Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Posted: Wed Apr 20, 2022 15:11
Gara-gara om @Jose dan om @goodwill nih saya keracunan bikin review juga.
Namanya Reysha, daily saya sejak 21 Maret lalu.
Prolog
Setelah Civic Genio saya kejual, langsung deh saya mikirin gantinya. Tadinya kepikir untuk ganti mobil yang bisa dibangun2 lagi, tapi kok saya sekarang makin gak ada waktu mikirin mobil. Akhirnya pilihan mengerucut ke beli baru di angka 400an. Pilihannya waktu itu 3 Sedan dan Altis Hybrid.
Sialnya, 3 Sedan inden bisa sampai tengah tahun. Altis lebih gila lagi karena level kacab pun gak bisa mastiin mobil datang kapan. Sementara saya butuh mobilnya langsung ready. Sempet kepikir untuk ambil CX-30 tapi sama aja barang gak ready.
Akhirnya switch ke mobil bekas. Inceran pertama saya si Brabus B25 2011 (E250 tuned by Brabus) keduluan sehari. Waktu itu awalnya calon2nya :
- W212 E250 Avantgarde AMG
- W204 C250 AMG Plus
- 320i M Sport
- Harrier Modellista (saya suka model Harrier biasa tapi gak suka mobil yang banyak kembarannya di jalan)
- GS250
- Mark X
Setelah mikir lagi kalo saya gak mau service di beres untuk eropahan, akhirnya pilihan mengerucut ke jepunan. Harrier Modellista dan Mark X yang sreg cuma di Surabaya, so pilihan satu2nya tinggal GS250.
GS250 2012 akhirnya saya cek ke dealernya di daerah mangdu. Semua ok, service history lengkap, pr cuma ganti karet pintu yang sobek dan diffuser belakang copot. Dia minta awalnya 425. Saya tembak 325 bayar sekarang, akhirnya dia keukeuh di 360 saya 350. Besoknya saya kerja ke luar kota, mikir okein aja deh 360 eh taunya udah dibayarin orang.
Oya unitnya sekarang banyak ditawarin makelaran ig 400an, tuh saya kasi tau dia ambilnya 360 hahaha.
Setelah GS250 sold, puyeng saya mikir haha. Dapetlah iklan ES300h 2015 sama Harrier Modellista di marketplace, dihubungi 22nya susah. ES300h sold terus si Harrier saya dicuekin. Mulai putus asa dan saya mulai cari2 6 Estate. Pas lagi nyari 6 Estate, ternyata ada ES300h satu di dealer daerah Cilandak. Overbudget sih tapi coba samperin aja deh.
Hari itu saya nyamperin ES300h paginya. Minus yang langsung keliatan antara lain, manual book beserta tasnya ilang semua, record lexus keputus di 2020 (kayaknya servis di toyota karena ada stickernya), bumper depan belakang repaintan, dan jok driver shifter setir semua ada cacat kulitnya. Plusnya, semua bagian interior kecuali yang saya sebut tadi kondisinya luar biasa bagus seperti baru bahkan masih plastikan, fitur semua normal dan perlengkapan spare key spare tire etc semua masih ada dan belum pernah dipakai. Even majalah Lexus ketika mobil dibeli masih ada di bagasi.
Siangnya nyamper 6 Estate, busuk banget barangnya. Nyala susah, memory seat error. Sampe sekarang barangnya masih ada di marketplace. Akhirnya nego2 sadis sama dealer si ES karena udah rada cape juga nyari gak dapet2, dikasih dan langsung DP. Minggu depannya gencheck ke lexus, ternyata keluar estimasi 30jt. Saya push ke dealer untuk diganti, akhirnya dikasih 20jt nya diganti (motor fan etc dan aki). Turns out mobil ini bekas salah satu ex employee Lexus Indonesia yang resign 2020 lalu. Mungkin ini juga alasannya kenapa service history di lexus putus di 2020.
3 hari setelah ultah, saya lunasin mobil dan bawa pulang. Karena mobilnya overbudget H-1 saya ngejar2 customer lunasin barang hahaha.
Car : 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Mileage : 72rb on going
Price : rahasia, tapi nawar dari dealer 20jt, parts malak dealer 20jt, dikasi ban baru 7jt total benefit 47jt.
Exterior
Dari depan, ES300h lama ini masih mirip sama yang baru karena Spindle Grille nya sama2 gede. Sama pre fl nya malah kayak beda generasi karena depannya beda banget. Lampu depan sudah LED dan auto leveling, ada DRL bentuk huruf L juga. Kerennya kalau mobil dinyalain malam/di parkiran beratap lampu depan akan auto nyala dan menari kayak model Merc baru2. Gimmick doang sih tapi lucu hahaha.
Emblem depan ada biru-birunya karena ini hybrid. Oya kalau cuci mobil mesti telaten banget karena kontur bumper dan grillenya nyusahin kalo ngelap2.
Sampingnya ES ini keliatan beda sama yang baru. Yang ini keliatan lebih tinggi dan generic dibanding gen terbaru yang keliatan banget ala-ala coupe dan garis bodinya tegas. Dari samping mobil ini keliatan simple banget karena handle pintu sewarna bodi, garis bodi juga nggak terlalu keliatan. Di bawah ada emblem hybrid dan di spion ada puddle light.
Puddle light mobil ini lucu, dia akan nyala dan lampu interior juga nyala ketika kita yang bawa kunci dekat2 mobil. Kalo kita ngejauh lampunya mati lagi. Spion baru akan ngebuka kalau kunci dibuka.
Velg ES300h ini 17 inci dengan ban 215/55 R17, oemnya Yokohama tapi sama dealer tempat saya beli digantiin Michelin Primacy 4. Agak kekecilan di mobil sebesar 4.9m ini tapi enaknya ban tebal jadi bikin nyaman.
Bagian belakangnya seperti yang orang bilang, mirip dengan Camry XV50. Well gak semirip itu sih tapi bagi orang awam mirip. Apalagi yang pre fl lampunya belum ada konturnya jadi persis XV50 depan belakang. Yang facelift ini lampunya ganti jadi lebih berasa Lexus hahaha. Emblem Lexus ada biru-birunya dan di “300h” juga biru. Lucunya di bagasi ada ducktail, buat apa ya? Soalnya yang ES250 biasa gak dapat, apa buat aerodinamika ya.
Sensor parkir lengkap 4 biji depan belakang dan indicatornya ada di MID. Bagasi belakang sudah PBD tapi sepertinya ngga ada sensor kakinya.
Interior
Interior mobil ini boleh saya kasi 2 jempol. Material semua kulit asli bukan kulit-kulitan seperti beberapa rival eropanya, desain belum ketinggalan jaman, dan ergonomis sekali.
Begitu buka pintu depan, langsung terlihat dashboard tinggi yang desainnya rapi dan masih up-to-date. Sayangnya bentuk doortrim agak ketinggalan jaman dan biasa saja. Warna interior mobil saya ini Topaz Brown, sayang sudah cacat di steer, jok driver, dan shifter. Menurut saya ini karena materialnya semua kulit asli (di Lexus bilangnya Semi-Aniline Leather, lebih halus dari Nappa) dan coatingnya kurang jadi mudah sekali aus. Sepertinya mobil ini dari baru selalu dibawa sendiri karena jok kiri dan belakangnya semua masih halus dan bersih seperti baru.
Setelan jok depan hanya 10 arah termasuk extend legrest dan 3 memori. Memory seat mobil ini menyimpan setelan jok elektrik, setir elektrik, dan spion. Penyetelan steer elektrik juga cukup membantu. Bentuk jok mobil ini tidak punya support yang besar, tapi konturnya cukup nyaman dan empuk. Di jok juga ada cooler 3 level yang suka saya pakai kalau siang. Jok kiri depan juga elektrik tapi legrest ngga bisa diextend.
Speedometer keliatannya simpel padahal ini keren, yang kiri bisa ganti2 powermeter atau tachometer kalau pindah ke mode Sport. MID kayak naik innova, mirip banget hahaha. Bedanya ini maps bisa muncul, audio, dan layar hybrid juga ada.
Setirnya banyak pencetan, tapi sebenernya ya cuma buat MID dan audio. Cruise as usual Toyota ada di balik steer dan belum adaptive. Oya di setir juga ada insert kayu yang solid dan enak dipegang, beda sama di Camry. Rem parkir masih model injek hiks.
Soal multimedia, di forum dan review luar banyak yang protes karena dibilang gak intuitif dan susah dipake. Menurut saya malah ini enak2 aja, belum seenak iDrive tapi lebih enak dari COMANDnya Merc terutama era W205 pre fl yang lemot banget. Mousenya kalo belum biasa memang ribet tapi kalau biasa enak karena serasa pakai mouse lappy.
Suara audio jangan ditanya lah, menurut saya Burmester di W213 pun kalah. Yang bisa ngalahin sepengalaman saya cuma Mark Levinsonnya LS, Burmester W222 dan Panamera. Speakernya total ada 15 kalau menurut brosur. Gimmick lain yang buat mobil terasa premium adalah kacanya akan memelan kalau sudah mau full nutup atau buka, supaya gak bunyi duk kaca ketemu pintu atau stopper. Simpel sih tapi feelnya dapet. Sunroof ada dan bisa tilt slide.
Minusnya yang kentara banget menurut saya adalah kurangnya storage. Glove box memang dilapis beludru tapi kecil, masukin brosur mobil aja harus kelipet dikit. Cup holder cuma ada 2. Doortrim pocketnya kecil. Buat saya yang hobi minum banyak rada ganggu, tapi sekarang bulan puasa sih hahaha.
Masuk ke belakang, ruangnya gede banget. Di pintu kanan kiri ada shade, dan di belakang ada shade elektrik yang bisa dinaik turunin dari armrest/depan. Di footwell juga ada ambient light kayak di depan, kasih feel premium yang lebih.
Walaupun ruangnya lega, sayangnya sandaran gak bisa direcline kayak yang baru. Armrest berat dan banyak mainannya, dari AC, audio, sampai sunshade. Oya AC mobil ini sudah 3 zone dan ada purifier nya. Dingin banget sih hahaha padahal fan selalu cuma 1. Di belakang ada 2 cup holder di armrest dan lantainya rata jadi bisa ber3 duduk di belakang.
Bagasinya udah PBD dan muat 5 tas golf kalau di brosurnya. Saya sih belum nyoba hehe. Bagasinya ada aki dan battery jadi makan space dikit.
Driving
Pertama masuk, kita disambut easy entry yang langsung sesuaiin posisi jok ke posisi terakhir dan kalau keluar ada easy exit yang naikin steer dan mundurin jok. Enak sih buat ganti sepatu kalau mau turun tapi bakalan kaget kalau yang ngga biasa.
Setel memory seat, injek rem tangan dan masukin ke D, jalan deh. Begitu jalan, mobil ini bener-bener hening karena cuma ngandelin motor listrik. Kalau batere udah 2 bar, baru dia nyalain mesin buat charging. Kalau batere di atas 3 bar dia mati lagi mesinnya kalau di mode ECO.
Soal NVH, ES300h ini juara banget. Lebih comfort dibanding rival eropanya, lebih hening juga karena hybrid. Mostly dia bakal jalan cuma pake motor listrik. Kalau dibanding E-Class yang pakai airmatic ya kalah, tapi dibanding E-Class atau 5er yang normal suspension ini jauh lebih comfort. Masih belum berasa eropa redamannya, tapi tetep comfort banget. Bisa dibilang se-Crown lah.
Mobil ini juga hening banget, even kalau mesin bensinnya nyala. Waktu saya coba gaspol aja gak berasa ngebut karena gak ada suara apa-apa. Nah tapi kalau posisi mobil stop, mesin nyala itu agak kerasa getarannya.
Lubang jalan dan poldur sih gak berasa kalau dihantam hahaha. Dan GC mobil ini gak ceper-ceper amat juga.
Tapi soal handling mobil ini harus ngalah sama rival eropanya. Limbung sih ngga ya, body control mobil ini bagus banget. Tapi setir kosong banget ngga ada feedback, cuma ketolong EPSnya yang makin berat di kecepatan tinggi. Ya memberat sih tapi ngga ada feel connected ke jalan sama sekali. Enaknya kalau parkir ngga kerasa bawa mobil 4.9 meter hahaha. Ngerinya mobil ini kalau ngebut ngga kerasa karena hening dan semua masih in control. Gak ada sense of speednya.
Soal speed juga agak males karena dilimit di 190-195 demi keselamatan si batere. Hanya aja accel nya kenceng banget, rasa-rasanya bisa ngimbangin E250 kalau baterenya full. Saya pernah sekali di pintu tol masuk mode Sport dan gaspol, mobil narik banget sampe saya kedorong ke jok tapi ban gak sampe spin. Enaknya hybrid sih, kebantu motor listrik yang torsinya instan. Jadi mobil ini larinya dari 0 kenceng banget sampe 180-190an tapi abis itu ya kelimit hiks.
Satu yang saya suka dari mobil ini : feel comfort dan homy nya. Saya kebetulan spend time sehari-hari di mobil sangat banyak, jadi poin plus banget punya mobil yang berasa kayak rumah dan gak bikin capek di jalan.
Verdict
Lexus ES300h, mobil yang cocok buat orang yang mau mobil comfort dan males ngebut.
Well ini sebenernya bukan mobil yang biasa dipilih buat seumuran saya, karena biasanya seumuran saya banyak belinya CR-V Turbo, Civic, 3 Hatch, City HB, Xpander, dan lain-lain. Ya kalau banyak duit atau dibeliin ortu mungkin pakai F30 atau Scirocco R. Kakak saya pun kaget waktu saya beli ini, padahal saya tipenya yang suka ngebut dan modif2.
Tapi saya juga harus berpikir logis. Bensin mahal, dan saya juga sekarang banyakan berkutat di kota yang macet atau tol luar kota yang banyak lanehogger, kapan ngebutnya? Bisa aja dengan uang segitu saya beli WRX A-Line, tapi sampe tempat klien saya pegel2 dan tekor di bensin. Pake ES saya bisa keliatan lebih dewasa (atau om2?) dan irit bensin karena cukup isi Pertamax.
Kalau anda sering naik tol yang lancar, sukanya ngebut, atau spirited driving, mending beli GS atau 5er. Beli ini gak bakal puas. Tapi kalau anda seringnya macet2an, atau lewat tol jarak jauh, atau malah sekalian disopirin, beli ini gak bakal nyesel. Sampai rumah/tujuan masih seger, dompet sehat, dan anda senang karena duit 500 jutaan anda ngga terbuang sia-sia beli mobil baru yang kurang worth.
Thanks!
Bonus : Maintenance and Usage
Sampai hari ini, bensin saya masih ¾ dan terakhir isi di 28 Maret. Rute saya harian Bekasi-Kuningan/Sudirman atau Bekasi-Rawamangun. Bensin cukup Pertamax dan full tank sekitaran 500 ribuan. Di MID herannya angkanya gak fantastis banget, saya mentok2 cuma 30km/l bolak balik bekasi cilandak.
Maintenance belum diapa2in, karena masih nunggu parts yang dibeliin dealer di Lexus Menteng. Yang bakal digantiin : fan, motor fan, aki beserta jasa, kurleb 20jt. Akinya doang 8jt hahaha merek Panasonic. Yang saya beli sendiri : shock belakang Tein EnduraPro Plus 7jt, belakang pair oem lexusnya 8.8jt ogah banget. Wiper depan beli merek Denso DDS 200rb, beli oem lexus bisa 400rb sama pasang.
Pas part dateng saya sekalian mau servis besar, 6jt aja. Servis biasa 1.6-2an, murah kan gak jauh sama honda? General check saya keluar 800 ribuan, kalau di Lexus Pluit malah cuma 500an.
Soal battery HV nya, oem di Lexus ganti assy 70jt sama pasang. Di saya alhamdulillah batere masih aman 16V per cell. Solusi kalau mau murah, ganti per cell nya aja 950-1.25jt karena yang rusak paling cuma bbrp cell, tapi langsung vonis ganti assy karena beres gak mau ganti cell. Bisa pm saya untuk nomor spesialisnya.
Namanya Reysha, daily saya sejak 21 Maret lalu.
Prolog
Setelah Civic Genio saya kejual, langsung deh saya mikirin gantinya. Tadinya kepikir untuk ganti mobil yang bisa dibangun2 lagi, tapi kok saya sekarang makin gak ada waktu mikirin mobil. Akhirnya pilihan mengerucut ke beli baru di angka 400an. Pilihannya waktu itu 3 Sedan dan Altis Hybrid.
Sialnya, 3 Sedan inden bisa sampai tengah tahun. Altis lebih gila lagi karena level kacab pun gak bisa mastiin mobil datang kapan. Sementara saya butuh mobilnya langsung ready. Sempet kepikir untuk ambil CX-30 tapi sama aja barang gak ready.
Akhirnya switch ke mobil bekas. Inceran pertama saya si Brabus B25 2011 (E250 tuned by Brabus) keduluan sehari. Waktu itu awalnya calon2nya :
- W212 E250 Avantgarde AMG
- W204 C250 AMG Plus
- 320i M Sport
- Harrier Modellista (saya suka model Harrier biasa tapi gak suka mobil yang banyak kembarannya di jalan)
- GS250
- Mark X
Setelah mikir lagi kalo saya gak mau service di beres untuk eropahan, akhirnya pilihan mengerucut ke jepunan. Harrier Modellista dan Mark X yang sreg cuma di Surabaya, so pilihan satu2nya tinggal GS250.
GS250 2012 akhirnya saya cek ke dealernya di daerah mangdu. Semua ok, service history lengkap, pr cuma ganti karet pintu yang sobek dan diffuser belakang copot. Dia minta awalnya 425. Saya tembak 325 bayar sekarang, akhirnya dia keukeuh di 360 saya 350. Besoknya saya kerja ke luar kota, mikir okein aja deh 360 eh taunya udah dibayarin orang.
Oya unitnya sekarang banyak ditawarin makelaran ig 400an, tuh saya kasi tau dia ambilnya 360 hahaha.
Setelah GS250 sold, puyeng saya mikir haha. Dapetlah iklan ES300h 2015 sama Harrier Modellista di marketplace, dihubungi 22nya susah. ES300h sold terus si Harrier saya dicuekin. Mulai putus asa dan saya mulai cari2 6 Estate. Pas lagi nyari 6 Estate, ternyata ada ES300h satu di dealer daerah Cilandak. Overbudget sih tapi coba samperin aja deh.
Hari itu saya nyamperin ES300h paginya. Minus yang langsung keliatan antara lain, manual book beserta tasnya ilang semua, record lexus keputus di 2020 (kayaknya servis di toyota karena ada stickernya), bumper depan belakang repaintan, dan jok driver shifter setir semua ada cacat kulitnya. Plusnya, semua bagian interior kecuali yang saya sebut tadi kondisinya luar biasa bagus seperti baru bahkan masih plastikan, fitur semua normal dan perlengkapan spare key spare tire etc semua masih ada dan belum pernah dipakai. Even majalah Lexus ketika mobil dibeli masih ada di bagasi.
Siangnya nyamper 6 Estate, busuk banget barangnya. Nyala susah, memory seat error. Sampe sekarang barangnya masih ada di marketplace. Akhirnya nego2 sadis sama dealer si ES karena udah rada cape juga nyari gak dapet2, dikasih dan langsung DP. Minggu depannya gencheck ke lexus, ternyata keluar estimasi 30jt. Saya push ke dealer untuk diganti, akhirnya dikasih 20jt nya diganti (motor fan etc dan aki). Turns out mobil ini bekas salah satu ex employee Lexus Indonesia yang resign 2020 lalu. Mungkin ini juga alasannya kenapa service history di lexus putus di 2020.
3 hari setelah ultah, saya lunasin mobil dan bawa pulang. Karena mobilnya overbudget H-1 saya ngejar2 customer lunasin barang hahaha.
Car : 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Mileage : 72rb on going
Price : rahasia, tapi nawar dari dealer 20jt, parts malak dealer 20jt, dikasi ban baru 7jt total benefit 47jt.
Exterior
Dari depan, ES300h lama ini masih mirip sama yang baru karena Spindle Grille nya sama2 gede. Sama pre fl nya malah kayak beda generasi karena depannya beda banget. Lampu depan sudah LED dan auto leveling, ada DRL bentuk huruf L juga. Kerennya kalau mobil dinyalain malam/di parkiran beratap lampu depan akan auto nyala dan menari kayak model Merc baru2. Gimmick doang sih tapi lucu hahaha.
Emblem depan ada biru-birunya karena ini hybrid. Oya kalau cuci mobil mesti telaten banget karena kontur bumper dan grillenya nyusahin kalo ngelap2.
Sampingnya ES ini keliatan beda sama yang baru. Yang ini keliatan lebih tinggi dan generic dibanding gen terbaru yang keliatan banget ala-ala coupe dan garis bodinya tegas. Dari samping mobil ini keliatan simple banget karena handle pintu sewarna bodi, garis bodi juga nggak terlalu keliatan. Di bawah ada emblem hybrid dan di spion ada puddle light.
Puddle light mobil ini lucu, dia akan nyala dan lampu interior juga nyala ketika kita yang bawa kunci dekat2 mobil. Kalo kita ngejauh lampunya mati lagi. Spion baru akan ngebuka kalau kunci dibuka.
Velg ES300h ini 17 inci dengan ban 215/55 R17, oemnya Yokohama tapi sama dealer tempat saya beli digantiin Michelin Primacy 4. Agak kekecilan di mobil sebesar 4.9m ini tapi enaknya ban tebal jadi bikin nyaman.
Bagian belakangnya seperti yang orang bilang, mirip dengan Camry XV50. Well gak semirip itu sih tapi bagi orang awam mirip. Apalagi yang pre fl lampunya belum ada konturnya jadi persis XV50 depan belakang. Yang facelift ini lampunya ganti jadi lebih berasa Lexus hahaha. Emblem Lexus ada biru-birunya dan di “300h” juga biru. Lucunya di bagasi ada ducktail, buat apa ya? Soalnya yang ES250 biasa gak dapat, apa buat aerodinamika ya.
Sensor parkir lengkap 4 biji depan belakang dan indicatornya ada di MID. Bagasi belakang sudah PBD tapi sepertinya ngga ada sensor kakinya.
Interior
Interior mobil ini boleh saya kasi 2 jempol. Material semua kulit asli bukan kulit-kulitan seperti beberapa rival eropanya, desain belum ketinggalan jaman, dan ergonomis sekali.
Begitu buka pintu depan, langsung terlihat dashboard tinggi yang desainnya rapi dan masih up-to-date. Sayangnya bentuk doortrim agak ketinggalan jaman dan biasa saja. Warna interior mobil saya ini Topaz Brown, sayang sudah cacat di steer, jok driver, dan shifter. Menurut saya ini karena materialnya semua kulit asli (di Lexus bilangnya Semi-Aniline Leather, lebih halus dari Nappa) dan coatingnya kurang jadi mudah sekali aus. Sepertinya mobil ini dari baru selalu dibawa sendiri karena jok kiri dan belakangnya semua masih halus dan bersih seperti baru.
Setelan jok depan hanya 10 arah termasuk extend legrest dan 3 memori. Memory seat mobil ini menyimpan setelan jok elektrik, setir elektrik, dan spion. Penyetelan steer elektrik juga cukup membantu. Bentuk jok mobil ini tidak punya support yang besar, tapi konturnya cukup nyaman dan empuk. Di jok juga ada cooler 3 level yang suka saya pakai kalau siang. Jok kiri depan juga elektrik tapi legrest ngga bisa diextend.
Speedometer keliatannya simpel padahal ini keren, yang kiri bisa ganti2 powermeter atau tachometer kalau pindah ke mode Sport. MID kayak naik innova, mirip banget hahaha. Bedanya ini maps bisa muncul, audio, dan layar hybrid juga ada.
Setirnya banyak pencetan, tapi sebenernya ya cuma buat MID dan audio. Cruise as usual Toyota ada di balik steer dan belum adaptive. Oya di setir juga ada insert kayu yang solid dan enak dipegang, beda sama di Camry. Rem parkir masih model injek hiks.
Soal multimedia, di forum dan review luar banyak yang protes karena dibilang gak intuitif dan susah dipake. Menurut saya malah ini enak2 aja, belum seenak iDrive tapi lebih enak dari COMANDnya Merc terutama era W205 pre fl yang lemot banget. Mousenya kalo belum biasa memang ribet tapi kalau biasa enak karena serasa pakai mouse lappy.
Suara audio jangan ditanya lah, menurut saya Burmester di W213 pun kalah. Yang bisa ngalahin sepengalaman saya cuma Mark Levinsonnya LS, Burmester W222 dan Panamera. Speakernya total ada 15 kalau menurut brosur. Gimmick lain yang buat mobil terasa premium adalah kacanya akan memelan kalau sudah mau full nutup atau buka, supaya gak bunyi duk kaca ketemu pintu atau stopper. Simpel sih tapi feelnya dapet. Sunroof ada dan bisa tilt slide.
Minusnya yang kentara banget menurut saya adalah kurangnya storage. Glove box memang dilapis beludru tapi kecil, masukin brosur mobil aja harus kelipet dikit. Cup holder cuma ada 2. Doortrim pocketnya kecil. Buat saya yang hobi minum banyak rada ganggu, tapi sekarang bulan puasa sih hahaha.
Masuk ke belakang, ruangnya gede banget. Di pintu kanan kiri ada shade, dan di belakang ada shade elektrik yang bisa dinaik turunin dari armrest/depan. Di footwell juga ada ambient light kayak di depan, kasih feel premium yang lebih.
Walaupun ruangnya lega, sayangnya sandaran gak bisa direcline kayak yang baru. Armrest berat dan banyak mainannya, dari AC, audio, sampai sunshade. Oya AC mobil ini sudah 3 zone dan ada purifier nya. Dingin banget sih hahaha padahal fan selalu cuma 1. Di belakang ada 2 cup holder di armrest dan lantainya rata jadi bisa ber3 duduk di belakang.
Bagasinya udah PBD dan muat 5 tas golf kalau di brosurnya. Saya sih belum nyoba hehe. Bagasinya ada aki dan battery jadi makan space dikit.
Driving
Pertama masuk, kita disambut easy entry yang langsung sesuaiin posisi jok ke posisi terakhir dan kalau keluar ada easy exit yang naikin steer dan mundurin jok. Enak sih buat ganti sepatu kalau mau turun tapi bakalan kaget kalau yang ngga biasa.
Setel memory seat, injek rem tangan dan masukin ke D, jalan deh. Begitu jalan, mobil ini bener-bener hening karena cuma ngandelin motor listrik. Kalau batere udah 2 bar, baru dia nyalain mesin buat charging. Kalau batere di atas 3 bar dia mati lagi mesinnya kalau di mode ECO.
Soal NVH, ES300h ini juara banget. Lebih comfort dibanding rival eropanya, lebih hening juga karena hybrid. Mostly dia bakal jalan cuma pake motor listrik. Kalau dibanding E-Class yang pakai airmatic ya kalah, tapi dibanding E-Class atau 5er yang normal suspension ini jauh lebih comfort. Masih belum berasa eropa redamannya, tapi tetep comfort banget. Bisa dibilang se-Crown lah.
Mobil ini juga hening banget, even kalau mesin bensinnya nyala. Waktu saya coba gaspol aja gak berasa ngebut karena gak ada suara apa-apa. Nah tapi kalau posisi mobil stop, mesin nyala itu agak kerasa getarannya.
Lubang jalan dan poldur sih gak berasa kalau dihantam hahaha. Dan GC mobil ini gak ceper-ceper amat juga.
Tapi soal handling mobil ini harus ngalah sama rival eropanya. Limbung sih ngga ya, body control mobil ini bagus banget. Tapi setir kosong banget ngga ada feedback, cuma ketolong EPSnya yang makin berat di kecepatan tinggi. Ya memberat sih tapi ngga ada feel connected ke jalan sama sekali. Enaknya kalau parkir ngga kerasa bawa mobil 4.9 meter hahaha. Ngerinya mobil ini kalau ngebut ngga kerasa karena hening dan semua masih in control. Gak ada sense of speednya.
Soal speed juga agak males karena dilimit di 190-195 demi keselamatan si batere. Hanya aja accel nya kenceng banget, rasa-rasanya bisa ngimbangin E250 kalau baterenya full. Saya pernah sekali di pintu tol masuk mode Sport dan gaspol, mobil narik banget sampe saya kedorong ke jok tapi ban gak sampe spin. Enaknya hybrid sih, kebantu motor listrik yang torsinya instan. Jadi mobil ini larinya dari 0 kenceng banget sampe 180-190an tapi abis itu ya kelimit hiks.
Satu yang saya suka dari mobil ini : feel comfort dan homy nya. Saya kebetulan spend time sehari-hari di mobil sangat banyak, jadi poin plus banget punya mobil yang berasa kayak rumah dan gak bikin capek di jalan.
Verdict
Lexus ES300h, mobil yang cocok buat orang yang mau mobil comfort dan males ngebut.
Well ini sebenernya bukan mobil yang biasa dipilih buat seumuran saya, karena biasanya seumuran saya banyak belinya CR-V Turbo, Civic, 3 Hatch, City HB, Xpander, dan lain-lain. Ya kalau banyak duit atau dibeliin ortu mungkin pakai F30 atau Scirocco R. Kakak saya pun kaget waktu saya beli ini, padahal saya tipenya yang suka ngebut dan modif2.
Tapi saya juga harus berpikir logis. Bensin mahal, dan saya juga sekarang banyakan berkutat di kota yang macet atau tol luar kota yang banyak lanehogger, kapan ngebutnya? Bisa aja dengan uang segitu saya beli WRX A-Line, tapi sampe tempat klien saya pegel2 dan tekor di bensin. Pake ES saya bisa keliatan lebih dewasa (atau om2?) dan irit bensin karena cukup isi Pertamax.
Kalau anda sering naik tol yang lancar, sukanya ngebut, atau spirited driving, mending beli GS atau 5er. Beli ini gak bakal puas. Tapi kalau anda seringnya macet2an, atau lewat tol jarak jauh, atau malah sekalian disopirin, beli ini gak bakal nyesel. Sampai rumah/tujuan masih seger, dompet sehat, dan anda senang karena duit 500 jutaan anda ngga terbuang sia-sia beli mobil baru yang kurang worth.
Thanks!
Bonus : Maintenance and Usage
Sampai hari ini, bensin saya masih ¾ dan terakhir isi di 28 Maret. Rute saya harian Bekasi-Kuningan/Sudirman atau Bekasi-Rawamangun. Bensin cukup Pertamax dan full tank sekitaran 500 ribuan. Di MID herannya angkanya gak fantastis banget, saya mentok2 cuma 30km/l bolak balik bekasi cilandak.
Maintenance belum diapa2in, karena masih nunggu parts yang dibeliin dealer di Lexus Menteng. Yang bakal digantiin : fan, motor fan, aki beserta jasa, kurleb 20jt. Akinya doang 8jt hahaha merek Panasonic. Yang saya beli sendiri : shock belakang Tein EnduraPro Plus 7jt, belakang pair oem lexusnya 8.8jt ogah banget. Wiper depan beli merek Denso DDS 200rb, beli oem lexus bisa 400rb sama pasang.
Pas part dateng saya sekalian mau servis besar, 6jt aja. Servis biasa 1.6-2an, murah kan gak jauh sama honda? General check saya keluar 800 ribuan, kalau di Lexus Pluit malah cuma 500an.
Soal battery HV nya, oem di Lexus ganti assy 70jt sama pasang. Di saya alhamdulillah batere masih aman 16V per cell. Solusi kalau mau murah, ganti per cell nya aja 950-1.25jt karena yang rusak paling cuma bbrp cell, tapi langsung vonis ganti assy karena beres gak mau ganti cell. Bisa pm saya untuk nomor spesialisnya.