(tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

setiadiw wrote: Wed Apr 20, 2022 19:26 OM, maaf tanya. maksudnya "launch" itu apa ya?

Terima kasih. :big_deal:
method tahan rem+gas bersamaan buat jaga RPM lalu lepas rem. biasa buat drag race atau tes akselerasi 0-100. klo di manual, masuk gigi lalu tahan kopling dan gas.
Suryaputra wrote: Thu Apr 21, 2022 1:31
pedal rem diinjek pk kaki kiri,
dan pedal gas diinjek setengah poll pk kaki kanan.
tahan selama bbrp detik dan lepas pedal rem nya.
lgs lanuch!

bayangin gmn panasnya tu kampas kopling dan pulley + belt cvt nya

:big_biglaugh:
di porsche 911 dan nissan GTR yang udah ada fitur launch control aja maksimal cuma boleh 3x consecutive. yah gak jebol sih, cuma sistemnya masuk safe mode :mky_03:

klo keseringan ya clutch nya segera gone kaput :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

darrelund wrote: Wed Apr 20, 2022 20:38 klo pabrikan mah ATF/ CVTF nya LIFETIME oom :big_biglaugh:

tar klo dah problem, beres mah gampang aja. paling disuruh ganti segelondong, syukur klo cuma disuruh OH :big_biglaugh:

pabrikan sengaja kali ya oom, supaya kita beli girbok baru :big_biglaugh:
planned obsolescence :mky_03:

kyk gini tuh bisa di sue gak sih ATPMnya? yang susah kan memang tidak melanggar apapun krn buku servisnya juga bilang gitu. klo dulu kasus nissan march boros itu kan emang ada bukti tertulis di iklan NMI claim mobilnya bisa irit segini tp kenyataan cuma segitu.

ya secara ATPM sih pasti gak mau rugi bayarin garansi transmisi, transmisi break down juga di usia yang relatif lama. dari ATPM pasti cenderung nyalahin usernya. lebih gampang. udah gitu kebentuk image "servisnya murah" krn gak diapa-apain.

cuma ya ini mah bom waktu, image mereknya jadi kurang awet kyk nissan, terus konsumen pelan pelan hilang males repeat order. konsumen baru? ya ragu-ragu juga.

utk long run cara HPM lebih bagus secara sales krn udah kebentuk image mobilnya awet, repeat order pun berdatangan setiap keluarin mobil baru krn ini biasanya justru ladang uangnya ATPM, user baru mah dikit kalopun ada biasanya beli entry level :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kentbertlee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kentbertlee »

wah teman2 thank you atas info dan pengalaman yang sudah d berikan..berguna bgt buat sya, smoga buat yang lain jg berguna ya info2 ini..sorry ga bsa balas 1 per 1 jadi ngak ragu lagi nih mau beli mobil cvt.. pengennya si brv... tapi agustus spertinya honda launch zrv y... terlihat menggiurkan hehe
silentIm2
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 758
Joined: Mon Feb 02, 2015 3:47

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by silentIm2 »

Girboks mau matic gigi maupun CVT, ganti 100 ribu km itu TERLALU LAMA, setuju sama suhu2 di atas. lebih baik samain saja sama girboks manual umumnya, sekitar 40 ribu km, bahkan 30 ribu km karena ATF selain berfungsi melumasi, juga mendinginkan komponen mekanis, apalagi CVT yang menyalurkan gaya mekanis dari pulley ke belt ke output pulley melalu friksi molekular ATF. Kerja ATF di CVT lebih berat dari ATF matic konvensional yang tidak berfungsi sebagai media friksi. Toh volumenya sedikit juga.
Past: 1NZ-FE XP90, EX250-J, L15A GE8
Current: Z20 NLP C140
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by well »

Suryaputra wrote: Thu Apr 21, 2022 1:31
setiadiw wrote: Wed Apr 20, 2022 19:26
ChZ wrote: Wed Apr 20, 2022 8:16


CVT in general lebih cepat rusak? jawabannya bisa iya bisa tidak. rule of thumb : semua benda mekanikal pasti akan memerlukan servis pada waktunya. be it manual atau automatic tradisional sekalipun. rusaknya kapan? ya mboh. tergantung banyak sekali hal.

tapi secara prinsip kerja emang berpotensi failure lebih cepat dibanding konvensional.

secara umum transmisi konvensional spt automatic dan manual (termasuk DCT dan AMT) itu punya mekanisme lock and release. komponen di dalamnya tidak dalam kondisi bergesekan / kontak terus menerus dan ketika masuk gir dia akan release clutch lalu lock ke gigi baru lock up lagi.

tapi hal ini tidak terjadi di CVT. operasi di CVT digerakkan oleh mekanisme pulley dan belt. walaupun CVT sekarang banyak dilengkapi dengan lock mechanism / stepped gear / sekuensial sehingga tidak selip terus menerus spt motor metik.

nah sebenernya apa yang bikin transmisi awet/tidak awet? panas. musuh utama transmisi (dan benda bergerak apapun) adalah panas. panas dari proses bergesekan, mekanisme lock and release / pindah gigi tsb, blom kita ngomongin panas dari mesin dan pengereman. sementara dia posisinya cooling aja harus ikut mesin. masalahnya di CVT pasti sangat panas krn terus-terusan bergesekan. sama dengan DCT dry yang walaupun dia ada mekanisme lock and release, tapi lock and release di DCT juga terjadi sangat cepat jadi antar clutch nya selalu melakukan gesekan dalam hitungan milidetik.

jadi apakah pemilik CVT "doomed" ? kartu mati pasti cepat rusak di atas 100 ribu kilo ? di sini biasa perdebatannya tapi yang bisa saya rest assure adalah CVT *generally* juga lebih awet daripada DSG-dry clutch.

beruntungnya CVT dibanding DSG-dry clutch adalah ia punya oli. oli CVT sangat berperan besar untuk melawan panas yang menyebabkan wear tersebut. atau minimal, prolong / memperpanjang umur komponen sebelum akhirnya break down. kalau mau tau seberapa besar peran fluid, ya liat aja gimana DSG-wet itu tingkat durabilitynya sejauh apa dibanding DSG-dry.

nah sama spt oli mesin dan oli-olian lain cairan ini juga perlu secara rutin di ganti yang masalahnya kebanyakan user tidak educated tentang ini cuma taunya ganti oli mesin aja selama pemakaian.

malah bengkel resmi juga tidak banyak mengedukasi tentang perlunya rutin ganti ATF / CVTF padahal mobil setiap hari disiksa di jalanan neraka jahanam +62. for the sake of "perawatan murah" sebagian ATPM tidak pernah memasukkan jadwal ganti CVTF rutin ke buku servis. sehingga user yang tdk aware ya akan bodo amat.

dah gitu nyetir kasar asal main pedal to the carpet tiap lampu merah di launch ya ancur lah itu lama lama transmisinya.

jadi kalau takut CVT kalah, preventive nya :
- rutinlah mengganti CVTF per 2 tahun, atau 20rb (ini panduan standar perawatan honda yang imho paling oke dibanding pabrikan dengan CVT lainnya). depends dari kondisi harian seperti apa. kalau ekstrem sering nanjak dan di daerah berdebu bisa lebih cepet. OEM fluid HCF-2 itu harganya cuma 300 rebu dikali 10x ganti pun, lebih murah jauh ketimbang harus OH CVT di 120 ribu kilometer.

- jangan keseringan nge-launch mobil. sesekali gak apa. tapi kalo tiap lampu merah di launch sih itu cari mati. mobil manual aja koplingnya bisa cepet abis kalo keseringan di launch.

- utamakan akselerasi yang smooth. ya ini berlaku buat segala jenis transmisi kok. gaspol di CVT juga tidak ada masalah kalo dari rolling. yang masalah tu kalo gaspol - lepas gas - gaspol lagi - lepas gas lagi - gaspol lagi. yang kayak gini sih service bill puluhan juta menanti.

intinya sih ngga perlu takut berlebihan dengan CVT. mobil CVT bukan barang baru. mobil CVT yang tembus 100rb saya yakin banyak. dan again cepat rusak atau tidaknya juga bergantung pada design pabrikannya. klo honda CVT sih relatif aman liat aja HRV keluaran awal msh pada berkeliaran masa iya itu gak ada yang 100rb kilo :mky_03:

kalau mau fair mah AT juga banyak yang overhaul di kilometer 100 ribuan. xpander 4AT dibilang lebih robust ya ngga juga itu MMKSI kasih jadwal ganti ATF di 100 ribu, 60-70ribu ada yang udah ngaco pindahnya sampe jebol juga ada.
OM, maaf tanya. maksudnya "launch" itu apa ya?

Terima kasih. :big_deal:
pedal rem diinjek pk kaki kiri,
dan pedal gas diinjek setengah poll pk kaki kanan.
tahan selama bbrp detik dan lepas pedal rem nya.
lgs lanuch!

bayangin gmn panasnya tu kampas kopling dan pulley + belt cvt nya

:big_biglaugh:
om, setahu saya ada bbrp mobil yg indikatornya hidup dan gas dibatasi jika pedal gas dan rem diinjak bersamaan, cnthnya yg sy pernah tahu mobil sienta.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

well wrote: Thu Apr 21, 2022 6:29
om, setahu saya ada bbrp mobil yg indikatornya hidup dan gas dibatasi jika pedal gas dan rem diinjak bersamaan, cnthnya yg sy pernah tahu mobil sienta.
yep, brake override system. hampir semua mobil skrg gitu.

klo honda punya msh bisa digeber tapi cuma mentok 2000 rpm :big_biglaugh: mau kurangin injekan remnya jg percuma sensor udah baca pedal keinjek dua duanya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kendibocor »

kentbertlee wrote: Thu Apr 21, 2022 4:05 wah teman2 thank you atas info dan pengalaman yang sudah d berikan..berguna bgt buat sya, smoga buat yang lain jg berguna ya info2 ini..sorry ga bsa balas 1 per 1 jadi ngak ragu lagi nih mau beli mobil cvt.. pengennya si brv... tapi agustus spertinya honda launch zrv y... terlihat menggiurkan hehe
Justru kalo mau beli (atau terpaksa beli) mobil cvt. Saya paling percaya sama hondo om. Terbukti kok dengan banyaknya penjualan unit mereka yg bertransmisi cvt hampir tidak kedengeran ada problem aneh2. Gen2 awal (gd3) ada yg bermasalah kayaknya karena diisi oli atf biasa deh bukan yg khusus cvt.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kenop »

kendibocor wrote: Thu Apr 21, 2022 8:18
kentbertlee wrote: Thu Apr 21, 2022 4:05 wah teman2 thank you atas info dan pengalaman yang sudah d berikan..berguna bgt buat sya, smoga buat yang lain jg berguna ya info2 ini..sorry ga bsa balas 1 per 1 jadi ngak ragu lagi nih mau beli mobil cvt.. pengennya si brv... tapi agustus spertinya honda launch zrv y... terlihat menggiurkan hehe
Justru kalo mau beli (atau terpaksa beli) mobil cvt. Saya paling percaya sama hondo om. Terbukti kok dengan banyaknya penjualan unit mereka yg bertransmisi cvt hampir tidak kedengeran ada problem aneh2. Beda sama merk sebelah. Kalo hondo gen awal (gd3) cvtnya banyak yg masalah lebih karena abuse aja deh. Yg penting rutin ganti atf khusus cvt aja.
gd3 dulu banyak masalah kayak nya sih krn banyak yg salah isi oli, awal2 banyak bgt yg diisi ATF bukan CVTF
ane salah 1 korban nya :big_biglaugh:
beli 2nd dari temen, pake sekitar 30rb-an km, kena CVT nya

pas beli kan ngga ngecek bener2 service record nya, yg penting ada
pas di cek lagi, ketauan pernah bbrp kali isi ny ATF

tanya2 bengkel semua kasih estimasi di atas 20 jt, ya wes iklanin aja drpd bikin pusing :big_biglaugh:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by KielConstantine »

ChZ wrote: Thu Apr 21, 2022 3:02
setiadiw wrote: Wed Apr 20, 2022 19:26 OM, maaf tanya. maksudnya "launch" itu apa ya?

Terima kasih. :big_deal:
method tahan rem+gas bersamaan buat jaga RPM lalu lepas rem. biasa buat drag race atau tes akselerasi 0-100. klo di manual, masuk gigi lalu tahan kopling dan gas.
Suryaputra wrote: Thu Apr 21, 2022 1:31
pedal rem diinjek pk kaki kiri,
dan pedal gas diinjek setengah poll pk kaki kanan.
tahan selama bbrp detik dan lepas pedal rem nya.
lgs lanuch!

bayangin gmn panasnya tu kampas kopling dan pulley + belt cvt nya

:big_biglaugh:
di porsche 911 dan nissan GTR yang udah ada fitur launch control aja maksimal cuma boleh 3x consecutive. yah gak jebol sih, cuma sistemnya masuk safe mode :mky_03:

klo keseringan ya clutch nya segera gone kaput :mky_03:
Mau ngadu akselerasi enaknya rolling start sih, kcuali beneran mau kompetisi nyari piala ya gpp lah launch2 begitu dari 0 (standstill) .

Put at your own risk .. Menang sih menang dapet piala , abis itu keluar repair bill siap2 aja :mrgreen:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by darrelund »

forzanetti wrote: Thu Apr 21, 2022 0:56
darrelund wrote: Wed Apr 20, 2022 20:38 klo pabrikan mah ATF/ CVTF nya LIFETIME oom :big_biglaugh:

tar klo dah problem, beres mah gampang aja. paling disuruh ganti segelondong, syukur klo cuma disuruh OH :big_biglaugh:

pabrikan sengaja kali ya oom, supaya kita beli girbok baru :big_biglaugh:
bener kan lifetime om. maksudnya lifetime si gearbox :mky_03:
cvt klo udah bubar ngerii, mending klo power loss doang

klo begini begimana :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by darrelund »

ChZ wrote: Thu Apr 21, 2022 3:18
darrelund wrote: Wed Apr 20, 2022 20:38 klo pabrikan mah ATF/ CVTF nya LIFETIME oom :big_biglaugh:

tar klo dah problem, beres mah gampang aja. paling disuruh ganti segelondong, syukur klo cuma disuruh OH :big_biglaugh:

pabrikan sengaja kali ya oom, supaya kita beli girbok baru :big_biglaugh:
planned obsolescence :mky_03:

kyk gini tuh bisa di sue gak sih ATPMnya? yang susah kan memang tidak melanggar apapun krn buku servisnya juga bilang gitu. klo dulu kasus nissan march boros itu kan emang ada bukti tertulis di iklan NMI claim mobilnya bisa irit segini tp kenyataan cuma segitu.

ya secara ATPM sih pasti gak mau rugi bayarin garansi transmisi, transmisi break down juga di usia yang relatif lama. dari ATPM pasti cenderung nyalahin usernya. lebih gampang. udah gitu kebentuk image "servisnya murah" krn gak diapa-apain.

cuma ya ini mah bom waktu, image mereknya jadi kurang awet kyk nissan, terus konsumen pelan pelan hilang males repeat order. konsumen baru? ya ragu-ragu juga.

utk long run cara HPM lebih bagus secara sales krn udah kebentuk image mobilnya awet, repeat order pun berdatangan setiap keluarin mobil baru krn ini biasanya justru ladang uangnya ATPM, user baru mah dikit kalopun ada biasanya beli entry level :mky_03:
klo sendirian mau tuntut susah oom, soalnya kek yg oom bilang. pabrikan akan beralasan klo sudah di kalkulasi dengan matang. jadi klo ga sesuai kalkulasi sang enjinir pasti salahin user. kecuali ada beberapa org ikut nuntut yg sama juga masih bisa keknya

kek di amrik tuh, nissin dituntut sama banyak org. akhirnya pada digantiin tuh girboknya, bahkan ada oom yg sampe diganti 3x girbok nya sama nissin :big_biglaugh:

kek scania skrg, mereka bikin axle baru tapi pinion bearing di axle belakang dari 3 jadi 1, filter dibikin permanen, oli dikurangin. memang planned obsolescence sepertinya :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by darrelund »

ChZ wrote: Thu Apr 21, 2022 3:02 di porsche 911 dan nissan GTR yang udah ada fitur launch control aja maksimal cuma boleh 3x consecutive. yah gak jebol sih, cuma sistemnya masuk safe mode :mky_03:

klo keseringan ya clutch nya segera gone kaput :mky_03:
50 launch ini oom, apa gegara ATF cooler nya sakti. GTR aja 3 kali langsung ding dong speedonya :big_biglaugh:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Pboyz97 »

kentbertlee wrote: Wed Apr 20, 2022 6:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:

1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.

mohon pencerahannya ya all.. thanks be4 :thanks: :big_peace:
saya bantu jawab ya
1. betul, sekitar 30-40 jtan kalo ganti segelondong
2. gak juga , selama perawatannya rutin dan telaten + gapernah telat untuk kuras or ganti oli cvt nya
3. cvt bagus2 aja buat daily commuting, plusnya bisa lebih irit bbm karena terus menjaga agar mesin berkutat di rpm rendah walaupun udh jalan sekitar 80-100 kpj atau lebih
4. kebetulan saya ex user hrv dan yaris joker + sekarang user CRV turbo, ketiganya pake CVT. so far aman2 aja, gaada masalah yg aneh2, dan juga cvtnya honda termasuk yg terbaik kok menurut saya. karena cukup durable dan responsif jg + perpindahan giginya sigap dan smooth, yg penting telaten dan rutin ganti oli cvtnya aja, dan jangan pake ATF ganti olinya kalo bisa, karena ngerawatnya perlu perhatian khusus, gabisa disamain kaya matic konven

itu kalo dari saya, mohon dikoreksi kalo ada yg salah :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by ChZ »

darrelund wrote: Fri Apr 22, 2022 12:05
klo sendirian mau tuntut susah oom, soalnya kek yg oom bilang. pabrikan akan beralasan klo sudah di kalkulasi dengan matang. jadi klo ga sesuai kalkulasi sang enjinir pasti salahin user. kecuali ada beberapa org ikut nuntut yg sama juga masih bisa keknya

kek di amrik tuh, nissin dituntut sama banyak org. akhirnya pada digantiin tuh girboknya, bahkan ada oom yg sampe diganti 3x girbok nya sama nissin :big_biglaugh:

kek scania skrg, mereka bikin axle baru tapi pinion bearing di axle belakang dari 3 jadi 1, filter dibikin permanen, oli dikurangin. memang planned obsolescence sepertinya :big_biglaugh:
nah iya kyk gini yang susah itu harus lebih dari 1 kasus sih baru bisa dituntut ke meja ijo macem nissan jatco di USA sana.

di sini klo udah cukup bukti sebenernya bisa loh konsumen menang udah ada 2 yang terbukti menang konsumennya kasus nissan march boros dan honda civic overheating. yang 1 karena ada bukti tertulis, yang 1 karena factory defect yang pihak penjual ga mau buyback unit :big_biglaugh:

klo cuma 1-2 dan random gejalanya cuma dianggep normal wear and tear.

ngga ada juga hukum yang ngelarang praktek planned obsolescence gini :mky_03: pokoknya kan cuma ilangin duit ga ilangin nyawa.
darrelund wrote: Fri Apr 22, 2022 12:09
50 launch ini oom, apa gegara ATF cooler nya sakti. GTR aja 3 kali langsung ding dong speedonya :big_biglaugh:
fun fact nya porsche ini punya skor durability yang lebih tinggi dibanding BMW dan mercedes. jadi percaya2 aja kalo dia bisa bikin DCT yang coolingnya proper :mky_01: kyknya dia punya PDK desain inhouse beda sama DSG nya VW yang outsource ke borgwarner

mungkin porsche tuh lebih serius ngembangin DCT krn dipake di entire lineup termasuk panamera yang tourer.

sedangkan nissan yang pake DCT kan cuma GTR.... :mky_03: udah gitu ya.... nissan. terkenal suka cutting the corners
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by vanosz »

Zaxis wrote: Wed Apr 20, 2022 8:09 Beli baru kan?
Ngapain pusing kan ada garansi

Dari dulu punya cvt,km jalan diatas 100 ribu semua blom pernah ada yg jebol
:big_biglaugh:

semakin banyak tanya semakin tambah pusing ya gans,


klo suka beli aja ya gans,

apalg bisa beli mobil baru,wahhh lambang kesuksesan itu,
User avatar
erdinkurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 43
Joined: Tue Jul 11, 2017 8:04
Location: Madiun
Daily Vehicle: Mirage

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by erdinkurniawan »

Di komunitas mirage ada yg 230km udahan. Aman2 aja.
Yang penting cara nyetir ganti olie.
efel
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Thu Mar 17, 2022 5:21

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by efel »

izin nimbrung om, kalo pake paddleshift untuk engine break ada efek ke CVT nya ga ya ? kebetulan kalo jalan keluar kota sering pake :mky_01:
Raynard22
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Mon Feb 22, 2016 7:57

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Raynard22 »

Pasti gara2 banyak konten di Youtube tentang CVT yang isinya nakut2in user :big_biglaugh: banyak komentar sotoy di videonya (kayaknya sih malah orang yang ga pernah pakai CVT/terlanjur beli manual/pedege yang mau jatuhin harga second Mobil CVT)
Intinya di perawatan aja, Setahu saya rata2 pabrikan sekarang (Honda dan Mitsubishi) udah ngasih panduan untuk ganti oli CVT setiap 40rb km/ 2 tahun.
Yang jelas pakai CVT buat mobil harian banyak benefitnya (irit, halus, minim perawatan, dst) daripada kerugiannya.
Dityyy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Wed Jan 20, 2016 4:09

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Dityyy »

mau berbagi pengalaman aja, awal taun ini saya beli honda city 2006 dengan gejala cvtnya agak bergetar, saya kira cukup diganti olinya saja, tapi ternyata dibilang sama orang bengkelnya harus ganti flywheel yang mana itu mesti overhaul. total damage yang dikeluarkan untuk ganti oli cvt + flywheel + overhaul kemarin di 3.5 juta rupiah. kalo ada yg posisinya di jabodetabek dan ingin tau bengkelnya boleh di PM saja ke saya.
kentbertlee
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Sat Jun 27, 2015 13:55

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kentbertlee »

Raynard22 wrote: Tue May 17, 2022 8:00 Pasti gara2 banyak konten di Youtube tentang CVT yang isinya nakut2in user :big_biglaugh: banyak komentar sotoy di videonya (kayaknya sih malah orang yang ga pernah pakai CVT/terlanjur beli manual/pedege yang mau jatuhin harga second Mobil CVT)
Intinya di perawatan aja, Setahu saya rata2 pabrikan sekarang (Honda dan Mitsubishi) udah ngasih panduan untuk ganti oli CVT setiap 40rb km/ 2 tahun.
Yang jelas pakai CVT buat mobil harian banyak benefitnya (irit, halus, minim perawatan, dst) daripada kerugiannya.
nah ini bener ni.. banyak bgt video d youtube, dan narasumbernya itu karyawan dan ada jg owner bengkel (khusus mobil matic). makanya jadi pastinya ada stigma negative buat mobil cvt. sedangkan mobil yg baru kluar skrg mala mengarah ke matic smua.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Kaleng »

Dityyy wrote: Tue May 17, 2022 9:22 mau berbagi pengalaman aja, awal taun ini saya beli honda city 2006 dengan gejala cvtnya agak bergetar, saya kira cukup diganti olinya saja, tapi ternyata dibilang sama orang bengkelnya harus ganti flywheel yang mana itu mesti overhaul. total damage yang dikeluarkan untuk ganti oli cvt + flywheel + overhaul kemarin di 3.5 juta rupiah. kalo ada yg posisinya di jabodetabek dan ingin tau bengkelnya boleh di PM saja ke saya.
setelah diganti flywheel bgmn om, smooth lagi seperti normal? iseng-iseng saya coba browsing part cvt honda mobilio/brio dkk yg sama, ternyata ada yg jual belt CVT saja, terus pulley2 juga, bisa jadi skrg sdh ada bengkel yang mampu bongkar dan ganti part yang rusak saja sehingga tidak perlu ganti full 1 transmisi?
Dityyy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Wed Jan 20, 2016 4:09

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Dityyy »

Kaleng wrote: Wed May 18, 2022 7:33
Dityyy wrote: Tue May 17, 2022 9:22 mau berbagi pengalaman aja, awal taun ini saya beli honda city 2006 dengan gejala cvtnya agak bergetar, saya kira cukup diganti olinya saja, tapi ternyata dibilang sama orang bengkelnya harus ganti flywheel yang mana itu mesti overhaul. total damage yang dikeluarkan untuk ganti oli cvt + flywheel + overhaul kemarin di 3.5 juta rupiah. kalo ada yg posisinya di jabodetabek dan ingin tau bengkelnya boleh di PM saja ke saya.
setelah diganti flywheel bgmn om, smooth lagi seperti normal? iseng-iseng saya coba browsing part cvt honda mobilio/brio dkk yg sama, ternyata ada yg jual belt CVT saja, terus pulley2 juga, bisa jadi skrg sdh ada bengkel yang mampu bongkar dan ganti part yang rusak saja sehingga tidak perlu ganti full 1 transmisi?
iya om jd smooth seperti normal, dan betul kok skg bengkel bisa bongkar dan ganti part hanya yang rusaknya saja
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 564
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by satriakarisma »

Dityyy wrote: Tue May 17, 2022 9:22 mau berbagi pengalaman aja, awal taun ini saya beli honda city 2006 dengan gejala cvtnya agak bergetar, saya kira cukup diganti olinya saja, tapi ternyata dibilang sama orang bengkelnya harus ganti flywheel yang mana itu mesti overhaul. total damage yang dikeluarkan untuk ganti oli cvt + flywheel + overhaul kemarin di 3.5 juta rupiah. kalo ada yg posisinya di jabodetabek dan ingin tau bengkelnya boleh di PM saja ke saya.
lah ini murah amat, ganti flywheel cm 3,5 juta
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by kendibocor »

Dityyy wrote: Tue May 17, 2022 9:22 mau berbagi pengalaman aja, awal taun ini saya beli honda city 2006 dengan gejala cvtnya agak bergetar, saya kira cukup diganti olinya saja, tapi ternyata dibilang sama orang bengkelnya harus ganti flywheel yang mana itu mesti overhaul. total damage yang dikeluarkan untuk ganti oli cvt + flywheel + overhaul kemarin di 3.5 juta rupiah. kalo ada yg posisinya di jabodetabek dan ingin tau bengkelnya boleh di PM saja ke saya.
Sama kayak jazz saya dlu sblm dijual. Pindah dari N ke D kayak orng bengek ya om rpm turun trus langsung naik lg?
Dlu jazz saya odo 90-95rb km (5,5 thn) ga pernah ganti oli cvt dari baru. Jaman kuliah ngertinya cuma ganti oli mesin,ada duit jajan lebih bwat modif. Maintenance dilupakan sampe ada masalah baru ke bengkel. Skrng uda tua duit malah bwat preventive maintenance, mobil semua standaran kecuali yg 1 :mky_03:
Last edited by kendibocor on Wed May 18, 2022 10:23, edited 2 times in total.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Sat Apr 23, 2022 8:17
darrelund wrote: Fri Apr 22, 2022 12:05
klo sendirian mau tuntut susah oom, soalnya kek yg oom bilang. pabrikan akan beralasan klo sudah di kalkulasi dengan matang. jadi klo ga sesuai kalkulasi sang enjinir pasti salahin user. kecuali ada beberapa org ikut nuntut yg sama juga masih bisa keknya

kek di amrik tuh, nissin dituntut sama banyak org. akhirnya pada digantiin tuh girboknya, bahkan ada oom yg sampe diganti 3x girbok nya sama nissin :big_biglaugh:

kek scania skrg, mereka bikin axle baru tapi pinion bearing di axle belakang dari 3 jadi 1, filter dibikin permanen, oli dikurangin. memang planned obsolescence sepertinya :big_biglaugh:
nah iya kyk gini yang susah itu harus lebih dari 1 kasus sih baru bisa dituntut ke meja ijo macem nissan jatco di USA sana.

di sini klo udah cukup bukti sebenernya bisa loh konsumen menang udah ada 2 yang terbukti menang konsumennya kasus nissan march boros dan honda civic overheating. yang 1 karena ada bukti tertulis, yang 1 karena factory defect yang pihak penjual ga mau buyback unit :big_biglaugh:

klo cuma 1-2 dan random gejalanya cuma dianggep normal wear and tear.

ngga ada juga hukum yang ngelarang praktek planned obsolescence gini :mky_03: pokoknya kan cuma ilangin duit ga ilangin nyawa.
darrelund wrote: Fri Apr 22, 2022 12:09
50 launch ini oom, apa gegara ATF cooler nya sakti. GTR aja 3 kali langsung ding dong speedonya :big_biglaugh:
fun fact nya porsche ini punya skor durability yang lebih tinggi dibanding BMW dan mercedes. jadi percaya2 aja kalo dia bisa bikin DCT yang coolingnya proper :mky_01: kyknya dia punya PDK desain inhouse beda sama DSG nya VW yang outsource ke borgwarner

mungkin porsche tuh lebih serius ngembangin DCT krn dipake di entire lineup termasuk panamera yang tourer.

sedangkan nissan yang pake DCT kan cuma GTR.... :mky_03: udah gitu ya.... nissan. terkenal suka cutting the corners
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.

:weekk:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri