Ertiga hybrid baru launching

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by b0ku »

ChZ wrote: 22 Jun 2022, 10:04
cenggo sese loh. balas dendam tuh HRV 1.5 lemot dibully noh keluarin lebih kecil tp cenggo sese. kyknya bakal jadi lawan sonet.
ujung2xnya bakalan di adu sama creta om sama influencer :mky_03:

balas dendam test 0-100 lagian saya gak yakin HRV kemaren kalah soalnya gak punya sport mode coba di settingan gasnya di setel high pasti ganas soalnya GE8 saya sih kayak swap engine :wkkk:
black2345
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: 30 Sep 2015, 16:29

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by black2345 »

grimjow wrote: 21 Jun 2022, 19:08
black2345 wrote: 21 Jun 2022, 16:00
grimjow wrote: 21 Jun 2022, 15:42 Yang saya bingung dari Carry tuh banyak angkot di puncak pake itu dan yakin umur dan km tuh uda tinggi banget, gimana cara rawat nya tuh ya awet2 aja.
Ini ertiga hybrid kurang jualan gimmick nya harusnya tambahin sunroof dan rem elektrik :big_peace:
Ngga akan om ada sanruf sama rem elektrik :big_biglaugh:

Org komunitas kasih masukan buat ertiga facelift aja ga ada 1 yg didengerin; ban jadi ring 16, ganti dashboard, ganti bumper depan-belakang & grill sekalian headlamp

Keluarnya eh malah ditambahin batrai yg kalo rusak males bener belinya.. wkwkwk
Yg lain ga diapa2in, velg ss & gx malah balik ke tipe gl tapi polished..

Sis oh sis..
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Ciri khas Suzuki banget men upgrade hal yang menurut user ga penting dan men downgrade yang user anggap penting.
Baterei nya 15 juta kalo ampe rusak.
Good thing nya harga mobkas sebelum hybrid ini bisa jadi akan nahan juga
Nah ini jg guyonan di WAG komunitas ertiga..
Bisa2 all new non hybrid harganya lebih nahan dibanding yg hybrid krn maintenence costnya mbendhol mburi (kata org jawa)

Sama ada 1 lagi video blunder yg dibuat sama marketing suzuki. Maksudnya sih bikin video seberapa irit si hybrid ini di tol. Waktu isi full tank & reset fc kelihatan konsumsi asli pemakian sebelumnya di angka 1:12,1 :upss:

Kemudian dipanteng di kecepatan 80kpj pake cruise control & whala keluar 1:20 km/lt
Penasaran videonya Fitra Eri gmn nanti FC nya, versi om mobi ga asik.. kelihatan bgt kalo bersponsor :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12037
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by ChZ »

b0ku wrote: 22 Jun 2022, 10:27
ujung2xnya bakalan di adu sama creta om sama influencer :mky_03:

balas dendam test 0-100 lagian saya gak yakin HRV kemaren kalah soalnya gak punya sport mode coba di settingan gasnya di setel high pasti ganas soalnya GE8 saya sih kayak swap engine :wkkk:
gw curiganya itu saking honda maunya mobil bisa mimik ron90, timing atasnya dikorbanin toh 90% manusia di +62 gak main putaran atas gak ngerti bedanya ron90, 92, 98. banyak koq orang blg isi pertamak pertalite ga ada beda, ya iya klo kaki gak sopan mah ngerti pasti bedanya tu jarum rpm naik males malesan apa engga.

coba remap tune ron98 + downpipe. yang manual aja bisa dapet 50hp tuh di city hatch. yg matik cuma 20hp kena rev limiter cvt ga bisa naek banyak.

klo orang indo suka high rev macem orang itali, gak akan bilang gajah diesel std kenceng. nyatanya orang yg biasa pake avanza dkk aja bisa bilang reborn standar kenceng. ya kenceng, mainnya cuma speed 0-40 aja 60 jg kalo kosong :upss: pdhl tuh reborn disel standaran nol cepeknya gak lebih bagus drpd veloz cenggo.
black2345 wrote: 22 Jun 2022, 11:14 Nah ini jg guyonan di WAG komunitas ertiga..
Bisa2 all new non hybrid harganya lebih nahan dibanding yg hybrid krn maintenence costnya mbendhol mburi (kata org jawa)

Sama ada 1 lagi video blunder yg dibuat sama marketing suzuki. Maksudnya sih bikin video seberapa irit si hybrid ini di tol. Waktu isi full tank & reset fc kelihatan konsumsi asli pemakian sebelumnya di angka 1:12,1 :upss:

Kemudian dipanteng di kecepatan 80kpj pake cruise control & whala keluar 1:20 km/lt
Penasaran videonya Fitra Eri gmn nanti FC nya, versi om mobi ga asik.. kelihatan bgt kalo bersponsor :big_peace:
sama kayak toyota camry hybrid, logikanya mobil kalo terkenal irit kan harusnya resale value nahan yah. ini harganya jd sama kayak camry 2.5V biasa :big_biglaugh: lah resale valuenya knp jadi mirip 3.5Q gini.

entar fitra eri jg bau baunya "bersponsor" om :mky_03:
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
b0ku
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2172
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by b0ku »

ChZ wrote: 22 Jun 2022, 14:49
gw curiganya itu saking honda maunya mobil bisa mimik ron90, timing atasnya dikorbanin toh 90% manusia di +62 gak main putaran atas gak ngerti bedanya ron90, 92, 98. banyak koq orang blg isi pertamak pertalite ga ada beda, ya iya klo kaki gak sopan mah ngerti pasti bedanya tu jarum rpm naik males malesan apa engga.

coba remap tune ron98 + downpipe. yang manual aja bisa dapet 50hp tuh di city hatch. yg matik cuma 20hp kena rev limiter cvt ga bisa naek banyak.

klo orang indo suka high rev macem orang itali, gak akan bilang gajah diesel std kenceng. nyatanya orang yg biasa pake avanza dkk aja bisa bilang reborn standar kenceng. ya kenceng, mainnya cuma speed 0-40 aja 60 jg kalo kosong :upss: pdhl tuh reborn disel standaran nol cepeknya gak lebih bagus drpd veloz cenggo.

itu ge8 saya mah pake nito plus aja gejalanya gitu kok padahal oktan sama kan sama turbo :big_bored:

liat takometer kurang galak terus larinya agak berasa lemot ternyata gak lama bener nemu artikel ginian kirain sugesti :big_bored:
Berdasarkan hasil uji lab, RON Pertamax Turbo menujukan angka 98,4.

Sedangkan Shell V-Power Nitro+ menunjukan angka oktana riset (RON) 98.0.
https://www.gridoto.com/read/223113444/ ... aik?page=2

padahal selisih 0.4 doank harusnya gak berasa dan mesin settingan ecunya std yang di setel kan cuma bukaan gas doank :big_bored:

kalo HRV sih saya bilang gitu om soalnya cuma punya mode ECON sama NORMAL kalo normal biasa bukannya kecil jd mesinnya kurang galak di RPM Bawah buat BBM sama kenyamanan juga kalo bukaannya gede itu mobil suka nyentak2x soalnya :mky_03:

sedangkan creta modenya banyak pas di taro di sport settingannya juga berubah termasuk respon gasnya :mky_01:
soalnya saya ud pernah liat creta nafas atasnya juga gak panjang kok :mky_01:
User avatar
darrelund
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by darrelund »

ChZ wrote: 20 Jun 2022, 09:42
Salvanost wrote: 20 Jun 2022, 09:09 li-on itu.... life cycle cuma 500-800an mentok2 1000

bayangin aja ya, kapasitas batrenya kecil...
itu jaminan bakalan cepat habis batrenya dan langsung diisi lagi dalam waktu yang sangat cepat

jadi SANGAT BEDA JAUH sama yang murni EV, 1 batre 1 minggu bisa isi 1-2x doank kalau ekspetasi life cycle 1000 ya 1000/2 = 500 minggu = kurang lebih 10 tahun

makanya kaya Nissan E-kick aja saya ngeri... bagus tapi ngeri, kecuali emang ada system didesain buat memperpanjang umur batrenya
masalahnya kicks itu .... begitu batere udah abis ya udah deh tamat riwayat. padahal doi punya mesin bensin. generatornya jadi sia-sia kalo batrenya rusak. ya gak salah emang pure EV kalo rusak juga kayak pure EV : mogok total. wkwkwkkwkw.

beda ama toyota hybrid itu bensin masih bisa dipake jalan.

analoginya kyk kite punya henpon disambung ke portable charger yang otomatis charging begitu kita pake buat nge-game yg bikin batre panas dan cepet turun. siklus batrenya jadi cepet banget muter.

masalahnya batre henpon paling cuma ratusan rebu, batre mobil setara harga skutik baru :big_biglaugh:
ya itulah serial hybrid

nissin pengen ikutan hybrid tapi pengen yg murah, ya itu jadinya e-power yg sistem serial

enjin bensin tewas = mobil tewas :big_biglaugh:

laen ama toyota & honda yg sistem parallel, enjin & motor listrik sama" bisa jalankan roda. emg yg bener harusnya begini
User avatar
darrelund
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 412
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by darrelund »

rakyatwkwkland wrote: 11 Jun 2022, 22:20
Yha beda dong oom, kl yg make embel2 EQ Boost kan cap nya tiga bintang, netijen udh keburu silau sama cap tiga bintangnya duluan makanya udh gak sempet ngebully gimmick lagi. Kalo ini cap nya superman jadi lebih teringat untuk dibully :ngacir:

Padahal mah kayanya sistem mild hybrid begini kayanya juga banyak dipakai di brand2 lain bukan? Ya mau dianggap berguna silakan, dianggap cuma gimmick ya jg gak papa toh selisih harganya juga tipis banget dgn versi non-mild hybrid nya.
itulah tjap tiga bintang, pokoknya brand luxury apapun disini immune sama bully om :big_biglaugh:

giliran brand biasa pake torsion beam, minim soft touch ribut. a-class 700 juta pake torsion beam, plastikan & naikannya ambruk begitu pada diem" bae

bedanya seh yg yurop ISG nya di sandwich antara mesin & girboks, makanya mereka berani ngasih figur tenaga & torsi tambahan krn connect direct ke girboks

tapi saya setuju lah, bedanya dikit doang. toh batere klo bubar diganti gratis kan :big_biglaugh:
leogalih
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: 03 Mar 2021, 08:25
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Grand Vitara 2400

Re: Ertiga hybrid baru launching

Post by leogalih »

Malang, CNN Indonesia -- Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengadakan sesi test drive Ertiga Hybrid di Jawa Timur, Selasa (21/6). Dalam kesempatan ini sekaligus untuk membuktikan sebarapa efisien konsumsi bahan bakar low MPV itu.
Dalam uji irit, Suzuki Ertiga Hybrid berhasil mencapai efisiensi bahan bakar 22,52 km per liter setelah dikendarai sejauh 140 km dari Batu menuju Surabaya.

Catatan itu merupakan untuk varian GX transmisi otomatis. Pengukuran efisiensi bahan bakar menggunakan metode full-to-full menggunakan Pertamax Turbo.

(ga saya lanjutin, kesimpulan sudah pada paragraf pertama.. selebihnya bisa baca di artikel ini:
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/ ... iga-hybrid
1:22,5 Batu-Surabaya, dimana ga usah ngegas pun sudah banyak dibantu gravitasi :big_grin:

saya pake XL7 Pertamax, Bandung-Jakarta juga bisa 1:20-21 :big_grin:

yang penting dominan jalan turun pasti bisa 1:21+
Post Reply