Should I go with LCGC?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dany_pos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Mon Jun 18, 2012 7:22

Re: Should I go with LCGC?

Post by dany_pos »

Dalam kasus ini, ane prefer beli mobkas cash 60jt nya, bukan karena alasan lcgc, tapi karena alasan cicilan, rasanya males aja klo hidup terbebani cicilan, kurang leluasa bergerak. Tapi untuk saran beli mobil cash nya jg bukan mobil yg tergolong mewah di jamannya yg sekarang harganya udah nyungsep karena depresiasi tinggi, tapi ane menyarankan mobil yg gampang dirawat n spare part murah, (bisa jadi lcgc jg) misal karimun estilo, datsun go, mitsubishi kuda, dsb, yg penting pelan2 carinya supaya dpt yg kondisi sehat
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1488
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Should I go with LCGC?

Post by MSU »

maastricht889 wrote: Sun Jul 24, 2022 16:35
DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 15:56
Pboyz97 wrote: Sun Jul 24, 2022 14:44
iya sih, kebetulan saya udh pernah naik keduanya, dan memang masih lebih nyaman calsig dibanding avxen gen 1. tapi buat tarikan bawah , durability + gc tinggi entah knp saya masih lebih prefer avxen hehehe

ga salah tuh jek

beneran perna pake, atau kebetulan punya kebetulan punya si kebetulan punya betul ke nya perna neh , atau ngarang bebas doank neh biar kliatan ud perna cobain smua roda 4 di dunia ini

avansa gen 1 rasio gigi super pendek, ditambah RWD ditambah penyakit ndut2an loh , gmana caranya tarikan bawah lebi enak drpd calsig ??
GC tinggi ?? ini jg ga salah , coba pake meteran ukur dulu


# ex user beneran apansa gen 1 vvti selama 8 taon
Mbahh, logicnya tarikan bawah avanza gen 1 berarti gr2 rasio gigi pendek2 ala mbl niaga jd puncak torsi terasa wkt di gigi 2 ato ga gigi 3 gt ya berarti?

Buat saya justru tarikan kaya avanza lama buat jaman gini kurang enak+ndut2an. Calya/agya 1.2/avanza dual vvti manual yg tarikannya diomelin byk orang malah saya suka, keliatan rasio tiap giginya dipanjangin jadi deliverynya lbh linear tp ngga ilang napas wkt di tol

Yg saya rasain di avansa vvti awal kita orang begitu sih, soalnya abis gigi 3 ya sdh tuh ilang napasnya apalg di tol. Begitu pun jg di grenmek 1.5 sama kijang 1TR kita orang, di tol nggak bs cruising
avanza dual vvti tu sebetulnya masih pendek2 gigi-nya om...
driver kantor di jalan rata sering loncat gigi 1-3-5 wkwk...
cruising 100kmh rpm kalo ga salah udh 4000-an ya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Should I go with LCGC?

Post by DOHC »

marmut wrote: Sun Jul 24, 2022 17:31
DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 17:24

Koyorad yg 2 ply muat ga buat si agya ? Siang2 ac agak kurang adem neh


masa sih? itu ayla kakak pake kaca film dari mobil tnkb putih ampe sekarang masih nyang entu juga belon ganti, ac dingin kok...
kemaren abis bongkar fan kan? coba diliat nyolok kabelnya terbalik gak? jangan² kipas muternya terbalik, niupin hawa panas mesin ke radiator...

:big_think:
Masang nya bener koq, nyedot hawa dr depan buang ke belakang

Ntar coba bawa ke tukang ac deh cek freon
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
affanfx
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Fri Sep 04, 2020 2:52
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Supra Fit X 2008__Corolla EE90 2E1300 1989

Re: Should I go with LCGC?

Post by affanfx »

XMTdeluxe wrote: Sat Jul 23, 2022 18:15
Flox2011 wrote: Sat Jul 23, 2022 13:56 Permisi member SM di mari. Cuma galau ambil LCGC karena dana bener2 mepet.

Setelah bikin thread tanya rekomendasi, mobil belum kebeli ada kebutuhan mendadak jadinya duit keburu ilang. Ada sisa 60 jt aj.

Pilihan dana 60jt antara (1) mobil 2000-an, atau (2) bayar DP beli LCGC. Bini ngebet banget pengen Sigra / Calya karena temen kampung semua belinya ya duo itu.

Masalah-nya gw kok gk sreg banget sm LCGC.

1. Paint lembut sekali. Kena spakbor pelan aj sdh baret dalem banget.
2. CC mesin kecil padahal rencana mobil pasti jarak jauh (+250 KM/trip).
3. Body tipis dan kualitas part meragukan. Temen gw Sigra langganan gantj bearing 6 bulan sekali karena kita tinggal di sawit.

Apa gwnya aj lebay segitu bencinya sm LCGC? Nah sekarang kan Kalau orang2 enak pakai LCGC kenapa seken tahun muda (2020) LCGC banyak banget?
Knp seken banyak banget? Kalau baca2 di forum
1. Masalah ekonomi
2. Apgred mobil

Gak sreg sama LCGC karena:
1. Paint lembut? Saya ada ribon dan LCGC, sama2 aja ah. Kena setang sepeda dua2nya baret. Baret bukan krn paintnya lembut, tapi setang sepedanya yg keras. Kalau mau paint keras, dempulnya kudu 1 cm.
2. Tenaga mesin cukupan kalau jalurnya hanya tol transjawa. Yg jd concern utk jarak jauh di LCGC kenyamanannya. Jok kecil + ergonomi posisi nyetir jelek, ditambah setir yg kelewat ringan dan goyang dombret di kec tinggi. Baru jalan 2 jam aja udah kepikiran cari tkg pijat.
3. Kualitas part meragukan? Kalau cepet jebol krn pemakaian berat atau harsh ya wajar aja. LCGC dirancang utk environment yg ringan. Percaya atau tdk, dibandingin dgn kelas di atasnya spt AN ertiga yg sama2 FWD, kalau sama2 diperkosa pemakaiannya jebolnya sama aja, beda2 tipis. Tapi sptnya LCGC Astra msh lebih kuat kaki2nya drpd merk mobil negara bambu yg harus diteflon dl oleh maxim. Padahal konon kelasnya med MPV dgn harga LMPV.

Coba dl Om. LCGC astra laku bukan krn mobilnya berlebih, tetapi karena di harga segitu ternyata tdk seremeh yg dikira.
TS, izin nimbrung
concern kita sama
sedikit beda nya karena saat ini ane ada sedan berumur di garasi & ada rencana utk dijual, trus ganti dengan rencana (opsi) sesuai post TS
selain itu, sejauh ini rencana hanya akan dipake weekend di dalkot / area Jkt-Balaraja

om XMT, mau tanya poin bold di atas
dengan di teflon lagi, bearti BQ nya tidak lebih baik dari calsig kah ?
ane sempat terpikir utk ganti brand itu, karena sempat baca di SM kalo mobil itu jadi armada travel di Sumatera & masih gelinding di KM hampir 10rb (#cmiiw, mungkin ane salah baca)

#asumsi nya adalah, kalo udah jadi armada travel & sudah gelinding 10rb KM, berarti bandel & siap tempur as daily beater
seperti dulu kalo ada mobil sdh jadi armada taxi, berarti mobil bandel
mohon koreksi
Last edited by affanfx on Mon Jul 25, 2022 2:00, edited 1 time in total.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11013
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Should I go with LCGC?

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon Jul 25, 2022 1:52
Masang nya bener koq, nyedot hawa dr depan buang ke belakang

Ntar coba bawa ke tukang ac deh cek freon


suka buat ngangkutin burespang melawai mbah?

:big_think:
blacksaphire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57

Re: Should I go with LCGC?

Post by blacksaphire »

Di sebelah ada trid mengenai ga kuat bayar cicilan. Jadi saran saya sih mending beli cash aja dgn uang yg ada ketimbang cicil lcgc. Tapi emang perlu dipastikan unit yg dibeli dlm kondisi baik, mudah perawatannya n ga usah ngikutin gengsi. Dgn uang yg ada harusnya kalau mau 7 seater bisa dpt suzuki apv. Pertimbangan lainnya, ketika sewaktu2 butuh jual mobil ya tinggal dijual aja, harusnya ga terlalu banyak ruginya ketimbang jual mobil yg dibeli dari kondisi baru. Lagian jual mobkas yg sedang dikredit kayaknya ribet, entahlah saya juga kurang paham
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Should I go with LCGC?

Post by Pboyz97 »

DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 15:56
ga salah tuh jek

beneran perna pake, atau kebetulan punya kebetulan punya si kebetulan punya betul ke nya perna neh , atau ngarang bebas doank neh biar kliatan ud perna cobain smua roda 4 di dunia ini

avansa gen 1 rasio gigi super pendek, ditambah RWD ditambah penyakit ndut2an loh , gmana caranya tarikan bawah lebi enak drpd calsig ??
GC tinggi ?? ini jg ga salah , coba pake meteran ukur dulu


# ex user beneran apansa gen 1 vvti selama 8 taon
gak salah kok om hehehe. kebetulan saya emg beneran pernah pake dan punya. saya pernah pake xenia xi mt 2008 vvti gen 1 dan avanza g mt 2012 non airbag punya kantor bokap. dan pernah punya avanza g mt 2015 model all new single vvti airbag, grand new g mt 2017 2x, grand new g mt 2018 dan terakhir last fl g mt 2021 old model yg rwd + om saya juga saat ini make all new xenia d mt 2013 dan grand new avanza e mt 2016. kalo avanza gen 1 emg rasionya pendek. tapi yg saya rasakan ya emg lebih enak aja tarikan bawahnya dibanding calsig (kebetulan saya pernah test drive calsig juga), walaupun tarikan tengah sm atasnya lebih enak calsig menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Should I go with LCGC?

Post by Pboyz97 »

maastricht889 wrote: Sun Jul 24, 2022 16:35
DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 15:56
Pboyz97 wrote: Sun Jul 24, 2022 14:44
iya sih, kebetulan saya udh pernah naik keduanya, dan memang masih lebih nyaman calsig dibanding avxen gen 1. tapi buat tarikan bawah , durability + gc tinggi entah knp saya masih lebih prefer avxen hehehe

ga salah tuh jek

beneran perna pake, atau kebetulan punya kebetulan punya si kebetulan punya betul ke nya perna neh , atau ngarang bebas doank neh biar kliatan ud perna cobain smua roda 4 di dunia ini

avansa gen 1 rasio gigi super pendek, ditambah RWD ditambah penyakit ndut2an loh , gmana caranya tarikan bawah lebi enak drpd calsig ??
GC tinggi ?? ini jg ga salah , coba pake meteran ukur dulu


# ex user beneran apansa gen 1 vvti selama 8 taon
Mbahh, logicnya tarikan bawah avanza gen 1 berarti gr2 rasio gigi pendek2 ala mbl niaga jd puncak torsi terasa wkt di gigi 2 ato ga gigi 3 gt ya berarti?

Buat saya justru tarikan kaya avanza lama buat jaman gini kurang enak+ndut2an. Calya/agya 1.2/avanza dual vvti manual yg tarikannya diomelin byk orang malah saya suka, keliatan rasio tiap giginya dipanjangin jadi deliverynya lbh linear tp ngga ilang napas wkt di tol

Yg saya rasain di avansa vvti awal kita orang begitu sih, soalnya abis gigi 3 ya sdh tuh ilang napasnya apalg di tol. Begitu pun jg di grenmek 1.5 sama kijang 1TR kita orang, di tol nggak bs cruising
saya bantu jawab ya. kebetulan saya pernah punya avanza xenia dari gen 1 - last fl yg old model hehehe. kalo yg gen 1 emg rasio giginya malah panjang menurut syaa yg putaran bawahnya. makanya tarikan bawahnya lumayan enak. walaupun tarikan atasnya mulai keliatan kurang tenaganya

kalo yg dual vvti memang tarikan bawahnya gak se kenceng yg single vvti, tapi plusnya tarikan tengah - atasnya lebih ngisi + lebih nyaman juga dibanding yg single vvti menurut saya.

yg saya bold saya setuju. yg single vvti memang tarikan bawahnya lumayan ngisi. tapi pas abis gigi 3 atau 4 biasanya udh mulai hilang napasnya apalagi diatas 100 kpj menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Should I go with LCGC?

Post by Pboyz97 »

MSU wrote: Mon Jul 25, 2022 1:17
maastricht889 wrote: Sun Jul 24, 2022 16:35
DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 15:56

ga salah tuh jek

beneran perna pake, atau kebetulan punya kebetulan punya si kebetulan punya betul ke nya perna neh , atau ngarang bebas doank neh biar kliatan ud perna cobain smua roda 4 di dunia ini

avansa gen 1 rasio gigi super pendek, ditambah RWD ditambah penyakit ndut2an loh , gmana caranya tarikan bawah lebi enak drpd calsig ??
GC tinggi ?? ini jg ga salah , coba pake meteran ukur dulu


# ex user beneran apansa gen 1 vvti selama 8 taon
Mbahh, logicnya tarikan bawah avanza gen 1 berarti gr2 rasio gigi pendek2 ala mbl niaga jd puncak torsi terasa wkt di gigi 2 ato ga gigi 3 gt ya berarti?

Buat saya justru tarikan kaya avanza lama buat jaman gini kurang enak+ndut2an. Calya/agya 1.2/avanza dual vvti manual yg tarikannya diomelin byk orang malah saya suka, keliatan rasio tiap giginya dipanjangin jadi deliverynya lbh linear tp ngga ilang napas wkt di tol

Yg saya rasain di avansa vvti awal kita orang begitu sih, soalnya abis gigi 3 ya sdh tuh ilang napasnya apalg di tol. Begitu pun jg di grenmek 1.5 sama kijang 1TR kita orang, di tol nggak bs cruising
avanza dual vvti tu sebetulnya masih pendek2 gigi-nya om...
driver kantor di jalan rata sering loncat gigi 1-3-5 wkwk...
cruising 100kmh rpm kalo ga salah udh 4000-an ya
memang masih pendek om. tapi untuk tarikan bawahnya memang gak sekenceng yg single vvti menurut saya. cruising 100kmh ya memang bener, sekitar rpm 4000an hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Should I go with LCGC?

Post by Pboyz97 »

DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 17:12
Kl apansa dual vvti, kita orang ga brani komen atau ngaku2 ngarang indah yah karena ga perna punya, skalinya coba jg cuman pas bawa logistik jd ga valid

Tp kl apansa gen 1 yg k3 de ama ve, itu 2 2 nya rada aneh sebenernya utk tarikan awal mbah, mirip bawa panther tp versi torsi yg lebi rendah aj.. gigi 1 nya tralu pendek, dtambah ntah knapa suka ndut2an ga jlas, ibaratnya kaya narik tp ga lari.. nah bener tuh yg mbah blg, kl ud masup gigi 2-3 baru mendingan
kalo apansa dual vvti, kebetulan saya pernah make dan pernah punya beberapa kali mulai dari yg grand new 2017 - terakhir last fl 2021 . karakternya memang lebih smooth perpindahan giginya dibanding yg single vvti. plusnya ada di konsumsi bbm yg lebih irit, lebih nyaman sm putaran tengah - atas yg lebih ngisi dibanding yg single vvti

tapi kalo yg single vvti, tarikan awalnya memang lebih kenceng dibanding yg dual vvti walaupun putaran atasnya rada ngempos menurut saya hehehe . kalo ndut2an emg iya, kalo yg di gen 1, tapi kalo di gen 2 udh gak separah gen 1 ndut2an nya menurut saya alias udh mendingan
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Should I go with LCGC?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 15:56
Pboyz97 wrote: Sun Jul 24, 2022 14:44
iya sih, kebetulan saya udh pernah naik keduanya, dan memang masih lebih nyaman calsig dibanding avxen gen 1. tapi buat tarikan bawah , durability + gc tinggi entah knp saya masih lebih prefer avxen hehehe

ga salah tuh jek

beneran perna pake, atau kebetulan punya kebetulan punya si kebetulan punya betul ke nya perna neh , atau ngarang bebas doank neh biar kliatan ud perna cobain smua roda 4 di dunia ini

avansa gen 1 rasio gigi super pendek, ditambah RWD ditambah penyakit ndut2an loh , gmana caranya tarikan bawah lebi enak drpd calsig ??
GC tinggi ?? ini jg ga salah , coba pake meteran ukur dulu


# ex user beneran apansa gen 1 vvti selama 8 taon
si paling ngerti mobil :mky_07:

kita orang pake sinia metik 4at awal ama vanza gen 1.75 dual vvti metik jauh lebih enak daripada manualnya yg ndut ndutan mbah. toyodai entry level mang kayaknya enak beli metiknya jauh lbh alus. buat nanjak juga ok punya ga kealusan macem esblender.

vanza sinia dual vvti uda drive by wire jd responnya ga kontan pd berasa lemot tp lama lama berasa jg feel nya keseluruhan ga beda koq cm yah nambah 3hp emang di top end nya lbh rata. malah kl udah bawa lama, kerasa yang dual vvti lebih refine experience nyetirnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Should I go with LCGC?

Post by andyez86 »

trebla88 wrote: Sat Jul 23, 2022 15:20 Dana 60jt itu uda include duit berez2 mobil thn 2000an?
Dana mepet = duit bensin mepet jg?
Musti pertalite?
Beli datsun2 aja sparepart mayan murmer taun ga gtu tua
datsun?spare part murah?yakin om?uda pernah beli motor elektrik fan nya blm?hehhhee.....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Should I go with LCGC?

Post by DOHC »

ChZ wrote: Mon Jul 25, 2022 3:48
DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 15:56
Pboyz97 wrote: Sun Jul 24, 2022 14:44
iya sih, kebetulan saya udh pernah naik keduanya, dan memang masih lebih nyaman calsig dibanding avxen gen 1. tapi buat tarikan bawah , durability + gc tinggi entah knp saya masih lebih prefer avxen hehehe

ga salah tuh jek

beneran perna pake, atau kebetulan punya kebetulan punya si kebetulan punya betul ke nya perna neh , atau ngarang bebas doank neh biar kliatan ud perna cobain smua roda 4 di dunia ini

avansa gen 1 rasio gigi super pendek, ditambah RWD ditambah penyakit ndut2an loh , gmana caranya tarikan bawah lebi enak drpd calsig ??
GC tinggi ?? ini jg ga salah , coba pake meteran ukur dulu


# ex user beneran apansa gen 1 vvti selama 8 taon
si paling ngerti mobil :mky_07:

kita orang pake sinia metik 4at awal ama vanza gen 1.75 dual vvti metik jauh lebih enak daripada manualnya yg ndut ndutan mbah. toyodai entry level mang kayaknya enak beli metiknya jauh lbh alus. buat nanjak juga ok punya ga kealusan macem esblender.

vanza sinia dual vvti uda drive by wire jd responnya ga kontan pd berasa lemot tp lama lama berasa jg feel nya keseluruhan ga beda koq cm yah nambah 3hp emang di top end nya lbh rata. malah kl udah bawa lama, kerasa yang dual vvti lebih refine experience nyetirnya.
Enjin K3 itu enak nya justru di grenmek pikep mbah, bukan karena bebas ndut2an atau rasio gigi nya jd bener.. tapi karena bobot nya yg super enteng, jd smua kekurangan di apansa senia, palagi rushter lgs terobati

Calsig itu overall package dr segi enjin ud jauh lebi baik ktimbang apansa senia gen enjin K3 mbah, si pembalap trio top gear kawe aj ngaminin loh, padahal unit yg doi coba metik, doi aj ampe amaze utk tarikan bawah, bawah to mid nya calsig metik

Ahh tp siapalah si pembalap itu, cuman baru nyoba mobil sikit doank (walaupun otodriver ud ad kl yah lebi dr 10 taon), kalah ama pe-ngarang editor mobil sejagat raya, ford model T aj ud perna dicoba kl tuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Should I go with LCGC?

Post by ChZ »

DOHC wrote: Mon Jul 25, 2022 4:43
Enjin K3 itu enak nya justru di grenmek pikep mbah, bukan karena bebas ndut2an atau rasio gigi nya jd bener.. tapi karena bobot nya yg super enteng, jd smua kekurangan di apansa senia, palagi rushter lgs terobati

Calsig itu overall package dr segi enjin ud jauh lebi baik ktimbang apansa senia gen enjin K3 mbah, si pembalap trio top gear kawe aj ngaminin loh, padahal unit yg doi coba metik, doi aj ampe amaze utk tarikan bawah, bawah to mid nya calsig metik

Ahh tp siapalah si pembalap itu, cuman baru nyoba mobil sikit doank (walaupun otodriver ud ad kl yah lebi dr 10 taon), kalah ama pe-ngarang editor mobil sejagat raya, ford model T aj ud perna dicoba kl tuh
ahh semua varian grenmek termasuk luxio kl nyetir pada kesetanan mbah.

luxio 3SZ walau d tol meraung raung ampe 4 rebu RPM tp dalem kota mah jgn dilawan ntu kl supirnya abis mabok ciu semalem ga takut mati sehh uda kayak racing driver.

iya rata rata ni mobil sejuta umat grab jauh lbh enak bawanya dibanding old vanza K3 enjin. dulu kl vanza K3 enjin dapet grab supirnya newbie dijamin kasar banget ndut ndutan bawanya.

ntu kayaknya benz patent motorwagen aja udah coba mbah.... ntr dibilang benz patent motorwagen vs kuda pacuan enak mana ya dijawab juga

"kalau tidak butuh kenceng, ya beli kuda pacuan, tarikan bawahnya lebih ganas, lebih irit kasi rumput aja, kl butuh performa tinggi beli benz patent motorwagen, bensin lebih mahal kudu beli di apotek".

wkwkwkkwkwkwkw.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1295
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Should I go with LCGC?

Post by Or4cle »

DOHC wrote: Mon Jul 25, 2022 4:43
ChZ wrote: Mon Jul 25, 2022 3:48
DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 15:56

ga salah tuh jek

beneran perna pake, atau kebetulan punya kebetulan punya si kebetulan punya betul ke nya perna neh , atau ngarang bebas doank neh biar kliatan ud perna cobain smua roda 4 di dunia ini

avansa gen 1 rasio gigi super pendek, ditambah RWD ditambah penyakit ndut2an loh , gmana caranya tarikan bawah lebi enak drpd calsig ??
GC tinggi ?? ini jg ga salah , coba pake meteran ukur dulu


# ex user beneran apansa gen 1 vvti selama 8 taon
si paling ngerti mobil :mky_07:

kita orang pake sinia metik 4at awal ama vanza gen 1.75 dual vvti metik jauh lebih enak daripada manualnya yg ndut ndutan mbah. toyodai entry level mang kayaknya enak beli metiknya jauh lbh alus. buat nanjak juga ok punya ga kealusan macem esblender.

vanza sinia dual vvti uda drive by wire jd responnya ga kontan pd berasa lemot tp lama lama berasa jg feel nya keseluruhan ga beda koq cm yah nambah 3hp emang di top end nya lbh rata. malah kl udah bawa lama, kerasa yang dual vvti lebih refine experience nyetirnya.
Enjin K3 itu enak nya justru di grenmek pikep mbah, bukan karena bebas ndut2an atau rasio gigi nya jd bener.. tapi karena bobot nya yg super enteng, jd smua kekurangan di apansa senia, palagi rushter lgs terobati

Calsig itu overall package dr segi enjin ud jauh lebi baik ktimbang apansa senia gen enjin K3 mbah, si pembalap trio top gear kawe aj ngaminin loh, padahal unit yg doi coba metik, doi aj ampe amaze utk tarikan bawah, bawah to mid nya calsig metik

Ahh tp siapalah si pembalap itu, cuman baru nyoba mobil sikit doank (walaupun otodriver ud ad kl yah lebi dr 10 taon), kalah ama pe-ngarang editor mobil sejagat raya, ford model T aj ud perna dicoba kl tuh
Juventus stultorum magister

* Johnny Ringo, TOMBSTONE
Flox2011
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sun Jan 26, 2020 1:31

Re: Should I go with LCGC?

Post by Flox2011 »

trebla88 wrote: Sat Jul 23, 2022 15:20 Dana 60jt itu uda include duit berez2 mobil thn 2000an?
Dana mepet = duit bensin mepet jg?
Musti pertalite?
Beli datsun2 aja sparepart mayan murmer taun ga gtu tua
Sudah include om, makannya rencana ambil sedan sekelas Soluna / Baleno ambil 45 + repair 15.

Bensin justru tumpeh2 gan karena dapat jatah bensin dari perusahaan (60 liter sebulan). Tp ya dapetnya Pertalite, di sini Pertamax susah nyari-nya.

Memang masih bisa diusahakan dapet Datsun GO, tp kok gk terlalu yakin sm BQ-nya.
Flox2011
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sun Jan 26, 2020 1:31

Re: Should I go with LCGC?

Post by Flox2011 »

Pboyz97 wrote: Sat Jul 23, 2022 15:26 kalo saya cari mobil tahun 2000an. avanza xenia gen 1 , kisul, panther sepertinya masuk kriteria dan budget. tapi harus sabar nyarinya dan telaten juga ,karena nyari mobil tahun 2000an di 2022 ini yg kondisinya bagus cukup sulit menurut saya.
Avanza Xenia sekarang harga sudah selangit om. Kemarin nyari harga 80 ke atas aj masih banyak yg busuk.
Flox2011
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sun Jan 26, 2020 1:31

Re: Should I go with LCGC?

Post by Flox2011 »

PRBS wrote: Sun Jul 24, 2022 3:10 kenapa LCGC banyak? sesimple mobilnya bisa untuk grusak grusuk, anter from point A to B as easy as snapping fingers.. ga usah mikir ada breakdown setiap bulan.. ga usah mikir (haduh, baru beberapa hari lalu isi bbm kok sekarang isi lagi?), leceet? so be it.. toh mobil buat cari uang..

jangan salah, user LCGC itu banyak juga loh dirumahnya ada weekend car such as fortuner or serena or voxy or even merc.. apalagi kondisi BBM lagi to the moon gini, mobil fancy2 kek gini rata2 beralih fungsi ke weekend car.

back to topic,

1. paint lembut? yaa coating aja.. or ya nyetir eman2 ajaa.. kalau ada baret, kumpulin aja dulu nanti kalo udah banyak tinggal polish body.

2. asumsi negative cc kecil ga bisa jalan jauh? aman.. LCGC sigra ayla (atau mobil 1200cc lainnya) kuat kok.. mobilnya pasti kuat.. yg harus dipikirin malah stamina supirnya, kuat ga jarak jauh pake LCGC? itu harus coba test drive sendiri..

dana 60jt, kalau cari motuba, harus pikirkan dana peremajaan loh.. ga bisa beli, trus pake as daily beater tanpa masalah apapun.. harus pikirin waktu buat masuk bengkel dkk.

long story short, ikuti saran istri saja.. saran istri bagus kok.. duit buat DP, peace of mindnya dapet.. tinggal gass aja, semua masih warranty cover.

(btw sebelum beli mobil baru, harus make sure budget nyicil tiap bulannya tidak mengganggu dapur rumah tangga ya)

happy wife, happy life
Setelah ak cek memang cicilan LCGC masih 1/3 pendapatan ane gan. Masih bisa austerity measure sana sini untuk afford cicilan, tp nanti jatohnya kami gk ada saving sama sekali 3 - 5 tahun ke depan. Masalahnya kerja di sawit gk menentu gan, harga CPO tinggi bonus gk seberapa, harga CPO anjlok langsung efisiensi/PHK sana sini.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Should I go with LCGC?

Post by Kaleng »

Flox2011 wrote: Sat Jul 23, 2022 13:56 Permisi member SM di mari. Cuma galau ambil LCGC karena dana bener2 mepet.

Setelah bikin thread tanya rekomendasi, mobil belum kebeli ada kebutuhan mendadak jadinya duit keburu ilang. Ada sisa 60 jt aj.

Pilihan dana 60jt antara (1) mobil 2000-an, atau (2) bayar DP beli LCGC. Bini ngebet banget pengen Sigra / Calya karena temen kampung semua belinya ya duo itu.

Masalah-nya gw kok gk sreg banget sm LCGC.

1. Paint lembut sekali. Kena spakbor pelan aj sdh baret dalem banget.
2. CC mesin kecil padahal rencana mobil pasti jarak jauh (+250 KM/trip).
3. Body tipis dan kualitas part meragukan. Temen gw Sigra langganan gantj bearing 6 bulan sekali karena kita tinggal di sawit.

Apa gwnya aj lebay segitu bencinya sm LCGC? Nah sekarang kan Kalau orang2 enak pakai LCGC kenapa seken tahun muda (2020) LCGC banyak banget?
Saya juga punya kegalauan yang sama, lagi cari 2nd car khusus PP BSD-Bintaro dgn perjalanan rata2 one way 20 menit. Pribadi incarnya sedan lawas 60jt ke bawah, tapi begitu diskusi ke istri dan dengar tahun mobilnya, langsung auto tolak karena merasa ketuaan mobilnya dan berpendapat mending lcgc tahun muda.

Tapi saya pribadi tidak antipati lcgc, krn pernah bawa agya 2014 A/T adik yang kurang terawat masih ok-ok saja menurut saya untuk pemakaian di perkotaan. Kondisi pasar saat ini cari mobil 2000-an di bawah 60 juta agak susah om di jabodetabek, krg tahu kalau di daerah om bagaimana.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Should I go with LCGC?

Post by Pboyz97 »

Flox2011 wrote: Mon Jul 25, 2022 9:28
Avanza Xenia sekarang harga sudah selangit om. Kemarin nyari harga 80 ke atas aj masih banyak yg busuk.
karena peminatnya di daerah masih banyak. makanya harga sekennya naik dibanding tahun2 sebelumnya. kalo nyari avxen yg bagus memang susah. karena banyak dipake buat AKAP, PT , rental, travel sm taksol. jadi yg kondisinya capek dan gak karuan banyak. saya sendiri akhir 2020 lalu sempet nyari avanza 2014-2015 baru nemu yg kondisi dan harganya sesuai setelah survei lebih dari 20 unit di jabodetabek

yg om cari tahun berapa? domisili om dimana? dan sudah berapa unit yg om survei kalo boleh tau? soalnya harga avanza seken tiap daerah beda2. gabisa disama ratakan, kalo di kota saya , jakarta, budget segitu sudah dapat yg tahun 2009-2010 kondisi bagus dan minim PR, tapi saya kurang tau kalo di daerah om kaya gmn hehehe
Last edited by Pboyz97 on Mon Jul 25, 2022 10:48, edited 1 time in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4577
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Should I go with LCGC?

Post by Pboyz97 »

Kaleng wrote: Mon Jul 25, 2022 9:49
Saya juga punya kegalauan yang sama, lagi cari 2nd car khusus PP BSD-Bintaro dgn perjalanan rata2 one way 20 menit. Pribadi incarnya sedan lawas 60jt ke bawah, tapi begitu diskusi ke istri dan dengar tahun mobilnya, langsung auto tolak karena merasa ketuaan mobilnya dan berpendapat mending lcgc tahun muda.

Tapi saya pribadi tidak antipati lcgc, krn pernah bawa agya 2014 A/T adik yang kurang terawat masih ok-ok saja menurut saya untuk pemakaian di perkotaan. Kondisi pasar saat ini cari mobil 2000-an di bawah 60 juta agak susah om di jabodetabek, krg tahu kalau di daerah om bagaimana.
karena peminatnya di daerah masih banyak om, jadi pedagang or pemake dari daerah berani tinggi asal kondisinya bagus. buyer lebih banyak dari seller hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Should I go with LCGC?

Post by mike22 »

Jadiin dp kredit limo batal pakai saja di mobil 88 om, udh serasa mobil baru, jamin beda sm lcgc dan badak buat jangka panjang.
Yg bekas taksi udh km tinggi aja masih jalan, apalagi kondisi batal pakai.
Cmn harus keluar uang buat power window, electric mirror sm velg sih.
Perawatan jg no worries
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 627
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: Should I go with LCGC?

Post by trebla88 »

andyez86 wrote: Mon Jul 25, 2022 4:05
trebla88 wrote: Sat Jul 23, 2022 15:20 Dana 60jt itu uda include duit berez2 mobil thn 2000an?
Dana mepet = duit bensin mepet jg?
Musti pertalite?
Beli datsun2 aja sparepart mayan murmer taun ga gtu tua
datsun?spare part murah?yakin om?uda pernah beli motor elektrik fan nya blm?hehhhee.....
Kbetulan belum
Kalau harian cuma ganti filter oli dan asal gelinding di datsun cross sampai skrg sih ga masalah, temen pake datsun goplus jg blm ada rusak

Boleh kasi alternatif lain om :big_childish:
Agya/ayla ga kpikiran,tp kayanya menarik jg :big_chicken:

Flox2011 wrote: Mon Jul 25, 2022 9:26 [

Sudah include om, makannya rencana ambil sedan sekelas Soluna / Baleno ambil 45 + repair 15.

Bensin justru tumpeh2 gan karena dapat jatah bensin dari perusahaan (60 liter sebulan). Tp ya dapetnya Pertalite, di sini Pertamax susah nyari-nya.

Memang masih bisa diusahakan dapet Datsun GO, tp kok gk terlalu yakin sm BQ-nya.
Oo soluna/baleno
Mungkin user lain bisa kasih pandangan, harusnya sih sparepart banyak betebaran
Tuh ada yg kasi saran limo, mobil badak cuma kaya lotere beli mobil eks taksi :big_think:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Should I go with LCGC?

Post by Omnibus »

mike22 wrote: Mon Jul 25, 2022 13:11 Jadiin dp kredit limo batal pakai saja di mobil 88 om, udh serasa mobil baru, jamin beda sm lcgc dan badak buat jangka panjang.
Yg bekas taksi udh km tinggi aja masih jalan, apalagi kondisi batal pakai.
Cmn harus keluar uang buat power window, electric mirror sm velg sih.
Perawatan jg no worries
waini ... :big_okay:

kl ada boleh jd pertimbangan nih utk yg bajetnya minim. ini kan odo rendah ya atau memang baru unitnya?
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Should I go with LCGC?

Post by quyquy »

Dana 60jt, dikurangi 10jt hasilnya 50 jt..

Kalo saya, cari mobil dng bujet maksimal 50jt.
1. Cari mobil yg 1500cc, jng lebih dari itu supaya operasional bbm dan oli mesinnya nggak boros.
2. Cari mobil yg bandel

Point 1 dan 2 bisa dapat: soluna, baleno, avega

Saran sih ambil yg grand avega. Meski dia sedan liftback, tapi ground clearancenya tinggi. Kalo gak salah 180mm. Lumayan lah ngandepin medan yg krg bersahabat di daerah sawit.

Duit 10 juta digunakan buat rekondisi misal ganti elektrik fan, perbaikan kaki2..

Utk sementara gengsi kredit mobil baru di urutan nomer 1000.

Hidup nyaman: sudah ada mobil + tak ada pikiran bayar cicilan..