[ASK] bagaimana cara hitung harga mobil yang dijual vs NJKB

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

banglontong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue May 30, 2017 8:04
Location: jakarta
Daily Vehicle: 2017 CX3 Touring dan 2023 CX5 Kuro

[ASK] bagaimana cara hitung harga mobil yang dijual vs NJKB

Post by banglontong »

halo suhu.. nubie mau nanya2 nih

berangkat dari kemarin gw liat ada yang posting NJKB Stargazer dan ada user yang nebak harganya di 349 jt untuk trim teratas, gw penasaran sama komponen pajak apa yang disematkan di harga mobil dari NJKB
TKP: viewtopic.php?t=30815&hilit=stargazer&start=25

Logika gw adalah:
  • NJKB: nilai harga jual mobil yang dipatok oleh ATPM.. asumsi gw, NJKB adalah uang yang diterima oleh toyota ketika dia jual mobilnya dan ini sudah mencakup harga pokok penjualan serta margin keuntungan
  • Harga price list: adalah harga yang dibayarkan oleh konsumen dimana NJKB telah di top up dengan segala tetek bengek pajak yang dipungut pemerintah
  • Selisih price list dan NJKB adalah segala pajak yang diaplikasikan oleh pemerintah terhadap mobil tersebut
gw cuma pernah denger2 aja dari diskusi suhu2 disini dan reviewer2 mobil kalo pajak mobil itu dipengaruhi oleh besaran PPNBM, tipe minibus vs sedan (sekarang udah ga ngaruh), 4WD vs 2WD (sekarang uda ga ngaruh makanya subaru masuk lagi), cc mobil, lokasi pabrik/perakitan (CKD/CBU), jenis mesin (listrik, ICE, turbo), dll yang gw belom tau

lalu gw mencoba sampling beberapa mobil disini, membandingkan % perbedaan harga setelah pajak vs NJKB nya:
Image
kalo ga muncul: https://ibb.co/DttprPX
gambar diatas gw selang selingin pake warna karena tiap group yg gw bikin diatas harusnya lumayan comparable satu sama lain, contoh: city HB gw pasangin sama 2; cx3 gw pasangin sama HRV; city sedan gw pasangin sama vios; Camry, accord dan mzd 6 gw jadiin satu kategori, etc

tambahan: NJKB Outlander PHEV di 737 juta sementara harga jualnya turun dari 1.x miliar waktu direview Fitra Eri ke 898 juta di website.. ini bikin ngiler jg sih karena bisa semacem V2L meskipun cuma 1500 watt.. Di amrik sana, outlander PHEV dan IONIQ 5 itu harganya mirip2 tapi disini sempet jomplang.. NJKB outlander PHEV 700 juta vs 540 juta ioniq 5 signature long range terlihat beda banget ya tapi mungkin ini purely keputusan bisnis masing masing ATPM.. yg gw penasaran adalah harga price list outlander PHEV yg jadi turun banget

gw penasaran pengen tau komponen2 pajak2 apa aja sih yg terlibat dari NJKB sampe dapet harga price list dan apa penyebab dari perbedaan % pajak atas NJKB meskipun kategorinya sama.. mohon petunjuknya suhu2 dan koreksi kalo ada salah2 hehehe
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: [ASK] bagaimana cara hitung harga mobil yang dijual vs NJKB

Post by grimjow »

Saya coba bantu jawab.
Untuk pajak yang terhitung dari mobil baru:
PPN 11%
Ppnbm 10- 12,5%
Bbnkb 12,5%
Pkb 2,5%
Jadi komponen pajak2an di 38,5%.

Contoh ioniq 5 kalau njkb 540 juta berarti teoritis harga jual pakai tarif mobil ice adalah 1,385 *540 juta atau Rp 747 juta.
Untuk EV mungkin sedikit lebih murah karena ada subsidi di pkb ya.

Kalau CBU saya juga kurang uodate, tapi asumsi saya CBU karena kena bea masuk 50% jadi include di njkb nya. Rata2 CBU itu tinggi2 Njkb nya
ninodiablo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 293
Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Subaru XV

Re: [ASK] bagaimana cara hitung harga mobil yang dijual vs NJKB

Post by ninodiablo »

Mungkin ada elemen lain selain pajak yang sudah diberikan, yaitu strategi biar enggak diintip kompetitor apalagi produk baru. Kan laporan ini kan publik, jadi bisa jadi ancer2 untuk kira2 harga pesaing. Dan data NJKB diperbaharui kan setiap tahun atau 6 bln sekali. Mungkin mereka udh enggak pake data NJKB sebagai patokan skrg.
banglontong
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Tue May 30, 2017 8:04
Location: jakarta
Daily Vehicle: 2017 CX3 Touring dan 2023 CX5 Kuro

Re: [ASK] bagaimana cara hitung harga mobil yang dijual vs NJKB

Post by banglontong »

grimjow wrote: Thu Jul 14, 2022 9:23 Saya coba bantu jawab.
Untuk pajak yang terhitung dari mobil baru:
PPN 11%
Ppnbm 10- 12,5%
Bbnkb 12,5%
Pkb 2,5%
Jadi komponen pajak2an di 38,5%.

Contoh ioniq 5 kalau njkb 540 juta berarti teoritis harga jual pakai tarif mobil ice adalah 1,385 *540 juta atau Rp 747 juta.
Untuk EV mungkin sedikit lebih murah karena ada subsidi di pkb ya.

Kalau CBU saya juga kurang uodate, tapi asumsi saya CBU karena kena bea masuk 50% jadi include di njkb nya. Rata2 CBU itu tinggi2 Njkb nya
ninodiablo wrote: Thu Jul 14, 2022 10:46 Mungkin ada elemen lain selain pajak yang sudah diberikan, yaitu strategi biar enggak diintip kompetitor apalagi produk baru. Kan laporan ini kan publik, jadi bisa jadi ancer2 untuk kira2 harga pesaing. Dan data NJKB diperbaharui kan setiap tahun atau 6 bln sekali. Mungkin mereka udh enggak pake data NJKB sebagai patokan skrg.
berarti komponen2 pajaknya at least udah kena 38.5% ya, belom termasuk variabel2 lainnya.. gw kira angka NJKB itu udah saklek aja dari si ATPM dan jadi basis itung2an pajaknya.. ternyata blm pasti2 amat ya
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2507
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [ASK] bagaimana cara hitung harga mobil yang dijual vs NJKB

Post by KielConstantine »

banglontong wrote: Thu Jul 14, 2022 8:23 gw mencoba sampling beberapa mobil disini, membandingkan % perbedaan harga setelah pajak vs NJKB nya:
Image
kalo ga muncul: https://ibb.co/DttprPX
gambar diatas gw selang selingin pake warna karena tiap group yg gw bikin diatas harusnya lumayan comparable satu sama lain, contoh: city HB gw pasangin sama 2; cx3 gw pasangin sama HRV; city sedan gw pasangin sama vios; Camry, accord dan mzd 6 gw jadiin satu kategori, etc
Ane bantuin muncul ya omsss

Image



Btw urusan ini emang sempet terbesit di otak ane sih . Beli mobil di indon tuh kemahalan smua harga per unitnya .

Makanya dulu sempet cari2 cara klo mau beli mobil baru apa import sendiri aja . Per orangan, jd kg perlu beli sama ATPM . Trnyata kagak bisa , harus pake jasa IU .. jadi sami mawon mahal2 jg lah si IU cari cuan :big_biglaugh: . Atau cara extreme bikin IU sendiri , daftar resmi . Tapi malah kg nge-hemat itu malah ngempanin biaya perijinan lagi ke pemerintah :mky_07:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
arsaerescool
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 107
Joined: Fri Dec 29, 2017 4:18
Daily Vehicle: Supra Fit

Re: [ASK] bagaimana cara hitung harga mobil yang dijual vs NJKB

Post by arsaerescool »

NJKB harga offroad ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [ASK] bagaimana cara hitung harga mobil yang dijual vs NJKB

Post by ChZ »

jgn lupa biaya di luar pajak

biaya pengiriman (mahal nih krn 1 trailer cuma bisa muat 6-8 mobil, exp pasti ambil cuan lagi) ini tergantung sama gimana pabrik dan dealer bikin supply chain efisien. kalau main dealer punya gudang sendiri di kota yang bersangkutan ya enak krn truk ekspedisi gak perlu bolak-balik melulu. ane lihatin waktu kemaren perjalanan ke surabaya tuh ketemu terus truk bawa mobil-mobil baru.

biaya STNK kalo beli OTR (tergantung bbn daerahnya selisih 1% aja gede kalo harga mobilnya udah 700 juta)

margin dealer, komisi sales (jangan lupa namanya business bukan lembaga amal, cuan dealer sih ga gede tp kalo faktor pengalinya udah gede mau cuma 5% ya puluhan juta juga). ane pernah kenal temen yang kerja di internal dealer, katanya sih klo karyawan dapet penawaran mobil harga khusus yang jauh di bawah OTR tapi gak boleh disebar ke umum.

belum kalau dealer skrg hardsell program servis gratis sekian kilo / tahun. mahal coy kalo diitungnya per tahun servis 2x @ sejuta ya 5 tahun jd 10 juta lebih uda masuk harga OTR.

yang harus dikurangi ya faktor pengali nya alias HPPnya. HPP rendah harga bisa rendah. pajak mah ngikutin aja. kalo ngambil bahan baku di kalimantan dirakit di jakarta di pabrik parts terus dikirim ke pabrik mobil di assembly, terus dijual ke kalimantan lagi ya mana bisa murah? wkwkwkwkw.

atau pabrik mobil invest buat bikin pabrik di luar jawa atau luar jakarta baru tuh mobil bisa murah. krn kita indonesia negara kepulauan gak bisa disamain sama jepang yang negaranya kecil bisa disambung sama kereta api dari ujung ke ujung. atau amerika yang each state nya beda-beda kebijakan (negara serikat). supply chain, ketidakrataan pembangunan dan ketimpangan emang jd hambatan jualan mobil di sini.

tapi gw yakin mayoritas dealer sekarang mah gak liat harga cash OTR liat nya DP ma cicilan berapa dan kite didorong buat nuker "diskon cash" sama cicilan bunga 0%. business modelnya gitu makanya makin susah beli mobil cash.

susahnya kita kadang berharap mobil bisa beli harga produksi nya aja tok. klo mau gitu gak sekalian nambang dan ngerakit sendiri aja? wkwkkwkwkw. mobil dari part terkecil aja udah ada komponen pajak dan cuannya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7