Page 2 of 3

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Sun Apr 17, 2022 3:11
by Jose
Mercer29 wrote: Fri Apr 15, 2022 16:02 Pernah coba mobil ini, memang tarikannya sih buas banget bikin nagih, transmisi nya smoothness nya sampai rada imperceptible dan menurut yang punya lebih asik bawa ini daripada CR-V RW 1.5, ya orangnya ga suka CVT sih. Mesin nya juga katanya "hawa panas banget" macem L15B7 sama PY-VPS Mazda.

Ngomong" bukannya rubah dimensi velg tetep ngga merubah sudut belok roda karena udah bawaannya dari pabrik "stopper" nya mentok di sudut belok sesuai velg bawaan yah?
iyes om, karakter powerband trax lebih rev-happy

masalah radius putar bisa cek specsheet di web chevy amerika, keliatan beda turning radius di trim yang menggunakan velg 16" & 18". Sudah dibuktikan juga di grup komunitas, ada yang punya trim LT dan radius putarnya lebih baik

ChZ wrote: Sat Apr 16, 2022 2:50 wah akhirnya si merah di review :upss: :big_grin:

baru tau ternyata punya issue di radius putar yah kayak sienta/yaris dan solusinya juga sama persis : ganti velg seukuran lower trimnya :big_biglaugh:

dulu sempat coba yang non-facelift cuma muter mall. emang bener sih duduknya tinggi banget. cuma untuk level performa segitu 0-100 sekitar 8.9 detik (saat itu terdekat mazda CX-3 2.0 yang harganya jg 100jt lebih mahal) jadi menggiurkan banget harganya di kisaran 300 juta-an. mesinnya jg nggak se-shouty L15B7/L15BE di civic/CRV tapi juga gak keabisan nafas macem seltos hahahahaha.

ditunggu nanti kopdaran abis lebaran :upss:
karakter mesinnya sama2 rev-happy seperti 1.5 turbonya honda, cuma putaran atasnya masih enak Honda. Sayangnya di honda sensasi motor matic-nya itu loh :upss:

beli HRV RS turbo Crist, biar bisa bandingin pas kopdar ahahaha :upss:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Sun Apr 17, 2022 3:43
by Jose
peterming77 wrote: Sat Apr 16, 2022 3:07 Pilihan yang tepat Bro, saya juga mantan pengguna Chevy Trax LTZ FL 2017, baru aja dijual Feb lalu trus ganti CX3. Kenapa dijual? Pengin ganti suasana aja, secara mesin dan lain2 nga ada masalah sama sekali, udah jalan hampir 60rb km dari 2017 (mobil harian lah ya maklum). Peredaman kabin sangat bagus, saya sampe 2-3x lupa matiin mesin waktu keluar mobil saking silent-nya mesin dalam kondisi idle, cuma memang road noise dari ban aja yg masuk kalo kecepatan tinggi.

Tenaganya juga ok banget, apalagi kalau di jalan tol ngangkat dari 80 ke 100-120 enteng, ga pake maksa.

Dari sisi fitur memang dirasa kurang kalau jaman skrg, tapi dibanding sekelasnya di 2017 jelas sudah termasuk sangat ok. Android Auto & Apple CarPlay sudah include, cruise control standard juga sudah ada, TPMS ada, sunroof (bisa dibuka) ada. Pokoknya di harga 300jt waktu posisi baru di 2017 kondisi mobil ini sangat ok sekali.

Overall saya sangat puas pake Chevy Trax FL selama 4.5 tahun.
CX3 yang 2.0 itu enak bgt bro, mesin 2.0 nya Mazda 3 dijejelin di small crossover, bener2 overpower. Performanya lebih enak dari Mazda 3 & CX-30
Calon hidden gem juga tuh, seperti yang sy tulis di background, saya suka bgt mobil ini, sayangnya karena saya sering jalan berempat sama keluarga keluar kota, row 2 & ruang bagasi di CX-3 bikin saya mundur teratur, plus harganya masih nahan bgt di sekitaran 300 jutaan

kunaskun wrote: Sat Apr 16, 2022 7:55 real hidden gems. inilah kenapa SM macem perpustakaan mobil Indo. segala mobil ajaib nongol disini. lengkap dengan know how ga cuma modal kan udah nonton youtube university jurusan lokal konten dan google university s2 jurusan kuota tengah malem macem netijen mendang mending yg ga kan beli tapi paling berisik yang kalau liat ini review komennya ga jauh dari: service apaan tuh, merek amrik, masuk beres mobil "inggris kw buatan tiongkok" :big_biglaugh: :big_peace:

harga spare part segitu, ga perlu ketemu beres Chevy yang ketika zaman jaya sempat beredar kabar miring soal mekanik yang bisa maen mata dengan konsumen atau masih kadal2in konsumen :upss: malah jadi beres MG yg baru seems a real good deal if not perfect :mky_03:

dulu waktu 2017 kalau tidak salah, sempet cobain ini mobil di salah satu mall tangerang, keliling jalan seputaran mall tsb yg untungnya lumayanlah ada belok2 lurus2. waktu itu yg paling saya rasain: mekanikal banget, mungkin karena powertrain are very new and 1st gen. stop n go sedikit jerky akibat piano pedal responnya agak aneh karena injek 1/3 baru jalan tapi ga lama langsung kejambak, injek lagi turbo spool ngejambak lagi, bawannya kaya pocket rocket :big_biglaugh: yang paling ngeri waktu itu entah kenapa respon rem malah kaya mobil murah, cenderung "males" gigit jadi mesti ada sedikit effort buat ngerem (bukan ga pakem). dan bantingannya keras banget, pikir saya waktu itu: bantingan mobil USA emang gini atau akibat ban tipis di velg besar, tapi dari review diatas sepertinya karena tekanan angin ban ya.

oh, driving position juga setelah disetel2 bisa enak, steer rendah, dashboard rendah, atap tinggi, tapi jok rendah bikin kaya naik SUV Ladder frame tapi versi mini :big_biglaugh:

tahun lalu juga sempet kepikiran cari bekasnya, karena disini sempat ada yang bahas ya, dan pasarannya under valued banget mungkin karena banyak yg ga tau kalau service pindah ke merek MG dan seperti biasanya mendewakan part kw di kemayoran yg pastinya ga ada :big_biglaugh:
Nah, gaya bahasan SM yang super detail & analytic-bases memang meng-encourage saya untuk explore mobil-mobil non mainstream. Tahun 2017 saya yang gak pernah piara mobil bekas mulai coba riset & analisa mendalam tentang apakah ada mobil enak, kenceng, nyaman, kaya fitur tapi maintenance mudah dan ramah kantong. Ternyata ada, yaitu Toyota Camry 3.5Q, saya belilah mobil tersebut, saya pake setiap hari & buktikan ternyata memang benar. Kencang, nyaman, kaya fitur tapi perawatan masih affordable. Hal tersebut saya tuangkan dalam review di SM : viewtopic.php?t=26824

Apa yang terjadi setelah itu yang bikin saya amaze. Ternyata banyak yang tertarik dan beli Camry 3.5Q setelah baca review saya tsb, bahkan beberapa yang beli adalah orang non-member SM. Saya tau hal ini dari banyaknya member baru di komunitas Indonesian Camry Owners (ICON) yang beli Camry 3.5Q karena baca thread tersebut, padahal mereka bukan warga SM. Camry 3.5Q saat itu memang hidden gem

Sekarang karena reveiw saya mungkin sudah dibaca pedagang, dan permintaan Camry 3.5Q semakin banyak, Harga Camry 3.5Q jadi lebih nahan dibanding versi 2.4 yang saat ini makin jatuh terpuruk

Itulah pengaruh hebatnya SM dan para membernya bagi dunia otomotif :big_exellent:

--------------------
utk urusan driving, memang trax karakternya lebih kearah european cars, mulai dari tuas turning signal disebelah kiri, rem yang gigitnya gradual seiring injakan pedal, dan kualitas ride yang firm tapi damping empuk khas european cars.

Dan yang paling menggembirakan adalah, kita servis di bengkel resmi, dengan spare parts resmi tapi seharga parts aftermarket :big_love:
IMG_7320 Large.jpeg

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Sun Apr 17, 2022 4:03
by Jose
vincewonk wrote: Sat Apr 16, 2022 17:01 saya mantan pemakai trax juga dulu di korea. Pre facelift tapi diesel hehehe. 2015 ke 2016. saya beli second harganya murah. dan ternyata kenapa murah ada issue di transmisi. mobilnya super enak buat jalan jauh dan memang corneringnya bagus. saya malah seneng feel kaku mobil ini ya. mungkin di indonesia orang senang sasis mobil kayak karet celana kolor :big_biglaugh:

kenapa pakai cuma setahun? transmisinya ada issue oil leakage. jadi saya out deh. udah recall 2x dan ga beres2. jadilah Trax ini mobil yg ga laku di korea dan jauh lebih laku di export. dan ini bikin image suv chevrolet di korea hancur. karena captiva diesel jg ada issue sama sebelumnya. dan orang korea ga suka suv bensin.

btw, di korea dari sejak saya tinggal disana tahun 2013, memang bensin cuma ada oktan 98 dan 100. dan mereka udah lama pakai mesin GDI. skrg bensin diesel disana mahal hampir 3x lipat pert turbo. semakin kencang penjualan mobil listriknya hahaha
oh di korea common issuenya transmisi ya, untungnya unit yang ada di indo gak ada keluhan di transmisi. Keluhannya justru di cooling system
FR6 wrote: Sat Apr 16, 2022 23:42 Nice review Om!
Saya termasuk orang yg suka nyari “hidden gem” car seperti Oom juga.
Dulu hg hampir ambil Aveo, cuma mundur perlahan gara2 balon nya cuma 1 & gak ada audio di setir.
Padahal posisi duduk enak bgt, stance keren (lebar & rendah) gak kaya kebanyakan mobil Jejepangan sekelas yg kurang lebar.
Nyari Hidden Gem itu memang seru bro. Camry 3.5Q adalah pure hidden gem sebelum tahun 2017. Bayangin mobil seharga 140-180 jt udah punya power setara sportscar, fitur lengkap, nyaman & maintenance tidak sehorror european cars. Setelah review ini: viewtopic.php?t=26824. , langsung banyak yang nyari mobil ini, dan saat ini harganya cukup bertahan dibanding versi 2.4

Menurut saya, satu elemen krusial yang menjadi syarat mobil Hidden Gem adalah "Maintenance costs", yang harus terbukti mudah dan affordable.
BMW E60 530i kurang apa coba, kencang, canggih, mewah, gengsi mobil eropah plus harga mobilnya murah. Tapi kenapa polulasinya punah & banyak yang mangkrak atau jadi penghuni junkyard ? karena maintenance cost tidak masuk akal yang bahkan bisa seharga mobilnya. Yang bagi pembelinya bukan jadi Hidden Gem, tapi Hidden Trap :D

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 1:03
by peterming77
Jose wrote: Sun Apr 17, 2022 3:43
peterming77 wrote: Sat Apr 16, 2022 3:07 Pilihan yang tepat Bro, saya juga mantan pengguna Chevy Trax LTZ FL 2017, baru aja dijual Feb lalu trus ganti CX3. Kenapa dijual? Pengin ganti suasana aja, secara mesin dan lain2 nga ada masalah sama sekali, udah jalan hampir 60rb km dari 2017 (mobil harian lah ya maklum). Peredaman kabin sangat bagus, saya sampe 2-3x lupa matiin mesin waktu keluar mobil saking silent-nya mesin dalam kondisi idle, cuma memang road noise dari ban aja yg masuk kalo kecepatan tinggi.

Tenaganya juga ok banget, apalagi kalau di jalan tol ngangkat dari 80 ke 100-120 enteng, ga pake maksa.

Dari sisi fitur memang dirasa kurang kalau jaman skrg, tapi dibanding sekelasnya di 2017 jelas sudah termasuk sangat ok. Android Auto & Apple CarPlay sudah include, cruise control standard juga sudah ada, TPMS ada, sunroof (bisa dibuka) ada. Pokoknya di harga 300jt waktu posisi baru di 2017 kondisi mobil ini sangat ok sekali.

Overall saya sangat puas pake Chevy Trax FL selama 4.5 tahun.
CX3 yang 2.0 itu enak bgt bro, mesin 2.0 nya Mazda 3 dijejelin di small crossover, bener2 overpower. Performanya lebih enak dari Mazda 3 & CX-30
Calon hidden gem juga tuh, seperti yang sy tulis di background, saya suka bgt mobil ini, sayangnya karena saya sering jalan berempat sama keluarga keluar kota, row 2 & ruang bagasi di CX-3 bikin saya mundur teratur, plus harganya masih nahan bgt di sekitaran 300 jutaan
Saya ambil yg CX3 1.5 Bro, hehehe... belum pernah TD yg 2.0 tapi pasti ngasepin itu mobil, yg 1.5 aja dibawa di tol 150km tembus masih longgar buat dibejek, yg bisa nyalip cuma duo ladderframe + 1 Raize nekat (bukan saya yg coba hahahah). Kalo 2nd row sama bagasi sih no komen, bagasi seharusnya masih kondisi ok, 2nd row aja yg kasihan kalau diisi ber-3.

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 1:46
by KielConstantine
Jose wrote: Sun Apr 17, 2022 4:03 Menurut saya, satu elemen krusial yang menjadi syarat mobil Hidden Gem adalah "Maintenance costs", yang harus terbukti mudah dan affordable.
BMW E60 530i kurang apa coba, kencang, canggih, mewah, gengsi mobil eropah plus harga mobilnya murah. Tapi kenapa polulasinya punah & banyak yang mangkrak atau jadi penghuni junkyard ? karena maintenance cost tidak masuk akal yang bahkan bisa seharga mobilnya. Yang bagi pembelinya bukan jadi Hidden Gem, tapi Hidden Trap :D
Setuju neh sama si om jose

Eropa bekas banyak yg ud pada anjlok + looks a like hidden gem .. tapi ternyata jeng jeng jeng :big_weee:

Golf GTI Mk5 , kurang menarik apa coba .. 200 jt kecil ud bisa dapet hothatch turbo 2.0L & dual clutch. Mobil2 mainstream kluaran skarang include duo ladder yg nyentuh price 600jt pasti gampang banget diasepin . Cuman maentenance costnya aja jadi pertanyaan wkwkw

Btw trax rencana mau diapain nih om? Apa ud di remap ? Ane nunggu video di YouTube deh tarik2an pake trax :big_biglaugh:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 2:05
by satriakarisma
wah mantab mainan baru om Ugal eh om Jose.
Kapan naik channel nih video si merah?

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 2:48
by ChZ
Jose wrote: Sun Apr 17, 2022 3:11
karakter mesinnya sama2 rev-happy seperti 1.5 turbonya honda, cuma putaran atasnya masih enak Honda. Sayangnya di honda sensasi motor matic-nya itu loh :upss:

beli HRV RS turbo Crist, biar bisa bandingin pas kopdar ahahaha :upss:
wkwkwkwk abis ngerasain IVT nya kia hyungdae, ane makin berasa CVT honda masih ada rasa motor metiknya.

padahal mah udah paling oke dari semua CVT malah dibanding several gear AT lebih oke :upss:

HRV RS turbo blom tega keluar duitnya :ungg: ntar gw paling bawa CRV apa civic :big_biglaugh:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 2:54
by ChZ
KielConstantine wrote: Mon Apr 18, 2022 1:46
Setuju neh sama si om jose

Eropa bekas banyak yg ud pada anjlok + looks a like hidden gem .. tapi ternyata jeng jeng jeng :big_weee:

Golf GTI Mk5 , kurang menarik apa coba .. 200 jt kecil ud bisa dapet hothatch turbo 2.0L & dual clutch. Mobil2 mainstream kluaran skarang include duo ladder yg nyentuh price 600jt pasti gampang banget diasepin . Cuman maentenance costnya aja jadi pertanyaan wkwkw

Btw trax rencana mau diapain nih om? Apa ud di remap ? Ane nunggu video di YouTube deh tarik2an pake trax :big_biglaugh:
VW tuh benernya aman mbah... apalagi yang wet DSG. cuma yang suka tiba tiba ngambek sensor sensor dengan harga jutaan :upss: rakjat jerman kaya kaya mobil daily nya beginian.

ngomongin remap trax (dan beberapa enjin produk GM) ntah kenapa result nya gak bisa se fantastis japs atau europ hahahaha.

trax ga bisa di remap lebih dari 170 hp (mungkin problem cooling tadi ya), captiva diesel juga ngga bisa di remap segila GD / KD / 4N15.

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 11:36
by Jose
KielConstantine wrote: Mon Apr 18, 2022 1:46
Jose wrote: Sun Apr 17, 2022 4:03 Menurut saya, satu elemen krusial yang menjadi syarat mobil Hidden Gem adalah "Maintenance costs", yang harus terbukti mudah dan affordable.
BMW E60 530i kurang apa coba, kencang, canggih, mewah, gengsi mobil eropah plus harga mobilnya murah. Tapi kenapa polulasinya punah & banyak yang mangkrak atau jadi penghuni junkyard ? karena maintenance cost tidak masuk akal yang bahkan bisa seharga mobilnya. Yang bagi pembelinya bukan jadi Hidden Gem, tapi Hidden Trap :D
Setuju neh sama si om jose

Eropa bekas banyak yg ud pada anjlok + looks a like hidden gem .. tapi ternyata jeng jeng jeng :big_weee:

Golf GTI Mk5 , kurang menarik apa coba .. 200 jt kecil ud bisa dapet hothatch turbo 2.0L & dual clutch. Mobil2 mainstream kluaran skarang include duo ladder yg nyentuh price 600jt pasti gampang banget diasepin . Cuman maentenance costnya aja jadi pertanyaan wkwkw

Btw trax rencana mau diapain nih om? Apa ud di remap ? Ane nunggu video di YouTube deh tarik2an pake trax :big_biglaugh:
tadinya mau remap, tapi karena ada beberapa temen SM yg setelah remap mesinnya bermasalah, jadi mikir2 :big_think:

klo pun jadi remap paling main aman aja. Pernah adu lari lawan new CX-5, bisa nampel sampe 180 km/h, diatas itu ketinggalan :ungg:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 11:47
by Jose
ChZ wrote: Mon Apr 18, 2022 2:48
Jose wrote: Sun Apr 17, 2022 3:11
karakter mesinnya sama2 rev-happy seperti 1.5 turbonya honda, cuma putaran atasnya masih enak Honda. Sayangnya di honda sensasi motor matic-nya itu loh :upss:

beli HRV RS turbo Crist, biar bisa bandingin pas kopdar ahahaha :upss:
wkwkwkwk abis ngerasain IVT nya kia hyungdae, ane makin berasa CVT honda masih ada rasa motor metiknya.

padahal mah udah paling oke dari semua CVT malah dibanding several gear AT lebih oke :upss:

HRV RS turbo blom tega keluar duitnya :ungg: ntar gw paling bawa CRV apa civic :big_biglaugh:
ngomong2 soal civic, yang baru kok hasil test akselerasinya malah lebih pelan ya dari yg lama? Klo gak salah yg punya lo tembus 7 detik kan ya. Yang baru rata2 cuma 9 detik, paling cepet kepala 8 detik :D

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 11:59
by ChZ
Jose wrote: Mon Apr 18, 2022 11:47
ngomong2 soal civic, yang baru kok hasil test akselerasinya malah lebih pelan ya dari yg lama? Klo gak salah yg punya lo tembus 7 detik kan ya. Yang baru rata2 cuma 9 detik, paling cepet kepala 8 detik :D
Iya mbah, test om fitra 7.5secs. tapi itu aja attempt ke berapa. dulu di video awal civic gen 10 aja dia test 2x gak percaya cuma dapet 9 detik. Launch ini mobil rada susah hahahahaha.

Klo om mobi method nya gak di launch jd cuma 9secs. Tapi ya bisa aja lebih pelan, mobil lebih berat jg :big_childish:

ini ada dibahas. 7 seconds gede. Aspal luar cuaca luar yang lama faster 1 second.

https://www.civic11forum.com/threads/20 ... econd.442/

1 seconds slower. More the reason gak beli yang baru :upss:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 12:33
by sudahlah
ChZ wrote: Mon Apr 18, 2022 2:48 wkwkwkwk abis ngerasain IVT nya kia hyungdae, ane makin berasa CVT honda masih ada rasa motor metiknya.

padahal mah udah paling oke dari semua CVT malah dibanding several gear AT lebih oke :upss:

HRV RS turbo blom tega keluar duitnya :ungg: ntar gw paling bawa CRV apa civic :big_biglaugh:
Om chris ini maksudnya enakan ivt nya hyundae atau cvt honda 1.5 n/a, Khususnya dari 20-80 km/h? Belum pernah nyobain cvt honda hrv yang baru. Selain itu nyobain ivt hyundae cuma muter2 kelapa gading doang (kondisi macet) jadi belum bisa ngebandingin :big_think:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 12:43
by Jose
ChZ wrote: Mon Apr 18, 2022 11:59
Jose wrote: Mon Apr 18, 2022 11:47
ngomong2 soal civic, yang baru kok hasil test akselerasinya malah lebih pelan ya dari yg lama? Klo gak salah yg punya lo tembus 7 detik kan ya. Yang baru rata2 cuma 9 detik, paling cepet kepala 8 detik :D
Iya mbah, test om fitra 7.5secs. tapi itu aja attempt ke berapa. dulu di video awal civic gen 10 aja dia test 2x gak percaya cuma dapet 9 detik. Launch ini mobil rada susah hahahahaha.

Klo om mobi method nya gak di launch jd cuma 9secs. Tapi ya bisa aja lebih pelan, mobil lebih berat jg :big_childish:

ini ada dibahas. 7 seconds gede. Aspal luar cuaca luar yang lama faster 1 second.

https://www.civic11forum.com/threads/20 ... econd.442/

1 seconds slower. More the reason gak beli yang baru :upss:
Nah, launch control, sebetulnya ini awalnya dipopulerkan sama japanese car (Nissan R35-GTR), namun sayangnya pabrikan jepang seperti tidak terlalu minat develop sistem ini. Malah pabrikan2 eropa yang bener2 serius developing launch control, karena LC itu bener2 mendongkrak akselerasi. Kita bisa liat makin kesini walau european car displacement-nya makin kecil & bobot mobilnya tembah berat, tapi karena optimalisasi turbo + launch control, akselerasinya pada edan-edan.

Secara marketing, terbukti "jualan angka" 0-100 ini terbukti berhasil dalam penjualan, atau setidaknya menanamkan mindset bahwa "this is fast car". Sorry to say JDM car bener2 udah nggak bisa ngelawan European sprinter macam Porsche, BMW & Merc karena "kalah angka" 0-100. Padahal zaman EVO, Skyline & NSX, mobil2 tersebut masih bisa ngimbangin akselerasi Lambo kelas Gallardo atau Ferrari kelas F360/430

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 15:33
by ChZ
sudahlah wrote: Mon Apr 18, 2022 12:33
Om chris ini maksudnya enakan ivt nya hyundae atau cvt honda 1.5 n/a, Khususnya dari 20-80 km/h? Belum pernah nyobain cvt honda hrv yang baru. Selain itu nyobain ivt hyundae cuma muter2 kelapa gading doang (kondisi macet) jadi belum bisa ngebandingin :big_think:
justru enakan IVT nya hyunkia. itu metik bener bener klo di kickdown ngejambaknya luar biasa kaya kita pindah gigi rendah langsung direct. ini sensasinya juga mirip dengan raize CVT. cuma di hyunkia lebih direct didukung dengan mesin yang karakternya kuat di hi rev.

sayang aja kia hyundai yang pake IVT saya gak suka modelnya semua :mky_01:
Jose wrote: Mon Apr 18, 2022 12:43 Nah, launch control, sebetulnya ini awalnya dipopulerkan sama japanese car (Nissan R35-GTR), namun sayangnya pabrikan jepang seperti tidak terlalu minat develop sistem ini. Malah pabrikan2 eropa yang bener2 serius developing launch control, karena LC itu bener2 mendongkrak akselerasi. Kita bisa liat makin kesini walau european car displacement-nya makin kecil & bobot mobilnya tembah berat, tapi karena optimalisasi turbo + launch control, akselerasinya pada edan-edan.

Secara marketing, terbukti "jualan angka" 0-100 ini terbukti berhasil dalam penjualan, atau setidaknya menanamkan mindset bahwa "this is fast car". Sorry to say JDM car bener2 udah nggak bisa ngelawan European sprinter macam Porsche, BMW & Merc karena "kalah angka" 0-100. Padahal zaman EVO, Skyline & NSX, mobil2 tersebut masih bisa ngimbangin akselerasi Lambo kelas Gallardo atau Ferrari kelas F360/430
nah ini, seberapa irrelevant nya 0-100 figure, kalo jualan performance car tetep angka angka ini seksi.

gw aja beli honda civic apa lagi kalo bukan krn ini mobil under 500 yang 0-100 figure nya 7 detikan dan bisa improve lagi dengan sedikit tweaking. dan mobil yang 0-100 nya below my current car akan langsung gw coret dari shortlist buat pengganti. dan sialnya next gen nya kok malah memble juga wkwkwkwkw.

apalagi segmen yang beli supercar, gimana ngga pada beli porsche 911 0-100 nya 2 detikan, sementara NSX best attempt 2.9 detik sampe 3.3 detik :big_biglaugh: beda 0.1 detik aja penting di segmen ini.

ada 1 sesepuh SM yang pernah bilang kalo japanese ngga pernah liat angka 0-100 dan sampai hari ini terbukti bener. mazda mesin skyactiv nya gak ada yang bener bener seksi sekarang 0-100 nya 2.5 liter skyactiv malah makin lelet dengan cylinder deactivation. honda menyusul civic FE malah jadi lebih lambat 1 detik dari FK/FC.

still, walaupun di sirkuit kelok keloknya jago dan cetak rekor, in real world orang balapan dari red light ke red light. apalagi skrg tol di batasin 120 kpj :big_weee:

itu civic FK8 tenaga monster tapi launchnya susah, malah jadi laughing stock lawan GR yaris. padahal official figure nya gak jauh. lawan focus RS dan golf R tenaga sama-sama 300 hp, bedanya bisa 1 detik itu 2 mobil dikasih launch control dan AWD biarpun di green hell tetep kencengan civic.

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Mon Apr 18, 2022 16:09
by kendibocor
ChZ wrote: Mon Apr 18, 2022 2:54
KielConstantine wrote: Mon Apr 18, 2022 1:46
Setuju neh sama si om jose

Eropa bekas banyak yg ud pada anjlok + looks a like hidden gem .. tapi ternyata jeng jeng jeng :big_weee:

Golf GTI Mk5 , kurang menarik apa coba .. 200 jt kecil ud bisa dapet hothatch turbo 2.0L & dual clutch. Mobil2 mainstream kluaran skarang include duo ladder yg nyentuh price 600jt pasti gampang banget diasepin . Cuman maentenance costnya aja jadi pertanyaan wkwkw

Btw trax rencana mau diapain nih om? Apa ud di remap ? Ane nunggu video di YouTube deh tarik2an pake trax :big_biglaugh:
VW tuh benernya aman mbah... apalagi yang wet DSG. cuma yang suka tiba tiba ngambek sensor sensor dengan harga jutaan :upss: rakjat jerman kaya kaya mobil daily nya beginian.

ngomongin remap trax (dan beberapa enjin produk GM) ntah kenapa result nya gak bisa se fantastis japs atau europ hahahaha.

trax ga bisa di remap lebih dari 170 hp (mungkin problem cooling tadi ya), captiva diesel juga ngga bisa di remap segila GD / KD / 4N15.
Prinsipnya jgn mikir beli seharga 200 jt om, mikirnya beli mbl seharga 400 jt. 200 jt mobilnya + 200jt benerinnya. Harga 400jt mazih murah lah, ukuran sekarang yg duit segitu cuman dapet crossover 1500cc belet 0-100kmh 14 detik. Kalo golf toel dikit langsung kepala kaya dijambak malaikat maut :upss:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Tue Apr 19, 2022 2:38
by irwan88
ngomong2 soal civic, yang baru kok hasil test akselerasinya malah lebih pelan ya dari yg lama? Klo gak salah yg punya lo tembus 7 detik kan ya. Yang baru rata2 cuma 9 detik, paling cepet kepala 8 detik :D
[/quote]

tapi pengetest'an versi otodriver masih dapat 7.7 detik sama kayak civic yg lama :big_peace:

https://otodriver.com/berita/2022/pengu ... enchccaaru

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Tue Apr 19, 2022 2:53
by farizfsa
kendibocor wrote: Mon Apr 18, 2022 16:09
ChZ wrote: Mon Apr 18, 2022 2:54
KielConstantine wrote: Mon Apr 18, 2022 1:46
Setuju neh sama si om jose

Eropa bekas banyak yg ud pada anjlok + looks a like hidden gem .. tapi ternyata jeng jeng jeng :big_weee:

Golf GTI Mk5 , kurang menarik apa coba .. 200 jt kecil ud bisa dapet hothatch turbo 2.0L & dual clutch. Mobil2 mainstream kluaran skarang include duo ladder yg nyentuh price 600jt pasti gampang banget diasepin . Cuman maentenance costnya aja jadi pertanyaan wkwkw

Btw trax rencana mau diapain nih om? Apa ud di remap ? Ane nunggu video di YouTube deh tarik2an pake trax :big_biglaugh:
VW tuh benernya aman mbah... apalagi yang wet DSG. cuma yang suka tiba tiba ngambek sensor sensor dengan harga jutaan :upss: rakjat jerman kaya kaya mobil daily nya beginian.

ngomongin remap trax (dan beberapa enjin produk GM) ntah kenapa result nya gak bisa se fantastis japs atau europ hahahaha.

trax ga bisa di remap lebih dari 170 hp (mungkin problem cooling tadi ya), captiva diesel juga ngga bisa di remap segila GD / KD / 4N15.
Prinsipnya jgn mikir beli seharga 200 jt om, mikirnya beli mbl seharga 400 jt. 200 jt mobilnya + 200jt benerinnya. Harga 400jt mazih murah lah, ukuran sekarang yg duit segitu cuman dapet crossover 1500cc belet 0-100kmh 14 detik. Kalo golf toel dikit langsung kepala kaya dijambak malaikat maut :upss:
pewe golf gti mk v mah sebenernya awet, cuma sensor2 nya kalo kena ya lumayan. mesin sendiri bandel tp kalo udah stage 3+ ya resiko nya udah beda.

paling nangis kalo kena abs pump, 35 jt udh pasti melayang kalo ganti baru.

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Tue Apr 19, 2022 3:18
by ChZ
kendibocor wrote: Mon Apr 18, 2022 16:09
Prinsipnya jgn mikir beli seharga 200 jt om, mikirnya beli mbl seharga 400 jt. 200 jt mobilnya + 200jt benerinnya. Harga 400jt mazih murah lah, ukuran sekarang yg duit segitu cuman dapet crossover 1500cc belet 0-100kmh 14 detik. Kalo golf toel dikit langsung kepala kaya dijambak malaikat maut :upss:
yup mentalitasnya jangan mentang2 mobilnya 200 juta dikira sama kaya miara agya, ini sama miara innova yang 500 juta jg mahalan ini rawatnya :big_biglaugh:

ironis ya mbah, skrg 400juta cuma dapet mobil cenggo sese NA. 5 thn lalu ane msh dapet yang turbo :big_childish:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Tue Apr 19, 2022 3:49
by Suryaputra
ChZ wrote: Tue Apr 19, 2022 3:18
kendibocor wrote: Mon Apr 18, 2022 16:09
Prinsipnya jgn mikir beli seharga 200 jt om, mikirnya beli mbl seharga 400 jt. 200 jt mobilnya + 200jt benerinnya. Harga 400jt mazih murah lah, ukuran sekarang yg duit segitu cuman dapet crossover 1500cc belet 0-100kmh 14 detik. Kalo golf toel dikit langsung kepala kaya dijambak malaikat maut :upss:
yup mentalitasnya jangan mentang2 mobilnya 200 juta dikira sama kaya miara agya, ini sama miara innova yang 500 juta jg mahalan ini rawatnya :big_biglaugh:

ironis ya mbah, skrg 400juta cuma dapet mobil cenggo sese NA. 5 thn lalu ane msh dapet yang turbo :big_childish:
Hpp aja naik.
Ya gak mungkin harga jual sama

Emang kyk coklat beng-beng? :weekk:
Hpp naik, harga jual sama, profit dijaga = ukurannya dikurangin

Klo mobil, masa iya mau disqueeze jd cmn 1 row car, 2 silinder :big_biglaugh: :big_biglaugh:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Tue Apr 19, 2022 3:59
by ChZ
Suryaputra wrote: Tue Apr 19, 2022 3:49 Hpp aja naik.
Ya gak mungkin harga jual sama

Emang kyk coklat beng-beng? :weekk:
Hpp naik, harga jual sama, profit dijaga = ukurannya dikurangin

Klo mobil, masa iya mau disqueeze jd cmn 1 row car :big_biglaugh: :big_biglaugh:
wkwkwkwkw iya, kaga berasa 5 thn lalu HRV 1.8 dicaci maki harganya deket 400 juta, sekarang tipe 1.5 SE nya aja udah lewat 400 juta.

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Tue Apr 19, 2022 4:12
by b0ku
ChZ wrote: Tue Apr 19, 2022 3:59
Suryaputra wrote: Tue Apr 19, 2022 3:49 Hpp aja naik.
Ya gak mungkin harga jual sama

Emang kyk coklat beng-beng? :weekk:
Hpp naik, harga jual sama, profit dijaga = ukurannya dikurangin

Klo mobil, masa iya mau disqueeze jd cmn 1 row car :big_biglaugh: :big_biglaugh:
wkwkwkwkw iya, kaga berasa 5 thn lalu HRV 1.8 dicaci maki harganya deket 400 juta, sekarang tipe 1.5 SE nya aja udah lewat 400 juta.
kalo lebih kenceng ntar integra gak laku om :big_biglaugh:

Suryaputra wrote: Tue Apr 19, 2022 3:49
Hpp aja naik.
Ya gak mungkin harga jual sama

Emang kyk coklat beng-beng? :weekk:
Hpp naik, harga jual sama, profit dijaga = ukurannya dikurangin

Klo mobil, masa iya mau disqueeze jd cmn 1 row car, 2 silinder :big_biglaugh: :big_biglaugh:
mesin kan bisa di squezeee om contohnya HRV 1.5 yang baru sebenernya lebih enak pake 1.0turbo 3 silinder torsinya lebih dapet :big_biglaugh:

cuma masalahnya ntar disi bensin jorok jebol mereknya yang di hujat2x :wkkk:

kalo saya sih ntah kenapa emang prefer 1,5n/a karena lebih gak rewel sama gampang di maintain turbo mau powernya gede juga kek gak ada funnya :mky_01:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Tue Apr 19, 2022 13:16
by kendibocor
ChZ wrote: Tue Apr 19, 2022 3:18
kendibocor wrote: Mon Apr 18, 2022 16:09
Prinsipnya jgn mikir beli seharga 200 jt om, mikirnya beli mbl seharga 400 jt. 200 jt mobilnya + 200jt benerinnya. Harga 400jt mazih murah lah, ukuran sekarang yg duit segitu cuman dapet crossover 1500cc belet 0-100kmh 14 detik. Kalo golf toel dikit langsung kepala kaya dijambak malaikat maut :upss:
yup mentalitasnya jangan mentang2 mobilnya 200 juta dikira sama kaya miara agya, ini sama miara innova yang 500 juta jg mahalan ini rawatnya :big_biglaugh:

ironis ya mbah, skrg 400juta cuma dapet mobil cenggo sese NA. 5 thn lalu ane msh dapet yang turbo :big_childish:
Bener om, ngeri liat sekarang harga mobil ugal2an. Dlm 1 thn entah naek berapa kali. Dlu tengah tahun 2000an mobil budget mahasiswa masih jazz, yaris di harga 150an. Sekarang dapet mobil selevel harus ngeluarin budget 2-3x lipat. 1500cc NA uda di harga 350-400an. Saya pribadi kayaknya bakal ngestretch pemakaian mobil yg biasa 5-6 thn jadi 7-8 tahun. Mungkin bakalan ngeskip 1 generasi tiap ganti mobil :ungg:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Tue Apr 19, 2022 14:37
by ChZ
kendibocor wrote: Tue Apr 19, 2022 13:16
Bener om, ngeri liat sekarang harga mobil ugal2an. Dlm 1 thn entah naek berapa kali. Dlu tengah tahun 2000an mobil budget mahasiswa masih jazz, yaris di harga 150an. Sekarang dapet mobil selevel harus ngeluarin budget 2-3x lipat. 1500cc NA uda di harga 350-400an. Saya pribadi kayaknya bakal ngestretch pemakaian mobil yg biasa 5-6 thn jadi 7-8 tahun. Mungkin bakalan ngeskip 1 generasi tiap ganti mobil :ungg:
Nah ane jg sedang menerapkan ini. Mobil klo bisa dipake selamanya sampe gak jalan atau mulai gak friendly biaya perawatannya :big_biglaugh: yang itupun kalo mobil jepangan generik jarang terjadi.

Lebih environmentally friendly juga kita gak sering beli mobil. Gak boros dan gak kemakan propaganda globalis kudu beli coal powered car.... Eh maksudnya moblis :upss:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Wed Apr 20, 2022 15:37
by Venturtle
nice review, om.. :mky_02:

Re: [Review] Nekat beli Chevrolet TRAX 1.4 Turbo, Mobil Enak yang ditinggal ATPM-nya

Posted: Thu Apr 28, 2022 4:05
by FR6
farizfsa wrote: Tue Apr 19, 2022 2:53
kendibocor wrote: Mon Apr 18, 2022 16:09
ChZ wrote: Mon Apr 18, 2022 2:54

VW tuh benernya aman mbah... apalagi yang wet DSG. cuma yang suka tiba tiba ngambek sensor sensor dengan harga jutaan :upss: rakjat jerman kaya kaya mobil daily nya beginian.

ngomongin remap trax (dan beberapa enjin produk GM) ntah kenapa result nya gak bisa se fantastis japs atau europ hahahaha.

trax ga bisa di remap lebih dari 170 hp (mungkin problem cooling tadi ya), captiva diesel juga ngga bisa di remap segila GD / KD / 4N15.
Prinsipnya jgn mikir beli seharga 200 jt om, mikirnya beli mbl seharga 400 jt. 200 jt mobilnya + 200jt benerinnya. Harga 400jt mazih murah lah, ukuran sekarang yg duit segitu cuman dapet crossover 1500cc belet 0-100kmh 14 detik. Kalo golf toel dikit langsung kepala kaya dijambak malaikat maut :upss:
pewe golf gti mk v mah sebenernya awet, cuma sensor2 nya kalo kena ya lumayan. mesin sendiri bandel tp kalo udah stage 3+ ya resiko nya udah beda.

paling nangis kalo kena abs pump, 35 jt udh pasti melayang kalo ganti baru.
Aneh juga ya sensor2 belasan juta…
ada peluang bisa cari merk pihak ke 3 gak ya?
Ibaratnya shockbreaker gausah merk ori VW, pke Bilstein gituu