(ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ChZ »

sahabatq8 wrote: 05 May 2022, 13:44 Setuju om, dari diesel 2kd , 2gd, dieselnya nissan navara, 2.2nya palisade/santafe. Tetep lebih cocokan gasoline turbo, powerband diesel terlalu narrow.
Yup dan kalo dibilang gak perlu rpm tinggi2, masalahnya diesel rpm rendah dipanteng 2000-2500 aja bunyi klatak klatak mesinnya nyebelin :big_biglaugh:

dulu santafe 2.2 larinya enak, tapi paling males di tol never ending klatak klataknya itu lho.

Bensin harus rev tinggi tapi suaranya gak bikin geli di kuping. Udah gitu kalo lepas cc aja suaranya kering udah lebih nagih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ChZ »

KSG88 wrote: 05 May 2022, 16:19 Cek aja di forum Seraya Motor ini thread yg berisi pembahasan soal sebuah mobil diesel berikut permasalahannya.. itu bisa beratus ratus ampe beribu ribu post dan reply masih gk kelar kelar isunya bahkan sampe ada jilid 3 jilid 4. Sudah jelas kan kalo mau pelihara diesel secara murah (hemat) namun tetap kencang dan nyaman itu sangat tidak mudah.


Kasian yg baru belajar diesel, baca post nya lebih tebel halamannya dari baca buku manualnya.
Dan kalo sudah masuk dunia monster diesel beneran bikin diesel 300hp up juga biayanya gak kalah sama gasoline sih.

Perawatannya makin gak main main olinya dan partsnya.

Dulu kan jaman 2kd masih terkenal mobil kenceng murah. Remap doang naik 60%. Iya abis itu kalo mau lebih yang diganti makin banyak :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
andisyah
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: 24 Jun 2011, 13:40

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by andisyah »

Gampangan cari bensin dibanding pertadex / dexlite
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: 25 Jan 2017, 16:12

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Venturtle »

hmm.. dari dulu sebenarnya prefer mobil bensin karena ga tahan bau asap diesel.. tapi belakangan justru pelihara mobil diesel modern.. haha.. soal getaran sudah sangat minim.. suara juga tidak terlalu berisik.. cuma tetap bau asap dieselnya ga tahan :big_childish:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by maastricht889 »

kendibocor wrote: 05 May 2022, 08:35
maastricht889 wrote: 04 May 2022, 23:01
2. Buat std operasional saya, maintain disel 2GD biar performa optimal mahal banget dari sisi harga oli+kapasitas gentongnya, filter2an, harga BBM dexnya, dan kalo kepaksa pake solar biasa biar enak juga ritualnya kudu banyak (males). Walaupun saya suka banget sama diselnya bmw 2.0, benz disel 2.1/3.0, benz sprinter 519 CDI
Setuju om. Pake diesel kalo berani pake solbus banyak ritual2nya. Kalo ga ya kayak russian roulette, gatau kapan injektor akan jebol. Menu maintenance yg disediain beres kayaknya kurang maksimal untuk maintain agar peforma tetap maksimal. Harus cari tau dan maintain sendiri di luar beres dan itu ga murah juga. Masalahnya ga semua orang tau dan mau tau gimana cara rawat diesel peminum solbus, mayoritas bergantung sama beres saja. kayak ane salah satu contohnya, sampe servis terakhir tahun lalu disediain bon 4,6 jt ma beres tp berasa mbl kok makin ga enak. Akhirnya cari tau sendiri gimana maintain diesel ternyata banyak printilannya yg uda terlanjur ane lewatkan sampe km uda tinggi. Mobil sih masi jalan2 aja sampe sekarang tapi mulai boros, getaran makin kasar, dan peforma jg mulai loyo. Ini kasus di 2GD yg terkenal badak, kalo mesin diesel lain yg lebib sensitif mungkin ceritanya bakalan lain.
Betul om, begitu itu fenomenanya. Saya pribadi ud pernah ngalamin prosedur "ngakalin" di mobil beda jaman dulu banget. Krn saya dulu msh sobat premium, mesin HR15 saya paksain minum premium.

Hasilnya, di th ke 4 setiap 3 bulan busi koit mulu, tarikan ngempos, pernah ngakalin pake busi march br bbrp hari juga pincang tuh mesin dsb dsb. Juga dulu jaman pake yaris bakpao kluaran awal, saya isi premium hasilnya bensin 1:7, ngelitik ga karuan dan kudu tuneup setiap servis berkala, tangki bengsin isinya pasir thok.

Habis itu saya udah ndak mau neko2 lg deh masalah bahan bakar dan "ngakalin" kaya gitu. Capek bawaannya krn makan waktu ke bengkel, performance mobil nyebelin, dan lama2 duit operasional "lebih murah" yg diharapin jd ga ada artinya kalo solusi ngakalin2 itu ga menyelesaikan.

Memang di satu sisi modif 2GD itu seru krn parts modifnya buanyak dan bs jadi obat refreshing buat yg suka modif. Cm kalo makin hari makin gini sih saya ttp setia sama mesin bensin deh, dan kalo harus pake mobil disel saya harus mampu beli dexnya.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by KielConstantine »

Alesan ane kg beli diesel sih kalo solar goceng udah diapus :big_biglaugh:

Selama masih ada & boleh mah colok aja trus tuh . Yang penting gelinding dan goceng :wkkk: :wkkk:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
bm9792ct
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: 03 Oct 2017, 23:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by bm9792ct »

Urusan solar skrg rumit banget beda dgn bbrp tahun lalu. Imho sih dengan selisih harga terlalu jauh solar dgn dex Dibanding dulu yang masih 4000an selisihnya.
Dan skrg 7000an dengan dexlite
kyknya malah bnyk membuka/mengundang praktik kecurangan spbu,pedagang&penimbun.

Bisa saja spbu curang misal mixing solar 1/10 dgn dexlite,supir pribadi yg mencari uang extra mobil bosnya main juga,&pedagang jerigenan menyuap karyawan dispbu untuk dijual lagi.

Karena disparitas harga yg mencolok begitu. Sementara pengawasan saya lihat staff pertamina paling hanya tes inspeksi volume meteran bbm saja.

Takutnya sih konsumen juga yg dirugikan mobilnya jadi bermasalah krn mutu bbm tadi gk jelas.
Klo pabrikan malah senang aja toh jualan sparepart.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4152
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by b0ku »

KielConstantine wrote: 05 May 2022, 22:18 Alesan ane kg beli diesel sih kalo solar goceng udah diapus :big_biglaugh:

Selama masih ada & boleh mah colok aja trus tuh . Yang penting gelinding dan goceng :wkkk: :wkkk:
kalo pake panther/kijang kapsul malah isi minyak goreng bekas aja om :big_biglaugh:
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by vanosz »

KielConstantine wrote: 05 May 2022, 22:18 Alesan ane kg beli diesel sih kalo solar goceng udah diapus :big_biglaugh:

Selama masih ada & boleh mah colok aja trus tuh . Yang penting gelinding dan goceng :wkkk: :wkkk:
klo pilihan cuma ada pertamak dan pertabo dan pertadek pilih mana gans,
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by DOHC »

Alesan ga bli disel ??krn ud bosen pake banget ama ini vibrator bau

Ud dr jaman panter c223, 4JA1, 4JA1-L, 2L dan ampe 2KD ud perna cobain smua , bahkan waktu dinas luar pulau aj perna cobain 4D56 non turbo

Ga ad yg enak d geter2in spanjang jalan, blom lg bau tiap pagi nyalain enjin


:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: dulu ahhhh.......
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
epinjose
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: 27 Dec 2013, 18:59

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by epinjose »

bau.. kesian lg taro anak di carseat sambil bau solar, buat nyala AC pas terik.

sering kena komplen kalo lagi parkir nunggu + lagi banyak orang.
Chevyman
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 716
Joined: 12 Feb 2013, 19:30

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Chevyman »

Diesel cm buat orang egois.....



Dah itu aja
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: 25 May 2018, 15:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by XMTdeluxe »

Kok beda dengan saya ya Om... Saya kemarin pilih 1TR over 2GD karena perawatan 1TR jauh lebih murah dan mudah. 2GD saya sdh pantengin forum2, banyak banget ritualnya kalau diminumin biosol. Dan saya tadinya semangat 2GD drpd 1TR, jadi ragu karena saya pernah pakai mobil 2KD --> ngalami jebol injektor spt apa. Ngeri... baik harganya dan gejalanya.
Bandel? Hmmm... 1TR mesin keluaran 2004, dan bisa dilihat innova 2004 bensin sampai skrg gimana kondisinya. Kita bisa cari track recordnya utk 18 thn. 2GD keluar 2015, di indo 2016. Sampai tahun ini baru 6 tahun. 4 Tahun lagi baru bisa lihat, mis-treated 2GD akan spt apa dampaknya. Kalau mis-treated 2KD sdh ada, dan banyak ya... salah satunya pengalaman saya di atas. Mis-treated 2GD yg saya pernah alami: solar ada airnya, tengah malam di perjalanan berhenti mompa apanya gitu, ngeluarin air dari dalam filter. Dalam penilaian saya: 2GD indeed a bulletproof engine, but 1TR is the battle proven one.
Lain2 bensin over diesel:
2. harga akusisi unit, selisih harganya bisa buat nombokin bensin selama 2 tahun lebih.
3. maintenance cost dan pajak lebih murah
4. Kenyamanan untuk penumpang, ga ada getaran pas lagi idle. Kalau utk driver mah, ampas bener bensin N/A (perbndingan 1TR vs 2GD).
5. Asep iya, tapi nggak gitu penting kalau saya. Kebetulan garasi agak terbuka.

Tapi pandangan saya, meskipun beli mobil yg sama, dengan mampu mengeluarkan uang 30 juta lebih mahal harusnya sdh siap dengan segala konsekuensinya.
Kalau saya karena memilih pilihan lebih murah, wajar masih dipake mentality avanza ownernya :mky_01:
Like Uncle Ben says, Great (Purchasing) Power comes with great responsibility :upss:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ctopher7 »

XMTdeluxe wrote:Kok beda dengan saya ya Om... Saya kemarin pilih 1TR over 2GD karena perawatan 1TR jauh lebih murah dan mudah. 2GD saya sdh pantengin forum2, banyak banget ritualnya kalau diminumin biosol. Dan saya tadinya semangat 2GD drpd 1TR, jadi ragu karena saya pernah pakai mobil 2KD --> ngalami jebol injektor spt apa. Ngeri... baik harganya dan gejalanya.
Bandel? Hmmm... 1TR mesin keluaran 2004, dan bisa dilihat innova 2004 bensin sampai skrg gimana kondisinya. Kita bisa cari track recordnya utk 18 thn. 2GD keluar 2015, di indo 2016. Sampai tahun ini baru 6 tahun. 4 Tahun lagi baru bisa lihat, mis-treated 2GD akan spt apa dampaknya. Kalau mis-treated 2KD sdh ada, dan banyak ya... salah satunya pengalaman saya di atas. Mis-treated 2GD yg saya pernah alami: solar ada airnya, tengah malam di perjalanan berhenti mompa apanya gitu, ngeluarin air dari dalam filter. Dalam penilaian saya: 2GD indeed a bulletproof engine, but 1TR is the battle proven one.
Lain2 bensin over diesel:
2. harga akusisi unit, selisih harganya bisa buat nombokin bensin selama 2 tahun lebih.
3. maintenance cost dan pajak lebih murah
4. Kenyamanan untuk penumpang, ga ada getaran pas lagi idle. Kalau utk driver mah, ampas bener bensin N/A (perbndingan 1TR vs 2GD).
5. Asep iya, tapi nggak gitu penting kalau saya. Kebetulan garasi agak terbuka.

Tapi pandangan saya, meskipun beli mobil yg sama, dengan mampu mengeluarkan uang 30 juta lebih mahal harusnya sdh siap dengan segala konsekuensinya.
Kalau saya karena memilih pilihan lebih murah, wajar masih dipake mentality avanza ownernya :mky_01:
Like Uncle Ben says, Great (Purchasing) Power comes with great responsibility :upss:
ini yang harus bener bener dipikirin sih, unless innova 2gd nya jadi mobil travel, gabakal balik modal nutup selisih harganya sama yang bensin. beda ampir 30 juta bisa buat nutupin selisih 2500 nya 11 ribu liter lebih. anggep la 10 ribu liter x 8km / L itu 80000 km, kalo pemakaian normal itu kan bisa 4-5 tahun buat kecapai km segitu. belom yang 2gd harus dikasih racun, ganti filter, oli pake lebih banyak, belom kalo injektor jebol.

kalo 2gd nya bisa jalan 300-400 ribu sih ya balik modal dan untung pasti ya wkwk
pecinta bio solar
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 06 May 2022, 10:04 Alesan ga bli disel ??krn ud bosen pake banget ama ini vibrator bau

Ud dr jaman panter c223, 4JA1, 4JA1-L, 2L dan ampe 2KD ud perna cobain smua , bahkan waktu dinas luar pulau aj perna cobain 4D56 non turbo

Ga ad yg enak d geter2in spanjang jalan, blom lg bau tiap pagi nyalain enjin


:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: dulu ahhhh.......
common rail kl udah jalan sih ga kerasa geter mbah, kerasanya pas idle doang. kl spanjang jalan geter kayanya tergantung sebelahnya siapa yg duduk mbah. :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 06 May 2022, 14:56
DOHC wrote: 06 May 2022, 10:04 Alesan ga bli disel ??krn ud bosen pake banget ama ini vibrator bau

Ud dr jaman panter c223, 4JA1, 4JA1-L, 2L dan ampe 2KD ud perna cobain smua , bahkan waktu dinas luar pulau aj perna cobain 4D56 non turbo

Ga ad yg enak d geter2in spanjang jalan, blom lg bau tiap pagi nyalain enjin


:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: dulu ahhhh.......
common rail kl udah jalan sih ga kerasa geter mbah, kerasanya pas idle doang. kl spanjang jalan geter kayanya tergantung sebelahnya siapa yg duduk mbah. :upss:
Kursi geter...

Passenger seat vibrator ?? :big_think:

Memberikan ku ide :mky_03:

Siska mana , siskaa...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 01 May 2016, 14:00

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Sinclaire »

baca2 reply diatas, sebenernya untuk selisih harga barunya ga perlu dipikirkan harus ngirit brp buat nutup selisih antara bensin sm diesel,

karena resale valuenya aja beda jauh sekali antara bensin sm diesel, diesel nahan bahkan belakangan ini cenderung naik.. sedangkan bensinnya agak jatuh bekasnya innova ini.. liat aja bekasnya v 2020 diesel contohnya, sama tuh bukanya sama harga angkatnya dulu..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ChZ »

XMTdeluxe wrote: 06 May 2022, 12:15 Kok beda dengan saya ya Om... Saya kemarin pilih 1TR over 2GD karena perawatan 1TR jauh lebih murah dan mudah. 2GD saya sdh pantengin forum2, banyak banget ritualnya kalau diminumin biosol. Dan saya tadinya semangat 2GD drpd 1TR, jadi ragu karena saya pernah pakai mobil 2KD --> ngalami jebol injektor spt apa. Ngeri... baik harganya dan gejalanya.
Bandel? Hmmm... 1TR mesin keluaran 2004, dan bisa dilihat innova 2004 bensin sampai skrg gimana kondisinya. Kita bisa cari track recordnya utk 18 thn. 2GD keluar 2015, di indo 2016. Sampai tahun ini baru 6 tahun. 4 Tahun lagi baru bisa lihat, mis-treated 2GD akan spt apa dampaknya. Kalau mis-treated 2KD sdh ada, dan banyak ya... salah satunya pengalaman saya di atas. Mis-treated 2GD yg saya pernah alami: solar ada airnya, tengah malam di perjalanan berhenti mompa apanya gitu, ngeluarin air dari dalam filter. Dalam penilaian saya: 2GD indeed a bulletproof engine, but 1TR is the battle proven one.
Lain2 bensin over diesel:
2. harga akusisi unit, selisih harganya bisa buat nombokin bensin selama 2 tahun lebih.
3. maintenance cost dan pajak lebih murah
4. Kenyamanan untuk penumpang, ga ada getaran pas lagi idle. Kalau utk driver mah, ampas bener bensin N/A (perbndingan 1TR vs 2GD).
5. Asep iya, tapi nggak gitu penting kalau saya. Kebetulan garasi agak terbuka.

Tapi pandangan saya, meskipun beli mobil yg sama, dengan mampu mengeluarkan uang 30 juta lebih mahal harusnya sdh siap dengan segala konsekuensinya.
Kalau saya karena memilih pilihan lebih murah, wajar masih dipake mentality avanza ownernya :mky_01:
Like Uncle Ben says, Great (Purchasing) Power comes with great responsibility :upss:
menarik nih, di balik kisah "sukses" orang pake 2GD / 2KD yang isi biosol, ternyata ceritanya tidak semua indah ya :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by vanosz »

Sinclaire wrote: 06 May 2022, 18:20 baca2 reply diatas, sebenernya untuk selisih harga barunya ga perlu dipikirkan harus ngirit brp buat nutup selisih antara bensin sm diesel,

karena resale valuenya aja beda jauh sekali antara bensin sm diesel, diesel nahan bahkan belakangan ini cenderung naik.. sedangkan bensinnya agak jatuh bekasnya innova ini.. liat aja bekasnya v 2020 diesel contohnya, sama tuh bukanya sama harga angkatnya dulu..
:big_biglaugh:


ane kmrn jual inova reborn 6 taun pake ke sorum 300 jt gans,

2-3 hari lgsg laku kt sorumnya gans,

kbetulan buku servis n manual gak dikasi jd minta kopi ke auto 2000 tempat servis kbetulan SA nya yg pegang semua mobil toyota ane gans,

SA laporan ke ane gans,

nakal tuh hopeng ane gans,pdhl bukunya semua ada dilaci mobil,

ane sendiri gak tau,pas pulang hopeng ane keluarin dr tas bukunya nih,
ktnya cerewet segala buku ditanyain,buat apaan,gua bilang sorom buku ilang,

kbetulan sbelumnya sorum lain detail bgt gans,sampe stik oli mesin diangkat keluar asap apa gak,
ilmu perguruan drmn tuh,


btw,

ngpn itungin jangka panjang disel n bensin selisih harga,

disel itu buat entusias,

mau awet pake solar rajin ganti filter tiap 10 ribu km dan filter bawah 20 ribu km dan pilih pilih filter aftermarket,klo ragu sakura aja,ane pake merk auto harga goban,skrg stok sakura,murah cincai capcai,

klo kerajinan 5000 km,ky teman ane sentul 12 detik,pake pertadek tiap 5000 km ganti filter,

modif bermasalah,itu spek monster,

harian cukup naik 30 persen,

tapi modif itu selalu bikin gatal,itulah nikmat sorga,

disel itu bawahnya sudah semriwing,jd tinggal atur bikin tambah enak bawahnya,

cocok jalan indo buat nyodok dikemacetan,

dr diam rpm rendah lompat mamen,


bbrp org bilang iart rewel solar,

pernah ketemu org tanya pas dibengkel ane bilang klo belum rasa sendiri ane gassssspollll josssss gandossss,

ane mah bukan orang yg diempengin main mobil,selalu cobain klo penasaran,
buat hiburan ane aja,hal positif namanya hobi mobil,

simpel aja,tak coba mk tak tau,itulah arti hidup,

klo trobel ya pindah pertadek,toh masih lebih irit dr semua mobil bensin yg pernah ane pake,

kt bung oma,santaaaiiiii

walo mesin honda jaz, citi,vios,hrv,rata2 cuma1 : 8

gak tau kalo ada yg bisa 1 :20, :big_biglaugh:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by ctopher7 »

vanosz wrote:
Sinclaire wrote: 06 May 2022, 18:20 baca2 reply diatas, sebenernya untuk selisih harga barunya ga perlu dipikirkan harus ngirit brp buat nutup selisih antara bensin sm diesel,

karena resale valuenya aja beda jauh sekali antara bensin sm diesel, diesel nahan bahkan belakangan ini cenderung naik.. sedangkan bensinnya agak jatuh bekasnya innova ini.. liat aja bekasnya v 2020 diesel contohnya, sama tuh bukanya sama harga angkatnya dulu..
:big_biglaugh:


ane kmrn jual inova reborn 6 taun pake ke sorum 300 jt gans,

2-3 hari lgsg laku kt sorumnya gans,

kbetulan buku servis n manual gak dikasi jd minta kopi ke auto 2000 tempat servis kbetulan SA nya yg pegang semua mobil toyota ane gans,

SA laporan ke ane gans,

nakal tuh hopeng ane gans,pdhl bukunya semua ada dilaci mobil,

ane sendiri gak tau,pas pulang hopeng ane keluarin dr tas bukunya nih,
ktnya cerewet segala buku ditanyain,buat apaan,gua bilang sorom buku ilang,

kbetulan sbelumnya sorum lain detail bgt gans,sampe stik oli mesin diangkat keluar asap apa gak,
ilmu perguruan drmn tuh,


btw,

ngpn itungin jangka panjang disel n bensin selisih harga,

disel itu buat entusias,

mau awet pake solar rajin ganti filter tiap 10 ribu km dan filter bawah 20 ribu km dan pilih pilih filter aftermarket,klo ragu sakura aja,ane pake merk auto harga goban,skrg stok sakura,murah cincai capcai,

klo kerajinan 5000 km,ky teman ane sentul 12 detik,pake pertadek tiap 5000 km ganti filter,

modif bermasalah,itu spek monster,

harian cukup naik 30 persen,

tapi modif itu selalu bikin gatal,itulah nikmat sorga,

disel itu bawahnya sudah semriwing,jd tinggal atur bikin tambah enak bawahnya,

cocok jalan indo buat nyodok dikemacetan,

dr diam rpm rendah lompat mamen,


bbrp org bilang iart rewel solar,

pernah ketemu org tanya pas dibengkel ane bilang klo belum rasa sendiri ane gassssspollll josssss gandossss,

ane mah bukan orang yg diempengin main mobil,selalu cobain klo penasaran,
buat hiburan ane aja,hal positif namanya hobi mobil,

simpel aja,tak coba mk tak tau,itulah arti hidup,

klo trobel ya pindah pertadek,toh masih lebih irit dr semua mobil bensin yg pernah ane pake,

kt bung oma,santaaaiiiii

walo mesin honda jaz, citi,vios,hrv,rata2 cuma1 : 8

gak tau kalo ada yg bisa 1 :20, :big_biglaugh:
rewel sih engga ya om, cuman mungkin kudu pake oli bagusan aja. gatau dah ini dicekokin solar goceng bisa tahan brapa lama. kalo kuat sampe 70/80 ribu atau lebih sih ya untung, ganti injektornya ketutup selisih sama dex wkwkwk. so far pake 14 ribu masih aman aja nih
pecinta bio solar
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 01 May 2016, 14:00

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by Sinclaire »

ctopher7 wrote: 07 May 2022, 09:28
vanosz wrote:
Sinclaire wrote: 06 May 2022, 18:20 baca2 reply diatas, sebenernya untuk selisih harga barunya ga perlu dipikirkan harus ngirit brp buat nutup selisih antara bensin sm diesel,

karena resale valuenya aja beda jauh sekali antara bensin sm diesel, diesel nahan bahkan belakangan ini cenderung naik.. sedangkan bensinnya agak jatuh bekasnya innova ini.. liat aja bekasnya v 2020 diesel contohnya, sama tuh bukanya sama harga angkatnya dulu..
:big_biglaugh:


ane kmrn jual inova reborn 6 taun pake ke sorum 300 jt gans,

2-3 hari lgsg laku kt sorumnya gans,

kbetulan buku servis n manual gak dikasi jd minta kopi ke auto 2000 tempat servis kbetulan SA nya yg pegang semua mobil toyota ane gans,

SA laporan ke ane gans,

nakal tuh hopeng ane gans,pdhl bukunya semua ada dilaci mobil,

ane sendiri gak tau,pas pulang hopeng ane keluarin dr tas bukunya nih,
ktnya cerewet segala buku ditanyain,buat apaan,gua bilang sorom buku ilang,

kbetulan sbelumnya sorum lain detail bgt gans,sampe stik oli mesin diangkat keluar asap apa gak,
ilmu perguruan drmn tuh,


btw,

ngpn itungin jangka panjang disel n bensin selisih harga,

disel itu buat entusias,

mau awet pake solar rajin ganti filter tiap 10 ribu km dan filter bawah 20 ribu km dan pilih pilih filter aftermarket,klo ragu sakura aja,ane pake merk auto harga goban,skrg stok sakura,murah cincai capcai,

klo kerajinan 5000 km,ky teman ane sentul 12 detik,pake pertadek tiap 5000 km ganti filter,

modif bermasalah,itu spek monster,

harian cukup naik 30 persen,

tapi modif itu selalu bikin gatal,itulah nikmat sorga,

disel itu bawahnya sudah semriwing,jd tinggal atur bikin tambah enak bawahnya,

cocok jalan indo buat nyodok dikemacetan,

dr diam rpm rendah lompat mamen,


bbrp org bilang iart rewel solar,

pernah ketemu org tanya pas dibengkel ane bilang klo belum rasa sendiri ane gassssspollll josssss gandossss,

ane mah bukan orang yg diempengin main mobil,selalu cobain klo penasaran,
buat hiburan ane aja,hal positif namanya hobi mobil,

simpel aja,tak coba mk tak tau,itulah arti hidup,

klo trobel ya pindah pertadek,toh masih lebih irit dr semua mobil bensin yg pernah ane pake,

kt bung oma,santaaaiiiii

walo mesin honda jaz, citi,vios,hrv,rata2 cuma1 : 8

gak tau kalo ada yg bisa 1 :20, :big_biglaugh:
rewel sih engga ya om, cuman mungkin kudu pake oli bagusan aja. gatau dah ini dicekokin solar goceng bisa tahan brapa lama. kalo kuat sampe 70/80 ribu atau lebih sih ya untung, ganti injektornya ketutup selisih sama dex wkwkwk. so far pake 14 ribu masih aman aja nih
ga usah parno om, liat tu travel sumatera pake oli single grade sae 40, solar full no aditip, jalan 500rb km lebih aman,

malah filter bawah baru diganti tuh abis jalan 500rb km,
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1724
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by sahabatq8 »

Chevyman wrote: 06 May 2022, 11:26 Diesel cm buat orang egois.....



Dah itu aja
apalagi yang remap cumi-cumi :big_slap:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by sintoni »

Sinclaire wrote: 07 May 2022, 11:15
ctopher7 wrote: 07 May 2022, 09:28 rewel sih engga ya om, cuman mungkin kudu pake oli bagusan aja. gatau dah ini dicekokin solar goceng bisa tahan brapa lama. kalo kuat sampe 70/80 ribu atau lebih sih ya untung, ganti injektornya ketutup selisih sama dex wkwkwk. so far pake 14 ribu masih aman aja nih
ga usah parno om, liat tu travel sumatera pake oli single grade sae 40, solar full no aditip, jalan 500rb km lebih aman,

malah filter bawah baru diganti tuh abis jalan 500rb km,
Nah, bener ini, liat aja mobil travel2 di Sumatra gimana. Haha.

Harus kayak om Kompre sih, gas terus jadi injektor muncratnya kenceng ga ada kotoran nyangkut. Haha.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by kendibocor »

Chevyman wrote: 06 May 2022, 11:26 Diesel cm buat orang egois.....



Dah itu aja
Kenapa egois om? :big_peace:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 951
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: (ask) alasan Anda tidak memilih mobil diesel?

Post by vanosz »

Sinclaire wrote: 07 May 2022, 11:15
ctopher7 wrote: 07 May 2022, 09:28
rewel sih engga ya om, cuman mungkin kudu pake oli bagusan aja. gatau dah ini dicekokin solar goceng bisa tahan brapa lama. kalo kuat sampe 70/80 ribu atau lebih sih ya untung, ganti injektornya ketutup selisih sama dex wkwkwk. so far pake 14 ribu masih aman aja nih


ga usah parno om, liat tu travel sumatera pake oli single grade sae 40, solar full no aditip, jalan 500rb km lebih aman,

malah filter bawah baru diganti tuh abis jalan 500rb km,
:big_biglaugh:

betul sama mobil aja dibikin parno,

sbenarnya oli standar atpm sudah cukup bagus,pake oli sultan itu kan sugesti aja walo ya hasilnya ya bagus,mau cari perasaan lebih aja,
pdhl kebanyakan pake oli standar yang kilometer udah jauh mlh melebihi yg pake oli sultan,


yg pake oli sultan itu kilometernya juga kbanyakan se emprit,:big_biglaugh:



oli asal asli gak bakal bikin rusak,

ane emang dr dulu keker bus n truk gak mungkin mereka pake oli sultan,
pdhl tuh kendaraan hidupnya keraszzzz bung, :big_biglaugh:



filter solar bawah ane pernah ganti di kilometer hampir 50 ribu km,

filter atas hampir 20 ribu,


krn ngejar performa sudah tuningan ane ganti lebih pendek km atas bawah,terkadang lewat dikit,

nih filter atas hampir 10 ribu,harga goban
filter bawah lbih dr 20 ribu,harga pekgo

selalu isi spbu 31
Screenshot_20220507-101649_Gallery.jpg
Screenshot_20220507-100641_Gallery.jpg
Screenshot_20220507-100649_Gallery.jpg
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post