Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

DrivingPotato wrote: Sat Jun 11, 2022 14:16
DOHC wrote: Sat Jun 11, 2022 12:39

Agya memang suhu mesin agak tinggi, mesin 3 silinder kompresi tinggi , saya perna ukur agya saya pake OBD cungkwo, kl macet2an dia anteng di 91-96, tp kl kebut2an di tol, sesekali nyentuh 100

tp kl pagi2 atau sore2 jalan santai, maen nya di 86-90an

kl liat suhu nya, agak mirip dengan lipina , cuman ketolong kapasitas oli yg gede aj utk ukuran 1000 cc
Ternyata jalan santai 90an itu termasuk panas ya mbah.
Suhunya mirip suhu Ford Fiesta 1.6 saya waktu kondisi sehat walafiat :big_biglaugh: kalo kebut kebut hi rev sampe 103 derajat celcius
Kirain segitu itungannya blom panas2 amat tuk mesin mobil, karena dulu overheat itu suhu di 115 an.
Pantes dulu pas pake Fiesta itu pake oli mid level ga bisa alus kalo udah lebih dari 6rb KM
Ford minimal yg spec comply to GM dexos 1 atau dex 1 gen 2.
Sejenis tuh krn mesinnya sensitip.
Jd kudu oli yg bagus juga :mky_04:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DrivingPotato »

Suryaputra wrote: Sat Jun 11, 2022 14:34
Ford minimal yg spec comply to GM dexos 1 atau dex 1 gen 2.
Sejenis tuh krn mesinnya sensitip.
Jd kudu oli yg bagus juga :mky_04:
Waduh, mesin jadul ini mbah. Dexos 1 aja baru didevelop 2010. Kalo di manual book refernya cuma ACEA A3/B3 malahan. Gak rewel oli sebenernya ini mobil. Cuma sepertinya emang panas aja mesinnya.
Jika anda tidak dapat menemukan oli yang sesuai dengan spesifikasi WSS-M2C913-B, Anda harus menggunakan SAE 5W-30 (preferred), SAE 5W-40 or SAE 10W-40 yang memenuhi spesifikasi ACEA A1/B1 (preferred) atau ACEA A3/B3. Menggunakan oli-oli lain (selain yang direkomendasikan) dapat menghasilkan proses start mesin lebih lama, mengurangi performa mesin, mengurangi tingkat ekonomis bahan bakar dan meningkatkan emisi gas buang.
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 459
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Spies »

Turboman wrote: Sat Jun 11, 2022 14:23
Spies wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 11, 2022 10:18 Ada hasil test lab DGO 0W20 yg jalan 5000 - 6000 km ?

coba tunjukkan dulu

biar data yg bicara

Btw soal oli buatan dalam negeri, udah banyak banget tuh, gak cuman Pertamina.....udah banyak pake banget nget nget nget
Blendingan dalam negeri yg bagus apaan nih om?

Bardahl salah satunya ya?
Major brands / pemain besar rata2 dah lokal
- Kerang
- Castrol
- Repsol (di PLI)
- ExxMob (bbrp type)
- Eneos (yg botol2 putih)
- Idemitsu
- Fuchs
- Evalube
- Bandel
- Top 1
- Win
- STP (bbrp type)
- Dll

Merek M (France) denger2 juga ada wacana utk blend lokal.....denger2 sii

Disclemer
Jadi inget kalo topwan sama win ternyata 1 pabrik :upss:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

DrivingPotato wrote: Sat Jun 11, 2022 14:16
DOHC wrote: Sat Jun 11, 2022 12:39

Agya memang suhu mesin agak tinggi, mesin 3 silinder kompresi tinggi , saya perna ukur agya saya pake OBD cungkwo, kl macet2an dia anteng di 91-96, tp kl kebut2an di tol, sesekali nyentuh 100

tp kl pagi2 atau sore2 jalan santai, maen nya di 86-90an

kl liat suhu nya, agak mirip dengan lipina , cuman ketolong kapasitas oli yg gede aj utk ukuran 1000 cc
Ternyata jalan santai 90an itu termasuk panas ya mbah.
Suhunya mirip suhu Ford Fiesta 1.6 saya waktu kondisi sehat walafiat :big_biglaugh: kalo kebut kebut hi rev sampe 103 derajat celcius
Kirain segitu itungannya blom panas2 amat tuk mesin mobil, karena dulu overheat itu suhu di 115 an.
Pantes dulu pas pake Fiesta itu pake oli mid level ga bisa alus kalo udah lebih dari 6rb KM
90an utk suhu enjin mobil2 bensin modern mah "normal" om

malah kl terlalu "dingin" kaya 1TR-FE jg ga bagus, itu enjin ga perna nyentuh 100 drajat seumur idup dia, bahkan 90 an aj cuman sesekali, liat aj seberapa boros dan ga efisien nya tu mesin , sayang aj blom ketemu termostat bukaan 100 derajat buat tu mesin, kl ada seh ud ta ganti dari kapan2 :big_biglaugh: :big_biglaugh:

betewe, kl ngutip mbah frederico timothy di quora, biem2 dari taon lama aj malah termostat bawaan nya tuh di 115 derajat loh :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 513
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by RezPrat »

Turboman wrote: Sat Jun 11, 2022 14:23
Spies wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 11, 2022 10:18 Ada hasil test lab DGO 0W20 yg jalan 5000 - 6000 km ?

coba tunjukkan dulu

biar data yg bicara

Btw soal oli buatan dalam negeri, udah banyak banget tuh, gak cuman Pertamina.....udah banyak pake banget nget nget nget
Blendingan dalam negeri yg bagus apaan nih om?

Bardahl salah satunya ya?
Major brands / pemain besar rata2 dah lokal
- Kerang
- Castrol
- Repsol (di PLI)
- ExxMob (bbrp type)
- Eneos (yg botol2 putih)
- Idemitsu
- Fuchs
- Evalube
- Bandel
- Top 1
- Win
- STP (bbrp type)
- Dll

Merek M (France) denger2 juga ada wacana utk blend lokal.....denger2 sii

Disclemer
Satu lagi Gulf Om, saya baca sendiri di packaging nya. Kebetulan pake oli maticnya d 2GD.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

DrivingPotato wrote: Sat Jun 11, 2022 15:15
Suryaputra wrote: Sat Jun 11, 2022 14:34
Ford minimal yg spec comply to GM dexos 1 atau dex 1 gen 2.
Sejenis tuh krn mesinnya sensitip.
Jd kudu oli yg bagus juga :mky_04:
Waduh, mesin jadul ini mbah. Dexos 1 aja baru didevelop 2010. Kalo di manual book refernya cuma ACEA A3/B3 malahan. Gak rewel oli sebenernya ini mobil. Cuma sepertinya emang panas aja mesinnya.
Jika anda tidak dapat menemukan oli yang sesuai dengan spesifikasi WSS-M2C913-B, Anda harus menggunakan SAE 5W-30 (preferred), SAE 5W-40 or SAE 10W-40 yang memenuhi spesifikasi ACEA A1/B1 (preferred) atau ACEA A3/B3. Menggunakan oli-oli lain (selain yang direkomendasikan) dapat menghasilkan proses start mesin lebih lama, mengurangi performa mesin, mengurangi tingkat ekonomis bahan bakar dan meningkatkan emisi gas buang.
Ahh ok
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Iseng" nemu tabel motor oil test dari YT Piotr Tester
https://docs.google.com/spreadsheets/d/ ... p=drivesdk

Kita ambil data sampel oil 5w30 yaa, karena oli ini banyak digunakan/ direkomen dan masuk ke dalam range oli bensin yg masih disaarankan untuk dipakai di indonesia.

Salah satu yg terbaik dan beredar di sini sih
Ravenol DXG 5w30 (Dex 1 Gen2)
Yah sesuai 300rb an seliter wkwkwkwk
Gila tuh oli wear result @100 C dikasih beban 1kg selama 5 menit, bisa serendah ituuu.
Simulasi beban daily usage.




Ngeliat hasiilnya, seolah amsoil signatur dan Q8 jd kaya oli eco :big_cry:

Sayangnya Q8 gak ditest/ no data yet; Seri 5w30 D1 G2 nya.
Kekasihnya ams signatur 5w30. :big_weee:

Klo mau hasil akurat, lihat vidio2nya bagus deh.
Ada bbrp data yg salah di dalam excelnya, beda sama yg di vidio.

Tapi overall si Ravenol DXG bikin saya kagets hasilnya :big_exellent:

Image

No wonder :big_dunno:

Gak salah ramuan pak dokter :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Based on YT piotr tester,
Amsoil signatur 0w20 a bitt better than 5w30.
*jaman API SN dan dex 1 gen2 baru keluar

Assume that formulanya more or less mirip2 sampai skrg.
Jd on par aja si 0w20 dan 5w30 nya amsoil signatur.







Bukti bahwa, 5w30 gak selalu better dibanding 0w20.
Di metode ini malah dalam kondisi room temp, w20 sedikit lbh baik :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 0:24 Iseng" nemu tabel motor oil test dari YT Piotr Tester
https://docs.google.com/spreadsheets/d/ ... p=drivesdk

Kita ambil data sampel oil 5w30 yaa, karena oli ini banyak digunakan/ direkomen dan masuk ke dalam range oli bensin yg masih disaarankan untuk dipakai di indonesia.

Salah satu yg terbaik dan beredar di sini sih
Ravenol DXG 5w30 (Dex 1 Gen2)
Yah sesuai 300rb an seliter wkwkwkwk
Gila tuh oli wear result @100 C dikasih beban 1kg selama 5 menit, bisa serendah ituuu.
Simulasi beban daily usage.




Ngeliat hasiilnya, seolah amsoil signatur dan Q8 jd kaya oli eco :big_cry:

Sayangnya Q8 gak ditest/ no data yet; Seri 5w30 D1 G2 nya.
Kekasihnya ams signatur 5w30. :big_weee:

Klo mau hasil akurat, lihat vidio2nya bagus deh.
Ada bbrp data yg salah di dalam excelnya, beda sama yg di vidio.

Tapi overall si Ravenol DXG bikin saya kagets hasilnya :big_exellent:

Image

No wonder :big_dunno:

Gak salah ramuan pak dokter :ngacir:
Memang salah satu oli terbagus itu om, tapi ada temen kepala bengkel specialist mercy gak mau pake, suka nguap olinya. Alesan beliau asal oli bagus udah cukup bagus, gak ada yang akan complain kalo olinya bukan the best tapi kalo customernya sampe kehabisan oli trus gak di cek puyeng dia :big_biglaugh:

Oli eropah kalo target marketnya atas (focus on quality) hasilnya mantap. Itu formula bener bener udah di riset, bukan cuma asal campur campur bahan based on nemu resep online :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sun Jun 12, 2022 1:09
Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 0:24 Iseng" nemu tabel motor oil test dari YT Piotr Tester
https://docs.google.com/spreadsheets/d/ ... p=drivesdk

Kita ambil data sampel oil 5w30 yaa, karena oli ini banyak digunakan/ direkomen dan masuk ke dalam range oli bensin yg masih disaarankan untuk dipakai di indonesia.

Salah satu yg terbaik dan beredar di sini sih
Ravenol DXG 5w30 (Dex 1 Gen2)
Yah sesuai 300rb an seliter wkwkwkwk
Gila tuh oli wear result @100 C dikasih beban 1kg selama 5 menit, bisa serendah ituuu.
Simulasi beban daily usage.




Ngeliat hasiilnya, seolah amsoil signatur dan Q8 jd kaya oli eco :big_cry:

Sayangnya Q8 gak ditest/ no data yet; Seri 5w30 D1 G2 nya.
Kekasihnya ams signatur 5w30. :big_weee:

Klo mau hasil akurat, lihat vidio2nya bagus deh.
Ada bbrp data yg salah di dalam excelnya, beda sama yg di vidio.

Tapi overall si Ravenol DXG bikin saya kagets hasilnya :big_exellent:

Image

No wonder :big_dunno:

Gak salah ramuan pak dokter :ngacir:
Memang salah satu oli terbagus itu om, tapi ada temen kepala bengkel specialist mercy gak mau pake, suka nguap olinya. Alesan beliau asal oli bagus udah cukup bagus, gak ada yang akan complain kalo olinya bukan the best tapi kalo customernya sampe kehabisan oli trus gak di cek puyeng dia :big_biglaugh:

Oli eropah kalo target marketnya atas (focus on quality) hasilnya mantap. Itu formula bener bener udah di riset, bukan cuma asal campur campur bahan based on nemu resep online :ngacir:
Ini dex1 gen2 or api sp mah cocok buat spek jepang kan mbah.
Klo mercy bmw beda lagih

scr warga SM punya nya mbl jepang jadi ini mewakili
Wkwkwkkww.
Last edited by Suryaputra on Sun Jun 12, 2022 1:29, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by ViPerRed »

DOHC wrote: Sat Jun 11, 2022 15:28
DrivingPotato wrote: Sat Jun 11, 2022 14:16
DOHC wrote: Sat Jun 11, 2022 12:39

Agya memang suhu mesin agak tinggi, mesin 3 silinder kompresi tinggi , saya perna ukur agya saya pake OBD cungkwo, kl macet2an dia anteng di 91-96, tp kl kebut2an di tol, sesekali nyentuh 100

tp kl pagi2 atau sore2 jalan santai, maen nya di 86-90an

kl liat suhu nya, agak mirip dengan lipina , cuman ketolong kapasitas oli yg gede aj utk ukuran 1000 cc
Ternyata jalan santai 90an itu termasuk panas ya mbah.
Suhunya mirip suhu Ford Fiesta 1.6 saya waktu kondisi sehat walafiat :big_biglaugh: kalo kebut kebut hi rev sampe 103 derajat celcius
Kirain segitu itungannya blom panas2 amat tuk mesin mobil, karena dulu overheat itu suhu di 115 an.
Pantes dulu pas pake Fiesta itu pake oli mid level ga bisa alus kalo udah lebih dari 6rb KM
90an utk suhu enjin mobil2 bensin modern mah "normal" om

malah kl terlalu "dingin" kaya 1TR-FE jg ga bagus, itu enjin ga perna nyentuh 100 drajat seumur idup dia, bahkan 90 an aj cuman sesekali, liat aj seberapa boros dan ga efisien nya tu mesin , sayang aj blom ketemu termostat bukaan 100 derajat buat tu mesin, kl ada seh ud ta ganti dari kapan2 :big_biglaugh: :big_biglaugh:

betewe, kl ngutip mbah frederico timothy di quora, biem2 dari taon lama aj malah termostat bawaan nya tuh di 115 derajat loh :upss: :upss:
BMW e36/e39 ya mbah? itu byk yg ganti termostat+tutup radiator tekanan rendah biar ga gampang overheat.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1866
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 1:14
sahabatq8 wrote: Sun Jun 12, 2022 1:09
Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 0:24 Iseng" nemu tabel motor oil test dari YT Piotr Tester
https://docs.google.com/spreadsheets/d/ ... p=drivesdk

Kita ambil data sampel oil 5w30 yaa, karena oli ini banyak digunakan/ direkomen dan masuk ke dalam range oli bensin yg masih disaarankan untuk dipakai di indonesia.

Salah satu yg terbaik dan beredar di sini sih
Ravenol DXG 5w30 (Dex 1 Gen2)
Yah sesuai 300rb an seliter wkwkwkwk
Gila tuh oli wear result @100 C dikasih beban 1kg selama 5 menit, bisa serendah ituuu.
Simulasi beban daily usage.




Ngeliat hasiilnya, seolah amsoil signatur dan Q8 jd kaya oli eco :big_cry:

Sayangnya Q8 gak ditest/ no data yet; Seri 5w30 D1 G2 nya.
Kekasihnya ams signatur 5w30. :big_weee:

Klo mau hasil akurat, lihat vidio2nya bagus deh.
Ada bbrp data yg salah di dalam excelnya, beda sama yg di vidio.

Tapi overall si Ravenol DXG bikin saya kagets hasilnya :big_exellent:

Image

No wonder :big_dunno:

Gak salah ramuan pak dokter :ngacir:
Memang salah satu oli terbagus itu om, tapi ada temen kepala bengkel specialist mercy gak mau pake, suka nguap olinya. Alesan beliau asal oli bagus udah cukup bagus, gak ada yang akan complain kalo olinya bukan the best tapi kalo customernya sampe kehabisan oli trus gak di cek puyeng dia :big_biglaugh:

Oli eropah kalo target marketnya atas (focus on quality) hasilnya mantap. Itu formula bener bener udah di riset, bukan cuma asal campur campur bahan based on nemu resep online :ngacir:
Ini dex1 gen2 or api sp mah cocok buat spek jepang kan mbah.
Klo mercy bmw beda lagih.

Ya scr warga SM punya nya mbl jepang jadi ini mewakili
Wkwkwkkww.
Yang dia pernah pake 5w40nya klo gak salah, mercy kebanyakan 5w40 soalnya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Sun Jun 12, 2022 1:26
Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 1:14
sahabatq8 wrote: Sun Jun 12, 2022 1:09

Memang salah satu oli terbagus itu om, tapi ada temen kepala bengkel specialist mercy gak mau pake, suka nguap olinya. Alesan beliau asal oli bagus udah cukup bagus, gak ada yang akan complain kalo olinya bukan the best tapi kalo customernya sampe kehabisan oli trus gak di cek puyeng dia :big_biglaugh:

Oli eropah kalo target marketnya atas (focus on quality) hasilnya mantap. Itu formula bener bener udah di riset, bukan cuma asal campur campur bahan based on nemu resep online :ngacir:
Ini dex1 gen2 or api sp mah cocok buat spek jepang kan mbah.
Klo mercy bmw beda lagih.

Ya scr warga SM punya nya mbl jepang jadi ini mewakili
Wkwkwkkww.
Yang dia pernah pake 5w40nya klo gak salah, mercy kebanyakan 5w40 soalnya.
Ya saya pribadi sih belum kepikir makai rivanol, cuma buat yg mau:
1. best protection, aggressive driving
2. cocok buat mesin turbo jaman now,
3. dann alokasi budget ada, sikat aja tu rivanol DXG :big_biglaugh:

scr warga SM punya nya mbl jepang jadi ini mewakili
Wkwkwkkww.

Soal aditif sebetulnya sah sah aja klo dalam batas dan olinya jg oli eco.
Tapi klo oli dah keraton series sih gak usahh dan gak disarankan juga.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

ViPerRed wrote: Sun Jun 12, 2022 1:16
DOHC wrote: Sat Jun 11, 2022 15:28
DrivingPotato wrote: Sat Jun 11, 2022 14:16

Ternyata jalan santai 90an itu termasuk panas ya mbah.
Suhunya mirip suhu Ford Fiesta 1.6 saya waktu kondisi sehat walafiat :big_biglaugh: kalo kebut kebut hi rev sampe 103 derajat celcius
Kirain segitu itungannya blom panas2 amat tuk mesin mobil, karena dulu overheat itu suhu di 115 an.
Pantes dulu pas pake Fiesta itu pake oli mid level ga bisa alus kalo udah lebih dari 6rb KM
90an utk suhu enjin mobil2 bensin modern mah "normal" om

malah kl terlalu "dingin" kaya 1TR-FE jg ga bagus, itu enjin ga perna nyentuh 100 drajat seumur idup dia, bahkan 90 an aj cuman sesekali, liat aj seberapa boros dan ga efisien nya tu mesin , sayang aj blom ketemu termostat bukaan 100 derajat buat tu mesin, kl ada seh ud ta ganti dari kapan2 :big_biglaugh: :big_biglaugh:

betewe, kl ngutip mbah frederico timothy di quora, biem2 dari taon lama aj malah termostat bawaan nya tuh di 115 derajat loh :upss: :upss:
BMW e36/e39 ya mbah? itu byk yg ganti termostat+tutup radiator tekanan rendah biar ga gampang overheat.
Kl ga salah seh mbah, e46 atau e90 jg kl ga sala

Makanya dia blg atf nya jg jd gampang ancur krn bukannya cooler tp atf heater jadi nya :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Sun Jun 12, 2022 2:53
ViPerRed wrote: Sun Jun 12, 2022 1:16
DOHC wrote: Sat Jun 11, 2022 15:28

90an utk suhu enjin mobil2 bensin modern mah "normal" om

malah kl terlalu "dingin" kaya 1TR-FE jg ga bagus, itu enjin ga perna nyentuh 100 drajat seumur idup dia, bahkan 90 an aj cuman sesekali, liat aj seberapa boros dan ga efisien nya tu mesin , sayang aj blom ketemu termostat bukaan 100 derajat buat tu mesin, kl ada seh ud ta ganti dari kapan2 :big_biglaugh: :big_biglaugh:

betewe, kl ngutip mbah frederico timothy di quora, biem2 dari taon lama aj malah termostat bawaan nya tuh di 115 derajat loh :upss: :upss:
BMW e36/e39 ya mbah? itu byk yg ganti termostat+tutup radiator tekanan rendah biar ga gampang overheat.
Kl ga salah seh mbah, e46 atau e90 jg kl ga sala

Makanya dia blg atf nya jg jd gampang ancur krn bukannya cooler tp atf heater jadi nya :upss:
dodol dah, jaman jahiliyah nya bmw itu wkwkwkw
risetnya kurang panjang dan dalam sama iklim dan kondisi di indonesia.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by gaspol »

Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 1:14
sahabatq8 wrote: Sun Jun 12, 2022 1:09
Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 0:24 Iseng" nemu tabel motor oil test dari YT Piotr Tester
https://docs.google.com/spreadsheets/d/ ... p=drivesdk

Kita ambil data sampel oil 5w30 yaa, karena oli ini banyak digunakan/ direkomen dan masuk ke dalam range oli bensin yg masih disaarankan untuk dipakai di indonesia.

Salah satu yg terbaik dan beredar di sini sih
Ravenol DXG 5w30 (Dex 1 Gen2)
Yah sesuai 300rb an seliter wkwkwkwk
Gila tuh oli wear result @100 C dikasih beban 1kg selama 5 menit, bisa serendah ituuu.
Simulasi beban daily usage.




Ngeliat hasiilnya, seolah amsoil signatur dan Q8 jd kaya oli eco :big_cry:

Sayangnya Q8 gak ditest/ no data yet; Seri 5w30 D1 G2 nya.
Kekasihnya ams signatur 5w30. :big_weee:

Klo mau hasil akurat, lihat vidio2nya bagus deh.
Ada bbrp data yg salah di dalam excelnya, beda sama yg di vidio.

Tapi overall si Ravenol DXG bikin saya kagets hasilnya :big_exellent:

Image

No wonder :big_dunno:

Gak salah ramuan pak dokter :ngacir:
Memang salah satu oli terbagus itu om, tapi ada temen kepala bengkel specialist mercy gak mau pake, suka nguap olinya. Alesan beliau asal oli bagus udah cukup bagus, gak ada yang akan complain kalo olinya bukan the best tapi kalo customernya sampe kehabisan oli trus gak di cek puyeng dia :big_biglaugh:

Oli eropah kalo target marketnya atas (focus on quality) hasilnya mantap. Itu formula bener bener udah di riset, bukan cuma asal campur campur bahan based on nemu resep online :ngacir:
Ini dex1 gen2 or api sp mah cocok buat spek jepang kan mbah.
Klo mercy bmw beda lagih

scr warga SM punya nya mbl jepang jadi ini mewakili
Wkwkwkkww.
scr warga SM punya nya mbl jepang jadi ini mewakili
Wkwkwkkww.


Coba eksplore Forum SM lebih jauh om..yang punya ferrari pun ada disini :ungg:

Lagian, dex1 gen 2 cocok buat spek mobil jepang dasarnya apa om? Dan parameternya apa sehingga cocok buat spek jepang? Terus buat mercy bmw cocoknya spec yg gimana om?
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 773
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by ctopher7 »

Suryaputra wrote:
Turboman wrote: Fri Jun 10, 2022 13:25 Buat penggemar oli encer

Motul 300 V - 0W15

* Bukan ajakan membeli *

https://tokopedia.link/K0YlSsYmKqb
TYPE OF USE Qualifying – Short Distance Race
100% Synthetic – EsterCore Technology

Viscosity grade - 0W-15
Density at 20°C (68°F) ASTM D1298 0.838
Viscosity at 40°C (104°F) ASTM D445 23.3 mm²/s
Viscosity at 100°C (212°F) ASTM D445 5.1 mm²/s

Viscosity index ASTM D2270 155
HTHS viscosity at 150°C (302°F) ASTM D4741 2 mPa.s
Pour point ASTM D97 -60°C / -76°F
Flash point ASTM D92 230°C / 446°F
TBN ASTM D2896 7.97 mg KOH/g

:upss:
motul 300v banyak dipake tuh sama mondies yang suka ikutan drag.
pecinta bio solar
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

gaspol wrote: Sun Jun 12, 2022 4:23
Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 1:14
sahabatq8 wrote: Sun Jun 12, 2022 1:09

Memang salah satu oli terbagus itu om, tapi ada temen kepala bengkel specialist mercy gak mau pake, suka nguap olinya. Alesan beliau asal oli bagus udah cukup bagus, gak ada yang akan complain kalo olinya bukan the best tapi kalo customernya sampe kehabisan oli trus gak di cek puyeng dia :big_biglaugh:

Oli eropah kalo target marketnya atas (focus on quality) hasilnya mantap. Itu formula bener bener udah di riset, bukan cuma asal campur campur bahan based on nemu resep online :ngacir:
Ini dex1 gen2 or api sp mah cocok buat spek jepang kan mbah.
Klo mercy bmw beda lagih

scr warga SM punya nya mbl jepang jadi ini mewakili
Wkwkwkkww.
scr warga SM punya nya mbl jepang jadi ini mewakili
Wkwkwkkww.


Coba eksplore Forum SM lebih jauh om..yang punya ferrari pun ada disini :ungg:

Lagian, dex1 gen 2 cocok buat spek mobil jepang dasarnya apa om? Dan parameternya apa sehingga cocok buat spek jepang? Terus buat mercy bmw cocoknya spec yg gimana om?
Maksud saya sebagian besar :upss:
Typo hahaha.

Spec Mercy yg comply ke:
Mercy MB 225.3x
229.5x
Dsb
List lengkap di: https://operatingfluids.mercedes-benz.c ... ine-oil/en

BMW:
BMW LL-01 LL-04
or check manual book.

Klo spec mobil jepang non turbo, simpel API SN pun ok.

API SN Plus dan API SP buat mesin turbo dan non-turbo juga malah ok, karena rata2 oli jaman now sudah comply minimal ke spec tsb.

Dex 1 Gen2 dst cocok ya karena sertifikasi ini ada kemiripan dgn API / GF certification, tapi lbh strict dibanding API SN plus.

https://360.lubrizol.com/Specifications/GM/GM-dexos1

Tp again oli yg comply ke std sertifikasi tertentu, artinya dia sudah melewati batas minimal untuk mencapai sertifikasi tsb.

Dan Bisa jadi surpass even higher untuk beberapa brand top tier.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 968
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by vanosz »

brp ari lalu ane ganti oli gans,iseng aja sih sebenarnya gans,

belum ganti 1 taun 7 bulan,pemalas ane gans, pernah ampir 3 taun,ngorok di garasi,

pake murah meriah aja sih gans,yg penting asli,

daihatsu 0-16 jos gans,

mobil ane tambah kencang,

entah lari apa bensinnya,

apa ane sugesti x ya,baperan gitu gans,





tapi btw tar klo mobil ane sport car baru pake oli sultan,


Screenshot_20220612-122241_Gallery.jpg
Screenshot_20220612-122252_Gallery.jpg
Screenshot_20220612-122416_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by vanosz on Sun Jun 12, 2022 5:30, edited 1 time in total.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Anti mainstream emang mbah vanoszz ini :big_biglaugh:
Emejing pk oli legend
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 3:11
DOHC wrote: Sun Jun 12, 2022 2:53
ViPerRed wrote: Sun Jun 12, 2022 1:16

BMW e36/e39 ya mbah? itu byk yg ganti termostat+tutup radiator tekanan rendah biar ga gampang overheat.
Kl ga salah seh mbah, e46 atau e90 jg kl ga sala

Makanya dia blg atf nya jg jd gampang ancur krn bukannya cooler tp atf heater jadi nya :upss:
dodol dah, jaman jahiliyah nya bmw itu wkwkwkw
risetnya kurang panjang dan dalam sama iklim dan kondisi di indonesia.
Dibilang dodol ya ga jg sehh

Vw golf jadul aj jg maen dikisaran angka suhu sgitu, makanya tanpa embel pengatur noken otomatis aj, power output enjin2 yurop ud mendekati jepang2 yg pake vvti dkk, palagi skrg, ud pake forced induction dkk, jepang2 yah liwatt

Kl ntn yutub channel nya si m539 resto, doi jg malah tetep stick d termostat dan radiator bawaan koq, ga d bkin lebi adem.. cuman kl di sini yah mungkin perlu dbkin adem sikit karena macet sana sini, dan ambience temp yg lebi panas drpd yurop

Justru jepang2 malah baru blakangan ngikutin cara enjin2 yurop

Kompresi ditinggiin, pembakaran dibkin agak lean, forced induction dkk

Kl enjin bensin dbkin adem2, yah kaya 7K, 1TR jadinya, boyo boros, underpower
Last edited by DOHC on Sun Jun 12, 2022 5:39, edited 1 time in total.
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Sinclaire »

Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 4:51
gaspol wrote: Sun Jun 12, 2022 4:23
Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 1:14

Ini dex1 gen2 or api sp mah cocok buat spek jepang kan mbah.
Klo mercy bmw beda lagih

scr warga SM punya nya mbl jepang jadi ini mewakili
Wkwkwkkww.
scr warga SM punya nya mbl jepang jadi ini mewakili
Wkwkwkkww.


Coba eksplore Forum SM lebih jauh om..yang punya ferrari pun ada disini :ungg:

Lagian, dex1 gen 2 cocok buat spek mobil jepang dasarnya apa om? Dan parameternya apa sehingga cocok buat spek jepang? Terus buat mercy bmw cocoknya spec yg gimana om?
Maksud saya sebagian besar :upss:
Typo hahaha.

Spec Mercy yg comply ke:
Mercy MB 225.3x
229.5x
Dsb
List lengkap di: https://operatingfluids.mercedes-benz.c ... ine-oil/en

BMW:
BMW LL-01 LL-04
or check manual book.

Klo spec mobil jepang non turbo, simpel API SN pun ok.

API SN Plus dan API SP buat mesin turbo dan non-turbo juga malah ok, karena rata2 oli jaman now sudah comply minimal ke spec tsb.

Dex 1 Gen2 dst cocok ya karena sertifikasi ini ada kemiripan dgn API / GF certification, tapi lbh strict dibanding API SN plus.

https://360.lubrizol.com/Specifications/GM/GM-dexos1

Tp again oli yg comply ke std sertifikasi tertentu, artinya dia sudah melewati batas minimal untuk mencapai sertifikasi tsb.

Dan Bisa jadi surpass even higher untuk beberapa brand top tier.
berarti mobil eropa kalo dikasih ravenol itu ntar rusak om? apa gimana?

api SN non plus kalo dipakein ke mesin turbo jepangan juga gimana om? tar jebol apa gmn?

emg udh pernah coba2 oli apa aja dimobil apa aja om? hahaha
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9799
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Sinclaire wrote: Sun Jun 12, 2022 5:38
Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 4:51
gaspol wrote: Sun Jun 12, 2022 4:23

scr warga SM punya nya mbl jepang jadi ini mewakili
Wkwkwkkww.


Coba eksplore Forum SM lebih jauh om..yang punya ferrari pun ada disini :ungg:

Lagian, dex1 gen 2 cocok buat spek mobil jepang dasarnya apa om? Dan parameternya apa sehingga cocok buat spek jepang? Terus buat mercy bmw cocoknya spec yg gimana om?
Maksud saya sebagian besar :upss:
Typo hahaha.

Spec Mercy yg comply ke:
Mercy MB 225.3x
229.5x
Dsb
List lengkap di: https://operatingfluids.mercedes-benz.c ... ine-oil/en

BMW:
BMW LL-01 LL-04
or check manual book.

Klo spec mobil jepang non turbo, simpel API SN pun ok.

API SN Plus dan API SP buat mesin turbo dan non-turbo juga malah ok, karena rata2 oli jaman now sudah comply minimal ke spec tsb.

Dex 1 Gen2 dst cocok ya karena sertifikasi ini ada kemiripan dgn API / GF certification, tapi lbh strict dibanding API SN plus.

https://360.lubrizol.com/Specifications/GM/GM-dexos1

Tp again oli yg comply ke std sertifikasi tertentu, artinya dia sudah melewati batas minimal untuk mencapai sertifikasi tsb.

Dan Bisa jadi surpass even higher untuk beberapa brand top tier.
berarti mobil eropa kalo dikasih ravenol itu ntar rusak om? apa gimana?

api SN non plus kalo dipakein ke mesin turbo jepangan juga gimana om? tar jebol apa gmn?

emg udh pernah coba2 oli apa aja dimobil apa aja om? hahaha
Mobil eropa dikasih oli umum, Rusak?
Relatif mbah.. buat jangka pendek namanya oli sifat dasarnya melumasi, harusnya gak lgs rusak. Asalkan oli asli dan ganti gak telat sesuai interval yg disarankan produsen olinya.
Apalagi klo cara bawanya eco driving.

Tapi mbl2 eropa punya spec khusus:
- Spt bmw kudu oli spec BMW LL series.
- Mercy spt yg ditulis di artikel di atas.

Dan BBM jg perlu diperhatikan.

Supaya garansi gak gugur, dan proteksi sesuai kebutuhan mesin yg dah didesign oleh insinyur sono.
Hahahaha.

Ravenol jg provide oli khusus spec mbl2 eropa.
Beda lg tipenya.

Sy akhir2 ini selama 3 thn ke belakang masih stick ke oli Q8.
Sebelum2nya dari oli bengkel resmi, sampai merk umum spt PTT, Total Q9000 sama fastron gold juga pernah diminumin ke mesin. :big_biglaugh:

Cuma suka lihat hasil test lab oli di berbagai mesin mbl ajah.

Klo skutik paling pk oli shell ultra 5w40 atau Q8 10w40.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
andrejunior
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Sun Nov 25, 2018 16:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by andrejunior »

iwansiagian wrote: Fri Jun 03, 2022 12:51
sintoni wrote:
iwansiagian wrote: Fri Jun 03, 2022 10:20 Hahaa tiap hari Cikarang Purwakarta Bandung PP om
Ngeri om, sebulan ceban kilo.

Apanja taun berapa om? Udah jalan berapa kilo?
Avanza Agustus 2019 om sintoni.
Oli yang dipakai seingat nya ya :
- Schaeffer 5w/30 = 60K
- PTT 0w/20/30 = 140K
- unilopal 0w/20 = 60K
- SHU 0w/20 on going
Semua oli buatan tahun 2018/2019 kecuali PTT.

Semua Oli kisaran harga 90-130k/liter.
Pengalaman saya sih sepanjang oli asli dan ga telat ganti, sampe 300K kilometer masih enak aja kok om. Cuma mungkin pengaruh juga Oli yang saya pake udah upper class ya cuma murah karena produksi tahun tua aja.Screenshot_2022-06-03-19-29-15-223_com.miui.gallery.jpg
Manteb bgt om.. oli maticnya pake apa? Rajin flush kah?
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sh00t »

Suryaputra wrote:
Sinclaire wrote: Sun Jun 12, 2022 5:38
Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 4:51 Maksud saya sebagian besar :upss:
Typo hahaha.

Spec Mercy yg comply ke:
Mercy MB 225.3x
229.5x
Dsb
List lengkap di: https://operatingfluids.mercedes-benz.c ... ine-oil/en

BMW:
BMW LL-01 LL-04
or check manual book.

Klo spec mobil jepang non turbo, simpel API SN pun ok.

API SN Plus dan API SP buat mesin turbo dan non-turbo juga malah ok, karena rata2 oli jaman now sudah comply minimal ke spec tsb.

Dex 1 Gen2 dst cocok ya karena sertifikasi ini ada kemiripan dgn API / GF certification, tapi lbh strict dibanding API SN plus.

https://360.lubrizol.com/Specifications/GM/GM-dexos1

Tp again oli yg comply ke std sertifikasi tertentu, artinya dia sudah melewati batas minimal untuk mencapai sertifikasi tsb.

Dan Bisa jadi surpass even higher untuk beberapa brand top tier.
berarti mobil eropa kalo dikasih ravenol itu ntar rusak om? apa gimana?

api SN non plus kalo dipakein ke mesin turbo jepangan juga gimana om? tar jebol apa gmn?

emg udh pernah coba2 oli apa aja dimobil apa aja om? hahaha
Mobil eropa dikasih oli umum, Rusak?
Relatif mbah.. buat jangka pendek namanya oli sifat dasarnya melumasi, harusnya gak lgs rusak. Asalkan oli asli dan ganti gak telat sesuai interval yg disarankan produsen olinya.
Apalagi klo cara bawanya eco driving.

Tapi mbl2 eropa punya spec khusus:
- Spt bmw kudu oli spec BMW LL series.
- Mercy spt yg ditulis di artikel di atas.

Dan BBM jg perlu diperhatikan.

Supaya garansi gak gugur, dan proteksi sesuai kebutuhan mesin yg dah didesign oleh insinyur sono.
Hahahaha.

Ravenol jg provide oli khusus spec mbl2 eropa.
Beda lg tipenya.

Sy akhir2 ini selama 3 thn ke belakang masih stick ke oli Q8.
Sebelum2nya dari oli bengkel resmi, sampai merk umum spt PTT, Total Q9000 sama fastron gold juga pernah diminumin ke mesin. :big_biglaugh:

Cuma suka lihat hasil test lab oli di berbagai mesin mbl ajah.

Klo skutik paling pk oli shell ultra 5w40 atau Q8 10w40.
Hyundai di buku servisnya disuruh ganti oli per 15k km. Gimana tuh mbah? 🫣