[Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

[Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by krniawnhdr »

Halo Om-om suhu SM...
Saya lagi cari mobil big MPV saya dirumah buat gantiin mobil yang sekarang ada (Suzuki APV).
Rencana saya mau ganti APV saya dengan Hyundai H-1 diesel yang tipe captain seat. Budget saya kisaran 250-280jt an, untuk beli unitnya saja, diluar untuk biaya replace parts, service dll. untuk biaya ganti parts, service dll saya budgetin 6-10jt.
Nah yang saya mau tanya, seputar mobil ini, mungkin disini ada suhu-suhu yang sudah pengalaman pelihara H-1 diesel.

1. Apakah mobil ini so far lebih nyaman (suspensi, kekedapan, noise) untuk jalan jauh untuk penumpang baris 2-3? dengan perbandingan dirumah saya juga ada ANKI diesel. rencana memang mau saya pakai konvoi keluarga sampai Sabang :big_smile]
2. Apakah mobil ini bisa minum biosolar? mungkin sesekali saja akan dicampur dengan pertamina dex. untuk pergantian filsol akan dilakukan per 5000 KM untuk antisipasi ini.
3. Ada concern/masukan/tips lain kah seputar mobil hyundai H-1 ini?
4. Saya cuma lirik Hyundai H-1 diesel saja. Nggak mau MPV boxy lain :big_grin:

Terima kasih & have a good day om! :big_peace: :big_comfort:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2590
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by farizfsa »

krniawnhdr wrote: Fri Mar 18, 2022 6:41 Halo Om-om suhu SM...
Saya lagi cari mobil big MPV saya dirumah buat gantiin mobil yang sekarang ada (Suzuki APV).
Rencana saya mau ganti APV saya dengan Hyundai H-1 diesel yang tipe captain seat. Budget saya kisaran 250-280jt an, untuk beli unitnya saja, diluar untuk biaya replace parts, service dll. untuk biaya ganti parts, service dll saya budgetin 6-10jt.
Nah yang saya mau tanya, seputar mobil ini, mungkin disini ada suhu-suhu yang sudah pengalaman pelihara H-1 diesel.

1. Apakah mobil ini so far lebih nyaman (suspensi, kekedapan, noise) untuk jalan jauh untuk penumpang baris 2-3? dengan perbandingan dirumah saya juga ada ANKI diesel. rencana memang mau saya pakai konvoi keluarga sampai Sabang :big_smile]
2. Apakah mobil ini bisa minum biosolar? mungkin sesekali saja akan dicampur dengan pertamina dex. untuk pergantian filsol akan dilakukan per 5000 KM untuk antisipasi ini.
3. Ada concern/masukan/tips lain kah seputar mobil hyundai H-1 ini?
4. Saya cuma lirik Hyundai H-1 diesel saja. Nggak mau MPV boxy lain :big_grin:

Terima kasih & have a good day om! :big_peace: :big_comfort:
mobil enak tapi kaku,

per belakang ganti per mercy tiger baru agak enakan

bbm solar biasa aja tp tenaga enak

legroom gausah di tanya, luas

tinggal garasi muat apa ga
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by satriakarisma »

krniawnhdr wrote: Fri Mar 18, 2022 6:41 Halo Om-om suhu SM...
Saya lagi cari mobil big MPV saya dirumah buat gantiin mobil yang sekarang ada (Suzuki APV).
Rencana saya mau ganti APV saya dengan Hyundai H-1 diesel yang tipe captain seat. Budget saya kisaran 250-280jt an, untuk beli unitnya saja, diluar untuk biaya replace parts, service dll. untuk biaya ganti parts, service dll saya budgetin 6-10jt.
Nah yang saya mau tanya, seputar mobil ini, mungkin disini ada suhu-suhu yang sudah pengalaman pelihara H-1 diesel.

1. Apakah mobil ini so far lebih nyaman (suspensi, kekedapan, noise) untuk jalan jauh untuk penumpang baris 2-3? dengan perbandingan dirumah saya juga ada ANKI diesel. rencana memang mau saya pakai konvoi keluarga sampai Sabang :big_smile]
2. Apakah mobil ini bisa minum biosolar? mungkin sesekali saja akan dicampur dengan pertamina dex. untuk pergantian filsol akan dilakukan per 5000 KM untuk antisipasi ini.
3. Ada concern/masukan/tips lain kah seputar mobil hyundai H-1 ini?
4. Saya cuma lirik Hyundai H-1 diesel saja. Nggak mau MPV boxy lain :big_grin:

Terima kasih & have a good day om! :big_peace: :big_comfort:
Join aja dl om di H1FI. Ada kok grupnya di fb, cukup aktif pula membernya.
setahu saya juga banyak yang pakai biosolar di mesinnya.
oh ya, setau saya ada kode A1 dan A2 untuk mesinnya.
tapi saya juga kurang paham mana bedanya :big_chicken:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by Pboyz97 »

krniawnhdr wrote: Fri Mar 18, 2022 6:41 Halo Om-om suhu SM...
Saya lagi cari mobil big MPV saya dirumah buat gantiin mobil yang sekarang ada (Suzuki APV).
Rencana saya mau ganti APV saya dengan Hyundai H-1 diesel yang tipe captain seat. Budget saya kisaran 250-280jt an, untuk beli unitnya saja, diluar untuk biaya replace parts, service dll. untuk biaya ganti parts, service dll saya budgetin 6-10jt.
Nah yang saya mau tanya, seputar mobil ini, mungkin disini ada suhu-suhu yang sudah pengalaman pelihara H-1 diesel.

1. Apakah mobil ini so far lebih nyaman (suspensi, kekedapan, noise) untuk jalan jauh untuk penumpang baris 2-3? dengan perbandingan dirumah saya juga ada ANKI diesel. rencana memang mau saya pakai konvoi keluarga sampai Sabang :big_smile]
2. Apakah mobil ini bisa minum biosolar? mungkin sesekali saja akan dicampur dengan pertamina dex. untuk pergantian filsol akan dilakukan per 5000 KM untuk antisipasi ini.
3. Ada concern/masukan/tips lain kah seputar mobil hyundai H-1 ini?
4. Saya cuma lirik Hyundai H-1 diesel saja. Nggak mau MPV boxy lain :big_grin:

Terima kasih & have a good day om! :big_peace: :big_comfort:
- kalo dibanding APV sih upgrade dari segala sisi om hehehe, kalo suspensi dan kekedapan juga menurut saya lebih baik dibanding ANKI diesel spertinya
- masih bisa, secara mobil ini juga banyak dipake buat rental dan travel hehehe
- ya paling kaki2, rack steering, service record sm nyarinya pelan, karena mobil ini banyak dipake armada pt sm rental, jadi yg kmnya udh gondrong jg banyak
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by krniawnhdr »

Pboyz97 wrote: Fri Mar 18, 2022 15:55
krniawnhdr wrote: Fri Mar 18, 2022 6:41 Halo Om-om suhu SM...
Saya lagi cari mobil big MPV saya dirumah buat gantiin mobil yang sekarang ada (Suzuki APV).
Rencana saya mau ganti APV saya dengan Hyundai H-1 diesel yang tipe captain seat. Budget saya kisaran 250-280jt an, untuk beli unitnya saja, diluar untuk biaya replace parts, service dll. untuk biaya ganti parts, service dll saya budgetin 6-10jt.
Nah yang saya mau tanya, seputar mobil ini, mungkin disini ada suhu-suhu yang sudah pengalaman pelihara H-1 diesel.

1. Apakah mobil ini so far lebih nyaman (suspensi, kekedapan, noise) untuk jalan jauh untuk penumpang baris 2-3? dengan perbandingan dirumah saya juga ada ANKI diesel. rencana memang mau saya pakai konvoi keluarga sampai Sabang :big_smile]
2. Apakah mobil ini bisa minum biosolar? mungkin sesekali saja akan dicampur dengan pertamina dex. untuk pergantian filsol akan dilakukan per 5000 KM untuk antisipasi ini.
3. Ada concern/masukan/tips lain kah seputar mobil hyundai H-1 ini?
4. Saya cuma lirik Hyundai H-1 diesel saja. Nggak mau MPV boxy lain :big_grin:

Terima kasih & have a good day om! :big_peace: :big_comfort:
- kalo dibanding APV sih upgrade dari segala sisi om hehehe, kalo suspensi dan kekedapan juga menurut saya lebih baik dibanding ANKI diesel spertinya
- masih bisa, secara mobil ini juga banyak dipake buat rental dan travel hehehe
- ya paling kaki2, rack steering, service record sm nyarinya pelan, karena mobil ini banyak dipake armada pt sm rental, jadi yg kmnya udh gondrong jg banyak

punya atau tau rekomen bengkel yang biasa ngerjain kaki-kaki/racksteering mobil hyundai nggak om? non beres :big_grin:
hehe iya..carinya santai nih :big_peace:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4585
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by Pboyz97 »

krniawnhdr wrote: Sat Mar 19, 2022 2:59


punya atau tau rekomen bengkel yang biasa ngerjain kaki-kaki/racksteering mobil hyundai nggak om? non beres :big_grin:
hehe iya..carinya santai nih :big_peace:
coba main ke mgk, blok m atau atrium senen aja om, disana ada lumayan banyak bengkel spesialis yg biasa handle mobil dari berbagai merek menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by rendr »

krniawnhdr wrote: Fri Mar 18, 2022 6:41 Halo Om-om suhu SM...
Saya lagi cari mobil big MPV saya dirumah buat gantiin mobil yang sekarang ada (Suzuki APV).
Rencana saya mau ganti APV saya dengan Hyundai H-1 diesel yang tipe captain seat. Budget saya kisaran 250-280jt an, untuk beli unitnya saja, diluar untuk biaya replace parts, service dll. untuk biaya ganti parts, service dll saya budgetin 6-10jt.
Nah yang saya mau tanya, seputar mobil ini, mungkin disini ada suhu-suhu yang sudah pengalaman pelihara H-1 diesel.

1. Apakah mobil ini so far lebih nyaman (suspensi, kekedapan, noise) untuk jalan jauh untuk penumpang baris 2-3? dengan perbandingan dirumah saya juga ada ANKI diesel. rencana memang mau saya pakai konvoi keluarga sampai Sabang :big_smile]
2. Apakah mobil ini bisa minum biosolar? mungkin sesekali saja akan dicampur dengan pertamina dex. untuk pergantian filsol akan dilakukan per 5000 KM untuk antisipasi ini.
3. Ada concern/masukan/tips lain kah seputar mobil hyundai H-1 ini?
4. Saya cuma lirik Hyundai H-1 diesel saja. Nggak mau MPV boxy lain :big_grin:

Terima kasih & have a good day om! :big_peace: :big_comfort:
halo om izin bantu jawab... kebetulan saya pengguna H-1 Bensin..

1. H-1 sayangnya bawaannya agak keras om terutama yang diesel. beberapa member modif per dan shock nya biar jadi empuk. kalo yang bensin per depan nya lebih kecil jadi lebih empuk. ANKI udah pasti jauh lebih empuk.... untuk modifikasi bisa search bengkel P1 om ade/join telegram H1Fi


2. H-1 diesel ada 2 generasi mesin diesel, mesin A1 dan A2, untuk mesin A1 ini dari pertama lahir sampai 2011.. 2012 keatas sudah A2, bisa cek STNK dulu sblm membeli keliatan kode A1 / A2 nya, untuk mesin A1 ini masih sanggup minum biosolar, A2 disarankan pertadex saja karena lubang injectornya lebih kecil, kalopun mau pake biosolar tambah additive cth : PSDK / CRC 1 tank / SDT2000

3. PSD sebelum 2017 buatan thailand itu agak lemot dan unreliable, 2017 up sudah buatan malaysia lebih cepet dan reliable, sisanya aman sih dari segi reliability ini mobil teknologinya msh sederhana dan conventional, pastikan oli2 pake yg bagus ya bawaan beres hyundai ini kurang cocok sama kebutuhan dia sendiri.

oya shock mobil ini juga aneh, terutama shock depan pastikan pake ori nya ya, kalo mau beli di tokped pastikan part numbernya sama, hindari shock aftermarket karena dudukan link stabil dan selang rem nya pasti ga sama dengan bawaan. untuk shock ori di beres 1,8jt/pcs sisanya kaki2 jg murah kok bushing dkk di bengkel resmi paling mahal 500rb/pcs nya, link stabil bisa pake punya grandis merk 555.

beberapa saran terkait chemical dari ane ;
Oli mesin : mesin A1 5w40 CI-4/CJ-4, Mesin A2 5w30 / 10w30 CI-4/CJ-4
ATF : bisa cari yg comply T-IV / 1A / RED-1
gardan : 80w90 GL-5 (ini di beres bagus dia pake Q8 T55)
coolant : pake ecstar suzuki punya aja yg ready to use 50/50 SLLC
power steering : Aisin AFW+
minyak rem : Seiken heavy duty bening DOT 3 / Mobil DOT 4 FMVSS116


kalo mau discuss lebih lanjut monggo bisa japri..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by rendr »

krniawnhdr wrote: Sat Mar 19, 2022 2:59
Pboyz97 wrote: Fri Mar 18, 2022 15:55
krniawnhdr wrote: Fri Mar 18, 2022 6:41 Halo Om-om suhu SM...
Saya lagi cari mobil big MPV saya dirumah buat gantiin mobil yang sekarang ada (Suzuki APV).
Rencana saya mau ganti APV saya dengan Hyundai H-1 diesel yang tipe captain seat. Budget saya kisaran 250-280jt an, untuk beli unitnya saja, diluar untuk biaya replace parts, service dll. untuk biaya ganti parts, service dll saya budgetin 6-10jt.
Nah yang saya mau tanya, seputar mobil ini, mungkin disini ada suhu-suhu yang sudah pengalaman pelihara H-1 diesel.

1. Apakah mobil ini so far lebih nyaman (suspensi, kekedapan, noise) untuk jalan jauh untuk penumpang baris 2-3? dengan perbandingan dirumah saya juga ada ANKI diesel. rencana memang mau saya pakai konvoi keluarga sampai Sabang :big_smile]
2. Apakah mobil ini bisa minum biosolar? mungkin sesekali saja akan dicampur dengan pertamina dex. untuk pergantian filsol akan dilakukan per 5000 KM untuk antisipasi ini.
3. Ada concern/masukan/tips lain kah seputar mobil hyundai H-1 ini?
4. Saya cuma lirik Hyundai H-1 diesel saja. Nggak mau MPV boxy lain :big_grin:

Terima kasih & have a good day om! :big_peace: :big_comfort:
- kalo dibanding APV sih upgrade dari segala sisi om hehehe, kalo suspensi dan kekedapan juga menurut saya lebih baik dibanding ANKI diesel spertinya
- masih bisa, secara mobil ini juga banyak dipake buat rental dan travel hehehe
- ya paling kaki2, rack steering, service record sm nyarinya pelan, karena mobil ini banyak dipake armada pt sm rental, jadi yg kmnya udh gondrong jg banyak

punya atau tau rekomen bengkel yang biasa ngerjain kaki-kaki/racksteering mobil hyundai nggak om? non beres :big_grin:
hehe iya..carinya santai nih :big_peace:
kalo kaki2 ke om ade bisa bengkel P1 kemang sebrang adorama... masuk kedalem parkiran food court, kalo racksteer / PW steering sih bisa ke milala / lili bsd / botak seng
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by MSU »

Kalo bawa H1 ni SIM A bisa ?
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5702
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by sintoni »

MSU wrote: Sat Mar 19, 2022 4:51 Kalo bawa H1 ni SIM A bisa ?
Bisa dong om, kan harusnya berat kendaraan + muatannya ga sampe 3.5 ton.
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by sherryandkez »

bokap pernah ada h1 elegance crdi, dibeli buat nyenengin anak2 kantor yang suka maksi bareng biar ga naik angkot lagi.

ga pernah rewel, servis murah, solar (yes diisi 5150) irit. minusnya bantingan keras, pintu super berat karena manual dan lebar (tiati kejepit), dan kulit jok jelek gampang sobek atau pudar.

cari yang royale aja kalo mau captain seat, pintu geser udah elektrik juga.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by krniawnhdr »

sherryandkez wrote: Sun Mar 20, 2022 10:51 bokap pernah ada h1 elegance crdi, dibeli buat nyenengin anak2 kantor yang suka maksi bareng biar ga naik angkot lagi.

ga pernah rewel, servis murah, solar (yes diisi 5150) irit. minusnya bantingan keras, pintu super berat karena manual dan lebar (tiati kejepit), dan kulit jok jelek gampang sobek atau pudar.

cari yang royale aja kalo mau captain seat, pintu geser udah elektrik juga.
iya om, lagi hunting yang royale diesel nih..
wah keras ya...saya kirain lebih enak dari ANKI , hehe :big_dunno:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by krniawnhdr »

rendr wrote: Sat Mar 19, 2022 3:53
krniawnhdr wrote: Sat Mar 19, 2022 2:59
Pboyz97 wrote: Fri Mar 18, 2022 15:55
- kalo dibanding APV sih upgrade dari segala sisi om hehehe, kalo suspensi dan kekedapan juga menurut saya lebih baik dibanding ANKI diesel spertinya
- masih bisa, secara mobil ini juga banyak dipake buat rental dan travel hehehe
- ya paling kaki2, rack steering, service record sm nyarinya pelan, karena mobil ini banyak dipake armada pt sm rental, jadi yg kmnya udh gondrong jg banyak

punya atau tau rekomen bengkel yang biasa ngerjain kaki-kaki/racksteering mobil hyundai nggak om? non beres :big_grin:
hehe iya..carinya santai nih :big_peace:
kalo kaki2 ke om ade bisa bengkel P1 kemang sebrang adorama... masuk kedalem parkiran food court, kalo racksteer / PW steering sih bisa ke milala / lili bsd / botak seng
mantaappp...makasih informasinya om :big_exellent: :big_exellent:
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by krniawnhdr »

rendr wrote: Sat Mar 19, 2022 3:42
krniawnhdr wrote: Fri Mar 18, 2022 6:41 Halo Om-om suhu SM...
Saya lagi cari mobil big MPV saya dirumah buat gantiin mobil yang sekarang ada (Suzuki APV).
Rencana saya mau ganti APV saya dengan Hyundai H-1 diesel yang tipe captain seat. Budget saya kisaran 250-280jt an, untuk beli unitnya saja, diluar untuk biaya replace parts, service dll. untuk biaya ganti parts, service dll saya budgetin 6-10jt.
Nah yang saya mau tanya, seputar mobil ini, mungkin disini ada suhu-suhu yang sudah pengalaman pelihara H-1 diesel.

1. Apakah mobil ini so far lebih nyaman (suspensi, kekedapan, noise) untuk jalan jauh untuk penumpang baris 2-3? dengan perbandingan dirumah saya juga ada ANKI diesel. rencana memang mau saya pakai konvoi keluarga sampai Sabang :big_smile]
2. Apakah mobil ini bisa minum biosolar? mungkin sesekali saja akan dicampur dengan pertamina dex. untuk pergantian filsol akan dilakukan per 5000 KM untuk antisipasi ini.
3. Ada concern/masukan/tips lain kah seputar mobil hyundai H-1 ini?
4. Saya cuma lirik Hyundai H-1 diesel saja. Nggak mau MPV boxy lain :big_grin:

Terima kasih & have a good day om! :big_peace: :big_comfort:
halo om izin bantu jawab... kebetulan saya pengguna H-1 Bensin..

1. H-1 sayangnya bawaannya agak keras om terutama yang diesel. beberapa member modif per dan shock nya biar jadi empuk. kalo yang bensin per depan nya lebih kecil jadi lebih empuk. ANKI udah pasti jauh lebih empuk.... untuk modifikasi bisa search bengkel P1 om ade/join telegram H1Fi


2. H-1 diesel ada 2 generasi mesin diesel, mesin A1 dan A2, untuk mesin A1 ini dari pertama lahir sampai 2011.. 2012 keatas sudah A2, bisa cek STNK dulu sblm membeli keliatan kode A1 / A2 nya, untuk mesin A1 ini masih sanggup minum biosolar, A2 disarankan pertadex saja karena lubang injectornya lebih kecil, kalopun mau pake biosolar tambah additive cth : PSDK / CRC 1 tank / SDT2000

3. PSD sebelum 2017 buatan thailand itu agak lemot dan unreliable, 2017 up sudah buatan malaysia lebih cepet dan reliable, sisanya aman sih dari segi reliability ini mobil teknologinya msh sederhana dan conventional, pastikan oli2 pake yg bagus ya bawaan beres hyundai ini kurang cocok sama kebutuhan dia sendiri.

oya shock mobil ini juga aneh, terutama shock depan pastikan pake ori nya ya, kalo mau beli di tokped pastikan part numbernya sama, hindari shock aftermarket karena dudukan link stabil dan selang rem nya pasti ga sama dengan bawaan. untuk shock ori di beres 1,8jt/pcs sisanya kaki2 jg murah kok bushing dkk di bengkel resmi paling mahal 500rb/pcs nya, link stabil bisa pake punya grandis merk 555.

beberapa saran terkait chemical dari ane ;
Oli mesin : mesin A1 5w40 CI-4/CJ-4, Mesin A2 5w30 / 10w30 CI-4/CJ-4
ATF : bisa cari yg comply T-IV / 1A / RED-1
gardan : 80w90 GL-5 (ini di beres bagus dia pake Q8 T55)
coolant : pake ecstar suzuki punya aja yg ready to use 50/50 SLLC
power steering : Aisin AFW+
minyak rem : Seiken heavy duty bening DOT 3 / Mobil DOT 4 FMVSS116


kalo mau discuss lebih lanjut monggo bisa japri..
wuihhh gokill,, lengkapp..mantap om..makasih..
baru tau rupanya suspensi versi bensin dan dieselnya beda. saya kira sama, hehe :big_grin:
noted om kalo gitu, habis beli biar enak mesti dimodif dulu nih si suspensi sesuai rekomendasi diatas..
nah point no 2, kayaknya pasti A2 sih..soalnya umurnya diatas 2015 yang masuk shortlist saya..
oya, pengalaman duduk di kursi captain seatnya gimana om penilaiannya?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by rendr »

krniawnhdr wrote: Tue Mar 22, 2022 4:16
rendr wrote: Sat Mar 19, 2022 3:42
krniawnhdr wrote: Fri Mar 18, 2022 6:41 Halo Om-om suhu SM...
Saya lagi cari mobil big MPV saya dirumah buat gantiin mobil yang sekarang ada (Suzuki APV).
Rencana saya mau ganti APV saya dengan Hyundai H-1 diesel yang tipe captain seat. Budget saya kisaran 250-280jt an, untuk beli unitnya saja, diluar untuk biaya replace parts, service dll. untuk biaya ganti parts, service dll saya budgetin 6-10jt.
Nah yang saya mau tanya, seputar mobil ini, mungkin disini ada suhu-suhu yang sudah pengalaman pelihara H-1 diesel.

1. Apakah mobil ini so far lebih nyaman (suspensi, kekedapan, noise) untuk jalan jauh untuk penumpang baris 2-3? dengan perbandingan dirumah saya juga ada ANKI diesel. rencana memang mau saya pakai konvoi keluarga sampai Sabang :big_smile]
2. Apakah mobil ini bisa minum biosolar? mungkin sesekali saja akan dicampur dengan pertamina dex. untuk pergantian filsol akan dilakukan per 5000 KM untuk antisipasi ini.
3. Ada concern/masukan/tips lain kah seputar mobil hyundai H-1 ini?
4. Saya cuma lirik Hyundai H-1 diesel saja. Nggak mau MPV boxy lain :big_grin:

Terima kasih & have a good day om! :big_peace: :big_comfort:
halo om izin bantu jawab... kebetulan saya pengguna H-1 Bensin..

1. H-1 sayangnya bawaannya agak keras om terutama yang diesel. beberapa member modif per dan shock nya biar jadi empuk. kalo yang bensin per depan nya lebih kecil jadi lebih empuk. ANKI udah pasti jauh lebih empuk.... untuk modifikasi bisa search bengkel P1 om ade/join telegram H1Fi


2. H-1 diesel ada 2 generasi mesin diesel, mesin A1 dan A2, untuk mesin A1 ini dari pertama lahir sampai 2011.. 2012 keatas sudah A2, bisa cek STNK dulu sblm membeli keliatan kode A1 / A2 nya, untuk mesin A1 ini masih sanggup minum biosolar, A2 disarankan pertadex saja karena lubang injectornya lebih kecil, kalopun mau pake biosolar tambah additive cth : PSDK / CRC 1 tank / SDT2000

3. PSD sebelum 2017 buatan thailand itu agak lemot dan unreliable, 2017 up sudah buatan malaysia lebih cepet dan reliable, sisanya aman sih dari segi reliability ini mobil teknologinya msh sederhana dan conventional, pastikan oli2 pake yg bagus ya bawaan beres hyundai ini kurang cocok sama kebutuhan dia sendiri.

oya shock mobil ini juga aneh, terutama shock depan pastikan pake ori nya ya, kalo mau beli di tokped pastikan part numbernya sama, hindari shock aftermarket karena dudukan link stabil dan selang rem nya pasti ga sama dengan bawaan. untuk shock ori di beres 1,8jt/pcs sisanya kaki2 jg murah kok bushing dkk di bengkel resmi paling mahal 500rb/pcs nya, link stabil bisa pake punya grandis merk 555.

beberapa saran terkait chemical dari ane ;
Oli mesin : mesin A1 5w40 CI-4/CJ-4, Mesin A2 5w30 / 10w30 CI-4/CJ-4
ATF : bisa cari yg comply T-IV / 1A / RED-1
gardan : 80w90 GL-5 (ini di beres bagus dia pake Q8 T55)
coolant : pake ecstar suzuki punya aja yg ready to use 50/50 SLLC
power steering : Aisin AFW+
minyak rem : Seiken heavy duty bening DOT 3 / Mobil DOT 4 FMVSS116


kalo mau discuss lebih lanjut monggo bisa japri..
wuihhh gokill,, lengkapp..mantap om..makasih..
baru tau rupanya suspensi versi bensin dan dieselnya beda. saya kira sama, hehe :big_grin:
noted om kalo gitu, habis beli biar enak mesti dimodif dulu nih si suspensi sesuai rekomendasi diatas..
nah point no 2, kayaknya pasti A2 sih..soalnya umurnya diatas 2015 yang masuk shortlist saya..
oya, pengalaman duduk di kursi captain seatnya gimana om penilaiannya?
oh nyari royale diesel taun mudaan ya..

soal captain seat sih oke banget ya, ga seempuk mpv jepang tapi luas pol om.. lega banget pemandangan, ane tinggi 181 cm berat 1 kwintal lebih enak banget hahahaha, apalagi baris ketiganya, ga ada lawan deh legroom ini mobil.. susah nyari penggantinya, kalo mau upgrade ya staria atau hiace hahahahaha

oya issue nya buat jok elektrik ini paling tuas maju mundurnya seret / handlenya berat atau keras, ini bisa di bengkel P1 om ade juga ngerjainnya... biasa per sama sling2nya seret... tinggal di re-grease / kasih minyak rem biar lancar lagi.. maklum gede banget joknya, sama sering2 dijalanin aja motor2nya biar lancar... kalo mati lumayan 1,5jt.. walau jarang sih temen2 yg sampe motornya mati..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
tawangalun
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Mar 22, 2022 15:43

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by tawangalun »

Saya pakai yang bensin 2011 dari baru sampai sekarang, daily use.

Enak lah, no complaint. Bensin 1:7~8 (urban) / 1:9-~10 highway juga masih reasonable melihat dimensi X bobot. Memang di service manual angkanya segini kalau yang bensin engine Theta 2.4 L jadi ya sudah biarkan saja. Toh mesinnya juga mesin zaman bahola.

Bonusnya ya perawatan tidak aneh2. Bensin saya pakai RON89 Vivo. Oli juga oli murah aja PTT 5W/30 ganti tiap max 5k km (cuma 4.2 litre vs diesel A2 sekitar 7-8 litre). Yang bensin gearbox AT zaman bahola 4-speed juga tidak butuh ATF aneh2.

Selama pakai saya service PMS per 10k di authorised workshop Hyundai, reasonable jasanya. Parts kadang saya beli di authorised, kadang saya beli sendiri (kalau tidak ready) & pasang di authorised.

Sampai bingung saya mau ganti apa (karena saya kurang suka diesel). Jadi ya saya pakai terus saja.
Untung saya belinya yang XG biasa (serba manual, pintu manual, kursi manual) jadi tidak rusak2 hehe.
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by sherryandkez »

krniawnhdr wrote: Tue Mar 22, 2022 4:08
sherryandkez wrote: Sun Mar 20, 2022 10:51 bokap pernah ada h1 elegance crdi, dibeli buat nyenengin anak2 kantor yang suka maksi bareng biar ga naik angkot lagi.

ga pernah rewel, servis murah, solar (yes diisi 5150) irit. minusnya bantingan keras, pintu super berat karena manual dan lebar (tiati kejepit), dan kulit jok jelek gampang sobek atau pudar.

cari yang royale aja kalo mau captain seat, pintu geser udah elektrik juga.
iya om, lagi hunting yang royale diesel nih..
wah keras ya...saya kirain lebih enak dari ANKI , hehe :big_dunno:
lebih keras dari anki tapi setau saya bisa diakalin lah ginian, asal spring rate gantinya cocok aja krn si h1 ini berat mblnya
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by krniawnhdr »

rendr wrote: Tue Mar 22, 2022 13:00
krniawnhdr wrote: Tue Mar 22, 2022 4:16
rendr wrote: Sat Mar 19, 2022 3:42

halo om izin bantu jawab... kebetulan saya pengguna H-1 Bensin..

1. H-1 sayangnya bawaannya agak keras om terutama yang diesel. beberapa member modif per dan shock nya biar jadi empuk. kalo yang bensin per depan nya lebih kecil jadi lebih empuk. ANKI udah pasti jauh lebih empuk.... untuk modifikasi bisa search bengkel P1 om ade/join telegram H1Fi


2. H-1 diesel ada 2 generasi mesin diesel, mesin A1 dan A2, untuk mesin A1 ini dari pertama lahir sampai 2011.. 2012 keatas sudah A2, bisa cek STNK dulu sblm membeli keliatan kode A1 / A2 nya, untuk mesin A1 ini masih sanggup minum biosolar, A2 disarankan pertadex saja karena lubang injectornya lebih kecil, kalopun mau pake biosolar tambah additive cth : PSDK / CRC 1 tank / SDT2000

3. PSD sebelum 2017 buatan thailand itu agak lemot dan unreliable, 2017 up sudah buatan malaysia lebih cepet dan reliable, sisanya aman sih dari segi reliability ini mobil teknologinya msh sederhana dan conventional, pastikan oli2 pake yg bagus ya bawaan beres hyundai ini kurang cocok sama kebutuhan dia sendiri.

oya shock mobil ini juga aneh, terutama shock depan pastikan pake ori nya ya, kalo mau beli di tokped pastikan part numbernya sama, hindari shock aftermarket karena dudukan link stabil dan selang rem nya pasti ga sama dengan bawaan. untuk shock ori di beres 1,8jt/pcs sisanya kaki2 jg murah kok bushing dkk di bengkel resmi paling mahal 500rb/pcs nya, link stabil bisa pake punya grandis merk 555.

beberapa saran terkait chemical dari ane ;
Oli mesin : mesin A1 5w40 CI-4/CJ-4, Mesin A2 5w30 / 10w30 CI-4/CJ-4
ATF : bisa cari yg comply T-IV / 1A / RED-1
gardan : 80w90 GL-5 (ini di beres bagus dia pake Q8 T55)
coolant : pake ecstar suzuki punya aja yg ready to use 50/50 SLLC
power steering : Aisin AFW+
minyak rem : Seiken heavy duty bening DOT 3 / Mobil DOT 4 FMVSS116


kalo mau discuss lebih lanjut monggo bisa japri..
wuihhh gokill,, lengkapp..mantap om..makasih..
baru tau rupanya suspensi versi bensin dan dieselnya beda. saya kira sama, hehe :big_grin:
noted om kalo gitu, habis beli biar enak mesti dimodif dulu nih si suspensi sesuai rekomendasi diatas..
nah point no 2, kayaknya pasti A2 sih..soalnya umurnya diatas 2015 yang masuk shortlist saya..
oya, pengalaman duduk di kursi captain seatnya gimana om penilaiannya?
oh nyari royale diesel taun mudaan ya..

soal captain seat sih oke banget ya, ga seempuk mpv jepang tapi luas pol om.. lega banget pemandangan, ane tinggi 181 cm berat 1 kwintal lebih enak banget hahahaha, apalagi baris ketiganya, ga ada lawan deh legroom ini mobil.. susah nyari penggantinya, kalo mau upgrade ya staria atau hiace hahahahaha

oya issue nya buat jok elektrik ini paling tuas maju mundurnya seret / handlenya berat atau keras, ini bisa di bengkel P1 om ade juga ngerjainnya... biasa per sama sling2nya seret... tinggal di re-grease / kasih minyak rem biar lancar lagi.. maklum gede banget joknya, sama sering2 dijalanin aja motor2nya biar lancar... kalo mati lumayan 1,5jt.. walau jarang sih temen2 yg sampe motornya mati..
wahh bener om...salah satu point yang buat saya lirik H1 tipe royale ini pas liat video review yang baris ke 3 nya sliding trus recline, dan liat legroomnya..gila gila gila...
makanya lirik yang diesel biar bisa nyaman didalam tapi konsumsi BBM tetep hemat..hehe
btw pajak tahunan kena berapa om? pake ban merk apa sekarang om?
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by krniawnhdr »

tawangalun wrote: Tue Mar 22, 2022 15:55 Saya pakai yang bensin 2011 dari baru sampai sekarang, daily use.

Enak lah, no complaint. Bensin 1:7~8 (urban) / 1:9-~10 highway juga masih reasonable melihat dimensi X bobot. Memang di service manual angkanya segini kalau yang bensin engine Theta 2.4 L jadi ya sudah biarkan saja. Toh mesinnya juga mesin zaman bahola.

Bonusnya ya perawatan tidak aneh2. Bensin saya pakai RON89 Vivo. Oli juga oli murah aja PTT 5W/30 ganti tiap max 5k km (cuma 4.2 litre vs diesel A2 sekitar 7-8 litre). Yang bensin gearbox AT zaman bahola 4-speed juga tidak butuh ATF aneh2.

Selama pakai saya service PMS per 10k di authorised workshop Hyundai, reasonable jasanya. Parts kadang saya beli di authorised, kadang saya beli sendiri (kalau tidak ready) & pasang di authorised.

Sampai bingung saya mau ganti apa (karena saya kurang suka diesel). Jadi ya saya pakai terus saja.
Untung saya belinya yang XG biasa (serba manual, pintu manual, kursi manual) jadi tidak rusak2 hehe.
udah ada pernah ganti parts di kaki-kaki, om?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by rendr »

krniawnhdr wrote: Wed Mar 23, 2022 4:09
rendr wrote: Tue Mar 22, 2022 13:00
krniawnhdr wrote: Tue Mar 22, 2022 4:16

wuihhh gokill,, lengkapp..mantap om..makasih..
baru tau rupanya suspensi versi bensin dan dieselnya beda. saya kira sama, hehe :big_grin:
noted om kalo gitu, habis beli biar enak mesti dimodif dulu nih si suspensi sesuai rekomendasi diatas..
nah point no 2, kayaknya pasti A2 sih..soalnya umurnya diatas 2015 yang masuk shortlist saya..
oya, pengalaman duduk di kursi captain seatnya gimana om penilaiannya?
oh nyari royale diesel taun mudaan ya..

soal captain seat sih oke banget ya, ga seempuk mpv jepang tapi luas pol om.. lega banget pemandangan, ane tinggi 181 cm berat 1 kwintal lebih enak banget hahahaha, apalagi baris ketiganya, ga ada lawan deh legroom ini mobil.. susah nyari penggantinya, kalo mau upgrade ya staria atau hiace hahahahaha

oya issue nya buat jok elektrik ini paling tuas maju mundurnya seret / handlenya berat atau keras, ini bisa di bengkel P1 om ade juga ngerjainnya... biasa per sama sling2nya seret... tinggal di re-grease / kasih minyak rem biar lancar lagi.. maklum gede banget joknya, sama sering2 dijalanin aja motor2nya biar lancar... kalo mati lumayan 1,5jt.. walau jarang sih temen2 yg sampe motornya mati..
wahh bener om...salah satu point yang buat saya lirik H1 tipe royale ini pas liat video review yang baris ke 3 nya sliding trus recline, dan liat legroomnya..gila gila gila...
makanya lirik yang diesel biar bisa nyaman didalam tapi konsumsi BBM tetep hemat..hehe
btw pajak tahunan kena berapa om? pake ban merk apa sekarang om?
pajak taunan kalo saya bensin 2014 kena 4jtan ya... dieselnya mungkin 5jtan..

kalo ban itu yg velg R18 bawaannya 235/55 R18, saya lagi pake Dunlop VE302... enak awet ga begitu berisik, surprisingly gripnya oke

bisa ganti ukuran ke 225/60 R18 atau maksimal di 235/60 R18... mobil ini minta load rating di 104 sebenernya.. minimal banget 100 deh

rencana pengen coba LM 705
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 620
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by vincewonk »

krniawnhdr wrote: Wed Mar 23, 2022 4:10
tawangalun wrote: Tue Mar 22, 2022 15:55 Saya pakai yang bensin 2011 dari baru sampai sekarang, daily use.

Enak lah, no complaint. Bensin 1:7~8 (urban) / 1:9-~10 highway juga masih reasonable melihat dimensi X bobot. Memang di service manual angkanya segini kalau yang bensin engine Theta 2.4 L jadi ya sudah biarkan saja. Toh mesinnya juga mesin zaman bahola.

Bonusnya ya perawatan tidak aneh2. Bensin saya pakai RON89 Vivo. Oli juga oli murah aja PTT 5W/30 ganti tiap max 5k km (cuma 4.2 litre vs diesel A2 sekitar 7-8 litre). Yang bensin gearbox AT zaman bahola 4-speed juga tidak butuh ATF aneh2.

Selama pakai saya service PMS per 10k di authorised workshop Hyundai, reasonable jasanya. Parts kadang saya beli di authorised, kadang saya beli sendiri (kalau tidak ready) & pasang di authorised.

Sampai bingung saya mau ganti apa (karena saya kurang suka diesel). Jadi ya saya pakai terus saja.
Untung saya belinya yang XG biasa (serba manual, pintu manual, kursi manual) jadi tidak rusak2 hehe.
udah ada pernah ganti parts di kaki-kaki, om?
apakah TS sudah beli?
FYi dulu cipaganti banyak pakai h1 ini. kaki2nya bandel, tp keluaran2 awal banyak issue dengan kualitas bahan bakar.

kaki2 ga terlalu issue saya rasa, desain h1 ini sebenarnya mobil komersial di korea. jumlahnya di jalanan korea mirip dgn jumlah granmax di indonesia. kebanyakan dimuati beban sampai 1 ton. itu yg menjelaskan kenapa karakter suspensinya keras didesain untuk membawa beban.

begitu juga staria karena disana memang jadi commercial vehicle penerus h1.
krniawnhdr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1283
Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
Location: Jakarta

Re: [Tanya] Seputar mobkas Hyundai H-1 diesel

Post by krniawnhdr »

vincewonk wrote: Wed Mar 30, 2022 16:33
krniawnhdr wrote: Wed Mar 23, 2022 4:10
tawangalun wrote: Tue Mar 22, 2022 15:55 Saya pakai yang bensin 2011 dari baru sampai sekarang, daily use.

Enak lah, no complaint. Bensin 1:7~8 (urban) / 1:9-~10 highway juga masih reasonable melihat dimensi X bobot. Memang di service manual angkanya segini kalau yang bensin engine Theta 2.4 L jadi ya sudah biarkan saja. Toh mesinnya juga mesin zaman bahola.

Bonusnya ya perawatan tidak aneh2. Bensin saya pakai RON89 Vivo. Oli juga oli murah aja PTT 5W/30 ganti tiap max 5k km (cuma 4.2 litre vs diesel A2 sekitar 7-8 litre). Yang bensin gearbox AT zaman bahola 4-speed juga tidak butuh ATF aneh2.

Selama pakai saya service PMS per 10k di authorised workshop Hyundai, reasonable jasanya. Parts kadang saya beli di authorised, kadang saya beli sendiri (kalau tidak ready) & pasang di authorised.

Sampai bingung saya mau ganti apa (karena saya kurang suka diesel). Jadi ya saya pakai terus saja.
Untung saya belinya yang XG biasa (serba manual, pintu manual, kursi manual) jadi tidak rusak2 hehe.
udah ada pernah ganti parts di kaki-kaki, om?
apakah TS sudah beli?
FYi dulu cipaganti banyak pakai h1 ini. kaki2nya bandel, tp keluaran2 awal banyak issue dengan kualitas bahan bakar.

kaki2 ga terlalu issue saya rasa, desain h1 ini sebenarnya mobil komersial di korea. jumlahnya di jalanan korea mirip dgn jumlah granmax di indonesia. kebanyakan dimuati beban sampai 1 ton. itu yg menjelaskan kenapa karakter suspensinya keras didesain untuk membawa beban.

begitu juga staria karena disana memang jadi commercial vehicle penerus h1.
belum om, masih rencana baru akhir tahun tripnya. paling mulai huntingnya sekitaran september om..
tapi surprisingly karakter suspensinya yang dibilang keras. saya kira itu tadinya karena ada versi pilot seat ala alphard, suspensinya lebih enak lah dibanding ANKI saya..hheehe
dan memang untuk bahan bakar, saya dari awal sudah dedikasiin buat biosolar aja minumnya.
sayang aja beli mobil 250-300jutaan, konsumsi BBM so-so (1:10-1:13), tapi nenggaknya dex.
kalau belinya palisade sih wajar lah ya kasih minumnya dex. hehehe
CMIIW