[Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 498
- Joined: Sat May 09, 2015 8:55
- Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
- Daily Vehicle: Potato Car
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Kalo om udh paham & siap dgn konsekuensinya (fuel cons, power, resale value) saran saya ambil bensin aja, lumayan kan kalo sekennya selisih sampe 50jt+. Gampang digoyang pula harganya hehe..
Soalnya kalo saya pribadi agak gimanaa gitu misal kita beli mobil mahal" upgrade puluhan juta tapi ngisinya 5150.. ya kaga ada yg ngelarang sih & ga ada hukumnya juga tapi kalo saya mah malu wkwk personal opinion aja ini yah
Dan lagi enaknya innova bensin dibanding yg diesel; lebih murah perawatannya, asepnya ngga bau & mesinnya jelas lebih hening. Apalagi kalo semisal lebih sering disetirin, kalo saya mah merem milih bensin wkwkwk
Soalnya kalo saya pribadi agak gimanaa gitu misal kita beli mobil mahal" upgrade puluhan juta tapi ngisinya 5150.. ya kaga ada yg ngelarang sih & ga ada hukumnya juga tapi kalo saya mah malu wkwk personal opinion aja ini yah
Dan lagi enaknya innova bensin dibanding yg diesel; lebih murah perawatannya, asepnya ngga bau & mesinnya jelas lebih hening. Apalagi kalo semisal lebih sering disetirin, kalo saya mah merem milih bensin wkwkwk
-
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Di beberapa spbu udah mulai dibatasin om.
Truk aja kan mau kudu eu4. Ga tau ntar apa dexlite bakal subsidi apa gmn.
Bensin turbo klw yang dijual umum skrg ron92 sih minimalnya. Kl kaya raize rocky ron92 msh enak. CRV civic harus turbo kl mau enak wkwkwkw.
Tp betul di sini mbl bensin yg "bener bener" bisa pertalite ya innova bensin sbnrnya... Roti tawar msh kecanggihan
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
asumsi saya karena tidak masalah dengan boros bbm di bensin maka jadinya diesel.Iqbalnugraha wrote: ↑Sat Mar 19, 2022 17:19 Malam om2, mas2, bapak2 semua.
Kalau ada budget 300jt, pilih mana yaa, dipake commuting daily sekitar 50km, weekend lumayan sering luar kota. Boros bbm di bensin abaikan aja (sudah siap konsekuensinya). Rencana pengen keep lama 5-10th
Sementara pemikirannya:
> Diesel
+ engine, poweerrrr
+ resale value
- fitur
- keheningan kabin (ada yg bilang type G disunat semua peredamnya) kall benar mohon info sebanyak apa bedanya dengan type V
> Bensin
+ dapet type V, fitur, interior lebih sesuai hati
+ banyak yg bilang long term use lebih murah maintenancenya
- mesin boyo
Alternatif lagi, sempet kepikiran ambil fortuner 2014/15 atau pajero sport dakar gen 1 th 2014/15
Mohon saran2nya
harga dexlite atau pertadex mirip2 dengan pertamax turbo, sedangkan diesel cenderung lebih irit.
kecuali cari diesel untuk pake biosolar ya harus berjuang nyarinya, lebih mudah cari dexlite atau pertadex.
atau memang maunya pake premium atau pertalite ya jelas bensin.
untuk biaya perawatan unggul bensin, karena jumlah oli saja sudah lebih banyak, kemudian harga filter solar dan filter udara diesel lebih mahal. tapi tentu kalau di asumsikan pake original semua dan di beres ya.
tapi memang soal fitur ini rada keterlaluan si Toyota. untuk Innova G, Immobilizer saja sampai sekarang tidak ada. kayanya cuma ini yg ga bisa diakalin untuk upgrade, karena setahu saya namanya panel AC, speedometer, part2 interior bisa pake venturer punya sekalian. lumayan ketar ketir juga kalau ditinggal kemana2.
fortuner atau pajero tahun segitu untuk pake 5 tahun lagi maka umurnya sudah tembus 1 dekade. biasanya penyakit mobil setengah tua akan muncul. saya rasa tidak worth ya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Kalau mnrt saya ya Om, daripada tipe G baiknya ambil V meski bensin. Well, understand Toyota ya selalu begitu kecuali di mobil2 barunya. asalah torsi, hmm.. selama om ga dtiver enthusiast, ya ga masalah kok engine 1TR ini.. Masalah boyo.. hmm dibandinv brv ya jelas ya:)Iqbalnugraha wrote:Clonz wrote: ↑Sun Mar 20, 2022 6:16
Mgkn TS lebih baik beli xpander ultimate 2022. Udah dapet top of the line di kelasnya (LMPV). Udah proper di hampir semua sektor printilan kayak lampu, AC, serta kaki2 yg udah direfine.
Kalau ga butuh space sampe segede innova, xpander layak diperhitungkan. Walaupun xpander jg ga bisa dibilang sempit jg.
Interiornya berasa lebih genah lah drpd innova.
Pajak jg harusnya lebih murah atau mgkn sama ya.
Kalahnya cuman d mesin yg HP nya kecil jadi lebih boyo drpd innova.
Mobil skrg honda brv prestige 2016, pake dari baru. Udah nyoba xpander ultimate/sport yaa buat saya kerasa gitu2 aja. Saya sering pergi dengan isi 4 dewasa 2 anak, maka kelegaan kabin jadi pertimbangan. Jadi strict pilihan saya terbatas hanya di innova G a/t diesel, v bensin atau vnt 2015.
Pengalaman pakai innova bensin manual seringnya di dalkot atau luarkota tp tol saja. Penasaran untuk innova bensin a/t seboyo apa yah. Apakah kalau misal nanjak lewat rute "tol kahyangan bawang menuju dieng" pakai yg bensin dengan muatan full akan suffer? Atau masih enak2 aja tp ngga berlebih tenaganya. Sesimpel itu sih.
Sekali lagi saya asumsi pakai innova bensin 2.0 m/t 2018. Sering dpt sekitar 1:9 - 1:11. Jd asumsi saya pake pertamax di a/t bensin misal apes dapet di 1:8 saya masih OK. Walaupun kalo pertamax naiknya sampe 13,5rb sih bakal berasa juga [emoji23]
Terus kalau fokus di akomodasi, 4+2, mending lupakan saja Fortie atau PS bekas. lebih lega dan nyaman Innova
Bamun tuk alternatif, kalau mau lega ya cari roti tawar kayak NAV1 atau Mitsubishi Delica. Maaf, kalau Serena ini zaya cuma takut kalau Om keluar kota kena di aperture atau departure angle. Tapi ya siapkan budget tuk perbaikan ya, maklum mobil2 ini dah diatas 5 tahun.
Atau piliham lain kalau mobil baru ya Wuling Cortez, tapi kalau format 4+2, saya akan prefer yang bangku tengahnya bench supaya kalau row 3 full barang bisa dipakai 5 orang.. Borosnya sama kayak Inmova sih meski 1.5l Turbo, dimensi:
Innova 4.735 x 1.830 x 1.795 mm (PxLxT) wheel base 2.750mm sementara Cortez CT 4.780 x 1.816 x 1.755 mm dan wheelbase sama2 2750.. Jadi jelas lebih signifikan lebar dan wheelbaze dibanxing brv yang dimensinya panjang 4.455 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.650 mm serta wheelbase 2.660. Yg nelas sih kalau Cortez baru, sedvicenya murah, sparepart murah, meski ada kelemahan di kaki2..
Semoga membantu.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Sama om saya juga sependapat aturan penggunaan solar subsidi harus diatur lagi. Terutama perusahaan besar ataupun pemilik mobil2 mewah dibatasi bahkan dilarang kedepan untuk isi solar goceng.Syauqi wrote:Kalo om udh paham & siap dgn konsekuensinya (fuel cons, power, resale value) saran saya ambil bensin aja, lumayan kan kalo sekennya selisih sampe 50jt+. Gampang digoyang pula harganya hehe..
Soalnya kalo saya pribadi agak gimanaa gitu misal kita beli mobil mahal" upgrade puluhan juta tapi ngisinya 5150.. ya kaga ada yg ngelarang sih & ga ada hukumnya juga tapi kalo saya mah malu wkwk personal opinion aja ini yah [emoji16]
Dan lagi enaknya innova bensin dibanding yg diesel; lebih murah perawatannya, asepnya ngga bau & mesinnya jelas lebih hening. Apalagi kalo semisal lebih sering disetirin, kalo saya mah merem milih bensin wkwkwk
Saya berani bilang bgtu kenapa? Saya tinggal diriau akibat solar langka sekarang siang malam spbu solar macet parah.
Pernah liatin pajero terang2an ditepi jalan menyalin kedrum kecil. Bolak balik spbu.
yg saya tau pasti para pemain proyek alat berat yang enggan membeli solar industri diharga 8000an. Marak terjadi.
Menangis hati rasanya didaerah kaya minyak seperti ini.
Belum lagi minyak susah padahal sumur minyak terbesar indonesia. Dumai rumor2nya gk lama sudah mau habis. liatin kan belum lama udah dilepas chevron dan diprivatisasi bumn skrg. Udah sisa taiknya doang. Asing cuci tangan jauh2hari.
Belum lagi waduh sekarang banyak muncul orang kaya baru dipinggiran riau pada ngambil pajero baru karena komoditas sawit rekor 3500-3800 perkilo. Disini banyak sekali mobil baru buka plastik.
Ini juga opini pribadi ya. Tidak offense pecinta solar gocengan yang jd tersinggung.
Tapi sudah saatnya kebijakan,sosialisasi dan pengawasan subsidi bbm tepat guna terutama buat angkutan perorangan,petani,ukm.
Kalau mereka susah otomatis harga kebutuhan makin naik lagi.
Akhirnya yang kesusahan semua kalangan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 521
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Setuju om, antara sedih dan jengkel campur jadi satubm9792ct wrote: ↑Sun Mar 20, 2022 22:30Sama om saya juga sependapat aturan penggunaan solar subsidi harus diatur lagi. Terutama perusahaan besar ataupun pemilik mobil2 mewah dibatasi bahkan dilarang kedepan untuk isi solar goceng.Syauqi wrote:Kalo om udh paham & siap dgn konsekuensinya (fuel cons, power, resale value) saran saya ambil bensin aja, lumayan kan kalo sekennya selisih sampe 50jt+. Gampang digoyang pula harganya hehe..
Soalnya kalo saya pribadi agak gimanaa gitu misal kita beli mobil mahal" upgrade puluhan juta tapi ngisinya 5150.. ya kaga ada yg ngelarang sih & ga ada hukumnya juga tapi kalo saya mah malu wkwk personal opinion aja ini yah [emoji16]
Dan lagi enaknya innova bensin dibanding yg diesel; lebih murah perawatannya, asepnya ngga bau & mesinnya jelas lebih hening. Apalagi kalo semisal lebih sering disetirin, kalo saya mah merem milih bensin wkwkwk
Saya berani bilang bgtu kenapa? Saya tinggal diriau akibat solar langka sekarang siang malam spbu solar macet parah.
Pernah liatin pajero terang2an ditepi jalan menyalin kedrum kecil. Bolak balik spbu.
yg saya tau pasti para pemain proyek alat berat yang enggan membeli solar industri diharga 8000an. Marak terjadi.
Menangis hati rasanya didaerah kaya minyak seperti ini.
Belum lagi minyak susah padahal sumur minyak terbesar indonesia. Dumai rumor2nya gk lama sudah mau habis. liatin kan belum lama udah dilepas chevron dan diprivatisasi bumn skrg. Udah sisa taiknya doang. Asing cuci tangan jauh2hari.
Belum lagi waduh sekarang banyak muncul orang kaya baru dipinggiran riau pada ngambil pajero baru karena komoditas sawit rekor 3500-3800 perkilo. Disini banyak sekali mobil baru buka plastik.
Ini juga opini pribadi ya. Tidak offense pecinta solar gocengan yang jd tersinggung.
Tapi sudah saatnya kebijakan,sosialisasi dan pengawasan subsidi bbm tepat guna terutama buat angkutan perorangan,petani,ukm.
Kalau mereka susah otomatis harga kebutuhan makin naik lagi.
Akhirnya yang kesusahan semua kalangan.
Kayak contoh di video berikut
https://m.facebook.com/groups/257686219 ... ?ref=share
Mobil diatas 400 juta, udah maunya minum solar subsidi 5150, nyerobot antrian panjang pula
mirisss hati ini
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26894
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
+1 utk inofa bensin metik
Kl rute nya mostly tol atau dalkot, ga salah koq milih inofa bensin metik, modalin oli bagus, atf wajip ganti, busi ganti rutin, dan wajip pertamak jg ud ngacir ini mobil
Apalagi metik 6 speed nya ud pinter, cerita kijang boros mah ud ga valid
Kcuali kl hobi rute nanjak2, lupakan inofa bensin metik reborn, racikan gigi nya terlalu alus buat ngejar irit irit rittt.. tp overall, masi tetep bsa ngerayap naek koq
*dr pemakai inofa bensin metik
Kl rute nya mostly tol atau dalkot, ga salah koq milih inofa bensin metik, modalin oli bagus, atf wajip ganti, busi ganti rutin, dan wajip pertamak jg ud ngacir ini mobil
Apalagi metik 6 speed nya ud pinter, cerita kijang boros mah ud ga valid
Kcuali kl hobi rute nanjak2, lupakan inofa bensin metik reborn, racikan gigi nya terlalu alus buat ngejar irit irit rittt.. tp overall, masi tetep bsa ngerayap naek koq
*dr pemakai inofa bensin metik
numpang lewat aja....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1601
- Joined: Thu May 28, 2015 0:12
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
vote bensin ... dan kebetulan jadinya emang beli yg bensin hehehehe
alasannya
*belinya murah
*perwatan mudah ...yg diesel banyak bener ritualnya kalau lihat orang udah musti panasin lumayan lama kalau berehenti jgn langsung dimatiin, turbo lah - filter lah ini itu kalau denger2
*gemericik diesel ... innova bukan mobil dgn NVH bener2 bagus, pengalaman waktu sebelumnya naik bbrp innova orang yg bensin aja segini geter dan berisik apalagi yg diesel
* lihat di grup motuba ada trit pamer tinggi2an odo ... yg bensin banyak yg sampe 400-500K kilometer
alasannya
*belinya murah
*perwatan mudah ...yg diesel banyak bener ritualnya kalau lihat orang udah musti panasin lumayan lama kalau berehenti jgn langsung dimatiin, turbo lah - filter lah ini itu kalau denger2
*gemericik diesel ... innova bukan mobil dgn NVH bener2 bagus, pengalaman waktu sebelumnya naik bbrp innova orang yg bensin aja segini geter dan berisik apalagi yg diesel
* lihat di grup motuba ada trit pamer tinggi2an odo ... yg bensin banyak yg sampe 400-500K kilometer
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Sat Feb 13, 2016 11:09
- Location: DKI Jakarta
- Daily Vehicle: scooter
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
kalo keep jangka panjang kyny bensin aja , saya sih liat fitur tipe V lebih lengkap (ngaruh ke resale value juga harusnya), mesin lebih sederhana masih N/A, sama harga minyak nya aja, pertamax udh 9000, dexlite udah hampir 13000. kecuali kalo hobi pendam gas baru deh lebih enak dieselnya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Wed Sep 22, 2021 6:08
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
IMO, terlepas dari sisi performa dan konsumsi bbm (sudah dijelaskan oleh suhu-suhu), di dalam kabin antara tipe g sama v menurut saya bedanya lumayan. selain itu dari sisi maintenance, terutama buat orang yg ngga hobi tentang mobil, mesin bensin lebih simpel. ga perlu mikir ganti fisol, purging, aditif (especially user 5150). belum lagi kalo udah mengenal remap, tutup egr, ganti downpipe.
jadi kalau dari kondisi om di atas, saya vote V bensin. btw 1TR larinya juga lumayan. pernah naik mobil dinas kantor (G manual), isi 6 orang, lari biasa di tol tau2 udah 180-190 km/j. satu mobil kecuali driver pada diem deg-degan
jadi kalau dari kondisi om di atas, saya vote V bensin. btw 1TR larinya juga lumayan. pernah naik mobil dinas kantor (G manual), isi 6 orang, lari biasa di tol tau2 udah 180-190 km/j. satu mobil kecuali driver pada diem deg-degan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 625
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
saya baca dari awal...
post2 di depan banyak yg diesel
yg di page 2 ini, banyak yg nyaranin bensin
saya kebetulan mau nyaranin bensin...
karena om bilang budget 300 kecil..
tp kalo bisa sih ambil V bensin
post2 di depan banyak yg diesel
yg di page 2 ini, banyak yg nyaranin bensin
saya kebetulan mau nyaranin bensin...
karena om bilang budget 300 kecil..
tp kalo bisa sih ambil V bensin
-
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
wkwkwkwk makanya itu fortuner 2.8 dan rumornya 2.4 bakal discontinue kayaknya hasil lobi lobi govt ke toyota astra. jebol woi anggaran yang pake pembeli pembeli elu.bm9792ct wrote: ↑Sun Mar 20, 2022 22:30 Sama om saya juga sependapat aturan penggunaan solar subsidi harus diatur lagi. Terutama perusahaan besar ataupun pemilik mobil2 mewah dibatasi bahkan dilarang kedepan untuk isi solar goceng.
Saya berani bilang bgtu kenapa? Saya tinggal diriau akibat solar langka sekarang siang malam spbu solar macet parah.
abis mana mungkin toyota astra mau merisikokan mesin uangnya yang dicintai karena bisa minum solar goceng. sampe fortuner 2.8 pake klausul garansi hangus kayak atpm lain yang jual mobil diesel canggih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Rencana mau pake mobil 1 aja atau 2? Kalau 2, bensin, pengen lapang mending ke roti tawar sekalian kayak Serena, Nav1, bekasnya murah2.Iqbalnugraha wrote: ↑Sun Mar 20, 2022 8:32Clonz wrote: ↑Sun Mar 20, 2022 6:16
Mgkn TS lebih baik beli xpander ultimate 2022. Udah dapet top of the line di kelasnya (LMPV). Udah proper di hampir semua sektor printilan kayak lampu, AC, serta kaki2 yg udah direfine.
Kalau ga butuh space sampe segede innova, xpander layak diperhitungkan. Walaupun xpander jg ga bisa dibilang sempit jg.
Interiornya berasa lebih genah lah drpd innova.
Pajak jg harusnya lebih murah atau mgkn sama ya.
Kalahnya cuman d mesin yg HP nya kecil jadi lebih boyo drpd innova.
Mobil skrg honda brv prestige 2016, pake dari baru. Udah nyoba xpander ultimate/sport yaa buat saya kerasa gitu2 aja. Saya sering pergi dengan isi 4 dewasa 2 anak, maka kelegaan kabin jadi pertimbangan. Jadi strict pilihan saya terbatas hanya di innova G a/t diesel, v bensin atau vnt 2015.
Pengalaman pakai innova bensin manual seringnya di dalkot atau luarkota tp tol saja. Penasaran untuk innova bensin a/t seboyo apa yah. Apakah kalau misal nanjak lewat rute "tol kahyangan bawang menuju dieng" pakai yg bensin dengan muatan full akan suffer? Atau masih enak2 aja tp ngga berlebih tenaganya. Sesimpel itu sih.
Sekali lagi saya asumsi pakai innova bensin 2.0 m/t 2018. Sering dpt sekitar 1:9 - 1:11. Jd asumsi saya pake pertamax di a/t bensin misal apes dapet di 1:8 saya masih OK. Walaupun kalo pertamax naiknya sampe 13,5rb sih bakal berasa juga
Innova yang baru menurut saya luasnya gitu2 aja sih, dibanding Xpander paling kerasa di baris ketiga aja, padahal feel nyetirnya beda jauh, Innova kerasa bawa mobil jauh lbh gede, krg efisien space bodynya.
Kl diesel ya baru deh Innova, Dari BRV ke Innova bensin A/T? hehe coba aja dulu, menurut saya sih bakal terasa boyo bgt, biasa nyetir honda ke nyetir kapal underpower
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 127
- Joined: Sat Oct 24, 2015 17:11
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Vote +1 ANKI Bensin, dpt tipe V lbh nyaman dri tipe G. Bensin lbh nyaman dri segi NVH. "Sepertinya" akan lebih robust utk pemakaian 5 - 10 tahun. Perawatan hrusnya lbh mudah bensin dibanding diesel juga.
Sekedar sharing Pak, sy tinggal di daerah Kalbar yg bisa diblg 90% populasi ipah dihuni oleh Ipah 2.0. Mengapa? Karna tahun 2010an sekitarnya Kalbar pernah krisis Solar. Kalau ditanya masyarakat disini klo ipah, ya bensin. Jarang ada yg tau atau mau coba beli yg diesel walaupun torsinya menggoda banget hahaha.
Kenapa menurut pribadi sy blg robust? Karna sy lihat buanyaaaak sekali innova rental perawatan ala kadar dengan odometer PP Bumi ke Bulan. Still running fine, tanpa asep hitam
Klo Xpander, well lebih ekonomis dari segala faktor (pajak, parts, bbm, dll) iya. Tp ride quality rasanya beda. Ane termasuk kaum mending ANKI 2.0 G dripada Xpander Ultimate karna sudah coba keduanya
Jangan dibully ya Pak Buk, ini hanya menurut butt-o-meter sy sendiri
Sekedar sharing Pak, sy tinggal di daerah Kalbar yg bisa diblg 90% populasi ipah dihuni oleh Ipah 2.0. Mengapa? Karna tahun 2010an sekitarnya Kalbar pernah krisis Solar. Kalau ditanya masyarakat disini klo ipah, ya bensin. Jarang ada yg tau atau mau coba beli yg diesel walaupun torsinya menggoda banget hahaha.
Kenapa menurut pribadi sy blg robust? Karna sy lihat buanyaaaak sekali innova rental perawatan ala kadar dengan odometer PP Bumi ke Bulan. Still running fine, tanpa asep hitam
Klo Xpander, well lebih ekonomis dari segala faktor (pajak, parts, bbm, dll) iya. Tp ride quality rasanya beda. Ane termasuk kaum mending ANKI 2.0 G dripada Xpander Ultimate karna sudah coba keduanya
Jangan dibully ya Pak Buk, ini hanya menurut butt-o-meter sy sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2281
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Kalau beli seken ya jangan diesel. Karena irit, bisa minum solar 5150, maka kilometer tinggi sekali, kondisi mesin udah nggak jelas karena solar goceng.
Kecuali diesel dapat pengguna pribadi yang pemakaian km rendah dan sering pakai solar bagus.
Kecuali diesel dapat pengguna pribadi yang pemakaian km rendah dan sering pakai solar bagus.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 194
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Vote innova reborn V bensin +1
reborn V bensin RV udah ambruk jadi bisa dapet murah, duit sisa buat ganti semua perlendiran di mobil (segala macam oli dan cairan) + minor repair
mesin 1 TR kuat di kasih pertalite jangka panjang
innova G ngak ada immobilizer agak was2 juga karena gampang di bobol maling, jaman begini kalo sampe kehilangan mobil pasti rasanya lebih sakit dari sakit gigi
tapi lebih baik test drive aja dulu, coba aja ke dealer toyota minta test drive ipah bensin & diesel belaga mau beli
reborn V bensin RV udah ambruk jadi bisa dapet murah, duit sisa buat ganti semua perlendiran di mobil (segala macam oli dan cairan) + minor repair
mesin 1 TR kuat di kasih pertalite jangka panjang
innova G ngak ada immobilizer agak was2 juga karena gampang di bobol maling, jaman begini kalo sampe kehilangan mobil pasti rasanya lebih sakit dari sakit gigi
tapi lebih baik test drive aja dulu, coba aja ke dealer toyota minta test drive ipah bensin & diesel belaga mau beli
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Sun May 01, 2016 7:00
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
fitur lama2 bosen, tenaga ga akan bosen..
dah gitu aja..
dah gitu aja..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 91
- Joined: Thu Aug 16, 2018 13:25
- Location: jakarta
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Teman2 SM pecinta solar goceng pastinya udh kebal nyinyiran supir truk dan SM ers lainnya..ariswp wrote: ↑Sun Mar 20, 2022 5:55 Bau2nya pemerintah mulai gerah sih penikmat solbus 5150 banyak dari kalangan innova diesel, fortie sama pajero sport, gak usah jauh2 itu sopir2 akap, pemotor yg antri di spbu juga udah pada nyinyir kok mobil2 diesel yg barunya diatas 400 juta pada antri di jalur solbus
Kalo saya sih seandainya pembelian solbus masi gini2 aja ambil g diesel
terus v bensin gak rekomen? ya rekomen juga sih, buat harian masih enak, ga bau asep, halus banget (berasa satu tingkat level nya diatas diesel)
sambil mawas diri juga tp klo ini mpv ladder frame yg bukan buat kebut2an
Btw, Sy yakin ekspetasi sebagian besar pemilik mobil diesel adl bs diisi solar goceng.
Alasan torsi itu cm bonus aja. Mungkin sedikit yg ga begitu.
Kalau beneran kepincut torsi harusnya dimaksimalkan potensinya dgn bbm yg bergizi
Setuju banget pembatasan solar goceng hanya utk truk dan mobil niaga.
Maaf, itu hanya pendapat pribadi gw aja.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
+1 utk diesel
Saya pakai 2GD sudah sampai 170k.
Ganti filter solar suka2, seingatnya, karena tdk pernah nyala peringatan utk ganti filter.
Tidak ada masalah dengan mesin selama 5 tahun.
Oli pakai 10W-30 murah, ganti tiap 10k.
Perawatan di bengkel biasa, bukan beres.
Agak heran sih kalau orang bilang biaya maintenance diesel mahal....
Saya pakai 2GD sudah sampai 170k.
Ganti filter solar suka2, seingatnya, karena tdk pernah nyala peringatan utk ganti filter.
Tidak ada masalah dengan mesin selama 5 tahun.
Oli pakai 10W-30 murah, ganti tiap 10k.
Perawatan di bengkel biasa, bukan beres.
Agak heran sih kalau orang bilang biaya maintenance diesel mahal....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Dec 24, 2018 11:29
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Jujur aja, justru saya bingung kalau sopir2 bus, big truck, ataupun medium trucknya nyinyir, sedangkan harga rata niaga medium up aja udah diatas 400an.ariswp wrote: ↑Sun Mar 20, 2022 5:55 Bau2nya pemerintah mulai gerah sih penikmat solbus 5150 banyak dari kalangan innova diesel, fortie sama pajero sport, gak usah jauh2 itu sopir2 akap, pemotor yg antri di spbu juga udah pada nyinyir kok mobil2 diesel yg barunya diatas 400 juta pada antri di jalur solbus
Kalo saya sih seandainya pembelian solbus masi gini2 aja ambil g diesel
terus v bensin gak rekomen? ya rekomen juga sih, buat harian masih enak, ga bau asep, halus banget (berasa satu tingkat level nya diatas diesel)
sambil mawas diri juga tp klo ini mpv ladder frame yg bukan buat kebut2an
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 145
- Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
budget 300 domisili mana om? kalo jabodetabek susah kayaknya ambil G diesel yang bukan mobil harian (km pasti tinggi), daripada ambil V Bensin, mending turun 1-2 tahun ambil Q bensin, saya liat tahun 2017-2018 dapet, spek paling lengkap minus bodykit venturer, biasa yg punya orang-orang yg gak merhatiin harga pas beli, dan bukan mobil harian.
kalo beli diesel, apalagi G, nanti kerasa banyak kurangnya, kurang di remap, abis itu kurang di remnya, abis itu kurang di suspensi, terus aja jadi project car.
kalo beli diesel, apalagi G, nanti kerasa banyak kurangnya, kurang di remap, abis itu kurang di remnya, abis itu kurang di suspensi, terus aja jadi project car.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Tue Oct 03, 2017 16:17
- Location: riau
- Daily Vehicle: l300
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Anda pernah usaha angkutan gk om?? Ini bisnis udah banyak pesaing. Akhirnya Perang ongkos angkut hancur2an, sparepart mahal. maintenance kerusakan tinggi,kir dipersulit,pungli banyak,resiko jalan besar.Fertille wrote:Jujur aja, justru saya bingung kalau sopir2 bus, big truck, ataupun medium trucknya nyinyir, sedangkan harga rata niaga medium up aja udah diatas 400an.ariswp wrote: ↑Sun Mar 20, 2022 5:55 Bau2nya pemerintah mulai gerah sih penikmat solbus 5150 banyak dari kalangan innova diesel, fortie sama pajero sport, gak usah jauh2 itu sopir2 akap, pemotor yg antri di spbu juga udah pada nyinyir kok mobil2 diesel yg barunya diatas 400 juta pada antri di jalur solbus
Kalo saya sih seandainya pembelian solbus masi gini2 aja ambil g diesel
terus v bensin gak rekomen? ya rekomen juga sih, buat harian masih enak, ga bau asep, halus banget (berasa satu tingkat level nya diatas diesel)
sambil mawas diri juga tp klo ini mpv ladder frame yg bukan buat kebut2an
Udah lama dijalan stress ditambah skrg solar langka, ngantri spbu.panas+hirup asap knalpot&Harus nahan pedal rem karena muatan berat.
Spek mesinnya truk jadul juga masih wajar jika minum biosol. Minum dex gk ada bedanya dgn biosol, kecuali pertadex. Power naik tapi berapalah?&Buat apa emang truk muatan berat mau kebut2an dijalan?
Sementara mobil diesel canggih masih bisa dipertimbangkan minum dex banyak keuntungannya.
Mesin halus.bbm lebih irit.power naik. Gk was2 injektor dan mesin jebol. Gk bau sulfur.
Yang punya fleet besar tentu saja bos2 besar. Mobil bkn milik pribadi. Mereka hanya supir yang bau pesing,jauh dari keluarga,makan gk teratur.tidur dijalan
Mereka dipaksa ngirit karena solar jatah dari bosnya.
Beda donk owner mobil mewah pribadi yang ngirit solar demi gaya hidup belanja onlinenya,makan mcd.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 365
- Joined: Fri Mar 21, 2014 2:13
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Ada yg punya data (pertamina mungkin punya), berapa persen mobil passenger yg pakai bio solar dari total bio solar yg terjual. ?Gw rasa si ga ada 10 persen.
Mau dibatasin hanya utk komersil, kalau permainan tetap ada ya sama aja. Bakal jebol juga..
Didaerah2 umum itu.. solar dibawa2 ke kapal..
Buat TS. Test drive aja mungkin keduanya...
2gd 2021 ini menurut saya si uda sangat2 halus sekali suaranya..
Tapi klo masalah bau knalpot iya ada klo isinya bio solar..
(Dex ga tau , karena belum pernah)
Memang klo seken bagus ambil bensin karena lumayan drop ya. Dan diesel susah cari km rendah.. soalnya gimana ga diajak jalan terus. Iritnya pake solar goceng. Bekasi pengalengan bandung bekasi - Brgkt full tank, sampai rumah masi setengah lewat..
Bekasi bali ( cuma 2x isi) 1 di solo, 1 di banyuwangi.
Sekali isi juga cuma 200an
Saya punya 2kd sama 2gd. Skrg yg sering diajak jalan 2gdnya karena lebih irit.. dan acnya sangat dingin
Saya karena di pinggiran jakarta belom merasakan terlalu susah utk biosolarnya.. info dari kawan yg distop itu spbu jaksel sama jakpus.. cuma skrg iya klo isi lebih ngantri karena efek beberapa spbu ga jual itu mungkin..
Kalau om mikir tipe V bensin hanya karena fitur aja.. saya si sangat saran om ambil diesel
Fitur bisa ditambah om
Kalau ganti Mesin tidak segampang itu
Mau dibatasin hanya utk komersil, kalau permainan tetap ada ya sama aja. Bakal jebol juga..
Didaerah2 umum itu.. solar dibawa2 ke kapal..
Buat TS. Test drive aja mungkin keduanya...
2gd 2021 ini menurut saya si uda sangat2 halus sekali suaranya..
Tapi klo masalah bau knalpot iya ada klo isinya bio solar..
(Dex ga tau , karena belum pernah)
Memang klo seken bagus ambil bensin karena lumayan drop ya. Dan diesel susah cari km rendah.. soalnya gimana ga diajak jalan terus. Iritnya pake solar goceng. Bekasi pengalengan bandung bekasi - Brgkt full tank, sampai rumah masi setengah lewat..
Bekasi bali ( cuma 2x isi) 1 di solo, 1 di banyuwangi.
Sekali isi juga cuma 200an
Saya punya 2kd sama 2gd. Skrg yg sering diajak jalan 2gdnya karena lebih irit.. dan acnya sangat dingin
Saya karena di pinggiran jakarta belom merasakan terlalu susah utk biosolarnya.. info dari kawan yg distop itu spbu jaksel sama jakpus.. cuma skrg iya klo isi lebih ngantri karena efek beberapa spbu ga jual itu mungkin..
Kalau om mikir tipe V bensin hanya karena fitur aja.. saya si sangat saran om ambil diesel
Fitur bisa ditambah om
Kalau ganti Mesin tidak segampang itu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 748
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
klo jml mobil pribadi yg pke biosol ini kyknya pertamina pun lg ambil datanya, kan skrg klo ngisi biosol dicatet plat nomernyaelraedrew wrote: ↑Wed Mar 23, 2022 11:09 Ada yg punya data (pertamina mungkin punya), berapa persen mobil passenger yg pakai bio solar dari total bio solar yg terjual. ?Gw rasa si ga ada 10 persen.
Mau dibatasin hanya utk komersil, kalau permainan tetap ada ya sama aja. Bakal jebol juga..
Didaerah2 umum itu.. solar dibawa2 ke kapal..
Buat TS. Test drive aja mungkin keduanya...
2gd 2021 ini menurut saya si uda sangat2 halus sekali suaranya..
Tapi klo masalah bau knalpot iya ada klo isinya bio solar..
(Dex ga tau , karena belum pernah)
Memang klo seken bagus ambil bensin karena lumayan drop ya. Dan diesel susah cari km rendah.. soalnya gimana ga diajak jalan terus. Iritnya pake solar goceng. Bekasi pengalengan bandung bekasi - Brgkt full tank, sampai rumah masi setengah lewat..
Bekasi bali ( cuma 2x isi) 1 di solo, 1 di banyuwangi.
Sekali isi juga cuma 200an
Saya punya 2kd sama 2gd. Skrg yg sering diajak jalan 2gdnya karena lebih irit.. dan acnya sangat dingin
Saya karena di pinggiran jakarta belom merasakan terlalu susah utk biosolarnya.. info dari kawan yg distop itu spbu jaksel sama jakpus.. cuma skrg iya klo isi lebih ngantri karena efek beberapa spbu ga jual itu mungkin..
Kalau om mikir tipe V bensin hanya karena fitur aja.. saya si sangat saran om ambil diesel
Fitur bisa ditambah om
Kalau ganti Mesin tidak segampang itu
-
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: [Suggest please] innova G a/t diesel vs V a/t bensin (budget 300jt)
Yup kalo orang usaha angkutan yang perorangan gak akan beli baru sih.bm9792ct wrote: ↑Wed Mar 23, 2022 10:48
Spek mesinnya truk jadul juga masih wajar jika minum biosol. Minum dex gk ada bedanya dgn biosol, kecuali pertadex. Power naik tapi berapalah?&Buat apa emang truk muatan berat mau kebut2an dijalan?
Sementara mobil diesel canggih masih bisa dipertimbangkan minum dex banyak keuntungannya.
Mesin halus.bbm lebih irit.power naik. Gk was2 injektor dan mesin jebol. Gk bau sulfur.
Yang punya fleet besar tentu saja bos2 besar. Mobil bkn milik pribadi. Mereka hanya supir yang bau pesing,jauh dari keluarga,makan gk teratur.tidur dijalan
Mereka dipaksa ngirit karena solar jatah dari bosnya.
Beda donk owner mobil mewah pribadi yang ngirit solar demi gaya hidup belanja onlinenya,makan mcd.
Truk bekas harga paling 10-20jt beres beres dikit dah dijalanin buat angkut sebanyak banyaknya.
Bocuan kalo beli baru. Truk operasional gw di gudang aja rata rata 20an taun, yg paling muda 10 taun dyna turbo itu beli bekas 100 jutaan. Mahalan elsape gw wkwkwkwkw
Truk baru sih yang beli omset usaha udah minimal puluhan miliar. Itu aja persaingannya susah. Itu jg ada itungannya ampe tahun keberapa dia jual lagi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7