Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 683
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: New Megapro
Contact:

Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Kaleng »

Hari ini saya sedang cari mobil bekas buat PP harian BSD - Bintaro dan ketemu Honda City tahun 2000 A/T yang modelnya seperti city type z. Odometer masih di bawah 60rb km.

Pada saat dicoba di kondisi diam mesin mesin hidup, terasa getaran mesin yang menurut saya seperti engine mounting sudah rusak parah. Dibandingkan dengan mobil saya saat ini yakni Honda Mobilio tahun 2014 dengan odomoter hampir 100rb km sangat jauh sekali. Dibanding dengan jazz GD3 idsi lahiran tahun 2004 yang saya punya dulu juga beda jauh.

Karena saya belum pernah coba mobil-mobil tahun tua, serta jarang sekali coba jenis-jenis mobil lain, saya tanya ke pemilik dan pemilik mengatakan untuk mobil tahun tua memang begitu semua. Jadi saya tanya saja ke forum SM ini yang banyak sesepuh yang mungkin pernah memiliki Honda City tahun 2000 atau ke bawah apakah memang benar getarannya sangat terasa?

Sebagai tambahan ketika saya coba bawa mutar kompleks yang kurang mulus, kaki-kaki depan orkestranya sangat menggelegar juga dibanding mobil saya sekarang, sudah seperti tanpa peredam.

Jalanan aspal yang kasar juga kayak berasa di setir, ini memang demikian kah?
Last edited by Kaleng on 26 Jun 2022, 19:28, edited 1 time in total.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5044
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by sintoni »

Kaleng wrote: 26 Jun 2022, 19:13 Hari ini saya sedang cari mobil bekas buat PP harian BSD - Bintaro dan ketemu Honda City tahun 2000 A/T. Odometer masih di bawah 60rb km.

Pada saat dicoba di kondisi diam mesin mesin hidup, terasa getaran mesin yang menurut saya seperti engine mounting sudah rusak parah. Dibandingkan dengan mobil saya saat ini yakni Honda Mobilio tahun 2014 dengan odomoter hampir 100rb km sangat jauh sekali. Dibanding dengan jazz GD3 idsi lahiran tahun 2004 yang saya punya dulu juga beda jauh.

Karena saya belum pernah coba mobil-mobil tahun tua, serta jarang sekali coba jenis-jenis mobil lain, saya tanya ke pemilik dan pemilik mengatakan untuk mobil tahun tua memang begitu semua. Jadi saya tanya saja ke forum SM ini yang banyak sesepuh yang mungkin pernah memiliki Honda City tahun 2000 atau ke bawah apakah memang benar getarannya sangat terasa?

Sebagai tambahan ketika saya coba bawa mutar kompleks yang kurang mulus, kaki-kaki depan orkestranya sangat menggelegar juga dibanding mobil saya sekarang, sudah seperti tanpa peredam.

Jalanan aspal yang kasar juga kayak berasa di setir, ini memang demikian kah?
Skrg yakin ga beneran cuma jalan 60rb.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 683
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: New Megapro
Contact:

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Kaleng »

sintoni wrote: 26 Jun 2022, 19:27 Skrg yakin ga beneran cuma jalan 60rb.
Seharusnya kalau terawat, maka gak akan terasa getaran mesin berlebihan di kabin ya om untuk yg bensin? Sepertinya kalau mau berburu mobil lawas harus banyak test drive dulu biar ada pengalaman.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25927
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by DOHC »

Kaleng wrote: 26 Jun 2022, 19:13 Hari ini saya sedang cari mobil bekas buat PP harian BSD - Bintaro dan ketemu Honda City tahun 2000 A/T yang modelnya seperti city type z. Odometer masih di bawah 60rb km.

Pada saat dicoba di kondisi diam mesin mesin hidup, terasa getaran mesin yang menurut saya seperti engine mounting sudah rusak parah. Dibandingkan dengan mobil saya saat ini yakni Honda Mobilio tahun 2014 dengan odomoter hampir 100rb km sangat jauh sekali. Dibanding dengan jazz GD3 idsi lahiran tahun 2004 yang saya punya dulu juga beda jauh.

Karena saya belum pernah coba mobil-mobil tahun tua, serta jarang sekali coba jenis-jenis mobil lain, saya tanya ke pemilik dan pemilik mengatakan untuk mobil tahun tua memang begitu semua. Jadi saya tanya saja ke forum SM ini yang banyak sesepuh yang mungkin pernah memiliki Honda City tahun 2000 atau ke bawah apakah memang benar getarannya sangat terasa?

Sebagai tambahan ketika saya coba bawa mutar kompleks yang kurang mulus, kaki-kaki depan orkestranya sangat menggelegar juga dibanding mobil saya sekarang, sudah seperti tanpa peredam.

Jalanan aspal yang kasar juga kayak berasa di setir, ini memang demikian kah?
boong banget itu dibilang honda lama geter2, apalagi enjin D series injeksyen

itu sala satu enjin lejen honda itu, starter suaranya mantep, enjin note nya mantep, enjin idling nya pun alussss mantep, ga ad itu crita geter2 aneh

apalagi baru 60 rebu km


* mantan user ferio 1999 dan perna make city Z 2000
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 683
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: New Megapro
Contact:

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Kaleng »

DOHC wrote: 26 Jun 2022, 19:38 boong banget itu dibilang honda lama geter2, apalagi enjin D series injeksyen

itu sala satu enjin lejen honda itu, starter suaranya mantep, enjin note nya mantep, enjin idling nya pun alussss mantep, ga ad itu crita geter2 aneh

apalagi baru 60 rebu km


* mantan user ferio 1999 dan perna make city Z 2000
wah berarti yg jual ndak jujur ya, memang mantap sih suaranya pas starter.

Kalau mesin hidup di engine bay sebelah kanan kalau kita hadap ke engine bay, ada 1 tabung isi air dipojok, itu airnya bergejolak tadi waktu test. Tabung air wiper kah itu?

Tanya lagi om karena pernah punya, setirnya memang berat hampir seperti pick up suzuki yang tanpa power stering kah?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25927
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by DOHC »

Kaleng wrote: 26 Jun 2022, 19:43
DOHC wrote: 26 Jun 2022, 19:38 boong banget itu dibilang honda lama geter2, apalagi enjin D series injeksyen

itu sala satu enjin lejen honda itu, starter suaranya mantep, enjin note nya mantep, enjin idling nya pun alussss mantep, ga ad itu crita geter2 aneh

apalagi baru 60 rebu km


* mantan user ferio 1999 dan perna make city Z 2000
wah berarti yg jual ndak jujur ya, memang mantap sih suaranya pas starter.

Kalau mesin hidup di engine bay sebelah kanan kalau kita hadap ke engine bay, ada 1 tabung isi air dipojok, itu airnya bergejolak tadi waktu test. Tabung air wiper kah itu?

Tanya lagi om karena pernah punya, setirnya memang berat hampir seperti pick up suzuki yang tanpa power stering kah?
setir honda jaman itu mmg agak berat krn masi pake power steering hidrolik, tp ga berat2 amat om , palagi ampe kerasa ga pake power steering , ini mah gawat namanya

itu showroom mana yg jual mobil kaya gt om
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 683
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: New Megapro
Contact:

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Kaleng »

DOHC wrote: 26 Jun 2022, 19:45 setir honda jaman itu mmg agak berat krn masi pake power steering hidrolik, tp ga berat2 amat om , palagi ampe kerasa ga pake power steering , ini mah gawat namanya

itu showroom mana yg jual mobil kaya gt om
Gak seberat pick up suzuki, tapi lumayan juga pas parkirin tadi. Individu yg jual om.
ariswp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 264
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by ariswp »

Refinement mobil tua? Normalnya gak kalah alus dibanding mobil2 baru
Saya inget banget tahun 2003 naik soluna 5a fe dari getaran mesin aja jauh lebih refined ketimbang crv r20a punya saya skrg hehe
pernah nyetir D17 vtis punya temen jaman kuliah, juga halus banget, kaki2 imho lebih senyap dari crv dan hrv, mirip2 senyapnya sama brio rs facelift

Saya sih curiga itu odo 60rb ndak asli, kalaupun asli kemungkinan ya itu engine mounting sudah kalah tapi sampe skrg gak diganti2, beserta kaki2nya juga
Last edited by ariswp on 26 Jun 2022, 20:51, edited 1 time in total.
Present
R20A 5AT 08 / Fuchs Titan Syn SN+ 5w30
R18Z CVT 17 / Eneos Asia SN 0w20
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 683
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: New Megapro
Contact:

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Kaleng »

ariswp wrote: 26 Jun 2022, 19:59 Refinement mobil tua? Normalnya gak kalah alus dibanding mobil2 baru
Saya inget banget tahun 2003 naik soluna 5a fe dari getaran mesin aja jauh lebih refined ketimbang crv r20a punya saya skrg hehe
pernah nyetir D17 vtis punya temen jaman kuliah, juga halus banget, kaki2 imho lebih senyap dari crv dan hrv, mirip2 senyapnya sama brio rs facelift

Saya sih curiga itu odo 60rb dah asli, kalaupun asli kemungkinan ya itu engine mounting sudah kalah tapi sampe skrg gak diganti2, beserta kaki2nya juga
ok om, berarti benar kecurigaan saya kalau ini getarannya berlebihan bukan karena mobil lawas pasti begitu. Pas sampai kondisi mesin masih panas karena baru dipakai sama pemilik, jadi saya juga tidak berani buka lubang pengisian oli untuk intip kondisi dalaman seperti apa.

Kalau kondisi interior sih terlihat sangat baik, jok masih fabric dan mulus tanpa noda, setir masih kulit jeruk, cek ke pedal juga masih cukup ok.

1 lagi yang berasa aneh buat saya adalah pintu belakang seret pas mau dibuka, kata pemiliki karena jarang sekali dibuka pintu belakangnya.saya cek engselnya sih tidak ada karat, jadi cukup aneh kenapa bisa seret begitu.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9965
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by marmut »

Kaleng wrote: 26 Jun 2022, 19:43



Tanya lagi om karena pernah punya, setirnya memang berat hampir seperti pick up suzuki yang tanpa power stering kah?


power steering hidrolik honda itu salah satu yang paling ringan diputarnya. kalau kondisi standar dan terawat, cukup dengan satu jari telunjuk saja buat muterin lingkar kemudi.

btw, indikator mobil berumur layak dibeli atau tidak, buka reservoir radiator dan tutup radiatornya. pakai coolant atau tidak? ada kerak warna coklat atau tidak nempel di tutup radiator dan mulut radiator serta di dasar botol reservoir?
perhatikan juga selang² radiator, ada lem silikon warna merah atau abu2 atau hitam atau tidak
di ujung²nya?
kalau ada, segera angkat kaki dari situ....

btw, ada yang konyol juga dengan mengganti air keran dengan coolant saat mau dijual.
coba pencet kuat² selang radiator beberapa kali di beberapa titik. kalau terasa keras, 100% penipu.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 683
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: New Megapro
Contact:

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Kaleng »

marmut wrote: 26 Jun 2022, 20:15 power steering hidrolik honda itu salah satu yang paling ringan diputarnya. kalau kondisi standar dan terawat, cukup dengan satu jari telunjuk saja buat muterin lingkar kemudi.

btw, indikator mobil berumur layak dibeli atau tidak, buka reservoir radiator dan tutup radiatornya. pakai coolant atau tidak? ada kerak warna coklat atau tidak nempel di tutup radiator dan mulut radiator serta di dasar botol reservoir?
perhatikan juga selang² radiator, ada lem silikon warna merah atau abu2 atau hitam atau tidak
di ujung²nya?
kalau ada, segera angkat kaki dari situ....

btw, ada yang konyol juga dengan mengganti air keran dengan coolant saat mau dijual.
coba pencet kuat² selang radiator beberapa kali di beberapa titik. kalau terasa keras, 100% penipu.
Wah, yg tadi saya tes sih sepertinya gak mungkin bisa pakai 1 telunjuk buat mutarin lingkar kemudi.

Tadi tidak berani cek radiator karena kondisi mesin sudah panas dengan fan 2 nyala. Tak catat dulu sarannya om buat hunting ke depan.

Oh ya baru keingat 1 lagi, juga ada rembes oli dari celah antara tutup atas mesin dengan mesinnya.
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5044
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by sintoni »

Harusnya sih dari yang om liat sudah tau kesimpulannya gimana.
MSU
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1140
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by MSU »

Saran aja...kalo bisa bawa temen mekanik yg ngerti mobil spy tau ni mobil odo-nya bener ga..
Btw mobil tua tp low km..pengalaman sy soal karet2 ttp perlu diganti juga walau secara odo rendah..fluida juga sama...perlu ganti berkala jg
sherryandkez
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: 13 Mar 2022, 16:47
Daily Vehicle: RM3 - M800 - AVV60

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by sherryandkez »

Kaleng wrote: 26 Jun 2022, 19:13 Hari ini saya sedang cari mobil bekas buat PP harian BSD - Bintaro dan ketemu Honda City tahun 2000 A/T yang modelnya seperti city type z. Odometer masih di bawah 60rb km.

Pada saat dicoba di kondisi diam mesin mesin hidup, terasa getaran mesin yang menurut saya seperti engine mounting sudah rusak parah. Dibandingkan dengan mobil saya saat ini yakni Honda Mobilio tahun 2014 dengan odomoter hampir 100rb km sangat jauh sekali. Dibanding dengan jazz GD3 idsi lahiran tahun 2004 yang saya punya dulu juga beda jauh.

Karena saya belum pernah coba mobil-mobil tahun tua, serta jarang sekali coba jenis-jenis mobil lain, saya tanya ke pemilik dan pemilik mengatakan untuk mobil tahun tua memang begitu semua. Jadi saya tanya saja ke forum SM ini yang banyak sesepuh yang mungkin pernah memiliki Honda City tahun 2000 atau ke bawah apakah memang benar getarannya sangat terasa?

Sebagai tambahan ketika saya coba bawa mutar kompleks yang kurang mulus, kaki-kaki depan orkestranya sangat menggelegar juga dibanding mobil saya sekarang, sudah seperti tanpa peredam.

Jalanan aspal yang kasar juga kayak berasa di setir, ini memang demikian kah?
halo om, mantan owner genio 1992 here.

kilometer 60rb bisa jadi betul, cuman kaki2 dan mounting masih bawaan barunya which is ya umur uda mesti diganti. kalo kaki2 bunyi/getar gak wajar, tapi kalo kaki2 keras wajar (honda mana ada yang empuk?). setir berat wajar karena masih hidrolik p/s. hidrolik p/s = feedback di setir including lubang dan aspal kasar terasa, tapi harusnya masih dalam taraf wajar. pintu seret di genio saya juga, tau tuh kenapa. kirain abis direstore jadi alus, ternyata sama aja :big_biglaugh:
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 683
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: New Megapro
Contact:

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Kaleng »

MSU wrote: 26 Jun 2022, 20:40 Saran aja...kalo bisa bawa temen mekanik yg ngerti mobil spy tau ni mobil odo-nya bener ga..
Btw mobil tua tp low km..pengalaman sy soal karet2 ttp perlu diganti juga walau secara odo rendah..fluida juga sama...perlu ganti berkala jg
karet2 pintu sempat saya cek juga yg nempel di bodi atau daun, kelihatannya sudah diganti karena masih bagus dan belum keras.

Belum ada niat untuk langsung ambil om, dan kebetulan tadi dekat sekali dari rumah jadi sekalian samperin dan cari pengalaman. Kalau serius mungkin langsung ajak ketemuannya di garasi 58.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25927
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by DOHC »

numpang coret2 sikit ya soal enjin D series honda (scara ini dipake jamak di sedan2 honda 90an utk city dan civic)

by default ini enjin ckup kuat, powerful (walaupun masi dibawah B series) dan irit

termasuk enjin lejen krn pumping power nya ckup merata di smua putaran, stroke yg panjang utk pumping low rpm, dan vitek utk bantu nendang puteran atas.. cakep nya lg, harusnya minim getaran karena enjin blok yg masi bahan besi cor berat, dan disain piston skirt yg ckup lebar utk akomodir power di putaran atas (khas vitek jadul) dan jg utk redam getaran alami khas enjin overstroke.. (kcuali di D17 civic yg d beberapa kes bsa kena liner gentong entah knapa) .. enjin ini kl kondisi sehat, langsam nya itu geteran nya ckup alus walaupun masi pake enjin mounting karet padet

kecualii, waktu TS test drive mobil nya td , kondisi nya stelan delko agak ngawur, timing belt ud kendor, stelan klep ud out of spek , busi ud misfiring, yah mungkin bkin enjin nya geter2, wajar, smua mobil yg ga sehat jg bsa bgitu,

either way, kl ad yg blg enjin honda jadul pasti geter...... errr, do ur research first my man, bahkan sekelas accord maestro karbu jadul kl ud langsam aj bsa se alus 1TR tu langsam nya

btw utk TS, mengenai kaki2 kl mo overhaul depan blakang, parts nya lmayan banyak dan agak mahal, dari link2 stabilizer depan blakang, shock, arem bawah yg suka oblak, dudukan kaliper rem cakram blakang yg agak oblak, bushing arem blakang oblak... tapi kl itu smua ud di ganti, tiap kl hajar tikungan kenceng, bakal senyum2 sendiri :big_grin: :big_grin:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 12248
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by ChZ »

Honda dengan getaran mesin kasar itu bkn temen baik.. hahahaha.

Kl ada 1 hal yang semua fenboi honda (harus) banggain adalah betapa alusnya getaran mesin honda. The king of 4 cylinder engine. Mesin yang bisa rev tinggi getaran uda pasti harus halus.

Jd kl ketemu honda ga halus, definitely ga beres tuh mesin.
2011 Toyota XU30 / 2016 XP170
2015 Honda RU5 / 2017 FK4 / 2018 RW1
2019 Mitsubishi NC1W

https://livingwithcars.wixsite.com/livingwithcars/blog
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4955
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Suryaputra »

Apapun mobilnya klo mesin geter..

Antara:
- engine mounting udh getas, retak atau bahkan gak fungsi
- salah satu silinder mati/ mesin pincang (tp klo pincang, dan mounting msh bagus, dia bs redam)
- suhu suhu boleh nambahin...

Sy pernah miara BRIO manual, klo baru start geternya mayan berasa, pas dicek engine mounting jebol jd nyaris kena ke dudukan mesin dan sasis

Klo injek gas, interiornya bunyi rrrrrrr rrrrrr :upss:
*Colek me if I'm wrong
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1762
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Audi Q7 Diesel

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by farizfsa »

Ah, antara bener 60rb beneran tp ga pernah di rawat atau 60 rb bekas tabrakan atau ga bener 60rb
Audi Q7 3.0 V6 TDI 4L 2008
BMW 520d F10 2014
Mercedes Benz A200 W176 2014
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 683
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: New Megapro
Contact:

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Kaleng »

DOHC wrote: 26 Jun 2022, 21:53 numpang coret2 sikit ya soal enjin D series honda (scara ini dipake jamak di sedan2 honda 90an utk city dan civic)

by default ini enjin ckup kuat, powerful (walaupun masi dibawah B series) dan irit

termasuk enjin lejen krn pumping power nya ckup merata di smua putaran, stroke yg panjang utk pumping low rpm, dan vitek utk bantu nendang puteran atas.. cakep nya lg, harusnya minim getaran karena enjin blok yg masi bahan besi cor berat, dan disain piston skirt yg ckup lebar utk akomodir power di putaran atas (khas vitek jadul) dan jg utk redam getaran alami khas enjin overstroke.. (kcuali di D17 civic yg d beberapa kes bsa kena liner gentong entah knapa) .. enjin ini kl kondisi sehat, langsam nya itu geteran nya ckup alus walaupun masi pake enjin mounting karet padet

kecualii, waktu TS test drive mobil nya td , kondisi nya stelan delko agak ngawur, timing belt ud kendor, stelan klep ud out of spek , busi ud misfiring, yah mungkin bkin enjin nya geter2, wajar, smua mobil yg ga sehat jg bsa bgitu,

either way, kl ad yg blg enjin honda jadul pasti geter...... errr, do ur research first my man, bahkan sekelas accord maestro karbu jadul kl ud langsam aj bsa se alus 1TR tu langsam nya

btw utk TS, mengenai kaki2 kl mo overhaul depan blakang, parts nya lmayan banyak dan agak mahal, dari link2 stabilizer depan blakang, shock, arem bawah yg suka oblak, dudukan kaliper rem cakram blakang yg agak oblak, bushing arem blakang oblak... tapi kl itu smua ud di ganti, tiap kl hajar tikungan kenceng, bakal senyum2 sendiri :big_grin: :big_grin:
:big_grin:

saya mundur dengan teratur om setelah test drive, apalagi setelah pencerahan dari om-om semua di sini.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 25927
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by DOHC »

Kaleng wrote: 27 Jun 2022, 11:01
DOHC wrote: 26 Jun 2022, 21:53 numpang coret2 sikit ya soal enjin D series honda (scara ini dipake jamak di sedan2 honda 90an utk city dan civic)

by default ini enjin ckup kuat, powerful (walaupun masi dibawah B series) dan irit

termasuk enjin lejen krn pumping power nya ckup merata di smua putaran, stroke yg panjang utk pumping low rpm, dan vitek utk bantu nendang puteran atas.. cakep nya lg, harusnya minim getaran karena enjin blok yg masi bahan besi cor berat, dan disain piston skirt yg ckup lebar utk akomodir power di putaran atas (khas vitek jadul) dan jg utk redam getaran alami khas enjin overstroke.. (kcuali di D17 civic yg d beberapa kes bsa kena liner gentong entah knapa) .. enjin ini kl kondisi sehat, langsam nya itu geteran nya ckup alus walaupun masi pake enjin mounting karet padet

kecualii, waktu TS test drive mobil nya td , kondisi nya stelan delko agak ngawur, timing belt ud kendor, stelan klep ud out of spek , busi ud misfiring, yah mungkin bkin enjin nya geter2, wajar, smua mobil yg ga sehat jg bsa bgitu,

either way, kl ad yg blg enjin honda jadul pasti geter...... errr, do ur research first my man, bahkan sekelas accord maestro karbu jadul kl ud langsam aj bsa se alus 1TR tu langsam nya

btw utk TS, mengenai kaki2 kl mo overhaul depan blakang, parts nya lmayan banyak dan agak mahal, dari link2 stabilizer depan blakang, shock, arem bawah yg suka oblak, dudukan kaliper rem cakram blakang yg agak oblak, bushing arem blakang oblak... tapi kl itu smua ud di ganti, tiap kl hajar tikungan kenceng, bakal senyum2 sendiri :big_grin: :big_grin:
:big_grin:

saya mundur dengan teratur om setelah test drive, apalagi setelah pencerahan dari om-om semua di sini.
Tp jangan kapok dgn honda jadul om

Kl kondisi nya sehat seh, itu bahkan jazz baru aj ga ad apa2 nya :big_grin:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3851
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Pboyz97 »

Kaleng wrote: 26 Jun 2022, 19:13 Hari ini saya sedang cari mobil bekas buat PP harian BSD - Bintaro dan ketemu Honda City tahun 2000 A/T yang modelnya seperti city type z. Odometer masih di bawah 60rb km.

Pada saat dicoba di kondisi diam mesin mesin hidup, terasa getaran mesin yang menurut saya seperti engine mounting sudah rusak parah. Dibandingkan dengan mobil saya saat ini yakni Honda Mobilio tahun 2014 dengan odomoter hampir 100rb km sangat jauh sekali. Dibanding dengan jazz GD3 idsi lahiran tahun 2004 yang saya punya dulu juga beda jauh.

Karena saya belum pernah coba mobil-mobil tahun tua, serta jarang sekali coba jenis-jenis mobil lain, saya tanya ke pemilik dan pemilik mengatakan untuk mobil tahun tua memang begitu semua. Jadi saya tanya saja ke forum SM ini yang banyak sesepuh yang mungkin pernah memiliki Honda City tahun 2000 atau ke bawah apakah memang benar getarannya sangat terasa?

Sebagai tambahan ketika saya coba bawa mutar kompleks yang kurang mulus, kaki-kaki depan orkestranya sangat menggelegar juga dibanding mobil saya sekarang, sudah seperti tanpa peredam.

Jalanan aspal yang kasar juga kayak berasa di setir, ini memang demikian kah?
coba liat service recordnya, buku servis, bon perbaikkan atau minimal gantungan oli ada gak, kalo gak ada mending tinggalin karena ada indikasi odonya diputer, karena harusnya mobil tahun segitu km dibawah 60 rb harusnya masih enak semua. kecuali mobilnya memang gak dirawat sama sekali atau udh lama jogrok kalo km nya memang beneran 60rb
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF VRZ 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV RW
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'15 Veloz MT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3851
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Pboyz97 »

Kaleng wrote: 27 Jun 2022, 11:01
:big_grin:

saya mundur dengan teratur om setelah test drive, apalagi setelah pencerahan dari om-om semua di sini.
btw udh survei berapa unit om kalo boleh tau? nyari city z atau honda jadul yg lain emg agak susah kalo nyari yg bagus. rata2 udh jamet, tangan ke sekian, km puteran, mesin bocor sana sini, rack steering sm kaki2 oblak + bekas modif juga. cari yg masih full ori luar dalam sukur2 dapet yg masih tangan 1 dari baru

sm saran saya, kalo memang ada yg om sreg secara kondisi, mending ambil aja om, harga lebih mahal gpp, karena mobil city z tahun segitu jatohnya udh mobil hobi dimana harga yg kondisi kurang bagus, biasa aja tapi masih layak beli dan mint condition bisa rada jomplang menurut saya

tapi kalo sehat mah mantep bgt ini mobil. kebetulan saya udh miara honda dari 1997- sekarang. mulai dari civic, accord , crv 3 generasi, ge8 dan hrv hehehe . kalo sehat mah mobil ini sangat fun to drive, handling enak dan tarikan enak. boleh diadu sm mobil baru kelas 500jtan sekalipun kalo soal naikannya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF VRZ 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV RW
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'15 Veloz MT
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3851
Joined: 09 Oct 2016, 22:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: ANKI G Diesel AT 2018

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Pboyz97 »

DOHC wrote: 27 Jun 2022, 12:26
Tp jangan kapok dgn honda jadul om

Kl kondisi nya sehat seh, itu bahkan jazz baru aj ga ad apa2 nya :big_grin:
jangankan jazz om, sm crv turbo baru sekalipun berani diadu tenaga dan naikkannya menurut saya :big_biglaugh:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF VRZ 2GD
'18 HRV 1.5
Now:
'19 CRV RW
'18 RX300
'18 ANKI 2GD
'15 Veloz MT
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 683
Joined: 27 Aug 2009, 11:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: New Megapro
Contact:

Re: Refinement mobil tua kelas bawah tahun 2000 ke bawah

Post by Kaleng »

Pboyz97 wrote: 28 Jun 2022, 20:57 btw udh survei berapa unit om kalo boleh tau? nyari city z atau honda jadul yg lain emg agak susah kalo nyari yg bagus. rata2 udh jamet, tangan ke sekian, km puteran, mesin bocor sana sini, rack steering sm kaki2 oblak + bekas modif juga. cari yg masih full ori luar dalam sukur2 dapet yg masih tangan 1 dari baru

sm saran saya, kalo memang ada yg om sreg secara kondisi, mending ambil aja om, harga lebih mahal gpp, karena mobil city z tahun segitu jatohnya udh mobil hobi dimana harga yg kondisi kurang bagus, biasa aja tapi masih layak beli dan mint condition bisa rada jomplang menurut saya

tapi kalo sehat mah mantep bgt ini mobil. kebetulan saya udh miara honda dari 1997- sekarang. mulai dari civic, accord , crv 3 generasi, ge8 dan hrv hehehe . kalo sehat mah mobil ini sangat fun to drive, handling enak dan tarikan enak. boleh diadu sm mobil baru kelas 500jtan sekalipun kalo soal naikannya hehehe
Total baru 2 mobil om. pertama yang city ini, semalam toyota corolla 2001 A/T. Yang corolla pas saya sampai ke rumah yang punya, ada calon pembeli lain yg survey jg, tak lama kemudian deal dia.

Hasil cek saya pribadi utk yg corolla sbb:
Mesin
- Sekilas engine bay kering kerontang
- Lubang pengisian oli pas saya buka, ada seperti lumpur tipis
- Getaran mesin pas nyala dari kabin berasa normal

Radiator
- Sekilas sih kelihatan ok juga
- Yang aneh adalah air radiator di tangki cadangan melewati batas max sekitar 2-3cm, bingung jg kenapa isinya banyak begitu.

Transmisi
- Karena tidak bisa dicoba jalankan, saya coba pas sambil rem saja. pas di R bergetar, kemudian saya pindah ke R sambil rem tetap diinjak, ini lebih bergetar lagi. Kalau saya bandingkan sama cvt di mobil saya posisi D tapi rem diinjak tak ada getaran sama sekali. Apakah transmisi A/T konvensional yang normal memang bergetar jika di posisi Drive tapi mobil direm?

Karena saya cek di malam, jadi pakai senter dari HP saja, menurut saya kurang ok.
Post Reply