Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Kaleng »

Pboyz97 wrote: Tue Jun 28, 2022 13:55 coba liat service recordnya, buku servis, bon perbaikkan atau minimal gantungan oli ada gak, kalo gak ada mending tinggalin karena ada indikasi odonya diputer, karena harusnya mobil tahun segitu km dibawah 60 rb harusnya masih enak semua. kecuali mobilnya memang gak dirawat sama sekali atau udh lama jogrok kalo km nya memang beneran 60rb
Gantungan oli gak ada, service record di tangan pemilik kedua yang saat ini ada, bon-bon bengkel masih ada seperti ganti belt, oli, pasang alarm. Tapi yang tangan pertamanya tidak ada.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Pboyz97 »

Kaleng wrote: Wed Jun 29, 2022 1:39
Total baru 2 mobil om. pertama yang city ini, semalam toyota corolla 2001 A/T. Yang corolla pas saya sampai ke rumah yang punya, ada calon pembeli lain yg survey jg, tak lama kemudian deal dia.

Hasil cek saya pribadi utk yg corolla sbb:
Mesin
- Sekilas engine bay kering kerontang
- Lubang pengisian oli pas saya buka, ada seperti lumpur tipis
- Getaran mesin pas nyala dari kabin berasa normal

Radiator
- Sekilas sih kelihatan ok juga
- Yang aneh adalah air radiator di tangki cadangan melewati batas max sekitar 2-3cm, bingung jg kenapa isinya banyak begitu.

Transmisi
- Karena tidak bisa dicoba jalankan, saya coba pas sambil rem saja. pas di R bergetar, kemudian saya pindah ke R sambil rem tetap diinjak, ini lebih bergetar lagi. Kalau saya bandingkan sama cvt di mobil saya posisi D tapi rem diinjak tak ada getaran sama sekali. Apakah transmisi A/T konvensional yang normal memang bergetar jika di posisi Drive tapi mobil direm?

Karena saya cek di malam, jadi pakai senter dari HP saja, menurut saya kurang ok.
ada indikasi transmisinya mulai bermasalah atau owner sblmnya kurang telaten or jarang kuras oli maticnya. kalo kasus begitu. harus siap2 worse casenya ganti transmisi segelondong, atau minimal overhaul turun transmisi. walaupun cara paling mudah dan pencegahan pertama ya andaikan begitu jadi dibeli langsung kuras semua oli maticnya saat itu juga kalau saya pribadi. transmisi at konvensional kalo sehat mah mirip2 kok sm cvt. cuma bedanya CVT perpindahan giginya rapet2 dan di rpm rendah rata2, kalo matic konven bisa di rpm tinggi dan rasio giginya panjang panjang. kebetulan saya sudah pengalaman lebih dari 10 tahun miara mobil jenis matic konven maupun CVT hehehe. tapi dari semua poin yg om jelasin dari segi transmisi gabisa saya jadiin patokan, itu hanya analisa sementara aaja, gabisa dijadiin patokan. karena ya baru bisa ketauan kalo di test drive, apakah ada matic delay, jedug, atau ndut ndutan. kalo gak ada, bisa jadi hanya kurang oli atau telat ganti oli maticnya aja. tapi kalo 3 indikasi yg saya sebutkan om rasakan pas test drive, bisa jadi transmisi maticnya ada indikasi bermasalah
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV