Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by ctopher7 »

kendibocor wrote:
ctopher7 wrote: Sat Apr 30, 2022 3:15
KielConstantine wrote:Buat nikmatin nyetir paling enak bawa sedan lah . Atau hatchback / hothatch ..

Suv suv monocoque jg kg enak2 amat . Tapi buat compromise ground clearance ya mau ga mau bgituan yg di pelihara :upss:

Enak punya 2 .. apalagi di indo … klo lagi musim ujan banjir kg karuan baru kluarin deh tu ladder2 badak .. sedan nya disimpen jangan sampe anyut kena banjir :big_biglaugh:
ujung ujungnya innova atau fortuner atau pajero yang di jadiin kuda harian lagi om, memang pilihan paling masuk akal dengan kondisi indo ya mobil itu , apalagi dicekokin bio solar makin jos gandos. selain 3 ini ya lcgc atau lmpv masih enak juga sih dijadiin kuda harian
Kalo kalo emang mau di abuse sih ga ada pilihan lain selaen suv ledderprem diejel. Kadang kalo bawa monocoque (apalagi sedan atau hatch) biarpun harganya sama tapi tetep aja nyesek kalo lewat jalan rusak atau banjir.
jalanan jakarta emng ngeri ngeri sih kyk offroad beneran. barusan ngehantem jalan naikan cor tingginya setengah mati. kykny kalo ga pake ladder frame gc tinggi, uda ngehantem bumper. gara gara ga keliatan lagi rada cepet trus uda malem.

memang di pantat sih gaenak apalagi kalo bawa tol meliuk liuk, tapi pilihan paling logis untuk jakarta ya ladder frame ya wkwkwk
pecinta bio solar
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by ilhami »

avanza monocoque ground clearance cukup tinggi. Jangan pakai mobil hatchbak atau sedan.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3401
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by kendibocor »

ctopher7 wrote: Sat Apr 30, 2022 14:47 jalanan jakarta emng ngeri ngeri sih kyk offroad beneran. barusan ngehantem jalan naikan cor tingginya setengah mati. kykny kalo ga pake ladder frame gc tinggi, uda ngehantem bumper. gara gara ga keliatan lagi rada cepet trus uda malem.

memang di pantat sih gaenak apalagi kalo bawa tol meliuk liuk, tapi pilihan paling logis untuk jakarta ya ladder frame ya wkwkwk
Tp kalo mau fleksibel sih memang ladderprem ga salah lah. Yg naek ladderprem banyak yg gas pol karena itu jg kali ya, mo ada lobang bodo amat hajar aja. Kalo monokok kan kehajar lubang dalem dikit pas lg kentjang bisa sampe pantat sakitnya. Blm lg ngilunya mikirin kaki2 :big_biglaugh:
Trus sekarang mo monokok biar handling enak jg percuma, macet dimana2 jalan aja merayap terus.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
xfraps
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Wed Dec 04, 2019 12:38

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by xfraps »

kendibocor wrote: Sat Apr 30, 2022 15:19

Tp kalo mau fleksibel sih memang ladderprem ga salah lah. Yg naek ladderprem banyak yg gas pol karena itu jg kali ya, mo ada lobang bodo amat hajar aja. Kalo monokok kan kehajar lubang dalem dikit pas lg kentjang bisa sampe pantat sakitnya. Blm lg ngilunya mikirin kaki2 :big_biglaugh:
Trus sekarang mo monokok biar handling enak jg percuma, macet dimana2 jalan aja merayap terus.

bener ini, ada juga yg bisa jelasin persis
gw dridulu mau jelasin bgini susah bener wkwkw :mky_01:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3401
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by kendibocor »

xfraps wrote: Sat Apr 30, 2022 19:36
kendibocor wrote: Sat Apr 30, 2022 15:19

Tp kalo mau fleksibel sih memang ladderprem ga salah lah. Yg naek ladderprem banyak yg gas pol karena itu jg kali ya, mo ada lobang bodo amat hajar aja. Kalo monokok kan kehajar lubang dalem dikit pas lg kentjang bisa sampe pantat sakitnya. Blm lg ngilunya mikirin kaki2 :big_biglaugh:
Trus sekarang mo monokok biar handling enak jg percuma, macet dimana2 jalan aja merayap terus.

bener ini, ada juga yg bisa jelasin persis
gw dridulu mau jelasin bgini susah bener wkwkw :mky_01:
Kalo monokok baru berasa berguna pas lagi lebaran gini om kalo di jkt :big_biglaugh:
Barusan jogging di underpass senen bisa belok 70an. Kalo ladderframe uda kebalik kayaknya belokan hampir 90 derajat gitu :upss:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by kenop »

walid_007 wrote: Sat Apr 30, 2022 14:42 :mky_03: klo gt pake unibody kek axven lama

joz gandos
mantap ini dapet 2-2 nya, geter nya monokok di jalan rusak dapet, limbung nya ladder frame di tol dapet juga :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by b0ku »

ctopher7 wrote: Sat Apr 30, 2022 14:47
jalanan jakarta emng ngeri ngeri sih kyk offroad beneran. barusan ngehantem jalan naikan cor tingginya setengah mati. kykny kalo ga pake ladder frame gc tinggi, uda ngehantem bumper. gara gara ga keliatan lagi rada cepet trus uda malem.

memang di pantat sih gaenak apalagi kalo bawa tol meliuk liuk, tapi pilihan paling logis untuk jakarta ya ladder frame ya wkwkwk
ladder frame menurut saya cuma cocok kalo punya dua mobil kayak saya satu hatchback satu ladder frame, kalo buat hari2x emang enakan pake ladderframe tinggal hajar sana sini malah kalo lewat gangsempit prefer ladderframe, cuma ya punya mobil sebiji ladder frame doank hiburannya cuma ngebut di tol yang ngerasain full powernya aja susah banget kalo kondisi jalanan normal baru gas kenceng lari 120-140 ud ngerem lagi kalo jalanan kota kebanyakan kena turbo lag :big_bored:

jadi saya kalo lagi pengen ngebut2x absue mobill seenak perut saya bawa hatchback saya :big_grin:

kalo cuma bisa punya satu the best mah ambil medium crossover aja kek CRV atau CX5 handling dapet, tapi masih bisa lindes sana sini paling rcomended si CRV karena GCnya paling tinggi buat kelasnya :big_grin: mungkin bisa consider forester turbo for more powaaaah :big_grin:

lagian bawa CRV di tol tuh nyaman banget saya biasa tangan kiri selalu istirahat padahal mobil manuver kanan kiri pake satu tangan :big_biglaugh:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by walid_007 »

:mky_03: yg tangan kiri bisa kemana mana
engine roaring!
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by walid_007 »

:mky_03: yg gada konsol tengah segaban
engine roaring!
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by adri31 »

walid_007 wrote::mky_03: klo gt pake unibody kek axven lama

joz gandos
Unibody ini gimana? Gak paham, ini monocoque atau ladder frame. Terus kalau avanza fwd, ini apakah monocoque? Soalnya fwd biasanya monocoque
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by adri31 »

walid_007 wrote::mky_03: yg tangan kiri bisa kemana mana
Iya, masa tangan kiri istirahat? Pasti aktif, misalnya sambil makan biskuit
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by b0ku »

adri31 wrote: Sun May 01, 2022 15:12
walid_007 wrote::mky_03: yg tangan kiri bisa kemana mana
Iya, masa tangan kiri istirahat? Pasti aktif, misalnya sambil makan biskuit
kalo nganggur sih saya suka pegangin tuas biarpun itu matic kebiasan dari jaman pake manual, kalo gak tangan kirinya buat sandaran dagu :big_bored:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by vanosz »

kendibocor wrote: Sat Apr 30, 2022 8:50
ctopher7 wrote: Sat Apr 30, 2022 3:15
KielConstantine wrote:Buat nikmatin nyetir paling enak bawa sedan lah . Atau hatchback / hothatch ..

Suv suv monocoque jg kg enak2 amat . Tapi buat compromise ground clearance ya mau ga mau bgituan yg di pelihara :upss:

Enak punya 2 .. apalagi di indo … klo lagi musim ujan banjir kg karuan baru kluarin deh tu ladder2 badak .. sedan nya disimpen jangan sampe anyut kena banjir :big_biglaugh:
ujung ujungnya innova atau fortuner atau pajero yang di jadiin kuda harian lagi om, memang pilihan paling masuk akal dengan kondisi indo ya mobil itu , apalagi dicekokin bio solar makin jos gandos. selain 3 ini ya lcgc atau lmpv masih enak juga sih dijadiin kuda harian
Kalo kalo emang mau di abuse sih ga ada pilihan lain selaen suv ledderprem diejel. Kadang kalo bawa monocoque (apalagi sedan atau hatch) biarpun harganya sama tapi tetep aja nyesek kalo lewat jalan rusak atau banjir.
perempuan sampe rumah dr jakarta heboh cerita,

2 hari lalu lewat tol serpong banjir,crv x trail dan sebangsanya gak berani lewat macet,

itu truk bisa lewat,

keren loh mobilnya,hebat dah pokoknya,tar beli truk lagi aja,

ane senyum aja,


sesuai slogan


THE WORLD IS MINE, :big_smoking:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3401
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by kendibocor »

vanosz wrote: Mon May 02, 2022 1:35
perempuan sampe rumah dr jakarta heboh cerita,

2 hari lalu lewat tol serpong banjir,crv x trail dan sebangsanya gak berani lewat macet,

itu truk bisa lewat,

keren loh mobilnya,hebat dah pokoknya,tar beli truk lagi aja,

ane senyum aja,


sesuai slogan


THE WORLD IS MINE, :big_smoking:
Ane malah si badak mo dijual, ganti hatchback lg om, jadi semua mbl dirumah bakalan GC rendah semua. Daerah sekitar banjir, cuma depan rumah aja agak tinggi jd ga pernah banjir. Berdoa aja semoga ga ada yg aneh2 bikin tiba2 banjir dalem :mky_04:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by vanosz »

kendibocor wrote: Mon May 02, 2022 7:53
vanosz wrote: Mon May 02, 2022 1:35
perempuan sampe rumah dr jakarta heboh cerita,

2 hari lalu lewat tol serpong banjir,crv x trail dan sebangsanya gak berani lewat macet,

itu truk bisa lewat,

keren loh mobilnya,hebat dah pokoknya,tar beli truk lagi aja,

ane senyum aja,


sesuai slogan


THE WORLD IS MINE, :big_smoking:
Ane malah si badak mo dijual, ganti hatchback lg om, jadi semua mbl dirumah bakalan GC rendah semua. Daerah sekitar banjir, cuma depan rumah aja agak tinggi jd ga pernah banjir. Berdoa aja semoga ga ada yg aneh2 bikin tiba2 banjir dalem :mky_04:
:big_biglaugh:

ane dulu punya 5 sedan dalam 1 waktu gans.fakbo sedan,


skrg harus ada lader,krn itu sangat bisa diandalkan,


skrg baru mau cobain sedan lagi,tapi harus sedan kecil,


kangen juga,
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2111
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by Venturtle »

Venturer facelift nanggung banget.. ladder frame tapi profil ban tipis cuma 55.. alhasil getaran getaran dari jalan ga rata bikin badan jadi pegel pegel..apalagi kalo di tol.. goyang goyangnya bikin pusing..ditambah asap diesel pas turun dari mobil.. ane pensiun dah dari ladder frame dan diesel/mild diesel hybrid..
Catatan : kalo jadi driver atau duduk di row 1, ane akui nyaman nyaman saja ladder frame.. no problem.. kalo duduk di row 2 apalagi profil ban tipis dan karakter ban keras serta karakter shock keras ya minta ampun dah :off_no:
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Definisi kenyamanan antara monokok dan ladder frame?

Post by lexnic »

Venturtle wrote: Wed Oct 19, 2022 10:45 Venturer facelift nanggung banget.. ladder frame tapi profil ban tipis cuma 55.. alhasil getaran getaran dari jalan ga rata bikin badan jadi pegel pegel..apalagi kalo di tol.. goyang goyangnya bikin pusing..ditambah asap diesel pas turun dari mobil.. ane pensiun dah dari ladder frame dan diesel/mild diesel hybrid..
Catatan : kalo jadi driver atau duduk di row 1, ane akui nyaman nyaman saja ladder frame.. no problem.. kalo duduk di row 2 apalagi profil ban tipis dan karakter ban keras serta karakter shock keras ya minta ampun dah :off_no:
pilihannya antara kliatan keren tapi kurang nyaman ato aneh tapi nyaman. velg 17" di venturer bikin tampangnya kliatan lbh proper (dibanding 16" yg kliatan agk kekecilan). cuma mslhnya dia pake ban yg profilnya tipis, ujung2nya bantingannya malah jdi keras.

tapi sbenernya velg 17" nya jga agk aneh mnurut saya. kyk kurang lebar gitu, jdi secara tampak depan ato blkg msh kliatan tenggelam di fender..
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1987 - now]