Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by ChZ »

Apakah kita perlu mobil selain Honda HR-V?

No, simpan dulu jawaban Toyota Innova Diesel khas SM. Innova Diesel memang mobil idaman di sini, tapi formula nya tidak se-pamungkas HR-V dalam memenangkan hati masyarakat. Karena buat yang masih single, belum berkeluarga, HR-V selalu jadi mobil yang tepat. Bahkan untuk keluarga kecil sekalipun, HR-V adalah mobil yang masih masuk akal buat yang tidak ingin seven seaters karena terlalu besar sementara cicilan KPR cuma sanggup buat beli rumah yang garasinya pas-pasan.

HR-V sejak kemunculannya sudah diprediksi bahwa mobil ini akan jadi "the winning formula" nya Honda Indonesia. Mobil ini adalah the one-size-fits-all solution jika kita mencari mobil yang : tinggi, hemat bbm, luas, dan nyaman. Seperti menggabungkan Honda Jazz dan Honda CR-V dalam satu paket, dan mengeliminasi kelemahan keduanya.

First.... atau secara global adalah Second Generation Honda HR-V adalah mobil yang sukses, terlepas dari semua kontroversi build quality yang tidak kunjung beres. Toh nyatanya sampai hari ini saya masih lihat HR-V model awal seliweran. Oh well, HR-V yang dipakai adik saya dari coass hingga PPDS sekarang pun sudah berusia 7 tahun.
IMG_20201026_162208.jpg
7 years and standing strong....

Dan saatnya memilih pengganti. Well, not necessarily "diganti", hanya akan dioper karena initial plan nya adalah menjual Toyota Sienta nyokap karena sekeluarga lebih ngerasa HR-V lebih cocok dipertahankan. Lagi-lagi, bahkan buat ngejual yang lama pun masih sayang.

Dalam 7 tahun ada banyak sekali pabrikan berusaha mencuri kue dari HR-V : Mazda dengan CX-3, Nissan dengan Kicks ePower, KIA yang reborn dengan Seltos Turbo DCT, dan tentu saja the latest Hyundai Creta.

Sampai beberapa hari lalu..... akhirnya unveiled HR-V terbaru berkode RV. Model yang akan sekali lagi melanjutkan kesuksesan HR-V RU.
IMG20220329130716.jpg
Mobil putih bukan mobil saya, hanya numpang foto punya orang :big_weee:

Honda menawarkan mobil calon best-selling nya dalam 4 tipe : S, E, SE, melanjutkan penamaan di model lama, lalu tipe tertinggi : RS. All type sudah dibekali Honda Sensing.

Dan sesuai tebakan netijen maha benar yang memprediksi HR-V baru akan sampai gopek tiau, maka Honda merilis harga untuk tipe 1.5 S,E,SE di rentang 350-400 juta-an yang terdengar sangat reasonable krn hanya naik dikiiiiiiiit dari old model, lalu top of the line HR-V RS 1.5 Turbo dengan harga.....

499.900.000.

Semacam mengatakan bahwa "ah engga siapa bilang 500 jutaan, masih 400 jutaan kok" :big_weee: walaupun di kota saya ya sudah 501 juta :upss:



Pricing ini juga membuat Honda seperti lupa masih punya produk lain seperti BR-V dan City Hatchback, karena HR-V base trim (S) pun hanya berselisih dikit dari top of the line BR-V atau City. Senjata sapu jagad, sampai temen sendiri pun dilibas.

Logisnya, HR-V adik saya yang 1.8 Prestige selayaknya ganti ke top of the line 1.5 RS Turbo, tapi dengan price tag setinggi itu, jadi muncul pertanyaan-pertanyaan :

- Apakah membeli tipe 1.5 biasa saja cukup? Krn adik saya juga nggak akan pake ngebut. Kakinya relatif sopan dibanding kokonya :big_weee:
- Apakah harus buru-buru beli mobil ini dalam kondisi baru? Atau tunggu aja nanti ada RS Turbo seken?
- Seberapa bagus sih mobil ini ? Improvementnya seberapa banyak dibanding old HRV ?

Jadi dengan rasa penasaran, beneran penasaran krn emang calon serious buyer, mampirlah ke sebuah diler H di jam makan siang, dan setelah beberapa intermezzo iseng-iseng, ditawarkanlah test drive di hari berikutnya :upss: ya saya sih mana pernah nolak ditawarin.

Pas lagi unit testnya adalah 1.5 SE, yang saya lebih penasaran krn kalo 1.5 RS Turbo udah gak seberapa penasaran, wong udah kenyang pake L15B7 buat harian :mky_03:
IMG20220329123937.jpg
No More Sporty Styling?

Kesan pertama yang ingin diberikan Honda di lineup baru-barunya adalah styling yang sangat jauh dari kesan Honda-Honda lama yang begitu flashy. Mulai dari Civic, BR-V dan lalu sekarang HR-V tidak kelewat. Ini sebenernya khas Honda sekali ada masa dimana Honda lagi hobi pake desain yang flashy, ada masanya lagi doyan desain yang konservatif. Pola yang ada di Civic dan Accord, ternyata dipakai juga di lineup lain.
IMG20220328140320.jpg
HR-V baru ini didominasi clean lines, jauh dari kesan HR-V sebelumnya. Tidak terlalu banyak sudut yang curvy mulai dari fender sampai lampu belakang. Sampai 1/2 bagian ke bawah terlihat rapi, tapi bagian atasnya justru kaku. Atapnya malah jadi terkesan maksa mau bentuk pantat yang sloping malah keliatan kayak sudut kakunya Tesla Cybertruck.
IMG20220328135733.jpg
IMG20220328140334.jpg
Beberapa orang akan bilang desainnya maturing, tapi menurut saya ini malah memberi kesan bahwa Honda keluaran terbaru sekarang terkesan mobil yang serius, mobil yang kesannya akan dikendarai oleh pengemudi usia paruh baya, bukan anak muda, dan ini problematik karena segmen Honda sudah bergeser ke konsumen yang lebih tua, padahal selama ini Honda, apalagi di Indonesia punya kesan mobil anak muda.

Walaupun akan tetep laku kayak kacang goreng karena paling sensibel dibanding rivalnya.

Tipe SE ini diberi velg ukuran 18, sama seperti tipe RS Turbo. Secara looks tampilan SE ini hanya beda grill dengan RS Turbo. Ban yang digunakan juga proper : Bridgestone Alenza 225/50/18. Jujur, ban ini sepertinya juga menyumbang level of refinement pada ride mobil ini. Nanti lanjut di driving.
IMG20220328140307.jpg
Tapi yang jelas kalau secara keseluruhan, mobil ini memang betul-betul berbeda alam dengan Hyundai Creta yang jadi key competitornya. Kenapa kok Hyundai Creta? Pricingnya jelas banget nyasar ke siapa. Kalau Honda nyasar Mazda CX-3 harganya bakal 400 juta buat entry level :upss: tapi dengan 350 juta-an disebelahin sama Creta sih keliatan kayak mobil yang 100 juta lebih mahal.

Kayaknya ini juga pembenaran Honda pasang 500 juta, eh, 499 juta di RS Turbo :big_peace:

"Sandwich" Style Dash

HR-V baru ini memiliki banyak kesamaan design dash dengan Civic FE terbaru dan Accord. Utamanya di panel-panel AC dan tuas transmisi yang plek ngambil dari 2 sedan itu. Model seperti sandwich, punya segmen atas-bawah dipisahkan panel ventilasi AC nya.

Masih didominasi plastik, tentu saja, walau beda level dengan Hyundai Creta yang selevel harga. Nggak ada lagi desain AC yang entah berkontribusi berapa ke PT. Sid*munc*l buat setiap penumpang depan HR-V yang masuk angin.
IMG20220328140206.jpg
Sayangnya desain dasbor ini.... Bukan jelek, tapi kurang distinctive. Honda crossovers itu selalu diciptakan unik sendiri dan punya ciri khas, CR-V 3 generasi terakhir punya layout dasbor yang mirip, HR-V RU dengan dasbor yang ada versi two-tone dan single-tone hitam sesuai tipe, lalu punya konsol tengah memanjang. tapi yang kali ini terlalu generik dengan Civic dan Accord.
IMG20220329132255.jpg
Desain cluster sayangnya belum full LCD. Saya nggak terlalu fans dengan dash layar full LCD, tapi masa iya harus mirip Honda BR-V? Ini tipe SE loh, yang kedua termahal. 60juta lebih mahal dari BR-V Sensing. Ya saya berharap dapet tampilan yang beda lah di depan mata.

Lalu flaw yang lain di sunroof depannya penutup manual dan hanya kain yang tembus. Sekilas tadi tidak terasa panas tapi gimana ya... sepertinya harus pasang KF di sunroof.

Practicality wise, model atap anehnya bikin headroom belakang jadi luas, dan legroom juga berlimpah. Dimensi mobil yang nambah juga bikin bagasinya, walau diberi atap dengan sudut aneh itu, jadi semakin besar.
IMG20220329133518.jpg
Feature sepertinya jelas, Honda Sensing, LaneWatch, lainnya basic bisa nonton di youtube banyak yang bahas, dan yang mengejutkan : hill descent control. Fitur yang kadang SUV ladderframe 4x2 saja lupa pasang di sini.

Doesn't Feel HR-V, at all.

Unit kali ini adalah tipe SE, top of the line 1.5L NA, bermesin 1.5L DOHC L15ZF sama seperti Honda City dan BR-V dengan 121PS dan transmisi CVT. Honda tidak lagi offer transmisi manual untuk HR-V kali ini.

Sebelumnya, saya sudah familiar dengan karakter mesin L15ZF di City dan BR-V yang sebenarnya punya potensi untuk di upgrade tapi performa stocknya tidak terlalu menggembirakan, seperti terlalu di tone-down untuk pasar Indonesia.

Dan kabar buruknya HR-V ini bobotnya sekitar +- 100kg lebih berat dibanding City atau BR-V. HR-V memiliki bobot sekitar 1.3 ton. City dan BR-V sekitar 1.1-1.2ton saja.

So, atur posisi duduk. Di SE kita masih atur jok manual. Driving position masih perfect, jok terasa lebih menopang dibanding HR-V lama, terutama di bagian paha yang improve dibanding HR-V lama. Untuk kaum berpaha panjang seperti ane, Honda under 400juta itu joknya kurang panjang ke depan dari dulu, tapi HR-V ini tidak masalah.

Saya arahkan mobil ke pavingblock perumahan dan serius... saya tuh masih underestimate mobil ini di awal. Apa yang bisa di expect dari econobox yang harganya kena inflasi berkali-kali sampe harganya setara dengan medium SUV 5 taun yang lalu? Apalagi HR-V lama yang pakai aging platform dari 2 dekade lalu, kena jalan jelek auto glodakan dengan bushing yang karetnya entah grade apa krn gampang banget kalah.

Ternyata saya terlalu under-estimate. Pertama yang saya takjub adalah betapa tenangnya HR-V menghajar setiap pavingblock. Tidak ada sama sekali suara "gredekgredekgredek" macem HR-V lama. Bahkan NVH CR-V Turbo pun kalah bagus. Shock absorber lebih firm dari HR-V lama yang cenderung ngayun, ada feel firmness seperti mobil eropa. Mungkin juga kontribusi ban Bridgestone Alenza, yang memang masuk lineup ban premium untuk SUV.

It's just.... that... good. Ini engineer Honda seperti abis disuruh push-up kayaknya untuk setiap komplenan mengenai NVH kaki-kaki. Saya jadi nggak ngerasa lagi nyetir HR-V.

Jadi penasaran all new CR-V nanti seenak apa.

Untuk pengendalian juga improve banyak. HR-V lama untuk manuver agak kencang itu pantatnya suka ketinggalan, flexing di chassisnya terasa sekali, suspensi belakang juga terlalu soft. Tapi di HR-V baru ini, manuver agak kencang dan mobil masih sangat nurut. Pantat tidak ada gejala limbung, walaupun secara keseluruhan, mobil terasa berat dan kurang lincah dibanding HR-V lama. Karakternya akan cocok untuk long trip karena stabil sekali.

Sayangnya ya sepertinya untuk pengguna Prestige 1.8, either simpan saja mobilnya atau nabung buat beli RS Turbo, atau tunggu ada yang bosen sama RS Turbo dan beli sekennya : karena kalau udah ngerasa 1.5 yang lama lemot, yang ini akan terasa lebih berat.

Throttle response HR-V baru ini di perhalus, sehingga sentakannya berkurang dari HR-V lama. Lalu untuk full throttle, kurva torsinya memang lebih rata dari L15Z1 di HR-V lama, tapi karena mobil yang berat, jadi rasanya kurang narik. Entah apa faktor mobil masih break-in (odo masih 56 kilometer), BBM di bawah persyaratan, atau memang ya ini performanya segini. Walaupun untuk penggunaan medium speed, tidak ada masalah. Nanti kita tunggu hasil test di media-media lokal.

Jadi untuk Honda, kali ini HR-V 1.5 bukan jagonya soal performa. Untuk urusan ini kita beri credit pada Hyundai Creta untuk mesin dan transmisi yang lebih responsif.

Still The King ?

Tanpa harus belajar marketing, kita tahu bahwa HR-V akan sekali lagi, laris manis.

Ini adalah produk sapu jagad, mungkin HPM sendiri kesal kenapa tidak kunjung bisa menjual mobil ini hingga ketinggalan dari kompetitornya, dan hanya dikasih jual Brio City dan BR-V yang adalah localized model.

Bagaimanapun, usaha HPM untuk mempertahankan tipe 1.5 tetap kompetitif patut di apresiasi. Seperti bold statement bahwa HR-V masih adalah pilihan utama orang Indonesia. Meski bukan juara soal performa, tapi di banyak sisi ia meningkat sangat jauh. Ya sama seperti HR-V 1.5 lama, tidak juara soal performa, tapi susah cari penggantinya.

Tipe RS Turbo jika mendengar angka 500 juta, eh 499juta saja sepertinya mahal, tapi kalau kita ingat : ini lineup turbo termurah saat ini setelah Civic Hatchback pensiun. Jadi, masih worth dengan performa yang akan bisa dengan mudah ditingkatkan via remap.

Dan definitely, kalau butt o meter sudah dari 1.8 Prestige, upgrade nya HARUS ke RS Turbo, karena gap performanya jauh sekali.

Walaupun sekarang mungkin agak seret penjualannya karena pertamax turbo mahal :upss: tapi yakinlah, ini Honda, akan tetap ada yang beli.
Last edited by ChZ on 30 Mar 2022, 10:38, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by whitehorse4 »

Review yang ditunggu2..

*reply sebelum baca
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by ChZ »

Tambahan foto krn tidak muat

engine bay HR-V, sangat besar. Lowong sekali not usual Honda.
IMG20220328135920.jpg
Grill model 1-piece. jadi rusak grill sepertinya harus ganti satu bemper :upss:
IMG20220328140006.jpg
Mobil front wheel drive crossover dengan hill descent control? sesuatu yang gak dipunyai bahkan ladder SUV 4x2 :upss:
IMG20220328140857.jpg
headlights menyala
IMG20220328135809.jpg
dashboard tengah-kiri
IMG20220328140245.jpg
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by b0ku »

ud kudugem liat dari moose testnya keknya agilitynya atau responsivenya agak berkurang di banding yang lama biarpun yang lama lebih keliatan ngeri karena ban belakangnya sampe ngakat tapi keliatan lebih response setirnya :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by b0ku »

ChZ wrote: 30 Mar 2022, 10:34 Tambahan foto krn tidak muat

engine bay HR-V, sangat besar. Lowong sekali not usual Honda.

IMG20220328135920.jpg

Grill model 1-piece. jadi rusak grill sepertinya harus ganti satu bemper :upss:

IMG20220328140006.jpg

Mobil front wheel drive crossover dengan hill descent control? sesuatu yang gak dipunyai bahkan ladder SUV 4x2 :upss:

IMG20220328140857.jpg

headlights menyala

IMG20220328135809.jpg

dashboard tengah-kiri

IMG20220328140245.jpg
konon mobil sekarang kapnya bakalan panjang2x untuk support hybrid system :mky_01:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: 07 Feb 2016, 16:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by Duvebriliant0 »

ChZ wrote: 30 Mar 2022, 10:34 Tambahan foto krn tidak muat

engine bay HR-V, sangat besar. Lowong sekali not usual Honda.

Image
Nice review oom... sama maap sebelumnya nubie izin tanyak itu tonjolannya(atau apapun itu namanya) ada 5 yg tengah buat intake kah? model gitu baru liat sy :mky_01:
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
whitehorse4
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 539
Joined: 02 Oct 2017, 06:00

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by whitehorse4 »

Buat yang ngerasa 1.8 masih sedikit underpowered berarti big no ya buat ambil 1.5?
Apa bisa diakali modif ringan macam remap + exhaust dll buat ngatasin lemotnya ya secara pernah lihat dyno jazz pakai fullsystem dan remap bisa 136 hp, lumayan dari standarnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by ChZ »

b0ku wrote: 30 Mar 2022, 10:36 ud kudugem liat dari moose testnya keknya agilitynya atau responsivenya agak berkurang di banding yang lama biarpun yang lama lebih keliatan ngeri karena ban belakangnya sampe ngakat tapi keliatan lebih response setirnya :big_bored:
yup... feel buat kelincahannya tetep di HRV lama lebih bagus sih.
b0ku wrote: 30 Mar 2022, 10:38 konon mobil sekarang kapnya bakalan panjang2x untuk support hybrid system :mky_01:
nah sebenernya di negara-negara lain kan malah dijual versi e:HEV tuh bukan versi RS Turbo :big_biglaugh:
Duvebriliant0 wrote: 30 Mar 2022, 10:41 Nice review oom... sama maap sebelumnya nubie izin tanyak itu tonjolannya(atau apapun itu namanya) ada 5 yg tengah buat intake kah? model gitu baru liat sy :mky_01:
kalau lihat bentuknya dia alurnya dari TB - tonjolan di tengah - masuk intake plenum - dibagi per silinder, sepertinya buat boost torsi putaran bawah-menengah. walau lebih restrictive dari desain lama (TB langsung ke plenum) tapi utk aliran udara kecepatan rendah bagus krn jalurnya lebih panjang. selain itu liat sudutnya kayaknya jg buat kasih efek turbulensi
whitehorse4 wrote: 30 Mar 2022, 10:42 Buat yang ngerasa 1.8 masih sedikit underpowered berarti big no ya buat ambil 1.5?
Apa bisa diakali modif ringan macam remap + exhaust dll buat ngatasin lemotnya ya secara pernah lihat dyno jazz pakai fullsystem dan remap bisa 136 hp, lumayan dari standarnya
nah ini solusi murah kalo mau paling minim performa nyamain R18 : ganti downpipe catless dan remap. L15ZF DOHC harusnya bisa emit more power sih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by b0ku »

ChZ wrote: 30 Mar 2022, 10:54
b0ku wrote: 30 Mar 2022, 10:36 ud kudugem liat dari moose testnya keknya agilitynya atau responsivenya agak berkurang di banding yang lama biarpun yang lama lebih keliatan ngeri karena ban belakangnya sampe ngakat tapi keliatan lebih response setirnya :big_bored:
yup... feel buat kelincahannya tetep di HRV lama lebih bagus sih.
b0ku wrote: 30 Mar 2022, 10:38 konon mobil sekarang kapnya bakalan panjang2x untuk support hybrid system :mky_01:
nah sebenernya di negara-negara lain kan malah dijual versi e:HEV tuh bukan versi RS Turbo :big_biglaugh:
keliatannya makin kayak CRV ya chris??? berat tapi enak di handle pake satu tangan karena setirnya masih presisi biarpun responsenya berkurang dan berasa lebih mantep buat high speed :big_think:

keknya RS turbo cuma indo doank mungkin USA nyusul 4 april cuma versi usa di sesuaikan di bikin makin pajang buat cargo space stylingnya jadi kek baby cayenne :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by ChZ »

b0ku wrote: 30 Mar 2022, 11:18
keliatannya makin kayak CRV ya chris??? berat tapi enak di handle pake satu tangan karena setirnya masih presisi biarpun responsenya berkurang dan berasa lebih mantep buat high speed :big_think:

keknya RS turbo cuma indo doank mungkin USA nyusul 4 april cuma versi usa di sesuaikan di bikin makin pajang buat cargo space stylingnya jadi kek baby cayenne :mky_03:
yup jadi karakternya mirip mirip CRV tapi inget suspensi belakang torsion beam nya..... hrs dicoba di tol sih. hahahaha. pengalaman suspensi belakang begini tetep ketauan kelemahannya kalo high speed manuver.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by b0ku »

ChZ wrote: 30 Mar 2022, 11:42
yup jadi karakternya mirip mirip CRV tapi inget suspensi belakang torsion beam nya..... hrs dicoba di tol sih. hahahaha. pengalaman suspensi belakang begini tetep ketauan kelemahannya kalo high speed manuver.
kalo dari mosse test sih belakangnya agak susah naek sih cuma ya biasa kan europe versi hybrid jd di belakang ada batre jd belakangnya lebih berat sama ngegrip :big_think:
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by grimjow »

Ini calon2 nya Om Chz akan ambil yang RS Turbo nih.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kalau performa 1,5 saya yakin akan terasa lebih berat dibanding yang hrv lama , karena yang gen baru ini memang dari rasa2 plat body , beratnya pintu, dll memang mobil yang lebih berat dari gen sebelumnya.

Menit ke 11 an, feels like a 12 second car.
Ini versi Vezel 1,5 di Sg impor dari Japan.
[media]

Tapi dari paket all in sih tetap value for money hrv dari kompetitornya. Creta sih bagus saya akui, tapi kaya there is still something missing gitu, CX3 barang ga jelas stoknya, dll.
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 08 Jan 2017, 11:00

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by biznatch »

ChZ wrote: 30 Mar 2022, 10:30 Lalu flaw yang lain di sunroof depannya penutup manual dan hanya kain yang tembus. Sekilas tadi tidak terasa panas tapi gimana ya... sepertinya harus pasang KF di sunroof.
Pas TD kondisi cuacanya apakah panas terik atau biasa aja om? Saya masih ragu ambil E atau SE karena glass roofnya ini. walaupun cuma beda 20jt dapet berbagai tambahan, tapi kalo glass roof nya cuma jadi PR ya lebih baik ambil tipe E.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by ariswp »

Om chris, untuk feel interior apa bener terasa lebih "sempit"?
Bukan real "sempit" tapi desain dashboardnya yg agak meninggi dan atapnya lebih rendah ketika didalam dibanding RU
Head unit dapet persis punya RS ya?
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by ChZ »

grimjow wrote: 30 Mar 2022, 13:10 Ini calon2 nya Om Chz akan ambil yang RS Turbo nih.
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Kalau performa 1,5 saya yakin akan terasa lebih berat dibanding yang hrv lama , karena yang gen baru ini memang dari rasa2 plat body , beratnya pintu, dll memang mobil yang lebih berat dari gen sebelumnya.

Menit ke 11 an, feels like a 12 second car.
Ini versi Vezel 1,5 di Sg impor dari Japan.
[media]

Tapi dari paket all in sih tetap value for money hrv dari kompetitornya. Creta sih bagus saya akui, tapi kaya there is still something missing gitu, CX3 barang ga jelas stoknya, dll.
wah kalo ane buat pake sendiri sih wajib RS turbo :big_biglaugh: klo adek ane pasti ngikut bokap mau beliin yang mana :big_biglaugh: walaupun tetep dalam hati ya maunya RS turbo cuma blm tega keluarin 499 juta nya

betul, sekarang anggapannya timing yang tepat buat rilis emang. Creta belum tumbuh subur, dibabat habis dulu. Saingan lainnya lg kesusahan barang. wkwkwkwkkw.
biznatch wrote: 30 Mar 2022, 13:33
Pas TD kondisi cuacanya apakah panas terik atau biasa aja om? Saya masih ragu ambil E atau SE karena glass roofnya ini. walaupun cuma beda 20jt dapet berbagai tambahan, tapi kalo glass roof nya cuma jadi PR ya lebih baik ambil tipe E.
panas agak terik sih, tp kalo sampe ke kabin ya engga. cuma kalo melongok ke atas emang keliatan buset kok cuma dikasih beginian :big_chicken:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 02 Nov 2016, 08:59

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by Or4cle »

Mantapp reviewnya Christ :big_exellent:
Ane lebih suka eksterior old HRV. Lebih compact, elegan, sporty dgn lekuk2 membulat dan grill menyatu dgn headlamp secara proporsional.
Ini penilaian subjectif ane :big_peace:
Last edited by Or4cle on 30 Mar 2022, 15:54, edited 1 time in total.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: 30 Mar 2022, 15:22 wah kalo ane buat pake sendiri sih wajib RS turbo :big_biglaugh:
Jadi gimana nih kesimpulannya …

Civic turbo yg model FE ente ud pernah test blom ? Kira2 lebih superior mana ya driving experiencenya dibanding yg FC (hatch) …

Nih dari kemaren gw lg mikir2 .. antara Civic turbo RS (fc facelift) ; trus golf GTI MK7 , eh muncul lagi nih satu makhluk HR-V turbo RS semua maen di 500 jutaan kebawah :mky_04:

Tapi dari formatnya crossover gini, fun nya tetep di bawah civic turbo kali ya ?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by ChZ »

Or4cle wrote: 30 Mar 2022, 15:53 Mantapp reviewnya Christ :big_exellent:
Ane lebih suka eksterior old HRV. Lebih compact, elegan, sporty dgn lekuk2 membulat dan grill menyatu dgn headlamp secara proporsional.
Ini penilaian subjectif ane :big_peace:
Nah makanya ganjalan liat HRV baru ini benernya tuh bentuknya jadi gak berkarakter kayak mobil listrik. Grill nya sewarna bodi.

Makanya HRV baru ane kurang doyan kalo bukan tipe RS.

Secara menyeluruh setuju yang lama bentuknya lebih berkarakter.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by ChZ »

KielConstantine wrote: 30 Mar 2022, 15:54 Jadi gimana nih kesimpulannya …

Civic turbo yg model FE ente ud pernah test blom ? Kira2 lebih superior mana ya driving experiencenya dibanding yg FC (hatch) …

Nih dari kemaren gw lg mikir2 .. antara Civic turbo RS (fc facelift) ; trus golf GTI MK7 , eh muncul lagi nih satu makhluk HR-V turbo RS semua maen di 500 jutaan kebawah :mky_04:

Tapi dari formatnya crossover gini, fun nya tetep di bawah civic turbo kali ya ?
Blom mbah.... Ane soalnya jg kg minat sama FE wkwkwkw bentuknya terlalu biasa. Harusnya banyak improve sih.

Fun nya pasti enakan civic harusnya. Lebih diciptakan gimana2 buat base sport sedan (civic Si dan type R)
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by trebla88 »

Hrv 1.5 qja dulu aga lemot ya perasaan
Ini lbih lemot lagi?
Berati fix jgn tanggung ke 1.5t langsung

:big_biglaugh: :big_biglaugh:


Tapi berhubung krisis minyak dan pertabo bakal gila harganya, kayanya momen2 mobil turbo kluar aga salah timing :big_childish:
biznatch
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 08 Jan 2017, 11:00

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by biznatch »

ChZ wrote: 30 Mar 2022, 15:22 panas agak terik sih, tp kalo sampe ke kabin ya engga. cuma kalo melongok ke atas emang keliatan buset kok cuma dikasih beginian :big_chicken:
I see. Jadi lebih ke estetiknya yg jelek ya, sementara panas gak sampe nembus cover terpalnya.

Brb inden tipe SE warna "dempul metalik" :big_biglaugh:
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: 23 May 2012, 23:18

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by yaseinotulip »

Klo dari sisi kebisingan pada saat jalan 80+ km/h gmn?
Suara ban masi masuk kaya yang lama?

Terus bagasi masa sih lebih luas dr yg lama ? Kok kayanya sama aja atau justru makin sempit karena kaca blakang lebih miring ya?

Utk berat sendiri di brosur nya ga ada tulisannya ya.. jd itu lebih berat sampe 100 kg dibanding yg lama ya? Padahal dimensi ga gt melar ya.. yg lama aja klo high speed ga ada tenaga nya wkwk

Indent brp lama tuh klo SE di smg ? :mky_04:
Kebetulan adik sy udah 7 bln nungguin cx-3 ga dtg2.. mgkn mau ganti ke HRV
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by grimjow »

ariswp wrote: 30 Mar 2022, 15:13 Om chris, untuk feel interior apa bener terasa lebih "sempit"?
Bukan real "sempit" tapi desain dashboardnya yg agak meninggi dan atapnya lebih rendah ketika didalam dibanding RU
Head unit dapet persis punya RS ya?
Headunit RS dan SE sama 8 inch, dan sama dengan City Hb.
Nanti facelift RS dapat headunit Vezel Play Japan. wireless charger, power seat dan logo RS d grill depan :big_grin:
Tapi harga naik 50 juta :big_cry:
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: 21 Aug 2015, 21:45

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by grimjow »

ChZ wrote: 30 Mar 2022, 18:06
Or4cle wrote: 30 Mar 2022, 15:53 Mantapp reviewnya Christ :big_exellent:
Ane lebih suka eksterior old HRV. Lebih compact, elegan, sporty dgn lekuk2 membulat dan grill menyatu dgn headlamp secara proporsional.
Ini penilaian subjectif ane :big_peace:
Nah makanya ganjalan liat HRV baru ini benernya tuh bentuknya jadi gak berkarakter kayak mobil listrik. Grill nya sewarna bodi.

Makanya HRV baru ane kurang doyan kalo bukan tipe RS.

Secara menyeluruh setuju yang lama bentuknya lebih berkarakter.
Grill RS di Thailand sekitar 4000 baht pernah liat di forum FB Hrv Thai. Jadi kisaran 2 juta an lah.
Grill modulo juga bagus tapi harga juga modulo
gadjahalphien
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 457
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Sepeda + Bus TJ + 3NR-VE

Re: Short Drive 2022 Honda HR-V 1.5 SE CVT (RV)

Post by gadjahalphien »

ChZ wrote: 30 Mar 2022, 10:30 Apakah kita perlu mobil selain Honda HR-V?
..Cut...
Review yg ditunggu-tunggu dari user honda yg selalu appreciate atas hondanya..
Daily : 65kW 3NR-VE or Bus TJ or RB jadul
Weekend Occasional : 150kW M271DE
Occasional : 75kW 1.6BGU | 89kW 1ZZ-FE | 132kW K24Z
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post