Subaru Forester 2.0i-S EyeSight, in a class of its own
Posted: Tue May 31, 2022 19:00
Prolog
Setelah bertaun2 cabut dari market indo, 2022 ini Subaru balik lagi jualan setelah 2 taunan buka servis aja. Nah, produk yang pertama dijual adalah si Forester ini. Forester ini masuk udah versi faceliftnya, jadi gen 5 pre fl nya nggak masuk sini.
Kalau dulu Forester bisa dibilang mahal gara2 mesin monster+AWD nya, sekarang Subaru bisa nyantai karena AWD udah gak kena tambahan pajak. So, Forester bisa dijual di harga yang menarik, kalau gak bisa dibilang menarik banget. Bayangin aja gak sampe 660jt udah dapet fullspec, CBU Japan, dan AWD.
Sialnya ya, mesin yang masuk cuma 2.0 N/A. Padahal dulu Forester XT 230hp stock. Hiks.
Car : 2022 Subaru Forester 2.0i-S EyeSight Crystal Black Silica
Mileage : 1500km on going
Price : 659.5jt
Exterior
Yang pertama jadi perhatian saya, eksterior Forester baru ini bukan selera semua orang. Berbeda dengan Forester generasi 3 dan 4 yang desainnya lebih mudah diterima semua orang. Generasi 5 ini masih mempertahankan bentuk mengotak, tapi desainnya lebih ekstrim. Well mirip gen 3 dan 4 lah kotaknya, tapi approachnya mirip gen 1 2 yang juga kontroversial karena mirip estate. Saya sih termasuk yang suka ya.
Dari depan, gril besar ala Subaru jaman now mendominasi. Bedanya sama pre fl yang paling keliatan ada di lampu depan, kalo yang pre fl kayak XV dulu. Lampu ini udah full led, dan bisa belok ngikutin arah setir. Bahasa Subarunya Steering Responsive Headlights. Di bawah lampu juga ada headlamp washer, berguna kalo abis offroad2 lucu atau camping di tempat berlumpur. Bumper ada skid platenya dan ada aksen silver, kalo yang tipe L polosan.
Sebenernya enakan polosan ya untuk mobil yang bakal dipake offroad ringan gini, gak takut baret atau lepas panel silvernya.
Di samping, yang paling keliatan adalah postur tubuh yang mengotak tinggi dibanding rivalnya yang makin ceper. Di satu sisi jelas ningkatin headroom dan visibilitas dengan kaca2 yang gede, tapi gak semua orang demen dengan model tinggi gini. Saya sih demen ya hahaha. Keliatan macho aja.
Pelek untuk tipe S 18 inci dan L 17 inci. Di kelasnya paling gede si CX-5 19 inci, tapi Forester 19 inci buat apa, ntar offroad malah baret n gak tahan bannya ketipisan. Model velgnya yang tipe S ini saya suka, tapi yang L nggak. Yang L kayak nanggung mau base spec gitu tapi tetep polished. Highlight yang lain di samping ada roofrail beneran, spion silver untuk tipe S, dan ada cameranya. Camera ini fungsinya buat liat letak roda depan kalau lagi offroad. Nah, kalo buat sehari-hari mungkin berguna buat parkir paralel kalo yang kurang ahli. Sayangnya camera cuma ada 2, depan sama spion kiri. Padahal bisa banget kalo mau dibuat 360 derajat.
Di belakang, highlight yang mencolok bagi saya jelas emblem Symmetrical AWD hahaha. Belakangnya sih biasa malah cenderung mirip gen 4 kecuali lampunya yang bentuk C. Yang bikin mood turun, diffuser ala2 belakangnya ada 2 tonjolan, tapi knalpotnya cuma 1. Ya mau diapakan lagi, wong mesinnya 2000cc NA doang. Spoiler besar dan ada extensionnya kayak Harrier AIRS lama. Oya yang lucu lagi di kaca belakangnya ada sticker “Made in Japan“. Mungkin ini buat memalukan rivalnya yang CKD tapi 666jt harganya hahaha.
Overall untuk eksterior sih cakep ya, tapi memang bukan selera semua orang. Mesti diliat dulu pake mata kepala sendiri baru bisa nyimpulin sendiri bagus apa nggaknya. Bapak saya pas liat di brosur bilang gak suka, pas liat sendiri baru bilang bagus.
Exterior : 8/10
Interior
Pas masuk ke dalam, yang langsung mencolok pandangan saya adalah jok Nappa Leather warna coklat. Warnanya cakep banget dan desain joknya juga sepertinya ergonomis. Jok kanan kiri depan 22nya electric dan yang kanan ada tombol memory. Anehnya tombol memorynya miring gitu kayak gak linear sama desain doortrim keseluruhan. Dan juga jok coklat cuma ada di warna item.
Doortrimnya desainnya biasa aja, bagus nggak juga tapi jauh dari kata jelek. Yang saya suka panel Nappa Leathernya gede banget dan empuk, tapi bahan di bagian kerasnya menurut saya agak kerasa murahan. Ya mungkin fungsi utamanya durability kali ya. Speaker pake harman/kardon dan ada emblemnya di doortrim. Speakernya ada 9 kalo gak salah, gak ngitung juga wong di Lexus saya 15 gak tau saya di mana aja hahaha.
Yang menarik di pintu belakang sebenernya, selain bisa hampir 90 derajat bukanya, ada batang kecil tapi keras di bawah pintu. Fungsinya konon buat safety, kalo mobil tabrakan remuk pintu masih ada celah untuk dibuka.
Desain dashboardnya jauh dari kata “canggih” (in a good way), walaupun layarnya ada 2 biji. Well mobil ini memang gak dibuat untuk keren2an ala Almaz RS, tapi lebih ke durability dan usability. Bahan plastiknya banyak, keras (ya ada soft touch di atas sih), dan memang terasa kokoh. Kenapa banyak plastik mungkin supaya gampang dibersihin kalo abis offroad.
Yang langsung terasa dari duduk di mobil ini adalah semua terasa easy to use. Tempat duduk ergonomis, tombol2 terjangkau dan sangat minim touchscreen yang berpotensi salah pencet. Ya memang full layar kayak Almaz atau HR-V lama yang acnya touch kerasa modern, tapi ya kemungkinan salah setting atau rusak layarnya juga tinggi. Oya model dashboard nyambung sama doortrim.
Speedometer masih jarum tapi layar MID sudah TFT. Di MID infonya banyak, dan ada juga MID kedua di atas head unit. Modelnya jadi kayak CR-V RM Prestige. MID kedua yang di atas head unit lebih besar dan infonya lebih banyak. AC keluar di situ juga infonya. Info X-Mode, camera depan dan samping juga keluar di situ.
Head unit dan setting AC biasa aja, head unit touchscreen OEM dan ac model knob putar. Tapi model begini sangat gampang dipake, gak harus belajar dulu nyetting di head unit atau nyari2 menunya. Oya head unit udah ada android auto sama carplay, lengkap.
Setirnya kulit dan sangat lembut, sepertinya Nappa Leather juga. Di sebelah kiri ada tombol audio dan MID, dan di kanan ada tombol adaptive cruise control, lane following, dan mode berkendara. Ada 2 mode, Sport dan Intelligent. Buat yang pernah pakai STI hatch/sedan pasti tau knob SI-Mode yang di tengah, nah mirip2 itu cuma kurang S# nya aja haha.
Uniknya Forester ini dia sein di kiri, sempet salah waktu pertama bawa hahaha. Kalo di Merc/BMW gak pernah salah, tapi di Forester ini otak udah kebawa mobil jepang sein selalu di kanan. Pedal udah alumunium untuk tipe S. Tombol di kanan steer juga hampir full, ada beberapa fitur yang nggak dimasukin katanya. Airbag 7 biji termasuk knee airbag bawah steer.
Di konsol tengah ada shifter matic yang ukurannya mayan gede (apa tangan saya aja yang kecil?) dan tombol X-Mode. Rem parkir juga ada di situ, elektrik dan udah auto hold. Tombol satu lagi buat akses kamera kiri yang ada di spion tadi. X-Mode ini buat offroad, ada 3 mode buat normal, offroad di tanah2an atau sekalian lumpur dalam. Dan itu bisa diliat di layar MID atas, mobil kemiringannya berapa derajat, distribusi tenaga ke tiap roda etc etc.
Highlight lain di interior jelas sunroofnya. Gede banget dan itu bukan kaca mati, tapi bisa dibuka full. Bayangin gedenya sampe row ke2 tapi masih bisa dibuka sampe mentok. Rahasianya di bagian atap, gundukan sunroofnya dibuat nyaru sama plafon saking panjangnya. Jadi kalau diperhatiin atap tipe S emang lebih rendah, tapi gak keliatan ada tonjolan sunroof gitu.
Masuk ke baris kedua, doortrim sekilas lebih sepi karena cuma ada tombol power window 1 aja dan desain doortrimnya juga biasa aja. Tetep ada insert Nappa Leather yang gede tapi. Bukaan pintu 90 derajat mayan bantu buat masukin barang, tapi buat masuk orang kayaknya kurang berguna. Awalnya mikir bukaan pintu gede akan bantu buat lansia masuk, tapi step naiknya di Forester juga tinggi jadi tetep susah.
Yang lucu di pintu belakang kanan kiri door sillnya dibuat besar dan tinggi buat pijakan kaki kalo lagi masang roof rack atau roofbox. Kalo yang ini berguna banget daripada harus cari kursi buat manjat ke atap. Atau at least berguna buat nyuci mobil.
Duduk di belakang headroom masih lega meski ada sunroof. Ditambah lagi jendela gede dan sunroof yang bikin auranya lega. Di armrest ada cupholder, terus ada ac belakang juga. Udah sih di belakang gak ada apa-apa lagi. Legroom juga lega, masih di bawah CR-V tapi.
Bagasi udah power back door dan katanya ada kick sensor tapi belum saya cobain. Bagasinya juga lega, masih di bawah CR-V juga tapi di atas rival lainnya. Di kanan ada sub harman/kardon. Yang unik dari bagasi Forester, hooknya banyak banget. Ada kali lebih dari 8 termasuk di pintu bagasinya. Buat apa ya hahaha. Cuma sayangnya buat mobil yang disasar buat roadtrip, gak ada colokan rumah. Cuma ada slot 12V di bagasi 1 biji. Dinding bagasi bukan fabric, plastik supaya gampang dibersihin. Ya mirip2 approachnya Xtrail dulu yang lantai bagasinya plastik juga.
Overall, interior mobil ini bukan buat yang demen soft touch2an atau layar segede gaban. Interior mobil ini ya emang buat orang yang “pake” mobilnya, terbukti dari penempatan dan layout tombol dan layar yang semua gampang dipelajarin. Toh luxury things kayak sunroof dan Nappa Leather juga tetep ada.
Interior : 8.5/10
Driving
Nyalain mesin, suara masih senyap. Yah ini memang bukan STI yang dinyalain langsung bletak bletak sih. Masukin ke D, jalan, suara dari luar masih senyap juga. Ban Dueler H/P mirip dipake Palisade cukup bermain di noise reduction sepertinya.
Yang langsung terasa dari mobil ini bukan unsur fun. Tapi unsur safetynya. Sistem EyeSight dengan dua kamera cukup rinci membaca marka, tapi juga halus ngasih feedback ke steernya. Terbukti beberapa kali EyeSight koreksi steer saya tapi sepertinya penumpang gak ada yang sadar. Di Altis baru, Raize, Veloz begitu steer dikoreksi TSS langsung kerasa goyangannya. HR-V baru belum nyoba karena gak pernah bareng penumpang ngetes Honda Sensingnya. Sialnya, sistem EyeSight ini gak boleh dikasih kaca film di depan. Even nempel sticker di kaca depan harus sesuai manual book.
Unsur fun baru keluar setelah di kecepatan menengah ke atas. Kerasa sekali sistem Symmetrical AWDnya membantu handling mobil, hampir gak ada gejala understeer sama sekali seperti rivalnya yang FWD. Posisi mesin boxer yang center of gravitynya di bawah juga membantu mengurangi body roll meski bodynya tinggi. Rivalnya yang itungannya ceper aja (CR-V, CX-5) masih lumayan terasa body rollnya dibanding ini.
Steering mobil sepertinya sudah EPS, cukup ringan namun masih ada feedback (dikit). Unsur fun-nya masih dapet lah. Untuk dibawa sehari-hari gak akan pegel sih. Comfort juga bisa dibilang sangat nyaman, yang bisa nyaingin di kelasnya cuma Koleos/Xtrail. Kenapa mobil bisa comfort tapi tetep fun? Ya balik lagi, posisi mesin boxer bisa bikin Subaru pasang suspensi yang empukan karena dikompromikan sama COG mobil yang rendah, jadi mobil tetep gak limbung berlebihan.
Minus yang lumayan mengganggu di rasa berkendara mobil ini satu aja : performance. Yaa mobil ini gak kerasa underpowered kok, klaim Subaru 0-100km/h masih 10 detikan. Tapi well mendengar kata Subaru Forester, yang terbayang sama saya jelas Forester gen 2,3, dan 4 yang 200-230an hp stock. Ini? 150an hp aja.
Buat harian ya nggak masalah, masih kerasa zippy di lampu merah dan macet. Cuma ya pas mode S sekalipun, gaspol larinya begitu2 aja hahaha. Ditambah lagi CVTnya Subaru meskipun sigap tapi karakter dengung CVTnya masih ada.
Nah sialnya, di seluruh dunia memang gak ada lagi Forester kencang. Mesin 2.5nya yang ada di Australia juga cuma 180an hp. Turbo? Ada sih di JDM tapi 1.8 turbo dan hanya 170an hp. Mungkin Subaru sadar tenaganya kegedean buat soccer mom hahaha.
Untuk X-Mode belum saya coba karena belum nyobain masuk offroad.
Driving : 9.5/10
Verdict
Seperti yang saya katakan di judul, mobil ini berada di kelas tersendiri. Well dia memang Medium SUV, tapi dia seperti different breed dengan lawan-lawannya. Katakanlah HPM dan Eurokars gemas terus masukin CR-V dan CX-5 AWD, so what? Orang yang beli Forester akan tetap beli Forester. Buat apa orang beli CR-V AWD tapi masuk lumpur nyangkut karena ceper, or beli CX-5 AWD tapi pelek dan interiornya kegores2.
Yang beli mobil ini jelas orang yang mengutamakan fungsionalitas di atas estetika (like me!), dan pasti sudah menghitung benefit yang akan didapat dari membeli Forester. Kalau orang cari kencang, servis (terutama ganti busi) gampang, dan gampang dimodif jelas akan beli CR-V. Tapi yang beli Forester jelas tau bahwa semua fitur akan kepake, terutama AWD dan safetynya.
Dan saya menemukan satu kelompok orang yang cocok sekali dengan Forester ini : teman-teman SMRT (SerayaMotor Road Trip)!
Kurang apa? Masuk jalur pramukanya om @F272 dijamin aman, main lumpur ayo, dibawa road trip lega dan nyaman, belum lagi unsur fun dan safety dari mobil ini.
Thanku untuk om @geofreyap dan om @haristk7 yang sudah menyediakan unit dengan cepat (gak sampe seminggu setelah launch hahaha)
Thank you all!
Setelah bertaun2 cabut dari market indo, 2022 ini Subaru balik lagi jualan setelah 2 taunan buka servis aja. Nah, produk yang pertama dijual adalah si Forester ini. Forester ini masuk udah versi faceliftnya, jadi gen 5 pre fl nya nggak masuk sini.
Kalau dulu Forester bisa dibilang mahal gara2 mesin monster+AWD nya, sekarang Subaru bisa nyantai karena AWD udah gak kena tambahan pajak. So, Forester bisa dijual di harga yang menarik, kalau gak bisa dibilang menarik banget. Bayangin aja gak sampe 660jt udah dapet fullspec, CBU Japan, dan AWD.
Sialnya ya, mesin yang masuk cuma 2.0 N/A. Padahal dulu Forester XT 230hp stock. Hiks.
Car : 2022 Subaru Forester 2.0i-S EyeSight Crystal Black Silica
Mileage : 1500km on going
Price : 659.5jt
Exterior
Yang pertama jadi perhatian saya, eksterior Forester baru ini bukan selera semua orang. Berbeda dengan Forester generasi 3 dan 4 yang desainnya lebih mudah diterima semua orang. Generasi 5 ini masih mempertahankan bentuk mengotak, tapi desainnya lebih ekstrim. Well mirip gen 3 dan 4 lah kotaknya, tapi approachnya mirip gen 1 2 yang juga kontroversial karena mirip estate. Saya sih termasuk yang suka ya.
Dari depan, gril besar ala Subaru jaman now mendominasi. Bedanya sama pre fl yang paling keliatan ada di lampu depan, kalo yang pre fl kayak XV dulu. Lampu ini udah full led, dan bisa belok ngikutin arah setir. Bahasa Subarunya Steering Responsive Headlights. Di bawah lampu juga ada headlamp washer, berguna kalo abis offroad2 lucu atau camping di tempat berlumpur. Bumper ada skid platenya dan ada aksen silver, kalo yang tipe L polosan.
Sebenernya enakan polosan ya untuk mobil yang bakal dipake offroad ringan gini, gak takut baret atau lepas panel silvernya.
Di samping, yang paling keliatan adalah postur tubuh yang mengotak tinggi dibanding rivalnya yang makin ceper. Di satu sisi jelas ningkatin headroom dan visibilitas dengan kaca2 yang gede, tapi gak semua orang demen dengan model tinggi gini. Saya sih demen ya hahaha. Keliatan macho aja.
Pelek untuk tipe S 18 inci dan L 17 inci. Di kelasnya paling gede si CX-5 19 inci, tapi Forester 19 inci buat apa, ntar offroad malah baret n gak tahan bannya ketipisan. Model velgnya yang tipe S ini saya suka, tapi yang L nggak. Yang L kayak nanggung mau base spec gitu tapi tetep polished. Highlight yang lain di samping ada roofrail beneran, spion silver untuk tipe S, dan ada cameranya. Camera ini fungsinya buat liat letak roda depan kalau lagi offroad. Nah, kalo buat sehari-hari mungkin berguna buat parkir paralel kalo yang kurang ahli. Sayangnya camera cuma ada 2, depan sama spion kiri. Padahal bisa banget kalo mau dibuat 360 derajat.
Di belakang, highlight yang mencolok bagi saya jelas emblem Symmetrical AWD hahaha. Belakangnya sih biasa malah cenderung mirip gen 4 kecuali lampunya yang bentuk C. Yang bikin mood turun, diffuser ala2 belakangnya ada 2 tonjolan, tapi knalpotnya cuma 1. Ya mau diapakan lagi, wong mesinnya 2000cc NA doang. Spoiler besar dan ada extensionnya kayak Harrier AIRS lama. Oya yang lucu lagi di kaca belakangnya ada sticker “Made in Japan“. Mungkin ini buat memalukan rivalnya yang CKD tapi 666jt harganya hahaha.
Overall untuk eksterior sih cakep ya, tapi memang bukan selera semua orang. Mesti diliat dulu pake mata kepala sendiri baru bisa nyimpulin sendiri bagus apa nggaknya. Bapak saya pas liat di brosur bilang gak suka, pas liat sendiri baru bilang bagus.
Exterior : 8/10
Interior
Pas masuk ke dalam, yang langsung mencolok pandangan saya adalah jok Nappa Leather warna coklat. Warnanya cakep banget dan desain joknya juga sepertinya ergonomis. Jok kanan kiri depan 22nya electric dan yang kanan ada tombol memory. Anehnya tombol memorynya miring gitu kayak gak linear sama desain doortrim keseluruhan. Dan juga jok coklat cuma ada di warna item.
Doortrimnya desainnya biasa aja, bagus nggak juga tapi jauh dari kata jelek. Yang saya suka panel Nappa Leathernya gede banget dan empuk, tapi bahan di bagian kerasnya menurut saya agak kerasa murahan. Ya mungkin fungsi utamanya durability kali ya. Speaker pake harman/kardon dan ada emblemnya di doortrim. Speakernya ada 9 kalo gak salah, gak ngitung juga wong di Lexus saya 15 gak tau saya di mana aja hahaha.
Yang menarik di pintu belakang sebenernya, selain bisa hampir 90 derajat bukanya, ada batang kecil tapi keras di bawah pintu. Fungsinya konon buat safety, kalo mobil tabrakan remuk pintu masih ada celah untuk dibuka.
Desain dashboardnya jauh dari kata “canggih” (in a good way), walaupun layarnya ada 2 biji. Well mobil ini memang gak dibuat untuk keren2an ala Almaz RS, tapi lebih ke durability dan usability. Bahan plastiknya banyak, keras (ya ada soft touch di atas sih), dan memang terasa kokoh. Kenapa banyak plastik mungkin supaya gampang dibersihin kalo abis offroad.
Yang langsung terasa dari duduk di mobil ini adalah semua terasa easy to use. Tempat duduk ergonomis, tombol2 terjangkau dan sangat minim touchscreen yang berpotensi salah pencet. Ya memang full layar kayak Almaz atau HR-V lama yang acnya touch kerasa modern, tapi ya kemungkinan salah setting atau rusak layarnya juga tinggi. Oya model dashboard nyambung sama doortrim.
Speedometer masih jarum tapi layar MID sudah TFT. Di MID infonya banyak, dan ada juga MID kedua di atas head unit. Modelnya jadi kayak CR-V RM Prestige. MID kedua yang di atas head unit lebih besar dan infonya lebih banyak. AC keluar di situ juga infonya. Info X-Mode, camera depan dan samping juga keluar di situ.
Head unit dan setting AC biasa aja, head unit touchscreen OEM dan ac model knob putar. Tapi model begini sangat gampang dipake, gak harus belajar dulu nyetting di head unit atau nyari2 menunya. Oya head unit udah ada android auto sama carplay, lengkap.
Setirnya kulit dan sangat lembut, sepertinya Nappa Leather juga. Di sebelah kiri ada tombol audio dan MID, dan di kanan ada tombol adaptive cruise control, lane following, dan mode berkendara. Ada 2 mode, Sport dan Intelligent. Buat yang pernah pakai STI hatch/sedan pasti tau knob SI-Mode yang di tengah, nah mirip2 itu cuma kurang S# nya aja haha.
Uniknya Forester ini dia sein di kiri, sempet salah waktu pertama bawa hahaha. Kalo di Merc/BMW gak pernah salah, tapi di Forester ini otak udah kebawa mobil jepang sein selalu di kanan. Pedal udah alumunium untuk tipe S. Tombol di kanan steer juga hampir full, ada beberapa fitur yang nggak dimasukin katanya. Airbag 7 biji termasuk knee airbag bawah steer.
Di konsol tengah ada shifter matic yang ukurannya mayan gede (apa tangan saya aja yang kecil?) dan tombol X-Mode. Rem parkir juga ada di situ, elektrik dan udah auto hold. Tombol satu lagi buat akses kamera kiri yang ada di spion tadi. X-Mode ini buat offroad, ada 3 mode buat normal, offroad di tanah2an atau sekalian lumpur dalam. Dan itu bisa diliat di layar MID atas, mobil kemiringannya berapa derajat, distribusi tenaga ke tiap roda etc etc.
Highlight lain di interior jelas sunroofnya. Gede banget dan itu bukan kaca mati, tapi bisa dibuka full. Bayangin gedenya sampe row ke2 tapi masih bisa dibuka sampe mentok. Rahasianya di bagian atap, gundukan sunroofnya dibuat nyaru sama plafon saking panjangnya. Jadi kalau diperhatiin atap tipe S emang lebih rendah, tapi gak keliatan ada tonjolan sunroof gitu.
Masuk ke baris kedua, doortrim sekilas lebih sepi karena cuma ada tombol power window 1 aja dan desain doortrimnya juga biasa aja. Tetep ada insert Nappa Leather yang gede tapi. Bukaan pintu 90 derajat mayan bantu buat masukin barang, tapi buat masuk orang kayaknya kurang berguna. Awalnya mikir bukaan pintu gede akan bantu buat lansia masuk, tapi step naiknya di Forester juga tinggi jadi tetep susah.
Yang lucu di pintu belakang kanan kiri door sillnya dibuat besar dan tinggi buat pijakan kaki kalo lagi masang roof rack atau roofbox. Kalo yang ini berguna banget daripada harus cari kursi buat manjat ke atap. Atau at least berguna buat nyuci mobil.
Duduk di belakang headroom masih lega meski ada sunroof. Ditambah lagi jendela gede dan sunroof yang bikin auranya lega. Di armrest ada cupholder, terus ada ac belakang juga. Udah sih di belakang gak ada apa-apa lagi. Legroom juga lega, masih di bawah CR-V tapi.
Bagasi udah power back door dan katanya ada kick sensor tapi belum saya cobain. Bagasinya juga lega, masih di bawah CR-V juga tapi di atas rival lainnya. Di kanan ada sub harman/kardon. Yang unik dari bagasi Forester, hooknya banyak banget. Ada kali lebih dari 8 termasuk di pintu bagasinya. Buat apa ya hahaha. Cuma sayangnya buat mobil yang disasar buat roadtrip, gak ada colokan rumah. Cuma ada slot 12V di bagasi 1 biji. Dinding bagasi bukan fabric, plastik supaya gampang dibersihin. Ya mirip2 approachnya Xtrail dulu yang lantai bagasinya plastik juga.
Overall, interior mobil ini bukan buat yang demen soft touch2an atau layar segede gaban. Interior mobil ini ya emang buat orang yang “pake” mobilnya, terbukti dari penempatan dan layout tombol dan layar yang semua gampang dipelajarin. Toh luxury things kayak sunroof dan Nappa Leather juga tetep ada.
Interior : 8.5/10
Driving
Nyalain mesin, suara masih senyap. Yah ini memang bukan STI yang dinyalain langsung bletak bletak sih. Masukin ke D, jalan, suara dari luar masih senyap juga. Ban Dueler H/P mirip dipake Palisade cukup bermain di noise reduction sepertinya.
Yang langsung terasa dari mobil ini bukan unsur fun. Tapi unsur safetynya. Sistem EyeSight dengan dua kamera cukup rinci membaca marka, tapi juga halus ngasih feedback ke steernya. Terbukti beberapa kali EyeSight koreksi steer saya tapi sepertinya penumpang gak ada yang sadar. Di Altis baru, Raize, Veloz begitu steer dikoreksi TSS langsung kerasa goyangannya. HR-V baru belum nyoba karena gak pernah bareng penumpang ngetes Honda Sensingnya. Sialnya, sistem EyeSight ini gak boleh dikasih kaca film di depan. Even nempel sticker di kaca depan harus sesuai manual book.
Unsur fun baru keluar setelah di kecepatan menengah ke atas. Kerasa sekali sistem Symmetrical AWDnya membantu handling mobil, hampir gak ada gejala understeer sama sekali seperti rivalnya yang FWD. Posisi mesin boxer yang center of gravitynya di bawah juga membantu mengurangi body roll meski bodynya tinggi. Rivalnya yang itungannya ceper aja (CR-V, CX-5) masih lumayan terasa body rollnya dibanding ini.
Steering mobil sepertinya sudah EPS, cukup ringan namun masih ada feedback (dikit). Unsur fun-nya masih dapet lah. Untuk dibawa sehari-hari gak akan pegel sih. Comfort juga bisa dibilang sangat nyaman, yang bisa nyaingin di kelasnya cuma Koleos/Xtrail. Kenapa mobil bisa comfort tapi tetep fun? Ya balik lagi, posisi mesin boxer bisa bikin Subaru pasang suspensi yang empukan karena dikompromikan sama COG mobil yang rendah, jadi mobil tetep gak limbung berlebihan.
Minus yang lumayan mengganggu di rasa berkendara mobil ini satu aja : performance. Yaa mobil ini gak kerasa underpowered kok, klaim Subaru 0-100km/h masih 10 detikan. Tapi well mendengar kata Subaru Forester, yang terbayang sama saya jelas Forester gen 2,3, dan 4 yang 200-230an hp stock. Ini? 150an hp aja.
Buat harian ya nggak masalah, masih kerasa zippy di lampu merah dan macet. Cuma ya pas mode S sekalipun, gaspol larinya begitu2 aja hahaha. Ditambah lagi CVTnya Subaru meskipun sigap tapi karakter dengung CVTnya masih ada.
Nah sialnya, di seluruh dunia memang gak ada lagi Forester kencang. Mesin 2.5nya yang ada di Australia juga cuma 180an hp. Turbo? Ada sih di JDM tapi 1.8 turbo dan hanya 170an hp. Mungkin Subaru sadar tenaganya kegedean buat soccer mom hahaha.
Untuk X-Mode belum saya coba karena belum nyobain masuk offroad.
Driving : 9.5/10
Verdict
Seperti yang saya katakan di judul, mobil ini berada di kelas tersendiri. Well dia memang Medium SUV, tapi dia seperti different breed dengan lawan-lawannya. Katakanlah HPM dan Eurokars gemas terus masukin CR-V dan CX-5 AWD, so what? Orang yang beli Forester akan tetap beli Forester. Buat apa orang beli CR-V AWD tapi masuk lumpur nyangkut karena ceper, or beli CX-5 AWD tapi pelek dan interiornya kegores2.
Yang beli mobil ini jelas orang yang mengutamakan fungsionalitas di atas estetika (like me!), dan pasti sudah menghitung benefit yang akan didapat dari membeli Forester. Kalau orang cari kencang, servis (terutama ganti busi) gampang, dan gampang dimodif jelas akan beli CR-V. Tapi yang beli Forester jelas tau bahwa semua fitur akan kepake, terutama AWD dan safetynya.
Dan saya menemukan satu kelompok orang yang cocok sekali dengan Forester ini : teman-teman SMRT (SerayaMotor Road Trip)!
Kurang apa? Masuk jalur pramukanya om @F272 dijamin aman, main lumpur ayo, dibawa road trip lega dan nyaman, belum lagi unsur fun dan safety dari mobil ini.
Thanku untuk om @geofreyap dan om @haristk7 yang sudah menyediakan unit dengan cepat (gak sampe seminggu setelah launch hahaha)
Thank you all!