Page 3 of 9

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sat Apr 09, 2022 14:38
by marzoochi
Peraturan ganjil genap bebas untuk mobil BEV, tinggal menunggu waktu, semakin banyak populasi BEV, bisa jadi BEV juga harus ikut peraturan ganjil genap.
Namanya juga peraturan…

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sat Apr 09, 2022 19:04
by darrelund
klo saya sih 1 hal aja

klo charging station sudah ada di tiap rest area jalan tol (terutama transjawa), mungkin saya akan consider utk pakai moblis

karena klo buat saya charging station dalam kota mah ga terlalu perlu lah, range juga udah pada 300km+ jadi bisa charge dirumah

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sat Apr 09, 2022 19:05
by darrelund
grimjow wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 9:43
ddyta27 wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 9:04
kendibocor wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 7:25 Bini uda ngebet beli EV/hybrid dari tahun lalu karena mau ngirit biaya bbm (bukan karena termasuk kaum environmentalist), tapi begitu tau harga baterenya yg luar biasa kalau harus ganti di usia 5-7 tahun ya mundur teratur. Yg tadinya mau ngirit bisa2 sebenernya malah nombok biaya ganti batere vs maintenance+bbm mobil konvensional. Kayanya EV/hybrid saat ini lebih ke buat kaum atas yg pgn nyoba2 aja. Selama harga baterenya ga bisa ditekan ya susah menggantikan mbl konvensional setidaknya di indo.
sama persis om..

karena saya masih ragu jadi sementara saya bakal coba beli wuling EV (kalo jadi dijual πŸ˜…)

mudah mudahan harganya masih masuk akal..

untuk charging station di rumah, saya udah ada gambaran, sama persis om fitra, bikin sambungan baru khusus untuk charge EV, dengan daya sekitar 7000watt, kalkulasi dari PLN sekitar 7jutaan pasang baru..

Kalau pasang charging station 7000 watt apakah berarti rumah nya juga perlu minimal daya 7000 watt, Om?
Atau bisa lebih kecil tapi ngisi ke station nya itu akan jadi lebih lama?
7000 watt utk charge EV doang oom, belom dihitung utk appliance lainnya

klo ga sampe 7000 ya berarti pake mobile charger oom

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sat Apr 09, 2022 23:39
by grimjow
Bos CTO Mercedez bilang masih susah buat mobil listrik yang murah.
Karena kendala komponen baterei yang mahal, sulit nya merakit dalam skala besar, dll.
Dalam beberapa tahun malah bisa jadi mobil listrik akan makin mahal.
Jadi jangan2 ntar harga bekas Ioniq malah lebih tinggi dari harga baru saat ini.
Jadi the next Yaris GR or Jimmy
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

https://www.roadandtrack.com/news/a3962 ... e-cheaper/

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sat Apr 09, 2022 23:43
by vanosz
Salvanost wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 16:08 58kwh = 384km
58 kwh x 1450 = 84.100 rupiah
384 / 8 = 48 liter x 12.500 = 600.000

Hemat 86%

Kalau sebulan jalan 1500km
Kena 2.343.000 kalau pake listrik kena 328.125

Hemat 2.015.000/bulan
Hemat 24.180.000 pertahun
Hemat 241.800.000 per 10 tahun.

Pas lah tar 10 tahun kemudian ganti batre 1x...
Berdoa aja batre pengganti ga diatas 250 juta...
:big_biglaugh: .


mhanthaph jiwa raga,

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sat Apr 09, 2022 23:47
by lemonadelovers
marzoochi wrote: ↑Sat Apr 09, 2022 14:38 Peraturan ganjil genap bebas untuk mobil BEV, tinggal menunggu waktu, semakin banyak populasi BEV, bisa jadi BEV juga harus ikut peraturan ganjil genap.
Namanya juga peraturan…
Kecil kemungkinan mobil ev kena gage krna pertimbangan aturan tsb salah satunya terkait polusi udara

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 0:20
by vanosz
KielConstantine wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 15:02
Bibieight wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 5:45 Kemarin ke IIMS, yang signifikan rame selain grup Astra cuma Ioniq 5 doang. Meskipun belum buka harga resmi, salesnya sudah punya pegangan harga, belum dirilis karena masih dikalkulasi ulang gara2 PPN naik 1 %. Untuk versi Prime std. range IDR 688 Mio, long-range IDR 729 mio. Terus untuk versi Signature std. range IDR 749 mio, long range IDR 799 mio. Kata si sales SPK dah buka 600 unit (ndak tau bener ndak tau enggak).

Nah, bahan diskusinya : Signature ditambahin all electric power seat, sliding console ,sunroof, sama fitur safety penting seperti stop go adaptive cruise control dan forward collision assist. Kira2 mending mana ya, antara Prime long range vs Signature standard range ?. Mestinya masalah range ini cuma kepakai kalau mau luar kota saja kan ya ?.


Cerita sampingan, untuk harga, cek di website A2K, ternyata Fortie 2x4 bandrol resminya sudah 608 mio yak ?... fitur2 safety sama dengan Prime std range tuh.... itung2an kasar dalam waktu 80.000an km dah ketutup selisih harga pertadex (IDR 13.700/l) vs setrum (IDR 1450/kwh), belum lagi STNK cuma sejuta setaun terus ndak perlu ganti oli per 10k km.
Kayaknya si om udah fix mau coba pelihara EV ya. Yaudah maju aja om cobain drpd penasaran .

Tenaganya sableng nih si ioniq 5 .

STNK sejuta setahun mantep jg tuh

Ambil type signature ok sih , klo cuman buat dalem kota ambil yg standart range . Luar kota baru deh long range

Tungguin aja , biasanya gerombolan youtuber otomotif ga lama jg bakal roadtrip di bayarin sama si hyundai pake nih mobil :big_grin:
kynya agans kiel juga tertarik mau coba pelihara EV ya,

sampe tau type dan stnknya,

ya udah duet ngassss,pake pollls,


kalo biasa kata agans agans di sini klo sudah beli,

jangan lupa reviw,


:ngacir:

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 0:32
by vanosz
KielConstantine wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 16:18
Salvanost wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 16:08 58 kwh x 1450 = 84.100 rupiah
Jadi yang bisa ngalahin 5150 ya 1450 ini

Kontender terbaru 5150 vs 1450 :wkkk:

:big_think:


klo bosan trs mau jual mobil 1450 gimana gans,


jadi slogan orang pintar skrg yang mobilnya 1450 dong gans,

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 0:37
by vanosz
kendibocor wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 16:22
Salvanost wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 16:08 58kwh = 384km
58 kwh x 1450 = 84.100 rupiah
384 / 8 = 48 liter x 12.500 = 600.000

Hemat 86%

Kalau sebulan jalan 1500km
Kena 2.343.000 kalau pake listrik kena 328.125

Hemat 2.015.000/bulan
Hemat 24.180.000 pertahun
Hemat 241.800.000 per 10 tahun.

Pas lah tar 10 tahun kemudian ganti batre 1x...
Berdoa aja batre pengganti ga diatas 250 juta...
10 tahun kemudian harga mblnya jangan2 ga sampe 250jt om, ganti batere senilai mobilnya saat itu atau bahkan lebih rendah :upss:
jadi setelah 10 tahun mobilnya gak sampe 250 juta ya gans,

atau blm 5 taun mungkin gak sampe 250 juta x gans,

seandainya mobil gak sampe 250 juta trs ganti batere lebih mahal dr mobilnya mnrt agans berdua gimana,

:big_think:

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 1:35
by ilhami
tarif di SPKLU 2466 / kwh

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 1:52
by kendibocor
vanosz wrote: ↑Sun Apr 10, 2022 0:37
kendibocor wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 16:22
Salvanost wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 16:08 58kwh = 384km
58 kwh x 1450 = 84.100 rupiah
384 / 8 = 48 liter x 12.500 = 600.000

Hemat 86%

Kalau sebulan jalan 1500km
Kena 2.343.000 kalau pake listrik kena 328.125

Hemat 2.015.000/bulan
Hemat 24.180.000 pertahun
Hemat 241.800.000 per 10 tahun.

Pas lah tar 10 tahun kemudian ganti batre 1x...
Berdoa aja batre pengganti ga diatas 250 juta...
10 tahun kemudian harga mblnya jangan2 ga sampe 250jt om, ganti batere senilai mobilnya saat itu atau bahkan lebih rendah :upss:
jadi setelah 10 tahun mobilnya gak sampe 250 juta ya gans,

atau blm 5 taun mungkin gak sampe 250 juta x gans,

seandainya mobil gak sampe 250 juta trs ganti batere lebih mahal dr mobilnya mnrt agans berdua gimana,

:big_think:
Menurut ane mending 2gd apa sekarang 1gd ganz. Beli 500 jt, 5 tahun pake rugi cuma 100-150jt :big_grin:

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 2:17
by lemonadelovers
Ga selamanya 5150 akan bebas utk mobil pribadi. Diesel skg aja ud disetting euro4. Tinggal tunggu kebijakan gov't aja terkait pembatasannya :big_peace:

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 5:50
by ilhami
Rasanya belum pernah bbm subsidi dilarang untuk pribadi walaupun mobil mewah. Solar pembatasannya hanya untuk truk batubara dan industri sawit. Kalau pertalite pembatasannya hanya tidak boleh beli pakai jeriken.

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 6:21
by b0ku
ilhami wrote: ↑Sun Apr 10, 2022 5:50 Rasanya belum pernah bbm subsidi dilarang untuk pribadi walaupun mobil mewah. Solar pembatasannya hanya untuk truk batubara dan industri sawit. Kalau pertalite pembatasannya hanya tidak boleh beli pakai jeriken.
dari dulu aturannya sama kok bbm subsidi gak boleh beli pake jerigen dan dipakai untuk industri, kenapa saya ngerti karena dulu bos saya suka nyetok bensin di rumahnya karena dia males isi di pom selalu beli shell dan itupun jerigennya harus besi kalo menurut aturan kalo jerigen plastik gak boleh dipake buat belin bensin :mky_03:

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 6:51
by Profith83
Salvanost wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 16:08 58kwh = 384km
58 kwh x 1450 = 84.100 rupiah
384 / 8 = 48 liter x 12.500 = 600.000

Hemat 86%

Kalau sebulan jalan 1500km
Kena 2.343.000 kalau pake listrik kena 328.125

Hemat 2.015.000/bulan
Hemat 24.180.000 pertahun
Hemat 241.800.000 per 10 tahun.

Pas lah tar 10 tahun kemudian ganti batre 1x...
Berdoa aja batre pengganti ga diatas 250 juta...
58kwh = 384km
58 kwh x 1700 = 98.600 rupiah
384 / 12 = 32 liter x 5.150 = 164.800

Hemat 40%%

Kalau sebulan jalan 1000km
Kena 429.200 kalau pake listrik kena 256.770

Hemat 172.430/bulan
Hemat 2.069.150 pertahun
Hemat 20.691.500 per 10 tahun.


oli mesin mobil 1.6 jt per tahun
oli transmisi 500 rb per tahun
oli power steering dan gardan 300 rb per tahun
radiator dan oli rem 200rb per tahun

PLUS Total biaya oli per tahun 2.6 jt x 10 thn = 26 jt. Asumsi kalau pakai baterai perawatan oli dan cairan pendingin selama 10 thn cuma 6 jt. Alias ada tambahan biaya 20 jt

PLUS STNK 3.8 jt VS 1 jt. Alias hemat 2.8 jt per thn. 10 tahun maka 28jt

Hemat 20.691.500 per 10 tahun. + 20 jt oli dll + 28 jt STNK = hemat 68.691.500 per 10 tahun

Kalau baterai sekarang asumsi sudah produksi masal harga 100 jt
BEP 15 thn sekali ganti baterai.
TAPI yang ngeri perkabelannya apakah tahan sampai belasan tahun?

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 7:07
by grimjow
Faktor depresiasi /resale value tetap harus diperhitungkan juga.
Ga mungkin selamanya pakai mobil, anggap 10 tahun ganti.
Faktor ini yang mnurut saya justru akan jadi pembeda signifikan cost of ownership nya.
Dan untuk Mobil listrik karena pricing nya tinggi maka akan butuh uang lebih banyak di awal baik itu misal cash atau beli dengan kredit dibanding ice.

Mobil2 Ice apalagi Jepang yang favorit misal Innova , Avanza, dll akan nahan harganya atau turun nya ga bikin nyesek pas dijual.kalau Ioniq 5 mungkin bisa pakai patokan harga bekas Kona yang uda duluan muncul.

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 8:01
by mobilover
grimjow wrote: ↑Sun Apr 10, 2022 7:07 Faktor depresiasi /resale value tetap harus diperhitungkan juga.
Ga mungkin selamanya pakai mobil, anggap 10 tahun ganti.
Faktor ini yang mnurut saya justru akan jadi pembeda signifikan cost of ownership nya.
Dan untuk Mobil listrik karena pricing nya tinggi maka akan butuh uang lebih banyak di awal baik itu misal cash atau beli dengan kredit dibanding ice.

Mobil2 Ice apalagi Jepang yang favorit misal Innova , Avanza, dll akan nahan harganya atau turun nya ga bikin nyesek pas dijual.kalau Ioniq 5 mungkin bisa pakai patokan harga bekas Kona yang uda duluan muncul.
Nah resale value ini yg bener2 masih abu2. Banyak yg pesimis harga second bakal drop karena faktor umur baterai. Tapi karena pasarnya belum kebentuk, jadi semua masih spekulasi. Kuncinya sih ada di kebijakan pemerintah. Kalau pakai EV banyak untungnya, otomatis bakal banyak yg mau nyoba dan pasar secondnya juga bisa berkembang. Free masuk toll atau free parking di tempat tertentu bisa jadi kebijakan yg menarik haha

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 8:31
by teppey
Kona 2021 ada yg jual tuh 600jt

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 9:14
by grimjow
teppey wrote: ↑Sun Apr 10, 2022 8:31 Kona 2021 ada yg jual tuh 600jt
Lumayan juga turun nya.
Launch awal 674 juta.
Kalau 2021 ada yang jual 600 juta berarti turun 70 juta setahun. Lebih dari 10% depresiasi tahun pertama

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 11:06
by forzanetti
teppey wrote:Kona 2021 ada yg jual tuh 600jt
Temen saya ada yg jual juga, dia mau ganti ioniq 5. Bukanya 620. Rada gelap sih ya pasarannya.

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 11:36
by ctopher7
ilhami wrote:Rasanya belum pernah bbm subsidi dilarang untuk pribadi walaupun mobil mewah. Solar pembatasannya hanya untuk truk batubara dan industri sawit. Kalau pertalite pembatasannya hanya tidak boleh beli pakai jeriken.
bener sih ini om. saran saya yang uda ada diesel sebelom euro 4 di keep dulu dan dipake dulu aja. saya isi bio solar barusan juga masih dapet kok dan ga ngantri sama skali (ini di daerah jakbar ya)

gatau sampe kapan keadaan bakal begini. kalo secara logika mungkin aja bisa makin buruk(makin langka solar goceng) tapi ya selama masih dapet dinikmatin aja

kalo yang mau beli suv ladder frame uda euro 4, pikir dua kali deh. dengan harga segini, jauh banyak suv monokok bensin yang lebih enak (daripada pajero / fortuner, enakan juga cx5 baru tuh. harga mirip mirip)

saya tahun lalu beli anf karna beneran alesannya pengen suv yang bisa isi solar goceng dan looks nya oke aja. ya tarikan enak itu plus poin lah, tapi jujur ini mobil di pantat berasa kaga gimana nyaman. kalo uda gaada solar goceng, males sih pake mobil diesel lagi rasanya, apalagi ladder frame padahal kaga perna dipake offroad juga (ya walaupun kita tau lah jalanan jabodetabek banyak yang semi offroad). maintenance jg lebih murah dan gampang mobil bensin ya rasanya.

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 11:57
by vanosz
kendibocor wrote: ↑Sun Apr 10, 2022 1:52
vanosz wrote: ↑Sun Apr 10, 2022 0:37
kendibocor wrote: ↑Thu Apr 07, 2022 16:22

10 tahun kemudian harga mblnya jangan2 ga sampe 250jt om, ganti batere senilai mobilnya saat itu atau bahkan lebih rendah :upss:
jadi setelah 10 tahun mobilnya gak sampe 250 juta ya gans,

atau blm 5 taun mungkin gak sampe 250 juta x gans,

seandainya mobil gak sampe 250 juta trs ganti batere lebih mahal dr mobilnya mnrt agans berdua gimana,

:big_think:
Menurut ane mending 2gd apa sekarang 1gd ganz. Beli 500 jt, 5 tahun pake rugi cuma 100-150jt :big_grin:
wah luar biasa gans,5 taun pake turun 150 jt,

ane sih was was susah jual aja gans,pernah pengalaman jual mobil kagak ada yg tawar 1 pasar mobil gans,pdhl rawatan hartono raya motoor bodi mulus luar dalam,gak ada tabrakan,

kapok ane gans,amsiong bgt,pusing ane gans,nanti jd kerjaan kluar masuk bengkel ky agans shir repair plisur,

ane kan orangnya selalu mau eksis gonta ganti mobil walo kelas angkot,


btw,

agan sekiranya gak mau cobain nih ev,

ane sih nonton aja gans,

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 12:00
by kunaskun
yaseinotulip wrote: ↑Fri Apr 08, 2022 17:17 Wuling sm BYD masuk top 10 world most selling electric car loh, malah korea ga ada..
karena "baru" masuk sekarang, dah gitu China mainland dengan manusia segitu banyak, ya terang aja best seller terus makanya VW group bisa tetep laris :big_biglaugh:
Kok mnrt gw technology batere itu harus nya gampang di tiru ya.. ga spesial kaya bikin transmisi, atau engine..
kalau gampang, kenapa Apple ga bikin pabrik batere sendiri.
bukan masalah teknologi, tapi volume produksi.
Klo bicara HP oneplus 6 gw umur 4 th malah batere masi lebih awet dr samsung s10 gw yg baru 2.5 th, jd umur batere ga cuma dari kualitas batere yg lain2 nya itu yg penting..

Ya tentu klo beli mobil mahal ganti spare part yg penting tetep belinya yg OEM ya haha
ya ga apple to apple, bandingin batere hape dengan mobil. satu cell vs ribuan cell.
bang Jerryrig aja ngaku butuh setahun buat rakit Humvee Elektrik dia. di video mah cuma berapa biji, aslinya ratusan jam kerja. padahal komponennya dikit banget, cuma batere + motor + kontroller

ChZ wrote: ↑Sat Apr 09, 2022 8:04 nah bayangin mobil ICE sekarang yang ilang traksi dikit aja ngambek, gak kebayang EV itu safety restrictionnya macem apa. jangan2 batrenya kepanasan dikit langsung cutoff power biar aman.

setidaknya mobil ICE tinggal override sensor atau fuse aja masih bisa dijalanin paksa. mobil radiator bocor aja bisa dijalanin pelan pelan ampe bengkel dengan selamat sambil diisi aer terus menerus :big_biglaugh:

lah yang mogok ga bisa di starter sama sekali klo manual aja tinggal di gelundungin di gigi 3 langsung bisa idup :mky_03:
kalau mikirnya gini, jadi sama kaya jaman kijang kapsul EFI pertama keluar, heboh ga bisa disetel2, kalau fuel pump mati repot ga bisa pake rotax, perawatan susah karena pake sensor, dan loncat 20 tahun kemudian innova EV.

EV inevitable, seperti biasanya tinggal masalah waktu saja

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 12:15
by kendibocor
vanosz wrote: ↑Sun Apr 10, 2022 11:57
wah luar biasa gans,5 taun pake turun 150 jt,

ane sih was was susah jual aja gans,pernah pengalaman jual mobil kagak ada yg tawar 1 pasar mobil gans,pdhl rawatan hartono raya motoor bodi mulus luar dalam,gak ada tabrakan,

kapok ane gans,amsiong bgt,pusing ane gans,nanti jd kerjaan kluar masuk bengkel ky agans shir repair plisur,

ane kan orangnya selalu mau eksis gonta ganti mobil walo kelas angkot,


btw,

agan sekiranya gak mau cobain nih ev,

ane sih nonton aja gans,
Emang GD family luar biasa ganz. Tenaga gede, minuman murah, jual harganya tinggi minta ampun. Makanya banyak yg nyinyir ganz :big_grin:

Nanti dlu ganz EVnya, blm ada rejeki lebih nih. Kalo punya duit 900jt nganggur daripada beli EV mending ane beli 235i 2nd ganz. Mobil ganteng impian ane. Ane bukan golongan manusia hijau ganz, masih demen nyium bau bensin di pom bensin.
dirumah jg masi ada GD jg ganz. tunggu GD ambruk dlu aja, tp gatau kapan. Ini aja uda bosen mau dijual tp ga ada alesan ngejual ganz. Masih awet2 aja uda 5 tahun diisi solar busuk jg :ngacir:

Re: Tentang Hyundai Ioniq 5

Posted: Sun Apr 10, 2022 12:16
by grimjow
kunaskun wrote: ↑Sun Apr 10, 2022 12:00
EV inevitable, seperti biasanya tinggal masalah waktu saja


Mobil apa nanti jadi iron man nya
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: