Re: Test Drive: Nissan Kicks E-Power 2021 Black
Posted: Thu Apr 28, 2022 4:07
Nice Om! Saya berharap ada LMPV pake metode hybrid kaya gini
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Setuju nih. Saya pakai kicks puas banget.. sayang banget serena e power gak dijual..
ini mungkin pertanyaan yg sy sedang pikirkan saat ini karena rencana mau ambil hrv se sementara harga terpaut 30jt dg kicks ini. Penasaran dg mobil listrik2an yg ga repot utk charge listriknya tapi memang belum pernah test drive utk kicks ini. Terbiasa punya honda, mulai dari jazz ge8, city, crv turbo dan skrg pengen ganti brio istri dg compact cross over untuk mobil keluarga dg anak 1. Secara exterior kicks ini msh bisa diterima, fitur antara hrv se dan kicks (diluar teknologi penggerak) sy anggap 11-12. Kira2 apakah worth it ga yah berpaling ke kicks ini?ChZ wrote: ↑Tue Apr 26, 2022 3:20 yang menarik dari mobil ini sekarang diskonnya gede banget sih. jatuhnya otr sekitar 430an juta di kota ane. cuma ya vin 2021
kalau memang penasaran dengan listrik listrikan bole dicoba. walau ya aftersales batu makam zaman skrg ya begitulah. mobil buat iseng kota kota lumayan sih 400 juta-an skrg cuma dapet HRV cenggo yang larinya gak kemana-mana.
Kalo ini tergantung kebutuhannya untuk apa sih. Kalo pemakaian besar (upama lebih dari 25rb km per tahun) dan mayoritas di dalam kota (kayak tiap hari PP Cibubur-Jkt), menurut saya worth it (Kalo luar kota konsumsi bbm beda dikit ama HRV, dan kalah ama Brio). Dari segi kenyamanan, sedikit bagusan Honda.priwil wrote: ↑Fri Apr 29, 2022 14:52ini mungkin pertanyaan yg sy sedang pikirkan saat ini karena rencana mau ambil hrv se sementara harga terpaut 30jt dg kicks ini. Penasaran dg mobil listrik2an yg ga repot utk charge listriknya tapi memang belum pernah test drive utk kicks ini. Terbiasa punya honda, mulai dari jazz ge8, city, crv turbo dan skrg pengen ganti brio istri dg compact cross over untuk mobil keluarga dg anak 1. Secara exterior kicks ini msh bisa diterima, fitur antara hrv se dan kicks (diluar teknologi penggerak) sy anggap 11-12. Kira2 apakah worth it ga yah berpaling ke kicks ini?ChZ wrote: ↑Tue Apr 26, 2022 3:20 yang menarik dari mobil ini sekarang diskonnya gede banget sih. jatuhnya otr sekitar 430an juta di kota ane. cuma ya vin 2021
kalau memang penasaran dengan listrik listrikan bole dicoba. walau ya aftersales batu makam zaman skrg ya begitulah. mobil buat iseng kota kota lumayan sih 400 juta-an skrg cuma dapet HRV cenggo yang larinya gak kemana-mana.
Wah kalo saya malah galau sama Creta. Dan belum mutusin. Ada opinions? Soalnya selisih 70jt lumayan banget bedanya (maklum masih dibelikan jadi cari alternatif)rumidjalil wrote: ↑Fri Apr 29, 2022 20:40Kalo ini tergantung kebutuhannya untuk apa sih. Kalo pemakaian besar (upama lebih dari 25rb km per tahun) dan mayoritas di dalam kota (kayak tiap hari PP Cibubur-Jkt), menurut saya worth it (Kalo luar kota konsumsi bbm beda dikit ama HRV, dan kalah ama Brio). Dari segi kenyamanan, sedikit bagusan Honda.priwil wrote: ↑Fri Apr 29, 2022 14:52ini mungkin pertanyaan yg sy sedang pikirkan saat ini karena rencana mau ambil hrv se sementara harga terpaut 30jt dg kicks ini. Penasaran dg mobil listrik2an yg ga repot utk charge listriknya tapi memang belum pernah test drive utk kicks ini. Terbiasa punya honda, mulai dari jazz ge8, city, crv turbo dan skrg pengen ganti brio istri dg compact cross over untuk mobil keluarga dg anak 1. Secara exterior kicks ini msh bisa diterima, fitur antara hrv se dan kicks (diluar teknologi penggerak) sy anggap 11-12. Kira2 apakah worth it ga yah berpaling ke kicks ini?ChZ wrote: ↑Tue Apr 26, 2022 3:20 yang menarik dari mobil ini sekarang diskonnya gede banget sih. jatuhnya otr sekitar 430an juta di kota ane. cuma ya vin 2021
kalau memang penasaran dengan listrik listrikan bole dicoba. walau ya aftersales batu makam zaman skrg ya begitulah. mobil buat iseng kota kota lumayan sih 400 juta-an skrg cuma dapet HRV cenggo yang larinya gak kemana-mana.
Kalau masih dibelikan ortu dan budget mumpuni + ganti mobil per 5 tahun, kicks oke. secara irit buat isi bensinnya, mau kemana mana ga jadi beban di kantong. Tapi kalau ada part yang rusak, ya siap2 keluarin budget extra (secara merk dan model tidak mainstream). Tapi kalau mau aman masih mending ambil hrv aja, akesoris banyak ke depannya, komunitas lebih besar dibanding creta, cakep buat modif, RV pasti ga anjlok, tapi yang pasti biaya bensin bisa hampir 2x lipatnya nissan kicks. Kalau tiap hari aktif keluar apalagi perjalanan jauh, kicks lebih better dari segi operasional. Kalau kaya saya yang tiap hari pp tol dalam kota 25km, udah pasti keluarin biaya 100rb (fc 1:8, pertamax, pp sekitar 70rb, tol 30rb). seminggu bisa abis 400-500rb. Itu baru 1 rute ya (buat anak sekolah doang) inipun belum hitungan jajan sambil nunggu anak sekolah, ditambah kalau pas yang kerjanya bukan kantoran, alias 1 hari bisa ke 2-3 proyek + meeting. Sebulan saya minim bisa abis 2 juta (anak sekolah) + buat kerja mungkin sekitar 1,5 jutaan lagi, jadi buat transport aja bisa hampir 4 juta + 1 juta buat jajan sarapan anak sekolah.
Kebetulan mulai kerja om, jadi ganti abis ini ya beli sendiritimbermaniac123 wrote: ↑Sat Apr 30, 2022 13:14Kalau masih dibelikan ortu dan budget mumpuni + ganti mobil per 5 tahun, kicks oke. secara irit buat isi bensinnya, mau kemana mana ga jadi beban di kantong. Tapi kalau ada part yang rusak, ya siap2 keluarin budget extra (secara merk dan model tidak mainstream). Tapi kalau mau aman masih mending ambil hrv aja, akesoris banyak ke depannya, komunitas lebih besar dibanding creta, cakep buat modif, RV pasti ga anjlok, tapi yang pasti biaya bensin bisa hampir 2x lipatnya nissan kicks. Kalau tiap hari aktif keluar apalagi perjalanan jauh, kicks lebih better dari segi operasional. Kalau kaya saya yang tiap hari pp tol dalam kota 25km, udah pasti keluarin biaya 100rb (fc 1:8, pertamax, pp sekitar 70rb, tol 30rb). seminggu bisa abis 400-500rb. Itu baru 1 rute ya (buat anak sekolah doang) inipun belum hitungan jajan sambil nunggu anak sekolah, ditambah kalau pas yang kerjanya bukan kantoran, alias 1 hari bisa ke 2-3 proyek + meeting. Sebulan saya minim bisa abis 2 juta (anak sekolah) + buat kerja mungkin sekitar 1,5 jutaan lagi, jadi buat transport aja bisa hampir 4 juta + 1 juta buat jajan sarapan anak sekolah.
Nah ini bikin bingung saya. Kenapa so cheapo (saya bandingin sama Creta which is better interior materialnya daripada Kicks). Tapi untungnya tida se parah ahond yang bikin tepok jidat. Harganya 43x sekarangChZ wrote: ↑Fri May 13, 2022 7:47 btw tadi barusan ada event test drive di kota ane .... iseng iseng mampir deh. niatnya mau coba HRV RS tapi sebelahnya ada kicks item ya bole deh sekalian treknya jg mendukung jalan perumahan sepi belum ada penduduknya banyak hi speed corner.
mobilnya juga warna item dan jujur kenapa yah kicks item bentuknya jadi bagus malah keliatan mature. liat warna lain kadang agak nganu apalagi yg atapnya two tone.
IMG20220513130040.jpg
IMG20220513130045.jpg
masuk interior berasa banget panel cheap plasticnya ntah kenapa menyedihkan banget apalagi siang-siang. jujur sih agak letdown walaupun murah 43x otr jatohnya (80jt lebih murah dari HRV RS) tapi interiornya kok malah kaya mobil 250-300 juta-an. civic ane malah interiornya jd berasa mahal.
IMG20220513125854.jpg
IMG20220513125858.jpg
IMG20220513125910.jpg
IMG20220513125918.jpg
tp ya kalo inget ini mobil aslinya emang kelasnya di bawahnya, ya sudahlah.
driving posnya paling rendah masih agak ketinggian, sekali lagi pantat meter ane di civic yang rendah dan abis bawa HRV RS.
jalanin awal sih rada berasa aneh mobilnya gak ada suara wkwkwkwk... instant torque tp gak ngagetin, halus. kenceng sampe 60-80 km/h cepet banget injek santai berasa power motor listriknya kick in yo.... tapi ya sudah emang enaknya gitu doank. abis itu kickdown petrol engine nya nyala ntah buat apa, mungkin ningkatin kapasitas charging, suaranya malah berasa kayak mobil CVT jaman dulu a.k.a scooter matic... "NGUUUUUUUUUUU". dan keliatan di indikator mesin petrolnya nyala. powernya jg ngempos begitu 80 ke atas dipendem gas.
buat nikung nikung depannya lumayan nurut, kyknya efek suspensi rada firm juga. gak ngerasain soalnya jalur test nya beton cor mulus semua. cm high speed cornering problemnya ya di ban enasave ec300+ nya. gak dapet feelnya padahal sasisnya enak buat ditekuk.
cuma yah emang hrs menerima kenyataan mobil ini bukan buat spirited users yang biasa pendem kaki ke pedal gas krn suaranya annoying. tenaga motor listriknya suitable buat pemakaian kota-kota aja.
oiya tadi waktu abis TD parkirin mobilnya, mau matiin mesin bensinnya malah nyala. kyknya krn kapasitas batre yang gak terlalu besar jd sering charging. tp ini bagus buat sensasi mobil listrik tanpa hrs pasang charger dan ningkatin kwh listrik rumah.
harga 43x itu jadi berasa murah apalagi inget sekarang 300jt cuma dapet avanza, HRV SE lemotnya gak karuan, HRV RS masih nambah 80 jutaan. interior buluknya gampang terlupakan kok apalagi kalo cm buat daily commute keliatan keren dan edgy di hadapan teman teman pasti banyak yang penasaran dan jd pusat perhatian
karena Creta lebih "baru" daripada Kicks ini. tapi saya coba liat2 Creta pas di Jkt, juga biasa saja, standard lah harga segitu.
Iya sih om, jujur agak ganjel di harga Creta yang lebih murah dan bentuk + safety Creta yang indihe banget (Kicks lebih bagus, dan bisa dibuat JDM JDM an)
waktu saya pulang dari Bali waktu Lebaran kemaren, saya lewat Jember..dari Jember ke Lumajang saya lewati jalan yang ada sebelah kiri Parit Raya (parit sebesar sungai) yg jalannya lurus..suasana rame kendaraan sudah mau magrib...bekas ujan masih ada di jalan...susah nyalb karena mobil ramekunaskun wrote: ↑Tue Apr 26, 2022 5:57Herman7103 wrote: ↑Mon Apr 25, 2022 23:26 Nice review Om. Sebagai user mobil Nissan yang bermesin ICE,
saya pribadi cukup senang dengan kehadiran Nissan Kick E-power.
Semoga saya bisa membeli mobil EV saat semua pabrikan sudah meluncurkan product EV nya di Indo market sebagai mobil City car.
vin 2022 sepertinya baru akan masuk tengah tahun kata sales.ChZ wrote: ↑Tue Apr 26, 2022 3:20 yang menarik dari mobil ini sekarang diskonnya gede banget sih. jatuhnya otr sekitar 430an juta di kota ane. cuma ya vin 2021
kalau memang penasaran dengan listrik listrikan bole dicoba. walau ya aftersales batu makam zaman skrg ya begitulah. mobil buat iseng kota kota lumayan sih 400 juta-an skrg cuma dapet HRV cenggo yang larinya gak kemana-mana.
harga diskon sekarang sudah termasuk good deal sebetulnya.
mestinya si tahun ini ya, karena jepang tahun lalu juga sudah. hanya lihat Nissan yang makin ga jelas kayanya mendingan lupakan saja.
malah jangan2 kembarannya si mitsubishi outlander yang duluan keluar di Indo
saya malah ga perhatiin.peterming77 wrote: ↑Tue Apr 26, 2022 4:34
Max speed di tacometer cuma 160 km/jam, tapi ya tol aja max 100km/jam, mau sampe 220-240 tacometer juga jarang kepake sih hehehe, cuma kesannya sepintas jadi kurang galak speed nya 'kok cuma 160km/jam'?
dan koreksi: mentok di 180 kpj
saya rasa EV kaya gini, memang sengaja di limit kali dari pabriknya karena pasti cepet banget sampe angka mentok speedo
dan ternyata youtuber om Fransiscus Rosano ada test:
dari pergerakan speedo sepertinya memang rata bener kecepatan naiknya.
honda apa mbah? HRV? ngga salah tu?
tetep lebih masuk akal nya juga jadi mobil perkotaan aja jatohnya irit banget. buat nakal nakal isengin honda brio jamet atau gajah diesel di lampu merah kecepatan rendah.kendibocor wrote: ↑Mon May 16, 2022 14:17 Nilai jualnya bener2 di hybridnya aja ya. Kalo engine bay isinya mesin petrol biasa 1500cc paling harganya 250-300an aja kali yak. Belum lg pertanyaan paling krusial, brp harga replacement batterynya nanti setelah 5 thn.
Kabar Note E-Power di Jepang sm Thai gimana ya? secara ini bukan model E-Powaaaah pertama Nissan di Global. Belum ada berita2 bombastis kan, harusnya aman2 aja wkwkwkendibocor wrote: ↑Tue May 17, 2022 5:38 Batere kapasitasnya imut, sering charge. Jgn2 ga sampe 5 thn lg
eh iya bener, jadi baru sadar, Creta ini emang bukan global product. pantesan biasa banget di mata saya. mungkin faktor for certain market only ya.Omiyup wrote: ↑Mon May 16, 2022 8:50 Iya sih om, jujur agak ganjel di harga Creta yang lebih murah dan bentuk + safety Creta yang indihe banget (Kicks lebih bagus, dan bisa dibuat JDM JDM an)
Info: Creta pfl ncap 3*, Kicks 5* (creta di indo cuma fl dari yg di indihe kalo saya liat, dan dia bukan product global kaya venue/kona atau kicks)
yap. karena emang aslinya ini sekelas Juke saja.kendibocor wrote: ↑Mon May 16, 2022 14:17 Nilai jualnya bener2 di hybridnya aja ya. Kalo engine bay isinya mesin petrol biasa 1500cc paling harganya 250-300an aja kali yak. Belum lg pertanyaan paling krusial, brp harga replacement batterynya nanti setelah 5 thn.
kendibocor wrote: ↑Tue May 17, 2022 5:38 Batere kapasitasnya imut, sering charge. Jgn2 ga sampe 5 thn lg
Justru harus dipikirin dong om, beli hybrid/BEV kan tujuan utamanya penghematan. Kayaknya kaum purist yg beli hybrid/BEV karena mikirin lingkungan ga signifikan jumlahnya. Makanya kalo ujung2nya operating cost (misalkan selama 5 thn, rata2 orng pake mbl baru sebelum dijual lg) lebih mahal drpd ICE ya emang mending ICEkunaskun wrote: ↑Wed May 18, 2022 7:43 kalau mikirin batere jangan beli hybrid, beli mobil ICE saja. karena pasti mahal dibandingkan part mobil ICE.
tapi dengan batere sekecil ada hal bagus juga: gampang gantinya karena dimensi kecil dan otomatis ga akan mahal2 banget.
apalagi trickle effect dari harga teknologi, makin lama ya makin murah