(tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by RezPrat »

Jgn di lupakan juga space yg diperlukan buat AT konvensional 8-10 speed, kalau mobilnya FWD bakal lebar banget tuh mobil, lain kata kalau dia RWD, gak terlalu masalah space d engine bay nya buat 8-10 AT conventional. Kelebihan CVT kan dia Compact, gak perlu space banyak dan dia lebih ringan juga.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Mon May 30, 2022 2:29
wkwkwkw X1 lineup termurah udah 800juta loh. 850juta malah, 80jt lebih mahal dari accord.

klo bilang jerman quality mah gw naik X1 juga bingung ini jerman quality apanya ama civic enakan civic....

kirain mobil 3 silinder 800jt bisa spesial gimana gitu rasanya. kenceng jg kaga, cm 140hp, dampening suspensinya gak enak, interior murahan, handling jg kayaknya cuma slightly better dari HRV.

5 taon lagi jg mulai shirr repairing plisurrnya bikin pusing.

benernya utk standar sekarang, accord 770juta gak mahal. cm emang inflasi harga mobil kita aja yang udah ngalahin batas psikologis. krn dulu waktu CRV masih 500 juta kecil, accord keluar harga 700 kecil, skrg CRV 650 accord 770.
X1 emang mobil aneh itu, FWD, 3 silinder, tenaga boyo. Harga super tanggung. Alesan beli X1 kayaknya kalo ogn mbl eropa, duitnya pas2an kurleb 1M dan daerah rumah banjir deh jd ga bisa beli sedan. Atau emang ga suka pake sedan :big_biglaugh:

Jgn ngebandingin gitu om, tar CX5 owner juga bisa bandingin ma crv. Lebih murah CX5 10% tp built quality, NVH, dll kalah jauh :upss:

Kalo ngomongin harga, tipe2 hondo tertentu (terutama yg laris) emang naiknya gila sih. Berdasarkan memory ane dlu 2009 akhir beli E90 sekitar 560 apa 580an (realnya sebenernya 500 kecil karena diskon lumayan gede, tp diskon kita ga itung). Sedangkan crv gen 3 di 300an (bokap sempet beli 2007 masih dibawah 280an, jual 2008 malah untung karena dari 2007 ke 2008 harga naik lumayan) artinya dlu harga crv sekitar 51-52% harga 320. Sekarang 320i otr 1.03M dan crv di 650an, artinya harga 63% harga 320i. Tp itu comparison yg ane inget aja ya soalnya pernah beli sendiri. kalo dibandingin sama accord segala kayaknya accord persentase kenaikannya jauh lebih kecil deh. Tp ya accord kan line-up pelengkap doang. CMIIW kalo perhitungannya salah, uda 14-15 thn lalu dan bukan ane sendiri yg beli soalnya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ariswp »

ac235287 wrote: Mon May 30, 2022 3:48 Jgn di lupakan juga space yg diperlukan buat AT konvensional 8-10 speed, kalau mobilnya FWD bakal lebar banget tuh mobil, lain kata kalau dia RWD, gak terlalu masalah space d engine bay nya buat 8-10 AT conventional. Kelebihan CVT kan dia Compact, gak perlu space banyak dan dia lebih ringan juga.
Di honda malah 10AT inhousenya lebih kompak, lebih ringan dari pada 5AT dan 6AT inhouse sebelumnya
Lebih efisien juga transfer daya nya
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon May 30, 2022 2:23
DOHC wrote: Mon May 30, 2022 1:51
KielConstantine wrote: Sun May 29, 2022 8:21

Kira2 adek hrv pake engine apa ya kalo gitu . Buat lawan raize/rocky

Dy ada yg 1.0 turbo jg kagak ya si honda , amit2 lah kalo pake mesin n/a lagi . Malesin banget kg bisa lari :mky_07:
Raiz ama roki bole berturbo mbah

Tp pas d starter, aduh2 berasa lg nyalain agya itu
namanya beneran 1kr-gte itu mbah, telu silinder berkeong :big_grin:
Wiken kmaren sempet paranin, eh maksutnya mampir beres mbah mo beli trekstang, iseng liwatin bengkel coba dengerin si raiz, ampun deh pas denger suara starter nya, trus pas d blayer2 mesin nya, rasain geteran nya, berasa cuman agya d turbo in mbah

Masalah nya suara starter enjin2 daihatsu tuh dr jaman charade kotak, zebra, taruna, apansa K3 dan SZ enjin, ampe 1KR tuh nyakitin kuping banget, terkesan murah banget.. lah ini si raiz ud ampir nopetiaw koq suara ga beda ama mobil cepetiaw :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by DOHC »

ChZ wrote: Mon May 30, 2022 2:29

di USA develop 2.0T bener krn di sana demand buat accord V6 gede. di asia mah udah hybrid ama 1.5T aja, ngga bakal dipake bejek bejekan di sini mobil mewah beda ama di sono accord emang mobil sekelas innova aja cm mobil rakyat yang agak menengah, yg jelata pake civic :big_biglaugh:

Kayanya enjin2 imut2 biar kata d turboin tetep susah jual d mamarika mbah

Kan d sana jalan segede2 dan sejauh2 nya, nyetir dr ruma ke kantor 50 miles (bukan km loh) bagi mreka biasa aj, makanya otomatis perlu mobil yg cc gede biar enjin ga perlu ngeraung2 pas cruising d highway

Beda ama pasar asia yg jalan nya imut2 pendek2, enjin kecil imut yg penting irit rit ritt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 952
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by vanosz »

Suryaputra wrote: Sun May 29, 2022 5:17
b0ku wrote: Sun May 29, 2022 2:12
Suryaputra wrote: Sun May 29, 2022 2:06
Keknya kecil kemungkinan.
Krn production cost lbh tinggi, more parts dan CVT bisa simulate mau brp gear jg bs :big_biglaugh:
gak pernah tau mungkin khusus mesinturbonya aja :big_grin:

klo mobil murah tetep cvt

masa premium car kek integra maticnya CVT lawak banget :wkkk:

kalo mereka mau pertahanin 1.5t apalagi mau di pasang di line up acura harusnya sih kudu pake yang laen :mky_03:
Lah itu buktinya akor 700 an pk CVT :weekk:

Yg 2.0T masuk sini? Seberapa besar peminatnya?
Krn ini penting buat supply chain parts2nya
kelas acor jangan samain dengan brio, :weekk:


pokoe acor dikasi mesin 1,5 t sungguh terlalu,


pajak sudah dimurahin,

alasan apalg,






:ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Mon May 30, 2022 3:53
X1 emang mobil aneh itu, FWD, 3 silinder, tenaga boyo. Harga super tanggung. Alesan beli X1 kayaknya kalo ogn mbl eropa, duitnya pas2an kurleb 1M dan daerah rumah banjir deh jd ga bisa beli sedan. Atau emang ga suka pake sedan :big_biglaugh:

Jgn ngebandingin gitu om, tar CX5 owner juga bisa bandingin ma crv. Lebih murah CX5 10% tp built quality, NVH, dll kalah jauh :upss:

Kalo ngomongin harga, tipe2 hondo tertentu (terutama yg laris) emang naiknya gila sih. Berdasarkan memory ane dlu 2009 akhir beli E90 sekitar 560 apa 580an (realnya sebenernya 500 kecil karena diskon lumayan gede, tp diskon kita ga itung). Sedangkan crv gen 3 di 300an (bokap sempet beli 2007 masih dibawah 280an, jual 2008 malah untung karena dari 2007 ke 2008 harga naik lumayan) artinya dlu harga crv sekitar 51-52% harga 320. Sekarang 320i otr 1.03M dan crv di 650an, artinya harga 63% harga 320i. Tp itu comparison yg ane inget aja ya soalnya pernah beli sendiri. kalo dibandingin sama accord segala kayaknya accord persentase kenaikannya jauh lebih kecil deh. Tp ya accord kan line-up pelengkap doang. CMIIW kalo perhitungannya salah, uda 14-15 thn lalu dan bukan ane sendiri yg beli soalnya.
bener mbah, pewe tiguan biar kata 100jete lebih murah aja ga segitunya. sama-sama jerman loh. pdhl VW tier brand nya ga se-premium BMW.

bnernya skrg susah kalau mau compare krn pasti juga efek varian dan fitur beda.

tp kalau sama-sama non honda sensing type non sensing CRV 585jt / 1.020jt jadi 57%, tetep lebih tinggi sih 5% :big_biglaugh: kalau BMW 320i kan belum ada sensing sensingan juga kalau gak salah ya?

betul inflasi di accord/civic relatif rendah. emang aneh di indo, jualan mobil CKD malah jadi mahal.

kalau gini sih paling mikir jeleknya ini disubsidi silang aja krn namanya dagang tuh ga mungkin jual barang kemahalan vs kompetitor. apalagi mobil yang jarang laku.

klo paling gampang liat mobil mana yang harganya paling "ditahan", margin pasti ga gede biar kompetitif.

paling itu barang volumemaker macem Brio HRV BRV margin ga gede. HRV yang 1.5 liter NA ganti model gak naik harga itu udah keliatan sendiri :big_biglaugh:
DOHC wrote: Mon May 30, 2022 4:09
Kayanya enjin2 imut2 biar kata d turboin tetep susah jual d mamarika mbah

Kan d sana jalan segede2 dan sejauh2 nya, nyetir dr ruma ke kantor 50 miles (bukan km loh) bagi mreka biasa aj, makanya otomatis perlu mobil yg cc gede biar enjin ga perlu ngeraung2 pas cruising d highway

Beda ama pasar asia yg jalan nya imut2 pendek2, enjin kecil imut yg penting irit rit ritt
nah kmaren ketemu sodara iparnya nyokap tinggal di kanada.... doi bilang pake CRV AWD boyo parah. lah di sini CRV 1.5 turbo mah udah macem performance car :big_biglaugh: di usa sono kan CRV mobil emak emak macem avanza

mana mobil-mobil family di sana tuh V6 3 liter keatas udah standar banget.
Last edited by ChZ on Mon May 30, 2022 4:45, edited 2 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
blackncp91
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Mon Feb 15, 2021 5:30
Location: Indonesia

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by blackncp91 »

DOHC wrote: Mon May 30, 2022 4:05
Omnibus wrote: Mon May 30, 2022 2:23
DOHC wrote: Mon May 30, 2022 1:51

Raiz ama roki bole berturbo mbah

Tp pas d starter, aduh2 berasa lg nyalain agya itu
namanya beneran 1kr-gte itu mbah, telu silinder berkeong :big_grin:
Wiken kmaren sempet paranin, eh maksutnya mampir beres mbah mo beli trekstang, iseng liwatin bengkel coba dengerin si raiz, ampun deh pas denger suara starter nya, trus pas d blayer2 mesin nya, rasain geteran nya, berasa cuman agya d turbo in mbah

Masalah nya suara starter enjin2 daihatsu tuh dr jaman charade kotak, zebra, taruna, apansa K3 dan SZ enjin, ampe 1KR tuh nyakitin kuping banget, terkesan murah banget.. lah ini si raiz ud ampir nopetiaw koq suara ga beda ama mobil cepetiaw :upss:
Ini koq bener banget ya, sampe ngakak saya :big_biglaugh:

Baru bgt minggu kemarin tetangga sebelah saya komen hal yg persis sama pas sy lg starter si raize di pagi hari, dia komen, om itu mobil lo koq suara starternya mirip bgt sama agya anak gw sih :big_biglaugh: trus sy sautin, lah memang mesinnya sama om, ini cuma bedanya ditambah turbo doang, hahaha
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

blackncp91 wrote: Mon May 30, 2022 4:38
DOHC wrote: Mon May 30, 2022 4:05
Wiken kmaren sempet paranin, eh maksutnya mampir beres mbah mo beli trekstang, iseng liwatin bengkel coba dengerin si raiz, ampun deh pas denger suara starter nya, trus pas d blayer2 mesin nya, rasain geteran nya, berasa cuman agya d turbo in mbah

Masalah nya suara starter enjin2 daihatsu tuh dr jaman charade kotak, zebra, taruna, apansa K3 dan SZ enjin, ampe 1KR tuh nyakitin kuping banget, terkesan murah banget.. lah ini si raiz ud ampir nopetiaw koq suara ga beda ama mobil cepetiaw :upss:
Ini koq bener banget ya, sampe ngakak saya :big_biglaugh:

Baru bgt minggu kemarin tetangga sebelah saya komen hal yg persis sama pas sy lg starter si raize di pagi hari, dia komen, om itu mobil lo koq suara starternya mirip bgt sama agya anak gw sih :big_biglaugh: trus sy sautin, lah memang mesinnya sama om, ini cuma bedanya ditambah turbo doang, hahaha
nah sama gw cobain rocky 1.0MT kyk ayla cuma torsinya lebih padet aja :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Mon May 30, 2022 4:37
kendibocor wrote: Mon May 30, 2022 3:53
X1 emang mobil aneh itu, FWD, 3 silinder, tenaga boyo. Harga super tanggung. Alesan beli X1 kayaknya kalo ogn mbl eropa, duitnya pas2an kurleb 1M dan daerah rumah banjir deh jd ga bisa beli sedan. Atau emang ga suka pake sedan :big_biglaugh:

Jgn ngebandingin gitu om, tar CX5 owner juga bisa bandingin ma crv. Lebih murah CX5 10% tp built quality, NVH, dll kalah jauh :upss:

Kalo ngomongin harga, tipe2 hondo tertentu (terutama yg laris) emang naiknya gila sih. Berdasarkan memory ane dlu 2009 akhir beli E90 sekitar 560 apa 580an (realnya sebenernya 500 kecil karena diskon lumayan gede, tp diskon kita ga itung). Sedangkan crv gen 3 di 300an (bokap sempet beli 2007 masih dibawah 280an, jual 2008 malah untung karena dari 2007 ke 2008 harga naik lumayan) artinya dlu harga crv sekitar 51-52% harga 320. Sekarang 320i otr 1.03M dan crv di 650an, artinya harga 63% harga 320i. Tp itu comparison yg ane inget aja ya soalnya pernah beli sendiri. kalo dibandingin sama accord segala kayaknya accord persentase kenaikannya jauh lebih kecil deh. Tp ya accord kan line-up pelengkap doang. CMIIW kalo perhitungannya salah, uda 14-15 thn lalu dan bukan ane sendiri yg beli soalnya.
bener mbah, pewe tiguan biar kata 100jete lebih murah aja ga segitunya. sama-sama jerman loh. pdhl VW tier brand nya ga se-premium BMW.

bnernya skrg susah kalau mau compare krn pasti juga efek varian dan fitur beda.

tp kalau sama-sama non honda sensing type non sensing CRV 585jt / 1.020jt jadi 57%, tetep lebih tinggi sih 5% :big_biglaugh: kalau BMW 320i kan belum ada sensing sensingan juga kalau gak salah ya?

betul inflasi di accord/civic relatif rendah. emang aneh di indo, jualan mobil CKD malah jadi mahal.

kalau gini sih paling mikir jeleknya ini disubsidi silang aja krn namanya dagang tuh ga mungkin jual barang kemahalan vs kompetitor. apalagi mobil yang jarang laku.

klo paling gampang liat mobil mana yang harganya paling "ditahan", margin pasti ga gede biar kompetitif.

paling itu barang volumemaker macem Brio HRV BRV margin ga gede. HRV yang 1.5 liter NA ganti model gak naik harga itu udah keliatan sendiri :big_biglaugh:
Boro2 sensing2an mbah, cruise control standar aja ga ada yg awal keluar 2019, gatau kalo yg 2022 ada update :big_biglaugh:
Malah dikasi speed limit sama lampu laser2an yg kalo pecah sepasang harganya 80-90 jt (kalo bisa lasernya bisa buat nembak mobil2 rese dijalan sih mending). Makanya ga lama trim sportnya ilang ganti trim lain dan lampu balik LED lg. Asuransi bisa teriak itu kalo ganti lampu :big_biglaugh:
Entah pertimbangannya dari jaman beli E90 PFL juga gitu. HU ga ada bluetooth, headlamp reflektor, ada pencet2an di stir kayak voice command segala ga jalan. F30 jg ga ada kamera parkir belakang bahkan sampe facelift.

Kayaknya hondo kalo bukan volume maker ga terlalu peduli mereka. Laku sukur, ga laku ya udah. Crv gen 6 jg feeling ane akan mulai jadi "anak tiri" macem accord oddysey. Skrng SUV jualan mereka ya HRV bwat gantiin CRV, makanya hrv rs lumayan specnya bwat ngehajar saingannya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
blackncp91
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Mon Feb 15, 2021 5:30
Location: Indonesia

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by blackncp91 »

ChZ wrote: Mon May 30, 2022 4:41
blackncp91 wrote: Mon May 30, 2022 4:38
DOHC wrote: Mon May 30, 2022 4:05
Wiken kmaren sempet paranin, eh maksutnya mampir beres mbah mo beli trekstang, iseng liwatin bengkel coba dengerin si raiz, ampun deh pas denger suara starter nya, trus pas d blayer2 mesin nya, rasain geteran nya, berasa cuman agya d turbo in mbah

Masalah nya suara starter enjin2 daihatsu tuh dr jaman charade kotak, zebra, taruna, apansa K3 dan SZ enjin, ampe 1KR tuh nyakitin kuping banget, terkesan murah banget.. lah ini si raiz ud ampir nopetiaw koq suara ga beda ama mobil cepetiaw :upss:
Ini koq bener banget ya, sampe ngakak saya :big_biglaugh:

Baru bgt minggu kemarin tetangga sebelah saya komen hal yg persis sama pas sy lg starter si raize di pagi hari, dia komen, om itu mobil lo koq suara starternya mirip bgt sama agya anak gw sih :big_biglaugh: trus sy sautin, lah memang mesinnya sama om, ini cuma bedanya ditambah turbo doang, hahaha
nah sama gw cobain rocky 1.0MT kyk ayla cuma torsinya lebih padet aja :big_biglaugh:
Bener bgt om.. utk tarikannya sih jauh jauh lebih enak dibanding agya (kebetulan lg 2018 sempet dikasih mobil operasional kantor agya matic dan dipake wara wiri sekitar 6 bulanan), cuma kalo dipikir pikir lg skrg dgn harga raize tipe paling atas yg udah hampir menyentuh angka 300 juta, apa layak gitu ya mobil dgn build quality caur kaya gini dikasih label harga segitu :big_think:

Saya juga kalo kmrn bukan krn diskon ppnbm yg bikin harganya jd cukup masuk akal sih kemungkinan ga bakalan ambil si raiz :big_dunno:
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by RezPrat »

ariswp wrote: Mon May 30, 2022 3:59
ac235287 wrote: Mon May 30, 2022 3:48 Jgn di lupakan juga space yg diperlukan buat AT konvensional 8-10 speed, kalau mobilnya FWD bakal lebar banget tuh mobil, lain kata kalau dia RWD, gak terlalu masalah space d engine bay nya buat 8-10 AT conventional. Kelebihan CVT kan dia Compact, gak perlu space banyak dan dia lebih ringan juga.
Di honda malah 10AT inhousenya lebih kompak, lebih ringan dari pada 5AT dan 6AT inhouse sebelumnya
Lebih efisien juga transfer daya nya
Oh iya emang 10-speed Honda yg baru ini sgt kompak, bisa dipakai buat FWD, cuma setau ane baru d pakai sampai mid-size MPV/SUV/CUV/sedan keatas macam Accord,pilot sama odessey. Itu kan tadi diatas bincang2 nya ttg Civic/hrv...kalo mau yg 10speed perlu di gedein ruang Bonetnya.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by b0ku »

ac235287 wrote: Mon May 30, 2022 6:17
Oh iya emang 10-speed Honda yg baru ini sgt kompak, bisa dipakai buat FWD, cuma setau ane baru d pakai sampai mid-size MPV/SUV/CUV/sedan keatas macam Accord,pilot sama odessey. Itu kan tadi diatas bincang2 nya ttg Civic/hrv...kalo mau yg 10speed perlu di gedein ruang Bonetnya.
MUNGKIN terlalu muluk2x 10at buat 1.5 saya mah 8at aja ud bersyukur kalo 1.5 mah :big_bored:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon May 30, 2022 4:37
nah kmaren ketemu sodara iparnya nyokap tinggal di kanada.... doi bilang pake CRV AWD boyo parah. lah di sini CRV 1.5 turbo mah udah macem performance car :big_biglaugh: di usa sono kan CRV mobil emak emak macem avanza

mana mobil-mobil family di sana tuh V6 3 liter keatas udah standar banget.
kalo disini laku duo gajah diesel tubo disana kan yang laku triple V8 truk :big_biglaugh: top chartsnya selalu 3 itu SILVERRADO, RAM, F150 V8 6500CC :big_smoking:

JUARA 5

CRV.....:ngacir:

belom itung sieera yang kembaran sama silverado di posisi nomer 13 :big_biglaugh:

makannya orang sono suruh ganti EV pada ngamoek2x :wkkk:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Mon May 30, 2022 5:53
Boro2 sensing2an mbah, cruise control standar aja ga ada yg awal keluar 2019, gatau kalo yg 2022 ada update :big_biglaugh:
Malah dikasi speed limit sama lampu laser2an yg kalo pecah sepasang harganya 80-90 jt (kalo bisa lasernya bisa buat nembak mobil2 rese dijalan sih mending). Makanya ga lama trim sportnya ilang ganti trim lain dan lampu balik LED lg. Asuransi bisa teriak itu kalo ganti lampu :big_biglaugh:
Entah pertimbangannya dari jaman beli E90 PFL juga gitu. HU ga ada bluetooth, headlamp reflektor, ada pencet2an di stir kayak voice command segala ga jalan. F30 jg ga ada kamera parkir belakang bahkan sampe facelift.

Kayaknya hondo kalo bukan volume maker ga terlalu peduli mereka. Laku sukur, ga laku ya udah. Crv gen 6 jg feeling ane akan mulai jadi "anak tiri" macem accord oddysey. Skrng SUV jualan mereka ya HRV bwat gantiin CRV, makanya hrv rs lumayan specnya bwat ngehajar saingannya.
memang meneruskan tradisi shirr repairing plisurr komponen harga selangit :big_weee:

makanya knp yah jepangan pd getol sensing sensingan padahal jerman jg pada gak pasang :big_bored: cm alesan buat naikin harga doank.

nah skrg juga udah sepertinya mbah, itu CRV dipasang 660jt padahal psikologis marketnya masih 500juta-an. kalau mikir psikologis marketnya sih pasti ditekan banget jadi setara kompetitor minimal macem HRV S/E/SE.

jepang sendiri trend nya udah mobil kecil HRV ke bawah. CRV civic malah kebalik kayaknya yang JDM spec impor dari USA sejak civic gen 10. development CRV ma Civic juga tolok ukurnya USA market.
blackncp91 wrote: Mon May 30, 2022 5:53
Bener bgt om.. utk tarikannya sih jauh jauh lebih enak dibanding agya (kebetulan lg 2018 sempet dikasih mobil operasional kantor agya matic dan dipake wara wiri sekitar 6 bulanan), cuma kalo dipikir pikir lg skrg dgn harga raize tipe paling atas yg udah hampir menyentuh angka 300 juta, apa layak gitu ya mobil dgn build quality caur kaya gini dikasih label harga segitu :big_think:

Saya juga kalo kmrn bukan krn diskon ppnbm yg bikin harganya jd cukup masuk akal sih kemungkinan ga bakalan ambil si raiz :big_dunno:
waktu nemenin temen beli rocky itu aja kaget liat pricelist post PPNBM loh uda segini ya raize... 3xx juta cm buat glorified elsigisi. jadi mahalnya lagi krn malah mepet kelas atasnya avanza/veloz pdhl seharusnya di bawah :big_bored:
b0ku wrote: Mon May 30, 2022 7:03
ac235287 wrote: Mon May 30, 2022 6:17
Oh iya emang 10-speed Honda yg baru ini sgt kompak, bisa dipakai buat FWD, cuma setau ane baru d pakai sampai mid-size MPV/SUV/CUV/sedan keatas macam Accord,pilot sama odessey. Itu kan tadi diatas bincang2 nya ttg Civic/hrv...kalo mau yg 10speed perlu di gedein ruang Bonetnya.
MUNGKIN terlalu muluk2x 10at buat 1.5 saya mah 8at aja ud bersyukur kalo 1.5 mah :big_bored:
kalau pengen honda bikin 8AT, berarti musti semua lini nya pake juga. kyknya honda kalo gak demand market gede males juga bikin. 9AT di CRV diesel aja outsource ke ZF dan itupun gak berhasil.

dulu ada isu civic test mule pake 10AT eh akhirnya ya 1.5 CVT juga.

accord 10AT itu kayaknya emang ngincer pasar USA banget. krn di sana mobil macem mustang camaro gitu-gitu kan udah pake 8-10 speed semua

klo pabrikan macem honda yang market capnya gak gede sih bocuan bikin inovasi yang gak bakal kepake di 80% lineup :ungg: cuma laku di USA dan indo.

sama kyk mazda knp skyactiv kesannya males update dari 2012 ya pakenya 1.5-2.5 liter 6 speed mulu, ya krn market capnya gak gede.

yg segede toyota hyundai VW ya berani coba-coba lempar ke market, tapi ya gak semuanya ok juga :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon May 30, 2022 7:34 kalau pengen honda bikin 8AT, berarti musti semua lini nya pake juga. kyknya honda kalo gak demand market gede males juga bikin. 9AT di CRV diesel aja outsource ke ZF dan itupun gak berhasil.

dulu ada isu civic test mule pake 10AT eh akhirnya ya 1.5 CVT juga.

accord 10AT itu kayaknya emang ngincer pasar USA banget. krn di sana mobil macem mustang camaro gitu-gitu kan udah pake 8-10 speed semua

klo pabrikan macem honda yang market capnya gak gede sih bocuan bikin inovasi yang gak bakal kepake di 80% lineup :ungg: cuma laku di USA dan indo.

sama kyk mazda knp skyactiv kesannya males update dari 2012 ya pakenya 1.5-2.5 liter 6 speed mulu, ya krn market capnya gak gede.

yg segede toyota hyundai VW ya berani coba-coba lempar ke market, tapi ya gak semuanya ok juga :big_biglaugh:
tapi keknya boleh la buat linenya acura masa integra pake cvt :big_biglaugh:, itu dulu K20 DCT ada cuma buat acura doank lagi DCT+TORQUE conventer banyak yang suka tuh dulu katanya nyaman kek matic biasa tapi kalo dah lari dapet fell dsgnya :mky_01:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kendibocor »

ChZ wrote: Mon May 30, 2022 7:34
memang meneruskan tradisi shirr repairing plisurr komponen harga selangit :big_weee:

makanya knp yah jepangan pd getol sensing sensingan padahal jerman jg pada gak pasang :big_bored: cm alesan buat naikin harga doank.

nah skrg juga udah sepertinya mbah, itu CRV dipasang 660jt padahal psikologis marketnya masih 500juta-an. kalau mikir psikologis marketnya sih pasti ditekan banget jadi setara kompetitor minimal macem HRV S/E/SE.

jepang sendiri trend nya udah mobil kecil HRV ke bawah. CRV civic malah kebalik kayaknya yang JDM spec impor dari USA sejak civic gen 10. development CRV ma Civic juga tolok ukurnya USA market.

kalau pengen honda bikin 8AT, berarti musti semua lini nya pake juga. kyknya honda kalo gak demand market gede males juga bikin. 9AT di CRV diesel aja outsource ke ZF dan itupun gak berhasil.

dulu ada isu civic test mule pake 10AT eh akhirnya ya 1.5 CVT juga.

accord 10AT itu kayaknya emang ngincer pasar USA banget. krn di sana mobil macem mustang camaro gitu-gitu kan udah pake 8-10 speed semua

klo pabrikan macem honda yang market capnya gak gede sih bocuan bikin inovasi yang gak bakal kepake di 80% lineup :ungg: cuma laku di USA dan indo.

sama kyk mazda knp skyactiv kesannya males update dari 2012 ya pakenya 1.5-2.5 liter 6 speed mulu, ya krn market capnya gak gede.

yg segede toyota hyundai VW ya berani coba-coba lempar ke market, tapi ya gak semuanya ok juga :big_biglaugh:
Kayaknya sensing2an di mbl jepun skrng karena trend aja. Ane pribadi kalo sampe harus beli mbl dan ada khusus trim sensing2an kayaknya sekarang ga bakal ambil trim itu. Eropa entah kenapa kalo fitur di indo (gatau kalo di negara asia lain, eropa, amrik kayak gimana) kesannya selalu lebih telat dari jepang kalo trim2 bawahnya. Dlu tahun 2000an aja sensor parkir uda lumayan menjamur, di E90 blm dapet. F30 ga ada kamera parkir. Bokap beli W212 FL 2012 saya lupa uda ada kamera apa blm, tp kayaknya blm ada baru sensor depan belakang yg aja yg super brisik kalo lg merayap macet karena motor selap selip dan pada bunyi semua tuh sensor. Sama kayak sekarang G20 jg kayaknya blm dapet active cruise control segala itu. Tp begitu fitur tsb dimasukin pada bilang sih emang pasti berasa jauh lebih refined daripada jepang.

Hondo kayaknya uda dapet sweet spot di mesin L15 ini. Bisa dimasukin ke semua lini mulai dari yg murah sampe yg mahal (yg mahal tinggal tambah turbo), setidaknya untuk di pasar asia gini. Kayaknya dengan mesin 1 basis gini mereka akan jauh lebih efisien karena banyak komponen serupa. Sekarang jg biem sama aja, mulai dari Seri X (kecuali X1), seri 3, seri 5 sampe seri 7 mesinnya kalo ga B48 ya B58. Tinggal mainin tuningan mau keluar tenaga brp dan karakternya seperti apa.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Mon May 30, 2022 8:56
Kayaknya sensing2an di mbl jepun skrng karena trend aja. Ane pribadi kalo sampe harus beli mbl dan ada khusus trim sensing2an kayaknya sekarang ga bakal ambil trim itu. Eropa entah kenapa kalo fitur di indo (gatau kalo di negara asia lain, eropa, amrik kayak gimana) kesannya selalu lebih telat dari jepang kalo trim2 bawahnya. Dlu tahun 2000an aja sensor parkir uda lumayan menjamur, di E90 blm dapet. F30 ga ada kamera parkir. Bokap beli W212 FL 2012 saya lupa uda ada kamera apa blm, tp kayaknya blm ada baru sensor depan belakang yg aja yg super brisik kalo lg merayap macet karena motor selap selip dan pada bunyi semua tuh sensor. Sama kayak sekarang G20 jg kayaknya blm dapet active cruise control segala itu. Tp begitu fitur tsb dimasukin pada bilang sih emang pasti berasa jauh lebih refined daripada jepang.

Hondo kayaknya uda dapet sweet spot di mesin L15 ini. Bisa dimasukin ke semua lini mulai dari yg murah sampe yg mahal (yg mahal tinggal tambah turbo), setidaknya untuk di pasar asia gini. Kayaknya dengan mesin 1 basis gini mereka akan jauh lebih efisien karena banyak komponen serupa. Sekarang jg biem sama aja, mulai dari Seri X (kecuali X1), seri 3, seri 5 sampe seri 7 mesinnya kalo ga B48 ya B58. Tinggal mainin tuningan mau keluar tenaga brp dan karakternya seperti apa.
BMW dulu mesin inline 6 betebaran kemana2x sekarang 2,0turbo :big_bored:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Mon May 30, 2022 9:54 BMW dulu mesin inline 6 betebaran kemana2x sekarang 2,0turbo :big_bored:
Lah itu mah semua pabrikan jg gitu om. Hondo K24, K20 di indo uda punah, gantinya L15 turbo. Merc E63nya aja tadinya 6200cc turun ke 5500cc, skrng cuman 4000cc. Tp output selalu naek. 2000cc turbo AMG outputnya uda sampe 400hp loh om, uda ngejer V8 bmw jaman E90. Dlu E90 yg 6 silinder aja cuma dapet 300hp an. Kayaknya jaman skrng mobil 400hp untuk di jalan uda sangat2 lebih dari cukup.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Mon May 30, 2022 13:53

Lah itu mah semua pabrikan jg gitu om. Hondo K24, K20 di indo uda punah, gantinya L15 turbo. Merc E63nya aja tadinya 6200cc turun ke 5500cc, skrng cuman 4000cc. Tp output selalu naek. 2000cc turbo AMG outputnya uda sampe 400hp loh om, uda ngejer V8 bmw jaman E90. Dlu E90 yg 6 silinder aja cuma dapet 300hp an. Kayaknya jaman skrng mobil 400hp untuk di jalan uda sangat2 lebih dari cukup.
buat saya sih 130hp juga dah cukup om yang penting chasisnya bagus revnya tinggi :mky_03:

saya kepengen V8 muscle car butut justru bukan buat di bawa ngebut ugal2xan malah pengen dibawa cruising paling lari sante2x sedapetnya kalo dapet 180-200kmh ya lari segitu :wkkk:

enakan juga cruising ke gunung bawa sante ngebut sedapetnya aja dengerin raungan mesin sama nikmatin handling dan presisi setirnya mobilnya :mky_01:

abis kenceng2x gak dapet piala sama hadiah gede om abis itu besok ada sultan beli buggati atau tesla plaid juga kita gak bisa kalahin :mky_03:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Mon May 30, 2022 15:19
kendibocor wrote: Mon May 30, 2022 13:53

Lah itu mah semua pabrikan jg gitu om. Hondo K24, K20 di indo uda punah, gantinya L15 turbo. Merc E63nya aja tadinya 6200cc turun ke 5500cc, skrng cuman 4000cc. Tp output selalu naek. 2000cc turbo AMG outputnya uda sampe 400hp loh om, uda ngejer V8 bmw jaman E90. Dlu E90 yg 6 silinder aja cuma dapet 300hp an. Kayaknya jaman skrng mobil 400hp untuk di jalan uda sangat2 lebih dari cukup.
buat saya sih 130hp juga dah cukup om yang penting chasisnya bagus revnya tinggi :mky_03:

saya kepengen V8 muscle car butut justru bukan buat di bawa ngebut ugal2xan malah pengen dibawa cruising paling lari sante2x sedapetnya kalo dapet 180-200kmh ya lari segitu :wkkk:

enakan juga cruising ke gunung bawa sante ngebut sedapetnya aja dengerin raungan mesin sama nikmatin handling dan presisi setirnya mobilnya :mky_01:

abis kenceng2x gak dapet piala sama hadiah gede om abis itu besok ada sultan beli buggati atau tesla plaid juga kita gak bisa kalahin :mky_03:
Ya makanya om, kenapa bingung skrng baling2 ga pake inline 6 lg, yg penting sasis tetep ajib bwat jalan sana sini :mky_03:
Rev tinggi2 jg ga guna om, real life sehari-hari kayaknya kita pake mobil ngerev paling sampe 3rb uda pindah gigi lg. Kecuali malem2 kebelet buang hajat atau nganter pacar kemaleman uda dibawain golok ma bapaknya :ngacir:
Kalo di jkt mah kalah om bugatti ma hrv, mana bisa selap-selip kiri-kanan om. Kesenggol ibu2 naek mio bisa nangis om :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Mon May 30, 2022 15:26
Ya makanya om, kenapa bingung skrng baling2 ga pake inline 6 lg, yg penting sasis tetep ajib bwat jalan sana sini :mky_03:
Rev tinggi2 jg ga guna om, real life sehari-hari kayaknya kita pake mobil ngerev paling sampe 3rb uda pindah gigi lg. Kecuali malem2 kebelet buang hajat atau nganter pacar kemaleman uda dibawain golok ma bapaknya :ngacir:
Kalo di jkt mah kalah om bugatti ma hrv, mana bisa selap-selip kiri-kanan om. Kesenggol ibu2 naek mio bisa nangis om :mky_03:
haha kepake sih om disaya makanya ccnya jgn gede2x :big_biglaugh:

saya belajar dari concept british roadster om mesin kecil chasis bagus, hasil akhirnya enak bejek polnya di tikungan sama buat manuver gampang :big_grin:

yang bikin ge8 perfect visibility dashboardnya enak trus dia FWD jadi enak enak banget buat hajar ditikungan yang penting chasisnya bisa handle power tuh mobil ya ud pasti bisa cuma 130hp itu juga kalo gak meleset bisa aja saya punya baru cuma 125-128 karena settingan kenalpot saya banyak maen torsi buat support ratio maticnya :mky_01:

daripada power gede pas manuver malah bikin setir lari2x akhirnya tenaganya neror kita sendiri bikin takut bejek pol :mky_01:
kentbertlee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kentbertlee »

hi all, gw sering denger tentang mobil matic cvt umur nya sampai 150ribu KM... nah yg d maksud umur itu gmn si? kalau da 150rebu itu rusak total ga bsa di pake lagi? apa gmn y? mungkin ada yang punya pengalaman disini?
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 952
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by vanosz »

teman dekat ane baru ganti 1 unit cvt utuh gans,garansi 1 taun,

lagi jalan santai nyala CE dan keterangannya torque converter,


dibongkar sabuknya sudah renggang ya,

infonya cvt mah amsiong gans,


setelah ganti langsung halus semriwing gans,



skrg teman dekat ane mau jual tuh gans,mau ganti terbaru,


Screenshot_20220925-191730_Video Player.jpg
Screenshot_20220925-191557_Video Player.jpg
Screenshot_20220925-191557_Video Player.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.