Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

sh00t wrote: Sun Jun 12, 2022 7:27
Suryaputra wrote:
Sinclaire wrote: Sun Jun 12, 2022 5:38

berarti mobil eropa kalo dikasih ravenol itu ntar rusak om? apa gimana?

api SN non plus kalo dipakein ke mesin turbo jepangan juga gimana om? tar jebol apa gmn?

emg udh pernah coba2 oli apa aja dimobil apa aja om? hahaha
Mobil eropa dikasih oli umum, Rusak?
Relatif mbah.. buat jangka pendek namanya oli sifat dasarnya melumasi, harusnya gak lgs rusak. Asalkan oli asli dan ganti gak telat sesuai interval yg disarankan produsen olinya.
Apalagi klo cara bawanya eco driving.

Tapi mbl2 eropa punya spec khusus:
- Spt bmw kudu oli spec BMW LL series.
- Mercy spt yg ditulis di artikel di atas.

Dan BBM jg perlu diperhatikan.

Supaya garansi gak gugur, dan proteksi sesuai kebutuhan mesin yg dah didesign oleh insinyur sono.
Hahahaha.

Ravenol jg provide oli khusus spec mbl2 eropa.
Beda lg tipenya.

Sy akhir2 ini selama 3 thn ke belakang masih stick ke oli Q8.
Sebelum2nya dari oli bengkel resmi, sampai merk umum spt PTT, Total Q9000 sama fastron gold juga pernah diminumin ke mesin. :big_biglaugh:

Cuma suka lihat hasil test lab oli di berbagai mesin mbl ajah.

Klo skutik paling pk oli shell ultra 5w40 atau Q8 10w40.
Hyundai di buku servisnya disuruh ganti oli per 15k km. Gimana tuh mbah? 🫣
Itu pasti ada catatan khusus atau ada T&C nya mbah.
Misal tanpa macet gtu :big_biglaugh:

Di manual book honda per 10rb km :upss:
Tp klo severe conditions (macet dsb) ganti di 5rb km pk HGO.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sh00t »

Suryaputra wrote:
sh00t wrote: Sun Jun 12, 2022 7:27
Suryaputra wrote: Mobil eropa dikasih oli umum, Rusak?
Relatif mbah.. buat jangka pendek namanya oli sifat dasarnya melumasi, harusnya gak lgs rusak. Asalkan oli asli dan ganti gak telat sesuai interval yg disarankan produsen olinya.
Apalagi klo cara bawanya eco driving.

Tapi mbl2 eropa punya spec khusus:
- Spt bmw kudu oli spec BMW LL series.
- Mercy spt yg ditulis di artikel di atas.

Dan BBM jg perlu diperhatikan.

Supaya garansi gak gugur, dan proteksi sesuai kebutuhan mesin yg dah didesign oleh insinyur sono.
Hahahaha.

Ravenol jg provide oli khusus spec mbl2 eropa.
Beda lg tipenya.

Sy akhir2 ini selama 3 thn ke belakang masih stick ke oli Q8.
Sebelum2nya dari oli bengkel resmi, sampai merk umum spt PTT, Total Q9000 sama fastron gold juga pernah diminumin ke mesin. :big_biglaugh:

Cuma suka lihat hasil test lab oli di berbagai mesin mbl ajah.

Klo skutik paling pk oli shell ultra 5w40 atau Q8 10w40.
Hyundai di buku servisnya disuruh ganti oli per 15k km. Gimana tuh mbah? 🫣
Itu pasti ada catatan khusus atau ada T&C nya mbah.
Misal tanpa macet gtu :big_biglaugh:

Di manual book honda per 10rb km :upss:
Tp klo severe conditions (macet dsb) ganti di 5rb km pk HGO.
Kalau per 10k km mah itu di buku servis yang lama juga begitu mbah. Nah yang buku servis yang baru per 15k km tuh mbah. [emoji1303]
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DrivingPotato »

sh00t wrote: Sun Jun 12, 2022 7:37 Kalau per 10k km mah itu di buku servis yang lama juga begitu mbah. Nah yang buku servis yang baru per 15k km tuh mbah. [emoji1303]
Btw soal Hyundai ganti oli per 15rb KM
Saya bbrp minggu ini lagi cari banyak hal soal mesin Santa Fe karena ada plan ambil unit baru buat gantiin CRV RM
Dilema antara Bensin & Diesel jadi cek2 manual book utk lihat seberapa ribet perawatannya

Setelah cek manual book, yg 15rb itu untuk Russia om

Image

Selain Russia dan selain Eropa sih interval 10rb KM.
Tapi dulu kalo ga salah sy pernah lihat selain Russia juga 15rb KM. Apa udah diralat ya sama Hyundai?
Manual book didownload dari web Hyundai Indonesia

Untuk severe conditions malah disarankan 5rb nih
Image

Entah SOP beres secara aktual gimana dan interval mana yg dipake

Yg masih gak habis pikir kenapa pas baca2 lihat bbrp user testi SOP Beres ngasihnya Shell Helix Ultra 0W-20 buat mesin diesel instead of Rimula R5e seperti dulu
Padahal SHU 0W-20 nggak punya rating utk Diesel
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sh00t »

DrivingPotato wrote: Sun Jun 12, 2022 7:44
sh00t wrote: Sun Jun 12, 2022 7:37 Kalau per 10k km mah itu di buku servis yang lama juga begitu mbah. Nah yang buku servis yang baru per 15k km tuh mbah. [emoji1303]
Btw soal Hyundai ganti oli per 15rb KM
Saya bbrp minggu ini lagi cari banyak hal soal mesin Santa Fe karena ada plan ambil unit baru buat gantiin CRV RM
Dilema antara Bensin & Diesel jadi cek2 manual book utk lihat seberapa ribet perawatannya

Setelah cek manual book, yg 15rb itu untuk Russia om

Image

Selain Russia dan selain Eropa sih interval 10rb KM.
Tapi dulu kalo ga salah sy pernah lihat selain Russia juga 15rb KM. Apa udah diralat ya sama Hyundai?
Manual book didownload dari web Hyundai Indonesia

Untuk severe conditions malah disarankan 5rb nih
Image

Entah SOP beres secara aktual gimana dan interval mana yg dipake

Yg masih gak habis pikir kenapa pas baca2 lihat bbrp user testi SOP Beres ngasihnya Shell Helix Ultra 0W-20 buat mesin diesel instead of Rimula R5e seperti dulu
Padahal SHU 0W-20 nggak punya rating utk Diesel
Kalau duluan malahan lebih simple om.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 513
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by RezPrat »

DrivingPotato wrote: Sun Jun 12, 2022 7:44
Selain Russia dan selain Eropa sih interval 10rb KM.
Tapi dulu kalo ga salah sy pernah lihat selain Russia juga 15rb KM. Apa udah diralat ya sama Hyundai?
Manual book didownload dari web Hyundai Indonesia


Yg masih gak habis pikir kenapa pas baca2 lihat bbrp user testi SOP Beres ngasihnya Shell Helix Ultra 0W-20 buat mesin diesel instead of Rimula R5e seperti dulu
Padahal SHU 0W-20 nggak punya rating utk Diesel
Iya ane baca2 d web nya Shell Indonesia, cuma bilang acea A1/B1, Trus di web pdf sheet nya juga gak ada angka TBN sama SAPS nya. Ane rasa ttp bisa d pakai di diesel hyundai, cuma jgn lebih dari 5k KM/ max 5-6 bulan. Mending ganti ke oli Perancis, dia ada 0w20 diesel, nah ini rasanya aman 8k-9k km/10 bulan, kenapa gak 12 bulan? Karena ini 0w20, mesti d test dulu d bulan ke 10 apa Masi layak lanjut 12 bulan/10k km. Hahha
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

DrivingPotato wrote: Sun Jun 12, 2022 7:44
sh00t wrote: Sun Jun 12, 2022 7:37 Kalau per 10k km mah itu di buku servis yang lama juga begitu mbah. Nah yang buku servis yang baru per 15k km tuh mbah. [emoji1303]
Btw soal Hyundai ganti oli per 15rb KM
Saya bbrp minggu ini lagi cari banyak hal soal mesin Santa Fe karena ada plan ambil unit baru buat gantiin CRV RM
Dilema antara Bensin & Diesel jadi cek2 manual book utk lihat seberapa ribet perawatannya

Setelah cek manual book, yg 15rb itu untuk Russia om

Image

Selain Russia dan selain Eropa sih interval 10rb KM.
Tapi dulu kalo ga salah sy pernah lihat selain Russia juga 15rb KM. Apa udah diralat ya sama Hyundai?
Manual book didownload dari web Hyundai Indonesia

Untuk severe conditions malah disarankan 5rb nih
Image

Entah SOP beres secara aktual gimana dan interval mana yg dipake

Yg masih gak habis pikir kenapa pas baca2 lihat bbrp user testi SOP Beres ngasihnya Shell Helix Ultra 0W-20 buat mesin diesel instead of Rimula R5e seperti dulu
Padahal SHU 0W-20 nggak punya rating utk Diesel
Saya sempet research soal santafe juga om, lucu juga ya dia DCTnya ternyata wet tapi di bukman mintanya GL4 75w sama kyk kia seltos yang dry clutch.
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1439
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by AbdulHakim »

Minta sarannya, ganti oli terakhir 28 Nov 2021 alias udah 6 bulan, namun odometer baru nambah 2300-an KM aja selama 6 bulan ini, jarang jadi genset karena saya pakenya to the point aja.
Mobil low utility, selain faktor pandemi juga karena sering di luar kota.
Apakah wajib ganti oli? apa alasan rutin ganti oli setiap 6 bulan meski very low mileage?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 10:34 Minta sarannya, ganti oli terakhir 28 Nov 2021 alias udah 6 bulan, namun odometer baru nambah 2300-an KM aja selama 6 bulan ini, jarang jadi genset karena saya pakenya to the point aja.
Mobil low utility, selain faktor pandemi juga karena sering di luar kota.
Apakah wajib ganti oli? apa alasan rutin ganti oli setiap 6 bulan meski very low mileage?
pakai oli apa mbah?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1439
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 10:36
AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 10:34 Minta sarannya, ganti oli terakhir 28 Nov 2021 alias udah 6 bulan, namun odometer baru nambah 2300-an KM aja selama 6 bulan ini, jarang jadi genset karena saya pakenya to the point aja.
Mobil low utility, selain faktor pandemi juga karena sering di luar kota.
Apakah wajib ganti oli? apa alasan rutin ganti oli setiap 6 bulan meski very low mileage?
pakai oli apa mbah?
ini olinya yg Valvoline SynPower 0W-20
dikhawatirkan terjadi oksidasi sehingga kualitas oli menurun?
apakah mobil “workhorse” tidak rentan oksidasi juga?
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 612
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by fajarrian »

AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 10:34 Minta sarannya, ganti oli terakhir 28 Nov 2021 alias udah 6 bulan, namun odometer baru nambah 2300-an KM aja selama 6 bulan ini, jarang jadi genset karena saya pakenya to the point aja.
Mobil low utility, selain faktor pandemi juga karena sering di luar kota.
Apakah wajib ganti oli? apa alasan rutin ganti oli setiap 6 bulan meski very low mileage?
Ganti aja om, saya pake dari 30 oktober aja udah ganti minggu lalu jalan tujuh bulan, km baru 3000an
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1439
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by AbdulHakim »

fajarrian wrote: Sun Jun 12, 2022 11:14
AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 10:34 Minta sarannya, ganti oli terakhir 28 Nov 2021 alias udah 6 bulan, namun odometer baru nambah 2300-an KM aja selama 6 bulan ini, jarang jadi genset karena saya pakenya to the point aja.
Mobil low utility, selain faktor pandemi juga karena sering di luar kota.
Apakah wajib ganti oli? apa alasan rutin ganti oli setiap 6 bulan meski very low mileage?
Ganti aja om, saya pake dari 30 oktober aja udah ganti minggu lalu jalan tujuh bulan, km baru 3000an
iya rencananya weekend dpn mau ganti.
just curious aja, alasan 6-7 bulan ganti oli untuk kendaraan low mileage usage.
iwansiagian
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
Location: Bekasi
Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by iwansiagian »

andrejunior wrote:
iwansiagian wrote: Fri Jun 03, 2022 12:51
sintoni wrote: Ngeri om, sebulan ceban kilo.

Apanja taun berapa om? Udah jalan berapa kilo?
Avanza Agustus 2019 om sintoni.
Oli yang dipakai seingat nya ya :
- Schaeffer 5w/30 = 60K
- PTT 0w/20/30 = 140K
- unilopal 0w/20 = 60K
- SHU 0w/20 on going
Semua oli buatan tahun 2018/2019 kecuali PTT.

Semua Oli kisaran harga 90-130k/liter.
Pengalaman saya sih sepanjang oli asli dan ga telat ganti, sampe 300K kilometer masih enak aja kok om. Cuma mungkin pengaruh juga Oli yang saya pake udah upper class ya cuma murah karena produksi tahun tua aja.Screenshot_2022-06-03-19-29-15-223_com.miui.gallery.jpg
Manteb bgt om.. oli maticnya pake apa? Rajin flush kah?
Flush 80K km aja om pake Toyota T-IV
fajarrian
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 612
Joined: Tue Dec 22, 2020 20:35
Daily Vehicle: xpander cross - suzuki splash

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by fajarrian »

AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 11:22
fajarrian wrote: Sun Jun 12, 2022 11:14
AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 10:34 Minta sarannya, ganti oli terakhir 28 Nov 2021 alias udah 6 bulan, namun odometer baru nambah 2300-an KM aja selama 6 bulan ini, jarang jadi genset karena saya pakenya to the point aja.
Mobil low utility, selain faktor pandemi juga karena sering di luar kota.
Apakah wajib ganti oli? apa alasan rutin ganti oli setiap 6 bulan meski very low mileage?
Ganti aja om, saya pake dari 30 oktober aja udah ganti minggu lalu jalan tujuh bulan, km baru 3000an
iya rencananya weekend dpn mau ganti.
just curious aja, alasan 6-7 bulan ganti oli untuk kendaraan low mileage usage.
Asal gapernah jadi genset, pake bbm bagus, jalan santai jarang high rpm, sekelas valvoline sih hajar aja 8-9 bulan

Karena saya sering jadi genset, pemakaian 50:50 luar kota dalkot, sering bejek gas apa limit, bbm pertalite, jadi maksimal 7-8 bulan udah ganti, lagian oli yang saya pake murah juga cuma 300an
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by ViPerRed »

DOHC wrote: Sun Jun 12, 2022 2:53
ViPerRed wrote: Sun Jun 12, 2022 1:16
DOHC wrote: Sat Jun 11, 2022 15:28

90an utk suhu enjin mobil2 bensin modern mah "normal" om

malah kl terlalu "dingin" kaya 1TR-FE jg ga bagus, itu enjin ga perna nyentuh 100 drajat seumur idup dia, bahkan 90 an aj cuman sesekali, liat aj seberapa boros dan ga efisien nya tu mesin , sayang aj blom ketemu termostat bukaan 100 derajat buat tu mesin, kl ada seh ud ta ganti dari kapan2 :big_biglaugh: :big_biglaugh:

betewe, kl ngutip mbah frederico timothy di quora, biem2 dari taon lama aj malah termostat bawaan nya tuh di 115 derajat loh :upss: :upss:
BMW e36/e39 ya mbah? itu byk yg ganti termostat+tutup radiator tekanan rendah biar ga gampang overheat.
Kl ga salah seh mbah, e46 atau e90 jg kl ga sala

Makanya dia blg atf nya jg jd gampang ancur krn bukannya cooler tp atf heater jadi nya :upss:
e46 klo mau awet mah ganti tutup radiator mbah
wkwkwk.. atf cooler nya konon yg bagus di pisah dgn radiatoe, jgn gabung biar gjd atf heater.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 11:09
Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 10:36
AbdulHakim wrote: Sun Jun 12, 2022 10:34 Minta sarannya, ganti oli terakhir 28 Nov 2021 alias udah 6 bulan, namun odometer baru nambah 2300-an KM aja selama 6 bulan ini, jarang jadi genset karena saya pakenya to the point aja.
Mobil low utility, selain faktor pandemi juga karena sering di luar kota.
Apakah wajib ganti oli? apa alasan rutin ganti oli setiap 6 bulan meski very low mileage?
pakai oli apa mbah?
ini olinya yg Valvoline SynPower 0W-20
dikhawatirkan terjadi oksidasi sehingga kualitas oli menurun?
apakah mobil “workhorse” tidak rentan oksidasi juga?
Salah satu tanda oksidasi mulai tinggi, ketika kondisi mesin dan seal crankshaft normal adalah, mulai adanya penguapan.

Klo masih aman belum ada gejala oli berkurang dr dipstick, pakai aja sampai 7 bulan sambil dikontrol berkala level oli nya 👌
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by wicaksono99 »

Waduh... Harga amsoil signature series udah 250rb lagi sebotol. Gile ngapa jadi mahal begini... Mana interval ganti oli mobilnya tiap 2,5-3 bulan lagi (10rb km). Sue bener dah... Nanya ke admin cakra beli langsung ke toko katanya sama aja harganya. Kalau DGO 0w-16 itu rebrand oli apa yah?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

wicaksono99 wrote: Sun Jun 12, 2022 13:31 Waduh... Harga amsoil signature series udah 250rb lagi sebotol. Gile ngapa jadi mahal begini... Mana interval ganti oli mobilnya tiap 2,5-3 bulan lagi (10rb km). Sue bener dah... Nanya ke admin cakra beli langsung ke toko katanya sama aja harganya. Kalau DGO 0w-16 itu rebrand oli apa yah?
Mobil apa om? Nyoba Q8 aja masih dapet under 200k :big_blushing:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 797
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by rakyatwkwkland »

wicaksono99 wrote: Sun Jun 12, 2022 13:31 Waduh... Harga amsoil signature series udah 250rb lagi sebotol. Gile ngapa jadi mahal begini... Mana interval ganti oli mobilnya tiap 2,5-3 bulan lagi (10rb km). Sue bener dah... Nanya ke admin cakra beli langsung ke toko katanya sama aja harganya. Kalau DGO 0w-16 itu rebrand oli apa yah?
Baru mo nyaranin pake oli #wisatakuwait bin khiueight udah keburu disaranin sama admoon nya :ngacir:

Ane baru ganti tadi siang di K15B ane pake yg g long life 5W-30 lagi, sebelumnya ane pake itu jg hajar sampe 10k km gara2 kl gasalah pernah ada yg test lab apa ya bisa sampe 10k km tapi yg g/d1, pikir ane harusnya yg g long life harga lebih mahal jg bisa lah ya.

Cakra enjoyer jg ya oom? Di cakra adanya yg g long life, makanya terpaksa ane ngambil itu karena deket rumah jg sih jadinya ke cakra. Sama kebetulan dari ganti oli terakhir ada sisa 800 ml, biar kepake lah itu sisanya, gara2 kapasitas oli si K15B ini agak2 nanggung sih di 3,1-3,2 liter.

Btw sebenernya alternatif di Cakra jg ada tuh mobil1, konon kata mbah2 di sini sekelas lah sama ams ss. Di sana kayanya msh di angka 200an.

=====================

Sekalian numpang nanya dong...

Tadi kan ane ganti olinya di beres karena sekalian serpis ganti busi dll jg. Nah masalahnya ternyata sama orang beres sijuki diisinya sampe 3,4 liter tuh kayanya. Soalnya yg botol udh kebuka tadinya ada sisa 800 ml, sekarang jadi 400 ml. Padahal seinget ane di kitab manula dianjurkannya entah 3,1 apa 3,2 liter gitu. Nanya ke SA katanya gak masalah soalnya itu kurang lebih aja.

Aman kah diisi sampe segitu? Emang kalo ngisi oli kelebihan efeknya apa ya?
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by wicaksono99 »

sahabatq8 wrote: Sun Jun 12, 2022 13:39
wicaksono99 wrote: Sun Jun 12, 2022 13:31 Waduh... Harga amsoil signature series udah 250rb lagi sebotol. Gile ngapa jadi mahal begini... Mana interval ganti oli mobilnya tiap 2,5-3 bulan lagi (10rb km). Sue bener dah... Nanya ke admin cakra beli langsung ke toko katanya sama aja harganya. Kalau DGO 0w-16 itu rebrand oli apa yah?
Mobil apa om? Nyoba Q8 aja masih dapet under 200k :big_blushing:
All new ertiga om... Q8 yg D1 FE 0w 20 ya om? Kuat 10rb km kah?
rakyatwkwkland wrote: Sun Jun 12, 2022 13:48
wicaksono99 wrote: Sun Jun 12, 2022 13:31 Waduh... Harga amsoil signature series udah 250rb lagi sebotol. Gile ngapa jadi mahal begini... Mana interval ganti oli mobilnya tiap 2,5-3 bulan lagi (10rb km). Sue bener dah... Nanya ke admin cakra beli langsung ke toko katanya sama aja harganya. Kalau DGO 0w-16 itu rebrand oli apa yah?
Baru mo nyaranin pake oli #wisatakuwait bin khiueight udah keburu disaranin sama admoon nya :ngacir:

Ane baru ganti tadi siang di K15B ane pake yg g long life 5W-30 lagi, sebelumnya ane pake itu jg hajar sampe 10k km gara2 kl gasalah pernah ada yg test lab apa ya bisa sampe 10k km tapi yg g/d1, pikir ane harusnya yg g long life harga lebih mahal jg bisa lah ya.

Cakra enjoyer jg ya oom? Di cakra adanya yg g long life, makanya terpaksa ane ngambil itu karena deket rumah jg sih jadinya ke cakra. Sama kebetulan dari ganti oli terakhir ada sisa 800 ml, biar kepake lah itu sisanya, gara2 kapasitas oli si K15B ini agak2 nanggung sih di 3,1-3,2 liter.

Btw sebenernya alternatif di Cakra jg ada tuh mobil1, konon kata mbah2 di sini sekelas lah sama ams ss. Di sana kayanya msh di angka 200an.

=====================

Sekalian numpang nanya dong...

Tadi kan ane ganti olinya di beres karena sekalian serpis ganti busi dll jg. Nah masalahnya ternyata sama orang beres sijuki diisinya sampe 3,4 liter tuh kayanya. Soalnya yg botol udh kebuka tadinya ada sisa 800 ml, sekarang jadi 400 ml. Padahal seinget ane di kitab manula dianjurkannya entah 3,1 apa 3,2 liter gitu. Nanya ke SA katanya gak masalah soalnya itu kurang lebih aja.

Aman kah diisi sampe segitu? Emang kalo ngisi oli kelebihan efeknya apa ya?
Lah sama mobilnya.. Cuma saya streak pakai 0w 20.
Selama ini ambil di cakra karna amsoil paling murah & gratis ongkir ada disana. Kemaren sebelum ganti oli malah terpaksa pakai sampe 12rb km tuh amsoil ss. 😅
Skrng concern pake oli yg bisa 10rb km, soalnya kalau cuma 5rb km ganti.. Terlalu sering tiap 1 bulan tap oli. Males ngerjainnya.

Wkwkwk... Beres juki mah kalau ga diliatin kadang ajaib mekaniknya (kecuali mekanik yg kerjanya bagus, owner bilang A dikerjain A gak pake tambah gak pake kurang). Ngencengin busi pake kunci impact ga tuh? Kemaren2 saya servis soalnya saya liatin mau dikencingin pake kunci impact, langsung saya larang.. Ngencengin pake tangan aja.. 🤣🤣🤣
Saran aja nih kalau mau ganti oli di beres. Oli sisaan lama dituang sampai abis dulu baru oli barunya dituang, sisain yg barunya. Jadi kalau kasus om tadi misal 3liter oli baru + 800 oli lama... Bilang ke mekaniknya ini oli 800ml tuang sampai abis, 2 botol oli baru tuang sampe abis, 1 botol terakhir sisain 700ml (kasih tanda garis 700ml dibotolnya biar mekanik ga lupa). Total kepake 3,1liter (selama ini cukup pakai 3,1liter padahal saya pake filter oli scross yg panjang). Selama ini saya begitu.. Jadi ga ada namanya oli sisa ngendap lama selama disimpan. Hehe...
Oli kelebihan? Sayang aja itu oli, sama kerja mesin sedikit berat karena lebih banyak kerendemnya kan..
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

wicaksono99 wrote: Sun Jun 12, 2022 14:05
sahabatq8 wrote: Sun Jun 12, 2022 13:39
wicaksono99 wrote: Sun Jun 12, 2022 13:31 Waduh... Harga amsoil signature series udah 250rb lagi sebotol. Gile ngapa jadi mahal begini... Mana interval ganti oli mobilnya tiap 2,5-3 bulan lagi (10rb km). Sue bener dah... Nanya ke admin cakra beli langsung ke toko katanya sama aja harganya. Kalau DGO 0w-16 itu rebrand oli apa yah?
Mobil apa om? Nyoba Q8 aja masih dapet under 200k :big_blushing:
All new ertiga om... Q8 yg D1 FE 0w 20 ya om? Kuat 10rb km kah?
rakyatwkwkland wrote: Sun Jun 12, 2022 13:48
wicaksono99 wrote: Sun Jun 12, 2022 13:31 Waduh... Harga amsoil signature series udah 250rb lagi sebotol. Gile ngapa jadi mahal begini... Mana interval ganti oli mobilnya tiap 2,5-3 bulan lagi (10rb km). Sue bener dah... Nanya ke admin cakra beli langsung ke toko katanya sama aja harganya. Kalau DGO 0w-16 itu rebrand oli apa yah?
Baru mo nyaranin pake oli #wisatakuwait bin khiueight udah keburu disaranin sama admoon nya :ngacir:

Ane baru ganti tadi siang di K15B ane pake yg g long life 5W-30 lagi, sebelumnya ane pake itu jg hajar sampe 10k km gara2 kl gasalah pernah ada yg test lab apa ya bisa sampe 10k km tapi yg g/d1, pikir ane harusnya yg g long life harga lebih mahal jg bisa lah ya.

Cakra enjoyer jg ya oom? Di cakra adanya yg g long life, makanya terpaksa ane ngambil itu karena deket rumah jg sih jadinya ke cakra. Sama kebetulan dari ganti oli terakhir ada sisa 800 ml, biar kepake lah itu sisanya, gara2 kapasitas oli si K15B ini agak2 nanggung sih di 3,1-3,2 liter.

Btw sebenernya alternatif di Cakra jg ada tuh mobil1, konon kata mbah2 di sini sekelas lah sama ams ss. Di sana kayanya msh di angka 200an.

=====================

Sekalian numpang nanya dong...

Tadi kan ane ganti olinya di beres karena sekalian serpis ganti busi dll jg. Nah masalahnya ternyata sama orang beres sijuki diisinya sampe 3,4 liter tuh kayanya. Soalnya yg botol udh kebuka tadinya ada sisa 800 ml, sekarang jadi 400 ml. Padahal seinget ane di kitab manula dianjurkannya entah 3,1 apa 3,2 liter gitu. Nanya ke SA katanya gak masalah soalnya itu kurang lebih aja.

Aman kah diisi sampe segitu? Emang kalo ngisi oli kelebihan efeknya apa ya?
Lah sama mobilnya.. Cuma saya streak pakai 0w 20.
Selama ini ambil di cakra karna amsoil paling murah & gratis ongkir ada disana. Kemaren sebelum ganti oli malah terpaksa pakai sampe 12rb km tuh amsoil ss. 😅
Skrng concern pake oli yg bisa 10rb km, soalnya kalau cuma 5rb km ganti.. Terlalu sering tiap 1 bulan tap oli. Males ngerjainnya.

Wkwkwk... Beres juki mah kalau ga diliatin kadang ajaib mekaniknya (kecuali mekanik yg kerjanya bagus, owner bilang A dikerjain A gak pake tambah gak pake kurang). Ngencengin busi pake kunci impact ga tuh? Kemaren2 saya servis soalnya saya liatin mau dikencingin pake kunci impact, langsung saya larang.. Ngencengin pake tangan aja.. 🤣🤣🤣
Saran aja nih kalau mau ganti oli di beres. Oli sisaan lama dituang sampai abis dulu baru oli barunya dituang, sisain yg barunya. Jadi kalau kasus om tadi misal 3liter oli baru + 800 oli lama... Bilang ke mekaniknya ini oli 800ml tuang sampai abis, 2 botol oli baru tuang sampe abis, 1 botol terakhir sisain 700ml (kasih tanda garis 700ml dibotolnya biar mekanik ga lupa). Total kepake 3,1ml (padahal saya pake filter oli scross yg panjang). Selama ini saya begitu.. Jadi ga ada namanya oli sisa ngendap lama selama disimpan. Hehe...
Oli kelebihan? Sayang aja itu oli, sama kerja mesin sedikit berat karena lebih banyak kerendemnya kan..
Q8 D1 G2 FE?

Merem 10rb km mah.
11rb km juga berani klo kepepet (max).

Saya ada hasil test lab nya di mobilio dengan kondisi:
Kadang suka gas poll
Naik turun gunung bukit
2-3 minggu sekali PP bandung jakarta
Sempet Touring ke jawa tengah.

Dah pakai 3x wkwkwkwk dan still on going.

Pas ngetap dan ganti oli baru, rasanya sama.
Sama halusnya di rpm tinggi dan tetep enak.

Gak kaleng2 klo Q8 mah,
Best value long life oil

Ganti oli sesuai kapasitas ajah,
Kapasitas max include ganti filter oli, kurangin dikit 50 ml :big_okay:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

rakyatwkwkland wrote: Sun Jun 12, 2022 13:48
wicaksono99 wrote: Sun Jun 12, 2022 13:31 Waduh... Harga amsoil signature series udah 250rb lagi sebotol. Gile ngapa jadi mahal begini... Mana interval ganti oli mobilnya tiap 2,5-3 bulan lagi (10rb km). Sue bener dah... Nanya ke admin cakra beli langsung ke toko katanya sama aja harganya. Kalau DGO 0w-16 itu rebrand oli apa yah?
Baru mo nyaranin pake oli #wisatakuwait bin khiueight udah keburu disaranin sama admoon nya :ngacir:

Ane baru ganti tadi siang di K15B ane pake yg g long life 5W-30 lagi, sebelumnya ane pake itu jg hajar sampe 10k km gara2 kl gasalah pernah ada yg test lab apa ya bisa sampe 10k km tapi yg g/d1, pikir ane harusnya yg g long life harga lebih mahal jg bisa lah ya.

Cakra enjoyer jg ya oom? Di cakra adanya yg g long life, makanya terpaksa ane ngambil itu karena deket rumah jg sih jadinya ke cakra. Sama kebetulan dari ganti oli terakhir ada sisa 800 ml, biar kepake lah itu sisanya, gara2 kapasitas oli si K15B ini agak2 nanggung sih di 3,1-3,2 liter.

Btw sebenernya alternatif di Cakra jg ada tuh mobil1, konon kata mbah2 di sini sekelas lah sama ams ss. Di sana kayanya msh di angka 200an.

=====================

Sekalian numpang nanya dong...

Tadi kan ane ganti olinya di beres karena sekalian serpis ganti busi dll jg. Nah masalahnya ternyata sama orang beres sijuki diisinya sampe 3,4 liter tuh kayanya. Soalnya yg botol udh kebuka tadinya ada sisa 800 ml, sekarang jadi 400 ml. Padahal seinget ane di kitab manula dianjurkannya entah 3,1 apa 3,2 liter gitu. Nanya ke SA katanya gak masalah soalnya itu kurang lebih aja.

Aman kah diisi sampe segitu? Emang kalo ngisi oli kelebihan efeknya apa ya?
Cek dipstick aja om, manual book bisa salah tapi dipstick selalu jujur (asal lantainya gak miring :big_biglaugh:)
Mercy aja manual book ada yang kurang 1 liter wkwkkwk

Kalo kelebihan oli bisa gampang foaming sehingga tidak maksimal kerjanya dalam melumasi. Kalo kelebihan banyak lama lama bisa rusak mobilnya.
sh00t
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 1259
Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sh00t »

ac235287 wrote:
DrivingPotato wrote: Sun Jun 12, 2022 7:44
Selain Russia dan selain Eropa sih interval 10rb KM.
Tapi dulu kalo ga salah sy pernah lihat selain Russia juga 15rb KM. Apa udah diralat ya sama Hyundai?
Manual book didownload dari web Hyundai Indonesia


Yg masih gak habis pikir kenapa pas baca2 lihat bbrp user testi SOP Beres ngasihnya Shell Helix Ultra 0W-20 buat mesin diesel instead of Rimula R5e seperti dulu
Padahal SHU 0W-20 nggak punya rating utk Diesel
Iya ane baca2 d web nya Shell Indonesia, cuma bilang acea A1/B1, Trus di web pdf sheet nya juga gak ada angka TBN sama SAPS nya. Ane rasa ttp bisa d pakai di diesel hyundai, cuma jgn lebih dari 5k KM/ max 5-6 bulan. Mending ganti ke oli Perancis, dia ada 0w20 diesel, nah ini rasanya aman 8k-9k km/10 bulan, kenapa gak 12 bulan? Karena ini 0w20, mesti d test dulu d bulan ke 10 apa Masi layak lanjut 12 bulan/10k km. Hahha
Kalau range oli di santa fe pfl gak bisa pakai 0w-20 om. Dia musti 0w-30/40.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

sh00t wrote: Sun Jun 12, 2022 14:35
ac235287 wrote:
DrivingPotato wrote: Sun Jun 12, 2022 7:44
Selain Russia dan selain Eropa sih interval 10rb KM.
Tapi dulu kalo ga salah sy pernah lihat selain Russia juga 15rb KM. Apa udah diralat ya sama Hyundai?
Manual book didownload dari web Hyundai Indonesia


Yg masih gak habis pikir kenapa pas baca2 lihat bbrp user testi SOP Beres ngasihnya Shell Helix Ultra 0W-20 buat mesin diesel instead of Rimula R5e seperti dulu
Padahal SHU 0W-20 nggak punya rating utk Diesel
Iya ane baca2 d web nya Shell Indonesia, cuma bilang acea A1/B1, Trus di web pdf sheet nya juga gak ada angka TBN sama SAPS nya. Ane rasa ttp bisa d pakai di diesel hyundai, cuma jgn lebih dari 5k KM/ max 5-6 bulan. Mending ganti ke oli Perancis, dia ada 0w20 diesel, nah ini rasanya aman 8k-9k km/10 bulan, kenapa gak 12 bulan? Karena ini 0w20, mesti d test dulu d bulan ke 10 apa Masi layak lanjut 12 bulan/10k km. Hahha
Kalau range oli di santa fe pfl gak bisa pakai 0w-20 om. Dia musti 0w-30/40.
5w30 biasa titik tengah, range oli mesin diesel kekinian
Lihat hasil test lab nya, PTT biasa jagonya oli diesel best value.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Or4cle »

Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 14:07
wicaksono99 wrote: Sun Jun 12, 2022 14:05
sahabatq8 wrote: Sun Jun 12, 2022 13:39

Mobil apa om? Nyoba Q8 aja masih dapet under 200k :big_blushing:
All new ertiga om... Q8 yg D1 FE 0w 20 ya om? Kuat 10rb km kah?
rakyatwkwkland wrote: Sun Jun 12, 2022 13:48

Baru mo nyaranin pake oli #wisatakuwait bin khiueight udah keburu disaranin sama admoon nya :ngacir:

Ane baru ganti tadi siang di K15B ane pake yg g long life 5W-30 lagi, sebelumnya ane pake itu jg hajar sampe 10k km gara2 kl gasalah pernah ada yg test lab apa ya bisa sampe 10k km tapi yg g/d1, pikir ane harusnya yg g long life harga lebih mahal jg bisa lah ya.

Cakra enjoyer jg ya oom? Di cakra adanya yg g long life, makanya terpaksa ane ngambil itu karena deket rumah jg sih jadinya ke cakra. Sama kebetulan dari ganti oli terakhir ada sisa 800 ml, biar kepake lah itu sisanya, gara2 kapasitas oli si K15B ini agak2 nanggung sih di 3,1-3,2 liter.

Btw sebenernya alternatif di Cakra jg ada tuh mobil1, konon kata mbah2 di sini sekelas lah sama ams ss. Di sana kayanya msh di angka 200an.

=====================

Sekalian numpang nanya dong...

Tadi kan ane ganti olinya di beres karena sekalian serpis ganti busi dll jg. Nah masalahnya ternyata sama orang beres sijuki diisinya sampe 3,4 liter tuh kayanya. Soalnya yg botol udh kebuka tadinya ada sisa 800 ml, sekarang jadi 400 ml. Padahal seinget ane di kitab manula dianjurkannya entah 3,1 apa 3,2 liter gitu. Nanya ke SA katanya gak masalah soalnya itu kurang lebih aja.

Aman kah diisi sampe segitu? Emang kalo ngisi oli kelebihan efeknya apa ya?
Lah sama mobilnya.. Cuma saya streak pakai 0w 20.
Selama ini ambil di cakra karna amsoil paling murah & gratis ongkir ada disana. Kemaren sebelum ganti oli malah terpaksa pakai sampe 12rb km tuh amsoil ss. 😅
Skrng concern pake oli yg bisa 10rb km, soalnya kalau cuma 5rb km ganti.. Terlalu sering tiap 1 bulan tap oli. Males ngerjainnya.

Wkwkwk... Beres juki mah kalau ga diliatin kadang ajaib mekaniknya (kecuali mekanik yg kerjanya bagus, owner bilang A dikerjain A gak pake tambah gak pake kurang). Ngencengin busi pake kunci impact ga tuh? Kemaren2 saya servis soalnya saya liatin mau dikencingin pake kunci impact, langsung saya larang.. Ngencengin pake tangan aja.. 🤣🤣🤣
Saran aja nih kalau mau ganti oli di beres. Oli sisaan lama dituang sampai abis dulu baru oli barunya dituang, sisain yg barunya. Jadi kalau kasus om tadi misal 3liter oli baru + 800 oli lama... Bilang ke mekaniknya ini oli 800ml tuang sampai abis, 2 botol oli baru tuang sampe abis, 1 botol terakhir sisain 700ml (kasih tanda garis 700ml dibotolnya biar mekanik ga lupa). Total kepake 3,1ml (padahal saya pake filter oli scross yg panjang). Selama ini saya begitu.. Jadi ga ada namanya oli sisa ngendap lama selama disimpan. Hehe...
Oli kelebihan? Sayang aja itu oli, sama kerja mesin sedikit berat karena lebih banyak kerendemnya kan..
Q8 D1 G2 FE?

Merem 10rb km mah.
11rb km juga berani klo kepepet (max).

Saya ada hasil test lab nya di mobilio dengan kondisi:
Kadang suka gas poll
Naik turun gunung bukit
2-3 minggu sekali PP bandung jakarta
Sempet Touring ke jawa tengah.

Dah pakai 3x wkwkwkwk dan still on going.

Pas ngetap dan ganti oli baru, rasanya sama.
Sama halusnya di rpm tinggi dan tetep enak.

Gak kaleng2 klo Q8 mah,
Best value long life oil

Ganti oli sesuai kapasitas ajah,
Kapasitas max include ganti filter oli, kurangin dikit 50 ml :big_okay:
SENIN HARGA NAIK .... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
wicaksono99
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Thu Apr 09, 2020 5:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by wicaksono99 »

Suryaputra wrote: Sun Jun 12, 2022 14:07
wicaksono99 wrote: Sun Jun 12, 2022 14:05
sahabatq8 wrote: Sun Jun 12, 2022 13:39

Mobil apa om? Nyoba Q8 aja masih dapet under 200k :big_blushing:
All new ertiga om... Q8 yg D1 FE 0w 20 ya om? Kuat 10rb km kah?
rakyatwkwkland wrote: Sun Jun 12, 2022 13:48

Baru mo nyaranin pake oli #wisatakuwait bin khiueight udah keburu disaranin sama admoon nya :ngacir:

Ane baru ganti tadi siang di K15B ane pake yg g long life 5W-30 lagi, sebelumnya ane pake itu jg hajar sampe 10k km gara2 kl gasalah pernah ada yg test lab apa ya bisa sampe 10k km tapi yg g/d1, pikir ane harusnya yg g long life harga lebih mahal jg bisa lah ya.

Cakra enjoyer jg ya oom? Di cakra adanya yg g long life, makanya terpaksa ane ngambil itu karena deket rumah jg sih jadinya ke cakra. Sama kebetulan dari ganti oli terakhir ada sisa 800 ml, biar kepake lah itu sisanya, gara2 kapasitas oli si K15B ini agak2 nanggung sih di 3,1-3,2 liter.

Btw sebenernya alternatif di Cakra jg ada tuh mobil1, konon kata mbah2 di sini sekelas lah sama ams ss. Di sana kayanya msh di angka 200an.

=====================

Sekalian numpang nanya dong...

Tadi kan ane ganti olinya di beres karena sekalian serpis ganti busi dll jg. Nah masalahnya ternyata sama orang beres sijuki diisinya sampe 3,4 liter tuh kayanya. Soalnya yg botol udh kebuka tadinya ada sisa 800 ml, sekarang jadi 400 ml. Padahal seinget ane di kitab manula dianjurkannya entah 3,1 apa 3,2 liter gitu. Nanya ke SA katanya gak masalah soalnya itu kurang lebih aja.

Aman kah diisi sampe segitu? Emang kalo ngisi oli kelebihan efeknya apa ya?
Lah sama mobilnya.. Cuma saya streak pakai 0w 20.
Selama ini ambil di cakra karna amsoil paling murah & gratis ongkir ada disana. Kemaren sebelum ganti oli malah terpaksa pakai sampe 12rb km tuh amsoil ss. 😅
Skrng concern pake oli yg bisa 10rb km, soalnya kalau cuma 5rb km ganti.. Terlalu sering tiap 1 bulan tap oli. Males ngerjainnya.

Wkwkwk... Beres juki mah kalau ga diliatin kadang ajaib mekaniknya (kecuali mekanik yg kerjanya bagus, owner bilang A dikerjain A gak pake tambah gak pake kurang). Ngencengin busi pake kunci impact ga tuh? Kemaren2 saya servis soalnya saya liatin mau dikencingin pake kunci impact, langsung saya larang.. Ngencengin pake tangan aja.. 🤣🤣🤣
Saran aja nih kalau mau ganti oli di beres. Oli sisaan lama dituang sampai abis dulu baru oli barunya dituang, sisain yg barunya. Jadi kalau kasus om tadi misal 3liter oli baru + 800 oli lama... Bilang ke mekaniknya ini oli 800ml tuang sampai abis, 2 botol oli baru tuang sampe abis, 1 botol terakhir sisain 700ml (kasih tanda garis 700ml dibotolnya biar mekanik ga lupa). Total kepake 3,1ml (padahal saya pake filter oli scross yg panjang). Selama ini saya begitu.. Jadi ga ada namanya oli sisa ngendap lama selama disimpan. Hehe...
Oli kelebihan? Sayang aja itu oli, sama kerja mesin sedikit berat karena lebih banyak kerendemnya kan..
Q8 D1 G2 FE?

Merem 10rb km mah.
11rb km juga berani klo kepepet (max).

Saya ada hasil test lab nya di mobilio dengan kondisi:
Kadang suka gas poll
Naik turun gunung bukit
2-3 minggu sekali PP bandung jakarta
Sempet Touring ke jawa tengah.

Dah pakai 3x wkwkwkwk dan still on going.

Pas ngetap dan ganti oli baru, rasanya sama.
Sama halusnya di rpm tinggi dan tetep enak.

Gak kaleng2 klo Q8 mah,
Best value long life oil

Ganti oli sesuai kapasitas ajah,
Kapasitas max include ganti filter oli, kurangin dikit 50 ml :big_okay:
Nanti deh dicoba, ini lagi checkout2in dulu amsoil ss dari keranjang.. Sikat2in dulu yg harga masih 220rb per botol di blibli. Beli 4 botol buat napas 3 bulan kedepan. Habis dicheckout sellernya siap kirim habis itu harga langsung direvisi ke 250rb/botol...wkwkwkwk