Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by MSU »

the-mantal wrote: 23 Sep 2022, 13:47 update september :
- 3 minggu lalu mobil dibawa ke wonosobo/ dieng utk urusan kerjaan. ngerasain tol palimanan yg ternyata panjang banget ya... selama nyetir mikirnya kapan nyampe. di tol cm bawa kecepatan 80-100 aja ga lebih ga kurang karena takut sama speed camera. ternyata di kecepatan 100 klo gear nya dipake rpm cm 1800-1900 (ga sampai 2000) which is truly marvelous utk mobil 1300 cc. alhasil fuel consumption selama di tol bisa dapet 1:25.
nyetirnya pun enak, kecepatan 100 bener2 berasa kaya pelan aja karena stabil banget.

- sampai ke daerah dieng perlu nanjak2 kan, nah baru berasa keteteran 1300 cc nya. terasa banget berat nya nanjak2 yg curam.
Kejadian yang saya ingat banget itu sampai sekarang itu pas perjalanan ke dieng, pas malam dan sepi n gelap banget itu jalanan di pinggirnya jurang, jalanannya wkt itu nanjak curam, udahlah mobilnya ngeden eh ga kelihatan di depan hrs belok ke kiri atau ke kanan.... jd terpaksa ikut intuisi aja belok ke kiri dan untungnya bener... whew, inget2nya mengerikan banget itu klo sampai salah belok. oh ya di dalam mobil cm saya dan 1 orang penumpang. terus terang ga yakin bisa lewat dengan 7 penumpang klo kejadiannya kaya kemarin itu.

- klo udah nanjak, berarti ada turunan dnk.... nah engine brake nya ini juga saya bilang kurang pas buat jalan pegunungan karena terlalu loss meski pakai manual mode.... alhasil kaki memang harus siap di rem dan harus ngerem terus... saya terus terang sempat khawatir ini rem lama2 blong ga ya diinjek terus. untungnya ngga kejadian.

- handling di pegunungan yg ga curam.... saya angkat 2 jempol, ini mobil yang enak buat di pegunungan (syaratnya 2 penumpang aja ya, klo lebih mgkn COG nya pindah), setir2 kelok2 itu terasa meyakinkan sekali mobilnya. platform DNGA ga boong deh.

- pegel ngga nyetir 7 jam (dengan 1x visit rest area) ? jawabannya saya kasih clue aja ya : habis nyetir 7 jam hari pertama, hari kedua jalan ke dieng utk meeting seharian, hari ketiga lsg pulang 7 jam lagi dan besoknya pun ngantor tanpa tanda-tanda encok pinggang dan kaki.
pas nanjak...apa mgkn bisa pilih gigi lebih rendah om? misal kalo di matik biasa kan ada L
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by McLaren »

the-mantal wrote: 23 Sep 2022, 13:47 update september :
- 3 minggu lalu mobil dibawa ke wonosobo/ dieng utk urusan kerjaan. ngerasain tol palimanan yg ternyata panjang banget ya... selama nyetir mikirnya kapan nyampe. di tol cm bawa kecepatan 80-100 aja ga lebih ga kurang karena takut sama speed camera. ternyata di kecepatan 100 klo gear nya dipake rpm cm 1800-1900 (ga sampai 2000) which is truly marvelous utk mobil 1300 cc. alhasil fuel consumption selama di tol bisa dapet 1:25.
nyetirnya pun enak, kecepatan 100 bener2 berasa kaya pelan aja karena stabil banget.

- sampai ke daerah dieng perlu nanjak2 kan, nah baru berasa keteteran 1300 cc nya. terasa banget berat nya nanjak2 yg curam.
Kejadian yang saya ingat banget itu sampai sekarang itu pas perjalanan ke dieng, pas malam dan sepi n gelap banget itu jalanan di pinggirnya jurang, jalanannya wkt itu nanjak curam, udahlah mobilnya ngeden eh ga kelihatan di depan hrs belok ke kiri atau ke kanan.... jd terpaksa ikut intuisi aja belok ke kiri dan untungnya bener... whew, inget2nya mengerikan banget itu klo sampai salah belok. oh ya di dalam mobil cm saya dan 1 orang penumpang. terus terang ga yakin bisa lewat dengan 7 penumpang klo kejadiannya kaya kemarin itu.

- klo udah nanjak, berarti ada turunan dnk.... nah engine brake nya ini juga saya bilang kurang pas buat jalan pegunungan karena terlalu loss meski pakai manual mode.... alhasil kaki memang harus siap di rem dan harus ngerem terus... saya terus terang sempat khawatir ini rem lama2 blong ga ya diinjek terus. untungnya ngga kejadian.

- handling di pegunungan yg ga curam.... saya angkat 2 jempol, ini mobil yang enak buat di pegunungan (syaratnya 2 penumpang aja ya, klo lebih mgkn COG nya pindah), setir2 kelok2 itu terasa meyakinkan sekali mobilnya. platform DNGA ga boong deh.

- pegel ngga nyetir 7 jam (dengan 1x visit rest area) ? jawabannya saya kasih clue aja ya : habis nyetir 7 jam hari pertama, hari kedua jalan ke dieng utk meeting seharian, hari ketiga lsg pulang 7 jam lagi dan besoknya pun ngantor tanpa tanda-tanda encok pinggang dan kaki.
Mantab om..

Klo bole tahu, om usia berapa?
Wkwkwk

Sy dulu usia 30an awal nyetir lintas sumatra masih kuat…
Skrg KO om
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

satriakarisma wrote: 23 Sep 2022, 14:58
mantap nih reviewnya.
untuk yg versi 1.5, sepertinya lebih mantab buat nanjak nanjak kali ya Om?

dua paagraf terakhir sepertinya banyak banget improvement di sasis vs xenia gen lama ya.
:big_exellent:
baru kelihatan ada respon di thread ini rupanya...
improvement luar biasa om klo dari generasi sebelumnya. tp klo lawan brand lain (ertiga, xpander, dkk) ya plus minus ajah.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

MSU wrote: 23 Sep 2022, 15:13

pas nanjak...apa mgkn bisa pilih gigi lebih rendah om? misal kalo di matik biasa kan ada L
bisa pake manual mode atau sports mode juga otomatis lsg naikin rpm, kemarin ga coba ke situ karena nanjak2 nya ga sampe kedodoran gmn gitu walau pake D, cmn ya berat gitu rasanya. lagipula lebih fokus sama jurang kanan kiri saat itu.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

McLaren wrote: 23 Sep 2022, 19:05
Mantab om..

Klo bole tahu, om usia berapa?
Wkwkwk

Sy dulu usia 30an awal nyetir lintas sumatra masih kuat…
Skrg KO om
saya 38 om.
wah klo ngomong umur emg ga bs boong om... pst makin tua makin cape
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by McLaren »

the-mantal wrote: 03 Oct 2022, 10:36
MSU wrote: 23 Sep 2022, 15:13

pas nanjak...apa mgkn bisa pilih gigi lebih rendah om? misal kalo di matik biasa kan ada L
bisa pake manual mode atau sports mode juga otomatis lsg naikin rpm, kemarin ga coba ke situ karena nanjak2 nya ga sampe kedodoran gmn gitu walau pake D, cmn ya berat gitu rasanya. lagipula lebih fokus sama jurang kanan kiri saat itu.
Lah sama wkwkwk
Berarti sy yang lemah
pandaendut
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 24 Aug 2017, 22:42
Location: Bogor
Daily Vehicle: Freed

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by pandaendut »

leogalih wrote: 24 Apr 2022, 23:01 meme spongebob.jpg

Respect buat om TS... Nyali seorang Pendekar!! :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:
Super salut buat om TS :mky_02: :big_exellent:
2 ekor di garasi rumah semua intervensi nyonya, sy kalah mulu :big_dunno:
Masih berprinsip "Happy Wife Happy Life" :big_childish:
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

Update 1 tahun All New Xenia

Ga terasa mobil ini sudah 1 tahun menemani, perasaan baru kemarin beli.
Selama 1 tahun baru jalan 11 ribu km n tentunya ada beberapa problem yg kemarin-kemarin karena masih honeymoon period jd acceptable aja, tp lama2 koq ya jd berasa ga acceptable lagi.
Belum memutuskan cerai sih sama mobil ini, tp udah mulai berkurang cintanya wkwkwk

Pros :
- mesin masih enak (mgkn karena masih 11 ribu km), masih halus, masih irit, masih kencang

- suspensi nyaman, ini diconfirm oleh semua penumpang saya (saya nyambi gocar btw tp hanya utk yg searah kantor n plg aja, lumayan buat nutup duit bensin n parkir sekalian nambah teman)... entah karena standar penumpang nya rendah atau karena mereka sering dapatnya calya dan avanza/ xenia lama.

Cons :
- banyak penyakit yg di awal kayanya ga terlalu berasa, skrg mulai berasa. contoh, klo narik di kecepatan 30-40 mobilnya pasti bergetar sedikit. ini ga kejadian di xenia saya aja, semua all new xenia n avanza user di grup fb jg merasakan hal yg sama dan ga ada solusinya sampai saat ini. terus juga ada bunyi di setir kreeett klo diputar pelan. suaranya ga selalu ada, tp klo muncul jd bertanya2 ini mobil kenapa yah... udah coba komplain ke Beres tp tetap ada aja itu bunyi.

- karena jalanan makin ramai, jd kecepatan di jakarta cm bisa 0-50 km/h aja, dan terus terang pakai transmisi DCVT ini agak aneh. karena seperti yg saya blg di post sebelumnya, klo ditaro di D, mobil ini maunya laju terus, jd susah pertahanin kecepatan rata di 30km/h contohnya... itu saya terpaksa injak gas lalu lepas... lalu injak lagi... lalu lepas lagi... istilahnya apa ya... pulse n glide kali ya? kenapa ga injak gas nya kecil aja? well klo injak gas kecil, artinya rpm dibawah 1500 dan itu mobil bergetar semua (tp bukan ngelitik), jadi otomatis harus gas sampai min 1500 rpm baru ga getar. tp klo di 1500 rpm itu kecepatan naiknya cepet banget... jd serba salah kan.. tp di sisi lain, mobil ini enak klo cruising di tol misal abis bayar tol, itu cukup manteng 1500 rpm aj tahu2 udah kecepatan 100 secara effortless.
opsi lain ya pakai transmisi S supaya bisa pertahanin kecepatan rendah dengan stabil - tapi rpm mesin jd tinggi n jadi agak boros.

- belum ada rattle, tp suara gedubrak dr dashboard waktu kena lobang lebih kencang belakangan ini wkwkkkk...

- ini belum terjadi, tp udah baca beberapa kejadian di grup fb... (amit2 jgn sampe terjadi ke saya), tnyata itu headlamp dan stoplamp LED yang nyatu sama rumahnya yak.. jd klo misal lampu sein putus atau lampu rem mati sebelah yg mana ini sangat common terjadi setelah beberapa tahun, tnyata harus ganti sebatok2nya, dan harganya ga murah. call me cheap tapi siapa yg ga sakit hati diketok 700 ribu klo lampu sein belakang mati sebelah... pdhl avanza/ xenia lama klo kejadian yg sama cm perlu keluar duit 10 ribu buat beli bohlam. ini deal breaker banget buat saya, sayangnya dulu wkt ambil ga tahu. dan poin ini yg bikin rasa cinta sama xenia saya makin luntur - walaupun blum kejadian n smoga ga ada kejadian selama kepemilikan mobil ini beberapa taon ke depan. pdhl ini avanza/ xenia seharusnya kan terkenal cheap and easy to maintain nya, tp koq berubah jadi DNGA tnyata jd ga cheap lagi.

well gitulah cerita saya, gmn ceritamu? user2 DNGA lain ada yg mau berbagi kekecewaan jg? wkkwkkw
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by ChZ »

the-mantal wrote: 26 May 2023, 17:45
- karena jalanan makin ramai, jd kecepatan di jakarta cm bisa 0-50 km/h aja, dan terus terang pakai transmisi DCVT ini agak aneh. karena seperti yg saya blg di post sebelumnya, klo ditaro di D, mobil ini maunya laju terus, jd susah pertahanin kecepatan rata di 30km/h contohnya... itu saya terpaksa injak gas lalu lepas... lalu injak lagi... lalu lepas lagi... istilahnya apa ya... pulse n glide kali ya? kenapa ga injak gas nya kecil aja? well klo injak gas kecil, artinya rpm dibawah 1500 dan itu mobil bergetar semua (tp bukan ngelitik), jadi otomatis harus gas sampai min 1500 rpm baru ga getar. tp klo di 1500 rpm itu kecepatan naiknya cepet banget... jd serba salah kan.. tp di sisi lain, mobil ini enak klo cruising di tol misal abis bayar tol, itu cukup manteng 1500 rpm aj tahu2 udah kecepatan 100 secara effortless.
opsi lain ya pakai transmisi S supaya bisa pertahanin kecepatan rendah dengan stabil - tapi rpm mesin jd tinggi n jadi agak boros.

- belum ada rattle, tp suara gedubrak dr dashboard waktu kena lobang lebih kencang belakangan ini wkwkkkk...

- ini belum terjadi, tp udah baca beberapa kejadian di grup fb... (amit2 jgn sampe terjadi ke saya), tnyata itu headlamp dan stoplamp LED yang nyatu sama rumahnya yak.. jd klo misal lampu sein putus atau lampu rem mati sebelah yg mana ini sangat common terjadi setelah beberapa tahun, tnyata harus ganti sebatok2nya, dan harganya ga murah. call me cheap tapi siapa yg ga sakit hati diketok 700 ribu klo lampu sein belakang mati sebelah... pdhl avanza/ xenia lama klo kejadian yg sama cm perlu keluar duit 10 ribu buat beli bohlam. ini deal breaker banget buat saya, sayangnya dulu wkt ambil ga tahu. dan poin ini yg bikin rasa cinta sama xenia saya makin luntur - walaupun blum kejadian n smoga ga ada kejadian selama kepemilikan mobil ini beberapa taon ke depan. pdhl ini avanza/ xenia seharusnya kan terkenal cheap and easy to maintain nya, tp koq berubah jadi DNGA tnyata jd ga cheap lagi.

well gitulah cerita saya, gmn ceritamu? user2 DNGA lain ada yg mau berbagi kekecewaan jg? wkkwkkw
pengalaman bawa raize dcvt... emang di dalem kota maunya nyendul2 terus wakakakka. agak mirip dual clutch. ane curiganya geter itu karena transmisinya kurang refine transisi dari gear ke CVTnya. since gear di DCVT kan kebalik sama yang di lexus/toyota high end yang buat launch gear... malah final gearnya pake yang kecil buat cruise rpm nya rendah.

macem mobil manual jalan pelan kita kasi gear tinggi a.k.a lugging. di raize/rocky kayaknya kebantu torsi turbo yang kuat jd gak terlalu berasa. ntah yang 1.2L ya.

part mobil sekarang emang bikin nyesek sih om kl tanpa asuransi :big_bored: ya amit2 kejadian deh. minimal kl cuma lampu doang mati dalam 4 thn pemakaian awal bisa claim.

habis itu "cerai" aja wkwkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by MSU »

ChZ wrote: 27 May 2023, 10:14
the-mantal wrote: 26 May 2023, 17:45
- karena jalanan makin ramai, jd kecepatan di jakarta cm bisa 0-50 km/h aja, dan terus terang pakai transmisi DCVT ini agak aneh. karena seperti yg saya blg di post sebelumnya, klo ditaro di D, mobil ini maunya laju terus, jd susah pertahanin kecepatan rata di 30km/h contohnya... itu saya terpaksa injak gas lalu lepas... lalu injak lagi... lalu lepas lagi... istilahnya apa ya... pulse n glide kali ya? kenapa ga injak gas nya kecil aja? well klo injak gas kecil, artinya rpm dibawah 1500 dan itu mobil bergetar semua (tp bukan ngelitik), jadi otomatis harus gas sampai min 1500 rpm baru ga getar. tp klo di 1500 rpm itu kecepatan naiknya cepet banget... jd serba salah kan.. tp di sisi lain, mobil ini enak klo cruising di tol misal abis bayar tol, itu cukup manteng 1500 rpm aj tahu2 udah kecepatan 100 secara effortless.
opsi lain ya pakai transmisi S supaya bisa pertahanin kecepatan rendah dengan stabil - tapi rpm mesin jd tinggi n jadi agak boros.

- belum ada rattle, tp suara gedubrak dr dashboard waktu kena lobang lebih kencang belakangan ini wkwkkkk...

- ini belum terjadi, tp udah baca beberapa kejadian di grup fb... (amit2 jgn sampe terjadi ke saya), tnyata itu headlamp dan stoplamp LED yang nyatu sama rumahnya yak.. jd klo misal lampu sein putus atau lampu rem mati sebelah yg mana ini sangat common terjadi setelah beberapa tahun, tnyata harus ganti sebatok2nya, dan harganya ga murah. call me cheap tapi siapa yg ga sakit hati diketok 700 ribu klo lampu sein belakang mati sebelah... pdhl avanza/ xenia lama klo kejadian yg sama cm perlu keluar duit 10 ribu buat beli bohlam. ini deal breaker banget buat saya, sayangnya dulu wkt ambil ga tahu. dan poin ini yg bikin rasa cinta sama xenia saya makin luntur - walaupun blum kejadian n smoga ga ada kejadian selama kepemilikan mobil ini beberapa taon ke depan. pdhl ini avanza/ xenia seharusnya kan terkenal cheap and easy to maintain nya, tp koq berubah jadi DNGA tnyata jd ga cheap lagi.

well gitulah cerita saya, gmn ceritamu? user2 DNGA lain ada yg mau berbagi kekecewaan jg? wkkwkkw
pengalaman bawa raize dcvt... emang di dalem kota maunya nyendul2 terus wakakakka. agak mirip dual clutch. ane curiganya geter itu karena transmisinya kurang refine transisi dari gear ke CVTnya. since gear di DCVT kan kebalik sama yang di lexus/toyota high end yang buat launch gear... malah final gearnya pake yang kecil buat cruise rpm nya rendah.

macem mobil manual jalan pelan kita kasi gear tinggi a.k.a lugging. di raize/rocky kayaknya kebantu torsi turbo yang kuat jd gak terlalu berasa. ntah yang 1.2L ya.

part mobil sekarang emang bikin nyesek sih om kl tanpa asuransi :big_bored: ya amit2 kejadian deh. minimal kl cuma lampu doang mati dalam 4 thn pemakaian awal bisa claim.

habis itu "cerai" aja wkwkwkwk.
Nah bener...karakter raize ni aneh...kalo cruising di tol kita lepas gas....di mobil lain kan jd tambah pelan...di raize malah nyelonong terus ga turun kecepatannya
Sampe skrg susah dapet feelnya..
Kadang jg milih gear kayak terlalu tinggi...rpm kerendahan

Satu lagi soal stir...di kecepatan tinggi terlalu berat untuk ukuran saya...
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by kunaskun »

MSU wrote: 27 May 2023, 11:01 Nah bener...karakter raize ni aneh...kalo cruising di tol kita lepas gas....di mobil lain kan jd tambah pelan...di raize malah nyelonong terus ga turun kecepatannya
Sampe skrg susah dapet feelnya..
Kadang jg milih gear kayak terlalu tinggi...rpm kerendahan

Satu lagi soal stir...di kecepatan tinggi terlalu berat untuk ukuran saya...
kalau di enjin WA-VE pengalaman saya karena karakter D-CVT + ECU tune eco terus + air intake built-in restrictor biar bisa berenang kaya kapal :big_biglaugh:
untuk ngakalinnya: air intake diakali dbikin kaya direct / cold air intake, ada banyak cara, salah satu caranya lepas air intake assy bagian paling ujung. selebihnya tentu saja DIY style :big_biglaugh:
abis ngakalin ini macem mobil yang berbeda :big_smoking: ndut2an di kecepatan 20 kph 90% hilang, di kecepatan tinggi kecepatan mobil seirama dengan pedal gas.
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

ChZ wrote: 27 May 2023, 10:14
pengalaman bawa raize dcvt... emang di dalem kota maunya nyendul2 terus wakakakka. agak mirip dual clutch. ane curiganya geter itu karena transmisinya kurang refine transisi dari gear ke CVTnya. since gear di DCVT kan kebalik sama yang di lexus/toyota high end yang buat launch gear... malah final gearnya pake yang kecil buat cruise rpm nya rendah.

macem mobil manual jalan pelan kita kasi gear tinggi a.k.a lugging. di raize/rocky kayaknya kebantu torsi turbo yang kuat jd gak terlalu berasa. ntah yang 1.2L ya.

part mobil sekarang emang bikin nyesek sih om kl tanpa asuransi :big_bored: ya amit2 kejadian deh. minimal kl cuma lampu doang mati dalam 4 thn pemakaian awal bisa claim.

habis itu "cerai" aja wkwkwkwk.
iya om, istilahnya lugging ya kaya gigi nya terlalu rendah gitu klo di manual - alias calon2 nglitik.
kayanya kebalik om, justru di kecepatan tinggi DCVT ini pake gear, baru masuk gear saat kecepatan 80 gitu. kelihatan beda di konsumsi BBM real time nya yg lsg jadi irit banget saat masuk gear.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

kunaskun wrote: 27 May 2023, 19:57

kalau di enjin WA-VE pengalaman saya karena karakter D-CVT + ECU tune eco terus + air intake built-in restrictor biar bisa berenang kaya kapal :big_biglaugh:
untuk ngakalinnya: air intake diakali dbikin kaya direct / cold air intake, ada banyak cara, salah satu caranya lepas air intake assy bagian paling ujung. selebihnya tentu saja DIY style :big_biglaugh:
abis ngakalin ini macem mobil yang berbeda :big_smoking: ndut2an di kecepatan 20 kph 90% hilang, di kecepatan tinggi kecepatan mobil seirama dengan pedal gas.
ini resepnya si om ari itu ya? katanya avanza/ xenia / veloz jg mgkn bisa sama tuh klo dilepas air intake assy nya juga bakal ningkatin performa. ane mau coba tp masih takut garansi gugur aja.
belakangan dia coba jualan kabel grounding ya... banyak testi nya positif tuh. ga coba om sekalian kasih testi lg disini? wkwkk
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

MSU wrote: 27 May 2023, 11:01

Nah bener...karakter raize ni aneh...kalo cruising di tol kita lepas gas....di mobil lain kan jd tambah pelan...di raize malah nyelonong terus ga turun kecepatannya
Sampe skrg susah dapet feelnya..
Kadang jg milih gear kayak terlalu tinggi...rpm kerendahan

Satu lagi soal stir...di kecepatan tinggi terlalu berat untuk ukuran saya...
setuju soal milih gear ketinggian n rpm jd rendah klo di D. solusinya ya injak lebih dalam atau ganti ke S aja om.
klo yg nyelonong ga pernah kejadian di xenia sih - mgkn setting throttle control nya?
saya pernah coba antara xenia saya sama rocky 1.2 dcvt, klo buat respon awal jauh lebih cepat xenia, klo diinjak lsg instan... beda ma rocky yang agak delay... kayanya setting throttle control nya beda memang.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by ChZ »

the-mantal wrote: 29 May 2023, 11:01
iya om, istilahnya lugging ya kaya gigi nya terlalu rendah gitu klo di manual - alias calon2 nglitik.
kayanya kebalik om, justru di kecepatan tinggi DCVT ini pake gear, baru masuk gear saat kecepatan 80 gitu. kelihatan beda di konsumsi BBM real time nya yg lsg jadi irit banget saat masuk gear.
iya om maksudnya gitu wkwkwk kalimatnya kurang rapi. gir overdrivenya jauh banget berarti sampe bisa efeknya macem lugging. ada manual mode gak yah siapa tau bisa di override. takutnya yang jadi korban mesin krn terus-terusan lugging.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: 24 Jul 2021, 16:38

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by esaka »

AbdulHakim wrote: 23 Apr 2022, 22:43
the-mantal wrote: 23 Apr 2022, 18:25 Hari H saya SPK, bini ngomel2 karena bilang dashboardnya jelek, masak Xenia, dst dst. Tapi saya tutup kuping deh karena saya yakin this is a good car.

Istri blm komen lbh jauh krn msh dongkol gara2 saya ambil xenia tanpa diskusi lbh jauh (dia msh pgn raize) ..
haha.. kesalahan fatal ini.. kalo bini ngomel-ngomel, siap-siap aja om bakal diungkit2 terus, karena itu berarti selamanya sampe tuh mobil kejual lagi baru perdamaian terjadi :big_biglaugh:
Gw ngakak baca komen ini karena selama ini gw pikir cuma gw yang mengalaminya,
tetapi sepertinya secara statistika, 85% bini seperti itu,
bakal disebut teros tuh, inget ya, perdamaian bukan berarti menghapus sejarah :big_bored:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by kunaskun »

the-mantal wrote: 29 May 2023, 11:04 ini resepnya si om ari itu ya? katanya avanza/ xenia / veloz jg mgkn bisa sama tuh klo dilepas air intake assy nya juga bakal ningkatin performa. ane mau coba tp masih takut garansi gugur aja.
belakangan dia coba jualan kabel grounding ya... banyak testi nya positif tuh. ga coba om sekalian kasih testi lg disini? wkwkk
air intake saya malah ngikutin di FB RR Community yang pake raize turbo. garansi si bodo amat, tinggal pasang lagi aja kalau ada apa2.

grounding cable dari sebulan pertama saya juga sudah pasang si, kebiasaan aja dari dulu, iseng2 ga ada kerjaan pasang2 kabel2 nganggur biar kesannya ricer :ungg:
swstiko
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 16 Aug 2016, 11:24

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by swstiko »

Halo suhu2 SM semua,

Thankyou buat reviewnya, memang dari awal saya mikir Xenia 1.3 ini pilihan yang cukup oke buat diajak perang sehari-hari, melihat kenyamanan dan lain sebagainya, apalagi saya udah pernah pakai Avanza G MT 2005, Xenia Li MT 2008, Avanza G MT 2012, Xenia M 1.0 2013.

Hari ini saya jalan-jalan ke dealer, setelah berkeliling dealer mobil akhirnya shortlist saya tinggal Avanza 1.3E CVT yang harganya cuma selisih 4 jt di atas Xenia 1.3X CVT, dan All New Ertiga GL yang harganya cuma selisih 10 jt di atas Xenia 1.3X CVT.

Pemakaian di Sulawesi, lupakan fitur canggih karena tol juga nggak seberapa, kecuali ada fitur pendeteksi jalan berlubang atau perbaikan jalan 😁

Mending lanjut Avanza/Xenia 1.3 CVT atau All New Ertiga GL yang dasbornya sudah hitam? Cuma ANE masih 4AT ya.

Makasih semua

Edited : NB untuk daily car yang sekarang dipake adalah Innova 2.0G AT 2005 😁 Sudah terlalu nyaman sama rasanya + worry-free feel nya
Last edited by swstiko on 25 Nov 2023, 20:59, edited 1 time in total.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by MSU »

Sy juga cari2 refrensi avxen cvt ini bandel atau ga mesin & trans-nya krn pertama kalinya low mpv ini pake cvt
Scr harga..xenia X/avanza E harga mepet terios X, terlepas dr semua kekurangan terios/rush....tp mesin & trans matiknya no issue
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

Om udah tes drive belum? Tes agak jauh n lama aja utk tahh preferensi pribadi nya.
Klo saya kemarin sempat pertimbangkan jg ertiga sblm akhirnya ambil xenia, tp akhirnya ambil xenia krn model yg lbh baru aja, sedangkan ertiga kan modelnya udah dr 2018.

Tp klo dipikir2 lg ertiga jelas lbh unggul sih, beda 10 jt tp dpt mesin 1500 cc, space yg lebih luas n lbh murah maintenance nya. Kl xenia unggulnya cm ada VSC sama sofa mode aja,.
CVT vs 4AT ga bisa dibilang lebih baik yg mana.

Klo om akhirnya ambil xenia / avanza, ganti ban sama yg ukuran lbh besar 205 70 r15, utk jalanan berlubang sulawesi pas banget deh spy ga gasruk

Utk irit2an bensin emg xenia / avanza oke banget irit nya apalagi kl keluar kota.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 523
Joined: 27 Apr 2005, 16:47
Location: jakarta

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by the-mantal »

MSU wrote: 25 Nov 2023, 20:16 Sy juga cari2 refrensi avxen cvt ini bandel atau ga mesin & trans-nya krn pertama kalinya low mpv ini pake cvt
Scr harga..xenia X/avanza E harga mepet terios X, terlepas dr semua kekurangan terios/rush....tp mesin & trans matiknya no issue
Dcvt avanza / xenia / raize / rocky perlu wkt utk pembuktian reliabilitynya. Utk mesin sudah terbukti sih, 1nr di taksi bb avanza.

Sbg gambaran aja om klo apes harus ganti utk dcvt xenia / avanza / rocky/ raize yg lelangan baru pabrik itu pd jual di tokped di 15 juta utk satu set. Saya lihat cvt merk lain di harga segitu cm dpt bekas aja. Smoga makin turun lg harganya nanti kl ada yg bekas copotan dan part2 satuan
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
swstiko
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 16 Aug 2016, 11:24

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by swstiko »

the-mantal wrote: 25 Nov 2023, 20:28 Klo saya kemarin sempat pertimbangkan jg ertiga sblm akhirnya ambil xenia, tp akhirnya ambil xenia krn model yg lbh baru aja, sedangkan ertiga kan modelnya udah dr 2018.
Noted and thankyou om masalah model juga masuk pertimbangan juga.

FYI saya selama ini pakai Innova 2.0G AT 2005 yang sebenernya sudah nyaman dengan segala-galanya, termasuk worry-free dan hajar bleh nya, kecuali FC nya terpaksa dinyaman-nyamankan walau paling bagus cuma dapat 1:8.5

Saya baru test drive Xenia 1.5R, soalnya yang 1.3 jarang dibuat test drive kayaknya. Dan menurut saya sendiri udah lumayan cukup buat daily, tinggal mau coba Ertiga kalo ada kesempatan.

Tapi ini masih nunggu dealbreaker dari H tegak yang lagi ajuin diskon khusus akhir tahun buat B-RV E CVT, yang jatuhnya sangat mencengangkan sekali 🤭

Jadi kalau nggak deal B-RV nanti kembali ke 2 pilihan ini lagi 🫣🫣
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1475
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by MSU »

the-mantal wrote: 25 Nov 2023, 20:40
MSU wrote: 25 Nov 2023, 20:16 Sy juga cari2 refrensi avxen cvt ini bandel atau ga mesin & trans-nya krn pertama kalinya low mpv ini pake cvt
Scr harga..xenia X/avanza E harga mepet terios X, terlepas dr semua kekurangan terios/rush....tp mesin & trans matiknya no issue
Dcvt avanza / xenia / raize / rocky perlu wkt utk pembuktian reliabilitynya. Utk mesin sudah terbukti sih, 1nr di taksi bb avanza.

Sbg gambaran aja om klo apes harus ganti utk dcvt xenia / avanza / rocky/ raize yg lelangan baru pabrik itu pd jual di tokped di 15 juta utk satu set. Saya lihat cvt merk lain di harga segitu cm dpt bekas aja. Smoga makin turun lg harganya nanti kl ada yg bekas copotan dan part2 satuan
Wah kalo 15jt sih masih ok sih om...anggep dipake 200rb km jebol, tp setidaknya dpt irit bbm-nya itu jg
Di ahond mobiloyo / hrv sy pantau di youtube2...ada yg sampe 400rb km blm jebol, ada yg 200rb km jebol...tp pd saranin ganti oli cvtnya dipotong separo jaraknya
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by Pboyz97 »

swstiko wrote: 25 Nov 2023, 21:05
Noted and thankyou om masalah model juga masuk pertimbangan juga.

FYI saya selama ini pakai Innova 2.0G AT 2005 yang sebenernya sudah nyaman dengan segala-galanya, termasuk worry-free dan hajar bleh nya, kecuali FC nya terpaksa dinyaman-nyamankan walau paling bagus cuma dapat 1:8.5

Saya baru test drive Xenia 1.5R, soalnya yang 1.3 jarang dibuat test drive kayaknya. Dan menurut saya sendiri udah lumayan cukup buat daily, tinggal mau coba Ertiga kalo ada kesempatan.

Tapi ini masih nunggu dealbreaker dari H tegak yang lagi ajuin diskon khusus akhir tahun buat B-RV E CVT, yang jatuhnya sangat mencengangkan sekali 🤭

Jadi kalau nggak deal B-RV nanti kembali ke 2 pilihan ini lagi 🫣🫣
swstiko wrote: 25 Nov 2023, 19:07 Halo suhu2 SM semua,

Thankyou buat reviewnya, memang dari awal saya mikir Xenia 1.3 ini pilihan yang cukup oke buat diajak perang sehari-hari, melihat kenyamanan dan lain sebagainya, apalagi saya udah pernah pakai Avanza G MT 2005, Xenia Li MT 2008, Avanza G MT 2012, Xenia M 1.0 2013.

Hari ini saya jalan-jalan ke dealer, setelah berkeliling dealer mobil akhirnya shortlist saya tinggal Avanza 1.3E CVT yang harganya cuma selisih 4 jt di atas Xenia 1.3X CVT, dan All New Ertiga GL yang harganya cuma selisih 10 jt di atas Xenia 1.3X CVT.

Pemakaian di Sulawesi, lupakan fitur canggih karena tol juga nggak seberapa, kecuali ada fitur pendeteksi jalan berlubang atau perbaikan jalan 😁

Mending lanjut Avanza/Xenia 1.3 CVT atau All New Ertiga GL yang dasbornya sudah hitam? Cuma ANE masih 4AT ya.

Makasih semua

Edited : NB untuk daily car yang sekarang dipake adalah Innova 2.0G AT 2005 😁 Sudah terlalu nyaman sama rasanya + worry-free feel nya
saya bantu jawab ya . kebetulan saya ex user avxen semua generasi rwd mulai dari yg gen awal - last fl 2021 pernah pake & punya semua, gnki v bensin at 2014, serta sekarang pake AN BRV pres non HS 2023 + sudah pernah TD semua LSUV & LMPV jaman now . kalo dari semua opsi yg ada. saya vote BRV. bakal upgrade dari segala sisi dari innova maupun avxen lama, terutama dari sisi driving feel, tarikan dan handlingnya. saya pake udh dari bulan mei kmrn cukup puas dan blm ada masalah yg aneh2 so far, cuma servis rutin dan ganti oli aja. atau kalo dari opsi awal yg om sebutin, saya pilih ANE. paling nyaman dan empuk dibandingin sm avxen fwd + lebih nyaman jg menurut saya dibanding old innova or gen avxen yg om udh pernah pake sblmnya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
swstiko
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: 16 Aug 2016, 11:24

Re: Personal Story all new Xenia X 1300 CVT

Post by swstiko »

Pboyz97 wrote: 26 Nov 2023, 18:33
saya bantu jawab ya . kebetulan saya ex user avxen semua generasi rwd mulai dari yg gen awal - last fl 2021 pernah pake & punya semua, gnki v bensin at 2014, serta sekarang pake AN BRV pres non HS 2023 + sudah pernah TD semua LSUV & LMPV jaman now . kalo dari semua opsi yg ada. saya vote BRV. bakal upgrade dari segala sisi dari innova maupun avxen lama, terutama dari sisi driving feel, tarikan dan handlingnya. saya pake udh dari bulan mei kmrn cukup puas dan blm ada masalah yg aneh2 so far, cuma servis rutin dan ganti oli aja. atau kalo dari opsi awal yg om sebutin, saya pilih ANE. paling nyaman dan empuk dibandingin sm avxen fwd + lebih nyaman jg menurut saya dibanding old innova or gen avxen yg om udh pernah pake sblmnya hehehe
Akhirnya jatuh ke B-RV E CVT dengan selisih cuma 25an juta dari Xenia 1.3X CVT berkat diskon akhir tahun, kayaknya lagi kebanyakan stock 🤭

Sudah lihat reviewnya om sama om Chz juga membuat semakin mantap. Sebenernya dr awal lirik nya B-RV, tapi karena takut kemahalan turun lah ke Terios lalu akhirnya ke LMPV, tapi rezeki emang gak kemana. Semoga lancar semuanya sampe dateng unitnya.

Terima kasih om
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post