Tentang Hyundai Ioniq 5

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

3mul wrote: 11 Oct 2022, 11:35 kasus pertama batere ioniq 5 drop (yang viral).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/1 ... niq-5-drop

ane sering nemu kejadian batre laptop drop (padahal laptop baru). solusinya sesimpel cabut batre. sayangnya ini most likely gak applicable di ioniq5 sih
Colek oom b0ku aaah... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: . Penasaran pingin ngerti bacaan OBD-nya. Soalnya pas punya saya nge-brick begini bacaannya High Voltage Interrupt Lock - High (alias kabel HV kendor, diurut jg ketemu kendor betulan).

Jangan2 super duper apes : inverternya kena di sini : https://www.techgoing.com/infineon-resp ... roduction/ , QC-nya Hyundai kebobolan pasang batch IGBT yg error ini.... :big_bored: :big_bored: :big_bored:

Tapi ini kan memang HP dikasih roda, jadi ya approachnya kayak bikin betul HP (copot modul2 yg rusak, bisa CMU, PRA,Inverter,Controller dll, ganti baru).... :mky_01: :mky_01: :mky_01:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

3mul wrote: 11 Oct 2022, 11:35 kasus pertama batere ioniq 5 drop (yang viral).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/1 ... niq-5-drop

ane sering nemu kejadian batre laptop drop (padahal laptop baru). solusinya sesimpel cabut batre. sayangnya ini most likely gak applicable di ioniq5 sih
80% langsung jadi 20% UD jelas biang keroknya di batre ya ud biasa lah namanya juga barang mass pro pasti ada defectnya :big_bored:

bagus kena pas baru beli pasti di beresin sama hyundai, coba pas ud berapa taun dan garansi ud gak jelas pasti lebih rumyam :big_bored:

edit : ternyata 80%-0% ya bisa aja sih salah di yang laen di video masih nyala karena itu dari aki ya :big_think:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

Benerrr oom b0ku, itu batere 12V jooooooaaaauuuh lebih penting di EV daripada di ICE, ICE bandot tua tanpa 12V tetep jalan kan (pernah punya Toyota Hardtop jalan pake aki soak ada 2 bulan, staternya cuma modal temen2 yang setia aja :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ). Fungsi 100% penting 12V di EV itu buat angkat power relay unit jadi on, soalnya status normalnya off. Kalo dah dibawah cut off voltase, meskipun masih ada amper dikit2 dah ndak mau ngangkat itu relay....

Kalo bener HV batere yg bermasalah, kasus ini jadi sayang karena diderek ke beres dan buntutnya : "Sudah diselesaikan oleh Hyundai dan diserahkan dengan baik ke konsumen, serta konsumen sudah menerima komunikasi kita" :big_bored: :big_bored: :big_bored: .
Gara2 begini ini kita jadi ndak pernah tau kan itu benernya apa yang terjadi, mangka daripada itu sejak punya mobil yang isinya komputer semua macam 308,F30 sy ngalor ngidul sll bawa OBD, paling enggak kalo ada apa2 jd ngerti errornya kenapa, sukur2 bisa direset itu error... :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Masalah terbesar urusan bacaan error itu kan pake bahasa Inggris, nah kecuali yg jalan kabeng belun tentu mekanik beres yg dikirim ngerti bener2 arti error itu maksudnya apa, contoh : beres-nya Kicks-nya oom Chz, jangan2 dah dicolok tapi ndak ngerti itu maksudnya error apa... :big_slap: ...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Bibieight wrote: 11 Oct 2022, 14:22 Benerrr oom b0ku, itu batere 12V jooooooaaaauuuh lebih penting di EV daripada di ICE, ICE bandot tua tanpa 12V tetep jalan kan (pernah punya Toyota Hardtop jalan pake aki soak ada 2 bulan, staternya cuma modal temen2 yang setia aja :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ). Fungsi 100% penting 12V di EV itu buat angkat power relay unit jadi on, soalnya status normalnya off. Kalo dah dibawah cut off voltase, meskipun masih ada amper dikit2 dah ndak mau ngangkat itu relay....

Kalo bener HV batere yg bermasalah, kasus ini jadi sayang karena diderek ke beres dan buntutnya : "Sudah diselesaikan oleh Hyundai dan diserahkan dengan baik ke konsumen, serta konsumen sudah menerima komunikasi kita" :big_bored: :big_bored: :big_bored: .
Gara2 begini ini kita jadi ndak pernah tau kan itu benernya apa yang terjadi, mangka daripada itu sejak punya mobil yang isinya komputer semua macam 308,F30 sy ngalor ngidul sll bawa OBD, paling enggak kalo ada apa2 jd ngerti errornya kenapa, sukur2 bisa direset itu error... :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Masalah terbesar urusan bacaan error itu kan pake bahasa Inggris, nah kecuali yg jalan kabeng belun tentu mekanik beres yg dikirim ngerti bener2 arti error itu maksudnya apa, contoh : beres-nya Kicks-nya oom Chz, jangan2 dah dicolok tapi ndak ngerti itu maksudnya error apa... :big_slap: ...
liat aja berapa lama penyelesaiannya kalo lama ud fix biasanya batre karena kan kudu ritual bongkar2x karena barang mahal acc an dulu :mky_03:

kalo gak lama kelar ya berarti emang ada komponen yang rusak :big_think:

taon kemaren ada sih temen beli luxio mesinnya koit mulu claim donk ke daihatsu ud di handle sama jepangnya ganti mesin satu assy masih gitu juga keknya curiga salah vonis bisa jadi pompa bensinnya yang ngawur tapi temen saya ud gak mau tau akhirnya di tuker unit baru, saya bilang kalo ganti unit masih gitu juga orangnya yang kudu di cek :wkkk:

jazz saya sih ada onboard OBD saya sambung pake kabel ke head unit bisa baca eror juga gak tau deh akurat apa engak orang pernah baca RPM saya sampe 7000 padahal 6800 ud redline harusnya kena rev limiter :big_slap:

tergantung om ada sumber listrik buat busi satu aki satu alternator ya kalo altenator fungsi ya gak butuh aki cuma kalo alterator tewas itu mobil bensin berubah jadi EV juga :big_biglaugh: gitu aki abis mogok langsung, alternator fungsi cabut aki mobil bisa jalan, alternator jebol mobil bisa jalan pake aki pernah ngalamin 2 2nya sih :big_biglaugh:
maskriboo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: 04 Feb 2015, 20:54

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by maskriboo »

Terpantau msh blm rame disini…
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

b0ku wrote: 11 Oct 2022, 14:42
Bibieight wrote: 11 Oct 2022, 14:22 Benerrr oom b0ku, itu batere 12V jooooooaaaauuuh lebih penting di EV daripada di ICE, ICE bandot tua tanpa 12V tetep jalan kan (pernah punya Toyota Hardtop jalan pake aki soak ada 2 bulan, staternya cuma modal temen2 yang setia aja :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ). Fungsi 100% penting 12V di EV itu buat angkat power relay unit jadi on, soalnya status normalnya off. Kalo dah dibawah cut off voltase, meskipun masih ada amper dikit2 dah ndak mau ngangkat itu relay....

Kalo bener HV batere yg bermasalah, kasus ini jadi sayang karena diderek ke beres dan buntutnya : "Sudah diselesaikan oleh Hyundai dan diserahkan dengan baik ke konsumen, serta konsumen sudah menerima komunikasi kita" :big_bored: :big_bored: :big_bored: .
Gara2 begini ini kita jadi ndak pernah tau kan itu benernya apa yang terjadi, mangka daripada itu sejak punya mobil yang isinya komputer semua macam 308,F30 sy ngalor ngidul sll bawa OBD, paling enggak kalo ada apa2 jd ngerti errornya kenapa, sukur2 bisa direset itu error... :big_peace: :big_peace: :big_peace: .

Masalah terbesar urusan bacaan error itu kan pake bahasa Inggris, nah kecuali yg jalan kabeng belun tentu mekanik beres yg dikirim ngerti bener2 arti error itu maksudnya apa, contoh : beres-nya Kicks-nya oom Chz, jangan2 dah dicolok tapi ndak ngerti itu maksudnya error apa... :big_slap: ...
liat aja berapa lama penyelesaiannya kalo lama ud fix biasanya batre karena kan kudu ritual bongkar2x karena barang mahal acc an dulu :mky_03:

kalo gak lama kelar ya berarti emang ada komponen yang rusak :big_think:

taon kemaren ada sih temen beli luxio mesinnya koit mulu claim donk ke daihatsu ud di handle sama jepangnya ganti mesin satu assy masih gitu juga keknya curiga salah vonis bisa jadi pompa bensinnya yang ngawur tapi temen saya ud gak mau tau akhirnya di tuker unit baru, saya bilang kalo ganti unit masih gitu juga orangnya yang kudu di cek :wkkk:

jazz saya sih ada onboard OBD saya sambung pake kabel ke head unit bisa baca eror juga gak tau deh akurat apa engak orang pernah baca RPM saya sampe 7000 padahal 6800 ud redline harusnya kena rev limiter :big_slap:

tergantung om ada sumber listrik buat busi satu aki satu alternator ya kalo altenator fungsi ya gak butuh aki cuma kalo alterator tewas itu mobil bensin berubah jadi EV juga :big_biglaugh: gitu aki abis mogok langsung, alternator fungsi cabut aki mobil bisa jalan, alternator jebol mobil bisa jalan pake aki pernah ngalamin 2 2nya sih :big_biglaugh:
Oleh2... dapet dari share yang dishare lagi, satu cell matot
WhatsApp Image 2022-10-12 at 9.51.32 AM.jpeg
WhatsApp Image 2022-10-12 at 9.51.32 AM.jpeg (48.11 KiB) Viewed 1414 times
. Satu balok kan 6S2P, berarti ada dua baris seri isi 6 (6x4=24V) dipararel 2 buat total amper, karena ada cutoff per cell gara2 satu 0 otomatis dianggep satu balok 0V, karena pake balok2 itu dirakit seri pararel sampe jadi 800v begitu ada satu aja 0V langsung dianggep satu assy 0V (biar ndak mbledug kan, jadi ikut cell yg paling lemah)....
Nah, antara harus ganti modul battery, atau cek cell monitoring system & battery management systemnya yang error atau malah jangan2 ada kabel sensor yg oblak... Kalo saya jadi teknisinya saya sih cek yg kedua atau ketiga dulu, soalnya namanya fisik batere ndak mungkin secara kimia voltase jadi 0V, ada juga 1,sekian V. Tapi yang jelas harus turun battery assy sih.... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Bibieight wrote: 12 Oct 2022, 12:03
Oleh2... dapet dari share yang dishare lagi, satu cell matot WhatsApp Image 2022-10-12 at 9.51.32 AM.jpeg. Satu balok kan 6S2P, berarti ada dua baris seri isi 6 (6x4=24V) dipararel 2 buat total amper, karena ada cutoff per cell gara2 satu 0 otomatis dianggep satu balok 0V, karena pake balok2 itu dirakit seri pararel sampe jadi 800v begitu ada satu aja 0V langsung dianggep satu assy 0V (biar ndak mbledug kan, jadi ikut cell yg paling lemah)....
Nah, antara harus ganti modul battery, atau cek cell monitoring system & battery management systemnya yang error atau malah jangan2 ada kabel sensor yg oblak... Kalo saya jadi teknisinya saya sih cek yg kedua atau ketiga dulu, soalnya namanya fisik batere ndak mungkin secara kimia voltase jadi 0V, ada juga 1,sekian V. Tapi yang jelas harus turun battery assy sih.... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
saya lebih curiga kabel sensornya oblak :big_think:

kalo cuma letoy masih bisa baca yang laen om ini bisa 80-0% artinya kagak ada batre sama sekali padahal yang rusak cuma semodule karena di baca 1 sel rusak biasanya itu satu komponen tapi imbasnya kemana2x jadinya bisa jadi itu sel sebiji konslet makannya sistemnya ngecut semua :big_think:

yang hebat denger kronologinya bisa bikin charging stastion sampe tewas tiap dicolok sama tuh ioniq artinya dia bikin short tuh tiap di colok :big_biglaugh:
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

Nah itu, kayaknya bukan chargernya yg tewas, tapi tiap dicas ngisi bentar terus nge-cut, jd chargingnya sih aman2 aja (mestinya, lha kalo ndak kan boncos itu yg punya charger, yg DC 60-an kW punya sebiji dah bisa ampir 1M kan).
Yg saya bingung itu malah algoritma program buat chargingnya, harusnya begitu deteksi 0V kan harusnya ndak boleh masuk sama sekali, kerna asumsi internal resistance itu battery dah tinggi sekali. Algoritma yg setengah2 begini ini yg hrs dibenerin, iya kalo bener 0V gara2 kabel oblak, lha kalo gara2 emang batere yg beneran soak kan bisa mbledug itu battery :big_think: :big_think: :big_think: , logikanya kan harusnya charging sesuai dengan cell terendah, kalo terendah 0 ya mustinya cuma bisa masuk 0 toh. Untungnya arsitektur battery si I5 ini kan monitoringnya betul2 per cell, jadi ada cell monitoring unit yg disambung ke battery management system...

Ntar pas servis 10k km saya tanyain deh ini logika cut-off charging gimana, sekalian sapa tau dah ada update software.... Hyundai Indonesia payah, diluar Hyundai dah pada pake OTA disini masih harus pake acara dateng ke beres buat colok2 USB.... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ....

Paling ndak dapet ilmu satu lagi, kalo tau2 jadi 0% langsung tancep OBD, cek ada cell yg 0 kagak, kalo iya ada yg 0 jangan colok2 charging dulu tapi tilpun Hyundai buat towing.... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by b0ku »

Bibieight wrote: 12 Oct 2022, 12:37 Nah itu, kayaknya bukan chargernya yg tewas, tapi tiap dicas ngisi bentar terus nge-cut, jd chargingnya sih aman2 aja (mestinya, lha kalo ndak kan boncos itu yg punya charger, yg DC 60-an kW punya sebiji dah bisa ampir 1M kan).
Yg saya bingung itu malah algoritma program buat chargingnya, harusnya begitu deteksi 0V kan harusnya ndak boleh masuk sama sekali, kerna asumsi internal resistance itu battery dah tinggi sekali. Algoritma yg setengah2 begini ini yg hrs dibenerin, iya kalo bener 0V gara2 kabel oblak, lha kalo gara2 emang batere yg beneran soak kan bisa mbledug itu battery :big_think: :big_think: :big_think: , logikanya kan harusnya charging sesuai dengan cell terendah, kalo terendah 0 ya mustinya cuma bisa masuk 0 toh. Untungnya arsitektur battery si I5 ini kan monitoringnya betul2 per cell, jadi ada cell monitoring unit yg disambung ke battery management system...

Ntar pas servis 10k km saya tanyain deh ini logika cut-off charging gimana, sekalian sapa tau dah ada update software.... Hyundai Indonesia payah, diluar Hyundai dah pada pake OTA disini masih harus pake acara dateng ke beres buat colok2 USB.... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ....

Paling ndak dapet ilmu satu lagi, kalo tau2 jadi 0% langsung tancep OBD, cek ada cell yg 0 kagak, kalo iya ada yg 0 jangan colok2 charging dulu tapi tilpun Hyundai buat towing.... :big_peace: :big_peace: :big_peace:
kalo saya si nangkepnya itu charger sekringnya jepret om karena ada short circuit charging stationnya harusnya aman tapi ya kudu reboot :big_think:

kalo saya bilang sih pasti ada yang konslet di sistem bagusnya sistem masih bisa prevent akhirnya gak meleduk :big_biglaugh:

soalnya biasa yang uda2x kalo kasus batre drop pasti bisa di back sama sel yang masih bagus ini mungkin sistemnya lagi gak baik2x aja saya bilang ad yang konslet terus sistemnya preventif dengan cut off semuanya makannya lsg batrenya 0 karena mungkin batre sama mobilnya ud putus hubungan buat jaga biar gak meleduk :mky_03:

kalo saya curiga si ini keknya kasus konsleting jgn2x sel yang dituduh rusak pun masih bagus tapi sambungnya yang ud gak bener bikin konslet kecil akhirnya di cut semua dari sistem :big_think:

ya ud aneh kok saya lupa ngomong kalo tesla saya pernah liat 12volt tewas itu dia makan batre utama dan dikasih warning kalo batre utama bakalan cepet abis karena 12volt tewas :mky_03:
Gulunggulung99
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 29 Sep 2022, 21:17

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Gulunggulung99 »

Dh mulai degradasi aja ni batre.. long range.. biasanya ngisi 100 persen dpt 450an km
Dh mulai degradasi aja ni batre.. long range.. biasanya ngisi 100 persen dpt 450an km
:big_weee:
Last edited by Gulunggulung99 on 13 Oct 2022, 07:10, edited 1 time in total.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Suryaputra »

Gulunggulung99 wrote: 13 Oct 2022, 07:05 2A062AD2-A380-4264-B407-53DD33C00AF8.jpeg :big_weee:
itu 3,8k KM total trip ya mbah?
suhu luar 25C ?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Gulunggulung99
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 29 Sep 2022, 21:17

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Gulunggulung99 »

Suryaputra wrote: 13 Oct 2022, 10:20
Gulunggulung99 wrote: 13 Oct 2022, 07:05 2A062AD2-A380-4264-B407-53DD33C00AF8.jpeg :big_weee:
itu 3,8k KM total trip ya mbah?
suhu luar 25C ?
Iya bner.. br jlan 3600 an.. mobil bru aktif dipakai tiap hari bulan ini.. pas dtg bulan juni.. takutnya ngedrop kayak yg sebelah..
Klo pagi emg segitu suhuny bro, tp siang panas wkwkwk
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 02 Jan 2016, 18:03

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Bibieight »

Gulunggulung99 wrote: 13 Oct 2022, 07:05 2A062AD2-A380-4264-B407-53DD33C00AF8.jpeg :big_weee:
Itu meteran jarak memang sering bikin kaget..., kalo kaki kanan sopan langsung dikasih panjang (rekor batere 100% dikasih hadiah 510 km), begitu pedal to the wall tau2 turun 100 - 150-an km bisa tinggal 350 km batere sama2 100%...
Kalo jalan jauh sih saya konservatif pake ngitung manual, kapasitas 73kWh... berarti per 10% = 7.3 kWh. Kalo pake setting-an eco kaki sopan 1:7, kaki standar 1:6, kaki barbar 1:3,5 - 1:4. Kaliin aja sisa batere ya paling sial banget dapet segitu. Tapi I5 ini emang betul2 menggoda si pencet ke sport terus pedal to the wall... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by RezPrat »

Gulunggulung99 wrote: 13 Oct 2022, 07:05 2A062AD2-A380-4264-B407-53DD33C00AF8.jpeg :big_weee:
Ane sehari2 ada pake motor listrik Viar Om, biasanya kalo range kita drop coba cek tekanan ban, kurang dikit aja langsung ngefek ke range. Oh ya Satu lagi, pastikan rem gak nyangkut (d case ane pernah rem nyangkut, langsung drop itu range...ya i ya lah, ban ketahan rem dikit).
Just my 2 cent, as for ambient temp, gak ngefek banyak lah bisa di ignore buat iklim tropis kita.
Gulunggulung99
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 29 Sep 2022, 21:17

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Gulunggulung99 »

Bibieight wrote: 13 Oct 2022, 11:06
Gulunggulung99 wrote: 13 Oct 2022, 07:05 2A062AD2-A380-4264-B407-53DD33C00AF8.jpeg :big_weee:
Itu meteran jarak memang sering bikin kaget..., kalo kaki kanan sopan langsung dikasih panjang (rekor batere 100% dikasih hadiah 510 km), begitu pedal to the wall tau2 turun 100 - 150-an km bisa tinggal 350 km batere sama2 100%...
Kalo jalan jauh sih saya konservatif pake ngitung manual, kapasitas 73kWh... berarti per 10% = 7.3 kWh. Kalo pake setting-an eco kaki sopan 1:7, kaki standar 1:6, kaki barbar 1:3,5 - 1:4. Kaliin aja sisa batere ya paling sial banget dapet segitu. Tapi I5 ini emang betul2 menggoda si pencet ke sport terus pedal to the wall... :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Oh gt yak.. trgntg behaviour qt.. cb bsk tak liat brp km abis charge full malam ini :big_biglaugh:
Gulunggulung99
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 29 Sep 2022, 21:17

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Gulunggulung99 »

ac235287 wrote: 13 Oct 2022, 13:38
Gulunggulung99 wrote: 13 Oct 2022, 07:05 2A062AD2-A380-4264-B407-53DD33C00AF8.jpeg :big_weee:
Ane sehari2 ada pake motor listrik Viar Om, biasanya kalo range kita drop coba cek tekanan ban, kurang dikit aja langsung ngefek ke range. Oh ya Satu lagi, pastikan rem gak nyangkut (d case ane pernah rem nyangkut, langsung drop itu range...ya i ya lah, ban ketahan rem dikit).
Just my 2 cent, as for ambient temp, gak ngefek banyak lah bisa di ignore buat iklim tropis kita.
Tekanan aman bro.. rem jg aman.. udh aq cek..
hsoeroso
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 18 Aug 2007, 07:55

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by hsoeroso »

om mau tanya dong, ada yang ikutin ini gak, kayaknya HMI Depok Cimanggis ya, apa sebaiknya jangan ambil di HMI, atau apa2 aja yang harus diperhatikan kalau mau ambil baru...
saywhat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 16 Oct 2013, 00:53

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by saywhat »

Gulunggulung99 wrote: 13 Oct 2022, 07:05 2A062AD2-A380-4264-B407-53DD33C00AF8.jpeg :big_weee:
Om coba cek ke dealer hyundai deh klo emg dalam jangka panjang masih gitu, baca2 dinforum luar dan youtube degradation test ioniq 5 rata2 odo 40rb km pada degrade sekitar 0,5-2%, artinya klo asumsi 2% mestinya dalam odo 200rb aja baru sekitar turun 10%. Itupun test nya mereka 95% nge charge pake DCFC alias charger over 50kwh terus.

Klo om biasa ngecharge pake Level 2 kaya AC charging rumah 11kwh mestinya kecil bgt degradasi nya 0,001%.

Btw, ane juga baru angkat ioniq 5 signature standard range juga jadinbaru mulai research infonya
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by kendibocor »

saywhat wrote: 05 Oct 2023, 15:56
Gulunggulung99 wrote: 13 Oct 2022, 07:05 2A062AD2-A380-4264-B407-53DD33C00AF8.jpeg :big_weee:
Om coba cek ke dealer hyundai deh klo emg dalam jangka panjang masih gitu, baca2 dinforum luar dan youtube degradation test ioniq 5 rata2 odo 40rb km pada degrade sekitar 0,5-2%, artinya klo asumsi 2% mestinya dalam odo 200rb aja baru sekitar turun 10%. Itupun test nya mereka 95% nge charge pake DCFC alias charger over 50kwh terus.

Klo om biasa ngecharge pake Level 2 kaya AC charging rumah 11kwh mestinya kecil bgt degradasi nya 0,001%.

Btw, ane juga baru angkat ioniq 5 signature standard range juga jadinbaru mulai research infonya
Jgn lupa panas jahanam disini sama kemacetan yg ga kira2 om, itu sangat pengaruh ke life cycle batere.
Trus pengalaman di hp sih biarpun battery healthnya ditulis masih 80% tp kenyataannya frekuensi ngecharge bisa jd uda 2x lebih sering. Misalkan awal beli 1 hari 1x ngecharge, kalo battery health uda 80% kayanya 1 hari uda jd 2x ngecharge tuh.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Suryaputra »

saywhat wrote: 05 Oct 2023, 15:56
Gulunggulung99 wrote: 13 Oct 2022, 07:05 2A062AD2-A380-4264-B407-53DD33C00AF8.jpeg :big_weee:
Om coba cek ke dealer hyundai deh klo emg dalam jangka panjang masih gitu, baca2 dinforum luar dan youtube degradation test ioniq 5 rata2 odo 40rb km pada degrade sekitar 0,5-2%, artinya klo asumsi 2% mestinya dalam odo 200rb aja baru sekitar turun 10%. Itupun test nya mereka 95% nge charge pake DCFC alias charger over 50kwh terus.

Klo om biasa ngecharge pake Level 2 kaya AC charging rumah 11kwh mestinya kecil bgt degradasi nya 0,001%.

Btw, ane juga baru angkat ioniq 5 signature standard range juga jadinbaru mulai research infonya

Degradenya ini bukan exponential (konsisten) spt itu.

Tapi at some-time, untuk memperpanjang umur batre, degradenya dibuat kaya gini (dr algoritma softwarenya),

Image


jadi depends ke gaya nyetir, kondisi cooling batre, suhu sekitar, dan kemampuan cell batrenya sendiri, dsb.

https://batteryuniversity.com/article/b ... vehicle-ev
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
saywhat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 16 Oct 2013, 00:53

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by saywhat »

kendibocor wrote: 05 Oct 2023, 16:03
saywhat wrote: 05 Oct 2023, 15:56
Gulunggulung99 wrote: 13 Oct 2022, 07:05 2A062AD2-A380-4264-B407-53DD33C00AF8.jpeg :big_weee:
Om coba cek ke dealer hyundai deh klo emg dalam jangka panjang masih gitu, baca2 dinforum luar dan youtube degradation test ioniq 5 rata2 odo 40rb km pada degrade sekitar 0,5-2%, artinya klo asumsi 2% mestinya dalam odo 200rb aja baru sekitar turun 10%. Itupun test nya mereka 95% nge charge pake DCFC alias charger over 50kwh terus.

Klo om biasa ngecharge pake Level 2 kaya AC charging rumah 11kwh mestinya kecil bgt degradasi nya 0,001%.

Btw, ane juga baru angkat ioniq 5 signature standard range juga jadinbaru mulai research infonya
Jgn lupa panas jahanam disini sama kemacetan yg ga kira2 om, itu sangat pengaruh ke life cycle batere.
Trus pengalaman di hp sih biarpun battery healthnya ditulis masih 80% tp kenyataannya frekuensi ngecharge bisa jd uda 2x lebih sering. Misalkan awal beli 1 hari 1x ngecharge, kalo battery health uda 80% kayanya 1 hari uda jd 2x ngecharge tuh.
Betul om dan memang temperature dan gaya charging itu pengaruh sekali ke umur battery.
Suryaputra wrote: 05 Oct 2023, 16:04
Degradenya ini bukan exponential (konsisten) spt itu.

Tapi at some-time, untuk memperpanjang umur batre, degradenya dibuat kaya gini (dr algoritma softwarenya),

Image


jadi depends ke gaya nyetir, kondisi cooling batre, suhu sekitar, dan kemampuan cell batrenya sendiri, dsb.

https://batteryuniversity.com/article/b ... vehicle-ev
Thank you om untuk link nya, a very good read buat ane yg masih baru didunia EV dan baru tau ada semacam kaya grace capacity.
Kesimpulan simpel ane, diluar faktor suhu utk gaya charging baiknya jaga antara 30-80% tp sesekali dibikin 100% dan dipakai juga sampe low level discharge untuk ngurangin stress batre, resistance dan anode fade ya. Dan yang penting ga usah sering ngecharge ga perlu
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Post by Suryaputra »

saywhat wrote: 06 Oct 2023, 01:05
kendibocor wrote: 05 Oct 2023, 16:03
saywhat wrote: 05 Oct 2023, 15:56

Om coba cek ke dealer hyundai deh klo emg dalam jangka panjang masih gitu, baca2 dinforum luar dan youtube degradation test ioniq 5 rata2 odo 40rb km pada degrade sekitar 0,5-2%, artinya klo asumsi 2% mestinya dalam odo 200rb aja baru sekitar turun 10%. Itupun test nya mereka 95% nge charge pake DCFC alias charger over 50kwh terus.

Klo om biasa ngecharge pake Level 2 kaya AC charging rumah 11kwh mestinya kecil bgt degradasi nya 0,001%.

Btw, ane juga baru angkat ioniq 5 signature standard range juga jadinbaru mulai research infonya
Jgn lupa panas jahanam disini sama kemacetan yg ga kira2 om, itu sangat pengaruh ke life cycle batere.
Trus pengalaman di hp sih biarpun battery healthnya ditulis masih 80% tp kenyataannya frekuensi ngecharge bisa jd uda 2x lebih sering. Misalkan awal beli 1 hari 1x ngecharge, kalo battery health uda 80% kayanya 1 hari uda jd 2x ngecharge tuh.
Betul om dan memang temperature dan gaya charging itu pengaruh sekali ke umur battery.
Suryaputra wrote: 05 Oct 2023, 16:04
Degradenya ini bukan exponential (konsisten) spt itu.

Tapi at some-time, untuk memperpanjang umur batre, degradenya dibuat kaya gini (dr algoritma softwarenya),

Image


jadi depends ke gaya nyetir, kondisi cooling batre, suhu sekitar, dan kemampuan cell batrenya sendiri, dsb.

https://batteryuniversity.com/article/b ... vehicle-ev
Thank you om untuk link nya, a very good read buat ane yg masih baru didunia EV dan baru tau ada semacam kaya grace capacity.
Kesimpulan simpel ane, diluar faktor suhu utk gaya charging baiknya jaga antara 30-80% tp sesekali dibikin 100% dan dipakai juga sampe low level discharge untuk ngurangin stress batre, resistance dan anode fade ya. Dan yang penting ga usah sering ngecharge ga perlu
iya prinsip kerjanya sama seperti batre lithium di gadget.

gadget jg ada software untuk enable grace capacity <80%
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post