Should I go with LCGC?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Should I go with LCGC?

Post by satriakarisma »

mike22 wrote: Mon Jul 25, 2022 13:11 Jadiin dp kredit limo batal pakai saja di mobil 88 om, udh serasa mobil baru, jamin beda sm lcgc dan badak buat jangka panjang.
Yg bekas taksi udh km tinggi aja masih jalan, apalagi kondisi batal pakai.
Cmn harus keluar uang buat power window, electric mirror sm velg sih.
Perawatan jg no worries
Om Mike,
ini maksudnya mobil baru atau ex taxi gt?
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Should I go with LCGC?

Post by adriangaut »

satriakarisma wrote: Tue Jul 26, 2022 1:15
mike22 wrote: Mon Jul 25, 2022 13:11 Jadiin dp kredit limo batal pakai saja di mobil 88 om, udh serasa mobil baru, jamin beda sm lcgc dan badak buat jangka panjang.
Yg bekas taksi udh km tinggi aja masih jalan, apalagi kondisi batal pakai.
Cmn harus keluar uang buat power window, electric mirror sm velg sih.
Perawatan jg no worries
Om Mike,
ini maksudnya mobil baru atau ex taxi gt?
Ada yang baru tapi spek taksi gitu oom, jadi masih fresh gak capek kaya ex taksi

Anyway kalo ngerti mobil + perbengkelannya sih ga ada salahnya ambil motuba hehehee
Kadang ngerawatnya jadi seni dan hobi tersendiri
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Should I go with LCGC?

Post by satriakarisma »

adriangaut wrote: Tue Jul 26, 2022 1:24
satriakarisma wrote: Tue Jul 26, 2022 1:15
mike22 wrote: Mon Jul 25, 2022 13:11 Jadiin dp kredit limo batal pakai saja di mobil 88 om, udh serasa mobil baru, jamin beda sm lcgc dan badak buat jangka panjang.
Yg bekas taksi udh km tinggi aja masih jalan, apalagi kondisi batal pakai.
Cmn harus keluar uang buat power window, electric mirror sm velg sih.
Perawatan jg no worries
Om Mike,
ini maksudnya mobil baru atau ex taxi gt?
Ada yang baru tapi spek taksi gitu oom, jadi masih fresh gak capek kaya ex taksi

Anyway kalo ngerti mobil + perbengkelannya sih ga ada salahnya ambil motuba hehehee
Kadang ngerawatnya jadi seni dan hobi tersendiri
Hoh, ada ya yg dijual limo baru gt ke perorangan? kirain harus fleet ky transmover gt Om.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Should I go with LCGC?

Post by Syauqi »

DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 17:24
Mbah

Koyorad yg 2 ply muat ga buat si agya ? Siang2 ac agak kurang adem neh
sama kaya agya saya mbah, kalo siang" kena sentrongan matahari langsung AC berasa kurang adem. Tapi begitu mobilnya berteduh di pohon / bangunan, itu AC berasa dingin. Udah cek ke bengkel AC yg trusted, kokoh owner bengkelnya malah berusaha meyakinkan sy kalo ACnya aman jaya, diukur pake thermometer juga masih dapet Angka 8'C.

Kalo menurut koh bengkel AC seh, kompresor ACnya si agya/ayla ini emang gabisa diposisi on terlalu lama, paling lama 20 detik aja walaupun posisi temperaturnya udah pol.

Saya selalu pasang AC di temperatur maksimal & blowernya angka 1, kalo nyetir malem sendirian AC malah sering sy matikan krn kedinginan. Lucunya. Kalo muat 4 orang blower AC kadang saya setel di angka 2, ntar beberapa menit pindah ke 1 lagi.

Btw mobilnya warna apa mbah? punya saya abu2, barangkali warna mobil ada pengaruhnya juga yak :big_think: soalnya di rumah sy juga ada Ayla X metik 2015 warna putih, kyknya ACnya lebih dingin itu sedikit
Poporing
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 625
Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
Location: Jkt
Daily Vehicle: honda

Re: Should I go with LCGC?

Post by Poporing »

satriakarisma wrote: Tue Jul 26, 2022 1:31

Hoh, ada ya yg dijual limo baru gt ke perorangan? kirain harus fleet ky transmover gt Om.
kalo sy liat di yutub, limo itu dulu dibeli perusahaan taxinya buat jadi armada..
tp akhirnya ga dpake.. alias masi 0km atau beberapa puluh km (mindahin dari dealer ke pool mgkn)..

karena ga dpake, akhirnya dilelang lagi.. entahlah bisa individu atau engga (kita sebut saja pembelinya: makelar)..
tp itu limo baru (nik 2015, ada yg register 2015/2016/2017) akhirnya dijual makelar ke publik.........
mayan 103jt dpt limo baru....

sy sih ngiler liat sedan baru cuma 103jt..
tp saya ga tau nanti abis brp ngurus surat2nya..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Should I go with LCGC?

Post by DOHC »

Syauqi wrote: Tue Jul 26, 2022 3:31
DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 17:24
Mbah

Koyorad yg 2 ply muat ga buat si agya ? Siang2 ac agak kurang adem neh
sama kaya agya saya mbah, kalo siang" kena sentrongan matahari langsung AC berasa kurang adem. Tapi begitu mobilnya berteduh di pohon / bangunan, itu AC berasa dingin. Udah cek ke bengkel AC yg trusted, kokoh owner bengkelnya malah berusaha meyakinkan sy kalo ACnya aman jaya, diukur pake thermometer juga masih dapet Angka 8'C.

Kalo menurut koh bengkel AC seh, kompresor ACnya si agya/ayla ini emang gabisa diposisi on terlalu lama, paling lama 20 detik aja walaupun posisi temperaturnya udah pol.

Saya selalu pasang AC di temperatur maksimal & blowernya angka 1, kalo nyetir malem sendirian AC malah sering sy matikan krn kedinginan. Lucunya. Kalo muat 4 orang blower AC kadang saya setel di angka 2, ntar beberapa menit pindah ke 1 lagi.

Btw mobilnya warna apa mbah? punya saya abu2, barangkali warna mobil ada pengaruhnya juga yak :big_think: soalnya di rumah sy juga ada Ayla X metik 2015 warna putih, kyknya ACnya lebih dingin itu sedikit
Kayanya jawapan si engkoh ac nya mbah bener deh, ntuh kompresor engage nya ga bsa lama2, beda ama inofa yg bsa lamaaa bener engage nya

Mobilnya kita oerang warna putih mbah, KF SKKb pake 3m yg blekbiuti 80% dpan kristalin 20%, sinar matahari ga nyenget masup ke dalem
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Should I go with LCGC?

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Jul 26, 2022 3:55
Syauqi wrote: Tue Jul 26, 2022 3:31
DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 17:24
Mbah

Koyorad yg 2 ply muat ga buat si agya ? Siang2 ac agak kurang adem neh
sama kaya agya saya mbah, kalo siang" kena sentrongan matahari langsung AC berasa kurang adem. Tapi begitu mobilnya berteduh di pohon / bangunan, itu AC berasa dingin. Udah cek ke bengkel AC yg trusted, kokoh owner bengkelnya malah berusaha meyakinkan sy kalo ACnya aman jaya, diukur pake thermometer juga masih dapet Angka 8'C.

Kalo menurut koh bengkel AC seh, kompresor ACnya si agya/ayla ini emang gabisa diposisi on terlalu lama, paling lama 20 detik aja walaupun posisi temperaturnya udah pol.

Saya selalu pasang AC di temperatur maksimal & blowernya angka 1, kalo nyetir malem sendirian AC malah sering sy matikan krn kedinginan. Lucunya. Kalo muat 4 orang blower AC kadang saya setel di angka 2, ntar beberapa menit pindah ke 1 lagi.

Btw mobilnya warna apa mbah? punya saya abu2, barangkali warna mobil ada pengaruhnya juga yak :big_think: soalnya di rumah sy juga ada Ayla X metik 2015 warna putih, kyknya ACnya lebih dingin itu sedikit
Kayanya jawapan si engkoh ac nya mbah bener deh, ntuh kompresor engage nya ga bsa lama2, beda ama inofa yg bsa lamaaa bener engage nya

Mobilnya kita oerang warna putih mbah, KF SKKb pake 3m yg blekbiuti 80% dpan kristalin 20%, sinar matahari ga nyenget masup ke dalem
kayanya evap kotor tuh mbah, jd thermistor yg di evap baca nya udah mau frozen kedinginan krn heat transfer ga bener (angin dr blower ga bawa dinginnya keluar dr evap). krn thermistor terlalu dingin dia nyuruh kompresor disengage.

cek n bersihin blower sm evap nya mbah. tambahin filter kl belom ada.
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Should I go with LCGC?

Post by marama »

mobil early 2000an rata2 teknologinya masih pakai delco pengapiannya, msh pakai timing belt, ud masuk umur2 harus siram bodi , benerin keropos, ganti cooling system, blm printilan2 lain. Kl saran saya dana 60 ++ dibeliin LCGC bekas aja dpt taun muda g pusing rawatannya (byk yg masih low KM kl di jakarta). Atau cari hatchback citycar 2011-2013
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Should I go with LCGC?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Jul 26, 2022 4:10
DOHC wrote: Tue Jul 26, 2022 3:55
Syauqi wrote: Tue Jul 26, 2022 3:31

sama kaya agya saya mbah, kalo siang" kena sentrongan matahari langsung AC berasa kurang adem. Tapi begitu mobilnya berteduh di pohon / bangunan, itu AC berasa dingin. Udah cek ke bengkel AC yg trusted, kokoh owner bengkelnya malah berusaha meyakinkan sy kalo ACnya aman jaya, diukur pake thermometer juga masih dapet Angka 8'C.

Kalo menurut koh bengkel AC seh, kompresor ACnya si agya/ayla ini emang gabisa diposisi on terlalu lama, paling lama 20 detik aja walaupun posisi temperaturnya udah pol.

Saya selalu pasang AC di temperatur maksimal & blowernya angka 1, kalo nyetir malem sendirian AC malah sering sy matikan krn kedinginan. Lucunya. Kalo muat 4 orang blower AC kadang saya setel di angka 2, ntar beberapa menit pindah ke 1 lagi.

Btw mobilnya warna apa mbah? punya saya abu2, barangkali warna mobil ada pengaruhnya juga yak :big_think: soalnya di rumah sy juga ada Ayla X metik 2015 warna putih, kyknya ACnya lebih dingin itu sedikit
Kayanya jawapan si engkoh ac nya mbah bener deh, ntuh kompresor engage nya ga bsa lama2, beda ama inofa yg bsa lamaaa bener engage nya

Mobilnya kita oerang warna putih mbah, KF SKKb pake 3m yg blekbiuti 80% dpan kristalin 20%, sinar matahari ga nyenget masup ke dalem
kayanya evap kotor tuh mbah, jd thermistor yg di evap baca nya udah mau frozen kedinginan krn heat transfer ga bener (angin dr blower ga bawa dinginnya keluar dr evap). krn thermistor terlalu dingin dia nyuruh kompresor disengage.

cek n bersihin blower sm evap nya mbah. tambahin filter kl belom ada.
Sip mbah

Ntar coba cek lg evap na

Btw si 1KR-JZGTE dr bawaan untungnya ud dikasi filter kabin mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Should I go with LCGC?

Post by MSU »

satriakarisma wrote: Tue Jul 26, 2022 1:31
adriangaut wrote: Tue Jul 26, 2022 1:24
satriakarisma wrote: Tue Jul 26, 2022 1:15
Om Mike,
ini maksudnya mobil baru atau ex taxi gt?
Ada yang baru tapi spek taksi gitu oom, jadi masih fresh gak capek kaya ex taksi

Anyway kalo ngerti mobil + perbengkelannya sih ga ada salahnya ambil motuba hehehee
Kadang ngerawatnya jadi seni dan hobi tersendiri
Hoh, ada ya yg dijual limo baru gt ke perorangan? kirain harus fleet ky transmover gt Om.
di youtube pernah liat sebentar...ada perusahaan taxi brand apa gitu masih simpan banyak limo warna hitam
ga jadi dijadiin taxi & mau dijual..
spek ya low km
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Should I go with LCGC?

Post by PRBS »

Flox2011 wrote: Mon Jul 25, 2022 9:37
PRBS wrote: Sun Jul 24, 2022 3:10 kenapa LCGC banyak? sesimple mobilnya bisa untuk grusak grusuk, anter from point A to B as easy as snapping fingers.. ga usah mikir ada breakdown setiap bulan.. ga usah mikir (haduh, baru beberapa hari lalu isi bbm kok sekarang isi lagi?), leceet? so be it.. toh mobil buat cari uang..

jangan salah, user LCGC itu banyak juga loh dirumahnya ada weekend car such as fortuner or serena or voxy or even merc.. apalagi kondisi BBM lagi to the moon gini, mobil fancy2 kek gini rata2 beralih fungsi ke weekend car.

back to topic,

1. paint lembut? yaa coating aja.. or ya nyetir eman2 ajaa.. kalau ada baret, kumpulin aja dulu nanti kalo udah banyak tinggal polish body.

2. asumsi negative cc kecil ga bisa jalan jauh? aman.. LCGC sigra ayla (atau mobil 1200cc lainnya) kuat kok.. mobilnya pasti kuat.. yg harus dipikirin malah stamina supirnya, kuat ga jarak jauh pake LCGC? itu harus coba test drive sendiri..

dana 60jt, kalau cari motuba, harus pikirkan dana peremajaan loh.. ga bisa beli, trus pake as daily beater tanpa masalah apapun.. harus pikirin waktu buat masuk bengkel dkk.

long story short, ikuti saran istri saja.. saran istri bagus kok.. duit buat DP, peace of mindnya dapet.. tinggal gass aja, semua masih warranty cover.

(btw sebelum beli mobil baru, harus make sure budget nyicil tiap bulannya tidak mengganggu dapur rumah tangga ya)

happy wife, happy life
Setelah ak cek memang cicilan LCGC masih 1/3 pendapatan ane gan. Masih bisa austerity measure sana sini untuk afford cicilan, tp nanti jatohnya kami gk ada saving sama sekali 3 - 5 tahun ke depan. Masalahnya kerja di sawit gk menentu gan, harga CPO tinggi bonus gk seberapa, harga CPO anjlok langsung efisiensi/PHK sana sini.
berarti poin diskusi dengan istri perihal saving untuk 5 tahun kedepan saja.. tidak ada saving bagi saya agak riskan ya.. kalau soon or later pengeluaran budget, agak ngeri kalau tidak ada saving money.

saya lihat untuk BBM malah dicover ya? dan 60jt sudah termasuk peremajaan (let say 10 jt buat segar kembali)?.. go for mobil second om.. soluna mobil badak om, or great corolla.. dapat mobil sehat, plus tidak ada cicilan bulanan, apalagi BBM dicover itu pure bliss om. tinggal pelan2 diskusi dengan istri aja.

:big_peace: :big_peace: :big_peace:
slapnuts
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: Sun Nov 18, 2012 12:16

Re: Should I go with LCGC?

Post by slapnuts »

Syauqi wrote: Tue Jul 26, 2022 3:31
DOHC wrote: Sun Jul 24, 2022 17:24
Mbah

Koyorad yg 2 ply muat ga buat si agya ? Siang2 ac agak kurang adem neh
sama kaya agya saya mbah, kalo siang" kena sentrongan matahari langsung AC berasa kurang adem. Tapi begitu mobilnya berteduh di pohon / bangunan, itu AC berasa dingin. Udah cek ke bengkel AC yg trusted, kokoh owner bengkelnya malah berusaha meyakinkan sy kalo ACnya aman jaya, diukur pake thermometer juga masih dapet Angka 8'C.

Kalo menurut koh bengkel AC seh, kompresor ACnya si agya/ayla ini emang gabisa diposisi on terlalu lama, paling lama 20 detik aja walaupun posisi temperaturnya udah pol.

Saya selalu pasang AC di temperatur maksimal & blowernya angka 1, kalo nyetir malem sendirian AC malah sering sy matikan krn kedinginan. Lucunya. Kalo muat 4 orang blower AC kadang saya setel di angka 2, ntar beberapa menit pindah ke 1 lagi.

Btw mobilnya warna apa mbah? punya saya abu2, barangkali warna mobil ada pengaruhnya juga yak :big_think: soalnya di rumah sy juga ada Ayla X metik 2015 warna putih, kyknya ACnya lebih dingin itu sedikit
Salah satu hal unik yang saya perhatikan ketika naik mobil teman/taksol adalah kebanyakan mereka set temperatur AC di mentok paling dingin untuk setelan manual, atau suhu Low/18 untuk climate control, dengan setelah blower 1. Hal ini bukannya malah membuat kompresor akan bekerja terus menerus karena suhu 18/low di kabin tentunya sulit diraih apalagi dengan setelan blower 1. Kenapa ga set temperatur di tengah / 22-25 dengan blower lebih kencang? toh sama-sama dingin juga. Atau mungkin tidak suka angin terlalu kencang?

Kalau saya di OS selalu set 24-25 setelah auto, kabin dingin, kompresor AC lebih sering istirahat dan ga bekerja terus menerus, ini saja sudah menggigil. Kalau di Jazz GK set 22-23 auto sudah sangat dingin di siang hari.
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Should I go with LCGC?

Post by Syauqi »

slapnuts wrote: Wed Jul 27, 2022 2:49
Syauqi wrote: Tue Jul 26, 2022 3:31
sama kaya agya saya mbah, kalo siang" kena sentrongan matahari langsung AC berasa kurang adem. Tapi begitu mobilnya berteduh di pohon / bangunan, itu AC berasa dingin. Udah cek ke bengkel AC yg trusted, kokoh owner bengkelnya malah berusaha meyakinkan sy kalo ACnya aman jaya, diukur pake thermometer juga masih dapet Angka 8'C.

Kalo menurut koh bengkel AC seh, kompresor ACnya si agya/ayla ini emang gabisa diposisi on terlalu lama, paling lama 20 detik aja walaupun posisi temperaturnya udah pol.

Saya selalu pasang AC di temperatur maksimal & blowernya angka 1, kalo nyetir malem sendirian AC malah sering sy matikan krn kedinginan. Lucunya. Kalo muat 4 orang blower AC kadang saya setel di angka 2, ntar beberapa menit pindah ke 1 lagi.

Btw mobilnya warna apa mbah? punya saya abu2, barangkali warna mobil ada pengaruhnya juga yak :big_think: soalnya di rumah sy juga ada Ayla X metik 2015 warna putih, kyknya ACnya lebih dingin itu sedikit
Salah satu hal unik yang saya perhatikan ketika naik mobil teman/taksol adalah kebanyakan mereka set temperatur AC di mentok paling dingin untuk setelan manual, atau suhu Low/18 untuk climate control, dengan setelah blower 1. Hal ini bukannya malah membuat kompresor akan bekerja terus menerus karena suhu 18/low di kabin tentunya sulit diraih apalagi dengan setelan blower 1. Kenapa ga set temperatur di tengah / 22-25 dengan blower lebih kencang? toh sama-sama dingin juga. Atau mungkin tidak suka angin terlalu kencang?

Kalau saya di OS selalu set 24-25 setelah auto, kabin dingin, kompresor AC lebih sering istirahat dan ga bekerja terus menerus, ini saja sudah menggigil. Kalau di Jazz GK set 22-23 auto sudah sangat dingin di siang hari.
Beda mobil bisa beda cara juga mungkin om.
Kalo saya stel temperaturnya di angka setengah atau setengah lebih dikit ya kaga dingin2 itu kabinnya. Atau misal kalo saya stel blower level 2, itu suara blowernya mayan kenceng jadi ga enak didenger. Menurut engkoh" bengkel ACnya sih sebenarnya secara temperatur lebih dingin pake blower level 1 dibandingkan 2, makanya dia kalo ngukur temperatur AC mobil selalu set di blower level 1

Dulu waktu saya pake old Innova tipe V, itu AC digitalnya selalu manteng di 23-25'C & blower level 1 walaupun siang" sekalipun. ACnya emang udh dingin dari sononya, jadi diset segitu aja udah dingin. Karena ACnya auto climate jadi kalo diset temperatur paling dingin itu blower nyembur kenceng terus2an, ga enak didengernya.

Kalo ACnya agya ini mungkin karena namanya mobil murah & cc seceng, jadi itu AC ga akan bisa sedingin innova
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Should I go with LCGC?

Post by ZEXELGRIFONE »

Flox2011 wrote: Sat Jul 23, 2022 13:56 Permisi member SM di mari. Cuma galau ambil LCGC karena dana bener2 mepet.

Setelah bikin thread tanya rekomendasi, mobil belum kebeli ada kebutuhan mendadak jadinya duit keburu ilang. Ada sisa 60 jt aj.

Pilihan dana 60jt antara (1) mobil 2000-an, atau (2) bayar DP beli LCGC. Bini ngebet banget pengen Sigra / Calya karena temen kampung semua belinya ya duo itu.

Masalah-nya gw kok gk sreg banget sm LCGC.

1. Paint lembut sekali. Kena spakbor pelan aj sdh baret dalem banget.
2. CC mesin kecil padahal rencana mobil pasti jarak jauh (+250 KM/trip).
3. Body tipis dan kualitas part meragukan. Temen gw Sigra langganan gantj bearing 6 bulan sekali karena kita tinggal di sawit.

Apa gwnya aj lebay segitu bencinya sm LCGC? Nah sekarang kan Kalau orang2 enak pakai LCGC kenapa seken tahun muda (2020) LCGC banyak banget?
Menurut saya, LCGC calya/sigra cukup sepanjang ga nyari yg neko2, dan sesuai peruntukannya.
Masih cukup aman untuk bawa keluarga dari titik A ke B, meskipun kenyamanan agak kompromi karena AC baris ke-2/3 pada sigra/calya itu cuman blower doank (bukan AC beneran).

Dan secara peraturan LCGC itu minumnya harus RON92 (Pertamax), yg skrg harganya lebih mahal daripada pertalite.
Tapi itu secara aturan, klo prakteknya di SPBU banyak jg LCGC yg isi pertalite.

Oia, bisa jadi salah satu alasan istri anda suka calya/sigra karena itu termasuk mobil baru.. atau mobil tahun muda.
Pikirannya: Mobil baru/tahun muda = relatif bebas masalah.. ga bikin pusing, ga mbengkel tiap minggu atau tiap bulan.
Jadi bisa untuk jalan2 terus.. wkwkwkwk...
Waspadalahhh... :big_grin:
slapnuts wrote: Wed Jul 27, 2022 2:49

Salah satu hal unik yang saya perhatikan ketika naik mobil teman/taksol adalah kebanyakan mereka set temperatur AC di mentok paling dingin untuk setelan manual, atau suhu Low/18 untuk climate control, dengan setelah blower 1. Hal ini bukannya malah membuat kompresor akan bekerja terus menerus karena suhu 18/low di kabin tentunya sulit diraih apalagi dengan setelan blower 1. Kenapa ga set temperatur di tengah / 22-25 dengan blower lebih kencang? toh sama-sama dingin juga. Atau mungkin tidak suka angin terlalu kencang?

Kalau saya di OS selalu set 24-25 setelah auto, kabin dingin, kompresor AC lebih sering istirahat dan ga bekerja terus menerus, ini saja sudah menggigil. Kalau di Jazz GK set 22-23 auto sudah sangat dingin di siang hari.
Saya termasuk aliran ini om.. Temperatur mentok atau 2/3 lebih, tapi blower di level 1 atau 2. Jadi keluar udara dingin tapi angin sepoi2 :D
Klo pas diluaran panas banget, baru deh blower naek ke lv.3-4, atau maxcool sekalian.. Tapi jarang bgt sih.

Alasan yg saya pahami sampai skrg:
-Betul, karena tidak suka angin yg terlalu kencang. Kecuali pas panas bgt, butuh pendinginan segera..
-pengen dingin, tapi ga pengen bising bunyi blower. Klo bunyi kompresor ac masih okelah, agak teredam coz letaknya diruang mesin..
-biar magnetic clutch AC ga keseringan engage-disengage.. Itu cetak-cetek kompresor AC ke mesin ada umurnya jg.

Mungkin ada suhu-suhu per-AC-an disini yg bisa ngasih masukan..

Sory klo OOT..
Bean06
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Thunder

Re: Should I go with LCGC?

Post by Bean06 »

Alternatif limo ada Nissan Almera, kalau rajin hunting bisa dapat yg non ex taxi reguler. Saat itu Uber dgn fleet ini. Jadi usia pengoperasian relatif singkat odo rendah, velg alloy dsb. Ride quality is better than common limo.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Should I go with LCGC?

Post by mike22 »

satriakarisma wrote: Tue Jul 26, 2022 1:15
mike22 wrote: Mon Jul 25, 2022 13:11 Jadiin dp kredit limo batal pakai saja di mobil 88 om, udh serasa mobil baru, jamin beda sm lcgc dan badak buat jangka panjang.
Yg bekas taksi udh km tinggi aja masih jalan, apalagi kondisi batal pakai.
Cmn harus keluar uang buat power window, electric mirror sm velg sih.
Perawatan jg no worries
Om Mike,
ini maksudnya mobil baru atau ex taxi gt?
Baru om, akan dijadikan taxi namun masalah izin nya jadi mobilnya nganggur bertahun2.
mike22
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1431
Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
Daily Vehicle: K24 RM3

Re: Should I go with LCGC?

Post by mike22 »

Omnibus wrote: Mon Jul 25, 2022 16:35
mike22 wrote: Mon Jul 25, 2022 13:11 Jadiin dp kredit limo batal pakai saja di mobil 88 om, udh serasa mobil baru, jamin beda sm lcgc dan badak buat jangka panjang.
Yg bekas taksi udh km tinggi aja masih jalan, apalagi kondisi batal pakai.
Cmn harus keluar uang buat power window, electric mirror sm velg sih.
Perawatan jg no worries
waini ... :big_okay:

kl ada boleh jd pertimbangan nih utk yg bajetnya minim. ini kan odo rendah ya atau memang baru unitnya?
Memang baru om, unitnya nganggur bertahun2 akhirnya gajadi pake karena izin operasional utk taksi nya ga keluar.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Should I go with LCGC?

Post by Omnibus »

mike22 wrote: Wed Jul 27, 2022 10:23
Omnibus wrote: Mon Jul 25, 2022 16:35
mike22 wrote: Mon Jul 25, 2022 13:11 Jadiin dp kredit limo batal pakai saja di mobil 88 om, udh serasa mobil baru, jamin beda sm lcgc dan badak buat jangka panjang.
Yg bekas taksi udh km tinggi aja masih jalan, apalagi kondisi batal pakai.
Cmn harus keluar uang buat power window, electric mirror sm velg sih.
Perawatan jg no worries
waini ... :big_okay:

kl ada boleh jd pertimbangan nih utk yg bajetnya minim. ini kan odo rendah ya atau memang baru unitnya?
Memang baru om, unitnya nganggur bertahun2 akhirnya gajadi pake karena izin operasional utk taksi nya ga keluar.
iya om, udah dpt infonya di web. hehe antik juga ya.
Flox2011
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 70
Joined: Sun Jan 26, 2020 1:31

Re: Should I go with LCGC?

Post by Flox2011 »

ZEXELGRIFONE wrote: Wed Jul 27, 2022 4:57
Flox2011 wrote: Sat Jul 23, 2022 13:56 Permisi member SM di mari. Cuma galau ambil LCGC karena dana bener2 mepet.

Setelah bikin thread tanya rekomendasi, mobil belum kebeli ada kebutuhan mendadak jadinya duit keburu ilang. Ada sisa 60 jt aj.

Pilihan dana 60jt antara (1) mobil 2000-an, atau (2) bayar DP beli LCGC. Bini ngebet banget pengen Sigra / Calya karena temen kampung semua belinya ya duo itu.

Masalah-nya gw kok gk sreg banget sm LCGC.

1. Paint lembut sekali. Kena spakbor pelan aj sdh baret dalem banget.
2. CC mesin kecil padahal rencana mobil pasti jarak jauh (+250 KM/trip).
3. Body tipis dan kualitas part meragukan. Temen gw Sigra langganan gantj bearing 6 bulan sekali karena kita tinggal di sawit.

Apa gwnya aj lebay segitu bencinya sm LCGC? Nah sekarang kan Kalau orang2 enak pakai LCGC kenapa seken tahun muda (2020) LCGC banyak banget?
Menurut saya, LCGC calya/sigra cukup sepanjang ga nyari yg neko2, dan sesuai peruntukannya.
Masih cukup aman untuk bawa keluarga dari titik A ke B, meskipun kenyamanan agak kompromi karena AC baris ke-2/3 pada sigra/calya itu cuman blower doank (bukan AC beneran).

Dan secara peraturan LCGC itu minumnya harus RON92 (Pertamax), yg skrg harganya lebih mahal daripada pertalite.
Tapi itu secara aturan, klo prakteknya di SPBU banyak jg LCGC yg isi pertalite.

Oia, bisa jadi salah satu alasan istri anda suka calya/sigra karena itu termasuk mobil baru.. atau mobil tahun muda.
Pikirannya: Mobil baru/tahun muda = relatif bebas masalah.. ga bikin pusing, ga mbengkel tiap minggu atau tiap bulan.
Jadi bisa untuk jalan2 terus.. wkwkwkwk...
Waspadalahhh... :big_grin:
slapnuts wrote: Wed Jul 27, 2022 2:49

Salah satu hal unik yang saya perhatikan ketika naik mobil teman/taksol adalah kebanyakan mereka set temperatur AC di mentok paling dingin untuk setelan manual, atau suhu Low/18 untuk climate control, dengan setelah blower 1. Hal ini bukannya malah membuat kompresor akan bekerja terus menerus karena suhu 18/low di kabin tentunya sulit diraih apalagi dengan setelan blower 1. Kenapa ga set temperatur di tengah / 22-25 dengan blower lebih kencang? toh sama-sama dingin juga. Atau mungkin tidak suka angin terlalu kencang?

Kalau saya di OS selalu set 24-25 setelah auto, kabin dingin, kompresor AC lebih sering istirahat dan ga bekerja terus menerus, ini saja sudah menggigil. Kalau di Jazz GK set 22-23 auto sudah sangat dingin di siang hari.
Saya termasuk aliran ini om.. Temperatur mentok atau 2/3 lebih, tapi blower di level 1 atau 2. Jadi keluar udara dingin tapi angin sepoi2 :D
Klo pas diluaran panas banget, baru deh blower naek ke lv.3-4, atau maxcool sekalian.. Tapi jarang bgt sih.

Alasan yg saya pahami sampai skrg:
-Betul, karena tidak suka angin yg terlalu kencang. Kecuali pas panas bgt, butuh pendinginan segera..
-pengen dingin, tapi ga pengen bising bunyi blower. Klo bunyi kompresor ac masih okelah, agak teredam coz letaknya diruang mesin..
-biar magnetic clutch AC ga keseringan engage-disengage.. Itu cetak-cetek kompresor AC ke mesin ada umurnya jg.

Mungkin ada suhu-suhu per-AC-an disini yg bisa ngasih masukan..

Sory klo OOT..
Ak bener2 lupa kalau LCGC wajib Pertamax. Nyari Pertamax susah-nya amit2 di tempat ane om. Kalau pun yg stock paling banyak 10 liter aj.

Kalau dipikir2 orang2 pakai LCGC pakai Pertalite aman2 aj ya om?. Sigra temen gw malah gk pernah minum pertamax kok aman2 aj ya om?
User avatar
XMTdeluxe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 252
Joined: Fri May 25, 2018 8:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: ANT XMT deluxe

Re: Should I go with LCGC?

Post by XMTdeluxe »

Flox2011 wrote: Wed Jul 27, 2022 15:14
ZEXELGRIFONE wrote: Wed Jul 27, 2022 4:57
Flox2011 wrote: Sat Jul 23, 2022 13:56 Permisi member SM di mari. Cuma galau ambil LCGC karena dana bener2 mepet.

Setelah bikin thread tanya rekomendasi, mobil belum kebeli ada kebutuhan mendadak jadinya duit keburu ilang. Ada sisa 60 jt aj.

Pilihan dana 60jt antara (1) mobil 2000-an, atau (2) bayar DP beli LCGC. Bini ngebet banget pengen Sigra / Calya karena temen kampung semua belinya ya duo itu.

Masalah-nya gw kok gk sreg banget sm LCGC.

1. Paint lembut sekali. Kena spakbor pelan aj sdh baret dalem banget.
2. CC mesin kecil padahal rencana mobil pasti jarak jauh (+250 KM/trip).
3. Body tipis dan kualitas part meragukan. Temen gw Sigra langganan gantj bearing 6 bulan sekali karena kita tinggal di sawit.

Apa gwnya aj lebay segitu bencinya sm LCGC? Nah sekarang kan Kalau orang2 enak pakai LCGC kenapa seken tahun muda (2020) LCGC banyak banget?
Menurut saya, LCGC calya/sigra cukup sepanjang ga nyari yg neko2, dan sesuai peruntukannya.
Masih cukup aman untuk bawa keluarga dari titik A ke B, meskipun kenyamanan agak kompromi karena AC baris ke-2/3 pada sigra/calya itu cuman blower doank (bukan AC beneran).

Dan secara peraturan LCGC itu minumnya harus RON92 (Pertamax), yg skrg harganya lebih mahal daripada pertalite.
Tapi itu secara aturan, klo prakteknya di SPBU banyak jg LCGC yg isi pertalite.

Oia, bisa jadi salah satu alasan istri anda suka calya/sigra karena itu termasuk mobil baru.. atau mobil tahun muda.
Pikirannya: Mobil baru/tahun muda = relatif bebas masalah.. ga bikin pusing, ga mbengkel tiap minggu atau tiap bulan.
Jadi bisa untuk jalan2 terus.. wkwkwkwk...
Waspadalahhh... :big_grin:
slapnuts wrote: Wed Jul 27, 2022 2:49

Salah satu hal unik yang saya perhatikan ketika naik mobil teman/taksol adalah kebanyakan mereka set temperatur AC di mentok paling dingin untuk setelan manual, atau suhu Low/18 untuk climate control, dengan setelah blower 1. Hal ini bukannya malah membuat kompresor akan bekerja terus menerus karena suhu 18/low di kabin tentunya sulit diraih apalagi dengan setelan blower 1. Kenapa ga set temperatur di tengah / 22-25 dengan blower lebih kencang? toh sama-sama dingin juga. Atau mungkin tidak suka angin terlalu kencang?

Kalau saya di OS selalu set 24-25 setelah auto, kabin dingin, kompresor AC lebih sering istirahat dan ga bekerja terus menerus, ini saja sudah menggigil. Kalau di Jazz GK set 22-23 auto sudah sangat dingin di siang hari.
Saya termasuk aliran ini om.. Temperatur mentok atau 2/3 lebih, tapi blower di level 1 atau 2. Jadi keluar udara dingin tapi angin sepoi2 :D
Klo pas diluaran panas banget, baru deh blower naek ke lv.3-4, atau maxcool sekalian.. Tapi jarang bgt sih.

Alasan yg saya pahami sampai skrg:
-Betul, karena tidak suka angin yg terlalu kencang. Kecuali pas panas bgt, butuh pendinginan segera..
-pengen dingin, tapi ga pengen bising bunyi blower. Klo bunyi kompresor ac masih okelah, agak teredam coz letaknya diruang mesin..
-biar magnetic clutch AC ga keseringan engage-disengage.. Itu cetak-cetek kompresor AC ke mesin ada umurnya jg.

Mungkin ada suhu-suhu per-AC-an disini yg bisa ngasih masukan..

Sory klo OOT..
Ak bener2 lupa kalau LCGC wajib Pertamax. Nyari Pertamax susah-nya amit2 di tempat ane om. Kalau pun yg stock paling banyak 10 liter aj.

Kalau dipikir2 orang2 pakai LCGC pakai Pertalite aman2 aj ya om?. Sigra temen gw malah gk pernah minum pertamax kok aman2 aj ya om?
Aman Om. Inova disel metik euro 4 yg pakai surat hitam di atas putih tdk boleh biosolar, diisi biosol aja aman. Apalagi LCGC yg mesinnya plek ketiplek mesin avanza, cuma beda size dan cc. Efeknya tenaga ngedrop aja.
Tulisan Gunakan Ron 92 di belakang kaca itu kan himbauan. Setahu saya tdk ada pasal KUHP, UU, Perpres, ataupun Permen/Kepmen yg dilanggar.
affanfx
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Fri Sep 04, 2020 2:52
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Supra Fit X 2008__Corolla EE90 2E1300 1989

Re: Should I go with LCGC?

Post by affanfx »

Omnibus wrote: Wed Jul 27, 2022 11:59
mike22 wrote: Wed Jul 27, 2022 10:23
Omnibus wrote: Mon Jul 25, 2022 16:35

waini ... :big_okay:

kl ada boleh jd pertimbangan nih utk yg bajetnya minim. ini kan odo rendah ya atau memang baru unitnya?
Memang baru om, unitnya nganggur bertahun2 akhirnya gajadi pake karena izin operasional utk taksi nya ga keluar.
iya om, udah dpt infonya di web. hehe antik juga ya.
bisikin keyword di google nya dunk
belum nemu euy, menarik jg sepertinya
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 567
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Should I go with LCGC?

Post by satriakarisma »

affanfx wrote: Thu Jul 28, 2022 2:35
Omnibus wrote: Wed Jul 27, 2022 11:59
mike22 wrote: Wed Jul 27, 2022 10:23
Memang baru om, unitnya nganggur bertahun2 akhirnya gajadi pake karena izin operasional utk taksi nya ga keluar.
iya om, udah dpt infonya di web. hehe antik juga ya.
bisikin keyword di google nya dunk
belum nemu euy, menarik jg sepertinya
121 juta, 200~500 km, tahun 2015.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Should I go with LCGC?

Post by Omnibus »

affanfx wrote: Thu Jul 28, 2022 2:35
Omnibus wrote: Wed Jul 27, 2022 11:59
mike22 wrote: Wed Jul 27, 2022 10:23
Memang baru om, unitnya nganggur bertahun2 akhirnya gajadi pake karena izin operasional utk taksi nya ga keluar.
iya om, udah dpt infonya di web. hehe antik juga ya.
bisikin keyword di google nya dunk
belum nemu euy, menarik jg sepertinya
ini om https://cintamobil.com/jual-beli/sedan- ... -aid19731
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Should I go with LCGC?

Post by ZEXELGRIFONE »

Flox2011 wrote: Wed Jul 27, 2022 15:14
Ak bener2 lupa kalau LCGC wajib Pertamax. Nyari Pertamax susah-nya amit2 di tempat ane om. Kalau pun yg stock paling banyak 10 liter aj.

Kalau dipikir2 orang2 pakai LCGC pakai Pertalite aman2 aj ya om?. Sigra temen gw malah gk pernah minum pertamax kok aman2 aj ya om?
Secara aturan WAJIB RON92, tapi prakteknya.. ya gitu.. hehehe..

Mesin 3NR kompresi mesin 11,5:1 tapi punya katup variable dan ECU.
Pabrikan yg produksinya disini harusnya sudah riset jg klo produknya dikasih pertalite.

Mungkin jangka pendek ga masalah.. Tapi jangka panjang, ga tau jg.
Tergantung maintenance jg.
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1487
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Should I go with LCGC?

Post by MSU »

ZEXELGRIFONE wrote: Thu Jul 28, 2022 5:14
Flox2011 wrote: Wed Jul 27, 2022 15:14
Ak bener2 lupa kalau LCGC wajib Pertamax. Nyari Pertamax susah-nya amit2 di tempat ane om. Kalau pun yg stock paling banyak 10 liter aj.

Kalau dipikir2 orang2 pakai LCGC pakai Pertalite aman2 aj ya om?. Sigra temen gw malah gk pernah minum pertamax kok aman2 aj ya om?
Secara aturan WAJIB RON92, tapi prakteknya.. ya gitu.. hehehe..

Mesin 3NR kompresi mesin 11,5:1 tapi punya katup variable dan ECU.
Pabrikan yg produksinya disini harusnya sudah riset jg klo produknya dikasih pertalite.

Mungkin jangka pendek ga masalah.. Tapi jangka panjang, ga tau jg.
Tergantung maintenance jg.
dulu tu kalo ga slah wajib pertamax krn peraturan pemerintah terkait lcgc
tp yakin sy pabrikan udh riset pake pertalite apalgi mesin injeksi...pasti udh ada anti knock sensor dll