mobil gorengan / gagal digoreng

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by Pboyz97 »

fansdiesel wrote: Sun Sep 11, 2022 0:39
nyotsaeba wrote: Sat Sep 10, 2022 4:36
McLaren wrote:Masih ada harga wajar kok om.. asal nyari ke perseorangan
Kmrn temen dapat anki g diesel MT 2017 di 285 juta
Km60rb an pulak
Itu uda tergolong mahal sih om, say jual akhir tahun lalu g 2017 mt cuma 255 jt.
Dulu beli cm 294 jt, kalo jual 285 artinya depre 5 tahun cm 3%.
Diesel Toyota edan ya...harga segitu mending langsung beli baru aja gak sih.... Masa cuma karena inden lama gak bisa nunggu jadi ambil seken umur 5 tahun harga mepet baru ? Nalarnya dimana
diesel nya mitsu juga gak kalah edan.harga sekennya dari 3 tahun lalu saya perhatiin masih segitu2 aja. tapi gitu2 cepet laku loh. makanya harganya makin lama makin naik. apalagi model trio ladder kek innova, pajero , fortuner itu peminatnya terutama di daerah masih banyak, buyer lebih banyak dari seller. which is kalo ada kondisi bagus ya biar mahal pun disikat. pengalaman saya dulu nyari anki reborn g diesel at survei sampe belasan unit dengan waktu pencarian 1,5 tahun gadapet2 yg cocok, mulai dari yg kondisinya gak sreg sm beberapa kali keduluan pemake or pedagang dari luar jakarta yg memang berani lebih tinggi daripada penawaran saya. sampe akhirnya awal tahun lalu setelah survei ke 12/13 unitnya. dapet yg tahun 2018 km 49rb asli (service record toyota) g diesel at. si seller buka harga 325, nett 317, saya tawar 312 gak dikasih, soalnya kata si seller ada pedagang dari jateng yg udh nawar 313. yaudah saya hari itu juga langsung ke lokasi biar gak keduluan dan memang unitnya termasuk salah 1 yg paling bagus kondisinya dari belasan unit yg sudah saya survei, dan akhirnya saya tembak di harga 315 di lokasi kejadian and finally deal di hari itu. termasuk hoki juga saya, karena lokasi saya di jakarta jadi bisa lebih dulu ke tempat si sellernya, sedangkan pedagang tersebut masih di jateng. kalau kita sama2 di jakarta, mungkin bisa beda ceritanya :big_biglaugh: . hingga akhirnya mobil tersebut masih saya gunakan sampai hari ini dengan km sudah 61rb on going sejak dibeli seken awal tahun 2022 ini heheeh
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by Pboyz97 »

AbdulHakim wrote: Mon Sep 12, 2022 13:37
di daerah luar pulau Jawa, manual masih laku banget, ntah kenapa susah sekali mengubah mindset orang-orang daerah (luar pulau Jawa) kalau matic itu tidak selemah itu, mereka itu sudah terdoktrin kalau matic = gampang rusak dan mahal banget kalo matic nya sudah kena.
astaga the dragon.. :big_weee:
karena disana masih banyak tanjakkan , turunan , jalan rata2 lancar . gak semacet jkt. dan juga disana mungkin jg lebih prefer manual karena tarikannya lebih enak dibanding matic, selain perawatan yg lebih murah. gak cuma di luar jawa om. di jawa pun, terutama jogja, jatim, jateng. manual masih laku bgt. apalagi kelas lcgc, lmpv, lsuv. kecuali mobil dieselnya kek trio ladder baru matic yg lebih laku kalo di jawa menurut pengamatan sotoy saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by daimler »

AbdulHakim wrote: Mon Sep 12, 2022 13:37
di daerah luar pulau Jawa, manual masih laku banget, ntah kenapa susah sekali mengubah mindset orang-orang daerah (luar pulau Jawa) kalau matic itu tidak selemah itu, mereka itu sudah terdoktrin kalau matic = gampang rusak dan mahal banget kalo matic nya sudah kena.
astaga the dragon.. :big_weee:
Jangankan luar jawa, luar jabodetabek saja manual masih diburu, selain mindset soal matic ini-itu entah mengapa mereka yg udah belasan bahkan berpuluh2 tahun naek manual takut nyetir matic gabisa, takut nyruntul atau ini-itulah. Ada juga yg ngerasa nyetir matic buat mereka ngebosenin ga ada feel ngepasin rpm buat ganti gigi :big_peace:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

AbdulHakim wrote: Mon Sep 12, 2022 13:37
di daerah luar pulau Jawa, manual masih laku banget, ntah kenapa susah sekali mengubah mindset orang-orang daerah (luar pulau Jawa) kalau matic itu tidak selemah itu, mereka itu sudah terdoktrin kalau matic = gampang rusak dan mahal banget kalo matic nya sudah kena.
astaga the dragon.. :big_weee:
ya coba aja om jadi orang daerah spesialis matic itu gak banyak loh di jkt aja cuma beberapa apalagi di daerah bisa botak nyarinya :big_weee:

belom komponennya kalo jebol kayak saya sih sekarang matic semua tapi gak bisa di pungkiri kalo mobilnya payah apalagi kayak pajero butut saya ada kasus planetary gear banyak yang jebol menghatui sekali saking parnonya sekarang tiap gani oli saya buang juga oli maticnya sama filternya juga saya dah ganti :big_bored:

mendingan cari aman pake manual paling kopling jebol per 80-100rb km ganti set semahal2xnya juga 3jt :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by ChZ »

daimler wrote: Tue Sep 13, 2022 16:47
AbdulHakim wrote: Mon Sep 12, 2022 13:37
di daerah luar pulau Jawa, manual masih laku banget, ntah kenapa susah sekali mengubah mindset orang-orang daerah (luar pulau Jawa) kalau matic itu tidak selemah itu, mereka itu sudah terdoktrin kalau matic = gampang rusak dan mahal banget kalo matic nya sudah kena.
astaga the dragon.. :big_weee:
Jangankan luar jawa, luar jabodetabek saja manual masih diburu, selain mindset soal matic ini-itu entah mengapa mereka yg udah belasan bahkan berpuluh2 tahun naek manual takut nyetir matic gabisa, takut nyruntul atau ini-itulah. Ada juga yg ngerasa nyetir matic buat mereka ngebosenin ga ada feel ngepasin rpm buat ganti gigi :big_peace:
di indonesia main mobil tuh kuat mitosnya daripada faktanya om, wong masih ada reviewer ketok-ketok plat bodi :big_weee:

dan mitos-mitos lain :

- front wheel drive cepat ambrol kaki kakinya padahal cuma pake rumah kantor tiap hari.
- automatic lebih badak daripada CVT padahal banyak automatic yang ringkih juga.
- mobil diesel lebih kuat dari bensin jadi bisa tuning ugal ugalan smoke map blablabla, padahal banyak kejadian 2GD di push juga ambrol. not mentioning diesel punya banyak sekali emission problems. skandal dieselgate yang gede ampe DPF banyak banget yang clogged dan go bye-bye early, di sini mah keenakan ga ada DPF isi solbus terosss langit kotor minta ganti listrik
- mobil eropa rewel mobil jepang badak... errr... partially true tapi nissan? oh itu eropa juga dink :big_weee:
- toyota resale valuenya kuat (udah ga relevan sih, lebih gampang dijual aja bukan berarti resalenya kuat. depresiasi relatif mirip tp toyota lebih likuid)
- last but not least, mobil elektrik ramah lingkungan (seriously everyone still eats this bs? until govt officials?) yang ane heran influencer banyak yang tidak kritis soal ini masih makan BS kalo listrik lebih ramah lingkungan. ya kalo kritis ga ada duitnya sih.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Sep 14, 2022 4:56 di indonesia main mobil tuh kuat mitosnya daripada faktanya om, wong masih ada reviewer ketok-ketok plat bodi :big_weee:

dan mitos-mitos lain :

- front wheel drive cepat ambrol kaki kakinya padahal cuma pake rumah kantor tiap hari.
- automatic lebih badak daripada CVT padahal banyak automatic yang ringkih juga.
- mobil diesel lebih kuat dari bensin jadi bisa tuning ugal ugalan smoke map blablabla, padahal banyak kejadian 2GD di push juga ambrol. not mentioning diesel punya banyak sekali emission problems. skandal dieselgate yang gede ampe DPF banyak banget yang clogged dan go bye-bye early, di sini mah keenakan ga ada DPF isi solbus terosss langit kotor minta ganti listrik
- mobil eropa rewel mobil jepang badak... errr... partially true tapi nissan? oh itu eropa juga dink :big_weee:
- toyota resale valuenya kuat (udah ga relevan sih, lebih gampang dijual aja bukan berarti resalenya kuat. depresiasi relatif mirip tp toyota lebih likuid)
- last but not least, mobil elektrik ramah lingkungan (seriously everyone still eats this bs? until govt officials?) yang ane heran influencer banyak yang tidak kritis soal ini masih makan BS kalo listrik lebih ramah lingkungan. ya kalo kritis ga ada duitnya sih.
ada noh influencer terkenal dia nongol di channel youtube anggota DPR dia ngeles katanya kalo mobil listrik duluan pasti orang gak mau pake mobil bensin sekelas influencer mikirnya dangkal kek gini :big_bored:

gak ngerti apa evolusinya kenapa bisa ada pembangkit listrik??? kalo mobil listrik duluan listriknya dari mana?? ngechass pake gledek yang ada kan awalnya emang mesin batubara buat pembangkit listrik evolusi ke mesin combustion buat industri dan dari situ dibuat versi kecilnya baru jadi mesin buat mobil dan gak ada mesin combustion pesawat terbang pake apaaan pake batre???? :wkkk:

terus alat2x berat bisa2x pake tenaga batubara semua kalo gak ada mesin combustion apa gak tambah parah tuh polusi :wkkk:

sekelas influencer mikirnya dangkal bener :wkkk:

ada lagi di amrik hari ini ngomong 2035 semua mobil cobustion gak boleh dijual eh berapa hari kemudian ngomong lagi jgn pada ngechass mobil listrik power gridnya kagak kuat :wkkk:

sekelas gov amerika bisa ngaco kek gini pasti biangnya cuma satu biasanya :wkkk:



DUIT!!!!!! :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by ChZ »

b0ku wrote: Wed Sep 14, 2022 6:08 ada noh influencer terkenal dia nongol di channel youtube anggota DPR dia ngeles katanya kalo mobil listrik duluan pasti orang gak mau pake mobil bensin sekelas influencer mikirnya dangkal kek gini :big_bored:

gak ngerti apa evolusinya kenapa bisa ada pembangkit listrik??? kalo mobil listrik duluan listriknya dari mana?? ngechass pake gledek yang ada kan awalnya emang mesin batubara buat pembangkit listrik evolusi ke mesin combustion buat industri dan dari situ dibuat versi kecilnya baru jadi mesin buat mobil dan gak ada mesin combustion pesawat terbang pake apaaan pake batre???? :wkkk:

terus alat2x berat bisa2x pake tenaga batubara semua kalo gak ada mesin combustion apa gak tambah parah tuh polusi :wkkk:

sekelas influencer mikirnya dangkal bener :wkkk:

ada lagi di amrik hari ini ngomong 2035 semua mobil cobustion gak boleh dijual eh berapa hari kemudian ngomong lagi jgn pada ngechass mobil listrik power gridnya kagak kuat :wkkk:

sekelas gov amerika bisa ngaco kek gini pasti biangnya cuma satu biasanya :wkkk:



DUIT!!!!!! :ngacir:
Coba video dia bilang moblis ramah lingkungan ditunjukin orang kalimantan yang rumahnya dekat powerplant batu bara atau tambang batu bara kena polusinya, yang barely bisa nikmatin moblis. Hahahahaha. Mamam tuh ramah lingkungan.

Klw argumennya renewable source, lebih gampang bikin renewable fuel sih.

Influenser lama lama kayak seleb, gimmick banyak pengetahuan dangkal.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 436
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by Bibieight »

ChZ wrote: Wed Sep 14, 2022 7:15
b0ku wrote: Wed Sep 14, 2022 6:08 ada noh influencer terkenal dia nongol di channel youtube anggota DPR dia ngeles katanya kalo mobil listrik duluan pasti orang gak mau pake mobil bensin sekelas influencer mikirnya dangkal kek gini :big_bored:

gak ngerti apa evolusinya kenapa bisa ada pembangkit listrik??? kalo mobil listrik duluan listriknya dari mana?? ngechass pake gledek yang ada kan awalnya emang mesin batubara buat pembangkit listrik evolusi ke mesin combustion buat industri dan dari situ dibuat versi kecilnya baru jadi mesin buat mobil dan gak ada mesin combustion pesawat terbang pake apaaan pake batre???? :wkkk:

terus alat2x berat bisa2x pake tenaga batubara semua kalo gak ada mesin combustion apa gak tambah parah tuh polusi :wkkk:

sekelas influencer mikirnya dangkal bener :wkkk:

ada lagi di amrik hari ini ngomong 2035 semua mobil cobustion gak boleh dijual eh berapa hari kemudian ngomong lagi jgn pada ngechass mobil listrik power gridnya kagak kuat :wkkk:

sekelas gov amerika bisa ngaco kek gini pasti biangnya cuma satu biasanya :wkkk:



DUIT!!!!!! :ngacir:
Coba video dia bilang moblis ramah lingkungan ditunjukin orang kalimantan yang rumahnya dekat powerplant batu bara atau tambang batu bara kena polusinya, yang barely bisa nikmatin moblis. Hahahahaha. Mamam tuh ramah lingkungan.

Klw argumennya renewable source, lebih gampang bikin renewable fuel sih.

Influenser lama lama kayak seleb, gimmick banyak pengetahuan dangkal.
Ndak usah jauh2 ke Kalimantan oom...
https://katadata.co.id/sortatobing/foto ... ui-marunda
Disini juga dah ketemu debu batu bara... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Saya pilih moblis itu sih bukan karena faktor lingkungan, lha faktor lingkungan itu paling belakang sendiri,faktor ke 1000 :big_peace: :big_peace: :big_peace: .... Lha dimari kan sumber setrumnya batubara semua, polutan paling buruk kan (dan yang kaya dari barang ini itu lagi itu lagi), tapi lebih karena hari ini TCO-nya 5-7 taun pertama beti ama Fortie/Camry (pending masalah kwalitas si H miring, nama juga 1st year model+1st year pabrik sama nasib si batere). Nah unknown factor di itung2an TCO-nya itu memang di batere, apa setelah 7-10 taun baterenya bakal mati total, jadi residual value-nya jadi betul2 zero, atau cuman kurang range aja jadi residual value-nya ndak lebih remuk dari baling2 biru atau Peugeot (do'a saya si range-nya dikit2 berkurang, gpp, lun tentu 10 taun lagi masih sanggup nyetir jauh2.. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ).

Kalo saya pribadi sih memang mending netral aja, mau stroom ya hayo, mau ICE ya silahkan, tinggal stroom ama bensinnya dilepas ke pasar, dua2nya ndak subsidi2an. Toh lama2 orang juga bisa milih sesuai kebutuhan, selera dan dompet, kayak dulu, orang beli Panther kan diketawain, Innova dijel pertama keluar juga ndak banyak yang minat, abis gitu 5 taun kemudian Innova dijel jadi sesembahan disini kaan.. :big_peace: :big_peace: :big_peace:.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by ChZ »

Bibieight wrote: Wed Sep 14, 2022 8:04
Ndak usah jauh2 ke Kalimantan oom...
https://katadata.co.id/sortatobing/foto ... ui-marunda
Disini juga dah ketemu debu batu bara... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Saya pilih moblis itu sih bukan karena faktor lingkungan, lha faktor lingkungan itu paling belakang sendiri,faktor ke 1000 :big_peace: :big_peace: :big_peace: .... Lha dimari kan sumber setrumnya batubara semua, polutan paling buruk kan (dan yang kaya dari barang ini itu lagi itu lagi), tapi lebih karena hari ini TCO-nya 5-7 taun pertama beti ama Fortie/Camry (pending masalah kwalitas si H miring, nama juga 1st year model+1st year pabrik sama nasib si batere). Nah unknown factor di itung2an TCO-nya itu memang di batere, apa setelah 7-10 taun baterenya bakal mati total, jadi residual value-nya jadi betul2 zero, atau cuman kurang range aja jadi residual value-nya ndak lebih remuk dari baling2 biru atau Peugeot (do'a saya si range-nya dikit2 berkurang, gpp, lun tentu 10 taun lagi masih sanggup nyetir jauh2.. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ).

Kalo saya pribadi sih memang mending netral aja, mau stroom ya hayo, mau ICE ya silahkan, tinggal stroom ama bensinnya dilepas ke pasar, dua2nya ndak subsidi2an. Toh lama2 orang juga bisa milih sesuai kebutuhan, selera dan dompet, kayak dulu, orang beli Panther kan diketawain, Innova dijel pertama keluar juga ndak banyak yang minat, abis gitu 5 taun kemudian Innova dijel jadi sesembahan disini kaan.. :big_peace: :big_peace: :big_peace:.
nah iya om, sebenernya saya sih gak keberatan dengan mobil listrik. it's just another type of car. ngga ada kaitan dengan environment krn masih pakai energi besar. sama dgn saya tidak keberatan orang pakai diesel walau saya jg tidak suka diesel. akhirnya orang beli diesel jg bukan kenapa-napa memang karena ops nya murah aja solar jelek. sama kaya listrik emang karena opsnya murah aja.

tapi influencer membuat seakan big deal kalau kita switch ke EV, sendirinya punya 10+ mobil bensin. message nya jadi misleading. macem SJW lingkungan tiba-tiba, ngomongin environment cuma karena "pesenan" pabrikan. tiba-tiba semua reviewer jadi peduli soal lingkungan, setelah selama ini bakar bakar ban dan bensin.

isu lingkungan tuh panjang, pembangunan infrastruktur aja banyak tidak memperhatikan soal lingkungan, AMDAL aja banyak ditembusi pejabat daerah, bicara lingkungan di mobil listrik malah terdengar kebelet jadi pahlawan kesiangan.

pernah ada masa orang bawa-bawa lingkungan jg waktu iklanin mobil diesel, nyatanya ketauan curang pada diem semua soal lingkungan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4198
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by b0ku »

ChZ wrote: Wed Sep 14, 2022 7:15 Coba video dia bilang moblis ramah lingkungan ditunjukin orang kalimantan yang rumahnya dekat powerplant batu bara atau tambang batu bara kena polusinya, yang barely bisa nikmatin moblis. Hahahahaha. Mamam tuh ramah lingkungan.

Klw argumennya renewable source, lebih gampang bikin renewable fuel sih.

Influenser lama lama kayak seleb, gimmick banyak pengetahuan dangkal.




katanya ramah lingkungan tapi malah lebih ngerusak belom ntar limbah bekasnya ini yang ada cuma nyelametin kota tapi ancurin hutan mau ntar semua listrik yang tetep aja global warming karena hutannya di ancur2xin, ini yang saya kesel bukannya urusin hutan malah ngursusin banda orang :big_bored:
ChZ wrote: Wed Sep 14, 2022 8:28
nah iya om, sebenernya saya sih gak keberatan dengan mobil listrik. it's just another type of car. ngga ada kaitan dengan environment krn masih pakai energi besar. sama dgn saya tidak keberatan orang pakai diesel walau saya jg tidak suka diesel. akhirnya orang beli diesel jg bukan kenapa-napa memang karena ops nya murah aja solar jelek. sama kaya listrik emang karena opsnya murah aja.

tapi influencer membuat seakan big deal kalau kita switch ke EV, sendirinya punya 10+ mobil bensin. message nya jadi misleading. macem SJW lingkungan tiba-tiba, ngomongin environment cuma karena "pesenan" pabrikan. tiba-tiba semua reviewer jadi peduli soal lingkungan, setelah selama ini bakar bakar ban dan bensin.

isu lingkungan tuh panjang, pembangunan infrastruktur aja banyak tidak memperhatikan soal lingkungan, AMDAL aja banyak ditembusi pejabat daerah, bicara lingkungan di mobil listrik malah terdengar kebelet jadi pahlawan kesiangan.

pernah ada masa orang bawa-bawa lingkungan jg waktu iklanin mobil diesel, nyatanya ketauan curang pada diem semua soal lingkungan.

ini lah dulu kita juga suka sama taycan sama honda E tesla mah emang males deh fanboy dan mereknya katro :big_biglaugh:

tapi makin kesini makin kenceng propaganda mobil listrik ud kayak paling suci aja malah bikin saya benci makannya saking keselnya kalo bisa saya injek2x imagenya sampe jadi sampah belakangan sih saya sering clash sama bule2x malah saking keselnya ya mayoritas fanboynya mikirnya kek kebanyakan duit aja mereka semua dianggep enteng padahal saya betah pake mobil tua karena kalo di pikir2x costnya beli bekas sama repairnya juga gak bakalan kebeli yang baru dan hemat duit dan cara kek gini susah buat di apply di mobil listrik malah saya baru dapet orang korban kebakaran tesla dia baru beli second gak lama mobilnya kebakar ancurin rumah sama harleynya salah satu resiko beli EV second :big_bored:
Bibieight wrote: Wed Sep 14, 2022 8:04
Ndak usah jauh2 ke Kalimantan oom...
https://katadata.co.id/sortatobing/foto ... ui-marunda
Disini juga dah ketemu debu batu bara... :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Saya pilih moblis itu sih bukan karena faktor lingkungan, lha faktor lingkungan itu paling belakang sendiri,faktor ke 1000 :big_peace: :big_peace: :big_peace: .... Lha dimari kan sumber setrumnya batubara semua, polutan paling buruk kan (dan yang kaya dari barang ini itu lagi itu lagi), tapi lebih karena hari ini TCO-nya 5-7 taun pertama beti ama Fortie/Camry (pending masalah kwalitas si H miring, nama juga 1st year model+1st year pabrik sama nasib si batere). Nah unknown factor di itung2an TCO-nya itu memang di batere, apa setelah 7-10 taun baterenya bakal mati total, jadi residual value-nya jadi betul2 zero, atau cuman kurang range aja jadi residual value-nya ndak lebih remuk dari baling2 biru atau Peugeot (do'a saya si range-nya dikit2 berkurang, gpp, lun tentu 10 taun lagi masih sanggup nyetir jauh2.. :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ).

Kalo saya pribadi sih memang mending netral aja, mau stroom ya hayo, mau ICE ya silahkan, tinggal stroom ama bensinnya dilepas ke pasar, dua2nya ndak subsidi2an. Toh lama2 orang juga bisa milih sesuai kebutuhan, selera dan dompet, kayak dulu, orang beli Panther kan diketawain, Innova dijel pertama keluar juga ndak banyak yang minat, abis gitu 5 taun kemudian Innova dijel jadi sesembahan disini kaan.. :big_peace: :big_peace: :big_peace:.

om ungkit old innova diesel ini menarik om karena dulu fortuner sama innova diesel itu dianggep cupu 120hp VS 150hp buat bensinnya sedangkan fortuner 120hp vs 160hp buat bensinnya jaman segitu kita masih pada awam urusan turbodiesel ditambah awal keluar solarnya beneran busuk dan image mesin commonrail itu gak cocok sama solar jaman segitu, makin kesini makin gencar remap dan kualitas solar makin bagus dan dulu jaman inova diesel masih sepi saya pernah disuruh testdrive iinova temen saya yang ud di dastek sama soleh suruh start pake gigi 3 aja kenceng bangeet :big_biglaugh: emang kaget sih padahal baru 150hpan tapi torsi ud ke 300-350nm manual pula jaman segitu sih emang bener2x kejutan :big_biglaugh:
Last edited by b0ku on Wed Sep 14, 2022 10:49, edited 3 times in total.
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by adriangaut »

b0ku wrote: Wed Sep 14, 2022 10:34
ChZ wrote: Wed Sep 14, 2022 7:15 Coba video dia bilang moblis ramah lingkungan ditunjukin orang kalimantan yang rumahnya dekat powerplant batu bara atau tambang batu bara kena polusinya, yang barely bisa nikmatin moblis. Hahahahaha. Mamam tuh ramah lingkungan.

Klw argumennya renewable source, lebih gampang bikin renewable fuel sih.

Influenser lama lama kayak seleb, gimmick banyak pengetahuan dangkal.




katanya ramah lingkungan tapi malah lebih ngerusak belom ntar limbah bekasnya ini yang ada cuma nyelametin kota tapi ancurin hutan mau ntar semua listrik yang tetep aja global warming karena hutannya di ancur2xin, ini yang saya kesel bukannya urusin hutan malah ngursusin banda orang :big_bored:
Ngurusin hutan ngga dapet cuan oom wkwkwk

Kalo ganti mobil listrik kan kita keluar uang lagi, pajak lagi wkwkwk
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by daimler »

ChZ wrote: Wed Sep 14, 2022 4:56 di indonesia main mobil tuh kuat mitosnya daripada faktanya om, wong masih ada reviewer ketok-ketok plat bodi :big_weee:

dan mitos-mitos lain :

- front wheel drive cepat ambrol kaki kakinya padahal cuma pake rumah kantor tiap hari.
- automatic lebih badak daripada CVT padahal banyak automatic yang ringkih juga.
- mobil diesel lebih kuat dari bensin jadi bisa tuning ugal ugalan smoke map blablabla, padahal banyak kejadian 2GD di push juga ambrol. not mentioning diesel punya banyak sekali emission problems. skandal dieselgate yang gede ampe DPF banyak banget yang clogged dan go bye-bye early, di sini mah keenakan ga ada DPF isi solbus terosss langit kotor minta ganti listrik
- mobil eropa rewel mobil jepang badak... errr... partially true tapi nissan? oh itu eropa juga dink :big_weee:
- toyota resale valuenya kuat (udah ga relevan sih, lebih gampang dijual aja bukan berarti resalenya kuat. depresiasi relatif mirip tp toyota lebih likuid)
- last but not least, mobil elektrik ramah lingkungan (seriously everyone still eats this bs? until govt officials?) yang ane heran influencer banyak yang tidak kritis soal ini masih makan BS kalo listrik lebih ramah lingkungan. ya kalo kritis ga ada duitnya sih.
Ngomongin mobil listrik, bahkan first world country ngasi subsidi (entah dlm bentuk cashback/diskon) kalo beli, ya US, eropa, korea, cina :big_dunno: :big_dunno: entah apa yg ada di benaknya mereka. Ga kepikiran soal isu penambangan cobalt di afrika gimana, tambang lithium, nikel buat baterenya. Mana walopun jaman udh modern nuklir udh dijadiin pembangkit listrik, tetep aja pembangkit listrik paling banyak dari batubara, karena paling murah cost/watt nya.

Drpd gembar-gembor infulenza ama govt soal mobil listrik baik buat lingkungan, lebih baik inovasi sumber listrik renewable kaya dr air (dam), wind turbine atau solar panel. Kalo soal mobil ramah lingkungan, emisi yg dihasilkan dari memakaiobil selama mungkin, sama beli mobil listrik tau sendiri lebih kecil yg mana. Ini kalo di negeri ini kaya las awal2 launching elcegeceh. bukan green car, tapi karena cc nya kecil ya emisinya juga jelas lebih sedikit. *No offense
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by ChZ »

daimler wrote: Wed Sep 14, 2022 11:17
Ngomongin mobil listrik, bahkan first world country ngasi subsidi (entah dlm bentuk cashback/diskon) kalo beli, ya US, eropa, korea, cina :big_dunno: :big_dunno: entah apa yg ada di benaknya mereka. Ga kepikiran soal isu penambangan cobalt di afrika gimana, tambang lithium, nikel buat baterenya. Mana walopun jaman udh modern nuklir udh dijadiin pembangkit listrik, tetep aja pembangkit listrik paling banyak dari batubara, karena paling murah cost/watt nya.

Drpd gembar-gembor infulenza ama govt soal mobil listrik baik buat lingkungan, lebih baik inovasi sumber listrik renewable kaya dr air (dam), wind turbine atau solar panel. Kalo soal mobil ramah lingkungan, emisi yg dihasilkan dari memakaiobil selama mungkin, sama beli mobil listrik tau sendiri lebih kecil yg mana. Ini kalo di negeri ini kaya las awal2 launching elcegeceh. bukan green car, tapi karena cc nya kecil ya emisinya juga jelas lebih sedikit. *No offense
subsidi mobil listrik kekonyolannya on the same level dengan subsidi BBM dan subsidi pajak LCGC sih. mobil pribadi mau gimana juga tetep barang konsumsi. uang subsidinya tidak muter lagi tapi berakhir jadi sampah. yang manfaatin juga orang kaya. ini govt pada ikut kemakan omongan elon musk aja.

aturan subsidi nya buat transportasi umum dan benahi arsitektur kota. bikin pedestrian yang ok supaya orang nyaman jalan kaki berkilometer2, encourage swasta untuk bikin ruang terbuka hijau sebagai CSR apalagi kalau usaha punya pabrik CSRnya paling bener ya bangun RTH atau pengolahan limbah ke lingkungan sekitar.

lalu encourage perusahaan untuk menerapkan WFH toh sbenernya banyak bangunan fisik hampir ga kepake orang kamar kost-an aja skrg bisa jadi kantor. sejak pandemi udah ngerti semua kan sebenernya ngantor itu buang-buang energi? gudang/pabrik kan udah terpusat juga.

jalanan sepi, langit bersih padahal yang jalan mobil ber-BBM semua juga. jadi sebenernya kalau mobilitas ditekan ya emisi juga bisa ditekan. yang tinggal di jakarta/surabaya harusnya ngerti kok betapa segernya udara kalo libur lebaran :big_biglaugh: itu padahal seminggu gimana dijalanin setaun.

ironi nya kan, kita disuruh beralih ke listrik tapi malah minyak nya tetep naik begitu russia sebagai net eksportir di embargo? klw negara2 maju bilang mau kurangi konsumsi minyak kenapa bingung kan katanya emang mau ngurangin?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1392
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by AbdulHakim »

ChZ wrote: Thu Sep 15, 2022 3:47 lalu encourage perusahaan untuk menerapkan WFH toh sbenernya banyak bangunan fisik udah ga bakal kepake orang kamar kost-an aja skrg bisa jadi kantor. sejak pandemi udah ngerti semua kan sebenernya ngantor itu buang-buang energi?

jalanan sepi, langit bersih padahal yang jalan mobil ber-BBM semua juga. jadi sebenernya kalau mobilitas ditekan ya emisi juga bisa ditekan. yang tinggal di jakarta/surabaya harusnya ngerti kok betapa segernya udara kalo libur lebaran :big_biglaugh: itu aja cm seminggu gimana dijalanin setaun.
bener banget nih mod, skrg semua bisa dikerjain secara daring: ngedraft kontrak, meeting, routing approval, training, bikin report progress etc etc..
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by evanbngdor »

AbdulHakim wrote: Thu Sep 15, 2022 3:54
ChZ wrote: Thu Sep 15, 2022 3:47 lalu encourage perusahaan untuk menerapkan WFH toh sbenernya banyak bangunan fisik udah ga bakal kepake orang kamar kost-an aja skrg bisa jadi kantor. sejak pandemi udah ngerti semua kan sebenernya ngantor itu buang-buang energi?

jalanan sepi, langit bersih padahal yang jalan mobil ber-BBM semua juga. jadi sebenernya kalau mobilitas ditekan ya emisi juga bisa ditekan. yang tinggal di jakarta/surabaya harusnya ngerti kok betapa segernya udara kalo libur lebaran :big_biglaugh: itu aja cm seminggu gimana dijalanin setaun.
bener banget nih mod, skrg semua bisa dikerjain secara daring: ngedraft kontrak, meeting, routing approval, training, bikin report progress etc etc..
Maaf makin OOT.

Nah yg jd masalah adalah sistem manajemen dr setiap perusahaan itu harus proper. Karena banyak kasus yg saya tau dengan WFH itu produktivitas meningkat, tp lebih banyak lg dengan WFH produktivitas jeblok.

Memang sistem ini harus didukung dengan komponen2 yg mendukung, yg utama jelas individu karyawan itu sendiri. Kalo emang mental nya korupsi, ya susah. Saya kebetulan waktu itu jg ngalamin ini. Ada salah satu anggota tim yg bukannya work from home, tp malah sleep at home. Begitu dikenain SP baru deh tobat. Tp ya tetep karena tidak ada pengawasan secara visual selama jam kerja, produktivitasnya ngga maksimal.

Tp ini khusus tim yg emang bs support secara daring, kalo yg emang harus support secara fisik (misal teknisi) ya ngga bisa daring juga. Mungkin yang perlu diterapkan di seluruh instansi itu adalah sistem Business Continuity Plan nya terlebih dahulu. Saya selalu bilang ambil asumsi terburuk dalam setiap hal, supaya kita bisa rancang mitigasi nya gimana. Misal asumsiin ada yg ngebom gedung kantor, kalo BCP nya diterapkan bener sih mau itu gedung hancur lebur, aktivitas kantor terutama yg utama2 tetep bs jalan.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by satriakarisma »

evanbngdor wrote: Thu Sep 15, 2022 4:33
AbdulHakim wrote: Thu Sep 15, 2022 3:54
ChZ wrote: Thu Sep 15, 2022 3:47 lalu encourage perusahaan untuk menerapkan WFH toh sbenernya banyak bangunan fisik udah ga bakal kepake orang kamar kost-an aja skrg bisa jadi kantor. sejak pandemi udah ngerti semua kan sebenernya ngantor itu buang-buang energi?

jalanan sepi, langit bersih padahal yang jalan mobil ber-BBM semua juga. jadi sebenernya kalau mobilitas ditekan ya emisi juga bisa ditekan. yang tinggal di jakarta/surabaya harusnya ngerti kok betapa segernya udara kalo libur lebaran :big_biglaugh: itu aja cm seminggu gimana dijalanin setaun.
bener banget nih mod, skrg semua bisa dikerjain secara daring: ngedraft kontrak, meeting, routing approval, training, bikin report progress etc etc..
Maaf makin OOT.

Nah yg jd masalah adalah sistem manajemen dr setiap perusahaan itu harus proper. Karena banyak kasus yg saya tau dengan WFH itu produktivitas meningkat, tp lebih banyak lg dengan WFH produktivitas jeblok.

Memang sistem ini harus didukung dengan komponen2 yg mendukung, yg utama jelas individu karyawan itu sendiri. Kalo emang mental nya korupsi, ya susah. Saya kebetulan waktu itu jg ngalamin ini. Ada salah satu anggota tim yg bukannya work from home, tp malah sleep at home. Begitu dikenain SP baru deh tobat. Tp ya tetep karena tidak ada pengawasan secara visual selama jam kerja, produktivitasnya ngga maksimal.

Tp ini khusus tim yg emang bs support secara daring, kalo yg emang harus support secara fisik (misal teknisi) ya ngga bisa daring juga. Mungkin yang perlu diterapkan di seluruh instansi itu adalah sistem Business Continuity Plan nya terlebih dahulu. Saya selalu bilang ambil asumsi terburuk dalam setiap hal, supaya kita bisa rancang mitigasi nya gimana. Misal asumsiin ada yg ngebom gedung kantor, kalo BCP nya diterapkan bener sih mau itu gedung hancur lebur, aktivitas kantor terutama yg utama2 tetep bs jalan.
Wah ada sistem BCP juga di mari.

salim dulu ya om Evan :big_deal:
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by kepo2601 »

farizfsa wrote: Fri Sep 09, 2022 13:56
pendoli wrote: Sun Jul 10, 2022 12:43
farizfsa wrote: Sun Jul 10, 2022 11:35

Biasa dimulai kita jual di marketplace macem oeleks. Si yg punya2 ig jualan mobil itu pada approach bs lewat ig atau dm oeleks, nawarin bantu jual terus kl kejual lewat mereka, nanti ada komisi berapa persen apa gt.

Tp saya blm mau sih wkwk
Sama aja kaya makelar rumah kan
Gw pernah kayanya titip consignment gitu tp ga ada buyer dateng wkwkwk
Ujung2nya ke pedagang juga yg ambil
Hari ini ada tmn niat liat bmw dr consignment ig
Bilang mobil siap pakai
Kebetulan sy bawa mbl tipe sama buat perbandingan buat tmn

Taunya mbl wadoooh caur
Bemper lecet2
Mesin kasar
Column setir belok aja bunyi
Ban benjol

Masih kekeh mobil siap pakai, katanya dia ga suka sama omongan saya blg mobilnya ini itu padahal ngmng ke seller jg dikit, padahal emg apa adanya buat nyelametin temen saya yg keliatan nafsu

Gampang nya mereka bilang, “tinggal bawa ke bengkel, ban benjol namanya jg mobil bekas pake”

Wth

Kita blg ga jadi, malah emosi dia wakakka
Kalo boleh tau, bmw apa tuh om? penasaran saya hehehe
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by kepo2601 »

satriakarisma wrote: Thu Sep 15, 2022 5:10
evanbngdor wrote: Thu Sep 15, 2022 4:33
AbdulHakim wrote: Thu Sep 15, 2022 3:54
bener banget nih mod, skrg semua bisa dikerjain secara daring: ngedraft kontrak, meeting, routing approval, training, bikin report progress etc etc..
Maaf makin OOT.

Nah yg jd masalah adalah sistem manajemen dr setiap perusahaan itu harus proper. Karena banyak kasus yg saya tau dengan WFH itu produktivitas meningkat, tp lebih banyak lg dengan WFH produktivitas jeblok.

Memang sistem ini harus didukung dengan komponen2 yg mendukung, yg utama jelas individu karyawan itu sendiri. Kalo emang mental nya korupsi, ya susah. Saya kebetulan waktu itu jg ngalamin ini. Ada salah satu anggota tim yg bukannya work from home, tp malah sleep at home. Begitu dikenain SP baru deh tobat. Tp ya tetep karena tidak ada pengawasan secara visual selama jam kerja, produktivitasnya ngga maksimal.

Tp ini khusus tim yg emang bs support secara daring, kalo yg emang harus support secara fisik (misal teknisi) ya ngga bisa daring juga. Mungkin yang perlu diterapkan di seluruh instansi itu adalah sistem Business Continuity Plan nya terlebih dahulu. Saya selalu bilang ambil asumsi terburuk dalam setiap hal, supaya kita bisa rancang mitigasi nya gimana. Misal asumsiin ada yg ngebom gedung kantor, kalo BCP nya diterapkan bener sih mau itu gedung hancur lebur, aktivitas kantor terutama yg utama2 tetep bs jalan.
Wah ada sistem BCP juga di mari.

salim dulu ya om Evan :big_deal:
Maaf kalau pertanyaan saya agak bodoh, memangnya diperusahaan lain skala menengah besar masih ada yang ngga punya BCP om?
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by evanbngdor »

kepo2601 wrote: Thu Sep 15, 2022 7:01
satriakarisma wrote: Thu Sep 15, 2022 5:10
evanbngdor wrote: Thu Sep 15, 2022 4:33

Maaf makin OOT.

Nah yg jd masalah adalah sistem manajemen dr setiap perusahaan itu harus proper. Karena banyak kasus yg saya tau dengan WFH itu produktivitas meningkat, tp lebih banyak lg dengan WFH produktivitas jeblok.

Memang sistem ini harus didukung dengan komponen2 yg mendukung, yg utama jelas individu karyawan itu sendiri. Kalo emang mental nya korupsi, ya susah. Saya kebetulan waktu itu jg ngalamin ini. Ada salah satu anggota tim yg bukannya work from home, tp malah sleep at home. Begitu dikenain SP baru deh tobat. Tp ya tetep karena tidak ada pengawasan secara visual selama jam kerja, produktivitasnya ngga maksimal.

Tp ini khusus tim yg emang bs support secara daring, kalo yg emang harus support secara fisik (misal teknisi) ya ngga bisa daring juga. Mungkin yang perlu diterapkan di seluruh instansi itu adalah sistem Business Continuity Plan nya terlebih dahulu. Saya selalu bilang ambil asumsi terburuk dalam setiap hal, supaya kita bisa rancang mitigasi nya gimana. Misal asumsiin ada yg ngebom gedung kantor, kalo BCP nya diterapkan bener sih mau itu gedung hancur lebur, aktivitas kantor terutama yg utama2 tetep bs jalan.
Wah ada sistem BCP juga di mari.

salim dulu ya om Evan :big_deal:
Maaf kalau pertanyaan saya agak bodoh, memangnya diperusahaan lain skala menengah besar masih ada yang ngga punya BCP om?
Bantu jawab: Lumayan banyak untuk perusahaan level menengah besar.

Terbukti pada saat awal2 pandemi kemarin itu adalah momen yang paling pas untuk menguji kesiapan BCP. Dan banyak kok temen2 yg mengalami ketidaksiapan sistem BCP itu, mulai dari data-data yang semuanya ngga ada di cloud jd ketergantungan banget sama server, lalu juga yg msh semi manual approval nya keribetan sendiri apalagi terkait kebutuhan audit, dll lah
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by kepo2601 »

evanbngdor wrote: Thu Sep 15, 2022 7:15
kepo2601 wrote: Thu Sep 15, 2022 7:01
satriakarisma wrote: Thu Sep 15, 2022 5:10
Wah ada sistem BCP juga di mari.

salim dulu ya om Evan :big_deal:
Maaf kalau pertanyaan saya agak bodoh, memangnya diperusahaan lain skala menengah besar masih ada yang ngga punya BCP om?
Bantu jawab: Lumayan banyak untuk perusahaan level menengah besar.

Terbukti pada saat awal2 pandemi kemarin itu adalah momen yang paling pas untuk menguji kesiapan BCP. Dan banyak kok temen2 yg mengalami ketidaksiapan sistem BCP itu, mulai dari data-data yang semuanya ngga ada di cloud jd ketergantungan banget sama server, lalu juga yg msh semi manual approval nya keribetan sendiri apalagi terkait kebutuhan audit, dll lah
Wah i see, thank you for insight om evan :big_deal:

Kalau dikantor saya pribadi memang prinsipnya ada BCP dan tiap tahun wajib ada training minimal 2 hari yang dari tiap divisi dipilih berberapa utusan bergilir, tapi pas awal covid kemaren tetap aja rada keteteran krn kurang efisien :mky_03:
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by ExorT »

daimler wrote: Wed Sep 14, 2022 11:17
Ngomongin mobil listrik, bahkan first world country ngasi subsidi (entah dlm bentuk cashback/diskon) kalo beli, ya US, eropa, korea, cina :big_dunno: :big_dunno: entah apa yg ada di benaknya mereka. Ga kepikiran soal isu penambangan cobalt di afrika gimana, tambang lithium, nikel buat baterenya. Mana walopun jaman udh modern nuklir udh dijadiin pembangkit listrik, tetep aja pembangkit listrik paling banyak dari batubara, karena paling murah cost/watt nya.

Drpd gembar-gembor infulenza ama govt soal mobil listrik baik buat lingkungan, lebih baik inovasi sumber listrik renewable kaya dr air (dam), wind turbine atau solar panel. Kalo soal mobil ramah lingkungan, emisi yg dihasilkan dari memakaiobil selama mungkin, sama beli mobil listrik tau sendiri lebih kecil yg mana. Ini kalo di negeri ini kaya las awal2 launching elcegeceh. bukan green car, tapi karena cc nya kecil ya emisinya juga jelas lebih sedikit. *No offense
Bagi first world countries, banyak mobil listrik = udara di negara nya lebih bersih, polusi minim -> populasi jadi lebih minim penyakit. Apalagi kota2 besarnya disana juga macet. Mana peduli mereka dengan problem negara lain. Mau lingkungan rusak (asal bukan di negaranya sendiri) ya sebodo amat.
Buang sampah tinggal pakai kontainer ke negara2 kek Afrika (termasuk Indo, Philippines) juga kan. Mungkin bisa juga nanti sampah nya di buang ke luar angkasa.

Andaikan kota besar Indo mayoritas mobil/motornya full EV, pasti juga udara nya jauh lebih bersih daripada skrg. Polusi di daerah tambang-nya kan jauh dari kota. Yang penting udara yang kita hirup sehari2 saja.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by evanbngdor »

kepo2601 wrote: Thu Sep 15, 2022 7:28
evanbngdor wrote: Thu Sep 15, 2022 7:15
kepo2601 wrote: Thu Sep 15, 2022 7:01

Maaf kalau pertanyaan saya agak bodoh, memangnya diperusahaan lain skala menengah besar masih ada yang ngga punya BCP om?
Bantu jawab: Lumayan banyak untuk perusahaan level menengah besar.

Terbukti pada saat awal2 pandemi kemarin itu adalah momen yang paling pas untuk menguji kesiapan BCP. Dan banyak kok temen2 yg mengalami ketidaksiapan sistem BCP itu, mulai dari data-data yang semuanya ngga ada di cloud jd ketergantungan banget sama server, lalu juga yg msh semi manual approval nya keribetan sendiri apalagi terkait kebutuhan audit, dll lah
Wah i see, thank you for insight om evan :big_deal:

Kalau dikantor saya pribadi memang prinsipnya ada BCP dan tiap tahun wajib ada training minimal 2 hari yang dari tiap divisi dipilih berberapa utusan bergilir, tapi pas awal covid kemaren tetap aja rada keteteran krn kurang efisien :mky_03:
Jangankan BCP Om, fire drill aja banyak yang ngga melakukan kok. Pas dilakukan eh nganggep nya cuma pd latihan doang, ada alarm ya msh kerja kayak biasa aja ngga punya dosa apa2. Padahal fire drill itu ya emang harus bener2 dilakukan seperti kalau amit2 terjadi beneran.

Kantor Om berarti msh lebih baik itu karena setidaknya udah punya sistem BCP meskipun agak keteteran itu wajar, namanya jg emergency situation
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by kepo2601 »

evanbngdor wrote: Thu Sep 15, 2022 7:34
kepo2601 wrote: Thu Sep 15, 2022 7:28
evanbngdor wrote: Thu Sep 15, 2022 7:15

Bantu jawab: Lumayan banyak untuk perusahaan level menengah besar.

Terbukti pada saat awal2 pandemi kemarin itu adalah momen yang paling pas untuk menguji kesiapan BCP. Dan banyak kok temen2 yg mengalami ketidaksiapan sistem BCP itu, mulai dari data-data yang semuanya ngga ada di cloud jd ketergantungan banget sama server, lalu juga yg msh semi manual approval nya keribetan sendiri apalagi terkait kebutuhan audit, dll lah
Wah i see, thank you for insight om evan :big_deal:

Kalau dikantor saya pribadi memang prinsipnya ada BCP dan tiap tahun wajib ada training minimal 2 hari yang dari tiap divisi dipilih berberapa utusan bergilir, tapi pas awal covid kemaren tetap aja rada keteteran krn kurang efisien :mky_03:
Jangankan BCP Om, fire drill aja banyak yang ngga melakukan kok. Pas dilakukan eh nganggep nya cuma pd latihan doang, ada alarm ya msh kerja kayak biasa aja ngga punya dosa apa2. Padahal fire drill itu ya emang harus bener2 dilakukan seperti kalau amit2 terjadi beneran.

Kantor Om berarti msh lebih baik itu karena setidaknya udah punya sistem BCP meskipun agak keteteran itu wajar, namanya jg emergency situation
:mky_03:
Karena om evan ngungkit fire drill saya baru sadar kerja disini udah 4 tahun gapernah ada fire drill padahal penting

well well well :mky_03:
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1623
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by darrelund »

impactful wrote: Thu Sep 01, 2022 18:37 sharing aja ya, menurut saya tetep kembali ke personality si penjual.

saya baru saja lepas Alphard tua saya ke youtuber spesialis jual beli Alphard, pasti pada tau lah ya...ga usah disebut...masih muda juga orangnya walau udah berkeluarga...

kenapa? pedagang umum cuma mau harga sekian ratus juta, dia nawar lebihin 11 juta di atas, dia bagusin minus2 nya, dan pas jualan juga dia selalu tunjukin minusnya apa, bahkan dia sendiri terbuka kalau pernah juga kejeblos pas habis beli dan lunasin, pulang2 malah dinamonya kebakar dan pas diinspeksi banyak part yang di akal akalin.

ambil cuan menurut saya dia masih dalam batas wajar juga marginnya dan perputarannya memang cepat.

oot, saya baru tau kalau lairofstars / L.O.S itu member SM dah dari lama even sblm dia bikin L.O.S yak...

sekian dan terima gaji...
ni yutuber yg namanya eropa tpi jualan portuner - alphard bkn om?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1623
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: mobil gorengan / gagal digoreng

Post by darrelund »

ngomongin anki dijel nih

oe denger" bbrp diler dah kaga nerima unit dari pabrik, ada yg stop sale jg malah. dahal orderan masi numpuk di diler tuh

klo emg bener ya brarti oe ga heran klo kmrn nemu venturer gress new buka harga 550jt

otr diler venturer dijel itu 527jt.....

sinyal bakal goreng sampe gosong

dapet kabar burung jg klo si inopa zenix rooflinenya mirip sienna tpi ditinggin. menarik....