hooo..... jadi ini wacana di repelita berapa mbah?
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Posted: Wed Aug 17, 2022 14:22
by Omnibus
yanuarra wrote: ↑Wed Aug 17, 2022 9:49
Cara pakenya ini gmn
IMG_20220817_164751.jpg
wih .... udah siap nih buka bengkel khusus penghuni di komplek situ.
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Posted: Thu Aug 18, 2022 1:10
by singachu
adri31 wrote: ↑Tue Aug 16, 2022 4:02Busi patah, sekuat apa tuh?
dulu aku pakai torque wrench yang model jarum, sepertinya miss used
2 busi bisa aku buka, busi ke 3 dan 4 ga bisa......
udah aku rendem penetran bbrp hari juga, coba lagi busi ke 3 bisa kebuka sampai bunyi tak.....
o ya gara2 kencang itu, dulu aku pakai kunci busi bawaan mobil yang model pipa kayak kunci busi motor, sampe kalah itu hex nya,
trus beli kunci busi T, dst, sampe akhirnya kunci busi deep sok
yang ke 4 ga bisa2, terakhir aku paksa, bunyi tak lagi....tapi kok beda ama yang ketiga, yang ini bener2 los....
Kita orang perna matahin busi jg duluuu bangett, bahkan perna di konsul ke forum ini jg, mungkin kira2 belasan taon yg lalu kl ga salah
Kl ini gara2nya dapet busi palsu beli d atrium, buka patahan nya tuh kl dpikir2 resiko tinggi banget, pake hand tap yg muter balik, itu serpihan biji besi pasti masup smua ke dalem enjin
iya punyaku aku bawa bengkel cuman pakai 3 busi aja, suaranya lucu sampai pada noleh....
trus aku tinggal, katanya pakai tap balik, kliatan dari bekasnya.... dan pakai pipa 1 meter lebih didorong 2 orang
itu aku udah siap2 turun mesin aja,,,,,
marmut wrote: ↑Tue Aug 16, 2022 4:11jepitan udah pasti kuat, tapi kunci kekuatannya ada di pin yang di lingkarin merah.....
IMG_20220816_110953.jpg
kalo tang jepit cengdem* bagian itu sering patah.
*gen X pasti tau istilah ini
hmmm aku punya lemah di ujung, jadi masih belum tau bakalan kalah di situ apa ga, yang depan kalah duluan
yanuarra wrote: ↑Wed Aug 17, 2022 9:49
Cara pakenya ini gmn
IMG_20220817_164751.jpg
cara newbie :
beneran newbie, sebelum2nya pakai kawat
saya kok ga paham ya..... itu kok kayaknya gagal cabut ya ?
Spintas aku liat mirip dynabold yang akan mengembang buat tarik inner bearingnya, tapi kok ditahan outernya buat ditracker ya ?
kenapa ga ambil sisi luar bearingnya biar kecabut semua, itupun kayaknya ball bearingnya udah kena stress dan bisa juga ambrol nyisain outer bearingnya....
saya kok ga paham ya..... itu kok kayaknya gagal cabut ya ?
Spintas aku liat mirip dynabold yang akan mengembang buat tarik inner bearingnya, tapi kok ditahan outernya buat ditracker ya ?
kenapa ga ambil sisi luar bearingnya biar kecabut semua, itupun kayaknya ball bearingnya udah kena stress dan bisa juga ambrol nyisain outer bearingnya....
ditambah bahasanya aku tidak mengerti
regards,
singachu
Jadi itu kecabut ngga Mbah itu bearing?
Btw kenapa pula cakram nya ngga dilepas dulu itu
saya kok ga paham ya..... itu kok kayaknya gagal cabut ya ?
Spintas aku liat mirip dynabold yang akan mengembang buat tarik inner bearingnya, tapi kok ditahan outernya buat ditracker ya ?
kenapa ga ambil sisi luar bearingnya biar kecabut semua, itupun kayaknya ball bearingnya udah kena stress dan bisa juga ambrol nyisain outer bearingnya....
ditambah bahasanya aku tidak mengerti
regards,
singachu
xixixi ai skip2 nonton nya om, ga tau berhasil apa engga
coba mic kita geser ke mbah tugel, ngapa dia beli tool itu?
adri31 wrote: ↑Tue Aug 16, 2022 4:02Busi patah, sekuat apa tuh?
dulu aku pakai torque wrench yang model jarum, sepertinya miss used
2 busi bisa aku buka, busi ke 3 dan 4 ga bisa......
udah aku rendem penetran bbrp hari juga, coba lagi busi ke 3 bisa kebuka sampai bunyi tak.....
o ya gara2 kencang itu, dulu aku pakai kunci busi bawaan mobil yang model pipa kayak kunci busi motor, sampe kalah itu hex nya,
trus beli kunci busi T, dst, sampe akhirnya kunci busi deep sok
yang ke 4 ga bisa2, terakhir aku paksa, bunyi tak lagi....tapi kok beda ama yang ketiga, yang ini bener2 los....
Kita orang perna matahin busi jg duluuu bangett, bahkan perna di konsul ke forum ini jg, mungkin kira2 belasan taon yg lalu kl ga salah
Kl ini gara2nya dapet busi palsu beli d atrium, buka patahan nya tuh kl dpikir2 resiko tinggi banget, pake hand tap yg muter balik, itu serpihan biji besi pasti masup smua ke dalem enjin
iya punyaku aku bawa bengkel cuman pakai 3 busi aja, suaranya lucu sampai pada noleh....
trus aku tinggal, katanya pakai tap balik, kliatan dari bekasnya.... dan pakai pipa 1 meter lebih didorong 2 orang
itu aku udah siap2 turun mesin aja,,,,,
marmut wrote: ↑Tue Aug 16, 2022 4:11jepitan udah pasti kuat, tapi kunci kekuatannya ada di pin yang di lingkarin merah.....
IMG_20220816_110953.jpg
kalo tang jepit cengdem* bagian itu sering patah.
*gen X pasti tau istilah ini
hmmm aku punya lemah di ujung, jadi masih belum tau bakalan kalah di situ apa ga, yang depan kalah duluan
yanuarra wrote: ↑Wed Aug 17, 2022 9:49
Cara pakenya ini gmn
IMG_20220817_164751.jpg
cara newbie :
beneran newbie, sebelum2nya pakai kawat
regards,
singachu
Baru inget
Dl waktu dinas d sulawesi sana, perna jg btulin kijang kapsul dsana yg busi nya trakir diganti entah dasawarsa kapan, itupun jg patah, dan lagi2 buatan denso yg nickel
Kayanya busi2 kelas generik lebi gampang patah yah
Cuman untungnya deksel nya toyota kayanya ckup kuat, itu karena posisi lg d pedaleman, boro2 ad hand tap, akhirnya pake linggis kecil, dipaksa sodok k lobang patahan nya trus pake vice grip yg buat jepit plaat las, dipake buat muter paksa tu linggis, untung kebuka
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Posted: Thu Aug 18, 2022 3:18
by Suryaputra
Nah ini nih pentingnya TW, ngencengin gak bisa pk feeling.
Bang Ade Rai suruh ngencengin busi pk feeling, bisa slek semua di dalam
ototnya 300NM
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Posted: Thu Aug 18, 2022 3:22
by singachu
blloewy wrote: ↑Thu Aug 18, 2022 2:42
Jadi itu kecabut ngga Mbah itu bearing?
Btw kenapa pula cakram nya ngga dilepas dulu itu
yang di video ga kecabut, aku liat video lain bisa kecabut, bener harus tabungnya lebih besar dari outer bearingnya
tapi kayaknya lebih enak yang kakinya bukan tabung, lebih flexible milih diameter dudukan buat nahan pas nariknya
ada juga yang model dalam "dynabolt" nya beda, mirip cones di stang sepeda ontel, cuman harus diliat inner diameter yang di support brp rangenya
Cuman tergantung innernya dan seberapa kuat megangnya yang ga tau....
ada juga yang disambung ke slide hammer....
Omnibus wrote: ↑Thu Aug 18, 2022 2:49
xixixi ai skip2 nonton nya om, ga tau berhasil apa engga
coba mic kita geser ke mbah tugel, ngapa dia beli tool itu?
kalau tools yang satunya lagi dari mbah tugel itu gmn pakainya ?
DOHC wrote: ↑Thu Aug 18, 2022 3:08
Dl waktu dinas d sulawesi sana, perna jg btulin kijang kapsul dsana yg busi nya trakir diganti entah dasawarsa kapan, itupun jg patah, dan lagi2 buatan denso yg nickel
Kayanya busi2 kelas generik lebi gampang patah yah
Cuman untungnya deksel nya toyota kayanya ckup kuat, itu karena posisi lg d pedaleman, boro2 ad hand tap, akhirnya pake linggis kecil, dipaksa sodok k lobang patahan nya trus pake vice grip yg buat jepit plaat las, dipake buat muter paksa tu linggis, untung kebuka
Gmn caranya linggis kecil bisa megang ke lobang patahannya ?
regards,
singachu
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Posted: Thu Aug 18, 2022 3:24
by singachu
Suryaputra wrote: ↑Thu Aug 18, 2022 3:18
Nah ini nih pentingnya TW, ngencengin gak bisa pk feeling.
Bang Ade Rai suruh ngencengin busi pk feeling, bisa slek semua di dalam
sebelum punya tw yang lebih proper berikutnya aku pakai feeling, pakai kunci busi T yang gagang kecil, setidaknya sekuat2nya muter juga ga bakalan ga kebuka pakai kunci socket busi.
Sekarang ada tw kecil 3/8 jadi suka makai buat busi.... cuman merknya ya ala kadar, bukan yang stahwille punya, blom mampu...
regards,
singachu
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Posted: Thu Aug 18, 2022 3:32
by gentongxz
saya ngencengin busi gak ada pakai tw..,pakai kunci busi bawaan + spesifikasi derajat putaran sesuai petunjuk untuk busi baru dan busi lama..,kayaknya masih aman neh businya..
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Posted: Thu Aug 18, 2022 3:37
by Omnibus
singachu wrote: ↑Thu Aug 18, 2022 3:22
kalau tools yang satunya lagi dari mbah tugel itu gmn pakainya ?
itu buat getok, keluar masukin bearing atau seal. dipukul pake palu stang nya
yanuarra wrote: ↑Wed Aug 17, 2022 9:49
Cara pakenya ini gmn
IMG_20220817_164751.jpg
wih .... udah siap nih buka bengkel khusus penghuni di komplek situ.
Kapan ari ada tetangga bongkar as roda altis di garasinya.. kynya skrg byk diyers..
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Posted: Thu Aug 18, 2022 4:30
by yanuarra
singachu wrote: ↑Thu Aug 18, 2022 1:10
cara newbie :
beneran newbie, sebelum2nya pakai kawat
regards,
singachu
Wihh terima kasih tutorialnya mbah suhu
nubie ini jadi tercerahkan
Re: Koleksi hand tools [Part 11]
Posted: Thu Aug 18, 2022 4:32
by yanuarra
singachu wrote: ↑Thu Aug 18, 2022 2:07
saya kok ga paham ya..... itu kok kayaknya gagal cabut ya ?
Spintas aku liat mirip dynabold yang akan mengembang buat tarik inner bearingnya, tapi kok ditahan outernya buat ditracker ya ?
kenapa ga ambil sisi luar bearingnya biar kecabut semua, itupun kayaknya ball bearingnya udah kena stress dan bisa juga ambrol nyisain outer bearingnya....