Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by blloewy »

trebla88 wrote: Sat Jun 25, 2022 6:57
sahabatq8 wrote: Sat Jun 25, 2022 1:17
trebla88 wrote: Fri Jun 24, 2022 22:08
Kalau dilihat sekilas kelas eco
5000km maks
Btw baru nyadar unilopal da mau cabut ya?toko official store di tokped uda ga aktif ama di bli2 jg uda ilang
Bukanya mereka gak bikin sni ya?
Oo ok
Jd gara2 sni ya
Pantes out toko official nya
Sayang pdhal dulu mayan promo2nya
blloewy wrote: Sat Jun 25, 2022 6:45
Tq Om Turbo....
Btw ini buat bensin ama diesel engine ya?
Viscos nya agak kentel kl gt...
tp buat lipindut yg vampire oli kayanya oke juga... :big_grin:
Ni lagi tes shell premium astra 0w20 di lipindut l11
So far so good klo ngutip kata mbahnya mbah l11 :upss:


Dipake 1000km saat ini blm kliatan penguapan, next tapi mo ganti kendall diesel 10w30 buat ilangin varnish
L11 JAUH UPGRADE dibanding L10 Om.
Suhu di ruang bakar jg turun dan ngga terlalu makan oli seperti L10.
Pakai 0W-20 jg gpp tp bukan u yg hobi pedal to karpet.
0W-20 cocok u yg sering kena macet.
L10 dipakein itu sich bisa cm jgn lbh dari 6 bln atau 4000 km kecuali pakai yg merk keraton mungkin bs lbh panjang interval nya. :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9705
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Kapasitas Oil Pan juga mempengaruhi kemampuan long drain oli mesin loh.
Kyk 2GD itu oil pannya 7 liter plus plus, mantapp.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 307
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by adri31 »

Suryaputra wrote:Kapasitas Oil Pan juga mempengaruhi kemampuan long drain oli mesin loh.
Kyk 2GD itu oil pannya 7 liter plus plus, mantapp.
Di avanza mesin 1.3 2017, ganti oli sama filter butuh 3,5 liter
Di mesin 1.5 2022, cuma 3,2 liter. Mesin makin besar, tapi jumlah oli makin dikit.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9705
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

adri31 wrote: Sat Jun 25, 2022 8:10
Suryaputra wrote:Kapasitas Oil Pan juga mempengaruhi kemampuan long drain oli mesin loh.
Kyk 2GD itu oil pannya 7 liter plus plus, mantapp.
Di avanza mesin 1.3 2017, ganti oli sama filter butuh 3,5 liter
Di mesin 1.5 2022, cuma 3,2 liter. Mesin makin besar, tapi jumlah oli makin dikit.
Cara cepat ganti oli :big_peace:
Jd cepet item jg wkwkwkwkw.

Tapi depends ke kemampuan radiator mesin nya jg
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kingpower
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: Sun Mar 06, 2016 8:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by kingpower »

Turboman wrote: Tue Jun 21, 2022 5:42
kingpower wrote:
Turboman wrote: Tue Jun 21, 2022 0:47 Test aja

pake 8000 km trus test lab
Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
kalo dibolehin 0W20 & mau pake 5W30

pake aja 5W30 A5 / B5
Kalo mintanya a3/b4 dikasih a5/b5 akan masalah ga om? Soalnya selain visko oli, di manual book ada requirement acea nya. Saya hanya mengira kalo 0w20 bisa dipake untuk mobil yang dpf karena minta acea c3, kecuali kalo memang ada 0w20 a3/b4 ya. Mungkin jg sy salah.

Kalo dikasih heavy duty diesel oli seperti amsoil sign diesel apakah comply dengan a3/b4 ya? Walaupun secara spec saya ga liat ada compatible dengan a3/b4 nya.

Rata2 saya liat banyaknya a3/b4 ini di oli visco w40 ya seperti ptt.
sahabatq8 wrote: Tue Jun 21, 2022 7:46
kingpower wrote: Tue Jun 21, 2022 4:53
Turboman wrote: Tue Jun 21, 2022 0:47 Test aja

pake 8000 km trus test lab
Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
A3/B4 agak jarang 5w30, kebanyakan 5w40. Kalo mau 5w30 pake aja C3/Dexos 2 aja kyk Q8 G long life (Bengkel² Hyundai jg ngambil dari kita) , lebih bagus proteksinya daripada A5/B5 pada umumnya.

Screenshot_20220621144029__01.jpg

Tapi kalo saya sih langsung aja oli diesel heavy duty seperti FT 8800/8900 dari tuang sampe akhir performa konsisten 👍
Q8 8800 comply kah dengan a3/b4?
yanuarra wrote: Wed Jun 22, 2022 21:03
kingpower wrote: Tue Jun 21, 2022 4:53
Turboman wrote: Tue Jun 21, 2022 0:47 Test aja

pake 8000 km trus test lab
Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
Ada nih buntut 30.. tp 10w30.. Maaf dpt nyomot gambarnya

IMG_20220623_040019.jpg
Iya om ptt 10w30 juga a3/b4. Oli sekelas ini bisa dipake berapa km ya? Kalo ga salah ptt 10w30 itu semi synth, ngaruh kah ke long drain?
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1143
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by t105erd »

Turboman wrote: Sat Jun 25, 2022 7:00
slowvolvo wrote:
sahabatq8 wrote: Fri Jun 24, 2022 10:33

Kalau untuk dexos 1 gen 2 boleh cek disini om
https://www.gmdexos.com/brands/dexos1/index.html
daaaann tidak tertulis nama bardahl disini.......what's happening????
Kalo yg DEXOS approved ada logo khas Dexos yg ijo / biru di label botolnya

Kalo mau cari oli yg memenuhi std anti LSPI ya tinggal cek aja kadar Ca nya, biasanya yg Ca nya gak lebih dr 1200 ppm

Kalo yg memenuhi syarat perlindungan Timing Chain ya tinggal liat Antiwear nya, biasa selain Zn selalu ada terkandung Moly & Boron juga

Mau yg bisa long drain = Base oil nya harus bagus

kayak kita analisa obat, selalu biasakan liat zat2 utama yg terkandung di dalamnya......kalo mau jadi konsumen yg teliti

hehe

IMHO & Disclaimer
Standar dexos1/dexos2 itu buat mesin yang kaya apa sih sebenernya? Kalo buat mesin kaya Toyota kayanya ga perlu yang sampe standar dexos gitu yah, pake API SL aja bisa laju terus nih mobil asal rutin ganti oli, pengalaman dulu pakai prima xp/hx5 sama meditran sx di mesin toyota krista. Sekarang pakai mesin taxi gitu juga, pakai hx6/fastron ijo mudah2an awet nih mesin.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

blloewy wrote: Sat Jun 25, 2022 7:25
L11 JAUH UPGRADE dibanding L10 Om.
Suhu di ruang bakar jg turun dan ngga terlalu makan oli seperti L10.
Pakai 0W-20 jg gpp tp bukan u yg hobi pedal to karpet.
0W-20 cocok u yg sering kena macet.
L10 dipakein itu sich bisa cm jgn lbh dari 6 bln atau 4000 km kecuali pakai yg merk keraton mungkin bs lbh panjang interval nya. :big_peace:
tp L10 kl mo buat mentokin speedo lebi enaK drpd L11 mbah :upss: :upss:

cobain aj bedanya :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sh00t »

kingpower wrote: Sat Jun 25, 2022 9:01
Turboman wrote: Tue Jun 21, 2022 5:42
kingpower wrote:
Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
kalo dibolehin 0W20 & mau pake 5W30

pake aja 5W30 A5 / B5
Kalo mintanya a3/b4 dikasih a5/b5 akan masalah ga om? Soalnya selain visko oli, di manual book ada requirement acea nya. Saya hanya mengira kalo 0w20 bisa dipake untuk mobil yang dpf karena minta acea c3, kecuali kalo memang ada 0w20 a3/b4 ya. Mungkin jg sy salah.

Kalo dikasih heavy duty diesel oli seperti amsoil sign diesel apakah comply dengan a3/b4 ya? Walaupun secara spec saya ga liat ada compatible dengan a3/b4 nya.

Rata2 saya liat banyaknya a3/b4 ini di oli visco w40 ya seperti ptt.
sahabatq8 wrote: Tue Jun 21, 2022 7:46
kingpower wrote: Tue Jun 21, 2022 4:53

Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
A3/B4 agak jarang 5w30, kebanyakan 5w40. Kalo mau 5w30 pake aja C3/Dexos 2 aja kyk Q8 G long life (Bengkel² Hyundai jg ngambil dari kita) , lebih bagus proteksinya daripada A5/B5 pada umumnya.

Screenshot_20220621144029__01.jpg

Tapi kalo saya sih langsung aja oli diesel heavy duty seperti FT 8800/8900 dari tuang sampe akhir performa konsisten [emoji106]
Q8 8800 comply kah dengan a3/b4?
yanuarra wrote: Wed Jun 22, 2022 21:03
kingpower wrote: Tue Jun 21, 2022 4:53

Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
Ada nih buntut 30.. tp 10w30.. Maaf dpt nyomot gambarnya

IMG_20220623_040019.jpg
Iya om ptt 10w30 juga a3/b4. Oli sekelas ini bisa dipake berapa km ya? Kalo ga salah ptt 10w30 itu semi synth, ngaruh kah ke long drain?
Pakai acea a3/b4 atau c2 atau c3 juga sudah cukup om. Gak perlu sampai dengan acea e... Acea a3/b4 lebih banyak pilihannya dan harganya masih lebih murah dibanding dengan acea e. Santa fe bukannya rangenya 0w-30/40, 5w-30/40, 10w-30/40, 15w-40 om? Better ambil 0w-30/40 dan 5w-30/40 saja om. Seperti kata om [mention]Turboman [/mention] kebanyakan yang 10w-30/40 itu masih semi sintetis.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by iwansiagian »

kingpower wrote:
Turboman wrote: Tue Jun 21, 2022 5:42
kingpower wrote: Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
kalo dibolehin 0W20 & mau pake 5W30

pake aja 5W30 A5 / B5
Kalo mintanya a3/b4 dikasih a5/b5 akan masalah ga om? Soalnya selain visko oli, di manual book ada requirement acea nya. Saya hanya mengira kalo 0w20 bisa dipake untuk mobil yang dpf karena minta acea c3, kecuali kalo memang ada 0w20 a3/b4 ya. Mungkin jg sy salah.

Kalo dikasih heavy duty diesel oli seperti amsoil sign diesel apakah comply dengan a3/b4 ya? Walaupun secara spec saya ga liat ada compatible dengan a3/b4 nya.

Rata2 saya liat banyaknya a3/b4 ini di oli visco w40 ya seperti ptt.
sahabatq8 wrote: Tue Jun 21, 2022 7:46
kingpower wrote: Tue Jun 21, 2022 4:53 Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
A3/B4 agak jarang 5w30, kebanyakan 5w40. Kalo mau 5w30 pake aja C3/Dexos 2 aja kyk Q8 G long life (Bengkel² Hyundai jg ngambil dari kita) , lebih bagus proteksinya daripada A5/B5 pada umumnya.

Screenshot_20220621144029__01.jpg

Tapi kalo saya sih langsung aja oli diesel heavy duty seperti FT 8800/8900 dari tuang sampe akhir performa konsisten [emoji106]
Q8 8800 comply kah dengan a3/b4?
yanuarra wrote: Wed Jun 22, 2022 21:03
kingpower wrote: Tue Jun 21, 2022 4:53 Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
Ada nih buntut 30.. tp 10w30.. Maaf dpt nyomot gambarnya

IMG_20220623_040019.jpg
Iya om ptt 10w30 juga a3/b4. Oli sekelas ini bisa dipake berapa km ya? Kalo ga salah ptt 10w30 itu semi synth, ngaruh kah ke long drain?
Kalo mesin nya minta spesifik A3/B4, saran sih kasih A3/B4 sebaiknya. Atau alternatif nya C3 dengan syarat pertadex. Kalo pake biosolar OCI nya aja dipendekin.
A3/B4 = C3 untuk HTHS nya.

Mesin mesin mobil Eropa biasanya agak saklek di HTHS ini. Mungkin untuk melindungi mesin yang bisa berjam-jam di high-speed.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1796
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

kingpower wrote: Sat Jun 25, 2022 9:01 Kalo mintanya a3/b4 dikasih a5/b5 akan masalah ga om?

Q8 8800 comply kah dengan a3/b4?
Kalau kita ngomongin specnya, sebenernya kalo minta A3/B4 gak bisa dikasih A5/B5. A5/B5 lebih mengarah ke efficiency dibanding A3/B4 yang proteksinya lebih bagus.

"The A/B class's A5/B5 oils have lower HTHS viscosities, which means that they provide better fuel economy but they may not provide adequate protection in engines that are not designed for them. ACEA A3/B3 and A3/B4 on the other hand require oils with higher HTHS viscosities that may not provide as good fuel economy as an A5/B5 oil but may offer better engine protection in certain engine designs."
Source: https://www.oilspecifications.org/acea.php
Salah satu yang membedakan adalah HTHS viscosity dimana keperluan A3/B4 itu diatas 3.5 mPa*s dimana A5/B5 starting dari 2.6-3.5 mPa*s.

Apakah Q8 FT8800 comply dengan A3/B4 ?jawabanya singkatnya tidak , tapi permintaan hthsnya sama jadi bisa digunakan untuk mengantikan oli mesin diesel yang perlu A3/B4 dan bahkan untuk aplikasi diesel lebih bagus karena A3/B4 biasanya cuma comply ke CF kalo 8800/8900 comply ke CJ-4 atau CK-4.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by blloewy »

DOHC wrote: Sat Jun 25, 2022 9:05
blloewy wrote: Sat Jun 25, 2022 7:25
L11 JAUH UPGRADE dibanding L10 Om.
Suhu di ruang bakar jg turun dan ngga terlalu makan oli seperti L10.
Pakai 0W-20 jg gpp tp bukan u yg hobi pedal to karpet.
0W-20 cocok u yg sering kena macet.
L10 dipakein itu sich bisa cm jgn lbh dari 6 bln atau 4000 km kecuali pakai yg merk keraton mungkin bs lbh panjang interval nya. :big_peace:
tp L10 kl mo buat mentokin speedo lebi enaK drpd L11 mbah :upss: :upss:

cobain aj bedanya :upss: :upss:
Kl ini no komen dah :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
maydhi09
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Mon Jan 25, 2016 2:11

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by maydhi09 »

kingpower wrote: Sat Jun 25, 2022 9:01
Turboman wrote: Tue Jun 21, 2022 5:42
kingpower wrote:
Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
kalo dibolehin 0W20 & mau pake 5W30

pake aja 5W30 A5 / B5
Kalo mintanya a3/b4 dikasih a5/b5 akan masalah ga om? Soalnya selain visko oli, di manual book ada requirement acea nya. Saya hanya mengira kalo 0w20 bisa dipake untuk mobil yang dpf karena minta acea c3, kecuali kalo memang ada 0w20 a3/b4 ya. Mungkin jg sy salah.

Kalo dikasih heavy duty diesel oli seperti amsoil sign diesel apakah comply dengan a3/b4 ya? Walaupun secara spec saya ga liat ada compatible dengan a3/b4 nya.

Rata2 saya liat banyaknya a3/b4 ini di oli visco w40 ya seperti ptt.
sahabatq8 wrote: Tue Jun 21, 2022 7:46
kingpower wrote: Tue Jun 21, 2022 4:53

Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
A3/B4 agak jarang 5w30, kebanyakan 5w40. Kalo mau 5w30 pake aja C3/Dexos 2 aja kyk Q8 G long life (Bengkel² Hyundai jg ngambil dari kita) , lebih bagus proteksinya daripada A5/B5 pada umumnya.

Screenshot_20220621144029__01.jpg

Tapi kalo saya sih langsung aja oli diesel heavy duty seperti FT 8800/8900 dari tuang sampe akhir performa konsisten 👍
Q8 8800 comply kah dengan a3/b4?
yanuarra wrote: Wed Jun 22, 2022 21:03
kingpower wrote: Tue Jun 21, 2022 4:53

Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
Ada nih buntut 30.. tp 10w30.. Maaf dpt nyomot gambarnya

IMG_20220623_040019.jpg
Iya om ptt 10w30 juga a3/b4. Oli sekelas ini bisa dipake berapa km ya? Kalo ga salah ptt 10w30 itu semi synth, ngaruh kah ke long drain?
5w30 A3/B4 selama ini cuma nemu 2,
1. shell hx8 5w30 lama (yg baru udah gak a3/b4)
2. Voyager gold 5w30
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sh00t »

maydhi09 wrote:
kingpower wrote: Sat Jun 25, 2022 9:01
Turboman wrote: Tue Jun 21, 2022 5:42 kalo dibolehin 0W20 & mau pake 5W30

pake aja 5W30 A5 / B5
Kalo mintanya a3/b4 dikasih a5/b5 akan masalah ga om? Soalnya selain visko oli, di manual book ada requirement acea nya. Saya hanya mengira kalo 0w20 bisa dipake untuk mobil yang dpf karena minta acea c3, kecuali kalo memang ada 0w20 a3/b4 ya. Mungkin jg sy salah.

Kalo dikasih heavy duty diesel oli seperti amsoil sign diesel apakah comply dengan a3/b4 ya? Walaupun secara spec saya ga liat ada compatible dengan a3/b4 nya.

Rata2 saya liat banyaknya a3/b4 ini di oli visco w40 ya seperti ptt.
sahabatq8 wrote: Tue Jun 21, 2022 7:46 A3/B4 agak jarang 5w30, kebanyakan 5w40. Kalo mau 5w30 pake aja C3/Dexos 2 aja kyk Q8 G long life (Bengkel² Hyundai jg ngambil dari kita) , lebih bagus proteksinya daripada A5/B5 pada umumnya.

Screenshot_20220621144029__01.jpg

Tapi kalo saya sih langsung aja oli diesel heavy duty seperti FT 8800/8900 dari tuang sampe akhir performa konsisten [emoji106]
Q8 8800 comply kah dengan a3/b4?
yanuarra wrote: Wed Jun 22, 2022 21:03 Ada nih buntut 30.. tp 10w30.. Maaf dpt nyomot gambarnya

IMG_20220623_040019.jpg
Iya om ptt 10w30 juga a3/b4. Oli sekelas ini bisa dipake berapa km ya? Kalo ga salah ptt 10w30 itu semi synth, ngaruh kah ke long drain?
5w30 A3/B4 selama ini cuma nemu 2,
1. shell hx8 5w30 lama (yg baru udah gak a3/b4)
2. Voyager gold 5w30
Kalau om mau cari sebenarnya banyak om. Seperti contoh bardahl xtc s9 5w-30 yang sering om [mention]Turboman [/mention] bilang juga masuk.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1796
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

sh00t wrote: Sat Jun 25, 2022 10:26
Kalau om mau cari sebenarnya banyak om. Seperti contoh bardahl xtc s9 5w-30 yang sering om @Turboman bilang juga masuk.
Bandal C3 kan ya, belum pernya liat kalo A3/B4 yang bisa API SP
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 455
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Spies »

blloewy wrote: Sat Jun 25, 2022 7:25
trebla88 wrote: Sat Jun 25, 2022 6:57
sahabatq8 wrote: Sat Jun 25, 2022 1:17

Bukanya mereka gak bikin sni ya?
Oo ok
Jd gara2 sni ya
Pantes out toko official nya
Sayang pdhal dulu mayan promo2nya
blloewy wrote: Sat Jun 25, 2022 6:45
Tq Om Turbo....
Btw ini buat bensin ama diesel engine ya?
Viscos nya agak kentel kl gt...
tp buat lipindut yg vampire oli kayanya oke juga... :big_grin:
Ni lagi tes shell premium astra 0w20 di lipindut l11
So far so good klo ngutip kata mbahnya mbah l11 :upss:


Dipake 1000km saat ini blm kliatan penguapan, next tapi mo ganti kendall diesel 10w30 buat ilangin varnish
L11 JAUH UPGRADE dibanding L10 Om.
Suhu di ruang bakar jg turun dan ngga terlalu makan oli seperti L10.
Pakai 0W-20 jg gpp tp bukan u yg hobi pedal to karpet.
0W-20 cocok u yg sering kena macet.
L10 dipakein itu sich bisa cm jgn lbh dari 6 bln atau 4000 km kecuali pakai yg merk keraton mungkin bs lbh panjang interval nya. :big_peace:
Yg bikin suhu ruang bakar turun apaan ya mbah?
Kompresi mesin L11 lebih rendah kah?
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sh00t »

sahabatq8 wrote:
sh00t wrote: Sat Jun 25, 2022 10:26
Kalau om mau cari sebenarnya banyak om. Seperti contoh bardahl xtc s9 5w-30 yang sering om @Turboman bilang juga masuk.
Bandal C3 kan ya, belum pernya liat kalo A3/B4 yang bisa API SP
https://www.bardahl.co.id/produk/xtc-s9-5w-30/

Kalau lihat di websitenya sih masuk di a3/b4 dan c3 om. Tapi sayangnya masih api sn. [emoji28]
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1796
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

sh00t wrote: Sat Jun 25, 2022 10:43
sahabatq8 wrote:
sh00t wrote: Sat Jun 25, 2022 10:26
Kalau om mau cari sebenarnya banyak om. Seperti contoh bardahl xtc s9 5w-30 yang sering om @Turboman bilang juga masuk.
Bandal C3 kan ya, belum pernya liat kalo A3/B4 yang bisa API SP
https://www.bardahl.co.id/produk/xtc-s9-5w-30/

Kalau lihat di websitenya sih masuk di a3/b4 dan c3 om. Tapi sayangnya masih api sn. [emoji28]
Botol di webnya tapi udah API SP ya tapi . Comply sama C3 jadi bisa dipake di A3/B4.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

kingpower wrote:
Turboman wrote: Tue Jun 21, 2022 5:42
kingpower wrote: Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
kalo dibolehin 0W20 & mau pake 5W30

pake aja 5W30 A5 / B5
Kalo mintanya a3/b4 dikasih a5/b5 akan masalah ga om? Soalnya selain visko oli, di manual book ada requirement acea nya. Saya hanya mengira kalo 0w20 bisa dipake untuk mobil yang dpf karena minta acea c3, kecuali kalo memang ada 0w20 a3/b4 ya. Mungkin jg sy salah.

Kalo dikasih heavy duty diesel oli seperti amsoil sign diesel apakah comply dengan a3/b4 ya? Walaupun secara spec saya ga liat ada compatible dengan a3/b4 nya.

Rata2 saya liat banyaknya a3/b4 ini di oli visco w40 ya seperti ptt.
sahabatq8 wrote: Tue Jun 21, 2022 7:46
kingpower wrote: Tue Jun 21, 2022 4:53 Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
A3/B4 agak jarang 5w30, kebanyakan 5w40. Kalo mau 5w30 pake aja C3/Dexos 2 aja kyk Q8 G long life (Bengkel² Hyundai jg ngambil dari kita) , lebih bagus proteksinya daripada A5/B5 pada umumnya.

Screenshot_20220621144029__01.jpg

Tapi kalo saya sih langsung aja oli diesel heavy duty seperti FT 8800/8900 dari tuang sampe akhir performa konsisten [emoji106]
Q8 8800 comply kah dengan a3/b4?
yanuarra wrote: Wed Jun 22, 2022 21:03
kingpower wrote: Tue Jun 21, 2022 4:53 Om turboman.

Kalo 5w30 yang spec acea a3/b4 apakah ada rekomendasi?
Untuk santafe 2.2 facelift, dia tanpa dpf kan? Minta a3/b4.
Sebenernya sih dibolehin 0w20, cuma sy masih skeptis mesin diesel pake oli terlalu encer.
Terimakasih.
Ada nih buntut 30.. tp 10w30.. Maaf dpt nyomot gambarnya

IMG_20220623_040019.jpg
Iya om ptt 10w30 juga a3/b4. Oli sekelas ini bisa dipake berapa km ya? Kalo ga salah ptt 10w30 itu semi synth, ngaruh kah ke long drain?
5W30 HDEO yg meet ACEA E4 - E7 itu udah pasti HTHS 3.5 spt ACEA A3 / B4

so pake aja
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

Sharing report

Bardahl 5W30 S9 di 2KD Termostat 76 C

alus

tapi dia butuh seminggu dr pertama dituang sampe benar2 alus

Sangat value for money lah ini, per L cuman 95 rb

BBM BioSol + HSS EDT

ECU = ReMap by ACT

* Bukan ajakan membeli *
* Bukan ajakan Beli *
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by nyotsaeba »

Turboman wrote:Sharing report

Bardahl 5W30 S9 di 2KD Termostat 76 C

alus

tapi dia butuh seminggu dr pertama dituang sampe benar2 alus

Sangat value for money lah ini, per L cuman 95 rb

BBM BioSol + HSS EDT

ECU = ReMap by ACT

* Bukan ajakan membeli *
Sy uda pake jg di Anf, jalan 3000an km om, alus sih better than ptt 5w30. Tp fuel cons nya kok lebih boros dikit ya, bisa beda 0,5-0,8 km /l
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by iwansiagian »

nyotsaeba wrote:
Turboman wrote:Sharing report

Bardahl 5W30 S9 di 2KD Termostat 76 C

alus

tapi dia butuh seminggu dr pertama dituang sampe benar2 alus

Sangat value for money lah ini, per L cuman 95 rb

BBM BioSol + HSS EDT

ECU = ReMap by ACT

* Bukan ajakan membeli *
Sy uda pake jg di Anf, jalan 3000an km om, alus sih better than ptt 5w30. Tp fuel cons nya kok lebih boros dikit ya, bisa beda 0,5-0,8 km /l
Wajar om..dia approval nya A3/B4-C3, sedangkan PTT 5/30 A5/B5 HTHS nya 2.9-3.5 dibawah A3/B4-C3 yang di atas 3.5

A5/B5 lebih fuel efficient.. saya pake sesama A5/B5 aja kadang berasa ada yang lebih gampang dapatin FC 2GD diatas 20 km/liter, dan ada yang susah.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

ENEOS 0W20 di Cakra

cuman 80 rb

* Bukan ajakan membeli *
* Bukan ajakan Beli *
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Thu May 04, 2017 14:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by nyotsaeba »

iwansiagian wrote:
nyotsaeba wrote:
Turboman wrote:Sharing report

Bardahl 5W30 S9 di 2KD Termostat 76 C

alus

tapi dia butuh seminggu dr pertama dituang sampe benar2 alus

Sangat value for money lah ini, per L cuman 95 rb

BBM BioSol + HSS EDT

ECU = ReMap by ACT

* Bukan ajakan membeli *
Sy uda pake jg di Anf, jalan 3000an km om, alus sih better than ptt 5w30. Tp fuel cons nya kok lebih boros dikit ya, bisa beda 0,5-0,8 km /l
Wajar om..dia approval nya A3/B4-C3, sedangkan PTT 5/30 A5/B5 HTHS nya 2.9-3.5 dibawah A3/B4-C3 yang di atas 3.5

A5/B5 lebih fuel efficient.. saya pake sesama A5/B5 aja kadang berasa ada yang lebih gampang dapatin FC 2GD diatas 20 km/liter, dan ada yang susah.
Oh ok ternyata pengaruh ke fc nya berasa jg ya om
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9705
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Wah menggoda ini :mky_03:


Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Nezzle39
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Sep 30, 2021 15:32
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Chevrolet trax

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Nezzle39 »

Om2, numpang tanya donk, sbnernya klo oli matic diganti per 20rb km, tetep perlu kuras apa nggak si? Ddni ada yg pernah pake atf dexron vi merk petronas atau fuchs?