Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

ktlie88
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 04 May 2019, 14:22
Location: Jakarta

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by ktlie88 »

Saya anjurkan cari baterei LifePo4, harga nya sudah masuk diakal dan tahan sampai 6000 - 7000 cycle, berarti bisa 20 tahun dan masih mencapai paling sedikitnya 60 persen,
Baterei ini yang dipakai di mobil listrik BYD, di negara asalnya, mobil listrik mereka baterei nya digaransi 1 juta kilometer, berarti mobil nya dulu yang jebol, baru baterei nya
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1157
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by benzz89 »

ktlie88 wrote:Saya anjurkan cari baterei LifePo4, harga nya sudah masuk diakal dan tahan sampai 6000 - 7000 cycle, berarti bisa 20 tahun dan masih mencapai paling sedikitnya 60 persen,
Baterei ini yang dipakai di mobil listrik BYD, di negara asalnya, mobil listrik mereka baterei nya digaransi 1 juta kilometer, berarti mobil nya dulu yang jebol, baru baterei nya
Gak salah itu om garansi baterai mobil sampai 1 juta KM? 500 ribu KM aja sdh sgt jarang mobil msh dipakai...

Pantes si burung biru berani pakai BYD yah, driving experience sdh gak penting lah, yg utama adalah durability terutama baterainya.
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 363
Joined: 21 Mar 2014, 09:13

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by elraedrew »

Pasang solar panel ongrid 3.6.kwp
Daya rumah 5.500
Kemarin saya kasi inverter 5000, jadi nanti kalau mau upgrade tinggal tambah panel surya aja..
Awal2 pasang pakai limiter karena meteran exim tunggu 2 bulan.
Ekspor dihargai 65%

Tapi pasang solar panel gini, jadi jarang ngoceh..
Biasa kalau pompa nyala ngoceh, anak2 lupa matiin lampu ngoceh..
Skrg bodo amat..
3.6 kwp dbulan april ini perhari ini total hasil 206 kwh
206 kwh / 14 : 14,7 , dibagi lagi 3.6 : jadi efektitifitas 4 jam an..

Pengurangan tagihan belom ketahuan
Karena meteran exim baru terpasang di maret pertengahan..
Biasa tagihan 1.5jutaan (token)
ctopher7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by ctopher7 »

elraedrew wrote:Pasang solar panel ongrid 3.6.kwp
Daya rumah 5.500
Kemarin saya kasi inverter 5000, jadi nanti kalau mau upgrade tinggal tambah panel surya aja..
Awal2 pasang pakai limiter karena meteran exim tunggu 2 bulan.
Ekspor dihargai 65%

Tapi pasang solar panel gini, jadi jarang ngoceh..
Biasa kalau pompa nyala ngoceh, anak2 lupa matiin lampu ngoceh..
Skrg bodo amat..
3.6 kwp dbulan april ini perhari ini total hasil 206 kwh
206 kwh / 14 : 14,7 , dibagi lagi 3.6 : jadi efektitifitas 4 jam an..

Pengurangan tagihan belom ketahuan
Karena meteran exim baru terpasang di maret pertengahan..
Biasa tagihan 1.5jutaan (token)
kena berapa om pasang solar panelnya?
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 363
Joined: 21 Mar 2014, 09:13

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by elraedrew »

ctopher7 wrote: 17 Apr 2022, 08:29
elraedrew wrote:Pasang solar panel ongrid 3.6.kwp
Daya rumah 5.500
Kemarin saya kasi inverter 5000, jadi nanti kalau mau upgrade tinggal tambah panel surya aja..
Awal2 pasang pakai limiter karena meteran exim tunggu 2 bulan.
Ekspor dihargai 65%

Tapi pasang solar panel gini, jadi jarang ngoceh..
Biasa kalau pompa nyala ngoceh, anak2 lupa matiin lampu ngoceh..
Skrg bodo amat..
3.6 kwp dbulan april ini perhari ini total hasil 206 kwh
206 kwh / 14 : 14,7 , dibagi lagi 3.6 : jadi efektitifitas 4 jam an..

Pengurangan tagihan belom ketahuan
Karena meteran exim baru terpasang di maret pertengahan..
Biasa tagihan 1.5jutaan (token)
kena berapa om pasang solar panelnya?
40 an om.dekat 45
ctopher7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by ctopher7 »

elraedrew wrote:
ctopher7 wrote: 17 Apr 2022, 08:29
elraedrew wrote:Pasang solar panel ongrid 3.6.kwp
Daya rumah 5.500
Kemarin saya kasi inverter 5000, jadi nanti kalau mau upgrade tinggal tambah panel surya aja..
Awal2 pasang pakai limiter karena meteran exim tunggu 2 bulan.
Ekspor dihargai 65%

Tapi pasang solar panel gini, jadi jarang ngoceh..
Biasa kalau pompa nyala ngoceh, anak2 lupa matiin lampu ngoceh..
Skrg bodo amat..
3.6 kwp dbulan april ini perhari ini total hasil 206 kwh
206 kwh / 14 : 14,7 , dibagi lagi 3.6 : jadi efektitifitas 4 jam an..

Pengurangan tagihan belom ketahuan
Karena meteran exim baru terpasang di maret pertengahan..
Biasa tagihan 1.5jutaan (token)
kena berapa om pasang solar panelnya?
40 an om.dekat 45
4 jam brarti 1/6 ya, kalo sebulan kena 1.5 bisa hemat 250 ribu. bepnya sekitar 15 tahun dong om buat jadi 45 jt
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 325
Joined: 27 May 2019, 20:07

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by Taufiq6210 »

ctopher7 wrote: 18 Apr 2022, 18:03
elraedrew wrote:
ctopher7 wrote: 17 Apr 2022, 08:29
kena berapa om pasang solar panelnya?
40 an om.dekat 45
4 jam brarti 1/6 ya, kalo sebulan kena 1.5 bisa hemat 250 ribu. bepnya sekitar 15 tahun dong om buat jadi 45 jt
Engga dong... Kan 3,6kWp x 4 jam x 30 hari = 432kWh, untuk harga ekspornya berarti 432kWh x Rp1.445 x 65% = Rp 405.000. Artinya sekitar 9 tahun udah BEP...
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2468
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by Salvanost »

ktlie88 wrote: 14 Apr 2022, 16:44 Saya anjurkan cari baterei LifePo4, harga nya sudah masuk diakal dan tahan sampai 6000 - 7000 cycle, berarti bisa 20 tahun dan masih mencapai paling sedikitnya 60 persen,
Baterei ini yang dipakai di mobil listrik BYD, di negara asalnya, mobil listrik mereka baterei nya digaransi 1 juta kilometer, berarti mobil nya dulu yang jebol, baru baterei nya
6000 harus 25 celcius / suhu ruangan AC, suhu 35 bisa jadi 3000 cycle
tapi kalau batrenya udah diatas 50an juta ya kasih ac aja... :mky_01:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2468
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by Salvanost »

ctopher7 wrote: 18 Apr 2022, 18:03
elraedrew wrote:
ctopher7 wrote: 17 Apr 2022, 08:29
kena berapa om pasang solar panelnya?
40 an om.dekat 45
4 jam brarti 1/6 ya, kalo sebulan kena 1.5 bisa hemat 250 ribu. bepnya sekitar 15 tahun dong om buat jadi 45 jt
akhir tahun tarif listrik naik, tahun depan bisa jebol tuh 2000/kwh
jangan terlalu pusing BEP sekarang karena pertamax bisa ke 25000/liter tarif listrik bisa ke 3000/kwh
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2468
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by Salvanost »

Taufiq6210 wrote: 18 Apr 2022, 19:12
ctopher7 wrote: 18 Apr 2022, 18:03
elraedrew wrote: 40 an om.dekat 45
4 jam brarti 1/6 ya, kalo sebulan kena 1.5 bisa hemat 250 ribu. bepnya sekitar 15 tahun dong om buat jadi 45 jt
Engga dong... Kan 3,6kWp x 4 jam x 30 hari = 432kWh, untuk harga ekspornya berarti 432kWh x Rp1.445 x 65% = Rp 405.000. Artinya sekitar 9 tahun udah BEP...
akhir tahun tarif naik BEP bakalan makin cepat lagi :big_exellent:
alexand
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: 26 Apr 2013, 03:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by alexand »

aturan baru ekspor bisa 100% jadi BEP jauh lebih cepat lagi

https://ekonomi.bisnis.com/read/2022020 ... n-diminati
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 363
Joined: 21 Mar 2014, 09:13

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by elraedrew »

alexand wrote: 18 Apr 2022, 20:42 aturan baru ekspor bisa 100% jadi BEP jauh lebih cepat lagi

https://ekonomi.bisnis.com/read/2022020 ... n-diminati
Ga dijalanin ini om sama pln nya.. kawan2 masi 65 persen semuandi hargainya..
Taufiq6210 wrote: 18 Apr 2022, 19:12
ctopher7 wrote: 18 Apr 2022, 18:03
elraedrew wrote: 40 an om.dekat 45
4 jam brarti 1/6 ya, kalo sebulan kena 1.5 bisa hemat 250 ribu. bepnya sekitar 15 tahun dong om buat jadi 45 jt
Engga dong... Kan 3,6kWp x 4 jam x 30 hari = 432kWh, untuk harga ekspornya berarti 432kWh x Rp1.445 x 65% = Rp 405.000. Artinya sekitar 9 tahun udah BEP...
Screenshot_20220419-221234_ShinePhone.jpg
Jgn dihitung ekspor semua om...
Yg keliatan si skrg pemakaian saya sebulan 500an kwh belom dipotong ekspornya (karena kalau lagi siang itu meteran ga jalan om, banyak pakai hasil dr plts), kemungkinan tagihan saya dengan tarif sekrg sekitar 700-900, jadi ada hemat 40-50 persen.
Dulu isi token 500rb itu hanya bertahan 9 hari, . Menurut saya sangat lumayan hematnya.. target saya nambah panel suryanya. Biar tagihan dibawah 500..
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: 02 Dec 2017, 18:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by Sonzz »

Salvanost wrote: 20 Mar 2022, 21:38
Sonzz wrote: 20 Mar 2022, 18:42
forzanetti wrote: 18 Mar 2022, 12:01 balik modal 6 tahun, tapi 5 tahun ganti batere ya? harga batere sepertinya mahal.

kalo dihitung 10 tahun (pake harga PLN sekarang dan asumsi ganti batere di tahun ke 5), selisihnya bisa berapa om?
Ane sharing dikit ya.

Billboard kantor ane pakai Solar Panel

Lampu nya 50 watt 8pcs, total 400 watt. Nyala jam 6 sore, mati jam 2 malam

Investasi yang diperlukan :
1. Solar panel 260Wp x 4pcs = 6jt untuk 4 panel
2. Controller 1pc dan Adaptor 4pcs total 7,5jt untuk 5 barang ini
3. Aki 250 Ah 2pcs 11jt (beli di Jkt, belum termasuk ongkir), kalau diluar Jkt, mungkin lebih mahal
4. Kabel sesuaikan aja. Biasa pakai kabel tunggal isi 2 yang 4mm

Bisa tahan minimal 3 tahun. Tapi sering kena maling, jadi yah, plus minus lah.

Btw domisili ane di Batam

*Batere nya VRLA AGM Gel deep cycle
hebat loh batre AGMnya bisa tahan 3 tahun, padahal batrenya dipake tiap hari :big_exellent:
boleh tanya om biasanya yang dimaling apanya? itu batrenya berat banget tuh 60an kilo ada

saya mau beli 200ah buat UPS saya tapi berat 50kg mikir2 saya cara angkatnya gimana :big_biglaugh:
Yang paling sering dimaling biasanya Controller, Adaptor, Aki.

Kadang2 komplit, sampe Lampu dan Solar panel juga digondol maling....Tergantung maling nya niat atau ga.

Kadang semua dimaling, kecuali lampu dan solar panel...Mungkin mereka malas bawa banyak2 kali ya
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 196
Joined: 02 Dec 2017, 18:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by Sonzz »

Bangkitin thread lama ah

Panel surya saya kok produksi nya kecil ya?

260Wp (31 Volt x 8.4 Ampere).

Mau sambungan seri atau paralel (4pcs Solar panel)

Cuma dapat 90an watt aja (28 Volt x 3 Ampere)

Ada yang salah gak ya?

Pemakaian untuk di Billboard sih

Dari beberapa Billboard saya, titik lokasi ini doang yang bermasalah. Spek nyab99% sama seperti Billboard saya yang lain. Any comment?
Attachments
9310902B-9CB0-4D54-B9D6-1FB824FE5A11.jpeg
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2468
Joined: 14 Dec 2012, 20:44

Re: Mungkin 2022 adalah saat yg paling tepat buat memakai solar panel...

Post by Salvanost »



Dengan adanya berita ini
Maka thread ini saya tutup
Dikarenakan kebijakan PLTS dari PLN belum jelas dan ribet
Locked