Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
silenzo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: 28 May 2021, 23:02

Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Post by silenzo »

Halo SM'ers,

Baca-baca artikel ini: https://mediaindonesia.com/nusantara/39 ... alan-rusak

dan melihat dan melalui sekitar jalan-jalan Jabodetabek. Miris juga lihat angka2 sanksi dan denda yang bisa diterapkan ke penyelenggara jalan. Ada yang pernah lakukan pengaduan jalan rusak dan bagaimana/ apa respons yang didapat di daerah SM'ers masing-masing?

Saya merasa:
1. Jalan rusak dianggap lumrah oleh penyelenggara negara ini. Padahal potensi kecelakaan yang ditimbulkan sangat besar, bukan hanya untuk pengendara yang mengalami kecelakaan langsung tapi juga sekitaran pengendara yang bisa kena cipratan malapetakanya :big_cry:
2. Jalan rusak memang dibiarkan rusak atau ditambal sulam biar ngga rusak rusak banget, biar jualan mobil pribadi model SUV laku :big_biglaugh:
3. Kecelakaan karena jalan rusak sudah lumrah, banyak yang punya nyawa kucing dan merasa aman karena ditanggung asuransi/ BPJS ini :upss:

Semoga perasaan saya di atas ngga bener2 banget :mky_01:
Please share pengalaman SM'ers

Terima kasih.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 857
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Post by Zaxis »

Jalan tol aja banyak yg ga mulus apalagi jalan umum

Ditambah saluran drainase ditutup warung liar jadi nya air ujan yah ga bisa kemana2
faizzz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Post by faizzz »

Saya beberapa kali ngadu secara lisan ke pejabat pemerintah setempat di kota terkait jalan yang rusak, jawabannya ya selalu soal dana.

Untuk daerah pinggiran seperti tempat saya yang anggaran pemerintahnya jauh lebih seret, kami kalau ada yang rusak parah biasanya kami patungan sama pemilik pabrik2 setempat buat benerin jalannya.
Waktu itu ada tamu orang tua yang mau main ke rumah, beliau dateng pake honda jazz, karena jalannya "offroad" ngegasruklah mobilnya, singkat cerita pas nyampe rumah saya mobilnya pas idle suaranya kok aneh, pas diliat ke kolong ada lubang di oil pan, udah engga netes karena udah abis olinya. Untungnya ketahuan di rumah saya, kalau dipake jalan pulang pasti jebol.

Dari kasus tadi kami sebagai warga kan malu kalau ada tamu dari luar sampe mobilnya rusak gara2 lewat daerah kami, jadi kami gitong royong untuk benerin jalannya, walaupun belum bisa sampai aspal ulang atau dicor.

Sejauh ini di tempat saya belum ada korban jiwa karena jalan rusak (moga2 jangan sampe ada), kalo korban bumper, kaki2, ban, velg, udah sering wkwk
bm9792ct
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: 03 Oct 2017, 23:17
Location: riau
Daily Vehicle: l300

Re: Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Post by bm9792ct »

Belum setahun rekanan kerja ane meninggal tertimpa truk log muatan kayu eukaliptus berat 30ton++
kronologi lagi macet2an sebelum jembatan& memaksa nyalip kiri pakai motor.
Tiba2 palang putus dan menimpa rekan ane terbenam ditanah.
Sempat kritis berminggu-minggu tapi tidak tertolong.
Ujungnya damai karena bosnya termasuk orang kuat daerah ane.

Dibalik segala permasalahan overload,korupsi proyek jalan,saling lempar tanggungjawab dinas terkait,mindset masyarakat.
Jalan bagus malah semakin ditambah muat overloadnya &banyak yang kebut2an gk pake otak kyk dijawa skrg rame bus yang Laka.
Anehnya supir bus hidup& penumpang yang tewas.

Jadi kesimpulannya
Hidup dijalanan itu keras om,bisa dikatakan warzone buat semua pengguna jalanan. jangan harap kondisi berubah untuk sekarang.
Jaga diri semampunya.
Kalau sanggup beli +asuransi premium utamakan nyawa daripada mobil kesayangannya.
silenzo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: 28 May 2021, 23:02

Re: Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Post by silenzo »

faizzz wrote: ↑26 May 2022, 09:33 Saya beberapa kali ngadu secara lisan ke pejabat pemerintah setempat di kota terkait jalan yang rusak, jawabannya ya selalu soal dana.

Untuk daerah pinggiran seperti tempat saya yang anggaran pemerintahnya jauh lebih seret, kami kalau ada yang rusak parah biasanya kami patungan sama pemilik pabrik2 setempat buat benerin jalannya.
Waktu itu ada tamu orang tua yang mau main ke rumah, beliau dateng pake honda jazz, karena jalannya "offroad" ngegasruklah mobilnya, singkat cerita pas nyampe rumah saya mobilnya pas idle suaranya kok aneh, pas diliat ke kolong ada lubang di oil pan, udah engga netes karena udah abis olinya. Untungnya ketahuan di rumah saya, kalau dipake jalan pulang pasti jebol.

Dari kasus tadi kami sebagai warga kan malu kalau ada tamu dari luar sampe mobilnya rusak gara2 lewat daerah kami, jadi kami gitong royong untuk benerin jalannya, walaupun belum bisa sampai aspal ulang atau dicor.

Sejauh ini di tempat saya belum ada korban jiwa karena jalan rusak (moga2 jangan sampe ada), kalo korban bumper, kaki2, ban, velg, udah sering wkwk
Gimana caranya ya biar tau alokasi dana ini tepat sasaran buat bikin infrastruktur jalan yang "normal"?
BTW, kasian juga itu kaki-kaki mobil umur-nya jadi cepat berkurang.

Pikiran jelek saya lagi: Jalan dibuat kualitas rendah karena kalo kualitas bagus (dan tahan lama) maka proyek2 siluman penambalan jalan (asumsi ladang korup) ngga akan ada lagi.
silenzo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: 28 May 2021, 23:02

Re: Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Post by silenzo »

bm9792ct wrote: ↑26 May 2022, 16:11 Belum setahun rekanan kerja ane meninggal tertimpa truk log muatan kayu eukaliptus berat 30ton++
kronologi lagi macet2an sebelum jembatan& memaksa nyalip kiri pakai motor.
Tiba2 palang putus dan menimpa rekan ane terbenam ditanah.
Sempat kritis berminggu-minggu tapi tidak tertolong.
Ujungnya damai karena bosnya termasuk orang kuat daerah ane.

Dibalik segala permasalahan overload,korupsi proyek jalan,saling lempar tanggungjawab dinas terkait,mindset masyarakat.
Jalan bagus malah semakin ditambah muat overloadnya &banyak yang kebut2an gk pake otak kyk dijawa skrg rame bus yang Laka.
Anehnya supir bus hidup& penumpang yang tewas.

Jadi kesimpulannya
Hidup dijalanan itu keras om,bisa dikatakan warzone buat semua pengguna jalanan. jangan harap kondisi berubah untuk sekarang.
Jaga diri semampunya.
Kalau sanggup beli +asuransi premium utamakan nyawa daripada mobil kesayangannya.
Turut miris dan berduka dengarnya. Lesson learn mungkin jaga jarak di sekitar truk2/ bus dan jangan asumsi kalo itu truk/ bus seisi-isinya aman2 aja. Padahal bisa dilakukan laporan pidana itu ya.

Sekarang kalo lihat banyak yang sruntulan di jalan, saia asah2 belajar sabar aja biar ngga senorak sruntulers :big_biglaugh: Dalam hati, kalo mau cedera ya jangan ngajak-ngajak :big_weee:
faizzz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Post by faizzz »

silenzo wrote: ↑26 May 2022, 22:21
Gimana caranya ya biar tau alokasi dana ini tepat sasaran buat bikin infrastruktur jalan yang "normal"?
BTW, kasian juga itu kaki-kaki mobil umur-nya jadi cepat berkurang.

Pikiran jelek saya lagi: Jalan dibuat kualitas rendah karena kalo kualitas bagus (dan tahan lama) maka proyek2 siluman penambalan jalan (asumsi ladang korup) ngga akan ada lagi.
Kalo dari sepengamatan saya sebagai orang awam sih untuk kualitas kayaknya masih oke kalo diliat dari ketebalan aspal, lumayan tebal juga...
Tapi engga tau juga sih gimana prakteknya :big_peace:

Yang jadi masalah mungkin perlakuan terhadap aspalnya, untuk kasus di kota saya jalan yang mulus biasanya jalan perkotaan yang punya sistem drainase dan memang dilarang dilewatin truk tronton ke atas, beda sama jalan di daerah rumah saya yang area pantura, sepanjang jalan engga punya drainase, gampang kerendem air, jalannya juga dilewatin truk2 odol.
rudyzanetti
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 162
Joined: 14 Oct 2015, 01:37
Location: Lampung
Daily Vehicle: Xenia 2009 vvti

Re: Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Post by rudyzanetti »

Aspal boleh tebal.. coba dicek oplosan batu bara nya brp banyak 😁😁
faizzz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Post by faizzz »

rudyzanetti wrote: ↑27 May 2022, 13:05 Aspal boleh tebal.. coba dicek oplosan batu bara nya brp banyak 😁😁
Hihihi
gimana cara ngeceknya tuh?
Maklum kurang paham, taunya asal item dan tebal :big_blushing:
faizzz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 04 Aug 2019, 16:28
Location: Yogyakarta

Re: Kecelakaan Akibat Jalan Rusak

Post by faizzz »

bm9792ct wrote: ↑26 May 2022, 16:11 Belum setahun rekanan kerja ane meninggal tertimpa truk log muatan kayu eukaliptus berat 30ton++
kronologi lagi macet2an sebelum jembatan& memaksa nyalip kiri pakai motor.
Tiba2 palang putus dan menimpa rekan ane terbenam ditanah.
Sempat kritis berminggu-minggu tapi tidak tertolong.
Ujungnya damai karena bosnya termasuk orang kuat daerah ane.

Dibalik segala permasalahan overload,korupsi proyek jalan,saling lempar tanggungjawab dinas terkait,mindset masyarakat.
Jalan bagus malah semakin ditambah muat overloadnya &banyak yang kebut2an gk pake otak kyk dijawa skrg rame bus yang Laka.
Anehnya supir bus hidup& penumpang yang tewas.

Jadi kesimpulannya
Hidup dijalanan itu keras om,bisa dikatakan warzone buat semua pengguna jalanan. jangan harap kondisi berubah untuk sekarang.
Jaga diri semampunya.
Kalau sanggup beli +asuransi premium utamakan nyawa daripada mobil kesayangannya.
Turut berdukacita atas rekan kerjanya om... πŸ™

Belakangan ini jadi ngeri semenjak hampir diserudug truk waktu di lampu merah, alhamdulillah saya engga kena cuma selisih sekitar 30 cm dari motor saya, truknya nyerudug dua mobil di samping saya. Kalo naik motor jadi parnoan, jadi sering mantengin spion.
Post Reply