3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by ChZ »

Setelah dua tahun menahan diri untuk tidak kemana-mana selama lebaran......

Akhirnya tahun ini dimulai lagi rutinitas libur lebaran keluarga.

Hanya saja, kali ini ada 1 tambahan personnel, jadi terpaksa kami tidak menggunakan CR-V karena kasian harus ada yang dikorbankan di baris ketiga yang maha sempit itu.

Belum kargo dan belanjaan krn tujuan trip kami adalah Surabaya yang artinya.... mall galore untuk para wanita :ungg: barang bawaan jadi rempong sekali setiap pulang.

Jadi akhirnya diputuskan kami memerlukan sebuah mobil yang agak besar dan proper untuk bawa >4 orang - garage queen of the garage queen : sebuah Toyota Alphard G ATPM yang sudah berusia 10 tahun.
IMG20220429111000.jpg
OK mungkin sebenernya orang dengar garage queen mikirnya ah paling mobil liburan aja jalan kilometer dikit, se dikit dikitnya berapa sih paling 5 ribu per tahun.

Oh nonono ferguso, Alphard ini literally, 90% hidupnya ada di garasi. Sisanya ke bengkel. Odometer? Tercatat saat berangkat 1680 km saja. :mky_03: Ini saya gak kurang nol sebiji, emang bener mobilnya cuma mondar-mandir servis dan dipinjemin ke orang. Tidak lupa dicuci dan di-maintain sama supir keluarga.

Jadi mobil ini fresh as a baby. Interior masih intact bagus semua, body masih mulus, paling cuma ada beberapa perangkat audio system 3-way dan subwoofer + ampli, serta head unit McIntosh yang saya gak ngerti cara pakenya.

Baiklah, karena saking pasarannya mobil ini saya nggak perlu kan blabbering terlalu banyak dan via storytelling saja krn review Alphard juga sangat banyak.

The test for Practicality and Usability

Pertama selain bawa orang lebih dari 5, saya harus mengakomodir kebutuhan orang tua yang pemulihan pasca-stroke. Naik ke mobilnya agak susah dan sayangnya kalau mobil van seperti Alphard terkenal mudah aksesnya, buat orang tua saya agak sulit buat meraih ke lantai mobil, walau sudah ada 2-step.

Problemnya adalah foot stepnya terlalu kecil jadi yang naik tidak pede dan harus ada yang jagain di bawah biar gak jatuh. Untungnya ada pegangan di pillar jadi ya sudah saya suruh pegangan pillar aja kalau naik. Gak nyangka lantainya ternyata tinggi sekali, soalnya biasa di CR-V tidak ada masalah. OK mungkin ini cara Toyota untuk hardsell tipe welcab nya.

Kedua karena bagasi nya sudah ada perangkat audio, akhirnya ruang bagasi juga sangat terbatas. Beruntung perginya tidak lama jadi cuma bawa koper kecil. Sisanya barang ada yang kami taruh di kabin, untungnya ada 1 kursi penumpang yang bisa dikorbankan untuk naroh barang. Tapi walau gak ada perangkat audio pun sepertinya memang Alphard bukan tipikal mobil yang seperti Innova - buat pergi rame-rame dan bawa barang seabrek disesel-seselin.

Makin yakin kalau mobil ini sebenarnya memang didesain untuk VIP escort - at least yang tipe pilot seat (saya juga baru tau istilah ini, selama ini taunya captain seat doang).
IMG20220429111308.jpg
The Driver

Lalu bagaimana dengan kursi driver? Katanya Alphard ini kan mobil supir identiknya.

Sama, seating position sangat tinggi. Saya udah ngerasa CR-V itu tinggi, ini lebih tinggi lagi, walau kursinya jelas lebih empuk dan relaxed. Lalu posisi pedalnya juga seperti terlalu berdekatan. Yang paling serem itu pedal gasnya kurang ramah dengan sendal atau sepatu berukuran besar, rawan sekali nyangkut. Kaki kiri juga kekurangan legroom krn harus compromise dengan bentuk dash bawahnya, mirip Toyota Sienta, ya ini Sienta versi XL sih.

Driver hanya diberi armrest di kiri, lalu posisi cup holder terlalu ke belakang jadi agak sulit meraih minuman. Entah kenapa sepertinya urusan peletakan cup holder yang bener cuma Honda.

Setir tidak ada ornamen apapun karena ini tipe ATPM, polos losss cuma ada tombol buat ubah-ubah display MID. MID display juga sederhana monochrome. Head unitnya krn ini basically tipe Audioless jadi ya head unit oemnya.... sama seperti di Innova dan Fortuner 2KD.
IMG20220429111258.jpg
Apalagi saya udah pernah bawa AGH30 Vellfire, urusan driver's seat nya jauh lebih ergonomis di Vellfire / Alphard AGH30.

Specifications

Standar tipe 2.4 Liter saja. 2AZ-FE DOHC VVT-i yang sudah di upgrade dengan CR 9.8:1 dan outputnya naik 10 PS dari previous gen menjadi 170 PS. Transmisinya K112 Super CVT-i dengan 7 sequential mode.

Tapi surprise suprise.... mobil ini engine nya tidak standar. Mobil ini sudah dilengkapi dengan piggyback Unichip Q+ yang saya gak ngerti output persisnya berapa sekarang. Walaupun lagi-lagi karena piggyback jadi saya juga agak ngeri dengan wiring, untungnya rumah tempat mobil ini disimpen tidak banyak tikus. Engine bay terpantau masih bersih dan selalu dibersihkan driver.

Lalu kaki-kaki dengan velg yang sudah di-upsize dengan velg bawaan Alphard CBU, ban menggunakan Continental MAXContact MC5 keluaran....... 2012. Yes, jadi saya jalan 700 km lebih dengan ban yang sudah berusia 10 tahun :mky_03: dan ini yang paling saya waspadai sepanjang perjalanan walaupun sepertinya karena jarang dipakai jadi mungkin dipompa agak keras, krn terasa bantingannya agak keras.
IMG20220429110949.jpg
Modifikasi lainnya hanya di perangkat audio yang saya gak ngerti cara nyalainnya gimana :mky_05:
IMG20220429235358.jpg
The Trip

Lebaran 2022 disebut-sebut adalah lebaran paling epic dengan volume paling tinggi sepanjang masa, efek dari revenge travel 2 tahun pandemi juga dan libur cuti bersama pemerintah yang sangat lama : 10 hari.

Dan sebagai warga kota yang tersambung oleh tol Transjawabahn berada di tengah-tengah Jatim dan Jabar / DKI, saya harus terima nasib bahwa kota ini sampai kurang lebih tanggal 8 Mei bakal SANGAT macet. Kemacetan gila ini bahkan sudah saya rasakan di arus datang tanggal 28 kemarin.

Jadi setelah 10 tahun mobil ini nganggur, keluar rumah ia harus berhadapan dengan kemacetan ekstrim.

Karena ini kasta djelata ATPM, jadi saya harus terima nasib nyetir mobil van kotak selebar 1.83 meter tanpa ada bantuan assist kamera atau sensor seperti di Alphard full spec IU yang pernah saya review sebelumnya. Kaca depan Alphard dan spion yang serba besar memang memberi view yang sangat enak, tapi jika pemandangannya kemacetan gini malah jadi dikit-dikit takut serempetan.

Lalu dengan penuh tekad mobil besar ini membelah kemacetan akibat arus datang, dan saya terusin perjalanan ke Bawen krn tidak boleh keluar via Jatingaleh dan Ungaran pun terpantau padat. Sampai keluar tol Bawen, barulah test sesungguhnya dimulai.

To be noted, saya dari awal perjalanan posisi switch piggyback di map no.5 alias yang paling kuat, dan masuk tol Alphard ini bener-bener.... effortless. Terasa sekali dengan proper tune, Alphard ini sangat pleasant di jalan tol. Karena faktor usia ban dan tentu saja tidak mau kena russian roulette speed camera, saya sangat hati-hati dengan speed, dan bawa Alphard memang tidak ada nafsu kebut-kebutan saking relaxed nya. Saya bisa dengan tenang jaga speed di kisaran 110 km/h walau beberapa kali lewat 120 waktu nyalip :upss:

Pemandangan ke depan yang luas juga bikin feel mobilnya sangat relaxed. Rasa mobil besarnya sangat enak di jalan tol.

Insulation juga surprisingly cukup hening, yang saya tidak expect dari ban berusia 10 tahun. Mungkin karena ini bannya Continental, kalau ini Dunlop barangkali tidak bisa se-hening ini :upss: feel yang sama saya dapatkan ketika nyetir Toyota Harrier.

Suspensi mobil ini juga seperti kapal : karakternya cenderung long travel dan redamannya lambat jadi melewati patahan - patahan di tol tidak terasa sama sekali. Sayangnya ya karena suspensi lembut, saya sama sekali menghindari manuver agresif karena pasti bikin mabuk seisi mobil. Belum lagi fakta bahwa mobil ini suspensi belakangnya torsion beam, bukan multi-link seperti di AGH30 yang bikin pantatnya jauh-jauh lebih limbung.

Tapi ya ini sebuah van, tidak buat kebut-kebutan :upss:

Minusnya di sisi perjalanan jarak jauh hanya 1 : pengereman. Saya kira ini faktor ban nya, tapi setelah ngobrol dengan seorang teman, ternyata memang karakter rem Alphard generasi 2 ini begini. Ngeloyor abis seperti ngegigit di awal tapi waktu kita tambah injakannya dia nggak tambah pakem, jadi harus ambil jarak dan tidak suitable untuk panic braking di kecepatan tinggi. Good thing mobil ini memang tidak buat ngebut.

Lalu pukul 19.00 sampailah di Surabaya. 5 jam perjalanan total dengan macet-macet.

Not a City Slicker, definitely.

Sampai ke hotel seperti proper Alphard driver, nurunin penumpang di lobby. Lalu karena valet service nya nunggu saya minta parkir depan aja, disuruh parkir sendiri. Ya udah deh. Dengan sedikit bantuan voice command a.k.a aba-aba petugas hotel, saya nggak susah masukin mobil ini walau panjangnya 4.8 meter. Hanya pake spion. Profil bodi yang rata sampe ke belakang itu bikin nggak susah parkirin Alphard.
IMG20220429213747.jpg
Setelah beres-beres kami pun pergi makan malam, dan di sini ada beberapa drama terjadi.

Pertama karena akses tempat parkir restoran yang kurang oke, jadi proses naik-turunin orang nya agak lama dan bikin ada beberapa pengendara motor nungguin, dan faktor mobil yang besar bikin mobilnya jadi ngeblok jalan :mky_01:

Kedua, pintu geser Alphard ini - atas nama keamanan - tidak mau terbuka kalau posisi perseneleng tidak di N atau P (mobil berhenti), jadi ketika kita lagi butuh buru-buru, jadi emosi semua kenapa kok serba susah mobilnya. Awalnya kami kira rusak pintunya, tapi setelah malamnya mampir beli martabak saya baru menemukan temuan ini karena orang tua saya duduk di kiri depan bilang "eh ini pintu belum dibuka nih", saya langsung inget mobil ini kalo masuk P baru ngebuka, lalu tiba-tiba ngeh kalo pintu gesernya jangan-jangan gitu juga, eh beneran. Padahal udah dikira rusak dan hampir bilang Alphard gak enak :big_biglaugh:

Lalu setelah dealing dengan beberapa minor issues ini, selama 2 hari ke depan pun saya merasakan bawa Alphard untuk di dalam kota.... yang definitely jelas bukan habitatnya.
IMG20220430145021.jpg
Selain ukuran mobil, suspensi dan steering mobil ini menjadi salah satu faktornya. Di jalan dalam kota, suspensinya yang lembut jadi salah satu faktor yang membuat mobil ini tidak enak untuk dibawa salip-menyalip. Ditambah posisi nyetir yang tinggi bikin body roll jadi makin terasa. Mau belok aja saya harus siap-siap rem kalau tidak mau terasa limbung.

Selain itu, mobilnya juga seperti over-reacting ketika lewat kontur bergelombang dan jalan jerawatan karena suspensinya yang lembut itu. Memang tidak harsh / kasar, tapi terlalu banyak gerakan tidak perlu karena cenderung floaty. Akibatnya waktu lewat gelombang pavingblock perumahan yang tidak rata, malah jadinya seperti mobilnya kurang refine suspensinya - selain ban usia 10 thn yang juga karetnya sudah keras, definitely.

Rasio setir juga, tapi setiap kita belokin setir harus putar agak banyak biar mau pindah arah. Ini bikin sulit kalau mau ambil consecutive turn atau manuver agak banyak.

Tinggi mobil yang hampir 2 meter dan kaca yang besar juga bikin saya agak parno di parkiran mall yang tinggi atapnya 2.1 meter. Seperti mobilnya deket sekali dengan atap bangunan.

A Gas Guzzler ? Maybe.

Tibalah di akhir perjalanan liburan. Minggu pagi kami berangkat dari Surabaya jam 9.00 dan sampai ke kota Semarang 12.30 dengan di toll average speed juga sama, tapi pulang lebih sering over di 125, ada sekali sampai 140 km/h.
IMG20220501105631.jpg
cruise all the way

Total perjalanan 737 km. Sekali refuel di berangkat pada posisi setengah kurang habis 600 ribu, dan sekali refuel waktu pulang dengan posisi tangki setengah lebih, habis 400 ribu. Jadi total penggunaan BBM 1 juta rupiah dengan Pertamax Turbo. Kenapa ngisinya Turbo? Karena si pemilik mobil biasa ngisinya Turbo jadi ngikutin aja. Tapi Alphard tidak perlu Turbo cukup RON92, wong dulu isi RON88 aja banyak :big_weee:

MID after refuel mencatatkan sekitar 11 km/liter. Jika di kalkulasi manual cukup akurat 737 / 68 = 10.68 km/liter dengan error sekitar 5% krn ngisi bensinnya juga gak bulet segitu.
IMG20220501125338.jpg
Ditotal dengan biaya toll sekitar 750 ribu jadi total biaya perjalanan 1.750.000 / 5 kepala = 350.000. Setara dengan harga pesawat economy class murah dikit :upss:

Tapi ya ini sebuah Alphard, memang diciptakan buat enak jalan jauh tanpa pegel. Some says kalo punya Alphard nggak mikir konsumsi BBM dan saya pikir bener-bener aja. Kalo masih mikir konsumsi BBM jelas naiknya bukan Alphard tapi Innova Diesel :upss:

Verdict : A Proper Family Cruiser
IMG20220429235505.jpg
Sepanjang perjalanan saya sambil ngerasain mobilnya juga berpikir kenapa mobil ini sangat favorit di kalangan orang kaya Indonesia. Setiap garasi orang kaya minimal pasti nyimpan 1 sebelahan sama sedan Mercedes atau BMW.

Dan saya rasa saya ngerti jawabannya.

Saya mudah "kenalan" dengan mobil ini karena fakta bahwa mobil ini sangat mirip rasanya dengan Toyota Harrier, selain fakta bahwa keduanya share mesin yang sama sehingga dari suara starter sampai engine note semuanya mirip. Karakter suspensinya juga lembut-lembutnya mirip biarpun Harrier jelas lebih stabil karena suspensi independent belakang. Feel setir berat-beratnya juga mirip, berat-berat power steering hidrauliknya yang "aneh" karena minim feedback.

Jadi ini menjawab kenapa mobil ini juga sangat nyaman dan sama digemarinya dengan Toyota Harrier pada zamannya dulu - bahkan Alphard masih digemari sampai sekarang, terbukti penjualan wholesale yang tidak drop sama sekali bahkan di masa awal pandemi, yang artinya dealer-dealer masih berani nyimpan stock karena pasti laku.

Mobil yang sangat nyaman untuk harga dan kelasnya, bahkan generasi sekarang (AGH30) malah tanpa lawan (Nissan bahkan sudah tidak jual Elgrand, Honda Odyssey sudah discontinue), mewah juga untuk VIP escort sehingga multifungsi : bisa untuk kerja, bisa juga buat liburan.

Generasi kedua yang saya pakai harga bekasnya sudah tinggal 300-400 juta-an yang artinya setara dengan..... Toyota Veloz baru. Dengan tingkat kerepotan perawatan yang sangat minim karena bahkan 10 tahun disimpan saja mobil ini masih tidak rewel di jalan. Satu-satunya isu yang saya temui di mobil ini terkait usianya hanya dasbor yang sudah retak di bagian atas AC.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by ChZ on Fri May 06, 2022 11:27, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
yudhisuwandono
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 278
Joined: Mon Sep 08, 2008 8:01

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by yudhisuwandono »

Akhirnya ada yg sepemikiran. Alphard gen2.
Thanks review nya om. Menarik.
Angkut harga berapa om? Itu serius km segitu?
Ini harga malah pada naik.
Bingung ambil SC ps 2013-14 atau transformer 2015.
Secara beda 300 juta an harganya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by ChZ »

yudhisuwandono wrote: Fri May 06, 2022 11:23 Akhirnya ada yg sepemikiran. Alphard gen2.
Thanks review nya om. Menarik.
Angkut harga berapa om? Itu serius km segitu?
Ini harga malah pada naik.
Bingung ambil SC ps 2013-14 atau transformer 2015.
Secara beda 300 juta an harganya.
wkwkwkwk angkutnya ya baru om. dulu baru di 2012 masih 700 juta-an kalo nggak salah. ini cuma minjem :mky_01: itu km asli om beneran ga pernah dipake disarungin doang sama dilap-lap sama driver

kalau saya sih angkut transformer aja. beda jauh ride nya lebih enak di transformer. suspensi multilink belakang ngga boong lebih stabil jg.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by mike22 »

Nice review om, sy pas arus balik malah ke sby nih haha..
Sy hanya sesekali coba anh20 kl mudik ke riau, jujur kl sy lebih senang setir anh10 drpd 20, rasanya lebih gesit krn cvt nya anh20 ini terasa lelet dan emg cocoknya buat cruising santai di toll. Yah paling borosnya anh10 aja yg mayan nguras, tp kl buat kota kecil yg perjalanan sehari cm belasan kilo ya udah deh :upss:
Ceritanya jg mirip2 sih di kampung anh20 jg jadi garage queen dan nganter ke gereja saja 🥲
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by ChZ »

mike22 wrote: Fri May 06, 2022 12:03 Nice review om, sy pas arus balik malah ke sby nih haha..
Sy hanya sesekali coba anh20 kl mudik ke riau, jujur kl sy lebih senang setir anh10 drpd 20, rasanya lebih gesit krn cvt nya anh20 ini terasa lelet dan emg cocoknya buat cruising santai di toll. Yah paling borosnya anh10 aja yg mayan nguras, tp kl buat kota kecil yg perjalanan sehari cm belasan kilo ya udah deh :upss:
Ceritanya jg mirip2 sih di kampung anh20 jg jadi garage queen dan nganter ke gereja saja 🥲
Waktu sekali iseng coba map standarnya emang sedih banget hahahahaha. Kmrn di map 5 nya enak banget tp tetep susah seruntulan

Kyknya ANH20 ini black sheep nya alphard hahahaha suspensinya torsion beam juga. Yang AGH30 jauh lbh enak padahal.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by kendibocor »

Mobil 10 thn odo 1680km? Kalo dijual disangkain odo puteran kali ya :big_biglaugh:
Mertua punya gen 3, kalo belok kecepatan tinggi di tol kayaknya bodyrollnya lebih parah daripada ladderframe ya. Mungkin bener pengaruh suspensi yg terlalu empuk kali ya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by farizfsa »

Cvt alphard anh20 atau agh30 sih sebenernya enak2 aja ya, tanjakan cipularang jg naiknya gampang, tinggal gas daleman dikit, rpm di torsi peak mobil, diatas rpm 3500an mobil ngacir bgt kok.

Agh30 sih lebih irit ya drpd anh20.

Tp hebat jg ya km baru segitu, agh30 di garasi 0 nya nambah 2 biji plus nambah 20rb km wkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
808BB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
Location: Padang, West Sumatera
Daily Vehicle: KE5FW ANH30 FJA300

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by 808BB »

Akhirnya rilis juga mobil liburannya.
Odonya sangat low ya criss :big_childish:
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Syauqi »

Selama ini saya selalu terheran", kek gimana makenya orang yg mobilnya jalan ga sampe 1000km/ tahun. Eh ternyata yg ini lebih ekstrim.. 1680km/10 tahun yg artinya mobil ini cuma jalan 14km/bulan wkwkwkwk :big_biglaugh:

Naik alphard ber 5 jatuhnya msh jauh lebih murah drpd naik pesawat.. apalagi sewaktu high season kaya lebaran kemarin ini.. sy aja kemarin dpt tiket jkt - sby 1.1jt, naik pesawat yg joknya tipis bgt kaya lcgc :big_dunno:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Pboyz97 »

nice review chris

alphardnya masih super mint condition ya, masih seperti baru keluar dari dealer wkwk, jarang2 mobil odo dibawah 2rb km dengan usia 10 tahun hehehe

alphard gen ini memang nyaman dan lega kalo duduk di row 2nya ,kebetulan pernah naik yg velifirenya dulu pas di SG , bantingannya cukup empuk dan gak bikin capek kalo jalan jauh, walaupun ya handling dan driving feelnya biasa2 aja, tapi plusnya mobil ini ada di desain exteriornya yg menurut gw timeless, masih enak dilihat sampe sekarang, even dibandingkan dengan alphard transformer pun gak keliatan tua samsek hehehe, walaupun minusnya ada di fiturnya yg kopong buat versi ATPM + desain interiornya yg sorry to say mulai keliatan outdated
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Pboyz97 »

yudhisuwandono wrote: Fri May 06, 2022 11:23 Akhirnya ada yg sepemikiran. Alphard gen2.
Thanks review nya om. Menarik.
Angkut harga berapa om? Itu serius km segitu?
Ini harga malah pada naik.
Bingung ambil SC ps 2013-14 atau transformer 2015.
Secara beda 300 juta an harganya.
betul om, apalagi peminatnya masih banyak, dulu aja pas akhir 2021 lalu saya juga lg nyari alphard transformer g atpm 2018-2019 harganya mehong2 semua, yg low km under 40rb asli rata2 buka harganya gajauh beda sm baru :big_biglaugh: , sampe akhirnya ngambil RX300 luxury 2018 dengan km baru 11 rb asli record tangan 1 dari baru , walaupun harganya agak overbuget, tapi yaudahlah saya beli saja karena kebetulan kenal baik sm owner sebelumnya (kenalan dari ibu saya) dan gak menyesal sampai hari ini

back to topic, kalo alphvell ya memang harganya nahan oom, cenderung stabil, dari 2019 - skrg jg harga sekennya segitu2 aja :big_biglaugh: . kalo ada budget buat transformer, saya prefer transformer om, secara udh lebih fresh dan modern jg + yg versi ATPM nya udh gak sekopong yg gen 2 wkwkwk , walaupun kalo saya pribadi desain exteriornya masih lebih suka yg gen 2 dibanding transformer hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5684
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by sintoni »

:glodak: :ngacir: Nais ripiu Chris.

Wah, ganti mobil terus ente.

:ngacir: :ngacir:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by KielConstantine »

Mantep deh ..

Gw demen model anh20 ini tp yg type Vellfire GS ..

Jaman dulu (taon 2014) inget banget lagi mini roadtrip ke anyer . Lari cruising pake old ps 140 km/h which is cukup kencang.
Tiba2 ada vellfire Gs melesat dari jalur kiri toll trus ilang sambil pindah jalur kanan . Terlihat behemoth segede begitu stabil bener ngebutnya … ud gitu knalpotnya model quad exhaust pula ..

Langsung jatoh cinta pada pandangan pertama :big_love:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Gangenlyt69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue May 21, 2019 16:24

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Gangenlyt69 »

Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya 😅

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Pboyz97 »

Gangenlyt69 wrote: Sun May 08, 2022 12:36 Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya 😅

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
tergantung kebutuhan, kalo mayoritas pemakaian jalan tol dengan aspal mulus ya saya lebih prefer opsi ke 2, cukup worth kok upgrade ke AGH 30 2015-2016, jauh lebih nyaman dibanding ANPS menurut saya, kebetulan saya sendiri tahun lalu sempat hunting AGH30 juga buat gantiin CX5 2018 saya, tapi karena blm nemu yg sesuai budget + garasi rumah saya agak pas2an buat mobil sepanjang alphard (ANF aja udh ngepas bgt ,apalagi agh30) akhirnya diputuskan buat beli RX300 2018 seken, kebetulan kenal baik sm owner sblmnya dan gak menyesal sampai hari ini

tapi kalo masih sering blusukkan lewat tanjakkan dan jalan yg kurang bagus, saya prefer opsi pertama, ANH20 masih worth it kok , desain exteriornya jg keliatan lebih bagus dibanding AGH30 , walaupun interiornya udh keliatan outdated, tapi kalo budget 300an, kayanya agak mepet ya kalo mau dapet yg bagus, coba up ke 350-400an, harga segitu udh dapet yg kondisinya low km asli dan bagus, sm kalo ANH 20 saya sarankan yg IU saja, karena fiturnya cukup jauh dibanding yg ATPM, kecuali om mau ambil yg AGH30, ambil yg atpm aja karena fiturnya gajauh beda sm yg IU menurut saya dan kalo bisa ambil tipe G hehehe . saya sendiri juga melakukan opsi pertama tapi beda case. sempet kepikiran jual CRV turbo pres sm CX5 elite buat diganti RX300 yg lebih nyaman, kebetulan saya fleksibel, mau 5 seater atau 7 seater bebas dan waktu itu udh ada HRV buat daily, jadi cukup lah HRV buat daily dan buat lukot + kenyamanan ada RX, tapi setelah saya pikir2, saya jg perlu SUV 7 seater yg bisa akses jalan2 kalo blusukkan diluar kota, akhirnya CX5 nya aja yg dijual, CRV diperhtahanin sampe hari ini, malah buat gangen, blm lama ini saya menjual HRV 2018 saya dan digantikan sm ANKI G diesel matic 2018
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2556
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by farizfsa »

Gangenlyt69 wrote: Sun May 08, 2022 12:36 Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya 😅

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
Kl case nya 5 org 1 balita percayalah alphard pun kurang. Kmrn ke bandung bawa stroller, sterilizer, koper ukuran besar 2 pun salah satu taro nya di tengah, tas2 baju kecil ada 3.

Alphard panjangny cm 4.9m. Dl pas pake viano xtra long wheel base baru enak bawa barang, secara panjang mbl 5.3m.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by kendibocor »

Gangenlyt69 wrote: Sun May 08, 2022 12:36 Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya 😅

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
Kalo nyetir sendiri atau ga ada mobil lain di garasi, saya bilang mending opsi no 1. Buat dalam kota jauh lebih enak ANPS dalam urusan parkir2an atau lewat jalan sempit, biarpun anps ga bisa dibilang kecil juga.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
impactful
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 446
Joined: Tue Jan 09, 2018 1:09
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2023 27 kWh powerbank on a wheel

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by impactful »

Sebagai daily user ANH10 sejak setahun yang lalu (ada thread review saya di SM soal mobil ini) , literally daily karena memang mobil satu satunya, which is mau masuk gang2 sempit nanjak nyari jalan alternatif di Cisarua, mau ke pasar becek, mau masuk hutan lari ke pantai pun ya pakainya ini... :big_chicken:

Saya paham betul apa yang dirasakan Oom Chz soal ketinggian mobil yang kadang bikin sy ragu ambil gerbang tol regular bertuliskan ketinggian mobil maksimum 2.1m :big_biglaugh:

Pertengahan puasa lalu spend time 3 hari dari Jaksel ke Semarang nginep sehari, lanjut besoknya ke Magelang, lalu spend 2 malam di Yogya, dan balik lagi ke Jkt via Salatiga pakai ANH ASG 2008 (VIN 2007)

ANH10 memang tukang minum, tapi transmisi 4AT nya itu yg bikin hati tenang... 4AT nya juga cukup halus dan pinter, langit sumur kalau dibanding sama 4AT nya old Terios atau old Papanjah, rumah kantor sekolah PP masih dalam radius di bawah 10km jadi issue fuel cons nggak terlalu jadi masalah...

Dan untuk mobil usia 15 tahun ada triple front cam yg auto aktif di kemacetan, lane keeping assist (cuma warning doang, jangan ngarep semi autonomous... :big_biglaugh: ) , AFS, sudah jauh lebih dari cukup buat keluarga kecil kami (4 persons) di aktivitas sehari2 dan jelajah tol kalau weekend sekali sekali...

Oh iya, sy notice harga pasaran ANH10 ASG 2007-2008 naik ya... Dulu angkut di 158jt, skrg kayanya pada jual di atas 170jt...
1x1 XM 2023 | 1 Speed Direct Drive 26.7 kWh
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri May 06, 2022 13:35 Mobil 10 thn odo 1680km? Kalo dijual disangkain odo puteran kali ya :big_biglaugh:
Mertua punya gen 3, kalo belok kecepatan tinggi di tol kayaknya bodyrollnya lebih parah daripada ladderframe ya. Mungkin bener pengaruh suspensi yg terlalu empuk kali ya.
wkwkwkwkw nah iya apalagi ganti oli ngga pernah ke bengkel resmi. kayaknya servis pertama aja ke bengkel resmi. cek record pun ngga ketauan puteran apa nggak padahal ini orikintil ngga pernah jalan mobilnya juga gak ada bekas lecet lecet pemakaian :upss: cuma dasbor retak aja.

betul, apalagi dibandingin ladder frame sekarang yang udah jauh lebih improve truck feelnya gak gitu kerasa. klo dibandingin VRZ sih VRZ berasa kaya sedan.
farizfsa wrote: Fri May 06, 2022 13:37 Cvt alphard anh20 atau agh30 sih sebenernya enak2 aja ya, tanjakan cipularang jg naiknya gampang, tinggal gas daleman dikit, rpm di torsi peak mobil, diatas rpm 3500an mobil ngacir bgt kok.

Agh30 sih lebih irit ya drpd anh20.

Tp hebat jg ya km baru segitu, agh30 di garasi 0 nya nambah 2 biji plus nambah 20rb km wkwk
betul, CVTnya ngga ada issue sih. cuma emang karakter santai aja dan mobilnya berat jd dengan throttle opening yang sama berasa lebih berat mobilnya drpd harrier. wkwkkwkwkw.

dulu coba AGH30 jg berasa lebih responsif jauh daripada throttle nya ini
808BB wrote: Fri May 06, 2022 14:01 Akhirnya rilis juga mobil liburannya.
Odonya sangat low ya criss :big_childish:
wkwkwkwkkw bener dah rasanya kayak masih baru cuma yang gak bohong tetep interior ada bunyi bunyi kecil khas mobil kalo karetnya udah jelek. kelamaan nganggur
Syauqi wrote: Fri May 06, 2022 14:21 Selama ini saya selalu terheran", kek gimana makenya orang yg mobilnya jalan ga sampe 1000km/ tahun. Eh ternyata yg ini lebih ekstrim.. 1680km/10 tahun yg artinya mobil ini cuma jalan 14km/bulan wkwkwkwk :big_biglaugh:

Naik alphard ber 5 jatuhnya msh jauh lebih murah drpd naik pesawat.. apalagi sewaktu high season kaya lebaran kemarin ini.. sy aja kemarin dpt tiket jkt - sby 1.1jt, naik pesawat yg joknya tipis bgt kaya lcgc :big_dunno:
adiknya bokap soalnya jarang bngt pake mobil. apalagi sejak rutin nyepedah doi ke kantor sekalian pake sepeda. mobil yang dipake GNKI sama GL... yang GNKI dipake istri anter jemput anak doank, GL nya dipake supir buat anter-anter nenek.

nah iya di alphard duduknya udah kaya business class lagi :upss:
sintoni wrote: Fri May 06, 2022 23:56 :glodak: :ngacir: Nais ripiu Chris.

Wah, ganti mobil terus ente.

:ngacir: :ngacir:
minjem woiii minjemmm :big_biglaugh:
KielConstantine wrote: Sat May 07, 2022 0:39 Mantep deh ..

Gw demen model anh20 ini tp yg type Vellfire GS ..

Jaman dulu (taon 2014) inget banget lagi mini roadtrip ke anyer . Lari cruising pake old ps 140 km/h which is cukup kencang.
Tiba2 ada vellfire Gs melesat dari jalur kiri toll trus ilang sambil pindah jalur kanan . Terlihat behemoth segede begitu stabil bener ngebutnya … ud gitu knalpotnya model quad exhaust pula ..

Langsung jatoh cinta pada pandangan pertama :big_love:
G's sih suspensi udah lebih keras tuh. cocok buat bapack2 yang doyan ngebut. malah kyknya kalo gw lebih suka yang kerasan gitu deh goyangnya gak gitu kerasa wkwkwkwkw ini belok dikit goyangnya ya ampun.
Gangenlyt69 wrote: Sun May 08, 2022 12:36 Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya 😅

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
fun fact nya alphard tidak didesain untuk bawa barang banyak ala orang mudik oom... bagasinya kecil juga.

dari kedua itu saya opsi pertama aja. Alphard beneran tidak practical dipake di dalem kota kecuali ada supir pokok tau beres. kemarin ngerasain lebarnya mobil ini aja dah terintimidasi duluan :big_biglaugh:
impactful wrote: Sun May 08, 2022 23:16 Sebagai daily user ANH10 sejak setahun yang lalu (ada thread review saya di SM soal mobil ini) , literally daily karena memang mobil satu satunya, which is mau masuk gang2 sempit nanjak nyari jalan alternatif di Cisarua, mau ke pasar becek, mau masuk hutan lari ke pantai pun ya pakainya ini... :big_chicken:

Saya paham betul apa yang dirasakan Oom Chz soal ketinggian mobil yang kadang bikin sy ragu ambil gerbang tol regular bertuliskan ketinggian mobil maksimum 2.1m :big_biglaugh:

Pertengahan puasa lalu spend time 3 hari dari Jaksel ke Semarang nginep sehari, lanjut besoknya ke Magelang, lalu spend 2 malam di Yogya, dan balik lagi ke Jkt via Salatiga pakai ANH ASG 2008 (VIN 2007)

ANH10 memang tukang minum, tapi transmisi 4AT nya itu yg bikin hati tenang... 4AT nya juga cukup halus dan pinter, langit sumur kalau dibanding sama 4AT nya old Terios atau old Papanjah, rumah kantor sekolah PP masih dalam radius di bawah 10km jadi issue fuel cons nggak terlalu jadi masalah...

Dan untuk mobil usia 15 tahun ada triple front cam yg auto aktif di kemacetan, lane keeping assist (cuma warning doang, jangan ngarep semi autonomous... :big_biglaugh: ) , AFS, sudah jauh lebih dari cukup buat keluarga kecil kami (4 persons) di aktivitas sehari2 dan jelajah tol kalau weekend sekali sekali...

Oh iya, sy notice harga pasaran ANH10 ASG 2007-2008 naik ya... Dulu angkut di 158jt, skrg kayanya pada jual di atas 170jt...
iya, problemnya kaca alphard emang gede banget keliatan semua sampe atas. malah jadi seram kalo parkir. wkwkwkwkkw.

triple front cam ini rasanya dulu sama kayak opsi yang ditawarkan juga di Harrier XU30 ya?

skrg harga mobil bekas banyak naik sepertinya om. honda civic turbo aja di pasaran pada buka di 350 an padahal tahun 2017-2018. apalagi mobil populer macem alphard.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by well »

wah, beneran ngeri kalau pinjam mobil ini, keliatannya barang kesayangan yang punya nih..
kalau sampai ada apa2 bisa berabe..
kadang meskipun sanggup repair, blm tentu di mata yg pny mbl setelah di repair bisa kembali sprt sedia kala..
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by ChZ »

well wrote: Mon May 09, 2022 3:31 wah, beneran ngeri kalau pinjam mobil ini, keliatannya barang kesayangan yang punya nih..
kalau sampai ada apa2 bisa berabe..
kadang meskipun sanggup repair, blm tentu di mata yg pny mbl setelah di repair bisa kembali sprt sedia kala..
kalo mobil ini ngejogrok gak ada yang maintain sih saya gak bakal berani om itu yang paling serem wiring apalagi ada wiring dasteknya pernah pengalaman switch dastek udah jelek di santafe mappingnya jadi kaco ...

cm beruntung driver masih pantau kondisi walau ban ngga diganti.

yang lebih parah sih ada 1 lagi nissan teana 2013 interiornya dah banyak rusak tuh nganggur juga. mobil hadiah dulu wkwkkwkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Gangenlyt69
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Tue May 21, 2019 16:24

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Gangenlyt69 »

ChZ wrote: Mon May 09, 2022 3:17
wkwkwkwkkw bener dah rasanya kayak masih baru cuma yang gak bohong tetep interior ada bunyi bunyi kecil khas mobil kalo karetnya udah jelek. kelamaan nganggur

Kalau area setir dan kaki2 ada kerasa bunyi2 juga ga om? Sama katanya khas mobil roti tawar gini kabinnya relatif lebih banyak bunyi2an entah dari rel jok, sliding door, dll ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by ChZ »

Gangenlyt69 wrote: Mon May 09, 2022 3:50
ChZ wrote: Mon May 09, 2022 3:17
wkwkwkwkkw bener dah rasanya kayak masih baru cuma yang gak bohong tetep interior ada bunyi bunyi kecil khas mobil kalo karetnya udah jelek. kelamaan nganggur

Kalau area setir dan kaki2 ada kerasa bunyi2 juga ga om? Sama katanya khas mobil roti tawar gini kabinnya relatif lebih banyak bunyi2an entah dari rel jok, sliding door, dll ya?
kemarin yang noticeable :

- suara kriyet kriyet kretek kretek dari dasbor dan panel-panel interiornya.
- kaki kaki ada terasa bunyi dikit tapi nurut saya ini bukan kerusakan cuma yah karet karet aja udah mulai keras, beda sama kaki kaki HRV yang bunyi klotok klotok. belum ban udah 10 thn jadi makin ketara bunyi bunyinya.

sliding door surprisingly aman sih
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by Venturtle »

nice review, om :mky_02:
btw, odometernya irit banget ya..1680 km untuk mobil tahun 2012 :mky_01:
sherryandkez
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - MAGH10 - W220

Re: 3-days Trip with 2012 Toyota Alphard 2.4 CVT (ANH20)

Post by sherryandkez »

Gangenlyt69 wrote: Sun May 08, 2022 12:36 Wah pas banget om chz bahas ANH20..

Jadi ceritanya mudik kemaren saya pakai ANPS isi 5 dewasa + 1 balita + barang bawaan seabreg. Ternyata kabin penuh luar biasa rasanya 😅

Jadi kepikiran beberapa opsi ini untuk akomodir keluarga + barang supaya lebih nyaman untuk jalan jauh. Asumsi saya anggarkan budget 300jt an, mending mana ya:

1. Tambah ANH20 tahun 2012-2013 an, ANPS dipertahankan
2. ANPS tukar tambah dengan AGH30 tahun 2015-2016. Konsekuensi jadi tidak punya SUV kalau butuh akses jalan2 blusukan

Dari opsi tsb. kira2 mana yg lebih worth it ya?
opsi kedua aja om. kalo udah naik AGH30 anps langsung berasa ga enak :big_biglaugh: bapak saya biasa pake anps skrg minjem lexus saya mulu krn standar pantatnya udah naik hahaha.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh