Page 3 of 6

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Wed May 18, 2022 12:54
by Andikheydot
Dityyy wrote: Tue May 17, 2022 9:22 mau berbagi pengalaman aja, awal taun ini saya beli honda city 2006 dengan gejala cvtnya agak bergetar, saya kira cukup diganti olinya saja, tapi ternyata dibilang sama orang bengkelnya harus ganti flywheel yang mana itu mesti overhaul. total damage yang dikeluarkan untuk ganti oli cvt + flywheel + overhaul kemarin di 3.5 juta rupiah. kalo ada yg posisinya di jabodetabek dan ingin tau bengkelnya boleh di PM saja ke saya.
boleh tau nama bengkel nya om? saya coba mau dm om tapi not authorized

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Wed May 18, 2022 13:51
by Suryaputra
Dityyy wrote: Wed May 18, 2022 9:48
Kaleng wrote: Wed May 18, 2022 7:33
Dityyy wrote: Tue May 17, 2022 9:22 mau berbagi pengalaman aja, awal taun ini saya beli honda city 2006 dengan gejala cvtnya agak bergetar, saya kira cukup diganti olinya saja, tapi ternyata dibilang sama orang bengkelnya harus ganti flywheel yang mana itu mesti overhaul. total damage yang dikeluarkan untuk ganti oli cvt + flywheel + overhaul kemarin di 3.5 juta rupiah. kalo ada yg posisinya di jabodetabek dan ingin tau bengkelnya boleh di PM saja ke saya.
setelah diganti flywheel bgmn om, smooth lagi seperti normal? iseng-iseng saya coba browsing part cvt honda mobilio/brio dkk yg sama, ternyata ada yg jual belt CVT saja, terus pulley2 juga, bisa jadi skrg sdh ada bengkel yang mampu bongkar dan ganti part yang rusak saja sehingga tidak perlu ganti full 1 transmisi?
iya om jd smooth seperti normal, dan betul kok skg bengkel bisa bongkar dan ganti part hanya yang rusaknya saja
keren mbah,
itu mah mobil manual jg lbh parah, bisa jadi kena klo dah 5 tahunan sering stop and go.
biasa satu set sm kampas kopling

Flywheel cvt itu kan fatigue krn gesekan kampas kopling basahnya, jd wajar.
dan termasuk panjang umurnya dr 2006 :big_exellent:

klo kampas koplingnya sendiri gmn mbah?

Image

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 1:02
by singachu
DOHC wrote: Wed Apr 20, 2022 8:58 saya pake hrv odo ud 130an rebu, masi fine2 aj koq CVT nya

mo pas lg dingin atau macet2an atau di tol transjawabahn jg ga ad masalah , sesekali di lamer kl lg iseng nge launch, ban masi bsa ngespin dikit malah

yg penting ganti cvtf nya per 2 kl ganti oli mesin aj (kl saya berarti di 14-15 rebu km).. ganti nya ga usa aneh2, pake honda yg hcf2 aj, cuman sapego beli di beres.. ganti sendiri di rumah modalin konci ratchet 3/8 ama ember ama corong , kerjaan 30 menit klaar pas wiken ini mah
gantinya drain n fill aja ya mbah ? takarannya gmn mbah ngukur itu sudah pas ?

regards,
singachu

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 2:47
by ChZ
Suryaputra wrote: Wed May 18, 2022 10:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.

:weekk:
ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 2:52
by evanbngdor
ChZ wrote: Thu May 19, 2022 2:47
Suryaputra wrote: Wed May 18, 2022 10:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.

:weekk:
ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 2:57
by br3wox
evanbngdor wrote:
ChZ wrote: Thu May 19, 2022 2:47
Suryaputra wrote: Wed May 18, 2022 10:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.

:weekk:
ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:
Oli Mesin dan Oli Transmisi nya pasti yahuddd punya nihhh

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 3:00
by evanbngdor
br3wox wrote: Thu May 19, 2022 2:57
evanbngdor wrote:
ChZ wrote: Thu May 19, 2022 2:47

ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:
Oli Mesin dan Oli Transmisi nya pasti yahuddd punya nihhh
Wah kurang paham, punya sodara soalnya waktu itu saya pake Om. Cuma jd joki driver aja
:mky_01:

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 5:27
by DOHC
singachu wrote: Thu May 19, 2022 1:02
DOHC wrote: Wed Apr 20, 2022 8:58 saya pake hrv odo ud 130an rebu, masi fine2 aj koq CVT nya

mo pas lg dingin atau macet2an atau di tol transjawabahn jg ga ad masalah , sesekali di lamer kl lg iseng nge launch, ban masi bsa ngespin dikit malah

yg penting ganti cvtf nya per 2 kl ganti oli mesin aj (kl saya berarti di 14-15 rebu km).. ganti nya ga usa aneh2, pake honda yg hcf2 aj, cuman sapego beli di beres.. ganti sendiri di rumah modalin konci ratchet 3/8 ama ember ama corong , kerjaan 30 menit klaar pas wiken ini mah
gantinya drain n fill aja ya mbah ? takarannya gmn mbah ngukur itu sudah pas ?

regards,
singachu
Iya mbah, drain n fill aj ckup koq

Pas ngisi, baut cek nya jg d buka, jd pas atf ud mulai ngocor atau pas d mulut lobang cek, stop

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 6:49
by ariswp
evanbngdor wrote: Thu May 19, 2022 2:52
ChZ wrote: Thu May 19, 2022 2:47
Suryaputra wrote: Wed May 18, 2022 10:23
Ntah kebetulan apa gmn.
Girboks inhouse made itu ya cocok aja sm mesin mobilnya.

:weekk:
ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:
Grade logic itu om, gradient logic kepanjangannya
Jadi ketika posisi mobil menanjak itu matic gak cepet2 naik gigi agar gak kehilangan power atau sebalik posisi mobil menurun itu matic ketika gas dilepas gak naikin gigi bahkan nurunin gigi biar bantu engine brake :big_think:

Paling pas sih itu emang K24 honda dipadu 5AT inhouse nya
Tapi gak berlaku ketika dipadu L15 nya berbodi freed :big_slap: , jadi lemot dan boros meskipun buat nanjak tetep jago dan kalo tega sering kickdown bisa cepet juga

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 8:26
by the-mantal
Dan beneran kejadian nih dealer ga ngajarin mekaniknya..
Report di grup fb owner daihatsu all new xenia (yg posting ini tipe matic dcvt).
Udah saya suruh komplain ke daihatsu segera (itu bengkel astra daihatsu bpp sepertinya)
Screenshot_2022-05-19-15-24-08-308_com.facebook.lite.jpg

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 8:26
by t105erd
kentbertlee wrote: Wed Apr 20, 2022 6:55 hi all, rencana pengen beli mobil baru, nah kebetulan mobil barunya cvt (all new brv).
setelah lihat2 review dan komentar2 di youtube(terutama pas wawancara bengkel khusus mobil matic) banyak yg bilang:

1. cvt lbh cepat rusak dan perbaikannya super mahal, bener ngak y?
2. mobil cvt walau sudah rutin ganti oli di km 100.000km rata2 putus/bermasalah sabuk bajanya, apa benar?
3. jadi agak ragu dengan mobil cvt tapi makin ke sini kelihatannya semua mobil mala jadi cvt semua. sampai avanza xenia aja jadi cvt, honda da semua cvt kayaknya ya, expander jg cvt, sisa suzuki saja spertinya. menurut kawan2 gmn?
4. mungkin d sini ada yg sudah pakai mobil cvt lbh dari 100.000km bisa berbagi pengalaman disini.

mohon pencerahannya ya all.. thanks be4 :thanks: :big_peace:
Hallo om, izin ikutan nimbrung yah...
Kalo saya sih terus terang aliran old school jadi dari dulu pake manual terus, kebetulan saya ada background machine design dan mechanical engineering sedikit jadi mau ikut komen aja sebatas yg saya tahu:

1. Setahu saya gearbox cvt baru mulai populer tahun 90an akhir ke 2000an awal di mobil2 jepang, lain halnya dengan transmisi at konvensional yg udah polpuler dari tahun 80an bahkan civic tahun 70an akhir udah mulai pakai AT. Jadi namanya teknologi baru pasti perlu waktu buat improve dan usernya juga harus tahu gimana cara pemakaian yg benar kaya kasus honda cvt dulu saat baru yg salah isi oli. Nah cepet rusak bener ga? Iya bener, banyak kasus cvt jebol di mobil Nissan dimana supplier gearboxnya Jatco yg ga tau desainya fail atau gimana, dan kalo udah rusak yaa harus ganti segelondong soalnya pabrikan ga suplai part internal gearbox makanya jadi mahal, alternatifnya yaa part copotan/kanibal.

2. Nggak juga, banyak mobil cvt yang lebih dari 100rb km masih bagus dan smooth, malaupun umur pakainya juga ga bakal sepanjang AT konven. kalo di AT konven itu musuhnya panas, kalo di CVT musuhnya torsi/beban/panas, selama bawa mobilnya halus/gradual, dan beban mobil ringan maka transmisi bisa awet, kalo bawa mobil kaya orang gila, gas pol - lepas - gas pol, dan suka bawa muatan berat dan medannya banyak tanjakan yaa wassalam. Karena dari pabrikan cuma ngasih perkiraan umur transmisi cuma sampai 100rb km, jadi kalo lebih dari itu yaa bonus dan kalo jebol yaa beli transmisi baru lagi. Itu juga kenapa ada istilah lifetime fluid jadi olinya sepanjang umur transmisi doang, tapi tetep bagusnya ganti tiap 20rb km. Dan dibanyak kasus cvt honda emang well build dibanding jatco. Dan cvt ini lebih cocok buat mesin2 torsi kecil, kalo mesin torsi besar + cvt + sering bejek2 yaa sudah...

3. Kenapa sekarang banyak mobil cvt, karena ongkos pembuatan cvt itu lebih murah dibanding AT konvensional, part utama cuma pulley primer, pulley skunder dan belt. Kalo AT konvensional lebih kompleks dan mahal, tapi buat mobil2 dengan tenaga, torsi dan beban besar tetap pakai AT konven.

4. Ga pernah punya mobil CVT, tapi kalo mau ambil mobil CVT mending dari baru jangan seken, dan hindari cvt jatco. CVT Honda oke karena dia desain dan develop sendiri, Toyota pakai dari Aisin kalo konven, kalo cvt saya ga tau deh tapi dia juga less trouble.

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 8:47
by Kaleng
the-mantal wrote: Thu May 19, 2022 8:26 Dan beneran kejadian nih dealer ga ngajarin mekaniknya..
Report di grup fb owner daihatsu all new xenia (yg posting ini tipe matic dcvt).
Udah saya suruh komplain ke daihatsu segera (itu bengkel astra daihatsu bpp sepertinya)

Screenshot_2022-05-19-15-24-08-308_com.facebook.lite.jpg
wow, yg pny mobil pakai d-cvt, di buku manual tertulis harus pakai oli transmisi apa ya?

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 8:52
by the-mantal
[/quote]

wow, yg pny mobil pakai d-cvt, di buku manual tertulis harus pakai oli transmisi apa ya?
[/quote]

Oli daihatsu genuie cvtf ada koq. Itu ownernya barusan reply pesan saya, dia blg dealernya lsg flush n ganti ke cvtf... Untung belum jalan...

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 13:36
by kunaskun
Kaleng wrote: Thu May 19, 2022 8:47 wow, yg pny mobil pakai d-cvt, di buku manual tertulis harus pakai oli transmisi apa ya?
daihatsu CVT = Toyota CVT FE. oli yg ga aneh2 banget karena semua CVT Toyota sejak 2010an sudah pake ini, malah Redline CVT sudah comply.
the-mantal wrote: Thu May 19, 2022 8:52 Oli daihatsu genuie cvtf ada koq. Itu ownernya barusan reply pesan saya, dia blg dealernya lsg flush n ganti ke cvtf... Untung belum jalan...
:mky_06: itu beres bikin speechless.. kalau saya lagi jahil saya tulis email ke daihatsu dan astra, minta extended warranty :mky_03:

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Thu May 19, 2022 14:06
by DOHC
mentang2 pake enjin sama2 1KR, lgs d hajar pukul rata pake atf biasa gt

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Fri May 20, 2022 0:34
by Dityyy
Suryaputra wrote: Wed May 18, 2022 13:51
Dityyy wrote: Wed May 18, 2022 9:48
Kaleng wrote: Wed May 18, 2022 7:33

setelah diganti flywheel bgmn om, smooth lagi seperti normal? iseng-iseng saya coba browsing part cvt honda mobilio/brio dkk yg sama, ternyata ada yg jual belt CVT saja, terus pulley2 juga, bisa jadi skrg sdh ada bengkel yang mampu bongkar dan ganti part yang rusak saja sehingga tidak perlu ganti full 1 transmisi?
iya om jd smooth seperti normal, dan betul kok skg bengkel bisa bongkar dan ganti part hanya yang rusaknya saja
keren mbah,
itu mah mobil manual jg lbh parah, bisa jadi kena klo dah 5 tahunan sering stop and go.
biasa satu set sm kampas kopling

Flywheel cvt itu kan fatigue krn gesekan kampas kopling basahnya, jd wajar.
dan termasuk panjang umurnya dr 2006 :big_exellent:

klo kampas koplingnya sendiri gmn mbah?

Image
jujur om saya kurang paham dengan part matic nya, tapi karna sudah pernah ngebenerin di bengkel yang sama jadi saya percaya saja kalo memang part yang diganti karena memang sudah tidak bagus, dan yang masih bagus dipertahankan. dan skg sih gaada kendala apapun jg di maticnya

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Fri May 20, 2022 0:45
by AbdulHakim
CVT adalah sebuah keniscayaan, semua akan CVT pada waktunya :big_grin:

eh, ada yg beda :ungg: IVT-nya Korean cars.

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Fri May 20, 2022 1:55
by evanbngdor
ariswp wrote: Thu May 19, 2022 6:49
evanbngdor wrote: Thu May 19, 2022 2:52
ChZ wrote: Thu May 19, 2022 2:47

ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:
Grade logic itu om, gradient logic kepanjangannya
Jadi ketika posisi mobil menanjak itu matic gak cepet2 naik gigi agar gak kehilangan power atau sebalik posisi mobil menurun itu matic ketika gas dilepas gak naikin gigi bahkan nurunin gigi biar bantu engine brake :big_think:

Paling pas sih itu emang K24 honda dipadu 5AT inhouse nya
Tapi gak berlaku ketika dipadu L15 nya berbodi freed :big_slap: , jadi lemot dan boros meskipun buat nanjak tetep jago dan kalo tega sering kickdown bisa cepet juga
Nah iya itu maksudnya, maaf salah istilah.

Tp somehow kok lebih enak K24 + 5AT di CRV RE ya dibanding CRV RM. Entah kebetulan atau gimana ya, sama2 unit pinjeman jg sih

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Fri May 20, 2022 2:49
by Raynard22
kentbertlee wrote: Wed May 18, 2022 6:47
Raynard22 wrote: Tue May 17, 2022 8:00 Pasti gara2 banyak konten di Youtube tentang CVT yang isinya nakut2in user :big_biglaugh: banyak komentar sotoy di videonya (kayaknya sih malah orang yang ga pernah pakai CVT/terlanjur beli manual/pedege yang mau jatuhin harga second Mobil CVT)
Intinya di perawatan aja, Setahu saya rata2 pabrikan sekarang (Honda dan Mitsubishi) udah ngasih panduan untuk ganti oli CVT setiap 40rb km/ 2 tahun.
Yang jelas pakai CVT buat mobil harian banyak benefitnya (irit, halus, minim perawatan, dst) daripada kerugiannya.
nah ini bener ni.. banyak bgt video d youtube, dan narasumbernya itu karyawan dan ada jg owner bengkel (khusus mobil matic). makanya jadi pastinya ada stigma negative buat mobil cvt. sedangkan mobil yg baru kluar skrg mala mengarah ke matic smua.
Bau-baunya sih mau mempertahankan mitos bahwa mobil matic khususnya CVT itu ringkih, perawatan mahal, boros, harga second jatuh. Padahal ya sama aja matic dan manual, yang penting dirawat sesuai anjuran pabrikan di buku servisnya. Padahal kalo lihat di pasaran, khususnya showroom ya mobil matic second tetep lebih mahal dari mobil manual second.

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Fri May 20, 2022 3:08
by Suryaputra
Dityyy wrote: Fri May 20, 2022 0:34
Suryaputra wrote: Wed May 18, 2022 13:51
Dityyy wrote: Wed May 18, 2022 9:48

iya om jd smooth seperti normal, dan betul kok skg bengkel bisa bongkar dan ganti part hanya yang rusaknya saja
keren mbah,
itu mah mobil manual jg lbh parah, bisa jadi kena klo dah 5 tahunan sering stop and go.
biasa satu set sm kampas kopling

Flywheel cvt itu kan fatigue krn gesekan kampas kopling basahnya, jd wajar.
dan termasuk panjang umurnya dr 2006 :big_exellent:

klo kampas koplingnya sendiri gmn mbah?

Image
jujur om saya kurang paham dengan part matic nya, tapi karna sudah pernah ngebenerin di bengkel yang sama jadi saya percaya saja kalo memang part yang diganti karena memang sudah tidak bagus, dan yang masih bagus dipertahankan. dan skg sih gaada kendala apapun jg di maticnya
Oh i see mbah

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Fri May 20, 2022 3:09
by wicaksono99
Raynard22 wrote: Fri May 20, 2022 2:49
kentbertlee wrote: Wed May 18, 2022 6:47
Raynard22 wrote: Tue May 17, 2022 8:00 Pasti gara2 banyak konten di Youtube tentang CVT yang isinya nakut2in user :big_biglaugh: banyak komentar sotoy di videonya (kayaknya sih malah orang yang ga pernah pakai CVT/terlanjur beli manual/pedege yang mau jatuhin harga second Mobil CVT)
Intinya di perawatan aja, Setahu saya rata2 pabrikan sekarang (Honda dan Mitsubishi) udah ngasih panduan untuk ganti oli CVT setiap 40rb km/ 2 tahun.
Yang jelas pakai CVT buat mobil harian banyak benefitnya (irit, halus, minim perawatan, dst) daripada kerugiannya.
nah ini bener ni.. banyak bgt video d youtube, dan narasumbernya itu karyawan dan ada jg owner bengkel (khusus mobil matic). makanya jadi pastinya ada stigma negative buat mobil cvt. sedangkan mobil yg baru kluar skrg mala mengarah ke matic smua.
Bau-baunya sih mau mempertahankan mitos bahwa mobil matic khususnya CVT itu ringkih, perawatan mahal, boros, harga second jatuh. Padahal ya sama aja matic dan manual, yang penting dirawat sesuai anjuran pabrikan di buku servisnya. Padahal kalo lihat di pasaran, khususnya showroom ya mobil matic second tetep lebih mahal dari mobil manual second.
So pasti lah om... Karna mobil matik barunya aja lebih mahal dari manual... 😃

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Fri May 20, 2022 3:26
by ChZ
evanbngdor wrote: Fri May 20, 2022 1:55 Nah iya itu maksudnya, maaf salah istilah.

Tp somehow kok lebih enak K24 + 5AT di CRV RE ya dibanding CRV RM. Entah kebetulan atau gimana ya, sama2 unit pinjeman jg sih
punya RM gear rationya panjang mbah. gigi 1 nya aja sampe 80 km/h. RE pny kalo gak salah 65 km/h aja.

tapi top speed juga beda kencengan di RM :mky_01:
the-mantal wrote: Thu May 19, 2022 8:26 Dan beneran kejadian nih dealer ga ngajarin mekaniknya..
Report di grup fb owner daihatsu all new xenia (yg posting ini tipe matic dcvt).
Udah saya suruh komplain ke daihatsu segera (itu bengkel astra daihatsu bpp sepertinya)

Screenshot_2022-05-19-15-24-08-308_com.facebook.lite.jpg
wkwkwkwkwkw iya beneran kan kejadian, nih duo astra masih sering kejadian begini. taun 2022 loh.

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Fri May 20, 2022 6:33
by evanbngdor
ChZ wrote: Fri May 20, 2022 3:26
evanbngdor wrote: Fri May 20, 2022 1:55 Nah iya itu maksudnya, maaf salah istilah.

Tp somehow kok lebih enak K24 + 5AT di CRV RE ya dibanding CRV RM. Entah kebetulan atau gimana ya, sama2 unit pinjeman jg sih
punya RM gear rationya panjang mbah. gigi 1 nya aja sampe 80 km/h. RE pny kalo gak salah 65 km/h aja.

tapi top speed juga beda kencengan di RM :mky_01:
Oh gitu ya mbaaah. Maklum bukan owner, cuma user aja jd ngga gitu aware pd waktu itu. Saya owner RM tp yg 6MT
:mky_01:

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Fri May 20, 2022 7:28
by Omnibus
wicaksono99 wrote: Fri May 20, 2022 3:09
Raynard22 wrote: Fri May 20, 2022 2:49
kentbertlee wrote: Wed May 18, 2022 6:47

nah ini bener ni.. banyak bgt video d youtube, dan narasumbernya itu karyawan dan ada jg owner bengkel (khusus mobil matic). makanya jadi pastinya ada stigma negative buat mobil cvt. sedangkan mobil yg baru kluar skrg mala mengarah ke matic smua.
Bau-baunya sih mau mempertahankan mitos bahwa mobil matic khususnya CVT itu ringkih, perawatan mahal, boros, harga second jatuh. Padahal ya sama aja matic dan manual, yang penting dirawat sesuai anjuran pabrikan di buku servisnya. Padahal kalo lihat di pasaran, khususnya showroom ya mobil matic second tetep lebih mahal dari mobil manual second.
So pasti lah om... Karna mobil matik barunya aja lebih mahal dari manual... 😃
dulu ga gitu om ... thn 90an dan awal 2000an harga pasaran seken matic lbh rendah drpd yg manual utk tiap tipe mobil, meskipun harga barunya matic selalu lebih mahal.

Re: (tanya) CVT lbh cepat rusak dan mahal perbaikannya, benarkah?

Posted: Fri May 20, 2022 9:12
by doge
ariswp wrote: Thu May 19, 2022 6:49
evanbngdor wrote: Thu May 19, 2022 2:52
ChZ wrote: Thu May 19, 2022 2:47

ahond pny yang 5at pun walau performance nya langit bumi ama MT nya tp enak loh halus bgt. apalagi kl buat luar kotaan.
Setuju, pernah coba long trip pake CRV RE K24 itu matic nya terasa pas sama mesin & mobilnya. Apa mungkin jg karena technology drive logic atau apa ya itu di brosurnya. CMIIW
:big_childish:
Grade logic itu om, gradient logic kepanjangannya
Jadi ketika posisi mobil menanjak itu matic gak cepet2 naik gigi agar gak kehilangan power atau sebalik posisi mobil menurun itu matic ketika gas dilepas gak naikin gigi bahkan nurunin gigi biar bantu engine brake :big_think:

Paling pas sih itu emang K24 honda dipadu 5AT inhouse nya
Tapi gak berlaku ketika dipadu L15 nya berbodi freed :big_slap: , jadi lemot dan boros meskipun buat nanjak tetep jago dan kalo tega sering kickdown bisa cepet juga
emg kesalahan itu ahond indo masukin pke 5at.. di jepang dan bbrp market lain wktu itu udh pke cvt... tp ya gmn, wktu itu org pd trauma cvt ahond rontok kena isi atf

kyknya 5atnya itu common part gtw sm mobil apa... rasionya kepanjangan bwt mesin kecil, smpe" itu rasio final drive freed dipakein 5.375 pun lari 100 msh kenanya di 2rb rpm aja

mw turun ke rasio brp lg cb hahaha