Check engine nyala, mesin mati mendadak

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Haiqalesha »

Assalamu’alaikum, Hallo, salam kenal. Saya newbie di forum ini, izin bertanya saya punya mobilio rs tahun 2016, mulai 2019 suka terjadi rpm tiba2 dibawah 700 pas macet, di gas berat banget, dan akhirnya mati mesin check engine nyala. Solusinya sembuh pas di reset dengan cara copot kabel aki. Terus dibawa ke beres gak nemu solusinya akhirnya ganti ecu. Nah ternyata selang setahun kemudian masalahnya muncul lagi. Balik ke beres lagi katanya ttp gak ada masalah apa apa, malah harus ganti kabel busi, itupun masih coba coba. Kira2 penyebabnya kenapa ya suhu2 ?
Tambahan minta rekomendasi bengkel yang bagus buat nanganin ecu honda ini di sekitar tangerang-serpong. 🙏🏻.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Or4cle »

Haiqalesha wrote: Tue Apr 19, 2022 23:12 Assalamu’alaikum, Hallo, salam kenal. Saya newbie di forum ini, izin bertanya saya punya mobilio rs tahun 2016, mulai 2019 suka terjadi rpm tiba2 dibawah 700 pas macet, di gas berat banget, dan akhirnya mati mesin check engine nyala. Solusinya sembuh pas di reset dengan cara copot kabel aki. Terus dibawa ke beres gak nemu solusinya akhirnya ganti ecu. Nah ternyata selang setahun kemudian masalahnya muncul lagi. Balik ke beres lagi katanya ttp gak ada masalah apa apa, malah harus ganti kabel busi, itupun masih coba coba. Kira2 penyebabnya kenapa ya suhu2 ?
Tambahan minta rekomendasi bengkel yang bagus buat nanganin ecu honda ini di sekitar tangerang-serpong. 🙏🏻.
CE nyala sistem ECU deteksi ada error.
Scanner OBD baca kode DTC errornya di mana ? Kan timbul saat dicolok scanner.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by ChZ »

Haiqalesha wrote: Tue Apr 19, 2022 23:12 Assalamu’alaikum, Hallo, salam kenal. Saya newbie di forum ini, izin bertanya saya punya mobilio rs tahun 2016, mulai 2019 suka terjadi rpm tiba2 dibawah 700 pas macet, di gas berat banget, dan akhirnya mati mesin check engine nyala. Solusinya sembuh pas di reset dengan cara copot kabel aki. Terus dibawa ke beres gak nemu solusinya akhirnya ganti ecu. Nah ternyata selang setahun kemudian masalahnya muncul lagi. Balik ke beres lagi katanya ttp gak ada masalah apa apa, malah harus ganti kabel busi, itupun masih coba coba. Kira2 penyebabnya kenapa ya suhu2 ?
Tambahan minta rekomendasi bengkel yang bagus buat nanganin ecu honda ini di sekitar tangerang-serpong. 🙏🏻.
kalau sudah ganti ecu berarti harusnya sudah scan DTC ya.

jangan2 sekarang malah problemnya beda lagi. krn sudah setahun. apa symptoms nya sama persis sampe mesin mati?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Kaleng »

Haiqalesha wrote: Tue Apr 19, 2022 23:12 Assalamu’alaikum, Hallo, salam kenal. Saya newbie di forum ini, izin bertanya saya punya mobilio rs tahun 2016, mulai 2019 suka terjadi rpm tiba2 dibawah 700 pas macet, di gas berat banget, dan akhirnya mati mesin check engine nyala. Solusinya sembuh pas di reset dengan cara copot kabel aki. Terus dibawa ke beres gak nemu solusinya akhirnya ganti ecu. Nah ternyata selang setahun kemudian masalahnya muncul lagi. Balik ke beres lagi katanya ttp gak ada masalah apa apa, malah harus ganti kabel busi, itupun masih coba coba. Kira2 penyebabnya kenapa ya suhu2 ?
Tambahan minta rekomendasi bengkel yang bagus buat nanganin ecu honda ini di sekitar tangerang-serpong. 🙏🏻.
pas dibawa ke bengkel resmi dan dicheck, dalam kondisi check engine nyala kan om? Dibawa ke beres yang mana om? Trimegah BSD atau yg Union di jalan raya serpong?

Buat tangsel serpong ada 2 bengkel yg penunggunya member di sini om.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11308
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Omnibus »

coba bawa ke Honda Camp nih. spesialis honda, rasa bengkel resmi, setengah harga. ciyee :upss:

itu kayanya kemungkinan ada urusan sama rodent, kabel kena gigit. makanya di scan mungkin ga kebaca krn no communication. soalnya kl semua normal dan kebaca yg bikin mati gitu paling crankshaft position sensor yg koit. atau yg ga kebaca dtc yaitu fuel pump lemah.

ini seputar bengkel yg barusan disebut


thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by thestoneroses »

Aduh oom, semoga lekas ketemu penyakitnya ya.

Dulu saya ada beberapa lio, kebetulan 1 kmnya rendah, tahun 15. Tahun 19, 23ribuan, itu mulai muncul spt oom, check engine nyala, terus tanda mesin panas nyala. Terus sama suka tidak mau idup (Stop kontak diputer, tidak nyala), solusinya spt oom, cabut aki, pasang lagi, dia idup. Saya pernah tulis di thread lio sptnya. Intinya, itu lio sudah: ganti radiator baru, ganti fuel pump, ganti aki, ganti apa lagi ya, banyak, sampai sebulan di bengkel itu. Lucu aja mekanik muda-muda lah lebih muda dari mahasiswa2 saya pada bingung clueless atau entah berpikir kritisnya kurang, pas dibilang mau ganti ecu, saya ketawa-ketawa aja deh. Diambil pedagang dari Jawa akhirnya. Ha ha
Ohh iya bengkelnya di deket pasar jatinegara dulu tiga-tiganya di situ, cuma satu yang mereka angkat tangan.

Ini sharing ya oom, semoga lekas ketemu problemnya, mungkin coba ke non beres oom. Saya dulu lebih ke penasaran dan lucu-lucuan jadinya.
Ya mosok gampangan ngerawat w140, d9, gl turbo gede daripada lio sih, hahahaha. Betul-betul pengalaman unik
Ron Asheton Forever
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11308
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Omnibus »

thestoneroses wrote: Wed Apr 20, 2022 3:30 Aduh oom, semoga lekas ketemu penyakitnya ya.

Dulu saya ada beberapa lio, kebetulan 1 kmnya rendah, tahun 15. Tahun 19, 23ribuan, itu mulai muncul spt oom, check engine nyala, terus tanda mesin panas nyala. Terus sama suka tidak mau idup (Stop kontak diputer, tidak nyala), solusinya spt oom, cabut aki, pasang lagi, dia idup. Saya pernah tulis di thread lio sptnya. Intinya, itu lio sudah: ganti radiator baru, ganti fuel pump, ganti aki, ganti apa lagi ya, banyak, sampai sebulan di bengkel itu. Lucu aja mekanik muda-muda lah lebih muda dari mahasiswa2 saya pada bingung clueless atau entah berpikir kritisnya kurang, pas dibilang mau ganti ecu, saya ketawa-ketawa aja deh. Diambil pedagang dari Jawa akhirnya. Ha ha
Ohh iya bengkelnya di deket pasar jatinegara dulu tiga-tiganya di situ, cuma satu yang mereka angkat tangan.

Ini sharing ya oom, semoga lekas ketemu problemnya, mungkin coba ke non beres oom. Saya dulu lebih ke penasaran dan lucu-lucuan jadinya.
Ya mosok gampangan ngerawat w140, d9, gl turbo gede daripada lio sih, hahahaha. Betul-betul pengalaman unik
harusnya parkirin aja itu lio nya depan2an sama s600 om. langsung ciut sendiri dia ga bakal berulah lagi, langsung sehat lagi sambil bilang "ampuuunn mbaahh :big_cry:"

:big_biglaugh:
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Haiqalesha »

Or4cle wrote: Wed Apr 20, 2022 2:12
Haiqalesha wrote: Tue Apr 19, 2022 23:12 Assalamu’alaikum, Hallo, salam kenal. Saya newbie di forum ini, izin bertanya saya punya mobilio rs tahun 2016, mulai 2019 suka terjadi rpm tiba2 dibawah 700 pas macet, di gas berat banget, dan akhirnya mati mesin check engine nyala. Solusinya sembuh pas di reset dengan cara copot kabel aki. Terus dibawa ke beres gak nemu solusinya akhirnya ganti ecu. Nah ternyata selang setahun kemudian masalahnya muncul lagi. Balik ke beres lagi katanya ttp gak ada masalah apa apa, malah harus ganti kabel busi, itupun masih coba coba. Kira2 penyebabnya kenapa ya suhu2 ?
Tambahan minta rekomendasi bengkel yang bagus buat nanganin ecu honda ini di sekitar tangerang-serpong. 🙏🏻.
CE nyala sistem ECU deteksi ada error.
Scanner OBD baca kode DTC errornya di mana ? Kan timbul saat dicolok scanner.
Ps di beres katanya gak ada masalah om
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Haiqalesha »

ChZ wrote: Wed Apr 20, 2022 2:56
Haiqalesha wrote: Tue Apr 19, 2022 23:12 Assalamu’alaikum, Hallo, salam kenal. Saya newbie di forum ini, izin bertanya saya punya mobilio rs tahun 2016, mulai 2019 suka terjadi rpm tiba2 dibawah 700 pas macet, di gas berat banget, dan akhirnya mati mesin check engine nyala. Solusinya sembuh pas di reset dengan cara copot kabel aki. Terus dibawa ke beres gak nemu solusinya akhirnya ganti ecu. Nah ternyata selang setahun kemudian masalahnya muncul lagi. Balik ke beres lagi katanya ttp gak ada masalah apa apa, malah harus ganti kabel busi, itupun masih coba coba. Kira2 penyebabnya kenapa ya suhu2 ?
Tambahan minta rekomendasi bengkel yang bagus buat nanganin ecu honda ini di sekitar tangerang-serpong. 🙏🏻.
kalau sudah ganti ecu berarti harusnya sudah scan DTC ya.

jangan2 sekarang malah problemnya beda lagi. krn sudah setahun. apa symptoms nya sama persis sampe mesin mati?
Sama persis masalahnya kaya sebelum diganti ecunya
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Haiqalesha »

Kaleng wrote: Wed Apr 20, 2022 3:01
Haiqalesha wrote: Tue Apr 19, 2022 23:12 Assalamu’alaikum, Hallo, salam kenal. Saya newbie di forum ini, izin bertanya saya punya mobilio rs tahun 2016, mulai 2019 suka terjadi rpm tiba2 dibawah 700 pas macet, di gas berat banget, dan akhirnya mati mesin check engine nyala. Solusinya sembuh pas di reset dengan cara copot kabel aki. Terus dibawa ke beres gak nemu solusinya akhirnya ganti ecu. Nah ternyata selang setahun kemudian masalahnya muncul lagi. Balik ke beres lagi katanya ttp gak ada masalah apa apa, malah harus ganti kabel busi, itupun masih coba coba. Kira2 penyebabnya kenapa ya suhu2 ?
Tambahan minta rekomendasi bengkel yang bagus buat nanganin ecu honda ini di sekitar tangerang-serpong. 🙏🏻.
pas dibawa ke bengkel resmi dan dicheck, dalam kondisi check engine nyala kan om? Dibawa ke beres yang mana om? Trimegah BSD atau yg Union di jalan raya serpong?

Buat tangsel serpong ada 2 bengkel yg penunggunya member di sini om.
Bengkel resmi daerah kota tangerang om.
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Haiqalesha »

Pas saya cek ke beres, kondisinya ya udah di reset (lepas kabel positif aki) nah pas ke scan pakai detector kata beres gak ada masalah apa apa. Apa karena ke reset jadi pas ecu deteksi error itu kehapus ya om ? Atuh masa harus bawa mobil pas mati derek ke dealer 🤣. Biasanya matinya pas macet2an
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Kaleng »

Haiqalesha wrote: Wed Apr 20, 2022 14:10 Pas saya cek ke beres, kondisinya ya udah di reset (lepas kabel positif aki) nah pas ke scan pakai detector kata beres gak ada masalah apa apa. Apa karena ke reset jadi pas ecu deteksi error itu kehapus ya om ? Atuh masa harus bawa mobil pas mati derek ke dealer 🤣. Biasanya matinya pas macet2an
sepertinya kalau memang ECU mendapatkan deteksi error benaran, cabut aki seharusnya gak menghapus error tersebut.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by ChZ »

Haiqalesha wrote: Wed Apr 20, 2022 14:10 Pas saya cek ke beres, kondisinya ya udah di reset (lepas kabel positif aki) nah pas ke scan pakai detector kata beres gak ada masalah apa apa. Apa karena ke reset jadi pas ecu deteksi error itu kehapus ya om ? Atuh masa harus bawa mobil pas mati derek ke dealer 🤣. Biasanya matinya pas macet2an
byk salah kaprah mekanik baru-baru dikira reset DTC (via OBD atau via battery terminal) itu nyelesaiin masalah, pdhl itu mah method buat pemeriksaan, bukan problem solving. ini yang bikin bete setiap ketemu mekanik beres, klo training gak nyimak. yang bener kan DTC di reset, mobil dijalanin sambil bawa OBD reader biar tau skenarionya seperti apa.

SA dan manager pun biasanya gak jauh beda klo mentok nawarin solusi sapu jagad macem ganti ECU pdhl blom solved yang gw sangat yakin kayaknya problemnya bukan ECU malah curiga ke wiring atau crank sensor.

klo saya yah, titip mobilnya aja di bengkel seminggu pokoknya keluar bengkel harus beres tuh mekanik sama foreman suruh coba mobilnya terus sampe ketemu penyebabnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by evanbngdor »

Haiqalesha wrote: Wed Apr 20, 2022 14:10 Pas saya cek ke beres, kondisinya ya udah di reset (lepas kabel positif aki) nah pas ke scan pakai detector kata beres gak ada masalah apa apa. Apa karena ke reset jadi pas ecu deteksi error itu kehapus ya om ? Atuh masa harus bawa mobil pas mati derek ke dealer 🤣. Biasanya matinya pas macet2an
Kalau ada niat, cb pasang OBD reader jd pas mesin mati dadakan itu langsung cek di OBD reader nya kode nya apa. Nanti kode itu yg disampaikan ke pihak bengkel.

Udah cb cek secara kelistrikan Om? Sorry to say memang produk honda itu wiring nya bikin geleng-geleng sih. Bahkan CRV saya pun itu grounding system nya ngga lebih baik drpd LMPV nya ToyoDai. Begitu pasang grounding yg proper, efeknya berasa banget, signifikan. Yg jelas usia aki jauh lebih panjang dibanding belum pasang grounding. Respon mesin jg beda lumayan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Or4cle »

evanbngdor wrote: Thu Apr 21, 2022 3:54
Haiqalesha wrote: Wed Apr 20, 2022 14:10 Pas saya cek ke beres, kondisinya ya udah di reset (lepas kabel positif aki) nah pas ke scan pakai detector kata beres gak ada masalah apa apa. Apa karena ke reset jadi pas ecu deteksi error itu kehapus ya om ? Atuh masa harus bawa mobil pas mati derek ke dealer 🤣. Biasanya matinya pas macet2an
Kalau ada niat, cb pasang OBD reader jd pas mesin mati dadakan itu langsung cek di OBD reader nya kode nya apa. Nanti kode itu yg disampaikan ke pihak bengkel.

Udah cb cek secara kelistrikan Om? Sorry to say memang produk honda itu wiring nya bikin geleng-geleng sih. Bahkan CRV saya pun itu grounding system nya ngga lebih baik drpd LMPV nya ToyoDai. Begitu pasang grounding yg proper, efeknya berasa banget, signifikan. Yg jelas usia aki jauh lebih panjang dibanding belum pasang grounding. Respon mesin jg beda lumayan.
Om Evanbngdor, bisa tolong dijabarin efek grounding yg katanya berasa banget, signifikan.
Apa benar dgn grounding aja terasa respon mesin beda lumayan ? Soalnya ada yang bilang terasa dikit aja bedanya, itupun terasa di mobil-mobil yang berumur tua.
Haiqalesha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 136
Joined: Sun Apr 30, 2017 15:27
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Haiqalesha »

Oke suhu2 terima kasih saran2nya. Mudah2an problemnya ketemu. Karena jujur si mobil ini sebenernya enak. Kenceng dan irit. Suspensi juga gak sekeras para youtuber bilang (apa karena dulu biasa pakai kijang kapsul 🤣). Handling juga oke apalagi kalau ganti ban rada bagusan. Cuma jadi rada bete sama mobil modern yang jadi tidak praktis dalam perawatan hehe.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by evanbngdor »

Or4cle wrote: Thu Apr 21, 2022 4:21
evanbngdor wrote: Thu Apr 21, 2022 3:54
Haiqalesha wrote: Wed Apr 20, 2022 14:10 Pas saya cek ke beres, kondisinya ya udah di reset (lepas kabel positif aki) nah pas ke scan pakai detector kata beres gak ada masalah apa apa. Apa karena ke reset jadi pas ecu deteksi error itu kehapus ya om ? Atuh masa harus bawa mobil pas mati derek ke dealer 🤣. Biasanya matinya pas macet2an
Kalau ada niat, cb pasang OBD reader jd pas mesin mati dadakan itu langsung cek di OBD reader nya kode nya apa. Nanti kode itu yg disampaikan ke pihak bengkel.

Udah cb cek secara kelistrikan Om? Sorry to say memang produk honda itu wiring nya bikin geleng-geleng sih. Bahkan CRV saya pun itu grounding system nya ngga lebih baik drpd LMPV nya ToyoDai. Begitu pasang grounding yg proper, efeknya berasa banget, signifikan. Yg jelas usia aki jauh lebih panjang dibanding belum pasang grounding. Respon mesin jg beda lumayan.
Om Evanbngdor, bisa tolong dijabarin efek grounding yg katanya berasa banget, signifikan.
Apa benar dgn grounding aja terasa respon mesin beda lumayan ? Soalnya ada yang bilang terasa dikit aja bedanya, itupun terasa di mobil-mobil yang berumur tua.
Efek yg paling kerasa di usia aki sih. Sebelum pasang grounding itu Aki Amaron pun ngga sampe 2 taun koit, aki bawaan malah 1 taun koit, GS jg sama. Setelah pasang grounding skg ini aki yg sama udah jalan hampir 2,5 tahun

Respon mesin terasa lumayan khususnya pada saat akselerasi malem hari, lampu2 nyala terus biasanya kalo kompresor ac jalan, di mesin terasa bgt drop tenaganya, begitu dipasang grounding lebih minim jauh. CRV saya lampu masih full halogen jd lumayan besar jg daya nya yg terpakai.

Kebetulan great corolla 1995 jg pasang grounding, malah secara performa jg efeknya mirip2, pd saat kompresor on, drop tenaga nya jd minim. Dan sebelumnya kalo nyala lampu, trs AC dinyalain, lampu instrumen itu keliatan sedikit kedip, setelah pasang grounding sih tetep ada kedip nya cuma dikit bgt, mirip mobil baru lah.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15523
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by ChZ »

evanbngdor wrote: Thu Apr 21, 2022 5:00
Efek yg paling kerasa di usia aki sih. Sebelum pasang grounding itu Aki Amaron pun ngga sampe 2 taun koit, aki bawaan malah 1 taun koit, GS jg sama. Setelah pasang grounding skg ini aki yg sama udah jalan hampir 2,5 tahun
hmmm jadi ini alasan kenapa honda kok hobi banget ganti aki. klo di CRV aja gitu apalagi yg macem brio itu biasa akinya short lived banget paling 1 thn udah kaput.

ini civic usia 5 taun aja udah 2x ganti aki.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by sherryandkez »

Omnibus wrote: Wed Apr 20, 2022 3:03 coba bawa ke Honda Camp nih. spesialis honda, rasa bengkel resmi, setengah harga. ciyee :upss:

itu kayanya kemungkinan ada urusan sama rodent, kabel kena gigit. makanya di scan mungkin ga kebaca krn no communication. soalnya kl semua normal dan kebaca yg bikin mati gitu paling crankshaft position sensor yg koit. atau yg ga kebaca dtc yaitu fuel pump lemah.

ini seputar bengkel yg barusan disebut


ini bengkel bagus, yang megang namanya om gito n bisa home service. genio saya mogok sama dia diidupin 1.25jt 1 jam kelar :mky_02:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by evanbngdor »

ChZ wrote: Thu Apr 21, 2022 7:00
evanbngdor wrote: Thu Apr 21, 2022 5:00
Efek yg paling kerasa di usia aki sih. Sebelum pasang grounding itu Aki Amaron pun ngga sampe 2 taun koit, aki bawaan malah 1 taun koit, GS jg sama. Setelah pasang grounding skg ini aki yg sama udah jalan hampir 2,5 tahun
hmmm jadi ini alasan kenapa honda kok hobi banget ganti aki. klo di CRV aja gitu apalagi yg macem brio itu biasa akinya short lived banget paling 1 thn udah kaput.

ini civic usia 5 taun aja udah 2x ganti aki.
Ya itu salah satu faktor aja mungkin ya mbah. Faktor lain ya rata2 ukuran aki honda memang minimalis bgt, kayaknya ngepas bgt daya nya sama kebutuhan listrik mobil.

Belom lg faktor lain kayak suhu di sekitar aki yg pasti akan berpengaruh jg
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Or4cle »

evanbngdor wrote: Thu Apr 21, 2022 5:00
Or4cle wrote: Thu Apr 21, 2022 4:21
evanbngdor wrote: Thu Apr 21, 2022 3:54

Kalau ada niat, cb pasang OBD reader jd pas mesin mati dadakan itu langsung cek di OBD reader nya kode nya apa. Nanti kode itu yg disampaikan ke pihak bengkel.

Udah cb cek secara kelistrikan Om? Sorry to say memang produk honda itu wiring nya bikin geleng-geleng sih. Bahkan CRV saya pun itu grounding system nya ngga lebih baik drpd LMPV nya ToyoDai. Begitu pasang grounding yg proper, efeknya berasa banget, signifikan. Yg jelas usia aki jauh lebih panjang dibanding belum pasang grounding. Respon mesin jg beda lumayan.
Om Evanbngdor, bisa tolong dijabarin efek grounding yg katanya berasa banget, signifikan.
Apa benar dgn grounding aja terasa respon mesin beda lumayan ? Soalnya ada yang bilang terasa dikit aja bedanya, itupun terasa di mobil-mobil yang berumur tua.
Efek yg paling kerasa di usia aki sih. Sebelum pasang grounding itu Aki Amaron pun ngga sampe 2 taun koit, aki bawaan malah 1 taun koit, GS jg sama. Setelah pasang grounding skg ini aki yg sama udah jalan hampir 2,5 tahun

Respon mesin terasa lumayan khususnya pada saat akselerasi malem hari, lampu2 nyala terus biasanya kalo kompresor ac jalan, di mesin terasa bgt drop tenaganya, begitu dipasang grounding lebih minim jauh. CRV saya lampu masih full halogen jd lumayan besar jg daya nya yg terpakai.

Kebetulan great corolla 1995 jg pasang grounding, malah secara performa jg efeknya mirip2, pd saat kompresor on, drop tenaga nya jd minim. Dan sebelumnya kalo nyala lampu, trs AC dinyalain, lampu instrumen itu keliatan sedikit kedip, setelah pasang grounding sih tetep ada kedip nya cuma dikit bgt, mirip mobil baru lah.
Terima ksh ats insight nya ... kayaknya mobil aku sdh waktunya dipasang grounding. Aki sih gak masalah, rata-rata 2 tahun (paling lama 2.4 tahun) cuma power window dipencet & AC bekerja memang terasa drop dikit.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11308
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Fri Apr 22, 2022 22:59
evanbngdor wrote: Thu Apr 21, 2022 5:00
Or4cle wrote: Thu Apr 21, 2022 4:21

Om Evanbngdor, bisa tolong dijabarin efek grounding yg katanya berasa banget, signifikan.
Apa benar dgn grounding aja terasa respon mesin beda lumayan ? Soalnya ada yang bilang terasa dikit aja bedanya, itupun terasa di mobil-mobil yang berumur tua.
Efek yg paling kerasa di usia aki sih. Sebelum pasang grounding itu Aki Amaron pun ngga sampe 2 taun koit, aki bawaan malah 1 taun koit, GS jg sama. Setelah pasang grounding skg ini aki yg sama udah jalan hampir 2,5 tahun

Respon mesin terasa lumayan khususnya pada saat akselerasi malem hari, lampu2 nyala terus biasanya kalo kompresor ac jalan, di mesin terasa bgt drop tenaganya, begitu dipasang grounding lebih minim jauh. CRV saya lampu masih full halogen jd lumayan besar jg daya nya yg terpakai.

Kebetulan great corolla 1995 jg pasang grounding, malah secara performa jg efeknya mirip2, pd saat kompresor on, drop tenaga nya jd minim. Dan sebelumnya kalo nyala lampu, trs AC dinyalain, lampu instrumen itu keliatan sedikit kedip, setelah pasang grounding sih tetep ada kedip nya cuma dikit bgt, mirip mobil baru lah.
Terima ksh ats insight nya ... kayaknya mobil aku sdh waktunya dipasang grounding. Aki sih gak masalah, rata-rata 2 tahun (paling lama 2.4 tahun) cuma power window dipencet & AC bekerja memang terasa drop dikit.
kl ga ada modifikasi apapun spt power audio, lampu high watt, klakson, dsb grounding standar itu sdh cukup mbah. kl krn usia, yg perlu perhatian itu terminal kabel ground nya hrs dibersihkan kl bisa semuanya tp yg utama yg kabel ground pendek dr body ke terminal min aki krn kabel itu yg bottleneck (prinsip arus DC semua arus hrs kembali ke kutub min aki). itu bautnya dibuka dibersihkan dr karat atau kotoran. krn org ga touch itu makanya nambah ground cable terasa ngaruh krn sama spt mengganti kabel standar yg sdh berkurang kemampuannya.
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Or4cle »

Omnibus wrote: Sat Apr 23, 2022 6:53
Or4cle wrote: Fri Apr 22, 2022 22:59
evanbngdor wrote: Thu Apr 21, 2022 5:00

Efek yg paling kerasa di usia aki sih. Sebelum pasang grounding itu Aki Amaron pun ngga sampe 2 taun koit, aki bawaan malah 1 taun koit, GS jg sama. Setelah pasang grounding skg ini aki yg sama udah jalan hampir 2,5 tahun

Respon mesin terasa lumayan khususnya pada saat akselerasi malem hari, lampu2 nyala terus biasanya kalo kompresor ac jalan, di mesin terasa bgt drop tenaganya, begitu dipasang grounding lebih minim jauh. CRV saya lampu masih full halogen jd lumayan besar jg daya nya yg terpakai.

Kebetulan great corolla 1995 jg pasang grounding, malah secara performa jg efeknya mirip2, pd saat kompresor on, drop tenaga nya jd minim. Dan sebelumnya kalo nyala lampu, trs AC dinyalain, lampu instrumen itu keliatan sedikit kedip, setelah pasang grounding sih tetep ada kedip nya cuma dikit bgt, mirip mobil baru lah.
Terima ksh ats insight nya ... kayaknya mobil aku sdh waktunya dipasang grounding. Aki sih gak masalah, rata-rata 2 tahun (paling lama 2.4 tahun) cuma power window dipencet & AC bekerja memang terasa drop dikit.
kl ga ada modifikasi apapun spt power audio, lampu high watt, klakson, dsb grounding standar itu sdh cukup mbah. kl krn usia, yg perlu perhatian itu terminal kabel ground nya hrs dibersihkan kl bisa semuanya tp yg utama yg kabel ground pendek dr body ke terminal min aki krn kabel itu yg bottleneck (prinsip arus DC semua arus hrs kembali ke kutub min aki). itu bautnya dibuka dibersihkan dr karat atau kotoran. krn org ga touch itu makanya nambah ground cable terasa ngaruh krn sama spt mengganti kabel standar yg sdh berkurang kemampuannya.
Nahhh ini mbah ... grounding ini masih kontroversi, masih banyak pro & kontra. Beberapa ahli kabel & listrik bilang gak perlu, yang penting body & terminal kabel grounding bersih sdh cukup. Itu yg bikin saya maju-mundur buat upgrade grounding
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11308
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by Omnibus »

Or4cle wrote: Sat Apr 23, 2022 7:00
Omnibus wrote: Sat Apr 23, 2022 6:53
Or4cle wrote: Fri Apr 22, 2022 22:59

Terima ksh ats insight nya ... kayaknya mobil aku sdh waktunya dipasang grounding. Aki sih gak masalah, rata-rata 2 tahun (paling lama 2.4 tahun) cuma power window dipencet & AC bekerja memang terasa drop dikit.
kl ga ada modifikasi apapun spt power audio, lampu high watt, klakson, dsb grounding standar itu sdh cukup mbah. kl krn usia, yg perlu perhatian itu terminal kabel ground nya hrs dibersihkan kl bisa semuanya tp yg utama yg kabel ground pendek dr body ke terminal min aki krn kabel itu yg bottleneck (prinsip arus DC semua arus hrs kembali ke kutub min aki). itu bautnya dibuka dibersihkan dr karat atau kotoran. krn org ga touch itu makanya nambah ground cable terasa ngaruh krn sama spt mengganti kabel standar yg sdh berkurang kemampuannya.
Nahhh ini mbah ... grounding ini masih kontroversi, masih banyak pro & kontra. Beberapa ahli kabel & listrik bilang gak perlu, yang penting body & terminal kabel grounding bersih sdh cukup. Itu yg bikin saya maju-mundur buat upgrade grounding
sebelum sy punya DC Amp Clamp (tang ampere DC) juga itu selalu jd misteri. setelah punya alat itu yg harganya ga ada yg murah (kl tang ampere AC banyak yg murah) sy pernah ukur di kabel yg tadi sy bilang bottle neck, dgn semua load dinyalain (lampu, radio, ac, defogger) msh jauh bgt dr kemampuan AWG (american wire gauge) rating kabel standar yg terpasang. makanya cukup pelihara kondisi terminal yg bersinggungannya aja.
pabrik juga udah ngukur kali, mrk kan pasti menyesuaikan AWG yg diperlukan dgn kebutuhannya.

cara lain bisa ukur voltage drop antara alternator dan aki, dan antara grounding terminal di mesin atau ground point di body vs terminal min aki. ga boleh lbh dr:

200 mV Wire or cable
300 mV Switch
100 mV Ground
0 mV to <50 mV Sensor Connections
0.0V Connections

selama itu passed, there's no need extra cables.

scientific mbah, jangan perasaan. :big_smile]
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10996
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Check engine nyala, mesin mati mendadak

Post by marmut »

Omnibus wrote: Sat Apr 23, 2022 7:25 .

scientific mbah, jangan perasaan.
:big_smile]


:frm_salut: