Re: Ertiga hybrid baru launching
Posted: Sun Jun 12, 2022 10:59
Indonesian Automotive Discussion Forum
https://www.serayamotor.com/diskusi/
Alesan klasik nih,kalau mau comot cvt kan bisa dr negara selain indihe (inget celerio cvt)kenapa mesin ga ganti k15c+6sp at? k15c nanti gak kembaran sama carry dan harus part baru, gak efficient secara bisnis. selain itu mesin baru k15c belum tentu comply dengan bensin pertalite. 6sp at? kacau dah ini trans, di india 0-100nya 18 detik. transmisi 6sp ini ternyata buat mesin gede, jadi pas dipasang ke 1500cc ya lemotnya begitu.
sejauh ini gak pernah denger CRZ ganti batre sih yang sering camry 60jt sama prius 30-40jtsherryandkez wrote: ↑Sun Jun 12, 2022 16:47 Kebeneran udah nyoba nih.
1036061.jpg
pas hari launching langsung bawa pulang (dipinjemin bukan beli), nekat ga isi bensin pula saking pedenya hybrid . gak saya buatin review soalnya saya yakin se SM raya udah taulah mobil ertiga bentuk dan rasanya kayak apa hahaha. yang pertama kerasa di ertiga hybrid ini adalah mesinnya yang alusan dari ertiga lama. padahal gak ganti mesin dan transmisi. performa juga naik, ertiga lama saya pernah coba 0-100 11.8s, ini rasa2nya bisa 10 detik gede atau 11 detik kecil.
dia sistemnya sebetulnya mirip IMA honda lama, batere kecil dan gabisa jalanin mobil pake motornya aja, harus mesin tetep nyala. di kemacetan sih mati ya kan ada idling start, ac dan audio juga normal layaknya mobil hybrid beneran. sayangnya karena baterenya kecil banget (segede aki motor) jadi kalo macet banget ya mesin bakal sering nyala, hence akan boros juga sih. batere IMA lebih gede. idling start nya juga agak kasar.
buat konsumsi BBM lumayan naik iritnya, saya bawa pulang ke rumah dari pabrik dapat angka 13.5 km/l. sebagai bandingan ES hybrid beneran rute sama 15km/l, CR-V 2.4 8km/l, dan Sirion 12km/l. secara angka emang hebat ya, lebih irit dari hatchback 1300cc dan hampir nyamain 2500cc hybrid beneran. prediksi saya kalo full ngetol 80-90kpj bisa dapet 25-28km/l. kalo di video channel sebelah 18.2km/l rute dalkot saya rasa agak bombastis ya, kalo beneran berarti naik 4km/l dari ertiga biasa dan nyamain ES hybrid saya.
modelan IMA begini emang lebih bakal jago di tol karena dia bantu terus mesin bensinnya, beda dengan HSD toyota/lexus yang di kecepatan nanggung 90-100 yang nyala mesin bensinnya aja dan bebannya berat karena gerakin mobil+ngecas batere.
ngobrol juga dengan orang dari indomobil suzukinya, katanya untuk batere 15jt itu beneran segitu harganya, cuma konon akan ada goodwill dari suzuki (masih digodok) disc 20% jadi 12jt. garansi baterenya 5 tahun/100rb km, tapi dari tes mereka umurnya tahan lama karena batere kecil jadi kemungkinan besar ketika mobil mati batere >50%. procedurenya ketika servis rutin 5 tahun/100rb km batere akan dicheck dan kalau kondisi sudah jelek akan diganti free. intinya suzuki gak mau ada konsumen ertiga hybrid yang ngeluh harga batere mahal, karena memang pas riset pasar konsumen keberatan untuk bayar 15jt ganti batere dan aki jg mahal. btw aki start stop sekarang banyak replacementnya yang murah.
kenapa mesin ga ganti k15c+6sp at? k15c nanti gak kembaran sama carry dan harus part baru, gak efficient secara bisnis. selain itu mesin baru k15c belum tentu comply dengan bensin pertalite. 6sp at? kacau dah ini trans, di india 0-100nya 18 detik. transmisi 6sp ini ternyata buat mesin gede, jadi pas dipasang ke 1500cc ya lemotnya begitu.
blundernya suzuki yang sampe karyawannya sendiri bingung adalah : salesnya belum ditraining!
jadi pas saya ambil mobil, orang suzukinya cerita, mobil yang saya pake ini bener2 unit awal karena dealer2 baru dapet unitnya malem sebelum launching. saya tanya dong, trus salesnya belum megang dong di dealer2? orang suzukinya jawab iya. dan karena dealer belum dapet unit, ya sales belum ditraining. lah gimana kan bisa training tanpa mobilnya harus sampe dealer
buat tipe SS yang saya pake ini 292jt, disc launch 20jt jadi 272. worth kah? ya kalo tanpa ngitung ganti batere worth sih, mobil enak+nyaman, sekarang juga irit bener. lebih kepake hybrid ini daripada TSS menurut saya hahaha.
Menurut perkiraan ane sih dengan batre yg kecil gitu.artinya dia cuma berfungsi saat stop & penambah tenaga untuk angkatan awal sajamastom wrote: ↑Mon Jun 13, 2022 1:50 Tertarik krn 2 hal;
1. akeselari, kelas mobil rakyat lumayan banget, pas bt nyalip2 di tol
2. 15-18 km/l lumayan, untuk harga pertamax sekarang,
batere 15 jt, 5 thn, murah klo itung2an dpt akselerasi bagus
klo krn saving dari bensin, itu relative, klo sering make ya jelas untung, tp klo jarang ya rugi,
Kalo scr matematika pasti rugi. Tapi kalo dilihat dari keuntungan tak kasat mata, kebanggaan tersendiri memiliki mobil dengan emblem "hybrid". Dengan harga murahKervey wrote: ↑Mon Jun 13, 2022 3:51Menurut perkiraan ane sih dengan batre yg kecil gitu.artinya dia cuma berfungsi saat stop & penambah tenaga untuk angkatan awal sajamastom wrote: ↑Mon Jun 13, 2022 1:50 Tertarik krn 2 hal;
1. akeselari, kelas mobil rakyat lumayan banget, pas bt nyalip2 di tol
2. 15-18 km/l lumayan, untuk harga pertamax sekarang,
batere 15 jt, 5 thn, murah klo itung2an dpt akselerasi bagus
klo krn saving dari bensin, itu relative, klo sering make ya jelas untung, tp klo jarang ya rugi,
Beda sama pny corolla cross
Jdi lebih kepake rute dalkot macet²an
Kemungkinan sih ada nambah irit skitar +15% yak (
Tpi perlu kita kalkukasi lebih dalam
Misal sebulan bensin 1jt.maka ada keiritan 150rb
Yg artinya 1 tahun 1,8jt (bulatkan saja 2jt)
Lalu replace baterai 15jt
Yg berarti d pakai 7,5 taun baru BEP (blm include aki yg harganya bisa 2,5x drpd aki mobil biasa)
Klo d itung aki ? Wah asumsi mungkin 10 taun baru BEP
Stelah 10 taun ya tewas jg tu batre
Klo belon 10 taun = lebih rugi
Saya rasa sih klo ngomong hybrid lebih irit ga jg
Stelah d hitung secara matematika jatuhnya sama aja
Itu kalau pedal rem diinjek trus gigi transmisi dioper ke N dan kita handbrake habis itu pedal rem dilepas EASS (engine autostart stop)nya tetep aktif gak ya? Soalnya pernah bawa Xpander cross cvt enak tuh startstopnya.. Mungkin karna ada auto brake hold ya, jadi injek rem berenti trus pedal rem dilepas autostart stopnya masih aktif jadi gak cape.rakyatwkwkland wrote: ↑Mon Jun 13, 2022 16:30 Nubi gamao kalah
Kemaren nyerpis si K15B yg masih tanpa embel2 haebrit apa pun di beres SBT PIK jakarta utara. Kebetulan serpis agak besar jadi agak lama, main2lah ke dealer. Udah dipajang aja si er3 FL smart hybrid ini. Kebetulan yang dipajang adalah tipe gx
Penampakannya :
52158.jpg
52159.jpg
52160.jpg
Baterai kecil di bawah korsi penumpang depan :
52161.jpg
Dari sisi kosmetik yg positip sih ESP dah turun ke tipe gx dan dapet CC jg. Kayanya secara fitur antara tipe GX dan SS podo wae, cmn beda di bodykit yg gak terlalu penting. Terus plafonnya ternyata ikut berubah warna jadi silver2 grey gitu, kalo yg lama kan walau interiornya hitam tapi plafonnya tetep beige jadi gak nyambung...
Sepik2 sikit sama sales nya, baru2 nongol benar adanya bahwa udah didiskon 20 juta. Ane nanya, masih bisa digoyang gak? Gabisa katanya udah harga bagus banget itu Malah katanya diskon 20 juta ini cuma harga perkenalan, nanti kalo masa perkenalannya udah lewat turun jadi 17 juta doang.
Iseng2 nanya ada unit test drive gak, ternyata ada tapi cuma boleh keliling dealer doang. Kebetulan itu dealer berupa komplek yg isinya dealer2 merk2 lain yang jualannya indomobil juga macam kia, pewe, batumakam, hino. Jadi track test drive sangat terbatas, tapi ya gak pendek2 amat juga. Kebetulan unit test drive tipe gx juga dan transmisi yang automatic.
Ambil kunci dan buka pintu lewat remote, ternyata spionnya udah otomatis ngebuka lewat remote. Kalo yang punya ane masih harus pencet dari dalem. Start mesin, impresinya starternya masih mirip dgn yang lama, tapi kayanya yg ini agak lebih halus. Mesin menyala, dan langsung coba aja bawa muter.
Kondisi baterai pas jalan kalo gasalah inget ada sekitar 3 kotak dari 5. Coba mulai muter2 dikit, gak terlalu berasa beda apa2. Cari trek lurus yang agak panjangan. Coba ane geber dari 0-40 km/h, impresinya hampir sama persis dengan yang non-hybrid. Mungkin iya ada berasa lebih enteng aja tarikan awalnya, tapi gak terlalu noticeable lah. Singkatnya, untuk urusan performa sudah pasti tidak usah berharap perubahan yang gimana2 karena namanya aja mild hybrid, gak ada motor listriknya cuma pake ISG doang.
Berikutnya ane test idling start-stop nya. Caranya cukup hentikan mobil sambil pedal rem tetap ditahan. Tuas transmisi boleh dikeep di D atau dipindah ke N juga boleh, yang penting pedal rem jangan dilepas karena mesin akan nyala kalo kita lepas rem. Setelah kira2 4-5 detik lah nanti mesin akan mati sendiri. Untuk proses mati-nyala nya bukan yang paling halus, tapi masih okelah. Saat proses mati dan nyala masih terasa ada getarannya sedikit, tapi rasanya masih cukup acceptable. Setelah mesin mati, kompresor AC tentu ikut mati. Awal2 angin AC masih dingin tapi2 lama2 mulai ilang dinginnya. Dan ternyata durasi mati nya lumayan bisa agak lamaan. Mungkin karena sekarang dapet baterai dedicated tambahan. Cuma karena AC sudah mulai panas ya ane gak sabaran, langsung lanjut gas lagi aja.
Kalo ane pribadi mungkin bakal matiin aja sistem idling start-stop nya karena jujur cukup annoying kalo di siang hari. Kalo malam hari mungkin masih dapat dipertimbangkan buat diidupin karena malam kan udah gak panas. Cuma emang denger2 dari user2 mobil dan motor yang ada idling start stop nya konon ngidupin idling start-stop sangat mereduksi umur aki, ya jadi mikir2 lagi
Jadinya ya singkat cerita emang fitur yang satu ini antara berguna dan gak berguna sih. Mungkin berguna bagi pabrikan buat memunculkan klaim angka konsumsi bahan bakar yang lebih baik, seraya biar mobil jualannya bisa masuk bracket PPNBM yang persentasenya lebih rendah karena konsumsi BBM dan CO2 nya lebih bagus.
Oh ya, kebetulan selama muter2 MID ane posisikan terus di bagian informasi power meter nya. Sepemantauan mata ane, selama ane bawa muter2 kok gak ada sama sekali dia ngerecharge itu baterai ya, even saat kita berdeselerasi? Kalo ane tanya sales nya sih karena dia baru ngerecharge kalo baterainya udah di bawah 2 kotak. Entah bener gak begitu. Kalo bener, hebat juga ini baterai karena selama ane pakai muter2 beberapa puteran, listriknya cuma turun dari 3 kotak ke 2 kotak doang.
Untuk konsumsi BBM, kebetulan ane lupa foto MID nya, di situ menunjukkan angka 7 km/L. Ya gausah heran karena itu unit test drive dipake geber2 dan muternya cuma dalem komplek dealer doang. Baru akurat kalo udah dibawa ke jalan raya.
Last2, kesimpulan ane sih ya smart hybrid begini ya cukup nice to have. Ada ya sukur karena harga toh juga gak naik banyak, gak ada juga gak apa2 karena selisih konsumsi BBM nya juga gak seberapa. Buat yang khawatir ganti itu baterai imut harganya mahal, ya gausah ambil pusing, kalo mati ya tinggal dibiarin aja kalo gak mau keluar uang buat ganti baterainya. Harusnya gak akan bikin masalah apa pun pada mobilnya. Untuk performa ya jangan pernah berharap ada perbedaan apapun karena lagi2 ini cuma mild hybrid yang gak punya motor listrik, cuma ngandelin ISG! Ini aja sijuki masih bagus gak klaim penambahan horsepower atau torsi. Kalau brand yang tjap tiga bintang itu udah ngeklaim +sekian HP dan +sekian Nm itu...
Oh ya, buat media yang ngetest konsumsi BBM bisa sampe 18 km/L, yang pertama harus diselidiki adalah bagaimana kondisi pengujiannya?? Ertiga ane kalo ane bawa jalan2 dalam kota jakarta di malam hari yang udah gak ada macet lagi dan traffic udah lengan mah juga gampang nyetak 17-18 km/L dalam kota
setiap mau beli mobil hybrid / electric, begitu mulai hitung-hitungan biasanya batal terutama kalo udah ngomongin usia batre yang gak bisa diprediksi semua penghematannya jadi habis.Kervey wrote: ↑Mon Jun 13, 2022 3:51
Menurut perkiraan ane sih dengan batre yg kecil gitu.artinya dia cuma berfungsi saat stop & penambah tenaga untuk angkatan awal saja
Beda sama pny corolla cross
Jdi lebih kepake rute dalkot macet²an
Kemungkinan sih ada nambah irit skitar +15% yak (
Tpi perlu kita kalkukasi lebih dalam
Misal sebulan bensin 1jt.maka ada keiritan 150rb
Yg artinya 1 tahun 1,8jt (bulatkan saja 2jt)
Lalu replace baterai 15jt
Yg berarti d pakai 7,5 taun baru BEP (blm include aki yg harganya bisa 2,5x drpd aki mobil biasa)
Klo d itung aki ? Wah asumsi mungkin 10 taun baru BEP
Stelah 10 taun ya tewas jg tu batre
Klo belon 10 taun = lebih rugi
Saya rasa sih klo ngomong hybrid lebih irit ga jg
Stelah d hitung secara matematika jatuhnya sama aja
konsumsi bensin 1:18 ni actual full to full atau by MID om?rakyatwkwkland wrote: ↑Mon Jun 13, 2022 16:30 Nubi gamao kalah
Kemaren nyerpis si K15B yg masih tanpa embel2 haebrit apa pun di beres SBT PIK jakarta utara. Kebetulan serpis agak besar jadi agak lama, main2lah ke dealer. Udah dipajang aja si er3 FL smart hybrid ini. Kebetulan yang dipajang adalah tipe gx
Penampakannya :
52158.jpg
52159.jpg
52160.jpg
Baterai kecil di bawah korsi penumpang depan :
52161.jpg
Dari sisi kosmetik yg positip sih ESP dah turun ke tipe gx dan dapet CC jg. Kayanya secara fitur antara tipe GX dan SS podo wae, cmn beda di bodykit yg gak terlalu penting. Terus plafonnya ternyata ikut berubah warna jadi silver2 grey gitu, kalo yg lama kan walau interiornya hitam tapi plafonnya tetep beige jadi gak nyambung...
Sepik2 sikit sama sales nya, baru2 nongol benar adanya bahwa udah didiskon 20 juta. Ane nanya, masih bisa digoyang gak? Gabisa katanya udah harga bagus banget itu Malah katanya diskon 20 juta ini cuma harga perkenalan, nanti kalo masa perkenalannya udah lewat turun jadi 17 juta doang.
Iseng2 nanya ada unit test drive gak, ternyata ada tapi cuma boleh keliling dealer doang. Kebetulan itu dealer berupa komplek yg isinya dealer2 merk2 lain yang jualannya indomobil juga macam kia, pewe, batumakam, hino. Jadi track test drive sangat terbatas, tapi ya gak pendek2 amat juga. Kebetulan unit test drive tipe gx juga dan transmisi yang automatic.
Ambil kunci dan buka pintu lewat remote, ternyata spionnya udah otomatis ngebuka lewat remote. Kalo yang punya ane masih harus pencet dari dalem. Start mesin, impresinya starternya masih mirip dgn yang lama, tapi kayanya yg ini agak lebih halus. Mesin menyala, dan langsung coba aja bawa muter.
Kondisi baterai pas jalan kalo gasalah inget ada sekitar 3 kotak dari 5. Coba mulai muter2 dikit, gak terlalu berasa beda apa2. Cari trek lurus yang agak panjangan. Coba ane geber dari 0-40 km/h, impresinya hampir sama persis dengan yang non-hybrid. Mungkin iya ada berasa lebih enteng aja tarikan awalnya, tapi gak terlalu noticeable lah. Singkatnya, untuk urusan performa sudah pasti tidak usah berharap perubahan yang gimana2 karena namanya aja mild hybrid, gak ada motor listriknya cuma pake ISG doang.
Berikutnya ane test idling start-stop nya. Caranya cukup hentikan mobil sambil pedal rem tetap ditahan. Tuas transmisi boleh dikeep di D atau dipindah ke N juga boleh, yang penting pedal rem jangan dilepas karena mesin akan nyala kalo kita lepas rem. Setelah kira2 4-5 detik lah nanti mesin akan mati sendiri. Untuk proses mati-nyala nya bukan yang paling halus, tapi masih okelah. Saat proses mati dan nyala masih terasa ada getarannya sedikit, tapi rasanya masih cukup acceptable. Setelah mesin mati, kompresor AC tentu ikut mati. Awal2 angin AC masih dingin tapi2 lama2 mulai ilang dinginnya. Dan ternyata durasi mati nya lumayan bisa agak lamaan. Mungkin karena sekarang dapet baterai dedicated tambahan. Cuma karena AC sudah mulai panas ya ane gak sabaran, langsung lanjut gas lagi aja.
Kalo ane pribadi mungkin bakal matiin aja sistem idling start-stop nya karena jujur cukup annoying kalo di siang hari. Kalo malam hari mungkin masih dapat dipertimbangkan buat diidupin karena malam kan udah gak panas. Cuma emang denger2 dari user2 mobil dan motor yang ada idling start stop nya konon ngidupin idling start-stop sangat mereduksi umur aki, ya jadi mikir2 lagi
Jadinya ya singkat cerita emang fitur yang satu ini antara berguna dan gak berguna sih. Mungkin berguna bagi pabrikan buat memunculkan klaim angka konsumsi bahan bakar yang lebih baik, seraya biar mobil jualannya bisa masuk bracket PPNBM yang persentasenya lebih rendah karena konsumsi BBM dan CO2 nya lebih bagus.
Oh ya, kebetulan selama muter2 MID ane posisikan terus di bagian informasi power meter nya. Sepemantauan mata ane, selama ane bawa muter2 kok gak ada sama sekali dia ngerecharge itu baterai ya, even saat kita berdeselerasi? Kalo ane tanya sales nya sih karena dia baru ngerecharge kalo baterainya udah di bawah 2 kotak. Entah bener gak begitu. Kalo bener, hebat juga ini baterai karena selama ane pakai muter2 beberapa puteran, listriknya cuma turun dari 3 kotak ke 2 kotak doang.
Untuk konsumsi BBM, kebetulan ane lupa foto MID nya, di situ menunjukkan angka 7 km/L. Ya gausah heran karena itu unit test drive dipake geber2 dan muternya cuma dalem komplek dealer doang. Baru akurat kalo udah dibawa ke jalan raya.
Last2, kesimpulan ane sih ya smart hybrid begini ya cukup nice to have. Ada ya sukur karena harga toh juga gak naik banyak, gak ada juga gak apa2 karena selisih konsumsi BBM nya juga gak seberapa. Buat yang khawatir ganti itu baterai imut harganya mahal, ya gausah ambil pusing, kalo mati ya tinggal dibiarin aja kalo gak mau keluar uang buat ganti baterainya. Harusnya gak akan bikin masalah apa pun pada mobilnya. Untuk performa ya jangan pernah berharap ada perbedaan apapun karena lagi2 ini cuma mild hybrid yang gak punya motor listrik, cuma ngandelin ISG! Ini aja sijuki masih bagus gak klaim penambahan horsepower atau torsi. Kalau brand yang tjap tiga bintang itu udah ngeklaim +sekian HP dan +sekian Nm itu...
Oh ya, buat media yang ngetest konsumsi BBM bisa sampe 18 km/L, yang pertama harus diselidiki adalah bagaimana kondisi pengujiannya?? Ertiga ane kalo ane bawa jalan2 dalam kota jakarta di malam hari yang udah gak ada macet lagi dan traffic udah lengan mah juga gampang nyetak 17-18 km/L dalam kota
idealnya kaya gini ya mirip kicks tapi jadi lebih mahal dan rumit buat ukuran pabrikan. kaya nissan kickslemonadelovers wrote: ↑Tue Jun 14, 2022 3:59 hmm terkait mild hybrid kenapa gak pakai sistem 48v sekalian dgn fungsi ISG dan Kompresor AC. supaya idling stop fungsi tp ac tetep nyala. klo begini lbh mirip ISS aja ya?
ya selama masih bakarin sampah dan ga uji emisi mana kepikir sampe situChZ wrote: ↑Tue Jun 14, 2022 4:18 setiap mau beli mobil hybrid / electric, begitu mulai hitung-hitungan biasanya batal terutama kalo udah ngomongin usia batre yang gak bisa diprediksi semua penghematannya jadi habis.
dan kebanyakan mobil hybrid/electric kalau dipake luar kota malah makin sering charging. gak lebih irit, tapi memperpendek umur batre.
masalahnya EV 800jt juga top speed cuma 180kmh muatan cuma 5 orang beli HRV bisa 220kmh akhirnya mikir lagi 800jt ioniq 5 atau beli BMW atau golf gti bisa 200kmh ++ di remap bisa 5 sec car juga ujung2xnya akhirnya mendingan beli LCGC aja
Gimana nasib Nissan e-kicks yg lama di showroom ya? Deket rumah saya masih parkir 2 unit di showroom udah sejak 2021 akhir belum gerak.wicaksono99 wrote: ↑Sat Jun 11, 2022 14:17Batre lithium masa pakai akan lama kalau ditempatkan di suhu kamar, lebih dingin lebih bagus (dalam artian 18-22 derajat celcius).. Suhu kerja batre lithium 0-45 derajat. Kalau tewas plek sih kayanya nggak, paling efisiensi daya tampungnya berkurang. Kalau ada sel batre yg rusak kayanya akan error, kalau udah rusak sebenernya bisa diganti hanya selnya aja yg rusak. Harga batre di eparts suzuki 15jt, tapi isinya paling cuma susunan batre lithium panasonic.. Bawa ke tempat bengkel ebike juga bisa harusnya dibenerin. Batre sepeda aja 3-5jtan yg isi 11ampere tergantung pake baterai apa.. Samsung atau panasonic.
Hybridnya ertiga akan jalan kalau beberapa parameter tercapai (pintu tertutup rapat, kap mesin terkunci, baterai lithium min 3 bar, seatbelt dipakai, lampu rem & transmisi normal).. Salah satu ga terpenuhi hybrid ga jalan alias full mesin bensin yg kerja.
Agak kocak juga sih batre lithium ertiga 6a 12v harga 15jt... Sedangkan batre lithium NIU NQI sport (motor listrik) 26a 48v harga 12jt.. Kapasitas gede malah murah.. Wkwkwkwk...
Paling mobil hybrid akan cepet bermasalah bagian baterainya kalau mobil jarang dipake/garage queen. Batre lithium itu akan berumur lama kalau disimpan disuhu 0-40 derajat celcius dan jika tidak dipakai dalam waktu agak lama, baterai tidak boleh dalam keadaan penuh (baterai gak stabil).. Jadi harus disimpan dalam kondisi terisi sekitar 50% (maksimum 70%). Saat kondisi tidak terpakai lama harus dipantau untuk dicas lagi sampai sekitar 50% lagi kalau mau disimpan lama (baterai kondisi tersimpanpun energinya akan tetap berkurang loh tapi bukan berarti batrenya bocor). Baterai lithium biasanya akan drop efisiensinya dibawah 80% kalau sudah 1000-1500 cycle pengisian. Nah garansi baterai biasanya cover kalau kapasitas baterai udah drop dibawah 80% selama seumur garansi.. Jadi kalau masih 81% klaim ga memenuhi karena dianggap masih bagus.
*pendapat ini dari pemahaman saya ya yg saya baca dari beberapa sumber, karena saya tertarik untuk beli ebike (sepeda pedelec) atau motor listrik. Kendaraan listrik sensitifnya lebih berat ke suhu pemakaian/penyimpanan baterai & seberapa banyak baterai terisi.
Ya gimana gak laku... Salesnya ditanya harga batrenya aja ga tau brp, udh berapa tahun tuh produk dijual masih aja ga tau harganya.. Kan kocak.peterming77 wrote: ↑Tue Jun 14, 2022 6:15Gimana nasib Nissan e-kicks yg lama di showroom ya? Deket rumah saya masih parkir 2 unit di showroom udah sejak 2021 akhir belum gerak.wicaksono99 wrote: ↑Sat Jun 11, 2022 14:17Batre lithium masa pakai akan lama kalau ditempatkan di suhu kamar, lebih dingin lebih bagus (dalam artian 18-22 derajat celcius).. Suhu kerja batre lithium 0-45 derajat. Kalau tewas plek sih kayanya nggak, paling efisiensi daya tampungnya berkurang. Kalau ada sel batre yg rusak kayanya akan error, kalau udah rusak sebenernya bisa diganti hanya selnya aja yg rusak. Harga batre di eparts suzuki 15jt, tapi isinya paling cuma susunan batre lithium panasonic.. Bawa ke tempat bengkel ebike juga bisa harusnya dibenerin. Batre sepeda aja 3-5jtan yg isi 11ampere tergantung pake baterai apa.. Samsung atau panasonic.
Hybridnya ertiga akan jalan kalau beberapa parameter tercapai (pintu tertutup rapat, kap mesin terkunci, baterai lithium min 3 bar, seatbelt dipakai, lampu rem & transmisi normal).. Salah satu ga terpenuhi hybrid ga jalan alias full mesin bensin yg kerja.
Agak kocak juga sih batre lithium ertiga 6a 12v harga 15jt... Sedangkan batre lithium NIU NQI sport (motor listrik) 26a 48v harga 12jt.. Kapasitas gede malah murah.. Wkwkwkwk...
Paling mobil hybrid akan cepet bermasalah bagian baterainya kalau mobil jarang dipake/garage queen. Batre lithium itu akan berumur lama kalau disimpan disuhu 0-40 derajat celcius dan jika tidak dipakai dalam waktu agak lama, baterai tidak boleh dalam keadaan penuh (baterai gak stabil).. Jadi harus disimpan dalam kondisi terisi sekitar 50% (maksimum 70%). Saat kondisi tidak terpakai lama harus dipantau untuk dicas lagi sampai sekitar 50% lagi kalau mau disimpan lama (baterai kondisi tersimpanpun energinya akan tetap berkurang loh tapi bukan berarti batrenya bocor). Baterai lithium biasanya akan drop efisiensinya dibawah 80% kalau sudah 1000-1500 cycle pengisian. Nah garansi baterai biasanya cover kalau kapasitas baterai udah drop dibawah 80% selama seumur garansi.. Jadi kalau masih 81% klaim ga memenuhi karena dianggap masih bagus.
*pendapat ini dari pemahaman saya ya yg saya baca dari beberapa sumber, karena saya tertarik untuk beli ebike (sepeda pedelec) atau motor listrik. Kendaraan listrik sensitifnya lebih berat ke suhu pemakaian/penyimpanan baterai & seberapa banyak baterai terisi.
kemarin waktu coba kicks juga mikir sama... ini batre keseringan charge gini bukannya malah gak efisien ya. teori di kertasnya bagus tapi di prakteknya malah jd boros bensin sering ngisi gini, terus umur batrenya jg jadi pendek.wicaksono99 wrote: ↑Tue Jun 14, 2022 6:57
Ya gimana gak laku... Salesnya ditanya harga batrenya aja ga tau brp, udh berapa tahun tuh produk dijual masih aja ga tau harganya.. Kan kocak.
Mobil dual power begini gak efisien. Mesin bensin buat supply listrik ke batre trus energi dalam batre digunakan untuk gerakin motor listriknya. Tujuannya buat apa? Less maintenance? Saya rasa tidak.. Dobel malah perawatannya, mesin bensin dan batre.. Beli oli iya, bersihin ruang bakar iya, menyumbang emisi iya, batre drop keluar biaya lagi. Buat tenaga instan dari mesin listriknya? Beli lah langsung mobil full EV.
Genset itu bukan solusi bisa isi enery listrik dimana2, disamping tidak efisien juga mahal dibanding ngecas langsung dari sumber listrik.
Teknologi skrng memang namanya ngecas gak bisa langsung dalam beberapa menit (ambillah 1 jam) langsung full, itu ada sebabnya.. Batre lithium gak boleh langsung diisi full dalam waktu 1 jam karena akan membuat sel2 batre gak stabil (begitu juga sebaliknya energi batre tidak boleh dihabiskan secara cepat dalam waktu kurang dari 1jam). Untungnya kalau butuh cepat masih bisa tercover dengan fast charging 80% dalam 1 jam, (sisa 20%nya dengan normal charging). Batre lithium juga gak boleh dihabiskan sampai benar2 habis 0% karena akan memperpendek umur batre. Biasanya udh ada BMS(battery management system) di kendaraan EV, seperti di molis NIU.. Walaupun user bisa pake mode sport paling kenceng dan butuh daya banyak (lari 69kpj) tapi kalau batre sudah nyentuh 20% mode otomatis berubah ke mode eco yg maks kecepatan 25kpj.. Tujuannya supaya batre tidak bisa habis dengan cepat kurang dari 1 jam pemakaian.
Memang EV kalau mau awet ya ngecas pakai normal charging dengan suhu lingkungan yg relatif dingin atau suhu kamar.
kalo kyk gini mah ujung ujungnya balik lagi innivi disil mitic omb0ku wrote:masalahnya EV 800jt juga top speed cuma 180kmh muatan cuma 5 orang beli HRV bisa 220kmh akhirnya mikir lagi 800jt ioniq 5 atau beli BMW atau golf gti bisa 200kmh ++ di remap bisa 5 sec car juga ujung2xnya akhirnya mendingan beli LCGC aja
ngomong sih gak bakalan lari 180kmh juga cuma tetep aja kalo dah mau beli bisa mikir keras karena rugi bandar
ujung2xnya beli duo gajah diesel bisa 7 orang + remap