Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Sinclaire »

ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:06
Sinclaire wrote:
ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 14:57
ft 7000 so far uda hampir 6000 km masih enak di anf 2021 iart remap. barusan abis tarik tarikan nih sama 2gd innova remap juga (pre fl), masih sejajar dari 20-100 nya. lumayan kaget soalnya anf lebih berat at least 300 kg dr innova

sesama solbus, tapi innovanya pake 15w40 nya tmo. dia punya map ngebul (tapi ga pake banget), saya punya map hampir smokeless
gak bisa dibandingin, beda map beda tuner hasil pasti beda, apalagi dijalan raya, remap pun iart boost stdnya bisa sampe 1.4an bar maks, non iart prefl turbo kode 11080 cuman mentok 1.3bar

budget ft7000 mending coba 5w30 c3 dari bardahl s9, oli2 buntut 30 acea c3 rata2 paling enak yg udh sy coba dari lain2nya..
hehehe iya bener memang om. cuman 2 cents dari saya aja kalo ft 7000 tarikannya beneran enak enteng walau kmnya uda stengah lifespan lebih.

bener bgt turbo dr pre fl aja beda, yang baru memang ada improvement

itu oli c3 kuat om tbn nya dipake sampe 10 rebu sama solar busuk?
kuat laah, tbn emang lebi rendah tp lebih kaya additive kalo kita liat spec sheetnya, dipage2 belakang kan udh banyak suhu2 komen juga base oil c3 lebih tinggi kastanya..

cuman bukan itu poin utama saya, om kan pake 2gd fl juga nih, paling susah cari oli buat 2gd fl itu yg bisa bikin mesinnya jadi halus, buntut 30 yg paling halus itu emang oli2 c3, pilihan ada bardahl s9, amsoil tutup biru 5w30, sama ptt super 5w30,

paling ekonomis si bardahl, patut dicoba kalo budgetnya ada direntang ft7000, gak usah terlalu berpatokan ama merk, bardahl juga bukan merk jelek
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1800
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:06
Sinclaire wrote:
ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 14:57
ft 7000 so far uda hampir 6000 km masih enak di anf 2021 iart remap. barusan abis tarik tarikan nih sama 2gd innova remap juga (pre fl), masih sejajar dari 20-100 nya. lumayan kaget soalnya anf lebih berat at least 300 kg dr innova

sesama solbus, tapi innovanya pake 15w40 nya tmo. dia punya map ngebul (tapi ga pake banget), saya punya map hampir smokeless
gak bisa dibandingin, beda map beda tuner hasil pasti beda, apalagi dijalan raya, remap pun iart boost stdnya bisa sampe 1.4an bar maks, non iart prefl turbo kode 11080 cuman mentok 1.3bar

budget ft7000 mending coba 5w30 c3 dari bardahl s9, oli2 buntut 30 acea c3 rata2 paling enak yg udh sy coba dari lain2nya..
hehehe iya bener memang om. cuman 2 cents dari saya aja kalo ft 7000 tarikannya beneran enak enteng walau kmnya uda stengah lifespan lebih.

bener bgt turbo dr pre fl aja beda, yang baru memang ada improvement

itu oli c3 kuat om tbn nya dipake sampe 10 rebu sama solar busuk?
Nah itu , bisa sih bisa tapi olinya pasti udah degrade banyak. On the otherhand, 10rb mah kecil lah buat oli hdeo E7/E9 sehingga performa lebih konsisten Dengan harga yang beda dikit jelas saya pilih FT7000.
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by gaspol »

Sonzz wrote: Fri Jun 17, 2022 10:57 Selamat sore om2/suhu2 yang ganteng, salam sejahtera bagi kita semua (cut, udah kayak politikus mau pidato aja) :big_peace:

Bos ane habis angkat Palisade 2.2 Diesel

Rencana pakai PertaDex atau Biosolar (karena stok PertaDex di Batam kadang ada, kadang kosong)

Minta saran oli yang robust dong om2, untuk Palisade dengan Biosolar.

Anggap lah budget mentok2 di 250k/liter
Palisade sih kasih shell rimula r5e 10w40 juga udah enak kok terbukti awet gak ada masalah apa apa. Pakai 5rb km atau 6 bulan max. Mesinnya kan sama dgn santa fe lama..

Atau kalo saya diskusi dgn kawan2 user hyundai diesel sih pakai mobil1 delvac 5w40 juga enak om. Harga masih 140rb an per liter, pake sampe 10rb masih enak dan hasil uji lab juga cukup bagus.

Oli keraton amrik yang 250rb per liter hasil uji lab nya gak memuaskan..padahal pakai dex dan masih jalan 6rb km :big_slap:
IMHO rada mubazir sih kalo ternyata hasil lab n rasanya 11-12 sama yg harga 140rb per liter :big_peace:
Sinclaire
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sun May 01, 2016 7:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Sinclaire »

sahabatq8 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:22
ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:06
Sinclaire wrote:
gak bisa dibandingin, beda map beda tuner hasil pasti beda, apalagi dijalan raya, remap pun iart boost stdnya bisa sampe 1.4an bar maks, non iart prefl turbo kode 11080 cuman mentok 1.3bar

budget ft7000 mending coba 5w30 c3 dari bardahl s9, oli2 buntut 30 acea c3 rata2 paling enak yg udh sy coba dari lain2nya..
hehehe iya bener memang om. cuman 2 cents dari saya aja kalo ft 7000 tarikannya beneran enak enteng walau kmnya uda stengah lifespan lebih.

bener bgt turbo dr pre fl aja beda, yang baru memang ada improvement

itu oli c3 kuat om tbn nya dipake sampe 10 rebu sama solar busuk?
Nah itu , bisa sih bisa tapi olinya pasti udah degrade banyak. On the otherhand, 10rb mah kecil lah buat oli hdeo E7/E9 sehingga performa lebih konsisten Dengan harga yang beda dikit jelas saya pilih FT7000.
Olinya pasti udah degrade banyak? ini testi dari sisi pengguna apa penjual nih om? Kalo emang pernah pengalaman pake coba diceritakan aja pengalamannya pake oli C3 di 2gd, kalo ada uoanya juga coba aja lampirin..

tapi kalo tujuannya buat selain kasi testi kayanya bisa pake rubrik lain, Business Corner contohnya
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1800
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Sinclaire wrote: Fri Jun 17, 2022 15:46
sahabatq8 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:22
ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:06
hehehe iya bener memang om. cuman 2 cents dari saya aja kalo ft 7000 tarikannya beneran enak enteng walau kmnya uda stengah lifespan lebih.

bener bgt turbo dr pre fl aja beda, yang baru memang ada improvement

itu oli c3 kuat om tbn nya dipake sampe 10 rebu sama solar busuk?
Nah itu , bisa sih bisa tapi olinya pasti udah degrade banyak. On the otherhand, 10rb mah kecil lah buat oli hdeo E7/E9 sehingga performa lebih konsisten Dengan harga yang beda dikit jelas saya pilih FT7000.
Olinya pasti udah degrade banyak? ini testi dari sisi pengguna apa penjual nih om? Kalo emang pernah pengalaman pake coba diceritakan aja pengalamannya pake oli C3 di 2gd, kalo ada uoanya juga coba aja lampirin..

tapi kalo tujuannya buat selain kasi testi kayanya bisa pake rubrik lain, Business Corner contohnya
Testi pengguna, C3 bukan spesifik merek ono. Q8 G long life pun gak sekonsisten FT8800 performanya apalagi untuk biosolar. :big_peace: . Banyaknya sih testi dari penguna captiva yang dulu warranty oil pake G long life 5w30 C3 dexos 2 , sekarang banyak beralih ke 8800.
Kalo saya sendiri belom pernah nyoba, terakhir punya mobil diesel udah 6 tahun yang lalu.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9705
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

gaspol wrote: Fri Jun 17, 2022 15:43
Sonzz wrote: Fri Jun 17, 2022 10:57 Selamat sore om2/suhu2 yang ganteng, salam sejahtera bagi kita semua (cut, udah kayak politikus mau pidato aja) :big_peace:

Bos ane habis angkat Palisade 2.2 Diesel

Rencana pakai PertaDex atau Biosolar (karena stok PertaDex di Batam kadang ada, kadang kosong)

Minta saran oli yang robust dong om2, untuk Palisade dengan Biosolar.

Anggap lah budget mentok2 di 250k/liter
Palisade sih kasih shell rimula r5e 10w40 juga udah enak kok terbukti awet gak ada masalah apa apa. Pakai 5rb km atau 6 bulan max. Mesinnya kan sama dgn santa fe lama..

Atau kalo saya diskusi dgn kawan2 user hyundai diesel sih pakai mobil1 delvac 5w40 juga enak om. Harga masih 140rb an per liter, pake sampe 10rb masih enak dan hasil uji lab juga cukup bagus.

Oli keraton amrik yang 250rb per liter hasil uji lab nya gak memuaskan..padahal pakai dex dan masih jalan 6rb km :big_slap:
IMHO rada mubazir sih kalo ternyata hasil lab n rasanya 11-12 sama yg harga 140rb per liter :big_peace:
Oli keraton amrik yg istimewa, buat bensin nya.
Cek UOA nya ajah di bitog.
Di SM jg ada bbrp part ke belakang :upss:

Oli diesel ekonomis one of the best harga under 100rb spec acea a3 b4 = PTT 10w30 DC

Udah pernah lihat hasil UOA nya pk biosol hampir 10rb Km mantapp :big_okay:
Japri ajah mbah turbo.

https://tokopedia.link/C6KGJaEaWqb
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Sonzz »

sahabatq8 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:56
Sinclaire wrote: Fri Jun 17, 2022 15:46
sahabatq8 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:22

Nah itu , bisa sih bisa tapi olinya pasti udah degrade banyak. On the otherhand, 10rb mah kecil lah buat oli hdeo E7/E9 sehingga performa lebih konsisten Dengan harga yang beda dikit jelas saya pilih FT7000.
Olinya pasti udah degrade banyak? ini testi dari sisi pengguna apa penjual nih om? Kalo emang pernah pengalaman pake coba diceritakan aja pengalamannya pake oli C3 di 2gd, kalo ada uoanya juga coba aja lampirin..

tapi kalo tujuannya buat selain kasi testi kayanya bisa pake rubrik lain, Business Corner contohnya
Testi pengguna, C3 bukan spesifik merek ono. Q8 G long life pun gak sekonsisten FT8800 performanya apalagi untuk biosolar. :big_peace: . Banyaknya sih testi dari penguna captiva yang dulu warranty oil pake G long life 5w30 C3 dexos 2 , sekarang banyak beralih ke 8800.
Kalo saya sendiri belom pernah nyoba, terakhir punya mobil diesel udah 6 tahun yang lalu.
Sorry agak OOT om

Barusan ane liat spek nya Fastro* Gold 5w-30 ada ACEA C3 dan A3/B4 dan TM* Diesel 5w-30 ada ACEA A5/B5

Itu ga salah ya?

Artinya kedua oli itu cukup mumpuni untuk dipakai di mesin diesel dan mesin bensin? Bener ga om?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1800
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Sonzz wrote: Fri Jun 17, 2022 16:42
sahabatq8 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:56
Sinclaire wrote: Fri Jun 17, 2022 15:46

Olinya pasti udah degrade banyak? ini testi dari sisi pengguna apa penjual nih om? Kalo emang pernah pengalaman pake coba diceritakan aja pengalamannya pake oli C3 di 2gd, kalo ada uoanya juga coba aja lampirin..

tapi kalo tujuannya buat selain kasi testi kayanya bisa pake rubrik lain, Business Corner contohnya
Testi pengguna, C3 bukan spesifik merek ono. Q8 G long life pun gak sekonsisten FT8800 performanya apalagi untuk biosolar. :big_peace: . Banyaknya sih testi dari penguna captiva yang dulu warranty oil pake G long life 5w30 C3 dexos 2 , sekarang banyak beralih ke 8800.
Kalo saya sendiri belom pernah nyoba, terakhir punya mobil diesel udah 6 tahun yang lalu.
Sorry agak OOT om

Barusan ane liat spek nya Fastro* Gold 5w-30 ada ACEA C3 dan A3/B4 dan TM* Diesel 5w-30 ada ACEA A5/B5

Itu ga salah ya?

Artinya kedua oli itu cukup mumpuni untuk dipakai di mesin diesel dan mesin bensin? Bener ga om?
Betul C3 artinya midsap/lowsap untuk bensin diesel
Kalo A bensin dan B diesel (biasanya full/high saps, tbn lebih tinggi dari C3)
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by gaspol »

Suryaputra wrote: Fri Jun 17, 2022 16:02
gaspol wrote: Fri Jun 17, 2022 15:43
Sonzz wrote: Fri Jun 17, 2022 10:57 Selamat sore om2/suhu2 yang ganteng, salam sejahtera bagi kita semua (cut, udah kayak politikus mau pidato aja) :big_peace:

Bos ane habis angkat Palisade 2.2 Diesel

Rencana pakai PertaDex atau Biosolar (karena stok PertaDex di Batam kadang ada, kadang kosong)

Minta saran oli yang robust dong om2, untuk Palisade dengan Biosolar.

Anggap lah budget mentok2 di 250k/liter
Palisade sih kasih shell rimula r5e 10w40 juga udah enak kok terbukti awet gak ada masalah apa apa. Pakai 5rb km atau 6 bulan max. Mesinnya kan sama dgn santa fe lama..

Atau kalo saya diskusi dgn kawan2 user hyundai diesel sih pakai mobil1 delvac 5w40 juga enak om. Harga masih 140rb an per liter, pake sampe 10rb masih enak dan hasil uji lab juga cukup bagus.

Oli keraton amrik yang 250rb per liter hasil uji lab nya gak memuaskan..padahal pakai dex dan masih jalan 6rb km :big_slap:
IMHO rada mubazir sih kalo ternyata hasil lab n rasanya 11-12 sama yg harga 140rb per liter :big_peace:
Oli keraton amrik yg istimewa, buat bensin nya.
Cek UOA nya ajah di bitog.
Di SM jg ada bbrp part ke belakang :upss:

Oli diesel ekonomis one of the best harga under 100rb spec acea a3 b4 = PTT 10w30 DC

Udah pernah lihat hasil UOA nya pk biosol hampir 10rb Km mantapp :big_okay:
Japri ajah mbah turbo.

https://tokopedia.link/C6KGJaEaWqb
Kan memangagi bahas oli diesel om bukan yg bensin
Berarti memang buat diesel nya kurang rekomen ya om :ungg:
Sesuai dgn hasil UOA yg pernah saya posting, begitu mengguncang jagad per oli an

Udah pernah pake PTT 10w30 DC botol hitam. Cukup sampai 5rb km aja karena sdh berasa gak enak, dlm artian sudah lebih kasar dan berat. Santafe 2018 penggunaan harian pakai dex. No complaint sih karena harga murah ga bisa berharap terlalu banyak. :mky_03:

Mungkin agak beda sama yg di diskusikan disini..tapi memang kenyataan nya begitu. Saat itu gak UOA karena dipakai sudah gak enak, UOA pun ya hasilnya mungkin gak gitu bagus
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9705
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

gaspol wrote: Fri Jun 17, 2022 18:03
Suryaputra wrote: Fri Jun 17, 2022 16:02
gaspol wrote: Fri Jun 17, 2022 15:43

Palisade sih kasih shell rimula r5e 10w40 juga udah enak kok terbukti awet gak ada masalah apa apa. Pakai 5rb km atau 6 bulan max. Mesinnya kan sama dgn santa fe lama..

Atau kalo saya diskusi dgn kawan2 user hyundai diesel sih pakai mobil1 delvac 5w40 juga enak om. Harga masih 140rb an per liter, pake sampe 10rb masih enak dan hasil uji lab juga cukup bagus.

Oli keraton amrik yang 250rb per liter hasil uji lab nya gak memuaskan..padahal pakai dex dan masih jalan 6rb km :big_slap:
IMHO rada mubazir sih kalo ternyata hasil lab n rasanya 11-12 sama yg harga 140rb per liter :big_peace:
Oli keraton amrik yg istimewa, buat bensin nya.
Cek UOA nya ajah di bitog.
Di SM jg ada bbrp part ke belakang :upss:

Oli diesel ekonomis one of the best harga under 100rb spec acea a3 b4 = PTT 10w30 DC

Udah pernah lihat hasil UOA nya pk biosol hampir 10rb Km mantapp :big_okay:
Japri ajah mbah turbo.

https://tokopedia.link/C6KGJaEaWqb
Kan memangagi bahas oli diesel om bukan yg bensin
Berarti memang buat diesel nya kurang rekomen ya om :ungg:
Sesuai dgn hasil UOA yg pernah saya posting, begitu mengguncang jagad per oli an

Udah pernah pake PTT 10w30 DC botol hitam. Cukup sampai 5rb km aja karena sdh berasa gak enak, dlm artian sudah lebih kasar dan berat. Santafe 2018 penggunaan harian pakai dex. No complaint sih karena harga murah ga bisa berharap terlalu banyak. :mky_03:

Mungkin agak beda sama yg di diskusikan disini..tapi memang kenyataan nya begitu. Saat itu gak UOA karena dipakai sudah gak enak, UOA pun ya hasilnya mungkin gak gitu bagus
iya PTT w30 untuk visco W30 diesel A3 b4 dengan HTHS 3.5 or lebih, itu one of best choice.
11 12 harganya sm shell rimula R5e.
Dengan harga 70rb-an seliter, ganti di 5rb km masih ok lah mbah :big_peace:

Cobain Q8 FT 8800 mbah sekali kali.
seberapa mampu dia nahan alusnya mesin, apalagi si mbah udah pakai BBM diesel terbaik di indonesia :big_okay:
kastanya jauh di atas FT 7000 or PTT w30 DC.

https://www.q8oils.com/product/q8-formu ... -fe-5w-30/
PAO up to 25%
TBN (astm D 2896) = 13 mg KOH/g


sy blm punya diesel, klo punya dan spec masuk, mau icip2 juga, karena hemat waktu dsb jg klo setahun or 10rb km ganti oli nya :big_biglaugh:

Image

https://www.tokopedia.com/pandaauto/oli ... etic-1-ltr
https://www.tokopedia.com/hachimotor/q8 ... 0-fe-5w-30
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9705
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Dejavu wrote: Fri Jun 17, 2022 12:57 Setelah pakai kiu8 formula ultra 0w20 15 bulan (pandemi gak kemana) lanjut oli thailand botol emas 0w20 (8bulan)
Hari ini ganti kerang astra premium sn+ 0w20 pakai promo astraotoshop kena 525rb potong 20rb.

Kesan pemakaian 4km pertama(opini pribadi) lebih enak dr ptt tapi masih dibawah kiu8.
Mesin 2NR-FE
ini pureplus (gas to liquid)
pakai 6bln or 5rb km habis tu cek level oli di dipsticknya aja secara berkala.

klo dah mulai nguap, drain aja.

Soalnya sy pakai shell ultra advanced scooter 5w40 (gas to liquid)
itu pakai 6 bln aja dah mulai nguap.

klo oli2 umum harga sekelas, malah gak masalah hajar sampai 9 bln.
sama" KM pendek lg masa pandemi.

Image
Made in Shell thailand
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 307
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by adri31 »

Oli total 9000 0w20 apakah banyak palsunya? Di tokped, ada yg jual 100 rban apakah asli?
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by RezPrat »

ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:06
Sinclaire wrote:
ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 14:57
ft 7000 so far uda hampir 6000 km masih enak di anf 2021 iart remap. barusan abis tarik tarikan nih sama 2gd innova remap juga (pre fl), masih sejajar dari 20-100 nya. lumayan kaget soalnya anf lebih berat at least 300 kg dr innova

sesama solbus, tapi innovanya pake 15w40 nya tmo. dia punya map ngebul (tapi ga pake banget), saya punya map hampir smokeless
gak bisa dibandingin, beda map beda tuner hasil pasti beda, apalagi dijalan raya, remap pun iart boost stdnya bisa sampe 1.4an bar maks, non iart prefl turbo kode 11080 cuman mentok 1.3bar

budget ft7000 mending coba 5w30 c3 dari bardahl s9, oli2 buntut 30 acea c3 rata2 paling enak yg udh sy coba dari lain2nya..
hehehe iya bener memang om. cuman 2 cents dari saya aja kalo ft 7000 tarikannya beneran enak enteng walau kmnya uda stengah lifespan lebih.

bener bgt turbo dr pre fl aja beda, yang baru memang ada improvement

itu oli c3 kuat om tbn nya dipake sampe 10 rebu sama solar busuk?
I second that Om, ane udah coba PTT A5/B5 diesel, skrg pake ft7000, secara feel setelah 6500KM, gak ada perubahan rasa sama sekali dibanding waktu baru, kalo dulu PTT A5/B5, di 7K km aja udah Mayan berisik dan berat. Ane full dexlite. Harga ft7000 buat 7.5 liter lebih murah d banding PTT, Jd ane restock lagi buat ft7000, ane nyari value to money sih hahaha.
DrivingPotato
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 402
Joined: Mon Feb 15, 2021 3:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by DrivingPotato »

adri31 wrote: Sat Jun 18, 2022 0:18 Oli total 9000 0w20 apakah banyak palsunya? Di tokped, ada yg jual 100 rban apakah asli?
Saya udah beli di toko Lubricants & Co. (Tokped)
Asli sih om, aman sejauh ini di mesin 2ZR
Kyknya om @josomba @fajarrian juga udah pernah beli di toko tsb dan aman
P5-VPS (SKYACTIV-G 1.5)
2GD-FTV
2ZR-FE
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 511
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by RezPrat »

ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:06
Sinclaire wrote:
gak bisa dibandingin, beda map beda tuner hasil pasti beda, apalagi dijalan raya, remap pun iart boost stdnya bisa sampe 1.4an bar maks, non iart prefl turbo kode 11080 cuman mentok 1.3bar

budget ft7000 mending coba 5w30 c3 dari bardahl s9, oli2 buntut 30 acea c3 rata2 paling enak yg udh sy coba dari lain2nya..
hehehe iya bener memang om. cuman 2 cents dari saya aja kalo ft 7000 tarikannya beneran enak enteng walau kmnya uda stengah lifespan lebih.

bener bgt turbo dr pre fl aja beda, yang baru memang ada improvement

itu oli c3 kuat om tbn nya dipake sampe 10 rebu sama solar busuk?
I second that Om, ane udah coba PTT A5/B5 diesel, skrg pake ft7000, secara feel setelah 6500KM, gak ada perubahan rasa sama sekali dibanding waktu baru, kalo dulu PTT A5/B5, di 7K km aja udah Mayan berisik dan agak berat. Ane full dexlite. Harga ft7000 buat 7.5 liter lebih murah d banding PTT, Jd ane restock lagi buat ft7000, ane nyari value to money sih hahaha.
Nanti kalo PTT A5B5 lebih murah dibanding ft7000, ya ane pake PTT hahaha. PTT gak jelek2 amat koq, cuma q8 lebih murah aja, makanya ane bungkus hahahha *kere hore
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1800
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

ac235287 wrote: Sat Jun 18, 2022 2:18
ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:06
Sinclaire wrote:
gak bisa dibandingin, beda map beda tuner hasil pasti beda, apalagi dijalan raya, remap pun iart boost stdnya bisa sampe 1.4an bar maks, non iart prefl turbo kode 11080 cuman mentok 1.3bar

budget ft7000 mending coba 5w30 c3 dari bardahl s9, oli2 buntut 30 acea c3 rata2 paling enak yg udh sy coba dari lain2nya..
hehehe iya bener memang om. cuman 2 cents dari saya aja kalo ft 7000 tarikannya beneran enak enteng walau kmnya uda stengah lifespan lebih.

bener bgt turbo dr pre fl aja beda, yang baru memang ada improvement

itu oli c3 kuat om tbn nya dipake sampe 10 rebu sama solar busuk?
I second that Om, ane udah coba PTT A5/B5 diesel, skrg pake ft7000, secara feel setelah 6500KM, gak ada perubahan rasa sama sekali dibanding waktu baru, kalo dulu PTT A5/B5, di 7K km aja udah Mayan berisik dan agak berat. Ane full dexlite. Harga ft7000 buat 7.5 liter lebih murah d banding PTT, Jd ane restock lagi buat ft7000, ane nyari value to money sih hahaha.
Nanti kalo PTT A5B5 lebih murah dibanding ft7000, ya ane pake PTT hahaha. PTT gak jelek2 amat koq, cuma q8 lebih murah aja, makanya ane bungkus hahahha *kere hore
Imo selama masih promo sih FT7000 value for moneynya top , jarang-jarang bisa bilang oli merek sultan "best value for money" jadi kalo memang sesuai kebutuhan gasss lah.
Kalo misalnya udah back to full price, mending langsung ke 8800 sih wkwkkwk.
Sonzz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 209
Joined: Sat Dec 02, 2017 11:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz 3SZ-VE Brio L12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Sonzz »

sahabatq8 wrote: Fri Jun 17, 2022 17:15
Sonzz wrote: Fri Jun 17, 2022 16:42
sahabatq8 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:56

Testi pengguna, C3 bukan spesifik merek ono. Q8 G long life pun gak sekonsisten FT8800 performanya apalagi untuk biosolar. :big_peace: . Banyaknya sih testi dari penguna captiva yang dulu warranty oil pake G long life 5w30 C3 dexos 2 , sekarang banyak beralih ke 8800.
Kalo saya sendiri belom pernah nyoba, terakhir punya mobil diesel udah 6 tahun yang lalu.
Sorry agak OOT om

Barusan ane liat spek nya Fastro* Gold 5w-30 ada ACEA C3 dan A3/B4 dan TM* Diesel 5w-30 ada ACEA A5/B5

Itu ga salah ya?

Artinya kedua oli itu cukup mumpuni untuk dipakai di mesin diesel dan mesin bensin? Bener ga om?
Betul C3 artinya midsap/lowsap untuk bensin diesel
Kalo A bensin dan B diesel (biasanya full/high saps, tbn lebih tinggi dari C3)
Oo siap. Jangan2 TM* Diesel 5w-30 isinya Fastro* Gold 5w-30..Hmm

Bingung...Di manual book Palisade (selain Eropa) ganti oli per 10rb KM atau 12 bulan

Tapi dealer dan berita2 bilang 15rb KM atau 12 bulan

Yang mana yg bener yah? 🧐
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

sahabatq8 wrote:
ac235287 wrote: Sat Jun 18, 2022 2:18
ctopher7 wrote: Fri Jun 17, 2022 15:06 hehehe iya bener memang om. cuman 2 cents dari saya aja kalo ft 7000 tarikannya beneran enak enteng walau kmnya uda stengah lifespan lebih.

bener bgt turbo dr pre fl aja beda, yang baru memang ada improvement

itu oli c3 kuat om tbn nya dipake sampe 10 rebu sama solar busuk?
I second that Om, ane udah coba PTT A5/B5 diesel, skrg pake ft7000, secara feel setelah 6500KM, gak ada perubahan rasa sama sekali dibanding waktu baru, kalo dulu PTT A5/B5, di 7K km aja udah Mayan berisik dan agak berat. Ane full dexlite. Harga ft7000 buat 7.5 liter lebih murah d banding PTT, Jd ane restock lagi buat ft7000, ane nyari value to money sih hahaha.
Nanti kalo PTT A5B5 lebih murah dibanding ft7000, ya ane pake PTT hahaha. PTT gak jelek2 amat koq, cuma q8 lebih murah aja, makanya ane bungkus hahahha *kere hore
Imo selama masih promo sih FT7000 value for moneynya top , jarang-jarang bisa bilang oli merek sultan "best value for money" jadi kalo memang sesuai kebutuhan gasss lah.
Kalo misalnya udah back to full price, mending langsung ke 8800 sih wkwkkwk.
Harusnya Q8 type
- FT 7000
- T 800
- 10W40 Formula yg MB 229.3

sudah saatnya di blend di Indonesia, agar harga jual lebih terjangkau

* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1800
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by sahabatq8 »

Turboman wrote: Sat Jun 18, 2022 3:22
sahabatq8 wrote:
ac235287 wrote: Sat Jun 18, 2022 2:18

I second that Om, ane udah coba PTT A5/B5 diesel, skrg pake ft7000, secara feel setelah 6500KM, gak ada perubahan rasa sama sekali dibanding waktu baru, kalo dulu PTT A5/B5, di 7K km aja udah Mayan berisik dan agak berat. Ane full dexlite. Harga ft7000 buat 7.5 liter lebih murah d banding PTT, Jd ane restock lagi buat ft7000, ane nyari value to money sih hahaha.
Nanti kalo PTT A5B5 lebih murah dibanding ft7000, ya ane pake PTT hahaha. PTT gak jelek2 amat koq, cuma q8 lebih murah aja, makanya ane bungkus hahahha *kere hore
Imo selama masih promo sih FT7000 value for moneynya top , jarang-jarang bisa bilang oli merek sultan "best value for money" jadi kalo memang sesuai kebutuhan gasss lah.
Kalo misalnya udah back to full price, mending langsung ke 8800 sih wkwkkwk.
Harusnya Q8 type
- FT 7000
- T 800
- 10W40 Formula yg MB 229.3

sudah saatnya di blend di Indonesia, agar harga jual lebih terjangkau
Jaga kualitas dia om, dan karena base oil disupply company sendiri, gak mungkin boleh kalo blending lokal disini. Market Indonesia juga kecil bgt untuk dia
KUKUH90
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Aug 30, 2021 4:56
Location: Bandar Lampung
Daily Vehicle: grand livina

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by KUKUH90 »

Mohon penerawangan para suhu, ANGL 2016, baru coba intip lubang pengisian oli, kondisi seperti ini:
IMG20220618111055_1.jpg
IMG20220618111112_1.jpg
sekitaran 2000km dari tuneup dan ganti oli, mesin mulai ngelitik di rpm 2000an keatas.
Pembawaan mobil gak pernah hirev, dominan cruising dan macet2an. Oli 5w30
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9705
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

KUKUH90 wrote: Sat Jun 18, 2022 4:41 Mohon penerawangan para suhu, ANGL 2016, baru coba intip lubang pengisian oli, kondisi seperti ini:

IMG20220618111055_1.jpg
IMG20220618111112_1.jpg

sekitaran 2000km dari tuneup dan ganti oli, mesin mulai ngelitik di rpm 2000an keatas.
Pembawaan mobil gak pernah hirev, dominan cruising dan macet2an. Oli 5w30
varnish.
sebelumnya pakai oli apa ajah?

next... kasih oli yg bagusan, dan OCI bikin pendek aja.
lihat selama 1-2 thn ke depan gmn
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Spies
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 455
Joined: Thu Feb 11, 2021 6:17
Location: Cilacap

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Spies »

Suryaputra wrote: Sat Jun 18, 2022 4:44
KUKUH90 wrote: Sat Jun 18, 2022 4:41 Mohon penerawangan para suhu, ANGL 2016, baru coba intip lubang pengisian oli, kondisi seperti ini:

IMG20220618111055_1.jpg
IMG20220618111112_1.jpg

sekitaran 2000km dari tuneup dan ganti oli, mesin mulai ngelitik di rpm 2000an keatas.
Pembawaan mobil gak pernah hirev, dominan cruising dan macet2an. Oli 5w30
varnish.
sebelumnya pakai oli apa ajah?

next... kasih oli yg bagusan, dan OCI bikin pendek aja.
lihat selama 1-2 thn ke depan gmn
Kayaknya sih bukan sekedar varnish nih mbah, udh ngesludge tipis ini mah
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9705
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Spies wrote: Sat Jun 18, 2022 5:01
Suryaputra wrote: Sat Jun 18, 2022 4:44
KUKUH90 wrote: Sat Jun 18, 2022 4:41 Mohon penerawangan para suhu, ANGL 2016, baru coba intip lubang pengisian oli, kondisi seperti ini:

IMG20220618111055_1.jpg
IMG20220618111112_1.jpg

sekitaran 2000km dari tuneup dan ganti oli, mesin mulai ngelitik di rpm 2000an keatas.
Pembawaan mobil gak pernah hirev, dominan cruising dan macet2an. Oli 5w30
varnish.
sebelumnya pakai oli apa ajah?

next... kasih oli yg bagusan, dan OCI bikin pendek aja.
lihat selama 1-2 thn ke depan gmn
Kayaknya sih bukan sekedar varnish nih mbah, udh ngesludge tipis ini mah
Kudu buka head cover
Cek separah apa :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9705
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Suryaputra »

Sikattt

Image

Toko Lubricants & Co
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 16

Post by Turboman »

sahabatq8 wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 18, 2022 3:22
sahabatq8 wrote: Imo selama masih promo sih FT7000 value for moneynya top , jarang-jarang bisa bilang oli merek sultan "best value for money" jadi kalo memang sesuai kebutuhan gasss lah.
Kalo misalnya udah back to full price, mending langsung ke 8800 sih wkwkkwk.
Harusnya Q8 type
- FT 7000
- T 800
- 10W40 Formula yg MB 229.3

sudah saatnya di blend di Indonesia, agar harga jual lebih terjangkau
Jaga kualitas dia om, dan karena base oil disupply company sendiri, gak mungkin boleh kalo blending lokal disini. Market Indonesia juga kecil bgt untuk dia
Yg hebat kayak si ExxonMobil & TOTAL dong ya

pabrik dimana mana tapi kualitas bisa dijaga

TOTAL buatan Singapore baik oli mesin & ATF nya user3 pada bilang puas.....user2 murni loh, bukan kata toko

Disclemer
* Bukan ajakan Beli *