Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9626
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

pisangGoreng007 wrote: Mon Sep 19, 2022 10:22
Suryaputra wrote: Mon Sep 19, 2022 9:54
gr17 wrote: Mon Sep 19, 2022 9:44 Om2 dan Mbah2 SM, newbie izin minta sarannya,

2NR-VE harian newbie udah mau habis servis gratisnya. Selama servis gratis, oleh BeRes biasa dikasih oli TMO 10W-40. Setelah servis gratis ini habis, rencana mau ganti pake oli selain TMO. Posisi Odo sekarang disekitaran 32rb km.

Pemakaian harian dalkot, rumah-kantor sekitar 10 km (pp), ga kena macet. Weekend muter2 dalkot aja. Putaran mesin seringnya di bawah 2.000 rpm, maksimal 2.500 rpm (jarang2 juga), kadang stop and go. Trip luar kota dalam rentang 6 bulan paling banyak 2 kali, lewat tol. BBM pake RON 92.

Rencana mau ganti pake oli yang long drain, bisa 10.000 km/12 bulan. Kalau bisa lebih irit BBM juga (konsumsi sekarang, dalkot rata2 di 10-11 km/liter, luar kota rata2 13 km/liter).

Di buku manual, pilihan oli yang bisa dipakai ada:
1. 10W-30 API Grade SL
2. 10W-40 API Grade SN
3. 5W-30 API Grade SN, ILSAC GF-5
4. 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5
Dengan rekomendasi 0W-20 API Grade SN, ILSAC GF-5.

Untuk kondisi pemakaian seperti di atas, rekomendasi pake oli apa ya?
Selain oli, kira2 part apa lagi yang harus di upgrade atau ditambah buat memperbaiki konsumsi BBMnya?

Terima kasih sebelumnya.
Nubi coba jawab yaa mbah..

- Q8 Formula D1 FE 0w20 - mulai 180rb-an seliter
- Amsoil Signature 0w20 - 250rb per 946 ml
- Mobil 1 Extended Performance 0w20 - 200rb-an seliter
- PTT 0w30 Super Syn - 160rb-an seliter


Klo penggunaan Setahun, Filter Oli aja yg diganti di bulan ke-7.
dan Topup dikit oli yg kebuang dgn sisa oli Baru yg ada.

Jadi setahun ganti 2x filter oli.

Mau 1 tahun atau 10rb Km, Selain itu pastikan:
- Radiator Coolant Prima, ganti tiap 1-2 tahun sekali
- Radiator dan Fan berfungsi optimal dan gak bocor
- Tekanan Ban Sesuai Standard OEM size di manual book atau pinggir pintu
- BBM minimal Pertamax / RON 92
- Berkendara Minimal lebih dari 8-10 Km (ngurangin resiko FD)
- Kondisi jalan lancar, lebih banyak daripada macet"an di lampu merah/ padat merayap
Kalau bbm ny pakai pertalite & aditif , interval pergantian nya ttp 10k km jg mbah?
klo di case saya, waktu itu pk Q8 dan Pertamax sih aman betul ya 10rb Km.

klo pertalite, takut sulfurnya lbh banyak, jd ngebunuh TBN-nya lbh cepet.
untuk case pertalite, better sikat Amsoil Signature, due to higher TBN.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

Spies wrote: Mon Sep 19, 2022 9:40
DOHC wrote: Mon Sep 19, 2022 9:22
josomba wrote: Mon Sep 19, 2022 9:19

TMO 5w30 8 lt 580 ribu? Berarti seliter cuman 70ribuan, harusnya sih palsu ya terlepas reputasi tokonya sebagus apapun.

Sepertinya om turboman pernah tes TMO palsu, isinya entah minyak apaan.
70 rebuan palsu ??

si toko oli lejen malah bsa 65 rebu sliter mbah, mo TMO, HGMO,NGO, pokok nya smua GO dah :upss: :upss:

kl beneran jual sgitu masi bsa cuan, dan asli oli nya, maka kebangetan banget itu yg jual oli mahal2 :mky_03: :mky_03:
DGO 5w30 kalo lagi diskon cuma 60rb di official store haha
Mirip2 ama pastron eko grin mbah, itu jg kl lg promo, bahagia bener liat nya, ganti tiap 5 rebu km jg gapapa :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9626
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Mon Sep 19, 2022 10:29
Spies wrote: Mon Sep 19, 2022 9:40
DOHC wrote: Mon Sep 19, 2022 9:22

70 rebuan palsu ??

si toko oli lejen malah bsa 65 rebu sliter mbah, mo TMO, HGMO,NGO, pokok nya smua GO dah :upss: :upss:

kl beneran jual sgitu masi bsa cuan, dan asli oli nya, maka kebangetan banget itu yg jual oli mahal2 :mky_03: :mky_03:
DGO 5w30 kalo lagi diskon cuma 60rb di official store haha
Mirip2 ama pastron eko grin mbah, itu jg kl lg promo, bahagia bener liat nya, ganti tiap 5 rebu km jg gapapa :upss:
Fastron Eco mah 3rb km aja lahhh

DGO yg lifetime and forget about oil
:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by supriyadi »

Setelah menempuh 5300km umur 4 bulanan, oli Lipindut L11 ganti. Pake lagi Total Quartz 9000 SAE 5W30. Bekasnya ditampung diukur lagi masih dapat 2,9L yang artinya penguapan sedikit. Masih ada stok 3L lagi untuk penggantian berikutnya

Next mau nyobain Bardahl XTC S9 5W30, secara dulu pernah nyobain yang Super Pulsar-N semi synteticnya lumayan enak & penguapan juga minim

Untuk suhu minta tolong seller recomended untuk produk Bardahl XTC S9 ini. Bisa minta tong linknya Om[emoji120][emoji120]. Boleh Toko Ijo boleh Toko Orange

Terimakasih
IMG_20220916_073237.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9626
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

supriyadi wrote: Mon Sep 19, 2022 11:56 Setelah menempuh 5300km umur 4 bulanan, oli Lipindut L11 ganti. Pake lagi Total Quartz 9000 SAE 5W30. Bekasnya ditampung diukur lagi masih dapat 2,9L yang artinya penguapan sedikit. Masih ada stok 3L lagi untuk penggantian berikutnya

Next mau nyobain Bardahl XTC S9 5W30, secara dulu pernah nyobain yang Super Pulsar-N semi synteticnya lumayan enak & penguapan juga minim

Untuk suhu minta tolong seller recomended untuk produk Bardahl XTC S9 ini. Bisa minta tong linknya Om[emoji120][emoji120]. Boleh Toko Ijo boleh Toko Orange

TerimakasihIMG_20220916_073237.jpg
Td Motor
Tokopedia
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by supriyadi »

Suryaputra wrote: Mon Sep 19, 2022 12:02
supriyadi wrote: Mon Sep 19, 2022 11:56 Setelah menempuh 5300km umur 4 bulanan, oli Lipindut L11 ganti. Pake lagi Total Quartz 9000 SAE 5W30. Bekasnya ditampung diukur lagi masih dapat 2,9L yang artinya penguapan sedikit. Masih ada stok 3L lagi untuk penggantian berikutnya

Next mau nyobain Bardahl XTC S9 5W30, secara dulu pernah nyobain yang Super Pulsar-N semi synteticnya lumayan enak & penguapan juga minim

Untuk suhu minta tolong seller recomended untuk produk Bardahl XTC S9 ini. Bisa minta tong linknya Om[emoji120][emoji120]. Boleh Toko Ijo boleh Toko Orange

TerimakasihIMG_20220916_073237.jpg
Td Motor
Tokopedia
Kalo Cakra Motor gimana Om? Recomended nggak🙏🙏
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 454
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Spies »

dregon wrote: Mon Sep 19, 2022 10:13
Spies wrote: Mon Sep 19, 2022 9:40
DOHC wrote: Mon Sep 19, 2022 9:22

70 rebuan palsu ??

si toko oli lejen malah bsa 65 rebu sliter mbah, mo TMO, HGMO,NGO, pokok nya smua GO dah :upss: :upss:

kl beneran jual sgitu masi bsa cuan, dan asli oli nya, maka kebangetan banget itu yg jual oli mahal2 :mky_03: :mky_03:
DGO 5w30 kalo lagi diskon cuma 60rb di official store haha
nah makanya ragu juga nih, tapi udah terjual hampir 800x. nama tokonya MJMsunjaya ini link toko ijonya: https://www.tokopedia.com/mjmsunjaya/ol ... %3D7589380
Kebetulan kemarin beli 2 galon kerang hx5 disini buat keperluan kantor, barcode tembus sih..

Tapi kalo TMO mah ngeri2 sedap
DOHC wrote: Mon Sep 19, 2022 10:29
Spies wrote: Mon Sep 19, 2022 9:40
DOHC wrote: Mon Sep 19, 2022 9:22

70 rebuan palsu ??

si toko oli lejen malah bsa 65 rebu sliter mbah, mo TMO, HGMO,NGO, pokok nya smua GO dah :upss: :upss:

kl beneran jual sgitu masi bsa cuan, dan asli oli nya, maka kebangetan banget itu yg jual oli mahal2 :mky_03: :mky_03:
DGO 5w30 kalo lagi diskon cuma 60rb di official store haha
Mirip2 ama pastron eko grin mbah, itu jg kl lg promo, bahagia bener liat nya, ganti tiap 5 rebu km jg gapapa :upss:
Oli2 pertamina sekarang sombong, udah jarang promo mbah :big_bored:

Malah di sadikun perasaan tambah naik aja harganya :big_dunno:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by qushay20019 »

supriyadi wrote: Mon Sep 19, 2022 12:04 Kalo Cakra Motor gimana Om? Recomended nggak🙏🙏
Recommended kok, ane dulu sering beli disitu waktu awal2 nyoba oli di luar beres punya
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 610
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by fajarrian »

supriyadi wrote: Mon Sep 19, 2022 12:04
Suryaputra wrote: Mon Sep 19, 2022 12:02
supriyadi wrote: Mon Sep 19, 2022 11:56 Setelah menempuh 5300km umur 4 bulanan, oli Lipindut L11 ganti. Pake lagi Total Quartz 9000 SAE 5W30. Bekasnya ditampung diukur lagi masih dapat 2,9L yang artinya penguapan sedikit. Masih ada stok 3L lagi untuk penggantian berikutnya

Next mau nyobain Bardahl XTC S9 5W30, secara dulu pernah nyobain yang Super Pulsar-N semi synteticnya lumayan enak & penguapan juga minim

Untuk suhu minta tolong seller recomended untuk produk Bardahl XTC S9 ini. Bisa minta tong linknya Om[emoji120][emoji120]. Boleh Toko Ijo boleh Toko Orange

TerimakasihIMG_20220916_073237.jpg
Td Motor
Tokopedia
Kalo Cakra Motor gimana Om? Recomended nggak🙏🙏
Cakra motor mah udah pasti trusted, kalo engga di minum tuh oli :big_biglaugh:
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by speedfreak »

volcanoman wrote: Mon Sep 19, 2022 6:39
trebla88 wrote: Sun Sep 18, 2022 3:54 Shell astra premium 0w20 di shopndrive 525rb /4 ltr

Ptt supersyn 0w20 665b/4ltr

Tahan lah 1thn /7500km, bisa push 10k kalau sering ga jadi genset dan sering tol
Cmiiw :upss:

Okay noted om, saya malah lebih tertarik PTTnya daripada Shell Astra Premium.

sahabatq8 wrote: Sun Sep 18, 2022 4:26

Budget 850rb , 0w20 seri tinggi masih dapet cuma butuh 4 liter kan. Karena sebelumnya pake 0w20 gak ada masalah/keluhan lanjut aja om

Memang kalo ikut petunjuk di manual book, anjurannya pake yang 0W20 om.
btw seri tertimggi dari Q8 apa ya om?


AbdulHakim wrote: Sun Sep 18, 2022 5:09
Mobil 1 Extended Performance Nascar 0W-20
Amsoil Signature Series 0W-20
toh uangnya ada.. habiskan!
uang terpakai, hati senang, mobil terawat.

Yoi om, mumpung budget buat oli udah approved sama Menkeu di rumah haha
boleh diceritain om, impresi mobil 1 extended performance nascar kayak gimana?

daimler wrote: Sun Sep 18, 2022 8:16
Noted om, terima kasih utk advice bbrp opsinya.
setelah saya cek market place masih masuk budget.
oli mesran itu dituang dalam keadaan drain hole tetap terbuka kah om?
Untuk om volcanoman, sebagai sesama user ignis GX saya mau share pengalaman juga.
Pas masih garansi suzuki 3 tahun saya pakai oli suzuki hanya utk 3rb-4rb km lalu saya ganti sendiri ke oli 0w20 merk lain sampai km 10rb lalu pas service kelipatan km 10rb di suzuki ganti ke oli suzuki lagi.

Pernah pakai kendall GT max, amsoil OE, Q8 pas dulu harga masih miring, dan terakhir pakai PTT evotec (non eco).
Dari keempat merk itu paling enak menurut butt-o-meter saya adalah Q8 lalu PTT lalu amsoil OE.

Sekarang sudah waktunya ganti oli lagi berhubung harga oli PTT sudah naik jadi mau coba cari merk lain yang harga lebih bersahabat.

Mobil 1 dulu saya pernah coba tapi di kendaraan lain dan rasanya enak² aja tapi tetap lebih enak amsoil.

Klo om ada budget wah segitu utk ganti oli yang langsung ambil Q8 atau amsoil signature series aja. Nanti jadi enak tarikan mesin ignis nya enteng, suara mesin lebih halus. Konsumsi bensin utk dalam kota juga jadi membaik.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

TDS oli C*X

VI nya..........no comment dah
Screenshot_2022-09-20-10-07-12-867_com.whatsapp.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
gr17
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Aug 02, 2020 0:18

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by gr17 »

Suryaputra wrote: Mon Sep 19, 2022 10:18
gr17 wrote: Mon Sep 19, 2022 10:08

Terima kasih sarannya, om.

Kalau untuk coolant, ada rekomendasi yang bagus, om? Selama ini, dari awal masih pakai coolant bawaan BeRes.
Coba cek official store Denso
Denso Radiator Coolant

Ada warna merah dan biruu.

Avanza or Rush 2nr-ve
Itu klo gak salah butuh coolant + reservoir tank 5 liter.
Coba cek manual book nya ajah.
Siap, om.

Coba meluncur ke official store Denso.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9626
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Turboman wrote: Tue Sep 20, 2022 3:08 TDS oli C*X

VI nya..........no comment dah Screenshot_2022-09-20-10-07-12-867_com.whatsapp.jpg
NOACK nya (weight loss) to good to be true gak sih?

Amsoil MaxDuty aja
Plg rendah 5,4% di seri 10w30
5w30 nya 8%-an

https://www.amsoil.com/p/signature-seri ... 5w-30-dhd/
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1753
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Tue Sep 20, 2022 5:17
Turboman wrote: Tue Sep 20, 2022 3:08 TDS oli C*X

VI nya..........no comment dah Screenshot_2022-09-20-10-07-12-867_com.whatsapp.jpg
NOACK nya (weight loss) to good to be true gak sih?

Amsoil MaxDuty aja
Plg rendah 5,4% di seri 10w30
5w30 nya 8%-an

https://www.amsoil.com/p/signature-seri ... 5w-30-dhd/
Tunggu om saturday review aja, penyusutannya gmn :big_grin:
volcanoman
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Sun Jul 26, 2015 18:55

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by volcanoman »

speedfreak wrote: Mon Sep 19, 2022 14:30
volcanoman wrote: Mon Sep 19, 2022 6:39

Untuk om volcanoman, sebagai sesama user ignis GX saya mau share pengalaman juga.
Pas masih garansi suzuki 3 tahun saya pakai oli suzuki hanya utk 3rb-4rb km lalu saya ganti sendiri ke oli 0w20 merk lain sampai km 10rb lalu pas service kelipatan km 10rb di suzuki ganti ke oli suzuki lagi.

Pernah pakai kendall GT max, amsoil OE, Q8 pas dulu harga masih miring, dan terakhir pakai PTT evotec (non eco).
Dari keempat merk itu paling enak menurut butt-o-meter saya adalah Q8 lalu PTT lalu amsoil OE.

Sekarang sudah waktunya ganti oli lagi berhubung harga oli PTT sudah naik jadi mau coba cari merk lain yang harga lebih bersahabat.

Mobil 1 dulu saya pernah coba tapi di kendaraan lain dan rasanya enak² aja tapi tetap lebih enak amsoil.

Klo om ada budget wah segitu utk ganti oli yang langsung ambil Q8 atau amsoil signature series aja. Nanti jadi enak tarikan mesin ignis nya enteng, suara mesin lebih halus. Konsumsi bensin utk dalam kota juga jadi membaik.
Thanks om speedfreak udah sharing pengalamannya pake berbagai macam oli di ignisnya.
kalo menurut saya pribadi, secara standard saja mesin ignis sudah cukup halus dan irit bahan bakar, padahal masih menggunakan oli OEM, jadi semakin penasaran utk segera ganti di 60K nanti.
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 449
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by saturday »

Suryaputra wrote: Tue Sep 20, 2022 5:17
Turboman wrote: Tue Sep 20, 2022 3:08 TDS oli C*X

VI nya..........no comment dah Screenshot_2022-09-20-10-07-12-867_com.whatsapp.jpg
NOACK nya (weight loss) to good to be true gak sih?

Amsoil MaxDuty aja
Plg rendah 5,4% di seri 10w30
5w30 nya 8%-an

https://www.amsoil.com/p/signature-seri ... 5w-30-dhd/
Kita lihat hasil tesnya 8500-9000 km kedepan. Saya juga penasaran sih.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9626
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

saturday wrote: Tue Sep 20, 2022 8:07
Suryaputra wrote: Tue Sep 20, 2022 5:17
Turboman wrote: Tue Sep 20, 2022 3:08 TDS oli C*X

VI nya..........no comment dah Screenshot_2022-09-20-10-07-12-867_com.whatsapp.jpg
NOACK nya (weight loss) to good to be true gak sih?

Amsoil MaxDuty aja
Plg rendah 5,4% di seri 10w30
5w30 nya 8%-an

https://www.amsoil.com/p/signature-seri ... 5w-30-dhd/
Kita lihat hasil tesnya 8500-9000 km kedepan. Saya juga penasaran sih.
:big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by hackers11 »

Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?

Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]

Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.
Screenshot_20220921-103855_Drive.jpg
Screenshot_20220921-103917_Drive.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1390
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by AbdulHakim »

hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49 Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?

Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]

Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
bagus hasil tes labnya om (TBN oke, no fuel dilution dsb), cuma penyusutannya aja ya yang significant.
xmax nmax pcx dan matic2 bongsor itu bukannya rekomendasinya pake oli buntut 40 ya om?
oia 2600km itu brp bulan pemakaian?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9626
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49 Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?

Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]

Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Wowh mantap iron nya rendah
TBN jg masih strong.

Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa

- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah

- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Wed Sep 21, 2022 4:26, edited 3 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1753
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49 Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?

Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]

Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Kalo di X max jangan pake 5w30 om, minimum 5W40 ato bahkan di bengkel spesialis X max bore up yang kita supply pakenya F1 10w60 kalo mau touring.
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by hackers11 »

@AbdulHakim 2600km sekitar 8 bulanan om.

@Suryaputra dan @sahabatq8 iya memang coba2 aja sih om. Cuma yg agak kagetnya setelah 1700an keatas cepet bgt nguapnya. Sebelumnya aman soalnya.
Besok2 kalo pk yg enceran mungkin gantinya lbh pendek interval gantinya.
Berarti nothing wrong ya dari laporan tes olinya?
Ga ada yg aneh2 dan mentrigger penguapan oli?
Bukman motor memang bilang pake buntut 40. Ini adalah experimen, cuma miss aja di 900km terakhir cek lubang intip olinya ga sering2. Pelajaran juga hehehe
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9626
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 4:52 @AbdulHakim 2600km sekitar 8 bulanan om.

@Suryaputra dan @sahabatq8 iya memang coba2 aja sih om. Cuma yg agak kagetnya setelah 1700an keatas cepet bgt nguapnya. Sebelumnya aman soalnya.
Besok2 kalo pk yg enceran mungkin gantinya lbh pendek interval gantinya.
Berarti nothing wrong ya dari laporan tes olinya?
Ga ada yg aneh2 dan mentrigger penguapan oli?
Bukman motor memang bilang pake buntut 40. Ini adalah experimen, cuma miss aja di 900km terakhir cek lubang intip olinya ga sering2. Pelajaran juga hehehe
Bukman itu dlm kondisi standard yah mbahh

Klo udh ngobok-ngobok daleman mesin, apalagi bore-up lain cerita, biasanya kudu naik visco :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1125
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by t105erd »

Suryaputra wrote: Wed Sep 21, 2022 3:56
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49 Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?

Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]

Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Wowh mantap iron nya rendah
TBN jg masih strong.

Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa

- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah

- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap :big_biglaugh:
Betul, mesin2 Yamaha yang pakai bahan diasil memang cepet bgt abis oli, mio injeksi istri saya kemarin hampir abis olinya gara2 lupa ganti, mana kalo udah rusak harus ganti blok silinder segelondong soalnya ga pake liner kalo mesin diasil silindernya yamaha.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9626
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

t105erd wrote: Wed Sep 21, 2022 5:22
Suryaputra wrote: Wed Sep 21, 2022 3:56
hackers11 wrote: Wed Sep 21, 2022 3:49 Maap OOT dikit. Kebetulan tes q8 d1 5w30 di motor xmax boreup 300cc. Pemakaian dalam kota aja.
Nah kebetulan olinya saya tes di trakindo dgn hasil terlampir. Notesnya semuanya normal.
Yg agak surprising dari kapasitas 1.5l sisa cuma 800ml aja pas ditap.
Kira2 dari hasil tes labnya ada yg jadi penentu ga ya kenapa penguapan cukup ganas dan agak tiba2?

Catatan, motor jalan 2600km. Yg membuat akhirnya ganti oli adalah pas cek lubang intip oli udah abis aja(dibawah batas bawah). Terakhir cek di 1700an km masi diatas batas atas. Berarti di kira2 900an km terakhir menguap 100ml per 100km.
Tidak ada kebocoran oli karena motor diparkir didalam. Mekanik yg ngecek juga bingung, tp pas denger olinya buntut 30 langsung nyalahin itu [emoji28]

Sekarang sepertinya 2000km pemakaian ganti deh, pk oli yg tetap bagus tapi lbh murah unil opal opaljet 5w30.Screenshot_20220921-103855_Drive.jpgScreenshot_20220921-103917_Drive.jpg
Wowh mantap iron nya rendah
TBN jg masih strong.

Motor emg nguapnya cenderung tinggi:
- RPM tinggi bisa sampai 3x lipat mobil biasa

- Karakter keluarga mesin Yamaha Skutiknya emg lbh makan oli, beda sama Honda, gaktau knp (makanya yamaha standard rekomen oli buntut 40 dan non fuel economy) sehingga NOACk nya jg rendah

- Apalagi kondisi udh bore-up beda cerita, mungkin pakai W50 yg setara jd gak nguap :big_biglaugh:
Betul, mesin2 Yamaha yang pakai bahan diasil memang cepet bgt abis oli, mio injeksi istri saya kemarin hampir abis olinya gara2 lupa ganti, mana kalo udah rusak harus ganti blok silinder segelondong soalnya ga pake liner kalo mesin diasil silindernya yamaha.
ohh pantes.
diasil jd satu kesatuan sama blok silindernya ya.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri