Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
dregon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 23 Feb 2019, 20:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner VRZ

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by dregon »

Selamat malam mimin, suhu dan semua.

sama nih pertanyaannya:

karena mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.

Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Toyoya
Type : Fortuner VRZ
Transmission: A/T
Fuel : Bio Solar + BRQ (kemakan iklan dulu)
Year : 2018, Sep
Mileage : 60,400, on going
Oil Capacity : 8L (with filter changing)
History Oil Use :
1. TMO 10w40 : 2018 - 2021 auot2000
2. Motul 5w30 : 2021 - Present shop&drive
Daily Route :
1. Daily : 50km; keluar jabodetabek 2 minggu sekali (setelah covid malah lebih sering jalan)
2. Weekly : average 250km (sedikit macet, mayoritas lancar)

pertanyaannya:

1. di shop&drive disaranin pake 5w30, tapi kata mekanik kenalan nubi. mesin diesel jangan dikasih oli keenceran. baiknya tetep pake motul 5w30 atau ganti ke shell HX6 10w40 ya? atau ada saran oli yang lebih bagus lagi?

2. kalau bisa juga minta rekomendasi toko apa aja di tokopedia yang jualan oli original.

3. Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?

Terima kasih sebelumnya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

dregon wrote: 18 Sep 2022, 23:50 Selamat malam mimin, suhu dan semua.

sama nih pertanyaannya:

karena mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.

Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Toyoya
Type : Fortuner VRZ
Transmission: A/T
Fuel : Bio Solar + BRQ (kemakan iklan dulu)
Year : 2018, Sep
Mileage : 60,400, on going
Oil Capacity : 8L (with filter changing)
History Oil Use :
1. TMO 10w40 : 2018 - 2021 auot2000
2. Motul 5w30 : 2021 - Present shop&drive
Daily Route :
1. Daily : 50km; keluar jabodetabek 2 minggu sekali (setelah covid malah lebih sering jalan)
2. Weekly : average 250km (sedikit macet, mayoritas lancar)

pertanyaannya:

1. di shop&drive disaranin pake 5w30, tapi kata mekanik kenalan nubi. mesin diesel jangan dikasih oli keenceran. baiknya tetep pake motul 5w30 atau ganti ke shell HX6 10w40 ya? atau ada saran oli yang lebih bagus lagi?

2. kalau bisa juga minta rekomendasi toko apa aja di tokopedia yang jualan oli original.

3. Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?

Terima kasih sebelumnya
1. 5w40 atau 5w30 no issue krn sesuai manual book
2. Toko rekomendasi bisa mampir ke viewtopic.php?t=28844
3. Pilihan pribadi sih ini, salah satu best choice bisa pakai PTT flushing oil 8 liter (klo aditif engine flush hati-hati, karena lihat bbrp SDS nya contains kerosene)

Klo #3 tidak dilakukan, cukup tuang oli mesran murah 1-2 liter ketika oli lama tinggal netes.
Untuk buang sisa oli lama yg ngendap di oil pan.
Last edited by Suryaputra on 19 Sep 2022, 07:50, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by RezPrat »

dregon wrote: 18 Sep 2022, 23:50 Selamat malam mimin, suhu dan semua.

sama nih pertanyaannya:

karena mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.

Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Toyoya
Type : Fortuner VRZ
Transmission: A/T
Fuel : Bio Solar + BRQ (kemakan iklan dulu)
Year : 2018, Sep
Mileage : 60,400, on going
Oil Capacity : 8L (with filter changing)
History Oil Use :
1. TMO 10w40 : 2018 - 2021 auot2000
2. Motul 5w30 : 2021 - Present shop&drive
Daily Route :
1. Daily : 50km; keluar jabodetabek 2 minggu sekali (setelah covid malah lebih sering jalan)
2. Weekly : average 250km (sedikit macet, mayoritas lancar)

pertanyaannya:

1. di shop&drive disaranin pake 5w30, tapi kata mekanik kenalan nubi. mesin diesel jangan dikasih oli keenceran. baiknya tetep pake motul 5w30 atau ganti ke shell HX6 10w40 ya? atau ada saran oli yang lebih bagus lagi?

2. kalau bisa juga minta rekomendasi toko apa aja di tokopedia yang jualan oli original.

3. Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?

Terima kasih sebelumnya
Sebagai pemakai 2GD, sayang Om pake oli 5w40/10w40, mending pake yg 5w30/10w30 diesel, pake dexlite aja tarikan Jd berat kalo pake oli buntut 40. Di buku manual juga jelas2 dibilang recommend ke 5w30 kan ya. Btw, kapasitas oli 7.5 liter tuh om, bukan 8 liter, kalo d isi 8l, bakal kerasa berat tarikan.

Oli yg Murmer bisa sampe 10k km itu ada PTT 10w30 diesel, bardhal 5w30 S9. Kalo yg full sintetis pake bisa macam2 sih om. Hx6 gak gitu bagus kayak nya sih Om.

Kalo market place cari oli asli ke official store nya Om, atau cari yg toko yg berani minum oli nya kalo palsu hehehehe :big_biglaugh:
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: 25 Nov 2012, 23:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by gaspol »

Suryaputra wrote: 18 Sep 2022, 20:59
gaspol wrote: 18 Sep 2022, 20:55
daimler wrote: 18 Sep 2022, 15:16
Wah budget segitu dapet tuh oli keraton bisa
Ams ss 0W20
TQ9000 0W20
Helix ultra 0W20
Q8 special D1 0W20
PTT performa/evotec 0W20
Engine flush ga harus, bisa dituang oli mesran sebelum tuang oli barunya. Trs tambah aditif oli mannol ester atau HSS FRE3 perbandingan 1:10 di awal2 atau setelah km jalan 5000 sesuai petuah suhu dimari.
Kalo fuel additive pernahnya pakai redline CFSC dosis 5ml/L bensin buat tuang awal2, seterusnya 1ml/L bensin. Pilihan lain ada amsoil performance improver atau HSS FR3

Udah pake oli keraton, masih pake aditif oli?? :big_chicken:
Ada klausul nya amsoil sign, di PDS.
Klo pk aditif atau mixed dgn yg lain, jadinya gak bs long drain.
Betul banget om..kalo mau pake aditif oli, ngapain pake oli keraton 🤣🤣
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: 14 Jul 2008, 09:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Profith83 »

dregon wrote: 18 Sep 2022, 23:50 Selamat malam mimin, suhu dan semua.

sama nih pertanyaannya:

karena mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.

Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Toyoya
Type : Fortuner VRZ
Transmission: A/T
Fuel : Bio Solar + BRQ (kemakan iklan dulu)
Year : 2018, Sep
Mileage : 60,400, on going
Oil Capacity : 8L (with filter changing)
History Oil Use :
1. TMO 10w40 : 2018 - 2021 auot2000
2. Motul 5w30 : 2021 - Present shop&drive
Daily Route :
1. Daily : 50km; keluar jabodetabek 2 minggu sekali (setelah covid malah lebih sering jalan)
2. Weekly : average 250km (sedikit macet, mayoritas lancar)

pertanyaannya:

1. di shop&drive disaranin pake 5w30, tapi kata mekanik kenalan nubi. mesin diesel jangan dikasih oli keenceran. baiknya tetep pake motul 5w30 atau ganti ke shell HX6 10w40 ya? atau ada saran oli yang lebih bagus lagi?

2. kalau bisa juga minta rekomendasi toko apa aja di tokopedia yang jualan oli original.

3. Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?

Terima kasih sebelumnya
Saya pakai Innova Reborn 2017 diesel matic KM sekarang 31rb KM
Pernah pakai TMO 15w40, PTT 10w30, Kendall 10w30, Amsoil OE Turbo Truck 5w40, PTT 5w30 yang acea A5/B5.

Yang paling cocok menurut saya pribadi PTT 5w30 acea a5/b5 atau Kendall 10w30.
Tapi sayang Kendall sudah gak masuk.
PTT biarpun 5w30 tapi menurut telinga saya paling adem, dan di mesin tarikan paling ringan nomer 2 setelah Kendall 10w30.
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 489
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Chr1stm1 »

dregon wrote: 18 Sep 2022, 23:50 Selamat malam mimin, suhu dan semua.

sama nih pertanyaannya:

karena mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.

Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Toyoya
Type : Fortuner VRZ
Transmission: A/T
Fuel : Bio Solar + BRQ (kemakan iklan dulu)
Year : 2018, Sep
Mileage : 60,400, on going
Oil Capacity : 8L (with filter changing)
History Oil Use :
1. TMO 10w40 : 2018 - 2021 auot2000
2. Motul 5w30 : 2021 - Present shop&drive
Daily Route :
1. Daily : 50km; keluar jabodetabek 2 minggu sekali (setelah covid malah lebih sering jalan)
2. Weekly : average 250km (sedikit macet, mayoritas lancar)

pertanyaannya:

1. di shop&drive disaranin pake 5w30, tapi kata mekanik kenalan nubi. mesin diesel jangan dikasih oli keenceran. baiknya tetep pake motul 5w30 atau ganti ke shell HX6 10w40 ya? atau ada saran oli yang lebih bagus lagi?

2. kalau bisa juga minta rekomendasi toko apa aja di tokopedia yang jualan oli original.

3. Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?

Terima kasih sebelumnya
1. 5w30 pake amsoil ss5w30 aja, tbn 12.5 bisa 1 tahun itu

2. Sentra pelumas, cakra, jual aki, barcode shop

3. G usah di flush, ocinya aja sekali2 di 4000an km
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1724
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: 18 Sep 2022, 20:59 Ada klausul nya amsoil sign, di PDS.
Klo pk aditif atau mixed dgn yg lain, jadinya gak bs long drain.
Q8 sama Amsoil gak recommend pake additive.
Ibaratnya jalan jalan ke eropa ato amerika , makan steak michelin star trus minta saos tomat sama saos sambel. Chefnya dibelakang bete, steak gw udah perfect kok malah mau di bumbuin sendiri :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: 19 Sep 2022, 09:58
Suryaputra wrote: 18 Sep 2022, 20:59 Ada klausul nya amsoil sign, di PDS.
Klo pk aditif atau mixed dgn yg lain, jadinya gak bs long drain.
Q8 sama Amsoil gak recommend pake additive.
Ibaratnya jalan jalan ke eropa ato amerika , makan steak michelin star trus minta saos tomat sama saos sambel. Chefnya dibelakang bete, steak gw udah perfect kok malah mau di bumbuin sendiri :big_biglaugh:
yah namanya jg orang indonesia.
gakda micin, gak asik

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by qushay20019 »

Chr1stm1 wrote: 19 Sep 2022, 09:28 1. 5w30 pake amsoil ss5w30 aja, tbn 12.5 bisa 1 tahun itu

2. Sentra pelumas, cakra, jual aki, barcode shop

3. G usah di flush, ocinya aja sekali2 di 4000an km
Maap, klarifikasi dikit om.
Ams. SS bensin emang TBM nya 12.5. Kalo yg diesel, TBN 10.1
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

qushay20019 wrote: 19 Sep 2022, 10:21
Chr1stm1 wrote: 19 Sep 2022, 09:28 1. 5w30 pake amsoil ss5w30 aja, tbn 12.5 bisa 1 tahun itu

2. Sentra pelumas, cakra, jual aki, barcode shop

3. G usah di flush, ocinya aja sekali2 di 4000an km
Maap, klarifikasi dikit om.
Ams. SS bensin emang TBM nya 12.5. Kalo yg diesel, TBN 10.1
Oli Diesel Ber TBN tinggi, alternatif selain Amsoil MaxDuty (seri keraton diesel):
- PTT 10w30 Diesel, seliter 70rb-an
- PTT 5w30 A5 B5 Diesel, seliter mulai 120 rb-an di OS customs
- PTT 5w30 Super Commonrail, seliter mulai 160 rb-an di Graha Sakti
- Q8 FT 8800 5w30, seliter mulai 180 rb-an di Aspexsia

Wah bentar lg Part 17... :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: 11 Jun 2021, 19:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by ctopher7 »

Suryaputra wrote:
qushay20019 wrote: 19 Sep 2022, 10:21
Chr1stm1 wrote: 19 Sep 2022, 09:28 1. 5w30 pake amsoil ss5w30 aja, tbn 12.5 bisa 1 tahun itu

2. Sentra pelumas, cakra, jual aki, barcode shop

3. G usah di flush, ocinya aja sekali2 di 4000an km
Maap, klarifikasi dikit om.
Ams. SS bensin emang TBM nya 12.5. Kalo yg diesel, TBN 10.1
Oli Diesel Ber TBN tinggi, alternatif selain Amsoil MaxDuty (seri keraton diesel):
- PTT 10w30 Diesel, seliter 70rb-an
- PTT 5w30 A5 B5 Diesel, seliter mulai 120 rb-an di OS customs
- PTT 5w30 Super Commonrail, seliter mulai 160 rb-an di Graha Sakti
- Q8 FT 8800 5w30, seliter mulai 180 rb-an di Aspexsia

Wah bentar lg Part 17... :upss:
tambahin oli diesel menarik juga, acea E9 (heavy duty)
unil opal pallas 2000, tbn 9.8

https://www.unil-opal.com/wp-content/up ... 0_5W30.pdf
pecinta bio solar
daffadrf900
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: 19 Sep 2022, 12:07
Location: Yogyakarta
Daily Vehicle: Fortuner VNT 2013

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by daffadrf900 »

Permisi sedulur, newbie ijin nimbrung buat mengobati rasa penasaran sama oli liqui moly 10w40 mos2 leichtlauf karena ada kandungan mos2 nya. Yang saya tanyakan apakah oli tsb "aman" or kompatibel buat mesin diesel??? Secara dia oli bisa buat gasoline and diesel engine. Oli tersebut tbn nya 9, acea a3/b4, api sl/cf

Sebelumnya saya pake tmo diesel 15w40. Kuda besi harian saya pake fortuner vnt 2013 peminum biosolar + ptt dfc... Odo 90rb ongoing pemakaian daily kurleb 40km++
volcanoman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: 27 Jul 2015, 01:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by volcanoman »

trebla88 wrote: 18 Sep 2022, 10:54
volcanoman wrote: 18 Sep 2022, 09:33 Selamat Pagi momod, mimin, suhu dan piyik semua.

Mohon ijin, nubi ingin bertanya.
Sehubungan mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.

Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Suzuki
Type : Ignis GX
Transmission: M/T
Fuel : RON 90
Year : 2017, Aug
Mileage : 57K, on going
Oil Capacity : 3.2L (with filter changing)
History Oil Use :
1. SGO 0W20 : 2017 - 2019
2. Ecstar 0W20 : 2019 - Present
Daily Route :
1. Daily : none
2. Weekly : average 200km (sedikit macet, mayoritas lancar)
3. Yearly : mudik (Jkt - Kediri), 2 times

Budget max 850rb utk olinya saja (lebih sedikit dr itu tdk masalah asal ada kompensasi lebihnya dr sisi kualitas).
Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Untuk opsi oli, sejauh ini yg pernah saya dengar bisa menggunakan Amsoil, PTT, Q8 tp utk tipenya saya kurang tau.
Berdasarkan kondisi tersebut, oli apa yg paling value for money dr sisi price to performance yg cocok utk saya gunakan?

Terima kasih sebelumnya.
Shell astra premium 0w20 di shopndrive 525rb /4 ltr

Ptt supersyn 0w20 665b/4ltr

Tahan lah 1thn /7500km, bisa push 10k kalau sering ga jadi genset dan sering tol
Cmiiw :upss:

Okay noted om, saya malah lebih tertarik PTTnya daripada Shell Astra Premium.

sahabatq8 wrote: 18 Sep 2022, 11:26
volcanoman wrote: 18 Sep 2022, 09:33 Selamat Pagi momod, mimin, suhu dan piyik semua.

Mohon ijin, nubi ingin bertanya.
Sehubungan mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.

Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Suzuki
Type : Ignis GX
Transmission: M/T
Fuel : RON 90
Year : 2017, Aug
Mileage : 57K, on going
Oil Capacity : 3.2L (with filter changing)
History Oil Use :
1. SGO 0W20 : 2017 - 2019
2. Ecstar 0W20 : 2019 - Present
Daily Route :
1. Daily : none
2. Weekly : average 200km (sedikit macet, mayoritas lancar)
3. Yearly : mudik (Jkt - Kediri), 2 times

Budget max 850rb utk olinya saja (lebih sedikit dr itu tdk masalah asal ada kompensasi lebihnya dr sisi kualitas).
Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Untuk opsi oli, sejauh ini yg pernah saya dengar bisa menggunakan Amsoil, PTT, Q8 tp utk tipenya saya kurang tau.
Berdasarkan kondisi tersebut, oli apa yg paling value for money dr sisi price to performance yg cocok utk saya gunakan?

Terima kasih sebelumnya.
Budget 850rb , 0w20 seri tinggi masih dapet cuma butuh 4 liter kan. Karena sebelumnya pake 0w20 gak ada masalah/keluhan lanjut aja om

Memang kalo ikut petunjuk di manual book, anjurannya pake yang 0W20 om.
btw seri tertimggi dari Q8 apa ya om?


AbdulHakim wrote: 18 Sep 2022, 12:09
volcanoman wrote: 18 Sep 2022, 09:33 Selamat Pagi momod, mimin, suhu dan piyik semua.

Mohon ijin, nubi ingin bertanya.
Sehubungan mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.

Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Suzuki
Type : Ignis GX
Transmission: M/T
Fuel : RON 90
Year : 2017, Aug
Mileage : 57K, on going
Oil Capacity : 3.2L (with filter changing)
History Oil Use :
1. SGO 0W20 : 2017 - 2019
2. Ecstar 0W20 : 2019 - Present
Daily Route :
1. Daily : none
2. Weekly : average 200km (sedikit macet, mayoritas lancar)
3. Yearly : mudik (Jkt - Kediri), 2 times

Budget max 850rb utk olinya saja (lebih sedikit dr itu tdk masalah asal ada kompensasi lebihnya dr sisi kualitas).
Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Untuk opsi oli, sejauh ini yg pernah saya dengar bisa menggunakan Amsoil, PTT, Q8 tp utk tipenya saya kurang tau.
Berdasarkan kondisi tersebut, oli apa yg paling value for money dr sisi price to performance yg cocok utk saya gunakan?

Terima kasih sebelumnya.
Mobil 1 Extended Performance Nascar 0W-20
Amsoil Signature Series 0W-20
toh uangnya ada.. habiskan!
uang terpakai, hati senang, mobil terawat.

Yoi om, mumpung budget buat oli udah approved sama Menkeu di rumah haha
boleh diceritain om, impresi mobil 1 extended performance nascar kayak gimana?

daimler wrote: 18 Sep 2022, 15:16
volcanoman wrote: 18 Sep 2022, 09:33 Selamat Pagi momod, mimin, suhu dan piyik semua.

Mohon ijin, nubi ingin bertanya.
Sehubungan mobil di rumah sudah habis masa servis gratis dan warranty nya. Maka nubi pikir ini saatnya untuk coba servis di luar beres dan mencoba oli non OEM yang bisa lebih bagus kualitasnya.

Berikut data kendaraan nubi ->
Brand : Suzuki
Type : Ignis GX
Transmission: M/T
Fuel : RON 90
Year : 2017, Aug
Mileage : 57K, on going
Oil Capacity : 3.2L (with filter changing)
History Oil Use :
1. SGO 0W20 : 2017 - 2019
2. Ecstar 0W20 : 2019 - Present
Daily Route :
1. Daily : none
2. Weekly : average 200km (sedikit macet, mayoritas lancar)
3. Yearly : mudik (Jkt - Kediri), 2 times

Budget max 850rb utk olinya saja (lebih sedikit dr itu tdk masalah asal ada kompensasi lebihnya dr sisi kualitas).
Selama ini dr awal mobil masih baru belum pernah dilakukan engine flush dan belum pernah menggunakan oil, maupun fuel additive, apakah perlu dilakukan engine flush?
Untuk opsi oli, sejauh ini yg pernah saya dengar bisa menggunakan Amsoil, PTT, Q8 tp utk tipenya saya kurang tau.
Berdasarkan kondisi tersebut, oli apa yg paling value for money dr sisi price to performance yg cocok utk saya gunakan?

Terima kasih sebelumnya.
Wah budget segitu dapet tuh oli keraton bisa
Ams ss 0W20
TQ9000 0W20
Helix ultra 0W20
Q8 special D1 0W20
PTT performa/evotec 0W20
Engine flush ga harus, bisa dituang oli mesran sebelum tuang oli barunya. Trs tambah aditif oli mannol ester atau HSS FRE3 perbandingan 1:10 di awal2 atau setelah km jalan 5000 sesuai petuah suhu dimari.
Kalo fuel additive pernahnya pakai redline CFSC dosis 5ml/L bensin buat tuang awal2, seterusnya 1ml/L bensin. Pilihan lain ada amsoil performance improver atau HSS FR3
Noted om, terima kasih utk advice bbrp opsinya.
setelah saya cek market place masih masuk budget.
oli mesran itu dituang dalam keadaan drain hole tetap terbuka kah om?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1724
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

volcanoman wrote: 19 Sep 2022, 13:39
Memang kalo ikut petunjuk di manual book, anjurannya pake yang 0W20 om.
btw seri tertimggi dari Q8 apa ya om?
Kalo Q8 sih 0w20nya kita cuma masukin 1 macem yaitu Q8 D1 FE 0w20
dregon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 23 Feb 2019, 20:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner VRZ

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by dregon »

Suryaputra wrote: 19 Sep 2022, 11:02
qushay20019 wrote: 19 Sep 2022, 10:21
Chr1stm1 wrote: 19 Sep 2022, 09:28 1. 5w30 pake amsoil ss5w30 aja, tbn 12.5 bisa 1 tahun itu

2. Sentra pelumas, cakra, jual aki, barcode shop

3. G usah di flush, ocinya aja sekali2 di 4000an km
Maap, klarifikasi dikit om.
Ams. SS bensin emang TBM nya 12.5. Kalo yg diesel, TBN 10.1
Oli Diesel Ber TBN tinggi, alternatif selain Amsoil MaxDuty (seri keraton diesel):
- PTT 10w30 Diesel, seliter 70rb-an
- PTT 5w30 A5 B5 Diesel, seliter mulai 120 rb-an di OS customs
- PTT 5w30 Super Commonrail, seliter mulai 160 rb-an di Graha Sakti
- Q8 FT 8800 5w30, seliter mulai 180 rb-an di Aspexsia

Wah bentar lg Part 17... :upss:
terima kasih masukannya om2,

penasaran nih, kenapa di tokped harga TMO gold 5w30 8 liter cuma Rp 580,000 an. tapi kalau PTT 5w30 A5/B5 8 liter jadi Rp 900,000.

kalau ngeliat beda harga yang hampir 2xnya. apakah beda performanya memang sejauh itu?

saya rencana mau pake fortie VRZ ini jangka panjang. mungkin mau dipake 10-15 tahun atau 200-300ribu km lagi. apakah memang worth it untuk pake PTT terus?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by josomba »

dregon wrote: 19 Sep 2022, 16:18 terima kasih masukannya om2,

penasaran nih, kenapa di tokped harga TMO gold 5w30 8 liter cuma Rp 580,000 an. tapi kalau PTT 5w30 A5/B5 8 liter jadi Rp 900,000.

kalau ngeliat beda harga yang hampir 2xnya. apakah beda performanya memang sejauh itu?

saya rencana mau pake fortie VRZ ini jangka panjang. mungkin mau dipake 10-15 tahun atau 200-300ribu km lagi. apakah memang worth it untuk pake PTT terus?
TMO 5w30 8 lt 580 ribu? Berarti seliter cuman 70ribuan, harusnya sih palsu ya terlepas reputasi tokonya sebagus apapun.

Sepertinya om turboman pernah tes TMO palsu, isinya entah minyak apaan.
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

dregon wrote: 19 Sep 2022, 16:18 terima kasih masukannya om2,

penasaran nih, kenapa di tokped harga TMO gold 5w30 8 liter cuma Rp 580,000 an. tapi kalau PTT 5w30 A5/B5 8 liter jadi Rp 900,000.

kalau ngeliat beda harga yang hampir 2xnya. apakah beda performanya memang sejauh itu?

saya rencana mau pake fortie VRZ ini jangka panjang. mungkin mau dipake 10-15 tahun atau 200-300ribu km lagi. apakah memang worth it untuk pake PTT terus?
josomba wrote: 19 Sep 2022, 16:19
TMO 5w30 8 lt 580 ribu? Berarti seliter cuman 70ribuan, harusnya sih palsu ya terlepas reputasi tokonya sebagus apapun.

Sepertinya om turboman pernah tes TMO palsu, isinya entah minyak apaan.
gileee itu pemalsunya super pro,
fisik botol dsb gak tampak palsu.
11 12 sama asli.

kayanya base oil polos tanpa aditif.
karena aditifnya super minim, Viscocitynya kentel amatt, dan TBN juga gak ada.

buat flushing oil doang itu kayanya :big_biglaugh:

Hasil test Lab dari Mbah turboman, cek aja mulai dari sini
viewtopic.php?p=1219276#p1219276
70rb-an seliter

Asli,
Image

Palsu,
Image

Perbandingan Fisik,
Image
Last edited by Suryaputra on 19 Sep 2022, 16:42, edited 9 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

josomba wrote: 19 Sep 2022, 16:19
dregon wrote: 19 Sep 2022, 16:18 terima kasih masukannya om2,

penasaran nih, kenapa di tokped harga TMO gold 5w30 8 liter cuma Rp 580,000 an. tapi kalau PTT 5w30 A5/B5 8 liter jadi Rp 900,000.

kalau ngeliat beda harga yang hampir 2xnya. apakah beda performanya memang sejauh itu?

saya rencana mau pake fortie VRZ ini jangka panjang. mungkin mau dipake 10-15 tahun atau 200-300ribu km lagi. apakah memang worth it untuk pake PTT terus?
TMO 5w30 8 lt 580 ribu? Berarti seliter cuman 70ribuan, harusnya sih palsu ya terlepas reputasi tokonya sebagus apapun.

Sepertinya om turboman pernah tes TMO palsu, isinya entah minyak apaan.
70 rebuan palsu ??

si toko oli lejen malah bsa 65 rebu sliter mbah, mo TMO, HGMO,NGO, pokok nya smua GO dah :upss: :upss:

kl beneran jual sgitu masi bsa cuan, dan asli oli nya, maka kebangetan banget itu yg jual oli mahal2 :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 453
Joined: 11 Feb 2021, 13:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Spies »

DOHC wrote: 19 Sep 2022, 16:22
josomba wrote: 19 Sep 2022, 16:19
dregon wrote: 19 Sep 2022, 16:18 terima kasih masukannya om2,

penasaran nih, kenapa di tokped harga TMO gold 5w30 8 liter cuma Rp 580,000 an. tapi kalau PTT 5w30 A5/B5 8 liter jadi Rp 900,000.

kalau ngeliat beda harga yang hampir 2xnya. apakah beda performanya memang sejauh itu?

saya rencana mau pake fortie VRZ ini jangka panjang. mungkin mau dipake 10-15 tahun atau 200-300ribu km lagi. apakah memang worth it untuk pake PTT terus?
TMO 5w30 8 lt 580 ribu? Berarti seliter cuman 70ribuan, harusnya sih palsu ya terlepas reputasi tokonya sebagus apapun.

Sepertinya om turboman pernah tes TMO palsu, isinya entah minyak apaan.
70 rebuan palsu ??

si toko oli lejen malah bsa 65 rebu sliter mbah, mo TMO, HGMO,NGO, pokok nya smua GO dah :upss: :upss:

kl beneran jual sgitu masi bsa cuan, dan asli oli nya, maka kebangetan banget itu yg jual oli mahal2 :mky_03: :mky_03:
DGO 5w30 kalo lagi diskon cuma 60rb di official store haha
gr17
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 02 Aug 2020, 07:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by gr17 »

Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,

2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.

Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.

Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).

Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.

Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?

Terima kasih sebelumnya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

gr17 wrote: 19 Sep 2022, 16:44 Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,

2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.

Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.

Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).

Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.

Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?

Terima kasih sebelumnya.
Nubi coba jawab yaa mbah..

- Q8 Formula D1 FE 0w20 - mulai 180rb-an seliter
- Amsoil Signature 0w20 - 250rb per 946 ml
- Mobil 1 Extended Performance 0w20 - 200rb-an seliter
- PTT 0w30 Super Syn - 160rb-an seliter


Klo penggunaan Setahun, Filter Oli aja yg diganti di bulan ke-7.
dan Topup dikit oli yg kebuang dgn sisa oli Baru yg ada.

Jadi setahun ganti 2x filter oli.

Mau 1 tahun atau 10rb Km, Selain itu pastikan:
- Radiator Coolant Prima, ganti tiap 1-2 tahun sekali
- Radiator dan Fan berfungsi optimal dan gak bocor
- Tekanan Ban Sesuai Standard OEM size di manual book atau pinggir pintu
- BBM minimal Pertamax / RON 92
- Berkendara Minimal lebih dari 8-10 Km (ngurangin resiko FD)
- Kondisi jalan lancar, lebih banyak daripada macet"an di lampu merah/ padat merayap
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
gr17
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: 02 Aug 2020, 07:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by gr17 »

Suryaputra wrote: 19 Sep 2022, 16:54
gr17 wrote: 19 Sep 2022, 16:44 Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,

2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.

Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.

Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).

Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.

Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?

Terima kasih sebelumnya.
Nubi coba jawab yaa mbah..

- Q8 Formula D1 FE 0w20 - mulai 180rb-an seliter
- Amsoil Signature 0w20 - 250rb per 946 ml
- Mobil 1 Extended Performance 0w20 - 200rb-an seliter
- PTT 0w30 Super Syn - 160rb-an seliter


Klo penggunaan Setahun, Filter Oli aja yg diganti di bulan ke-7.
dan Topup dikit oli yg kebuang dgn sisa oli Baru yg ada.

Jadi setahun ganti 2x filter oli.

Mau 1 tahun atau 10rb Km, Selain itu pastikan:
- Radiator Coolant Prima, ganti tiap 1-2 tahun sekali
- Radiator dan Fan berfungsi optimal dan gak bocor
- Tekanan Ban Sesuai Standard OEM size di manual book atau pinggir pintu
- BBM minimal Pertamax / RON 92
- Berkendara Minimal lebih dari 8-10 Km (ngurangin resiko FD)
- Kondisi jalan lancar, lebih banyak daripada macet"an di lampu merah/ padat merayap
Terima kasih sarannya, om.

Kalau untuk coolant, ada rekomendasi yang bagus, om? Selama ini, dari awal masih pakai coolant bawaan BeRes.
dregon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: 23 Feb 2019, 20:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner VRZ

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by dregon »

Spies wrote: 19 Sep 2022, 16:40
DOHC wrote: 19 Sep 2022, 16:22
josomba wrote: 19 Sep 2022, 16:19

TMO 5w30 8 lt 580 ribu? Berarti seliter cuman 70ribuan, harusnya sih palsu ya terlepas reputasi tokonya sebagus apapun.

Sepertinya om turboman pernah tes TMO palsu, isinya entah minyak apaan.
70 rebuan palsu ??

si toko oli lejen malah bsa 65 rebu sliter mbah, mo TMO, HGMO,NGO, pokok nya smua GO dah :upss: :upss:

kl beneran jual sgitu masi bsa cuan, dan asli oli nya, maka kebangetan banget itu yg jual oli mahal2 :mky_03: :mky_03:
DGO 5w30 kalo lagi diskon cuma 60rb di official store haha
nah makanya ragu juga nih, tapi udah terjual hampir 800x. nama tokonya MJMsunjaya ini link toko ijonya: https://www.tokopedia.com/mjmsunjaya/ol ... %3D7589380
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

gr17 wrote: 19 Sep 2022, 17:08
Suryaputra wrote: 19 Sep 2022, 16:54
gr17 wrote: 19 Sep 2022, 16:44 Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,

2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.

Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.

Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).

Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.

Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?

Terima kasih sebelumnya.
Nubi coba jawab yaa mbah..

- Q8 Formula D1 FE 0w20 - mulai 180rb-an seliter
- Amsoil Signature 0w20 - 250rb per 946 ml
- Mobil 1 Extended Performance 0w20 - 200rb-an seliter
- PTT 0w30 Super Syn - 160rb-an seliter


Klo penggunaan Setahun, Filter Oli aja yg diganti di bulan ke-7.
dan Topup dikit oli yg kebuang dgn sisa oli Baru yg ada.

Jadi setahun ganti 2x filter oli.

Mau 1 tahun atau 10rb Km, Selain itu pastikan:
- Radiator Coolant Prima, ganti tiap 1-2 tahun sekali
- Radiator dan Fan berfungsi optimal dan gak bocor
- Tekanan Ban Sesuai Standard OEM size di manual book atau pinggir pintu
- BBM minimal Pertamax / RON 92
- Berkendara Minimal lebih dari 8-10 Km (ngurangin resiko FD)
- Kondisi jalan lancar, lebih banyak daripada macet"an di lampu merah/ padat merayap
Terima kasih sarannya, om.

Kalau untuk coolant, ada rekomendasi yang bagus, om? Selama ini, dari awal masih pakai coolant bawaan BeRes.
Coba cek official store Denso
Denso Radiator Coolant

Ada warna merah dan biruu.

Avanza or Rush 2nr-ve
Itu klo gak salah butuh coolant + reservoir tank 5 liter.
Coba cek manual book nya ajah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
pisangGoreng007
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: 25 Feb 2021, 11:29
Location: tangerang selatan
Daily Vehicle: Xpander Cvt

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by pisangGoreng007 »

Suryaputra wrote: 19 Sep 2022, 16:54
gr17 wrote: 19 Sep 2022, 16:44 Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,

2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.

Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.

Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).

Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.

Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?

Terima kasih sebelumnya.
Nubi coba jawab yaa mbah..

- Q8 Formula D1 FE 0w20 - mulai 180rb-an seliter
- Amsoil Signature 0w20 - 250rb per 946 ml
- Mobil 1 Extended Performance 0w20 - 200rb-an seliter
- PTT 0w30 Super Syn - 160rb-an seliter


Klo penggunaan Setahun, Filter Oli aja yg diganti di bulan ke-7.
dan Topup dikit oli yg kebuang dgn sisa oli Baru yg ada.

Jadi setahun ganti 2x filter oli.

Mau 1 tahun atau 10rb Km, Selain itu pastikan:
- Radiator Coolant Prima, ganti tiap 1-2 tahun sekali
- Radiator dan Fan berfungsi optimal dan gak bocor
- Tekanan Ban Sesuai Standard OEM size di manual book atau pinggir pintu
- BBM minimal Pertamax / RON 92
- Berkendara Minimal lebih dari 8-10 Km (ngurangin resiko FD)
- Kondisi jalan lancar, lebih banyak daripada macet"an di lampu merah/ padat merayap
Kalau bbm ny pakai pertalite & aditif , interval pergantian nya ttp 10k km jg mbah?
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post