(tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 79
- Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55
(tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
BARUSAN sih di lapak ane ad yang cerita mobilio 2018nya cvtnya jebol di 225rb kmkentbertlee wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 6:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
ya contoh aja mungkin kalo di rawat bener bisa awet kek gitu buat pencegahan sering2xlah tap oli jgn suka ikutin buku service kalo soal transmissi soalnya ajaran sesat saran sih mendingan 10rb buang toh olinya 2lt paling 200rb, soalnya oli matic yang kotor ngebawa serpihan besi di saluran transmissi ini dia yang bikin cepet rusak serpihannya ini pas ngalir ngegsek parts yang di lewatin sama dia, sama kalo ada filter oli maticnya juga kalo bisa juga rutin di ganti
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1779
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Kebetulan saya penguna Xtrail T32 yang CVTnya dibilang cukup rawan.kentbertlee wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 6:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
1. Betul, kalo sampe rusak total bisa 40an jt.
2. Kalo maintenance rutin gak masalah, kecuali ya kalo seperti raize/rocky itu sepertinya cukup rawan jebol cvtnya. Mesin 1.0Tnya kalo gak salah bisa 140nm torsinya, sedangkan transmisi cvt yang dipake didesign buat mobil kecil dan ratingnya cuma sekitar 150an nm. Only time will tell kalo yang ini sih...
3. Asal kondisi bagus, maintenance rutin, dan mobilnya gak cape cape amat, aman sih om.
4. Nah, ini nih yang rada sesat. Beres banyak yang anjurin ganti di 100rb, tapi saat 30-40rb aja mobil saya transmisinya udah gak enak bgt bolot berasanya dan mulai selip kalo hard acceleration, pas di kuras juga itu oli udah item bgt. Saran saya kalo pake oli yang kelasnya biasa biasa aja, gantilah max 20rb sekali max. Di T32 saya pake Q8 CVT EVO saya ganti 35rb-40rb sekali, toh oli cvt juga pakenya gak banyak paling 4-5 liter untuk ganti semua. So far (sekarang di kilometer 105xxx) mobil masih enak banget malah rasanya lebih enak dari pas pake oli bawaan (saya ganti Q8 sejak km 40rb kalo ga salah).
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1068
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Beli baru kan?
Ngapain pusing kan ada garansi
Dari dulu punya cvt,km jalan diatas 100 ribu semua blom pernah ada yg jebol
Ngapain pusing kan ada garansi
Dari dulu punya cvt,km jalan diatas 100 ribu semua blom pernah ada yg jebol
-
- SM Specialist
- Posts: 15572
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
kentbertlee wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 6:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
CVT in general lebih cepat rusak? jawabannya bisa iya bisa tidak. rule of thumb : semua benda mekanikal pasti akan memerlukan servis pada waktunya. be it manual atau automatic tradisional sekalipun. rusaknya kapan? ya mboh. tergantung banyak sekali hal.
tapi secara prinsip kerja emang berpotensi failure lebih cepat dibanding konvensional.
secara umum transmisi konvensional spt automatic dan manual (termasuk DCT dan AMT) itu punya mekanisme lock and release. komponen di dalamnya tidak dalam kondisi bergesekan / kontak terus menerus dan ketika masuk gir dia akan release clutch lalu lock ke gigi baru lock up lagi.
tapi hal ini tidak terjadi di CVT. operasi di CVT digerakkan oleh mekanisme pulley dan belt. walaupun CVT sekarang banyak dilengkapi dengan lock mechanism / stepped gear / sekuensial sehingga tidak selip terus menerus spt motor metik.
nah sebenernya apa yang bikin transmisi awet/tidak awet? panas. musuh utama transmisi (dan benda bergerak apapun) adalah panas. panas dari proses bergesekan, mekanisme lock and release / pindah gigi tsb, blom kita ngomongin panas dari mesin dan pengereman. sementara dia posisinya cooling aja harus ikut mesin. masalahnya di CVT pasti sangat panas krn terus-terusan bergesekan. sama dengan DCT dry yang walaupun dia ada mekanisme lock and release, tapi lock and release di DCT juga terjadi sangat cepat jadi antar clutch nya selalu melakukan gesekan dalam hitungan milidetik.
jadi apakah pemilik CVT "doomed" ? kartu mati pasti cepat rusak di atas 100 ribu kilo ? di sini biasa perdebatannya tapi yang bisa saya rest assure adalah CVT *generally* juga lebih awet daripada DSG-dry clutch.
beruntungnya CVT dibanding DSG-dry clutch adalah ia punya oli. oli CVT sangat berperan besar untuk melawan panas yang menyebabkan wear tersebut. atau minimal, prolong / memperpanjang umur komponen sebelum akhirnya break down. kalau mau tau seberapa besar peran fluid, ya liat aja gimana DSG-wet itu tingkat durabilitynya sejauh apa dibanding DSG-dry.
nah sama spt oli mesin dan oli-olian lain cairan ini juga perlu secara rutin di ganti yang masalahnya kebanyakan user tidak educated tentang ini cuma taunya ganti oli mesin aja selama pemakaian.
malah bengkel resmi juga tidak banyak mengedukasi tentang perlunya rutin ganti ATF / CVTF padahal mobil setiap hari disiksa di jalanan neraka jahanam +62. for the sake of "perawatan murah" sebagian ATPM tidak pernah memasukkan jadwal ganti CVTF rutin ke buku servis. sehingga user yang tdk aware ya akan bodo amat.
dah gitu nyetir kasar asal main pedal to the carpet tiap lampu merah di launch ya ancur lah itu lama lama transmisinya.
jadi kalau takut CVT kalah, preventive nya :
- rutinlah mengganti CVTF per 2 tahun, atau 20rb (ini panduan standar perawatan honda yang imho paling oke dibanding pabrikan dengan CVT lainnya). depends dari kondisi harian seperti apa. kalau ekstrem sering nanjak dan di daerah berdebu bisa lebih cepet. OEM fluid HCF-2 itu harganya cuma 300 rebu dikali 10x ganti pun, lebih murah jauh ketimbang harus OH CVT di 120 ribu kilometer.
- jangan keseringan nge-launch mobil. sesekali gak apa. tapi kalo tiap lampu merah di launch sih itu cari mati. mobil manual aja koplingnya bisa cepet abis kalo keseringan di launch.
- utamakan akselerasi yang smooth. ya ini berlaku buat segala jenis transmisi kok. gaspol di CVT juga tidak ada masalah kalo dari rolling. yang masalah tu kalo gaspol - lepas gas - gaspol lagi - lepas gas lagi - gaspol lagi. yang kayak gini sih service bill puluhan juta menanti.
intinya sih ngga perlu takut berlebihan dengan CVT. mobil CVT bukan barang baru. mobil CVT yang tembus 100rb saya yakin banyak. dan again cepat rusak atau tidaknya juga bergantung pada design pabrikannya. klo honda CVT sih relatif aman liat aja HRV keluaran awal msh pada berkeliaran masa iya itu gak ada yang 100rb kilo
kalau mau fair mah AT juga banyak yang overhaul di kilometer 100 ribuan. xpander 4AT dibilang lebih robust ya ngga juga itu MMKSI kasih jadwal ganti ATF di 100 ribu, 60-70ribu ada yang udah ngaco pindahnya sampe jebol juga ada.
Last edited by ChZ on Wed Apr 20, 2022 8:35, edited 5 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 523
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Relatif sih kembali ke usernya
Kalo rajin/disiplin ganti cvt even jauh dipercepat ketimbang bukman misal harusnya per 40ribu ganti, ini 20rb udah ganti sih aman2 aja
Berikutnya habbit sih, misal kalo 90% pemakaian selalu kebut2an, stop and go, meraung2 dari diam ya cepet jebol, tapi klo asumsi pemakaian umum, 70% normal driving, 20% pedal to metal,yah aman2 harusnya
Memang ada beberapa cerita horor cvt jaman honda multimatic gd3, sama era2 jatco di t31
Tapi makin kesini ya harusnya makin improve, apalagi klo cvtnya dipakai di LMPV dengan range torsi 200nm kebawah mah aman
CiBo, CRV turbo aja aman itu, HRV prestige sama brio rs cvt dirumah aman (yah memang keduanya belom ada 40rb km odonya)
Kalo rajin/disiplin ganti cvt even jauh dipercepat ketimbang bukman misal harusnya per 40ribu ganti, ini 20rb udah ganti sih aman2 aja
Berikutnya habbit sih, misal kalo 90% pemakaian selalu kebut2an, stop and go, meraung2 dari diam ya cepet jebol, tapi klo asumsi pemakaian umum, 70% normal driving, 20% pedal to metal,yah aman2 harusnya
Memang ada beberapa cerita horor cvt jaman honda multimatic gd3, sama era2 jatco di t31
Tapi makin kesini ya harusnya makin improve, apalagi klo cvtnya dipakai di LMPV dengan range torsi 200nm kebawah mah aman
CiBo, CRV turbo aja aman itu, HRV prestige sama brio rs cvt dirumah aman (yah memang keduanya belom ada 40rb km odonya)
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 315
- Joined: Wed May 23, 2012 16:18
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Cuma rumor aja itu om..
Pake jazz GD dl 7 th ga rusak..
Nyokap pake jazz GK udah 6 th jg masi aman nih..
Skrg pake HRV 1.5 SE sudah 3 th jg aman.. padal klo ge yg pake CVT sering gw pake engine brake jg turunin paddle shift..
Pake jazz GD dl 7 th ga rusak..
Nyokap pake jazz GK udah 6 th jg masi aman nih..
Skrg pake HRV 1.5 SE sudah 3 th jg aman.. padal klo ge yg pake CVT sering gw pake engine brake jg turunin paddle shift..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 779
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
dulu pakai jazz GD3 CVT jual pas masuk tahun ke 9, KM pas jual sekitar 130rb, masih fine2 saja matic CVT-nya.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26924
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
saya pake hrv odo ud 130an rebu, masi fine2 aj koq CVT nya
mo pas lg dingin atau macet2an atau di tol transjawabahn jg ga ad masalah , sesekali di lamer kl lg iseng nge launch, ban masi bsa ngespin dikit malah
yg penting ganti cvtf nya per 2 kl ganti oli mesin aj (kl saya berarti di 14-15 rebu km).. ganti nya ga usa aneh2, pake honda yg hcf2 aj, cuman sapego beli di beres.. ganti sendiri di rumah modalin konci ratchet 3/8 ama ember ama corong , kerjaan 30 menit klaar pas wiken ini mah
mo pas lg dingin atau macet2an atau di tol transjawabahn jg ga ad masalah , sesekali di lamer kl lg iseng nge launch, ban masi bsa ngespin dikit malah
yg penting ganti cvtf nya per 2 kl ganti oli mesin aj (kl saya berarti di 14-15 rebu km).. ganti nya ga usa aneh2, pake honda yg hcf2 aj, cuman sapego beli di beres.. ganti sendiri di rumah modalin konci ratchet 3/8 ama ember ama corong , kerjaan 30 menit klaar pas wiken ini mah
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Bengkel mana tuh yg nyaranin ganti oli cvt per 100ribu km ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2982
- Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Bengkel resmi
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 201
- Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Filter oli matic ini ganti tiap brp km ya?b0ku wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 7:13BARUSAN sih di lapak ane ad yang cerita mobilio 2018nya cvtnya jebol di 225rb kmkentbertlee wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 6:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
ya contoh aja mungkin kalo di rawat bener bisa awet kek gitu buat pencegahan sering2xlah tap oli jgn suka ikutin buku service kalo soal transmissi soalnya ajaran sesat saran sih mendingan 10rb buang toh olinya 2lt paling 200rb, soalnya oli matic yang kotor ngebawa serpihan besi di saluran transmissi ini dia yang bikin cepet rusak serpihannya ini pas ngalir ngegsek parts yang di lewatin sama dia, sama kalo ada filter oli maticnya juga kalo bisa juga rutin di ganti
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1402
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
mencret om kemaren saya ganti kw aja ud 700rban gara2x orinya lagi abis honda keknya 800rban juga tuh orinya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 292
- Joined: Fri Jan 27, 2017 5:17
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: HRV RV SE CVT MGM
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Cvt honda maintenance ny paling ok, SA nya aware klo oli cvt harus ganti
Ga usah takut yg penting rajin gnti olinya
Ga usah takut yg penting rajin gnti olinya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1558
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
CVT ga seringkih yg diduga om
Sama seperti matic pada umumnya kunci keawetan adalah oli rutin ganti 2th/20rb km. Filter bsa diganti d kelipatan 40/60rb km
Stigma aja om CVT jelek sama kayak dulu perang FWD/RWD yang hilang sendiri
Keunggulan CVT yg ud pasti: bensin irit mesin relatif awet krna running dgn RPM lbh rendah
Sama seperti matic pada umumnya kunci keawetan adalah oli rutin ganti 2th/20rb km. Filter bsa diganti d kelipatan 40/60rb km
Stigma aja om CVT jelek sama kayak dulu perang FWD/RWD yang hilang sendiri
Keunggulan CVT yg ud pasti: bensin irit mesin relatif awet krna running dgn RPM lbh rendah
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Sy pernah nemenin sodara beli jazz gd3 CVT second.
I-DSI 90 an PS.
Odo 150rb km.
Sy test aksel uenak.
Smooth akselnya sampai 100km/h kira" dapat 12 secs.
Service recordnya jg ganti cvtf sesuai aturan di manual book rutin.
So, depends ke how you drive and maintain ajah
I-DSI 90 an PS.
Odo 150rb km.
Sy test aksel uenak.
Smooth akselnya sampai 100km/h kira" dapat 12 secs.
Service recordnya jg ganti cvtf sesuai aturan di manual book rutin.
So, depends ke how you drive and maintain ajah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3414
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
Gd3 saya cvtnya mulai masalah pas 90rb km, jalan tahun ke 6. Males benerin jd dijual ajah, rugi cuman 32,5 jt.
Oh iya, itu masalah gara2 dari baru sampe jual oli cvt ga pernah ganti
Ga pernah servis di beres karena kantong mahasiswa mending modif, yg penting ganti oli mesin sama isi bensin. Ga ngerti lendir mbl ada yg lain2 selain oli mesin. Sekarang makin tua dan uda ngerti dikit2 ttg mobil jadi lebih hobi keluarin duit bwat preventif maintenance, modif no kesekian.
Anyway, selama cvtnya H tegak kayaknya ga pernah denger yg aneh2 asal maintenancenya sesuai jadwal. H tegak cvtnya kayaknya paling refined dibanding merk lain. H tegak modern cvtnya hampir mendekati torque converter sih rasanya kalo buat daily, kalo pedal to the metal baru berasa deh bedanya. Yg sering denger cvt masalah ya batu makam.
Oh iya, itu masalah gara2 dari baru sampe jual oli cvt ga pernah ganti
Ga pernah servis di beres karena kantong mahasiswa mending modif, yg penting ganti oli mesin sama isi bensin. Ga ngerti lendir mbl ada yg lain2 selain oli mesin. Sekarang makin tua dan uda ngerti dikit2 ttg mobil jadi lebih hobi keluarin duit bwat preventif maintenance, modif no kesekian.
Anyway, selama cvtnya H tegak kayaknya ga pernah denger yg aneh2 asal maintenancenya sesuai jadwal. H tegak cvtnya kayaknya paling refined dibanding merk lain. H tegak modern cvtnya hampir mendekati torque converter sih rasanya kalo buat daily, kalo pedal to the metal baru berasa deh bedanya. Yg sering denger cvt masalah ya batu makam.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jun 16, 2021 6:34
- Location: CIBINONG,KAB.BOGOR
- Daily Vehicle: Innova 2KD
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
OM, maaf tanya. maksudnya "launch" itu apa ya?ChZ wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 8:16kentbertlee wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 6:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
CVT in general lebih cepat rusak? jawabannya bisa iya bisa tidak. rule of thumb : semua benda mekanikal pasti akan memerlukan servis pada waktunya. be it manual atau automatic tradisional sekalipun. rusaknya kapan? ya mboh. tergantung banyak sekali hal.
tapi secara prinsip kerja emang berpotensi failure lebih cepat dibanding konvensional.
secara umum transmisi konvensional spt automatic dan manual (termasuk DCT dan AMT) itu punya mekanisme lock and release. komponen di dalamnya tidak dalam kondisi bergesekan / kontak terus menerus dan ketika masuk gir dia akan release clutch lalu lock ke gigi baru lock up lagi.
tapi hal ini tidak terjadi di CVT. operasi di CVT digerakkan oleh mekanisme pulley dan belt. walaupun CVT sekarang banyak dilengkapi dengan lock mechanism / stepped gear / sekuensial sehingga tidak selip terus menerus spt motor metik.
nah sebenernya apa yang bikin transmisi awet/tidak awet? panas. musuh utama transmisi (dan benda bergerak apapun) adalah panas. panas dari proses bergesekan, mekanisme lock and release / pindah gigi tsb, blom kita ngomongin panas dari mesin dan pengereman. sementara dia posisinya cooling aja harus ikut mesin. masalahnya di CVT pasti sangat panas krn terus-terusan bergesekan. sama dengan DCT dry yang walaupun dia ada mekanisme lock and release, tapi lock and release di DCT juga terjadi sangat cepat jadi antar clutch nya selalu melakukan gesekan dalam hitungan milidetik.
jadi apakah pemilik CVT "doomed" ? kartu mati pasti cepat rusak di atas 100 ribu kilo ? di sini biasa perdebatannya tapi yang bisa saya rest assure adalah CVT *generally* juga lebih awet daripada DSG-dry clutch.
beruntungnya CVT dibanding DSG-dry clutch adalah ia punya oli. oli CVT sangat berperan besar untuk melawan panas yang menyebabkan wear tersebut. atau minimal, prolong / memperpanjang umur komponen sebelum akhirnya break down. kalau mau tau seberapa besar peran fluid, ya liat aja gimana DSG-wet itu tingkat durabilitynya sejauh apa dibanding DSG-dry.
nah sama spt oli mesin dan oli-olian lain cairan ini juga perlu secara rutin di ganti yang masalahnya kebanyakan user tidak educated tentang ini cuma taunya ganti oli mesin aja selama pemakaian.
malah bengkel resmi juga tidak banyak mengedukasi tentang perlunya rutin ganti ATF / CVTF padahal mobil setiap hari disiksa di jalanan neraka jahanam +62. for the sake of "perawatan murah" sebagian ATPM tidak pernah memasukkan jadwal ganti CVTF rutin ke buku servis. sehingga user yang tdk aware ya akan bodo amat.
dah gitu nyetir kasar asal main pedal to the carpet tiap lampu merah di launch ya ancur lah itu lama lama transmisinya.
jadi kalau takut CVT kalah, preventive nya :
- rutinlah mengganti CVTF per 2 tahun, atau 20rb (ini panduan standar perawatan honda yang imho paling oke dibanding pabrikan dengan CVT lainnya). depends dari kondisi harian seperti apa. kalau ekstrem sering nanjak dan di daerah berdebu bisa lebih cepet. OEM fluid HCF-2 itu harganya cuma 300 rebu dikali 10x ganti pun, lebih murah jauh ketimbang harus OH CVT di 120 ribu kilometer.
- jangan keseringan nge-launch mobil. sesekali gak apa. tapi kalo tiap lampu merah di launch sih itu cari mati. mobil manual aja koplingnya bisa cepet abis kalo keseringan di launch.
- utamakan akselerasi yang smooth. ya ini berlaku buat segala jenis transmisi kok. gaspol di CVT juga tidak ada masalah kalo dari rolling. yang masalah tu kalo gaspol - lepas gas - gaspol lagi - lepas gas lagi - gaspol lagi. yang kayak gini sih service bill puluhan juta menanti.
intinya sih ngga perlu takut berlebihan dengan CVT. mobil CVT bukan barang baru. mobil CVT yang tembus 100rb saya yakin banyak. dan again cepat rusak atau tidaknya juga bergantung pada design pabrikannya. klo honda CVT sih relatif aman liat aja HRV keluaran awal msh pada berkeliaran masa iya itu gak ada yang 100rb kilo
kalau mau fair mah AT juga banyak yang overhaul di kilometer 100 ribuan. xpander 4AT dibilang lebih robust ya ngga juga itu MMKSI kasih jadwal ganti ATF di 100 ribu, 60-70ribu ada yang udah ngaco pindahnya sampe jebol juga ada.
Terima kasih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1634
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
klo pabrikan mah ATF/ CVTF nya LIFETIME oomb0ku wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 7:13BARUSAN sih di lapak ane ad yang cerita mobilio 2018nya cvtnya jebol di 225rb kmkentbertlee wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 6:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
ya contoh aja mungkin kalo di rawat bener bisa awet kek gitu buat pencegahan sering2xlah tap oli jgn suka ikutin buku service kalo soal transmissi soalnya ajaran sesat saran sih mendingan 10rb buang toh olinya 2lt paling 200rb, soalnya oli matic yang kotor ngebawa serpihan besi di saluran transmissi ini dia yang bikin cepet rusak serpihannya ini pas ngalir ngegsek parts yang di lewatin sama dia, sama kalo ada filter oli maticnya juga kalo bisa juga rutin di ganti
tar klo dah problem, beres mah gampang aja. paling disuruh ganti segelondong, syukur klo cuma disuruh OH
pabrikan sengaja kali ya oom, supaya kita beli girbok baru
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 364
- Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
bener kan lifetime om. maksudnya lifetime si gearbox
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9678
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
pedal rem diinjek pk kaki kiri,setiadiw wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 19:26OM, maaf tanya. maksudnya "launch" itu apa ya?ChZ wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 8:16kentbertlee wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 6:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:
1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.
mohon pencerahannya ya all.. thanks be4
CVT in general lebih cepat rusak? jawabannya bisa iya bisa tidak. rule of thumb : semua benda mekanikal pasti akan memerlukan servis pada waktunya. be it manual atau automatic tradisional sekalipun. rusaknya kapan? ya mboh. tergantung banyak sekali hal.
tapi secara prinsip kerja emang berpotensi failure lebih cepat dibanding konvensional.
secara umum transmisi konvensional spt automatic dan manual (termasuk DCT dan AMT) itu punya mekanisme lock and release. komponen di dalamnya tidak dalam kondisi bergesekan / kontak terus menerus dan ketika masuk gir dia akan release clutch lalu lock ke gigi baru lock up lagi.
tapi hal ini tidak terjadi di CVT. operasi di CVT digerakkan oleh mekanisme pulley dan belt. walaupun CVT sekarang banyak dilengkapi dengan lock mechanism / stepped gear / sekuensial sehingga tidak selip terus menerus spt motor metik.
nah sebenernya apa yang bikin transmisi awet/tidak awet? panas. musuh utama transmisi (dan benda bergerak apapun) adalah panas. panas dari proses bergesekan, mekanisme lock and release / pindah gigi tsb, blom kita ngomongin panas dari mesin dan pengereman. sementara dia posisinya cooling aja harus ikut mesin. masalahnya di CVT pasti sangat panas krn terus-terusan bergesekan. sama dengan DCT dry yang walaupun dia ada mekanisme lock and release, tapi lock and release di DCT juga terjadi sangat cepat jadi antar clutch nya selalu melakukan gesekan dalam hitungan milidetik.
jadi apakah pemilik CVT "doomed" ? kartu mati pasti cepat rusak di atas 100 ribu kilo ? di sini biasa perdebatannya tapi yang bisa saya rest assure adalah CVT *generally* juga lebih awet daripada DSG-dry clutch.
beruntungnya CVT dibanding DSG-dry clutch adalah ia punya oli. oli CVT sangat berperan besar untuk melawan panas yang menyebabkan wear tersebut. atau minimal, prolong / memperpanjang umur komponen sebelum akhirnya break down. kalau mau tau seberapa besar peran fluid, ya liat aja gimana DSG-wet itu tingkat durabilitynya sejauh apa dibanding DSG-dry.
nah sama spt oli mesin dan oli-olian lain cairan ini juga perlu secara rutin di ganti yang masalahnya kebanyakan user tidak educated tentang ini cuma taunya ganti oli mesin aja selama pemakaian.
malah bengkel resmi juga tidak banyak mengedukasi tentang perlunya rutin ganti ATF / CVTF padahal mobil setiap hari disiksa di jalanan neraka jahanam +62. for the sake of "perawatan murah" sebagian ATPM tidak pernah memasukkan jadwal ganti CVTF rutin ke buku servis. sehingga user yang tdk aware ya akan bodo amat.
dah gitu nyetir kasar asal main pedal to the carpet tiap lampu merah di launch ya ancur lah itu lama lama transmisinya.
jadi kalau takut CVT kalah, preventive nya :
- rutinlah mengganti CVTF per 2 tahun, atau 20rb (ini panduan standar perawatan honda yang imho paling oke dibanding pabrikan dengan CVT lainnya). depends dari kondisi harian seperti apa. kalau ekstrem sering nanjak dan di daerah berdebu bisa lebih cepet. OEM fluid HCF-2 itu harganya cuma 300 rebu dikali 10x ganti pun, lebih murah jauh ketimbang harus OH CVT di 120 ribu kilometer.
- jangan keseringan nge-launch mobil. sesekali gak apa. tapi kalo tiap lampu merah di launch sih itu cari mati. mobil manual aja koplingnya bisa cepet abis kalo keseringan di launch.
- utamakan akselerasi yang smooth. ya ini berlaku buat segala jenis transmisi kok. gaspol di CVT juga tidak ada masalah kalo dari rolling. yang masalah tu kalo gaspol - lepas gas - gaspol lagi - lepas gas lagi - gaspol lagi. yang kayak gini sih service bill puluhan juta menanti.
intinya sih ngga perlu takut berlebihan dengan CVT. mobil CVT bukan barang baru. mobil CVT yang tembus 100rb saya yakin banyak. dan again cepat rusak atau tidaknya juga bergantung pada design pabrikannya. klo honda CVT sih relatif aman liat aja HRV keluaran awal msh pada berkeliaran masa iya itu gak ada yang 100rb kilo
kalau mau fair mah AT juga banyak yang overhaul di kilometer 100 ribuan. xpander 4AT dibilang lebih robust ya ngga juga itu MMKSI kasih jadwal ganti ATF di 100 ribu, 60-70ribu ada yang udah ngaco pindahnya sampe jebol juga ada.
Terima kasih.
dan pedal gas diinjek setengah poll pk kaki kanan.
tahan selama bbrp detik dan lepas pedal rem nya.
lgs lanuch!
bayangin gmn panasnya tu kampas kopling dan pulley + belt cvt nya
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4204
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?
nah bener nih
jd inget dulu paman gober jualan batre tulisannya garansi seumur idup pas di claim garansinya dia malah bilang kan garansinya seumur idup batrenya kalo batrenya rusak ya ud
mungkin mereka test cuma lingkungan testnya gak real kek kondisi di jalan jd ujung2xnya ya cuma teori
sekarang sih saya semua matic 10rb saya tap
kalo buku servicenya pajero langsung suruh kuras di 90rb ini saya 80rb aja ud ganti filter segala sama sering tap soalnya ni mobil banyak idlenya itu juga masuk itungan ke umur oli maticnya