis accident kah?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3647
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Post by kunaskun »

imansyx wrote: 17 Mar 2022, 18:02 Ini baut kap mesin, baut shock baut dll dibuka? Berarti bakal ada “luka” tanda baut baut udah dibuka kaya mobil repair habis accident kah?
kap mesin sepertinya mau ga mau ya. karena buat keperluan pengecatan.

tadi sore barusan mampir ke Daihatsu di daerah saya, kebetulan levelnya teratas karena ada Authorized Body Repair. SA Body Repair dengan sigap nanyain nomor rangka, dicek di web Daihatsu, aman, dan kemaren saya via WA juga sudah tanya ke Daihatsu Call Center juga aman. nah jadi ngobrol2 dengan SA tsb.

kesimpulan:
1. Recall sudah berjalan beberapa hari, sudah 4 kendaraan yang dikerjakan.
2. Pengerjaan sebaiknya 2 hari, karena mesti turun suspensi kiri kanan, kecuali drive shaft, juga pengecatan tentunya.
3. Pengerjaan dengan CO Shield Welding. seperti kata om Gadjahalphien diatas. Las ini untuk reinforcing (sesuai tebakan saya) jadi menambah titik las, dan dikerjakan dari bawah / kolong / fender. dan setelah itu dirapihkan sesuai standard pabrik.

hasilnya? memang nyebelin karena terlihat seperti body repair, kalau ga betah ya jual saja daripada mangkel jadi penyakit dan tentu di kemudian hari ini yg bakal banyak ribut ya pedege mobkas dan user non awam :big_biglaugh:

btw, siapa tahu setelah di las gini jadi lebih stiff = handling nambah, lumayan kan :big_biglaugh:
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 837
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re:

Post by kenop »

kunaskun wrote: 17 Mar 2022, 19:58
imansyx wrote: 17 Mar 2022, 18:02 Ini baut kap mesin, baut shock baut dll dibuka? Berarti bakal ada “luka” tanda baut baut udah dibuka kaya mobil repair habis accident kah?
kap mesin sepertinya mau ga mau ya. karena buat keperluan pengecatan.

tadi sore barusan mampir ke Daihatsu di daerah saya, kebetulan levelnya teratas karena ada Authorized Body Repair. SA Body Repair dengan sigap nanyain nomor rangka, dicek di web Daihatsu, aman, dan kemaren saya via WA juga sudah tanya ke Daihatsu Call Center juga aman. nah jadi ngobrol2 dengan SA tsb.

kesimpulan:
1. Recall sudah berjalan beberapa hari, sudah 4 kendaraan yang dikerjakan.
2. Pengerjaan sebaiknya 2 hari, karena mesti turun suspensi kiri kanan, kecuali drive shaft, juga pengecatan tentunya.
3. Pengerjaan dengan CO Shield Welding. seperti kata om Gadjahalphien diatas. Las ini untuk reinforcing (sesuai tebakan saya) jadi menambah titik las, dan dikerjakan dari bawah / kolong / fender. dan setelah itu dirapihkan sesuai standard pabrik.

hasilnya? memang nyebelin karena terlihat seperti body repair, kalau ga betah ya jual saja daripada mangkel jadi penyakit dan tentu di kemudian hari ini yg bakal banyak ribut ya pedege mobkas dan user non awam :big_biglaugh:

btw, siapa tahu setelah di las gini jadi lebih stiff = handling nambah, lumayan kan :big_biglaugh:
dari bengkel resmi dapet invoice kayak kita servis rutin gt kan om?
jadi ada bukti dokumennya klo mobil tsb kena recall dan pengerjaannya apa aja..

harus nya sih bisa jadi bukti buat nanti jual, tapi ya pedagang pasti pake point ini juga buat ngepress harga :mky_03:
karena ada ada unit2 lain yg kaga kena recall wkwkwk
hackers11
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by hackers11 »

Update, mobil udah keluar recall. Hasil cukup rapi seperti foto.
Karena baca2 idealnya dispooring bawa ke bquick deh karena lagi promo(bukan promosi hehe).
Pas mobil diangkat keliatan kyknya las lasannya fokus dari dalam, bukan kap mesin. Di area kap mesin makanya terlihat pristine saja.
Yg bagian shock tower dalam keliatan bekasnya tp sepertinya sudah ditreatment.
Hal untuk dinotice pertanyaan diatas ttg bukti pengerjaan. Tidak ada yg dikasih kecuali slip perintah kerja.

Apa standarnya begitu kurang paham karena yg udah recall juga ga ngomong ttg itu sih.
IMG-20220319-WA0002.jpg
20220320_094005.jpg
User avatar
Schweppes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 272
Joined: 15 May 2012, 13:35
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Dahon Speed

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by Schweppes »

Hasil pekerjaannya kalau dilihat cukup rapi juga ya.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3647
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Re:

Post by kunaskun »

kenop wrote: 20 Mar 2022, 09:45 dari bengkel resmi dapet invoice kayak kita servis rutin gt kan om?
jadi ada bukti dokumennya klo mobil tsb kena recall dan pengerjaannya apa aja..

harus nya sih bisa jadi bukti buat nanti jual, tapi ya pedagang pasti pake point ini juga buat ngepress harga :mky_03:
karena ada ada unit2 lain yg kaga kena recall wkwkwk
kalau pedege kan macem2 tuh, biasanya kan oportunis, peres terus. ini kan jadi kekhawatiran banyak org. padahal kalau user pasti lebih milih sudah di-recall daripada yang belum :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3647
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kunaskun »

hackers11 wrote: 20 Mar 2022, 11:57 Update, mobil udah keluar recall. Hasil cukup rapi seperti foto.
Karena baca2 idealnya dispooring bawa ke bquick deh karena lagi promo(bukan promosi hehe).
Pas mobil diangkat keliatan kyknya las lasannya fokus dari dalam, bukan kap mesin. Di area kap mesin makanya terlihat pristine saja.
Yg bagian shock tower dalam keliatan bekasnya tp sepertinya sudah ditreatment.
Hal untuk dinotice pertanyaan diatas ttg bukti pengerjaan. Tidak ada yg dikasih kecuali slip perintah kerja.

Apa standarnya begitu kurang paham karena yg udah recall juga ga ngomong ttg itu sih.20220320_094005.jpgIMG-20220319-WA0002.jpg
ini memang khasnya DaiToyo ya, pengerjaan klaim apapun yg ada hubungan dengan kaki2 tapi ga pernah kasih free spooring ulang. padahal pengalaman saya di macem2 beres DaiToyo ga pernah bagus juga tuh spooring biarpun sudah bayar. dulu banget pernah klaim sokbreker Avanza 2007, dapet klaim, setelah dikerjain, pede banget mekanik: Ga perlu pak kan avanza yg bisa disetel hanya caster saja itu sudah dibalikin ke awalnya.. :big_biglaugh: abis itu bawa ke bengkel spooring, sampe geleng2 mekaniknya, melenceng ga karu2an. :big_biglaugh:

kalau rajin, coba diintip lagi saja bagian bawah, kalau perlu dilapis sekali lagi saja dengan anti karat. bukti pengerjaan saya yakin tercatat di sistem beres.

btw, itu strutbar merek apa?
hackers11
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by hackers11 »

kunaskun wrote:
hackers11 wrote: 20 Mar 2022, 11:57 Update, mobil udah keluar recall. Hasil cukup rapi seperti foto.
Karena baca2 idealnya dispooring bawa ke bquick deh karena lagi promo(bukan promosi hehe).
Pas mobil diangkat keliatan kyknya las lasannya fokus dari dalam, bukan kap mesin. Di area kap mesin makanya terlihat pristine saja.
Yg bagian shock tower dalam keliatan bekasnya tp sepertinya sudah ditreatment.
Hal untuk dinotice pertanyaan diatas ttg bukti pengerjaan. Tidak ada yg dikasih kecuali slip perintah kerja.

Apa standarnya begitu kurang paham karena yg udah recall juga ga ngomong ttg itu sih.20220320_094005.jpgIMG-20220319-WA0002.jpg
ini memang khasnya DaiToyo ya, pengerjaan klaim apapun yg ada hubungan dengan kaki2 tapi ga pernah kasih free spooring ulang. padahal pengalaman saya di macem2 beres DaiToyo ga pernah bagus juga tuh spooring biarpun sudah bayar. dulu banget pernah klaim sokbreker Avanza 2007, dapet klaim, setelah dikerjain, pede banget mekanik: Ga perlu pak kan avanza yg bisa disetel hanya caster saja itu sudah dibalikin ke awalnya.. :big_biglaugh: abis itu bawa ke bengkel spooring, sampe geleng2 mekaniknya, melenceng ga karu2an. :big_biglaugh:

kalau rajin, coba diintip lagi saja bagian bawah, kalau perlu dilapis sekali lagi saja dengan anti karat. bukti pengerjaan saya yakin tercatat di sistem beres.

btw, itu strutbar merek apa?
Betul sih, laporan spooring banyak yg melenceng. At least beres lah sekarang.
Tadi wa SAnya betul hanya tercatat di sistem aja.
Anti karat ulang mungkin nanti dipertimbangkan. Kira2 pk apaan om, ziebart gt?
Ga pernah mobil dr baru anti karat ulang wkwkwk.
Strutbar pk ultra racing ama sway bar juga merek sama.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3647
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kunaskun »

hackers11 wrote: 20 Mar 2022, 21:52 Betul sih, laporan spooring banyak yg melenceng. At least beres lah sekarang.
Tadi wa SAnya betul hanya tercatat di sistem aja.
Anti karat ulang mungkin nanti dipertimbangkan. Kira2 pk apaan om, ziebart gt?
Ga pernah mobil dr baru anti karat ulang wkwkwk.
Strutbar pk ultra racing ama sway bar juga merek sama.
Anti karat pakai yang semprot kalengan saja, sepertinya banyak di jual di marketplace ya? toh butuhnya hanya sedikit saja kan ya. kecuali mau sekalian semobil. memang mobil zaman now mana kepake lagi anti karat sebetulnya, seumur2 punya mobil juga ga pernah pake anti karat, tapi karena saya terakhir dapet Rocky sudah ada dari harga pembelian jadi puas juga si buat meredam suara biarpun kualitas kerjaan kejar setoran :big_biglaugh:

Strutbar dan Sway Bar semua Ultra Racing ya om? :big_love: :big_grin: ngaruhnya gimana? saya baru pake rear damper di per belakang, lumayan banget, anak jadi ga mabok, di toll lebih masuk akal, kalau kena lobang atau speed bump ga geser2 itu roda belakang.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1772
Joined: 01 Jan 2007, 09:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by alvin23 »

kunaskun wrote: 21 Mar 2022, 11:45
hackers11 wrote: 20 Mar 2022, 21:52 Betul sih, laporan spooring banyak yg melenceng. At least beres lah sekarang.
Tadi wa SAnya betul hanya tercatat di sistem aja.
Anti karat ulang mungkin nanti dipertimbangkan. Kira2 pk apaan om, ziebart gt?
Ga pernah mobil dr baru anti karat ulang wkwkwk.
Strutbar pk ultra racing ama sway bar juga merek sama.
Anti karat pakai yang semprot kalengan saja, sepertinya banyak di jual di marketplace ya? toh butuhnya hanya sedikit saja kan ya. kecuali mau sekalian semobil. memang mobil zaman now mana kepake lagi anti karat sebetulnya, seumur2 punya mobil juga ga pernah pake anti karat, tapi karena saya terakhir dapet Rocky sudah ada dari harga pembelian jadi puas juga si buat meredam suara biarpun kualitas kerjaan kejar setoran :big_biglaugh:

Strutbar dan Sway Bar semua Ultra Racing ya om? :big_love: :big_grin: ngaruhnya gimana? saya baru pake rear damper di per belakang, lumayan banget, anak jadi ga mabok, di toll lebih masuk akal, kalau kena lobang atau speed bump ga geser2 itu roda belakang.
Bagi dong pak link belinya yg rear damper
Captiva LTZ 2017
Yaris S A/T 2012
hackers11
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by hackers11 »

Thanks infonya. Nanti coba cari di ace mungkin.
Kemaren pasang strut bar dan sway bar di asco motor di jaktim
Kalo di tangsel kyknya ada speedz performance.
Lebih kaku memang dan limbung ilang. Tapi bouncy belum ilang. Per/shock keempukan??
Berikutnya mungkin minat yg per tanabe. Tp sementara cukup bgt.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3647
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kunaskun »

alvin23 wrote: 21 Mar 2022, 12:13 Bagi dong pak link belinya yg rear damper
https://www.tokopedia.com/proshockdam
saya pake merek tsb karena ada yang sharing di FB Grup Rocky Raize kalau damper tsb pake karet alam 100% jadi umur pakai tentu lebih lama daripada biasanya PU. Harga memang lebih mahal tapi ada garansi 6 tahun, juga 2 tahun untuk kekenyalan = saya si ga mikirin, namanya saja benda bergerak, apa yang mau di-klaim tapi ya siapa tahu kali ya tahu2 sobek :big_biglaugh:
ukuran 4 Cm kalau tidak salah ukuran Sigra untuk belakang.
hackers11 wrote: 21 Mar 2022, 17:05 Thanks infonya. Nanti coba cari di ace mungkin.
Kemaren pasang strut bar dan sway bar di asco motor di jaktim
Kalo di tangsel kyknya ada speedz performance.
Lebih kaku memang dan limbung ilang. Tapi bouncy belum ilang. Per/shock keempukan??
Berikutnya mungkin minat yg per tanabe. Tp sementara cukup bgt.
Oh ya, Asco itu reseller resmi Ultra Racing ya. Kalau boleh tahu habis berapa? Saya lagi kepikiran mau pake merek Under Control seperti dulu atau sekalian Ultra Racing.

Hanya ya bener, bouncy ini yg bingung. Tebakan saya pribadi: Per kelewat empuk akibat diameter ulir kekecilan, tapi sokbreker dikasihnya yang keras dan slow rebound. Kemarin waktu pasang damper di belakang, saya pasangnya di Shop n Drive deket rumah, nah kepala mekaniknya ngeliatin karena penasaran, disebut juga sama seperti saya: ini kayanya diameter ulir kekecilan ya, ga heran mental mentul. sedangkan pas ngolong ngeliatin ukuran stabilizer bawaan pabrikan depan belakang ukurannya relatif normal.

Per Tanabe kalau tidak salah jadi turun 2cm, ini saya ogah dan pengalaman nyobain beberapa mobil yg pake per Tanabe atau Eibach, bantingannya juga jadi keras terutama kalau full load. mungkin nanti berapa tahun lagi muncul kali ya sokbreker Monroe atau Kayaba yang lebih pas.
hackers11
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by hackers11 »

kunaskun wrote:
alvin23 wrote: 21 Mar 2022, 12:13 Bagi dong pak link belinya yg rear damper
https://www.tokopedia.com/proshockdam
saya pake merek tsb karena ada yang sharing di FB Grup Rocky Raize kalau damper tsb pake karet alam 100% jadi umur pakai tentu lebih lama daripada biasanya PU. Harga memang lebih mahal tapi ada garansi 6 tahun, juga 2 tahun untuk kekenyalan = saya si ga mikirin, namanya saja benda bergerak, apa yang mau di-klaim tapi ya siapa tahu kali ya tahu2 sobek :big_biglaugh:
ukuran 4 Cm kalau tidak salah ukuran Sigra untuk belakang.
hackers11 wrote: 21 Mar 2022, 17:05 Thanks infonya. Nanti coba cari di ace mungkin.
Kemaren pasang strut bar dan sway bar di asco motor di jaktim
Kalo di tangsel kyknya ada speedz performance.
Lebih kaku memang dan limbung ilang. Tapi bouncy belum ilang. Per/shock keempukan??
Berikutnya mungkin minat yg per tanabe. Tp sementara cukup bgt.
Oh ya, Asco itu reseller resmi Ultra Racing ya. Kalau boleh tahu habis berapa? Saya lagi kepikiran mau pake merek Under Control seperti dulu atau sekalian Ultra Racing.

Hanya ya bener, bouncy ini yg bingung. Tebakan saya pribadi: Per kelewat empuk akibat diameter ulir kekecilan, tapi sokbreker dikasihnya yang keras dan slow rebound. Kemarin waktu pasang damper di belakang, saya pasangnya di Shop n Drive deket rumah, nah kepala mekaniknya ngeliatin karena penasaran, disebut juga sama seperti saya: ini kayanya diameter ulir kekecilan ya, ga heran mental mentul. sedangkan pas ngolong ngeliatin ukuran stabilizer bawaan pabrikan depan belakang ukurannya relatif normal.

Per Tanabe kalau tidak salah jadi turun 2cm, ini saya ogah dan pengalaman nyobain beberapa mobil yg pake per Tanabe atau Eibach, bantingannya juga jadi keras terutama kalau full load. mungkin nanti berapa tahun lagi muncul kali ya sokbreker Monroe atau Kayaba yang lebih pas.
Ultra racing 3,4an om. Cuma asco ada biaya masang lagi 300an. Jadi mahal.
Mungkin coba tanya2 yg speedz performance itu. Lbh murah 200rb perasaan, entah ada biaya pasang juga ato engga.
Betul bouncynya aga aneh. Apalagi di tol yg ga datar plus ban eco. Rasanya lbh ngeri.
Yg tanabe kalo dibandingin harga punya hsr atau yss(bwt mobil lain tapi) mahal bgt rasanya.
Motor pk yss kebetulan jadi mau sabar dulu nunggu yss haha.
Ban juga mungkin pk profil tipis bisa bantu. Tp sementara stop dulu upgrade. Nunggu thrImage
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3647
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kunaskun »

hackers11 wrote: 22 Mar 2022, 11:17 Ultra racing 3,4an om. Cuma asco ada biaya masang lagi 300an. Jadi mahal.
Mungkin coba tanya2 yg speedz performance itu. Lbh murah 200rb perasaan, entah ada biaya pasang juga ato engga.
berarti per biji 1,5 jutaan ya. hmm berasa juga :big_biglaugh:
Betul bouncynya aga aneh. Apalagi di tol yg ga datar plus ban eco. Rasanya lbh ngeri.
nah ini dia, paling berasa kalau kena speed bump atau speed trap atau perlintasan kereta api yg ga lurus, bener2 kaya geser. aneh banget, padahal mobil seringnya 2 dewasa, anak satu.
Yg tanabe kalo dibandingin harga punya hsr atau yss(bwt mobil lain tapi) mahal bgt rasanya.
Motor pk yss kebetulan jadi mau sabar dulu nunggu yss haha.
Ban juga mungkin pk profil tipis bisa bantu. Tp sementara stop dulu upgrade. Nunggu thrImage
YSS ini oke juga ya, dulu saya kira ini merek tembakan frim unknown country mana gitu :big_biglaugh:
kalau ban profil tipis feeling si ga nolong ya. karena baca2 di FB group keluhannya rata semua type ya. kecuali mungkin tipis banget dengan tapak ekstra lebar.
hackers11
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 24 Nov 2015, 12:53

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by hackers11 »

kunaskun wrote:
hackers11 wrote: 22 Mar 2022, 11:17 Ultra racing 3,4an om. Cuma asco ada biaya masang lagi 300an. Jadi mahal.
Mungkin coba tanya2 yg speedz performance itu. Lbh murah 200rb perasaan, entah ada biaya pasang juga ato engga.
berarti per biji 1,5 jutaan ya. hmm berasa juga :big_biglaugh:
Betul bouncynya aga aneh. Apalagi di tol yg ga datar plus ban eco. Rasanya lbh ngeri.
nah ini dia, paling berasa kalau kena speed bump atau speed trap atau perlintasan kereta api yg ga lurus, bener2 kaya geser. aneh banget, padahal mobil seringnya 2 dewasa, anak satu.
Yg tanabe kalo dibandingin harga punya hsr atau yss(bwt mobil lain tapi) mahal bgt rasanya.
Motor pk yss kebetulan jadi mau sabar dulu nunggu yss haha.
Ban juga mungkin pk profil tipis bisa bantu. Tp sementara stop dulu upgrade. Nunggu thrImage
YSS ini oke juga ya, dulu saya kira ini merek tembakan frim unknown country mana gitu :big_biglaugh:
kalau ban profil tipis feeling si ga nolong ya. karena baca2 di FB group keluhannya rata semua type ya. kecuali mungkin tipis banget dengan tapak ekstra lebar.
Yss buatan thai. Kebetulan importirnya ada bengkel gede dekat rumah. Ga kaleng2 sih. Rebiundnya beneran ada perubahan kalo disetel. Dibikin empuk di reboundnya di kotor tp tetap enak ga kyk standar.

Dia udah masukin full replacement shock bwt innova & fortuner dan springs bwt mobil2 lain juga tp belum bwt rocky/raize.
Mungkin karena belum launch di thai juga kali ya?
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3647
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kunaskun »

hackers11 wrote: 23 Mar 2022, 08:37 Yss buatan thai. Kebetulan importirnya ada bengkel gede dekat rumah. Ga kaleng2 sih. Rebiundnya beneran ada perubahan kalo disetel. Dibikin empuk di reboundnya di kotor tp tetap enak ga kyk standar.

Dia udah masukin full replacement shock bwt innova & fortuner dan springs bwt mobil2 lain juga tp belum bwt rocky/raize.
Mungkin karena belum launch di thai juga kali ya?
iya semoga saja cepet muncul di Thailand, karena ASEAN sudah semua, terakhir Philipines bulan lalu. Senggaknya harganya bisa lebih ekonomis :mky_03:
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 560
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by 3mul »

Recall Toyota Raize di Indonesia, Sudah 2.000 Unit yang Diperbaiki
Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 05 Apr 2022 07:03 WIB

Jakarta - Toyota mengumumkan recall Toyota Raize sejak awal Maret 2022 lalu berkaitan temuan adanya anomali pada sambungan fender apron bagian depan. Sampai akhir Maret 2021 ini, Toyota mengklaim sudah melakukan recall terhadap sekitar 2.000 unit Raize milik konsumen.
Beberapa waktu lalu PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan recall terhadap 14.777 unit Toyota Raize di Indonesia. Recall dilakukan karena ditemukan anomali pada sambungan fender apron depan. Hal itu mengakibatkan timbulnya bunyi abnormal ketika mobil melewati jalan rusak atau bergelombang. Dalam kondisi tertentu dapat membuat kontrol kendaraan menjadi sulit dikendalikan, sehingga kenyamanan pengendara jadi terganggu.

Diduga permasalahan tersebut muncul karena proses kurang sempurna saat pabrikasi. Adapun recall kali ini melibatkan Raize produksi November 2020 hingga Oktober 2021, untuk tipe 1.0T S CVT, 1.0T G CVT, 1.0T G M/T, 1.2 G CVT, dan 1.2 G M/T.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan jumlah peserta recall Raize belum memenuhi target yang diinginkan Toyota. Tapi sejauh ini respons konsumen peserta recall Raize cukup positif. Dan diharapkan proses recall bisa meningkat menjelang libur lebaran nanti.

Toyota Raize (Luthfi Anshori/detikOto)
"Sampai saat ini sudah ada 2.000 unit (Toyota Raize) yang sudah di-repair selama kira-kira hampir satu bulan, cukup lumayan. Nah, mudah-mudahan di bulan depan ini, bersamaan dengan mungkin banyak yang servis lebaran juga ya, mudah-mudahan bisa segera meningkat," kata Anton dalam diskusi virtual (1/4/2022).

Sebelumnya Toyota telah meminta maaf, sekiranya telah menimbulkan ketidaknyamanan bagi pemilik Raize. TAM memastikan kesiapan seluruh jaringan bengkel Toyota dalam menanggulangi hal ini dan mengimbau para pelanggan untuk segera datang ke bengkel resmi dan melakukan pemeriksaan kendaraannya.

Para pelanggan bisa mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pemeriksaan, dengan memasukkan nomor rangka dan selanjutnya akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam aktivitas recall ini.

Pemeriksaan dan perbaikan Raize sangat mudah dilakukan di bengkel resmi Toyota dan tanpa dipungut biaya sama sekali (gratis). Proses pengerjaan ini berlangsung sekitar 7,6 jam, namun hal ini tergantung pada kondisi bengkel pada saat dilakukan pemeriksaan/perbaikan.

Sumber: https://oto.detik.com/mobil/d-6016550/r ... diperbaiki


Ckckck, bisa2 setahun baru kelar ini
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3647
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by kunaskun »

3mul wrote: 06 Apr 2022, 09:12 Ckckck, bisa2 setahun baru kelar ini
karena body repair dan sangat bergantung dengan SDM-nya. memang nyebelin tapi ini kan bukan emergency atau membahayakan nyawa kecuali pas apes banget hantem lobang pas lari 200 kpj :big_think: , mendingan ntar2 aja kalau perlu pas mau ganti mobil :big_biglaugh:
blackncp91
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: 15 Feb 2021, 12:30
Location: Indonesia

Re: [NEWS] Toyota Indonesia Bakal Recall Raize Imbas Masalah Fender Apron

Post by blackncp91 »

Setuju sama om kunaskun nih, saya juga kemarin udah diinfo sama sales utk bawa raize ke beres, tp sy bilang nanti sajalah, lagian ada bbrp kasus komplain juga di grup fb setelah beres recall malah mobilnya ada lecet2 dan penyok2 kecil, kemungkinan karena penanganan selama di bengkel yg jorok dan kasar. Lagipula, sy cek unit sy lasnya aman semua, gada titik yg keluar batas.

Mending biarin aja dulu dah, toh paling 2-3 taun lagi juga mudah-mudahan ada rejeki ganti mobil lagi, nanti pemilik selanjutnya aja yg suru jalanin recallnya :D :D
Post Reply