Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by sintoni »

ariswp wrote: Thu Jun 02, 2022 4:32 Om sintoni domisili di balikpapan ya? apa masih susah solar om?
Jaman saya masi ikut ortu di balikpapan tahun 2005 kebawah udah sering langka solar, ayah sampe ngantri panjang lgx dieselnya di spbu gunung malang atau kadang spbu stalkuda samping LP dulu
Wah, ga osa ditanya kalau itu om. Masih susah disini. Hahaha.
ChZ wrote: Fri Jun 03, 2022 4:30
Profith83 wrote: Fri Jun 03, 2022 2:41
Cuma saya gak yakin yang pemerintah catat sekarang, apakah akurat dn apakah datanya benar2x bisa dipakai.(ada data di server)
Karena beberapa teman saya bilang beli solar gak pernah dicatat nopol.
mbah kyknya selama mau perpanjang STNK aja harus fotocopy KTP sulit berharap sama data di sini :big_biglaugh: mana data KTPnya kadang berakhir jadi bungkus gorengan.

lah pajak aja bisa kadang datanya gak sinkron :big_bored:

udah gitu sengkarut data gini kita yang disuruh repot. pdhl salah salah mereka, kita kita yang repot :big_bored:
Kalau disini belimya cuma bisa pake varian khusus Brizzi yg ada nomor plat mobilnya.

Ga bisa pake tunai atau kartu lain.

EDCnya nyambung ke mesin pom itu.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1555
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by lemonadelovers »

Turboman wrote: Fri Jun 03, 2022 3:39 Kalo ada yg mau kasih usulan ke BPH MIGAS

nanti saya post no WA nyaIMG_20220603_103846.jpg
Ini kan untuk transportasi om masih wajar bbm subsidi. Kecuali memang barang yg diangkut tujuan expor cth batubara n cpo ga boleh pke bbm subsidi
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by ChZ »

sintoni wrote: Fri Jun 03, 2022 4:50
Kalau disini belimya cuma bisa pake varian khusus Brizzi yg ada nomor plat mobilnya.

Ga bisa pake tunai atau kartu lain.

EDCnya nyambung ke mesin pom itu.
wkwkwkwk kalau udah langka emang pasti lebih disiapin.

kalo di jawa berlimpah ya bocor bocor terus :mky_03:
lemonadelovers wrote: Fri Jun 03, 2022 6:42
Turboman wrote: Fri Jun 03, 2022 3:39 Kalo ada yg mau kasih usulan ke BPH MIGAS

nanti saya post no WA nyaIMG_20220603_103846.jpg
Ini kan untuk transportasi om masih wajar bbm subsidi. Kecuali memang barang yg diangkut tujuan expor cth batubara n cpo ga boleh pke bbm subsidi
iya, kalo logistik mobil pribadi naik nanti harga mobil naik dibilang atpm mainin harga. :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3401
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by kendibocor »

Kalo bener hanya untuk 2012 kebawah agak kontradiktif sama kebijakan gubernur jkt yg ngeluarin peraturan bilang mobil di jkt max umur 10 thn. Bte aturan ini jadi berlaku ga sih?
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by vanosz »

kendibocor wrote: Fri Jun 03, 2022 8:49 Kalo bener hanya untuk 2012 kebawah agak kontradiktif sama kebijakan gubernur jkt yg ngeluarin peraturan bilang mobil di jkt max umur 10 thn. Bte aturan ini jadi berlaku ga sih?
ngakkss
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by b0ku »

kendibocor wrote: Fri Jun 03, 2022 8:49 Kalo bener hanya untuk 2012 kebawah agak kontradiktif sama kebijakan gubernur jkt yg ngeluarin peraturan bilang mobil di jkt max umur 10 thn. Bte aturan ini jadi berlaku ga sih?


justru disini di kasih tau kalo sering gonta ganti mobil terutama ambil electric loe sebenernya sama aja lebih ngerusak lingkungan :wkkk:

karena pas mobil di produksi sendiri ud bikin carbon footprint terutama mobil listrik jadi kalo sama2x 0km mobil listrik itu carbon footprintnya jauh lebih gede dari mobil combustion :wkkk:

jd kalo bilang mobil lama bikin polusi kita di booongin karena emisi gedenya tuh bukan dari mobil tapi dari industri pabrik, kapal kontainer sama pesawat terbang :wkkk:

makannya saya bilang bagusnya mobil itu buat weekend aja hari2x jalan kaki atau naek moped kalo bisa kreta api sama bus :mky_01:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by rendr »

Itukan pake apps my pertamina ya, kenapa ga buat database buat filter mobil mana aja yg bisa pake pertalite, bisa dari spesifikasi mesin cth : kompresi max 1:9,9 misal yg bisa pake pertalite... berlaku buat mobil diesel buat solar subdisi.. misal diesel commonrail udh gabisa.. bisa ditambah filter lain2 buat yg profesi petani lah, angkutan umum lah dll.. buat kyk peduli lindungi, yg status hijau boleh isi pertalite..

Kalo mau diteken lagi bisa, yg status nya hijau inipun dibatasi konsumsi harian max 10 liter.. bisa dinamis mengikuti harga crude oil misal...

Fair enough saya rasa, memang sesuai kebutuhan kendaraannya..

Kritik dan saran monggo..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by Taufiq6210 »

b0ku wrote: Fri Jun 03, 2022 12:22

justru disini di kasih tau kalo sering gonta ganti mobil terutama ambil electric loe sebenernya sama aja lebih ngerusak lingkungan :wkkk:


Permisi numpang share om, tapi menurut itungannya dia justru kalau mobil sering jalan malah total carbon footprint mobil lama lebih jelek dibanding mobil baru...
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3401
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by kendibocor »

b0ku wrote: Fri Jun 03, 2022 12:22
kendibocor wrote: Fri Jun 03, 2022 8:49 Kalo bener hanya untuk 2012 kebawah agak kontradiktif sama kebijakan gubernur jkt yg ngeluarin peraturan bilang mobil di jkt max umur 10 thn. Bte aturan ini jadi berlaku ga sih?


justru disini di kasih tau kalo sering gonta ganti mobil terutama ambil electric loe sebenernya sama aja lebih ngerusak lingkungan :wkkk:

karena pas mobil di produksi sendiri ud bikin carbon footprint terutama mobil listrik jadi kalo sama2x 0km mobil listrik itu carbon footprintnya jauh lebih gede dari mobil combustion :wkkk:

jd kalo bilang mobil lama bikin polusi kita di booongin karena emisi gedenya tuh bukan dari mobil tapi dari industri pabrik, kapal kontainer sama pesawat terbang :wkkk:

makannya saya bilang bagusnya mobil itu buat weekend aja hari2x jalan kaki atau naek moped kalo bisa kreta api sama bus :mky_01:
Masalahnya kan seperti yg saya blg sblmnya, emangnya pemerintah bikin kebijakan pernah nyari data dlu? Langsung tembak aja kan yg menurut dia bener apa tanpa adanya data yg bener. Yg penting kebijakannya heboh, (pura2) memikirkan lingkungan, dll. Bener apa nggak urusan belakangan :big_bored:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2935
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by Salvanost »

DOHC wrote: Thu Jun 02, 2022 3:52 Ujung2nya seh pa'de bakal pake cara lama

Pelan2 solar pertalit dbkin langka, spbu makin sikit yg jual, mau ga mau paksa beralih ke pertamak atau dex

Cuman yg kaya gini yg bkin serem, inflasi post kovit aj ud ckup sinting, kehajar bensin naek gila2an, takutnya bsa kaya 97- 98 ga neh

Mending tu ibukota jgn pindah2 dl lah, duit aj megap2 masi sok2an orang kaya
97-98 gara2 dollar dari 1000an naik ke 10.000an keatas

Sama 2024 udah dekat, ga mungkin mau bikin reputasi buruk sebelum pileg dimulai (ya darimana lagi proyeknya kalau bukan dari DPR dan DPRD)

Pertengahan mei Jalan2 ke Bali nyewa Innova Diesel ngerasain gimana rasanya nyetir diesel pertama kalinya...

Isi dexlite 300.000 ga full
Isi solar 200.000 kembaliannya banyak dan udah full

Pasti bakalan shock ini orang2 kalau ga bisa isi solar lagi
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 961
Joined: Sat Aug 31, 2013 4:20

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by vanosz »

KielConstantine wrote: Fri Jun 03, 2022 4:41
vanosz wrote: Thu Jun 02, 2022 23:16
KielConstantine wrote: Thu Jun 02, 2022 17:06 Sabar mbah ,


Sabar :big_biglaugh:


Kita kita masih bisa isi solar goceng kok . . . .


Yang penting gelinding & goceng kalo kata om ctopher

:wkkk:
:ungg:


ya sabar gans,

orang sabar di sayang TUHAN,



ngopi pagi dulu gans sambil dengarin lagu nostalgia masa muda dulu gans,

atau dengarin lagu dangdut ci ta ci tata juga boleh gans,

lagi curhat dia gans,lagunya meriang dia gans,merindukan kasih sayang,


ahh ngopi gans,

Image
Nah kan gitu asik gans .


Nikmatin hidup aja



Ngopi ngopi sambil makan roti dengerin lagu . . .



Kalo steak mahal , masih ada daon bisa dilalap kaya di mesir :mky_07:
pagi agans,


yaoi dibawa asik aja,apapun yang terjadi,pokoe ingat pesan bung oma,santai

ngopi gans,

Screenshot_20220604-052103_Gallery.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by ilhami »

yang penting sediakan waktu khusus untuk antri solar.
Jadi "rest area" nya di SPBU. :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by b0ku »

Taufiq6210 wrote: Fri Jun 03, 2022 16:47

Permisi numpang share om, tapi menurut itungannya dia justru kalau mobil sering jalan malah total carbon footprint mobil lama lebih jelek dibanding mobil baru...
ya itungan dia kalo sumber listriknya clean

kenyataannya ya kayak gini :wkkk:

https://en.as.com/latest_news/energy-cr ... drought-n/

ujung2xnya balik ke batubara sama diesel kalo dah kepepet kayak eropa winter kemaren :wkkk:

https://www.cnbcindonesia.com/market/20 ... -batu-bara

ud di dibilang bukan ide bagus bikin battery buat sumber power train, mau mobil listrik juga mendingan balik ke blueprint cari generator, ntah itu arc ractor ironman, matahari buatan mini, atau raktor nuklir, bukan penyimpanan tenaga macem batre :wkkk:

itu kapal2x kargo mayoritas juga ud electric tapi pake diesel buat gensetnya dan gak ada batre :wkkk:

jgnkan ev hybrid aja saya ogah masalahnya battery itu nambahin cost maintenace bukannya makin murah malah makin mahal materialnya susah demand makin naek mana ada makin murah, emang minyak doank yang boleh mahal lithium boleh donk :wkkk:

dibilang kebanyakan mimpi manusia2x pendukung batery ini :big_biglaugh:
kendibocor wrote: Fri Jun 03, 2022 17:41
Masalahnya kan seperti yg saya blg sblmnya, emangnya pemerintah bikin kebijakan pernah nyari data dlu? Langsung tembak aja kan yg menurut dia bener apa tanpa adanya data yg bener. Yg penting kebijakannya heboh, (pura2) memikirkan lingkungan, dll. Bener apa nggak urusan belakangan :big_bored:
pake data om pake hasil riest orang bule dan common sense, padahal common sense juga kadang bias dan blom tentu bener, sama ngikut2x hasil konversi diluar dari kumpulan yang mereka ikutin tapi sendirinya kagak riset :big_biglaugh:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by ctopher7 »

solar goceng racing team

pecinta bio solar
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by Taufiq6210 »

b0ku wrote: Sat Jun 04, 2022 1:33
Taufiq6210 wrote: Fri Jun 03, 2022 16:47 Permisi numpang share om, tapi menurut itungannya dia justru kalau mobil sering jalan malah total carbon footprint mobil lama lebih jelek dibanding mobil baru...
ya itungan dia kalo sumber listriknya clean

[cut]
Saya nge-share video itu lebih ke arah pengen nunjukin bahwa (menurut itungan dia) mobil ICE baru yang lebih irit BBM tetep lebih rendah total carbon footprintnya dibanding ICE bekas tapi lebih boros BBM.

Terkait angka yang dia pake untuk ngitung mobil listrik saya juga ga begitu percaya, karena ga mungkin emisi produksinya cuma beda dikit dengan mobil ICE, tapi bukan mobil listrik yang pengen saya bahas. Saya nge-share video tersebut terkait pernyataan om yang ini aja:
b0ku wrote: Fri Jun 03, 2022 12:22

justru disini di kasih tau kalo sering gonta ganti mobil terutama ambil electric loe sebenernya sama aja lebih ngerusak lingkungan :wkkk:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by Herman7103 »

ctopher7 wrote:solar goceng racing team

Gila asepnya ngebul wkwkwk polusi
polusi berat.
Nih gue kasih POV mobil balap beneran



:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15530
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by ChZ »

kendibocor wrote: Fri Jun 03, 2022 17:41
Masalahnya kan seperti yg saya blg sblmnya, emangnya pemerintah bikin kebijakan pernah nyari data dlu? Langsung tembak aja kan yg menurut dia bener apa tanpa adanya data yg bener. Yg penting kebijakannya heboh, (pura2) memikirkan lingkungan, dll. Bener apa nggak urusan belakangan :big_bored:
emang tapi sengkarut covid 2 thn belakangan ini bikin saya jadi nggak terlalu percaya omongan kapitalis barat. termasuk para politisi yang manggut2 bae ama pengusaha.

wacana lingkungan / go green dari barat tuh cuma bikin kita lupa siapa pelaku perusakan lingkungan yang paling gede : ya dari barat juga, oil company ?

politisi barat mana peduli sama research (baru aja disindir di film "don't look up") kalo yang penting tuh benerin tata kota dan public transport, krn lebih beneficial orang beli mobil (pribadi) buat mereka. ada pemasukan pajak. makin banyak mobil = makin macet = perlu bangun jalan. road maintenance dan parking revenue jg makin gede. insurance rate makin tinggi krn makin banyak laka. duid semua tuh :mky_03:

kalo di indo salah sasaran subsidinya solar 5150, di luar subsidiin EV itu ya "salah sasaran" juga kok emang engga :mky_03: yg beli EV kan orang kaya, ampe disindir jeremy clarkson "eh liat tuh pesepeda ama pejalan kaki, james may beli BMW i3 pake duit elu elu"

gw yakin kok, itu oil company sama EV company sebenernya di depan saling ngatain, di belakangnya salaman. cm drama buatan aja krn orang musti bersatu nemuin common enemy biar mau beli EV, kali ini oil company rela dibikin jadi "penjahat"nya biar bisnisnya lancar :mky_03:

basic formula utk sebuah propaganda kan gitu.

if it sounds like propaganda, works like a propaganda, then it is a propaganda.
Last edited by ChZ on Sat Jun 04, 2022 3:12, edited 4 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by b0ku »

Taufiq6210 wrote: Sat Jun 04, 2022 2:37
Saya nge-share video itu lebih ke arah pengen nunjukin bahwa (menurut itungan dia) mobil ICE baru yang lebih irit BBM tetep lebih rendah total carbon footprintnya dibanding ICE bekas tapi lebih boros BBM.

Terkait angka yang dia pake untuk ngitung mobil listrik saya juga ga begitu percaya, karena ga mungkin emisi produksinya cuma beda dikit dengan mobil ICE, tapi bukan mobil listrik yang pengen saya bahas. Saya nge-share video tersebut terkait pernyataan om yang ini aja:
yang video om share itu dia kan cuma pake asumsi hitungan matematika dia om, ini yang saya share ya mereka ud study dulu buat bikin itu acara, kalo mobil dibatesin usia 10th saya punya 2 mobil kilometer dibawah 100rb semua umur ud pada 10th mesin terawat interior bagus apakah carbon footprint saya banyak dari tuh mobil padahal hari2x saya di rumah itu mobil 2 seminggu jalan gak sampe 200km ??? karena pergi kerja pun dulu saya malah ngojek, terus karena mobil saya ud 10th saya harus scrap tuh mobil masuk junkyard gitu beli mobil baru demi yang katanya menyelamatkan lingkungan :big_biglaugh: padahal saya sudah save enviroment dengan hemat pake itu 2 mobil dan padahal mobil saya perfect running mesin sehat mungkin emisinya lebih rendah dari mobil umur 5th tapi kilometer ud 200rb dkk :big_bored:

makannya diluar kan ada yang namanya inspection mobil tua kalo sehat ya bisa lanjut mobil baru kalo babak belur gak lulus emisi mereka juga gak lulus :big_biglaugh:

om liat sendiri di jepang juga kayak gitu mereka pake mobil lama biarpun kalo mereka jual kadang masuk scrap atau mungkin di ekspor bekasnya karena hari2x ya mereka jalan kaki mobil buat wekend aja justru disana yang wara wiri pake mobil ya orang desa :big_bored:
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by Taufiq6210 »

b0ku wrote: Sat Jun 04, 2022 3:04 kalo mobil dibatesin usia 10th saya punya 2 mobil kilometer dibawah 100rb semua umur ud pada 10th mesin terawat interior bagus apakah carbon footprint saya banyak dari tuh mobil padahal hari2x saya di rumah itu mobil 2 seminggu jalan gak sampe 200km ??? karena pergi kerja pun dulu saya malah ngojek, terus karena mobil saya ud 10th saya harus scrap tuh mobil masuk junkyard gitu beli mobil baru demi yang katanya menyelamatkan lingkungan :big_biglaugh: padahal saya sudah save enviroment dengan hemat pake itu 2 mobil dan padahal mobil saya perfect running mesin sehat mungkin emisinya lebih rendah dari mobil umur 5th tapi kilometer ud 200rb dkk :big_bored:
Nah iya saya setuju dengan om dalam kasus ini, mobil saya juga udah 20 tahun dan belum pernah tuh jalan sampai 5000 km setahun. Tapi kan bagi kebanyakan orang, mobil tuh banyak dipake jalan, nah bagi orang-orang seperti mereka itu ada saatnya dimana mengganti dengan mobil yang lebih irit BBM akan menghasilkan total emisi yang lebih rendah ketimbang mempertahankan mobil lama mereka.

Masalahnya saya agak ragu, apakah mobil baru sekarang lebih irit BBM secara signifikan ketimbang mayoritas mobil berumur 5-10 tahun yang beredar di jalanan? Kalau ternyata tingkat keiritannya kurang lebih sama ya artinya secara emisi jauh lebih baik orang tetep mempertahankan mobil lamanya mereka.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by b0ku »

Taufiq6210 wrote: Sat Jun 04, 2022 3:53

Nah iya saya setuju dengan om dalam kasus ini, mobil saya juga udah 20 tahun dan belum pernah tuh jalan sampai 5000 km setahun. Tapi kan bagi kebanyakan orang, mobil tuh banyak dipake jalan, nah bagi orang-orang seperti mereka itu ada saatnya dimana mengganti dengan mobil yang lebih irit BBM akan menghasilkan total emisi yang lebih rendah ketimbang mempertahankan mobil lama mereka.

Masalahnya saya agak ragu, apakah mobil baru sekarang lebih irit BBM secara signifikan ketimbang mayoritas mobil berumur 5-10 tahun yang beredar di jalanan? Kalau ternyata tingkat keiritannya kurang lebih sama ya artinya secara emisi jauh lebih baik orang tetep mempertahankan mobil lamanya mereka.
makannya kan di video itu juga dibilang loe punya prius masih bagus ngapain ganti tesla :big_biglaugh:

dan di video juga bilang kan kalo emang mobilnya ud busuk belilah small electric karena yang bener2x ramah lingkungan emang mobil listrik kecil bukan yang gede2x macem tesla, yang dia maksud ya macem leaf atau wuling ev :big_biglaugh:

jd sebnernya bukan usianya yang di batesin tapi harusnya ya kayak di luar jalur inspeksi jgn mentang2x mobil ud tua terus di paksa scrap orang di paksa beli mobil baru itu namanya pemborosan,banyak mobil tua dibeli dan jalan low km kebanyakan ya mobil2x premium sport car masa harganya em em an 10th baru running 20-50rb mau di scrap ya kan itu bukannya namanya bemborosan apalagi ud di scrap besinya cuma kepake buat jadi kemasan coke cola :big_bored:

masalahnya kalo di pikiran orang tua mayoritas ya apalagi yang berduit mereka punya mobil 5th mau low high km juga dijual ganti baru dengan alesan bodoh katanya ngerong2x padahal ngerong2x juga masih lebih murah benerin daripada nambah uang dan belom itungan depresiasi :big_bored:

ya balik lagi banyakan orang ganti mobil masih bagus dengan banyak alesan mobil dah tua mau save environtment, karena sebenernya mereka cuma mentingin EGO mau ngeceng pake barang baru biar kekinian :big_biglaugh:

kalo mau save environtment hari2x jalan kaki/motor/speda/public transport bukan naek mobil :big_biglaugh:
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by KielConstantine »

ctopher7 wrote: Sat Jun 04, 2022 2:13 solar goceng racing team

Mantep ini

Coba dibikin balapan pake solar filteran hasil goreng kfc mcd . Itu baru namanya ramah lingkungkan :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by Zaxis »

Mobil diatas 10 taon mah ga perlu masuk scrap
Tapi pajak nya dinaekin 2x tiap taon
Kalo sekarang kan pajak mobil tua malah makin murah
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Sat Jun 04, 2022 5:36 Mobil diatas 10 taon mah ga perlu masuk scrap
Tapi pajak nya dinaekin 2x tiap taon
Kalo sekarang kan pajak mobil tua malah makin murah
sama aja nyuruh mobil tua masuk scrap :big_dunno:

yang benr ya inspection aja emang ngerawat mobil tua gak pake biaya kalo gak lulus inspeksi silahkan benerin atau upgrade biar lulus kalo ud gak sanggup sama biayanya ya scrap atau jd penghuni gudang gitu aja repot jadi yang dijalan yang roadworthy aja mau mobilnya baru kualitasnya bajaj kayak wooleng EV ya juga sama saja boong :mky_03:
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by Zaxis »

b0ku wrote: Sat Jun 04, 2022 5:41
Zaxis wrote: Sat Jun 04, 2022 5:36 Mobil diatas 10 taon mah ga perlu masuk scrap
Tapi pajak nya dinaekin 2x tiap taon
Kalo sekarang kan pajak mobil tua malah makin murah
sama aja nyuruh mobil tua masuk scrap :big_dunno:

yang benr ya inspection aja emang ngerawat mobil tua gak pake biaya kalo gak lulus inspeksi silahkan benerin atau upgrade biar lulus kalo ud gak sanggup sama biayanya ya scrap atau jd penghuni gudang gitu aja repot jadi yang dijalan yang roadworthy aja mau mobilnya baru kualitasnya bajaj kayak wooleng EV ya juga sama saja boong :mky_03:
Lah liat aja itu kendaraan komersil padahal tiap 6 bulan wajib uji kir
Yang dijalan kaya apa?kok bisa lulus?
Mobil ga layak jalan bisa simsalabim lulus kir

Percuma inspeksi2 gitu mah,cuma jadi ajang pungli dan korupsi aja
Semua bisa diatur asal ada duit nya
Daripada bikin kaya oknum yah mending sekalian resmi masuk negara

Kalo ga mau bayar pajak yah jadi penghuni gudang aja
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Solar 5150 - hanya untuk mobil tahun 2012 kebawah

Post by b0ku »

Zaxis wrote: Sat Jun 04, 2022 7:14 Lah liat aja itu kendaraan komersil padahal tiap 6 bulan wajib uji kir
Yang dijalan kaya apa?kok bisa lulus?
Mobil ga layak jalan bisa simsalabim lulus kir

Percuma inspeksi2 gitu mah,cuma jadi ajang pungli dan korupsi aja
Semua bisa diatur asal ada duit nya
Daripada bikin kaya oknum yah mending sekalian resmi masuk negara

Kalo ga mau bayar pajak yah jadi penghuni gudang aja
makannya aturannya gak bakalan ada yang jalan mendingan biarin aja kayak gini toh emang di jakarta berapa banyak mobil kuli umur 10th keatas sekarang avanza 2011 aja ud rare :wkkk:

CRV gen 3 ud rare padahal dulu populasinya banyak malah E90 sama e36 keliatannya banyakan e36 akhirnya yang susah di benerin juga mampus sendiri :big_biglaugh:

SX4 dulu indent gila2xan sampe harga bekasnya lebih mahal sekarang pada kemana??? :big_biglaugh: