Honda HR-V RS 2022, worth the price?
Posted: Sat Apr 16, 2022 5:39
Prolog
Waktu HR-V (Vezel) baru ini keluar di Japan sana, saya gak demen blas. Kok ya keliatannya masih bagusan generasi waktu itu (RU). Tapi powertrainnya menarik, e:hev nya Honda which is hybrid dan prinsipnya mirip e-powernya Nissan, tapi di high speed mesin bensinnya bisa bantuin.
Pas masuk Indo, ternyata yang masuk tetep L15 hahaha. Sama ketambahan mesin turbo yang unique cuma buat pasar Indo. Dan waktu saya liat foto specnya, kok yang RS paket menarik ya? 500 juta kurang dapet body chassis baru total, mesin 177ps, dan Honda Sensing.
S juga nggak kalah menarik, 350 di bawah Creta sudah dapet emblem H yang tegak, Honda Sensing full pack, dan pastinya platform yang jauh lebih baru. Cukup kalo buat kaki harian mah.
Dan juga warna kesukaan saya coklat dimasukin sama HPM, Sand Khaki Pearl. Karena yang SE udah dibahas sama om CHZ, saya bahas RS aja.
Car : 2022 Honda HR-V RS Sand Khaki Pearl
Mileage : 141 km on going
Price : 501jt (sialnya, ga free sparepart)
Exterior
Dari depan, mobil ini jauh beda sama HR-V lama. RS pakai grill Modulo ke 3d 3dan, SE ke bawah grillnya horizontal biasa. Lampu sudah full LED dan dapet running sign (di bawahnya RS dapet? Gak tau). Keren sih meski banyak yang bilang mirip Changan UNI-K hahaha.
RS juga dapat aero kit yang saya ga begitu suka. Aksen ala detak jantung warna merah di lower grill juga saya ga suka, buat apa sih. Bagusan punya SE ke bawah yang polosan. Tapi kalo grill saya pegang RS, lebih keren.
Sampingnya juga beda jauh dengan HR-V lama, modelnya sekarang ala ala coupe gitu. Handle pintu unik tetep ada. Handle pintu depan sudah nggak chrome, pun garis body jadi jauh lebih simpel tapi tegas. Honda sekarang kayak mau nunjukin kalau designnya sudah step up, gak norak ala-ala dulu yang segala window line juga dikrom.
Velg RS dan SE sama, 18 inci dengan warna abu dan ban Alenza. E dan S pakai 17 inci dengan ban Goodyear. Sejujurnya di awal mobil ini launch saya lebih suka velg 18 ini dibanding Vezel JDM, tapi ternyata diliat lama-lama bosen juga velg mono tone gini. Turns out velg keduanya sama, jadi kalo bosen nanti tinggal ganti warna velg ke Vezel JDM yang two tone.
Atapnya HR-V ini pinter banget Honda buatnya, meski kayak coupe ternyata slopingnya pas banget di atas kepala penumpang 2nd row, jadi gak makan headroom.
Belakangnya saya juga suka. Lampu full LED, penempatan plat dan kaca ala ala coupe bagus. Yang saya gak suka cuma emblemnya kenapa harus sebanyak itu. RS dapat dual muffler dan SE ke bawah satu aja. Kentara banget kesannya RS mau nunjukin “saya mobil kenceng” hahaha. Oh ya untuk RS bagasi sudah PBD. Katanya ada kick sensor tapi saya belum coba.
Overall, saya suka sama designnya. Ini salah satu contoh mobil yang harus diliat pake mata kepala sendiri baru bakal suka. Kalo di foto proporsi designnya aneh memang. Sialnya, terlalu banyak detail yang mengganggu seperti aksen detak jantung dan emblem.
Warna Sand Khakinya juara tapi.
Exterior : 8.5/10
Interior
Begitu masuk, yang langsung kerasa sama saya adalah bukaan handlenya yang firm dan kerasa berbobot, gak kayak HR-V lama yang enteng dan “krek” gitu. Pintunya juga lebih berat tapi gak nyusahin di tempat miring.
Doortrim HR-V baru ini bisa dibilang biasa aja desainnya, tapi materialnya patut diberi jempol. Di atas ada soft touch, bawah kulit, dan handle ala ala aluminium. Lucunya soft touch door trim cuma ada di RS.
Naik ke dalam seperti biasa Honda, rendah tapi masih ergonomis. Setelan jok masih manual, not good. Seriously Honda, 500 juta setelan jok masih manual? Lengkap sih, tapi ya males banget bayar setengah M setel jok masih jeglek jeglek. Expectation saya ada memory seat malah hahaha. Joknya enak sekali, headrest juga besar dan ada supportnya. Ini di luar ekspektasi saya karena HR-V lama joknya jauh sekali di bawah ini rasanya. Material joknya kulit kulitan yang halus.
Dashboardnya beda total dengan HR-V lama. Yang ini gak ada desain aneh-aneh, semua normal aja tapi tetep kesan mewahnya ada. RS dapat instrument TFT, tipe bawahnya semua kayak BR-V. Aneh juga kenapa nggak semua dibuat TFT ya? Raize Rocky aja udah TFT. Ini jadi hinaan sih untuk kaum mendang mending yang gak beli juga dan deal breaker bagi beberapa konsumen beneran.
Seperti City HB juga, semua tombol feelnya firm dan kulit steernya halus sekali, jadi kasih kesan premium. Head unitnya malah kenapa gak dikasih OEM Honda sih. Katanya ada Apple CarPlay dan Android Auto tapi belum dicobain. Kualitas audio jauh di atas HR-V lama tapi masih di bawah CX-30. Lanewatch muncul di layar HU tapi kok bagi saya ga begitu kepake ya hahaha.
Konsol tengah juga bukan yang tinggi banget kayak HR-V lama, jadi lebih biasa sekarang. Yang menarik perhatian di sini tombol driving mode dan Hill Descent Control. Jarang ada di harga segini nih. Driving mode ada Sport, Normal, sama Eco. Rem parkir elektrik kayak HR-V lama.
Panoramic roofnya yang bikin heboh itu beneran malesin. Udahlah gak bisa dibuka, yang depan shadenya tipis, yang belakang malah kayak main puzzle. Sepanjang saya bawa HR-V ini tutup pano belakang gak pernah saya pasang, masih di sarung yang dikasi Hondanya. Kalo shade belakang dibuka, makan bagasi dikit. Kalo ditutup, gelap di belakang jadinya. Mau buka main puzzle dulu. Serba salah hahaha.
Duduk di belakang bisa dibilang cukup enak. Headroom lega, legroom juga, tapi sayangnya menurut saya posisi duduknya agak ke bawah, jadi paha nggantung sedikit. HR-V lama ngga gini kayaknya seinget saya. Rasa claustrophobic ada dikit karena kaca kecil dan headliner warna item. Lampu kabin belakang lucu kayak punya pesawat, disentuh aja nyala. Rasanya jadi lebih premium aja.
Bagasi seperti saya bilang di atas, sudah PBD dan ada opsi untuk nutup abis kita tinggal pergi. Bagasinya lega tapi bakal kemakan shade pano kalo dibuka, karena harus disimpen di bagasi ngga bisa diselipin di tempat ban serep. Tapi yah lumayan lega, dibanding yang lama kayaknya ada tambahan space. Lebih gede juga dibanding CX-30 atau Corolla Cross.
Buat interior, saya boleh bilang improvementnya cukup jauh dari design maupun quality. Dari HR-V lama yang kena lobang kriyet2 jadi solid banget rasanya. Sayang aja panoramic ribed dan HU non OEM merusak impresi saya.
Interior : 8.5/10
Driving
Waktu start, yang pertama kerasa adalah suara mesin yang begitu senyap. Beda sama HR-V lama yang langsung kedengeran. Lucunya waktu saya remote start malah dari luar suara mesinnya kenceng banget. Oya kalo diremote start mobil masih locked, dan ga bisa langsung jalan harus teken start button dulu.
Masuk D, teken EPB, jalan.. rasanya masih sama aja sama HR-V lama. Hanya aja agak kerasa lebaran dan gedean di jalan kecil.
Waktu masuk jalan gede, buset enak amat ini mobil. Lubang diredam dengan baik, speedtrap jalanan yang gedenya sialan itu aja masih enak redamannya. Nggak nyangka juga HR-V baru bakal seenak ini.
Bisa dibilang masih keras, tapi far better dibanding Creta yang keempukan atau CX-3 yang kerasnya aduhai. Masih di bawah CX-30 tapi di atas Corolla Cross. Penasaran Honda mimpi apa tumbenan bikin mobil seenak ini hahaha. Sebenernya ga sekali ini sih, saya bawa City HB juga enak banget padahal itu regional bukan global line up.
Masuk tol, tambah amazed lagi saya. Memang suara ban meski udah pake Bridgestone Alenza masih masuk sedikit, tapi suara mesin cukup senyap di atas 160 lebih bahkan. Kabar baik bagi yang cari long distance cruiser, tapi kabar buruk bagi kaum brataktak. Even redamannya di kecepatan segitu masih sangat baik, sambungan jalan ga begitu kerasa.
Bahkan di beberapa segmen jalan saya rasa ini lebih baik dari kakaknya si CR-V RW. Lebih senyap mesinnya, redaman suspensinya lebih tenang, dan bannya lebih bagus. Meski soal suara angin dari kaca dan karet2 masih better CR-V.
Handling juga nggak bisa dibilang jelek. Saya rasa ini jauh lebih direct steeringnya dari HR-V lama meski sama-sama EPS. Chassis juga lebih kaku dari yang lama. Parameternya adalah tingkat kepedean saya ngebut naik ini hahaha, di HR-V lama 160 saya udah agak ngeri. Di yang baru ini masih tenang di dalam dan sayanya juga tenang. CX-30 masih menang di sini sedikit tapi. Creta? Jauh hahaha.
Power 177ps-nya juga gak bohong. Mapping mesinnya sepertinya beda sama Civic/CR-V, tarikannya terasa lebih smooth tapi pasti dibanding Civic/CR-V yang lebih meledak-ledak. Cuman di HR-V ini ketolong body enteng, jadi rasanya ya kencang juga. Prediksi saya 0-100 di 7 detikan gede atau 8 detik kecil. Saya baru berani sampai 160-170an, enteng naiknya padahal masih inreyen hahaha. Kalo CR-V turbo bisa 220 dan Civic bisa 230 harusnya topspeednya gak jauh dari 2 itu. Oya menurut saya lebih enak ngebut naik ini daripada Civic FK.
Satu lagi yang patut dihighlight adalah Honda Sensing di seluruh tipe. Di rute saya hanya kepake di tol karena jalan non tol nya gak ada marka, tapi rasanya bener2 bantu untuk daily. Lane followingnya juga smooth, nggak kaku gerak steernya padahal ini pake camera (apa ada radarnya ya? Logo depan rata soalnya). ACC juga bantu meski masalahnya sama seperti ACC mobil lain, jaraknya kejauhan kalo low speed hahaha, jadi diselak terus sama mobil lain. Kalau mau dimatikan ada tombolnya di kanan steer, tapi begitu restart mobil otomatis nyala semua sensingnya.
Sangat surprising bawa mobil ini.
Driving : 9.5/10
Verdict
Mungkin ada yang protes saya kasih 9.5 untuk driving, karena di harga segitu ada CX-30 atau MG HS yang enak. Tapi jangan lupa, HR-V ini bisa dibeli dari 350 jutaan dan rasa nyetirnya akan sama seperti RS yang 500 juta, hanya beda mesin. Sedangkan CX-30 atau HS baru bisa dibeli di 400an gede atau bahkan 540an untuk CX-30.
It means, HR-V baru ini bisa kasih kualitas ride 500 jutaan di harga 350 juta, worth it and which is why saya gak bakal recommend RS ini kalau anda gak hobi ngebut dan cuma buat daily. S atau SE cukup, E malah nanggung menurut saya. Bayangin nambah 60 juta (atau 10 juta kalo rela beli yang S) dari BR-V HS dapat mobil yang enak banget. Beli RS 500 juta kalo gak hobi ngebut waste of money hahaha.
Dan keliatan banget HR-V ini mau ngebanting Creta abis-abisan. Harga disamain, merek udah lebih established. Creta memang enak dan well equipped kalo dibanding HR-V lama, tapi langsung dibanting begitu HR-V baru ini keluar. Sales saya bilang beberapa hari sebelum saya bawa unit ada orang datang naik Creta baru masih plat sementara, liat2 HR-V dan mukanya kayak nyesel gitu hahaha.
Thank you!
Waktu HR-V (Vezel) baru ini keluar di Japan sana, saya gak demen blas. Kok ya keliatannya masih bagusan generasi waktu itu (RU). Tapi powertrainnya menarik, e:hev nya Honda which is hybrid dan prinsipnya mirip e-powernya Nissan, tapi di high speed mesin bensinnya bisa bantuin.
Pas masuk Indo, ternyata yang masuk tetep L15 hahaha. Sama ketambahan mesin turbo yang unique cuma buat pasar Indo. Dan waktu saya liat foto specnya, kok yang RS paket menarik ya? 500 juta kurang dapet body chassis baru total, mesin 177ps, dan Honda Sensing.
S juga nggak kalah menarik, 350 di bawah Creta sudah dapet emblem H yang tegak, Honda Sensing full pack, dan pastinya platform yang jauh lebih baru. Cukup kalo buat kaki harian mah.
Dan juga warna kesukaan saya coklat dimasukin sama HPM, Sand Khaki Pearl. Karena yang SE udah dibahas sama om CHZ, saya bahas RS aja.
Car : 2022 Honda HR-V RS Sand Khaki Pearl
Mileage : 141 km on going
Price : 501jt (sialnya, ga free sparepart)
Exterior
Dari depan, mobil ini jauh beda sama HR-V lama. RS pakai grill Modulo ke 3d 3dan, SE ke bawah grillnya horizontal biasa. Lampu sudah full LED dan dapet running sign (di bawahnya RS dapet? Gak tau). Keren sih meski banyak yang bilang mirip Changan UNI-K hahaha.
RS juga dapat aero kit yang saya ga begitu suka. Aksen ala detak jantung warna merah di lower grill juga saya ga suka, buat apa sih. Bagusan punya SE ke bawah yang polosan. Tapi kalo grill saya pegang RS, lebih keren.
Sampingnya juga beda jauh dengan HR-V lama, modelnya sekarang ala ala coupe gitu. Handle pintu unik tetep ada. Handle pintu depan sudah nggak chrome, pun garis body jadi jauh lebih simpel tapi tegas. Honda sekarang kayak mau nunjukin kalau designnya sudah step up, gak norak ala-ala dulu yang segala window line juga dikrom.
Velg RS dan SE sama, 18 inci dengan warna abu dan ban Alenza. E dan S pakai 17 inci dengan ban Goodyear. Sejujurnya di awal mobil ini launch saya lebih suka velg 18 ini dibanding Vezel JDM, tapi ternyata diliat lama-lama bosen juga velg mono tone gini. Turns out velg keduanya sama, jadi kalo bosen nanti tinggal ganti warna velg ke Vezel JDM yang two tone.
Atapnya HR-V ini pinter banget Honda buatnya, meski kayak coupe ternyata slopingnya pas banget di atas kepala penumpang 2nd row, jadi gak makan headroom.
Belakangnya saya juga suka. Lampu full LED, penempatan plat dan kaca ala ala coupe bagus. Yang saya gak suka cuma emblemnya kenapa harus sebanyak itu. RS dapat dual muffler dan SE ke bawah satu aja. Kentara banget kesannya RS mau nunjukin “saya mobil kenceng” hahaha. Oh ya untuk RS bagasi sudah PBD. Katanya ada kick sensor tapi saya belum coba.
Overall, saya suka sama designnya. Ini salah satu contoh mobil yang harus diliat pake mata kepala sendiri baru bakal suka. Kalo di foto proporsi designnya aneh memang. Sialnya, terlalu banyak detail yang mengganggu seperti aksen detak jantung dan emblem.
Warna Sand Khakinya juara tapi.
Exterior : 8.5/10
Interior
Begitu masuk, yang langsung kerasa sama saya adalah bukaan handlenya yang firm dan kerasa berbobot, gak kayak HR-V lama yang enteng dan “krek” gitu. Pintunya juga lebih berat tapi gak nyusahin di tempat miring.
Doortrim HR-V baru ini bisa dibilang biasa aja desainnya, tapi materialnya patut diberi jempol. Di atas ada soft touch, bawah kulit, dan handle ala ala aluminium. Lucunya soft touch door trim cuma ada di RS.
Naik ke dalam seperti biasa Honda, rendah tapi masih ergonomis. Setelan jok masih manual, not good. Seriously Honda, 500 juta setelan jok masih manual? Lengkap sih, tapi ya males banget bayar setengah M setel jok masih jeglek jeglek. Expectation saya ada memory seat malah hahaha. Joknya enak sekali, headrest juga besar dan ada supportnya. Ini di luar ekspektasi saya karena HR-V lama joknya jauh sekali di bawah ini rasanya. Material joknya kulit kulitan yang halus.
Dashboardnya beda total dengan HR-V lama. Yang ini gak ada desain aneh-aneh, semua normal aja tapi tetep kesan mewahnya ada. RS dapat instrument TFT, tipe bawahnya semua kayak BR-V. Aneh juga kenapa nggak semua dibuat TFT ya? Raize Rocky aja udah TFT. Ini jadi hinaan sih untuk kaum mendang mending yang gak beli juga dan deal breaker bagi beberapa konsumen beneran.
Seperti City HB juga, semua tombol feelnya firm dan kulit steernya halus sekali, jadi kasih kesan premium. Head unitnya malah kenapa gak dikasih OEM Honda sih. Katanya ada Apple CarPlay dan Android Auto tapi belum dicobain. Kualitas audio jauh di atas HR-V lama tapi masih di bawah CX-30. Lanewatch muncul di layar HU tapi kok bagi saya ga begitu kepake ya hahaha.
Konsol tengah juga bukan yang tinggi banget kayak HR-V lama, jadi lebih biasa sekarang. Yang menarik perhatian di sini tombol driving mode dan Hill Descent Control. Jarang ada di harga segini nih. Driving mode ada Sport, Normal, sama Eco. Rem parkir elektrik kayak HR-V lama.
Panoramic roofnya yang bikin heboh itu beneran malesin. Udahlah gak bisa dibuka, yang depan shadenya tipis, yang belakang malah kayak main puzzle. Sepanjang saya bawa HR-V ini tutup pano belakang gak pernah saya pasang, masih di sarung yang dikasi Hondanya. Kalo shade belakang dibuka, makan bagasi dikit. Kalo ditutup, gelap di belakang jadinya. Mau buka main puzzle dulu. Serba salah hahaha.
Duduk di belakang bisa dibilang cukup enak. Headroom lega, legroom juga, tapi sayangnya menurut saya posisi duduknya agak ke bawah, jadi paha nggantung sedikit. HR-V lama ngga gini kayaknya seinget saya. Rasa claustrophobic ada dikit karena kaca kecil dan headliner warna item. Lampu kabin belakang lucu kayak punya pesawat, disentuh aja nyala. Rasanya jadi lebih premium aja.
Bagasi seperti saya bilang di atas, sudah PBD dan ada opsi untuk nutup abis kita tinggal pergi. Bagasinya lega tapi bakal kemakan shade pano kalo dibuka, karena harus disimpen di bagasi ngga bisa diselipin di tempat ban serep. Tapi yah lumayan lega, dibanding yang lama kayaknya ada tambahan space. Lebih gede juga dibanding CX-30 atau Corolla Cross.
Buat interior, saya boleh bilang improvementnya cukup jauh dari design maupun quality. Dari HR-V lama yang kena lobang kriyet2 jadi solid banget rasanya. Sayang aja panoramic ribed dan HU non OEM merusak impresi saya.
Interior : 8.5/10
Driving
Waktu start, yang pertama kerasa adalah suara mesin yang begitu senyap. Beda sama HR-V lama yang langsung kedengeran. Lucunya waktu saya remote start malah dari luar suara mesinnya kenceng banget. Oya kalo diremote start mobil masih locked, dan ga bisa langsung jalan harus teken start button dulu.
Masuk D, teken EPB, jalan.. rasanya masih sama aja sama HR-V lama. Hanya aja agak kerasa lebaran dan gedean di jalan kecil.
Waktu masuk jalan gede, buset enak amat ini mobil. Lubang diredam dengan baik, speedtrap jalanan yang gedenya sialan itu aja masih enak redamannya. Nggak nyangka juga HR-V baru bakal seenak ini.
Bisa dibilang masih keras, tapi far better dibanding Creta yang keempukan atau CX-3 yang kerasnya aduhai. Masih di bawah CX-30 tapi di atas Corolla Cross. Penasaran Honda mimpi apa tumbenan bikin mobil seenak ini hahaha. Sebenernya ga sekali ini sih, saya bawa City HB juga enak banget padahal itu regional bukan global line up.
Masuk tol, tambah amazed lagi saya. Memang suara ban meski udah pake Bridgestone Alenza masih masuk sedikit, tapi suara mesin cukup senyap di atas 160 lebih bahkan. Kabar baik bagi yang cari long distance cruiser, tapi kabar buruk bagi kaum brataktak. Even redamannya di kecepatan segitu masih sangat baik, sambungan jalan ga begitu kerasa.
Bahkan di beberapa segmen jalan saya rasa ini lebih baik dari kakaknya si CR-V RW. Lebih senyap mesinnya, redaman suspensinya lebih tenang, dan bannya lebih bagus. Meski soal suara angin dari kaca dan karet2 masih better CR-V.
Handling juga nggak bisa dibilang jelek. Saya rasa ini jauh lebih direct steeringnya dari HR-V lama meski sama-sama EPS. Chassis juga lebih kaku dari yang lama. Parameternya adalah tingkat kepedean saya ngebut naik ini hahaha, di HR-V lama 160 saya udah agak ngeri. Di yang baru ini masih tenang di dalam dan sayanya juga tenang. CX-30 masih menang di sini sedikit tapi. Creta? Jauh hahaha.
Power 177ps-nya juga gak bohong. Mapping mesinnya sepertinya beda sama Civic/CR-V, tarikannya terasa lebih smooth tapi pasti dibanding Civic/CR-V yang lebih meledak-ledak. Cuman di HR-V ini ketolong body enteng, jadi rasanya ya kencang juga. Prediksi saya 0-100 di 7 detikan gede atau 8 detik kecil. Saya baru berani sampai 160-170an, enteng naiknya padahal masih inreyen hahaha. Kalo CR-V turbo bisa 220 dan Civic bisa 230 harusnya topspeednya gak jauh dari 2 itu. Oya menurut saya lebih enak ngebut naik ini daripada Civic FK.
Satu lagi yang patut dihighlight adalah Honda Sensing di seluruh tipe. Di rute saya hanya kepake di tol karena jalan non tol nya gak ada marka, tapi rasanya bener2 bantu untuk daily. Lane followingnya juga smooth, nggak kaku gerak steernya padahal ini pake camera (apa ada radarnya ya? Logo depan rata soalnya). ACC juga bantu meski masalahnya sama seperti ACC mobil lain, jaraknya kejauhan kalo low speed hahaha, jadi diselak terus sama mobil lain. Kalau mau dimatikan ada tombolnya di kanan steer, tapi begitu restart mobil otomatis nyala semua sensingnya.
Sangat surprising bawa mobil ini.
Driving : 9.5/10
Verdict
Mungkin ada yang protes saya kasih 9.5 untuk driving, karena di harga segitu ada CX-30 atau MG HS yang enak. Tapi jangan lupa, HR-V ini bisa dibeli dari 350 jutaan dan rasa nyetirnya akan sama seperti RS yang 500 juta, hanya beda mesin. Sedangkan CX-30 atau HS baru bisa dibeli di 400an gede atau bahkan 540an untuk CX-30.
It means, HR-V baru ini bisa kasih kualitas ride 500 jutaan di harga 350 juta, worth it and which is why saya gak bakal recommend RS ini kalau anda gak hobi ngebut dan cuma buat daily. S atau SE cukup, E malah nanggung menurut saya. Bayangin nambah 60 juta (atau 10 juta kalo rela beli yang S) dari BR-V HS dapat mobil yang enak banget. Beli RS 500 juta kalo gak hobi ngebut waste of money hahaha.
Dan keliatan banget HR-V ini mau ngebanting Creta abis-abisan. Harga disamain, merek udah lebih established. Creta memang enak dan well equipped kalo dibanding HR-V lama, tapi langsung dibanting begitu HR-V baru ini keluar. Sales saya bilang beberapa hari sebelum saya bawa unit ada orang datang naik Creta baru masih plat sementara, liat2 HR-V dan mukanya kayak nyesel gitu hahaha.
Thank you!