Page 2 of 2

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Thu Jul 14, 2022 11:46
by Knalpot
electric ini menarik yah, tapi kalau pertumbuhan jumlah kendaraan tidak sesua dengani pertumbuhan jumlah port charging, kalau pas keuar kota bisa rusuh.. apalagi waktu musim libur macet lebaran or natal

misalndi hotel kapasitas parkir 100 kendaraan, gimana mau ngantri kalau portnya cuma 20..

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Thu Jul 14, 2022 12:22
by vipere
Knalpot wrote: Thu Jul 14, 2022 11:46 electric ini menarik yah, tapi kalau pertumbuhan jumlah kendaraan tidak sesua dengani pertumbuhan jumlah port charging, kalau pas keuar kota bisa rusuh.. apalagi waktu musim libur macet lebaran or natal

misalndi hotel kapasitas parkir 100 kendaraan, gimana mau ngantri kalau portnya cuma 20..
Di hotel pasti tarif casnya bisa 10x lipat. Jangankan listrik, air aqua aja di mini bar bisa berapa kali lipat harganya. Hehe

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Thu Jul 14, 2022 12:59
by Salvanost
Bibieight wrote: Thu Jul 14, 2022 10:30 Satu2nya yang susah dijebol cuma tesla, cuma artinya juga kalo rusak sama dengan tidak bisa dioerbaiki. Seperti ini :

Itu Sandy Munro ahli bongkar mobil aja naga2nya bakal angkat tangan.
Masa iya besok2 tiap beli mobkas harus turunin baterenya ya ?, atau kalo enggak memang dimasa depan dealer mobkas jualnya dalam kondisi batere tray-nya kebuka, taruh akuarium gitu…. :big_bored:
Tesla stress kali ya? green energy apaan kalau desain batrenya kaya gitu... kacauuu kacau... :big_bored:

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Sat Jul 16, 2022 13:35
by kunaskun
kendibocor wrote: Wed Jul 13, 2022 3:32 Bukannya ini ckd ya om?
Nunggu jandanya aja kali ya 1-2 thn siapa tau dpt 150an :mky_03:
mungkin khusus EV CKD atau CBU sama saja? bingung juga si.

1-2 tahun sepertinya harganya akan "tertahan" karena ini kan kategory niche dan hype product.
Salvanost wrote: Thu Jul 14, 2022 12:59 Tesla stress kali ya? green energy apaan kalau desain batrenya kaya gitu... kacauuu kacau... :big_bored:
masalah paten saja. karena EV itu kan mau di paten apanya lagi, secara gitu2 saja, ya mau ga mau lah kreatifitas produsen biar dapet duit dari paten.
padahal bisa saja kan dibikin universal semua. :big_grin:

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Sat Jul 16, 2022 13:38
by kunaskun
Knalpot wrote: Thu Jul 14, 2022 11:46 electric ini menarik yah, tapi kalau pertumbuhan jumlah kendaraan tidak sesua dengani pertumbuhan jumlah port charging, kalau pas keuar kota bisa rusuh.. apalagi waktu musim libur macet lebaran or natal

misalndi hotel kapasitas parkir 100 kendaraan, gimana mau ngantri kalau portnya cuma 20..
problem klasik yang udah kejadian di USA, rebutan charging port sampe baku hantam padahal sudah ada system booking di app Tesla :big_biglaugh:
solusinya? road trip management atau pake mobil ICE :mky_02:

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Sat Jul 16, 2022 14:33
by b0ku
kunaskun wrote: Sat Jul 16, 2022 13:38
problem klasik yang udah kejadian di USA, rebutan charging port sampe baku hantam padahal sudah ada system booking di app Tesla :big_biglaugh:
solusinya? road trip management atau pake mobil ICE :mky_02:
baru denger satu masalah lagi om chargingnya rame akhirnya dayanya gak kuat, ujung2xnya dari fast charging turun ke charging biasa :big_biglaugh:

10 menit itu teori T&C berlaku di lapangan :wkkk:

kecuali anda temennya thor suru samber aja pake palu mungkin 2 menit penuh :mky_03:

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Sat Jul 16, 2022 23:15
by vanosz
ngasssss gans,pake polllll,


beli dulu biar tau,

taun 2023 pas dah,mobil baru,era baru,

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Sun Jul 17, 2022 3:09
by Turboman
b0ku wrote:
kunaskun wrote: Sat Jul 16, 2022 13:38
problem klasik yang udah kejadian di USA, rebutan charging port sampe baku hantam padahal sudah ada system booking di app Tesla :big_biglaugh:
solusinya? road trip management atau pake mobil ICE :mky_02:
baru denger satu masalah lagi om chargingnya rame akhirnya dayanya gak kuat, ujung2xnya dari fast charging turun ke charging biasa :big_biglaugh:

10 menit itu teori T&C berlaku di lapangan :wkkk:

kecuali anda temennya thor suru samber aja pake palu mungkin 2 menit penuh :mky_03:
Tenang

Masy Indo sgt kreatif

Nanti banyak yg buka jasa nge cass pake GenSet gede.......en GenSet kecil sampe ke desa2

atau Jasa cass mobile / datangi konsumen pake genset 12 - 20 Kva


nambah income rakyat

Per Kwh jual Rp 5000 ato per 30 menit Rp 150.000....kayak BioSolar eceran yg dijual 1,5X harga SPBU

LOL

images%20-%202022-07-17T101304.927.jpg

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Sun Jul 17, 2022 3:14
by Turboman
Conto GenSet 20 Kva
images%20-%202022-07-17T101304.927.jpg

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Sun Jul 17, 2022 3:57
by b0ku
Turboman wrote: Sun Jul 17, 2022 3:09 Tenang

Masy Indo sgt kreatif

Nanti banyak yg buka jasa nge cass pake GenSet gede.......en GenSet kecil sampe ke desa2

atau Jasa cass mobile / datangi konsumen pake genset 12 - 20 Kva


nambah income rakyat

Per Kwh jual Rp 5000 ato per 30 menit Rp 150.000....kayak BioSolar eceran yg dijual 1,5X harga SPBU

LOL


images%20-%202022-07-17T101304.927.jpg
emang kuat om buat fast charging 20kva bukanya cuma 16kw fast charging pakenya 50kw :big_bored:

16kw masih level 2 berarti sekitar 8jeman artinya 300rb sejem kali 8 = mayan lah 2,4jt :big_bored:

kemarn isi dex buat pajero mahal juga sih katanya kalo fulltenk 900rban :big_bored:

terus itung lah best time 5 menit kalo lagi peak macem musim mudik kena antrian 10 mobil ud 50menit sendiri itu kalo power gridnya kuat ngempanin ngisi 5 menit yang ultra aja sekarang ud 50-90kw itu bisa sejem :big_bored:

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Sun Jul 17, 2022 6:47
by Turboman
b0ku wrote:
Turboman wrote: Sun Jul 17, 2022 3:09 Tenang

Masy Indo sgt kreatif

Nanti banyak yg buka jasa nge cass pake GenSet gede.......en GenSet kecil sampe ke desa2

atau Jasa cass mobile / datangi konsumen pake genset 12 - 20 Kva


nambah income rakyat

Per Kwh jual Rp 5000 ato per 30 menit Rp 150.000....kayak BioSolar eceran yg dijual 1,5X harga SPBU

LOL


images%20-%202022-07-17T101304.927.jpg
emang kuat om buat fast charging 20kva bukanya cuma 16kw fast charging pakenya 50kw :big_bored:

16kw masih level 2 berarti sekitar 8jeman artinya 300rb sejem kali 8 = mayan lah 2,4jt :big_bored:

kemarn isi dex buat pajero mahal juga sih katanya kalo fulltenk 900rban :big_bored:

terus itung lah best time 5 menit kalo lagi peak macem musim mudik kena antrian 10 mobil ud 50menit sendiri itu kalo power gridnya kuat ngempanin ngisi 5 menit yang ultra aja sekarang ud 50-90kw itu bisa sejem :big_bored:
kan ini kelas Pertamini tapi versi Cass EV

yg bisa dijalankan UMKM / UKM di desa2

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Wed Aug 24, 2022 16:56
by daimler
Wow menarik, masih nunggu teknologi batere berbahan graphene diimplementasi skala industri masif. Denger2 mengurangi panas batere ketika buat fast charging

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Tue Aug 30, 2022 6:15
by henbob

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Tue Aug 30, 2022 8:43
by MaddMaxx
so far sih masih belum trust ev buat long trip. keknya lebih cocok buat daily commute aja pp jarak dekat. charge bisa di rumah masing2 tiap jam tidur. long trip sih keknya infrastruktur di sini belum akan siap even tahun 2050 nanti

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Tue Aug 30, 2022 12:15
by b0ku
MaddMaxx wrote: Tue Aug 30, 2022 8:43 so far sih masih belum trust ev buat long trip. keknya lebih cocok buat daily commute aja pp jarak dekat. charge bisa di rumah masing2 tiap jam tidur. long trip sih keknya infrastruktur di sini belum akan siap even tahun 2050 nanti
yang gak siap pada dompetnya om apalagi pemakai mobil biasa beli bekas kek kita

misal kek tesla valuenya tinggal 20.000usd tapi ada resiko betulin batre 20.000usd juga

sedangkan kita biasa beli mobil bekas 260jt paling benerin ancur2x 30-50jt

coba naek camry hybrid dulu deh trus ngerasain ganti batre kalo gak kejang2x :big_biglaugh:

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Tue Aug 30, 2022 13:21
by Bibieight
b0ku wrote: Tue Aug 30, 2022 12:15
MaddMaxx wrote: Tue Aug 30, 2022 8:43 so far sih masih belum trust ev buat long trip. keknya lebih cocok buat daily commute aja pp jarak dekat. charge bisa di rumah masing2 tiap jam tidur. long trip sih keknya infrastruktur di sini belum akan siap even tahun 2050 nanti
yang gak siap pada dompetnya om apalagi pemakai mobil biasa beli bekas kek kita

misal kek tesla valuenya tinggal 20.000usd tapi ada resiko betulin batre 20.000usd juga

sedangkan kita biasa beli mobil bekas 260jt paling benerin ancur2x 30-50jt

coba naek camry hybrid dulu deh trus ngerasain ganti batre kalo gak kejang2x :big_biglaugh:
Bisa jadi alasannya batere hibrid umurnya cekak ada di artikel ini : https://www.caranddriver.com/news/a1534 ... batteries/.

Di kata2 : “ You might fully charge and discharge the battery five times on the way to a grocery store to get a gallon of milk”.

Karena ukurannya seuprit maka cycle charge-discharge 0-100%nya jadi sering, padahal umur batere kan datang dari cycle ini. Ini sama kan kayak batere HP, pagi 100% malem pulang 0%, umurnya bisa ditebak aja batere HP berapa cycle. Jadi sebenernya batere di hibrid itu consumables :big_bored: :big_bored: :big_bored: ….

Nah kalo EV kan baterenya dah kingkong dari sananya, jadi cycle 0-100% nya lebih jarang, jadi teoritis umurnya jd lebih panjang. Penasaran saya dua, pertama : bacaan OBDnya Camry/Cross/Prius hibrid ada info tentang cycle batere enggak. Penasaran dua : bacaan OBD Ioniq-nya Grab kayak apa ya ?, bener si sopir lsg isi sblm dibawah 25%, tapi kan isinya fast charging melulu….

Balik hibrid, itu kalo beneran mau keluar Innova Hibrid, Astra mau pake cara apa ya buat edukasi konsumen….. :big_think: :big_think: :big_think:

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Tue Aug 30, 2022 14:16
by b0ku
Bibieight wrote: Tue Aug 30, 2022 13:21
Bisa jadi alasannya batere hibrid umurnya cekak ada di artikel ini : https://www.caranddriver.com/news/a1534 ... batteries/.

Di kata2 : “ You might fully charge and discharge the battery five times on the way to a grocery store to get a gallon of milk”.

Karena ukurannya seuprit maka cycle charge-discharge 0-100%nya jadi sering, padahal umur batere kan datang dari cycle ini. Ini sama kan kayak batere HP, pagi 100% malem pulang 0%, umurnya bisa ditebak aja batere HP berapa cycle. Jadi sebenernya batere di hibrid itu consumables :big_bored: :big_bored: :big_bored: ….

Nah kalo EV kan baterenya dah kingkong dari sananya, jadi cycle 0-100% nya lebih jarang, jadi teoritis umurnya jd lebih panjang. Penasaran saya dua, pertama : bacaan OBDnya Camry/Cross/Prius hibrid ada info tentang cycle batere enggak. Penasaran dua : bacaan OBD Ioniq-nya Grab kayak apa ya ?, bener si sopir lsg isi sblm dibawah 25%, tapi kan isinya fast charging melulu….

Balik hibrid, itu kalo beneran mau keluar Innova Hibrid, Astra mau pake cara apa ya buat edukasi konsumen….. :big_think: :big_think: :big_think:
hybrid itu cycles gak beraturan charge suka2x sistem di mobil jadinya lebih gak awet, pointnya adalah battery itu ada umurnya 10-20thn pasti rontok paling lama, EV itu kalo mau berasa hematnya pake di bawah 8th jual biar gak kena ganti batre karena satu batre pake module paling murah aja 50jt itu juga gak pernah tau resikonya seminggu sebulan atau setaon satu modul rontok lagi another 50jt :big_bored:

nah banyak tuh user mobil bekas pake mobil umur diatas 10th nah kalo ud EV semua susah pake mobil modelan kek gini mendingan beli baru om makanya saya bilang EV itu malah lebih buang2x resouces ganti batre buang banyak material orang males benerin mobilnya beli mobil baru itu mobil bisa dibuang semua sebody2xnya padahal normaly mobil itu bisa dipake sampe 20th apalagi kalo jarang jalan saya aja ada nih 2 kijang kapsul 1997 kilometer ud 400rb belom pada pernah overhaul, ditambah orang kena rusak mendadak disuruh belanja 50jt belom tentu sanggup mendingan benerin satu2x nyicil kadang kita kena cost overhaul aja bisa kaget padahal paling cuma 10jtan :big_bored:

dompetnya yang kagak siap kayak saya ada 2 mobil ud mau 10th baru juga 90rb km semua kalo EV mungkin tuh batre tahan sampe 15thn kali karena low mileage itu juga kalo saya hoki batrenya tahan segitu kalo pas warranty abis tiba2x modiaaaaar siapa yang mau bayarin??? ud gitu batre gak kek mesin ice yang kita bisa prediksi kerusakannya loe cek hari ini bagus besok bisa tekor, aki aja bisa gitu belom sejem saya cek ke tukang aki katanya masih bagus semua tau2x nyampe rumah lsg tewas masa tuh tukang aki boongin saya dia kan pasti mau jualan mana kena omel sama saya juga saya bilang td katanya masih bagus sekarnag mogok gimane???
:big_biglaugh:

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Thu Sep 01, 2022 2:03
by MaddMaxx
b0ku wrote: Tue Aug 30, 2022 12:15
MaddMaxx wrote: Tue Aug 30, 2022 8:43 so far sih masih belum trust ev buat long trip. keknya lebih cocok buat daily commute aja pp jarak dekat. charge bisa di rumah masing2 tiap jam tidur. long trip sih keknya infrastruktur di sini belum akan siap even tahun 2050 nanti
yang gak siap pada dompetnya om apalagi pemakai mobil biasa beli bekas kek kita

misal kek tesla valuenya tinggal 20.000usd tapi ada resiko betulin batre 20.000usd juga

sedangkan kita biasa beli mobil bekas 260jt paling benerin ancur2x 30-50jt

coba naek camry hybrid dulu deh trus ngerasain ganti batre kalo gak kejang2x :big_biglaugh:
tapi tetep aja om, even seluruh pengguna mobil di jawa sekarang udah kaya semua dan bersedia switch ke EV, infrastruktur pendukungnya blm siap om. charging station masih bisa diitung jari. padahal kita lihat saja, di spbu sejam yg ngisi disitu berapa banyak. gimana model charging station yg mau dibangun? seluas apa? dimana? rumah tangga misal mau punya sendiri, lha wong mayoritas RT mampu dengan 1 mobil itu dayanya cuma 1300 watt. mau charge gimana?
belum lagi kondisi geografis disini yang cenderung panas tiap tahun, umur batre akan lebih pendek. beda sm negara2 sub tropis yg musim panasnya cuma bentar. efeknya ke limbah batre yg akan terus bertambah. gimana tuh regulasinya? limbah batre ini B3 lho, ribet udah. sesederhana ngebatesin bbm subsidi aja masih kewalahan ini pamrenta. gimana mau ngatur ev yg banyak masalah turunannya begitu

masih yakin, 2050 pun ev di sini belum akan mature ekosistemnya :big_peace:

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Thu Sep 01, 2022 2:24
by b0ku
MaddMaxx wrote: Thu Sep 01, 2022 2:03
tapi tetep aja om, even seluruh pengguna mobil di jawa sekarang udah kaya semua dan bersedia switch ke EV, infrastruktur pendukungnya blm siap om. charging station masih bisa diitung jari. padahal kita lihat saja, di spbu sejam yg ngisi disitu berapa banyak. gimana model charging station yg mau dibangun? seluas apa? dimana? rumah tangga misal mau punya sendiri, lha wong mayoritas RT mampu dengan 1 mobil itu dayanya cuma 1300 watt. mau charge gimana?
belum lagi kondisi geografis disini yang cenderung panas tiap tahun, umur batre akan lebih pendek. beda sm negara2 sub tropis yg musim panasnya cuma bentar. efeknya ke limbah batre yg akan terus bertambah. gimana tuh regulasinya? limbah batre ini B3 lho, ribet udah. sesederhana ngebatesin bbm subsidi aja masih kewalahan ini pamrenta. gimana mau ngatur ev yg banyak masalah turunannya begitu

masih yakin, 2050 pun ev di sini belum akan mature ekosistemnya :big_peace:
nah itu menyelesaikan masalah dengan masalah om yang ada :big_bored:

dan umur batre itu kayak manusia om cuma tuhan yang tau mau di scan kek kek apa juga hari ini bisa ngomong kondisi good bisa besok lsg tewas mendadak kok mau yang bikin batre pun juga gak tau kapan dia tewas omongan bisa tahan 8-20thn kan cuma prediksi cuma kalo kita tanya detail kapan mokatnya dia juga bingung :big_bored:

Re: Batere EV menuju era pengisian 10 menit 80% Full

Posted: Thu Sep 01, 2022 3:40
by ChZ
Bibieight wrote: Tue Aug 30, 2022 13:21 Bisa jadi alasannya batere hibrid umurnya cekak ada di artikel ini : https://www.caranddriver.com/news/a1534 ... batteries/.

Di kata2 : “ You might fully charge and discharge the battery five times on the way to a grocery store to get a gallon of milk”.

Karena ukurannya seuprit maka cycle charge-discharge 0-100%nya jadi sering, padahal umur batere kan datang dari cycle ini. Ini sama kan kayak batere HP, pagi 100% malem pulang 0%, umurnya bisa ditebak aja batere HP berapa cycle. Jadi sebenernya batere di hibrid itu consumables :big_bored: :big_bored: :big_bored: ….
saya waktu coba kicks aja udah mikir ini mobil gak bakal awet batrenya. dalam skali putaran uda berapa kali itu genset nyala buat charging. ketebak udah kenapa kok camry hybrid umur batrenya cenderung lemah.

5 thn ganti itu untuk ukuran mobil skrg sangat pendek umurnya. BMW yang shirr repair plisurr taun kelima blm tentu keluar uang segitu untuk replace slow movingnya.

makanya masih teka teki ini bokap minat cross hybrid sih, cm galau kalo 5 thn ganti batre gocaptiau ya percuma donk iritnya :big_bored: sesumbar batre bakal murah emang bakal semurah apa dari gocaptiau dalam 5 thn ke depan ga mgkn jadi 10 juta juga :big_bored: batre hp ampe hari ini udah mass market jg blom murah koq.
MaddMaxx wrote: Thu Sep 01, 2022 2:03
tapi tetep aja om, even seluruh pengguna mobil di jawa sekarang udah kaya semua dan bersedia switch ke EV, infrastruktur pendukungnya blm siap om. charging station masih bisa diitung jari. padahal kita lihat saja, di spbu sejam yg ngisi disitu berapa banyak. gimana model charging station yg mau dibangun? seluas apa? dimana? rumah tangga misal mau punya sendiri, lha wong mayoritas RT mampu dengan 1 mobil itu dayanya cuma 1300 watt. mau charge gimana?
belum lagi kondisi geografis disini yang cenderung panas tiap tahun, umur batre akan lebih pendek. beda sm negara2 sub tropis yg musim panasnya cuma bentar. efeknya ke limbah batre yg akan terus bertambah. gimana tuh regulasinya? limbah batre ini B3 lho, ribet udah. sesederhana ngebatesin bbm subsidi aja masih kewalahan ini pamrenta. gimana mau ngatur ev yg banyak masalah turunannya begitu

masih yakin, 2050 pun ev di sini belum akan mature ekosistemnya :big_peace:
mass adoption >50% rasanya gak plausible bahkan di seluruh dunia walau western countries maksa. kmaren mbah elon aja bilang kita masi butuh minyak :big_weee: mamam ludahnya sendiri dia. kl "tuhan" nya mobil listrik aja ngmg gitu berarti saatnya berdamai dengan realita kalau gas cars bakal masih mendominasi setidaknya dalam 50 thn ke depan. ya 20 tahun ke depan lah di western countries.

negara maju chargernya jg pada error tu kalau buat cross country. tetep amannya buat kota-kota aja ini kendaraan listrik.

nurut saya sih urban transport akan beralih ke EV, tp user yang high mobility tetap akan ke gas cars. tetep ada alasan kenapa gas cars ini bertahan 100thn lebih di peradaban kita :mky_03:
b0ku wrote: Thu Sep 01, 2022 2:24
nah itu menyelesaikan masalah dengan masalah om yang ada :big_bored:

dan umur batre itu kayak manusia om cuma tuhan yang tau mau di scan kek kek apa juga hari ini bisa ngomong kondisi good bisa besok lsg tewas mendadak kok mau yang bikin batre pun juga gak tau kapan dia tewas omongan bisa tahan 8-20thn kan cuma prediksi cuma kalo kita tanya detail kapan mokatnya dia juga bingung :big_bored:
lha iya, uda pada pengalaman sama aki mobil kan yang bulan lalu masih 100% bulan depan tiba tiba ngambek gak mau di starter :upss: klo beli aki di SnD rutin cek ya 100% terus, lepas garansi tiba tiba drop. :mky_03: