Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Post Reply
bristol406
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 23 Jun 2022, 17:08
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FB

Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by bristol406 »

Selamat malam teman SM,

Saya newbie di SM, salam kenal.

Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun 🥳. Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.

Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.

Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih 🙏
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: 02 Jul 2020, 10:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by well »

bristol406 wrote: 23 Jun 2022, 19:32 Selamat malam teman SM,

Saya newbie di SM, salam kenal.

Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun 🥳. Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.

Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.

Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih 🙏
Supaya ban habisnya rata maka pada saat kilometer 15 rb -20 rb sekali harus di rotasi. Kalau ban belakang beli yg biasa, otomatis nanti pada saat rotasi akan jd ban depan.
wicaksono99
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 130
Joined: 09 Apr 2020, 12:09
Location: bekasi
Daily Vehicle: Suzuki New Ertiga Suzuki Sport AT

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by wicaksono99 »

bristol406 wrote: 23 Jun 2022, 19:32 Selamat malam teman SM,

Saya newbie di SM, salam kenal.

Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun 🥳. Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.

Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.

Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih 🙏
Ban belakang walaupun pasif juga sebagai penyeimbang ban depan. Kalau depan bagus belakang biasa ya pas cornering ekornya gak bisa ngimbangin nanti. Ban biasa saya asumsikan ban simetris ya.. Ban simetris itu rata2 memang senyap dan ekonomis awet tapi kemampuan belah air di jalan basah & gripnya ke jalan ga begitu bagus.

Mending ganti dengan ban yg sama ke4 bannya. Pilih ban simetris, asimetris atau directional seragam semua bannya. Jangan belang, misal 2 depan asimetris 2 belakang directional.. Performa, nyaman & senyapnya gak akan maksimal.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9941
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by marmut »

bristol406 wrote: 23 Jun 2022, 19:32




Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih 🙏



berarti, merk dan/atau tipe ban depan dengan belakang berbeda?

kalau anda awam, saran saya jangan mau dibikin pusing mikirin ban depan belakang, diseragamkan saja keempatnya beli yang ukurannya sesuai dengan standar mobil.

lebih baik mikir hal lain yang lebih penting.

:beer:
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 912
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by qushay20019 »

+1 sama om wicaksono. Mau FWD ato RWD, sebaiknya ganti ban yang sama depan belakang. Kalo dana kepepet sih bisa aja ganti 2 dulu, ntar baru yg belakang (u. FWD), tapi tetap pake jenis yg sama. Ane barusan kayak gini, eh malah ban terlanjur kepake gak di jual di toko di kota ane. Terpaksa buat ganti 2 nya lagi harus pesen onlen dr Jkt.

Yang penggerak AWD malah harus ganti 4 sisi ban di waktu yg sama, gak bisa 2 dulu. Kalo gak langsung 4 diganti, sistem AWD yg bakal cepet rusak krn mendeteksi & mengkompensasi traksi yg gak imbang antara ban lama dgn ban baru sepanjang waktu, jadinya cepet rusak
Minat A m s o i l Sig. Series 5W-30 harga 200rb? Japri aja biar dapat voucher khusus member SM :big_deal:
https://tokopedia.link/olibagusmks
www.instagram.com/olibagusmks
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25885
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by DOHC »

Numpang sharing sikit pengalaman nubie soal ganti2 ban sepasang beda kualitet jauh dpan blakang

Dl perna konfigurasi blakang rada grippy (yokohama c drive 2) depan ampas (dunlop sp 300 bawaan lipindut) yg ud agak tipis dan grepes.. lari d tol pas ujan2 iseng hajar genangan ga pake ngerem tau2 bagian depan mobil mendadak ngebuang ampe sikit lg hajar beton, cuman waktu itu berasa mobil masi lebi bsa d kontrol

Skali lg d mobil yg berbeda, kali ini ban depan grippy (toyo nano energy 3 bawaan masda cbu), blakang ban merk kapsen (sila gugel buatan mana), kjadian highway bukan di indo, cuaca lg ujan deres pake banget, kontur agak menikung kaya di exit tol alsut cuman ini lebi gede lg, kec cuman 60 kph tau2 mendadak berasa geter2 dan sepersekian detik mobil ud melintir nyaris 180 drajat, masi untung saat itu dikasi kesempatan utk idup krn mobil2 d blakang pd sempet ngindarin ampe ad yg naek ke gravel

Sjak saat itu kl ganti ban usahain sama merk dan kl ampe beda2 merk harus yg agak mendingan grip nya, atauu kl ampe ban eco2an, pas 50 % tread ud d ganti
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
bristol406
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 23 Jun 2022, 17:08
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FB

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by bristol406 »

well wrote: 23 Jun 2022, 20:51
bristol406 wrote: 23 Jun 2022, 19:32
Supaya ban habisnya rata maka pada saat kilometer 15 rb -20 rb sekali harus di rotasi. Kalau ban belakang beli yg biasa, otomatis nanti pada saat rotasi akan jd ban depan.
DOHC wrote: 23 Jun 2022, 22:43 Numpang sharing sikit pengalaman nubie soal ganti2 ban sepasang beda kualitet jauh dpan blakang

Dl perna konfigurasi blakang rada grippy (yokohama c drive 2) depan ampas (dunlop sp 300 bawaan lipindut) yg ud agak tipis dan grepes.. lari d tol pas ujan2 iseng hajar genangan ga pake ngerem tau2 bagian depan mobil mendadak ngebuang ampe sikit lg hajar beton, cuman waktu itu berasa mobil masi lebi bsa d kontrol

Skali lg d mobil yg berbeda, kali ini ban depan grippy (toyo nano energy 3 bawaan masda cbu), blakang ban merk kapsen (sila gugel buatan mana), kjadian highway bukan di indo, cuaca lg ujan deres pake banget, kontur agak menikung kaya di exit tol alsut cuman ini lebi gede lg, kec cuman 60 kph tau2 mendadak berasa geter2 dan sepersekian detik mobil ud melintir nyaris 180 drajat, masi untung saat itu dikasi kesempatan utk idup krn mobil2 d blakang pd sempet ngindarin ampe ad yg naek ke gravel

Sjak saat itu kl ganti ban usahain sama merk dan kl ampe beda2 merk harus yg agak mendingan grip nya, atauu kl ampe ban eco2an, pas 50 % tread ud d ganti
qushay20019 wrote: 23 Jun 2022, 22:26 +1 sama om wicaksono. Mau FWD ato RWD, sebaiknya ganti ban yang sama depan belakang. Kalo dana kepepet sih bisa aja ganti 2 dulu, ntar baru yg belakang (u. FWD), tapi tetap pake jenis yg sama. Ane barusan kayak gini, eh malah ban terlanjur kepake gak di jual di toko di kota ane. Terpaksa buat ganti 2 nya lagi harus pesen onlen dr Jkt.

Yang penggerak AWD malah harus ganti 4 sisi ban di waktu yg sama, gak bisa 2 dulu. Kalo gak langsung 4 diganti, sistem AWD yg bakal cepet rusak krn mendeteksi & mengkompensasi traksi yg gak imbang antara ban lama dgn ban baru sepanjang waktu, jadinya cepet rusak
marmut wrote: 23 Jun 2022, 22:24
bristol406 wrote: 23 Jun 2022, 19:32




Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih 🙏



berarti, merk dan/atau tipe ban depan dengan belakang berbeda?

kalau anda awam, saran saya jangan mau dibikin pusing mikirin ban depan belakang, diseragamkan saja keempatnya beli yang ukurannya sesuai dengan standar mobil.

lebih baik mikir hal lain yang lebih penting.

:beer:
wicaksono99 wrote: 23 Jun 2022, 21:13
bristol406 wrote: 23 Jun 2022, 19:32
Ban belakang walaupun pasif juga sebagai penyeimbang ban depan. Kalau depan bagus belakang biasa ya pas cornering ekornya gak bisa ngimbangin nanti. Ban biasa saya asumsikan ban simetris ya.. Ban simetris itu rata2 memang senyap dan ekonomis awet tapi kemampuan belah air di jalan basah & gripnya ke jalan ga begitu bagus.

Mending ganti dengan ban yg sama ke4 bannya. Pilih ban simetris, asimetris atau directional seragam semua bannya. Jangan belang, misal 2 depan asimetris 2 belakang directional.. Performa, nyaman & senyapnya gak akan maksimal.
Makasih om atas semua saran dan masukannya. Saya putuskan untuk ganti ke 4 ban dengan ban yang sama 👍.

Menurut om lebih baik saya ambil Bridgestone T005a atau Re003 ?

Btw saya barusan buka kompasdotcom ketemu artikel ini, yang logikanya berbeda dari teman saya:

"Tetapi kalau yang tiga sudah tipis, ya kenapa juga tidak ganti minimal dua sekaligus yang baru, dan pemasangannya tetap yang baru ditaruh di belakang," ucap Zulpata.

Pemakaian ban baru di bagian belakang bukan tanpa alasan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah oversteer ketika mengemudi.

“Peranan ban belakang sangat besar sekali, lebih susah dikendalikan ketika oversteer. Kalau ban depan kan masih bisa dikontrol lewat setir. Tanpa melihat penggeraknya, tetap sama ban yang diganti yaitu ban belakang,”

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12231
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by ChZ »

bristol406 wrote: 23 Jun 2022, 19:32 Selamat malam teman SM,

Saya newbie di SM, salam kenal.

Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun 🥳. Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.

Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.

Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih 🙏
dengan asumsi safe driving (urban speed, 40-60 km/h), jika hanya ganti 2 ban, yang bagus pasang di belakang. ban yang belakang pasang ke depan.

krn roda depan kalau slip (rare occassion kalau gak sering nyetir kenceng), masih ada setir buat gerakin. sementara bagian belakang mobil fwd itu loose paling kalau slip cm bergantung sama tekanan rem.

rear wheel drive pun malah lebih krusial untuk pasang ban yang bagus di belakang dulu.

tp sebisa mungkin pasang 4-4nya sama persis sih.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12182
Joined: 23 Jan 2013, 17:18
Location: Indonesia

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by ricz »

bristol406 wrote: 23 Jun 2022, 19:32 Selamat malam teman SM,

Saya newbie di SM, salam kenal.

Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun 🥳. Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.

Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.

Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih 🙏
Kl menurut nubie sih baiknya 4 4 nya dipasang ban yang seragam meskipun ban nya yang mediocre sekalipun. Biar performa n ride qualitynya bisa maksimal.

Ga lucu entar kalo misal depan masih ada grip, belakangnya malah ngebuang or depannya compound empuk tp blkgnya compound keras kaya batu :big_weee:
2011 C207
2013 RM3
2021 GUN165R
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by McLaren »

Bagusnya 4 sekaligus baru.
Klo terpaksa cuman beli 2, taruh di depan yg bagus.

Ban depan jelek, understeer dan kebuang di tikungan.
Makanya klo ada ban pecah, akan lebih fatal ban depan yg pecah drpd belakang.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 871
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by Zaxis »

Dulu pas kuliah,ganti ban 2 baru taro di depan aja
Biar ngerem lebih gigit daripada ban botak yg di depan
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1678
Joined: 03 Jul 2013, 13:23
Location: Indonesia

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by KielConstantine »

bristol406 wrote: 24 Jun 2022, 09:25 Menurut om lebih baik saya ambil Bridgestone T005a atau Re003 ?
Buat Civic . Pake UHP tyres iz a must

So the choice should be Adrenaline Re003 :big_grin:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25885
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by DOHC »

KielConstantine wrote: 24 Jun 2022, 19:12
bristol406 wrote: 24 Jun 2022, 09:25 Menurut om lebih baik saya ambil Bridgestone T005a atau Re003 ?
Buat Civic . Pake UHP tyres iz a must

So the choice should be Adrenaline Re003 :big_grin:
Tanggung mbah

Yokohama advan neova iz the best :big_smoking:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5035
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by sintoni »

Oversteer vs understeer ini mah.
bristol406
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 23 Jun 2022, 17:08
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FB

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by bristol406 »

DOHC wrote: 24 Jun 2022, 21:46
KielConstantine wrote: 24 Jun 2022, 19:12
bristol406 wrote: 24 Jun 2022, 09:25 Menurut om lebih baik saya ambil Bridgestone T005a atau Re003 ?
Buat Civic . Pake UHP tyres iz a must

So the choice should be Adrenaline Re003 :big_grin:
Tanggung mbah

Yokohama advan neova iz the best :big_smoking:
KielConstantine wrote: 24 Jun 2022, 19:12
bristol406 wrote: 24 Jun 2022, 09:25 Menurut om lebih baik saya ambil Bridgestone T005a atau Re003 ?
Buat Civic . Pake UHP tyres iz a must

So the choice should be Adrenaline Re003 :big_grin:
Siap om, siang ini rencana mau ganti 4 ban sekaligus saja. Dan karena antara T005a dan Re003 hanya selisih puluhan ribu saya pilih saja Re003 :big_exellent:
sintoni wrote: 24 Jun 2022, 21:54 Oversteer vs understeer ini mah.
Zaxis wrote: 24 Jun 2022, 11:11 Dulu pas kuliah,ganti ban 2 baru taro di depan aja
Biar ngerem lebih gigit daripada ban botak yg di depan
McLaren wrote: 24 Jun 2022, 10:56 Bagusnya 4 sekaligus baru.
Klo terpaksa cuman beli 2, taruh di depan yg bagus.

Ban depan jelek, understeer dan kebuang di tikungan.
Makanya klo ada ban pecah, akan lebih fatal ban depan yg pecah drpd belakang.
ricz wrote: 24 Jun 2022, 10:29
bristol406 wrote: 23 Jun 2022, 19:32
Kl menurut nubie sih baiknya 4 4 nya dipasang ban yang seragam meskipun ban nya yang mediocre sekalipun. Biar performa n ride qualitynya bisa maksimal.

Ga lucu entar kalo misal depan masih ada grip, belakangnya malah ngebuang or depannya compound empuk tp blkgnya compound keras kaya batu :big_weee:
ChZ wrote: 24 Jun 2022, 09:32
bristol406 wrote: 23 Jun 2022, 19:32
dengan asumsi safe driving (urban speed, 40-60 km/h), jika hanya ganti 2 ban, yang bagus pasang di belakang. ban yang belakang pasang ke depan.

krn roda depan kalau slip (rare occassion kalau gak sering nyetir kenceng), masih ada setir buat gerakin. sementara bagian belakang mobil fwd itu loose paling kalau slip cm bergantung sama tekanan rem.

rear wheel drive pun malah lebih krusial untuk pasang ban yang bagus di belakang dulu.

tp sebisa mungkin pasang 4-4nya sama persis sih.
Ini kemarin saya googling ketemu artikel di kompasdotcom, menurut orangnya gajah tunggal:

"Tetapi kalau yang tiga sudah tipis, ya kenapa juga tidak ganti minimal dua sekaligus yang baru, dan pemasangannya tetap yang baru ditaruh di belakang," ucap Zulpata.

Pemakaian ban baru di bagian belakang bukan tanpa alasan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah oversteer ketika mengemudi.

“Peranan ban belakang sangat besar sekali, lebih susah dikendalikan ketika oversteer. Kalau ban depan kan masih bisa dikontrol lewat setir. Tanpa melihat penggeraknya, tetap sama ban yang diganti yaitu ban belakang,”
User avatar
3mul
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 560
Joined: 03 Apr 2011, 21:25
Daily Vehicle: 205系電車

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by 3mul »

Barangkali masih ada yg penasaran ban baru better pasang di depan atau di belakang
https://youtu.be/gSz7cm6MwH0
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12231
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by ChZ »

3mul wrote: 25 Jun 2022, 11:26 Barangkali masih ada yg penasaran ban baru better pasang di depan atau di belakang
https://youtu.be/gSz7cm6MwH0
yep, understeer itu jarang terjadi kalau urban speed. biasa kalau mobil fwd + push to the limit baru ketauan understeer. asal tau diri ban depan rada tipis gak gaspol rempol mulu mahh ga akan kenapa2.

utk urban driving jauh lebih mudah dikendalikan.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4898
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Antara Penggerak Roda Dengan Ban

Post by Suryaputra »

bristol406 wrote: 23 Jun 2022, 19:32 Selamat malam teman SM,

Saya newbie di SM, salam kenal.

Saya mengendarai Civic FB 1.8 sudah sekitar 3 bulan dan alhamdulilah aman tanpa masalah sedikitpun 🥳. Namun, memang ke 4 bannya sudah sangat tipis.

Berencana akan mengganti ban, teman saya menyarankan untuk mengganti ban bagus dimana roda bergerak (ban depan civic fwd) sementara belakang diberi ban biasa saja karena ban belakang pasif.

Saya penasaran karena saya sebagai orang awam minim pengetahuan. Apakah menurut teman dan suhu logika itu benar? Terima kasih 🙏


Civic?
Pakai rekomen warga SM Michelin Primacy 4

Pilihan lbh terjangkau
- Good Year triplemax 2
- Dunlop LM705

Pakai seragam.
Tiap 10rb KM rotasi ban dari depan ke belakang dan sebaliknya.
Jadi habisnya rata.

Lanjutkan di sini aja mbah
viewtopic.php?t=29750&start=2300
*Colek me if I'm wrong
Post Reply