Should I go with LCGC?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

affanfx
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Fri Sep 04, 2020 2:52
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Supra Fit X 2008__Corolla EE90 2E1300 1989

Re: Should I go with LCGC?

Post by affanfx »

satriakarisma wrote: Thu Jul 28, 2022 4:04 121 juta, 200~500 km, tahun 2015.
thanks om, menarik ini, ada lapak yg buka 106 malahan
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Should I go with LCGC?

Post by ZEXELGRIFONE »

MSU wrote: Thu Jul 28, 2022 6:11
ZEXELGRIFONE wrote: Thu Jul 28, 2022 5:14
Flox2011 wrote: Wed Jul 27, 2022 15:14
Ak bener2 lupa kalau LCGC wajib Pertamax. Nyari Pertamax susah-nya amit2 di tempat ane om. Kalau pun yg stock paling banyak 10 liter aj.

Kalau dipikir2 orang2 pakai LCGC pakai Pertalite aman2 aj ya om?. Sigra temen gw malah gk pernah minum pertamax kok aman2 aj ya om?
Secara aturan WAJIB RON92, tapi prakteknya.. ya gitu.. hehehe..

Mesin 3NR kompresi mesin 11,5:1 tapi punya katup variable dan ECU.
Pabrikan yg produksinya disini harusnya sudah riset jg klo produknya dikasih pertalite.

Mungkin jangka pendek ga masalah.. Tapi jangka panjang, ga tau jg.
Tergantung maintenance jg.
dulu tu kalo ga slah wajib pertamax krn peraturan pemerintah terkait lcgc
tp yakin sy pabrikan udh riset pake pertalite apalgi mesin injeksi...pasti udh ada anti knock sensor dll
Betul, dan setahu saya aturannya masih berlaku.. Permenperind No.33/M-IND/PER/7/2013 pasal 2 ayat 2a.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Should I go with LCGC?

Post by kunaskun »

ZEXELGRIFONE wrote: Wed Jul 27, 2022 4:57 Saya termasuk aliran ini om.. Temperatur mentok atau 2/3 lebih, tapi blower di level 1 atau 2. Jadi keluar udara dingin tapi angin sepoi2 :D
Klo pas diluaran panas banget, baru deh blower naek ke lv.3-4, atau maxcool sekalian.. Tapi jarang bgt sih.

Alasan yg saya pahami sampai skrg:
-Betul, karena tidak suka angin yg terlalu kencang. Kecuali pas panas bgt, butuh pendinginan segera..
-pengen dingin, tapi ga pengen bising bunyi blower. Klo bunyi kompresor ac masih okelah, agak teredam coz letaknya diruang mesin..
-biar magnetic clutch AC ga keseringan engage-disengage.. Itu cetak-cetek kompresor AC ke mesin ada umurnya jg.

Mungkin ada suhu-suhu per-AC-an disini yg bisa ngasih masukan..

Sory klo OOT..
yang bener idealnya itu memang jangan mentok dingin, diturunin selevel dua level, sisanya mainan blower speed saja.

ini saya tiru dari climate control nissan K13 dulu yang proper climate control karena ada heater juga. jadi kalau saya perhatikan set suhu 24/25C maka kompressor akan mati hidup lama selebihnya blower naik turun, kalau set dibawah itu kompressor seperti ga mati2. nah kalau suhu set 26C kadang2 heater ikutan ON untuk adjust suhu kabin :big_biglaugh: akibat pernah ketemu mobil yg AC beneran Climate Control, mobil sekarang bikin saya sebel banget akibat kaum mendang mending minta AC Digital, akhirnya tampang doang digital tapi ga climate control :big_dunno:

kenalan di bengkel AC juga bilang sama, set AC sampe suhu terendah itu malah ngerusak dan bikin boros, soal magnetic clutch cetak cetek malah umur pendek? lebih murah ganti magnetic clutch daripada ganti kompressor kan, lagian barang zaman now apa si yang awet dibandingkan zaman old :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Should I go with LCGC?

Post by DOHC »

kunaskun wrote: Thu Jul 28, 2022 7:54
ZEXELGRIFONE wrote: Wed Jul 27, 2022 4:57 Saya termasuk aliran ini om.. Temperatur mentok atau 2/3 lebih, tapi blower di level 1 atau 2. Jadi keluar udara dingin tapi angin sepoi2 :D
Klo pas diluaran panas banget, baru deh blower naek ke lv.3-4, atau maxcool sekalian.. Tapi jarang bgt sih.

Alasan yg saya pahami sampai skrg:
-Betul, karena tidak suka angin yg terlalu kencang. Kecuali pas panas bgt, butuh pendinginan segera..
-pengen dingin, tapi ga pengen bising bunyi blower. Klo bunyi kompresor ac masih okelah, agak teredam coz letaknya diruang mesin..
-biar magnetic clutch AC ga keseringan engage-disengage.. Itu cetak-cetek kompresor AC ke mesin ada umurnya jg.

Mungkin ada suhu-suhu per-AC-an disini yg bisa ngasih masukan..

Sory klo OOT..
yang bener idealnya itu memang jangan mentok dingin, diturunin selevel dua level, sisanya mainan blower speed saja.

ini saya tiru dari climate control nissan K13 dulu yang proper climate control karena ada heater juga. jadi kalau saya perhatikan set suhu 24/25C maka kompressor akan mati hidup lama selebihnya blower naik turun, kalau set dibawah itu kompressor seperti ga mati2. nah kalau suhu set 26C kadang2 heater ikutan ON untuk adjust suhu kabin :big_biglaugh: akibat pernah ketemu mobil yg AC beneran Climate Control, mobil sekarang bikin saya sebel banget akibat kaum mendang mending minta AC Digital, akhirnya tampang doang digital tapi ga climate control :big_dunno:

kenalan di bengkel AC juga bilang sama, set AC sampe suhu terendah itu malah ngerusak dan bikin boros, soal magnetic clutch cetak cetek malah umur pendek? lebih murah ganti magnetic clutch daripada ganti kompressor kan, lagian barang zaman now apa si yang awet dibandingkan zaman old :big_biglaugh:
magnit kuupleng kompresor yg ctek2 gapapa koq, emg di ciptain buat cetek2

dulu punya inofa akte 2006 , ampe dijual pas lg jaman kovit delta kmaren aj, ntuh magnit kuupleng masi bawaan dari 2006, kompresor jg sama... masi bagus, ga ada ngorok atau bunyi aneh2, dingin nya jg masi khas inofa... satu2 nya masalah jg selang2 ud pd lengket, kl kata engkoh tukang ac d sabes sana, itu selang2 ud pd getas jd oli kompresor rembes sikit2 , ma'lum lah selang 15 taon :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Dxo24
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 114
Joined: Fri Apr 22, 2016 0:15
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Kijang Innova

Re: Should I go with LCGC?

Post by Dxo24 »

Poporing wrote: Tue Jul 26, 2022 3:43
satriakarisma wrote: Tue Jul 26, 2022 1:31

Hoh, ada ya yg dijual limo baru gt ke perorangan? kirain harus fleet ky transmover gt Om.
kalo sy liat di yutub, limo itu dulu dibeli perusahaan taxinya buat jadi armada..
tp akhirnya ga dpake.. alias masi 0km atau beberapa puluh km (mindahin dari dealer ke pool mgkn)..

karena ga dpake, akhirnya dilelang lagi.. entahlah bisa individu atau engga (kita sebut saja pembelinya: makelar)..
tp itu limo baru (nik 2015, ada yg register 2015/2016/2017) akhirnya dijual makelar ke publik.........
mayan 103jt dpt limo baru....

sy sih ngiler liat sedan baru cuma 103jt..
tp saya ga tau nanti abis brp ngurus surat2nya..
Awal bulan ini pernah nanya sales 88, hargany udah 121jt dengan kredit minimal 4 tahun.

Auto mundur teratur :big_peace:
3SZ-VE (2008)
1NR-VE (2016)
1TR-FE (2005)
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Should I go with LCGC?

Post by kenop »

Dxo24 wrote: Thu Jul 28, 2022 10:24
Poporing wrote: Tue Jul 26, 2022 3:43
satriakarisma wrote: Tue Jul 26, 2022 1:31

Hoh, ada ya yg dijual limo baru gt ke perorangan? kirain harus fleet ky transmover gt Om.
kalo sy liat di yutub, limo itu dulu dibeli perusahaan taxinya buat jadi armada..
tp akhirnya ga dpake.. alias masi 0km atau beberapa puluh km (mindahin dari dealer ke pool mgkn)..

karena ga dpake, akhirnya dilelang lagi.. entahlah bisa individu atau engga (kita sebut saja pembelinya: makelar)..
tp itu limo baru (nik 2015, ada yg register 2015/2016/2017) akhirnya dijual makelar ke publik.........
mayan 103jt dpt limo baru....

sy sih ngiler liat sedan baru cuma 103jt..
tp saya ga tau nanti abis brp ngurus surat2nya..
Awal bulan ini pernah nanya sales 88, hargany udah 121jt dengan kredit minimal 4 tahun.

Auto mundur teratur :big_peace:
Mininal 4 taon? :mky_04:
Aje gile ga jd murah dong :big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Should I go with LCGC?

Post by kunaskun »

DOHC wrote: Thu Jul 28, 2022 9:50 magnit kuupleng kompresor yg ctek2 gapapa koq, emg di ciptain buat cetek2

dulu punya inofa akte 2006 , ampe dijual pas lg jaman kovit delta kmaren aj, ntuh magnit kuupleng masi bawaan dari 2006, kompresor jg sama... masi bagus, ga ada ngorok atau bunyi aneh2, dingin nya jg masi khas inofa... satu2 nya masalah jg selang2 ud pd lengket, kl kata engkoh tukang ac d sabes sana, itu selang2 ud pd getas jd oli kompresor rembes sikit2 , ma'lum lah selang 15 taon :upss: :upss:
nah dulu juga sama mbah di 2KD rakitan 2005 lanjut Nissan K13 2012, paling ganti evap doang, troubleshoot rembes2 freon, ini semacam udah nasibnya AC mobil zaman now :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Should I go with LCGC?

Post by DOHC »

kunaskun wrote: Fri Jul 29, 2022 5:28
DOHC wrote: Thu Jul 28, 2022 9:50 magnit kuupleng kompresor yg ctek2 gapapa koq, emg di ciptain buat cetek2

dulu punya inofa akte 2006 , ampe dijual pas lg jaman kovit delta kmaren aj, ntuh magnit kuupleng masi bawaan dari 2006, kompresor jg sama... masi bagus, ga ada ngorok atau bunyi aneh2, dingin nya jg masi khas inofa... satu2 nya masalah jg selang2 ud pd lengket, kl kata engkoh tukang ac d sabes sana, itu selang2 ud pd getas jd oli kompresor rembes sikit2 , ma'lum lah selang 15 taon :upss: :upss:
nah dulu juga sama mbah di 2KD rakitan 2005 lanjut Nissan K13 2012, paling ganti evap doang, troubleshoot rembes2 freon, ini semacam udah nasibnya AC mobil zaman now :big_biglaugh:
batu makam emg agak2 bahlul mbah itu evap nya, dl lipindut kita orang jg sempet ganti evap skali, kl diliat side by side ama denso punya, yg calsonic lipindut punya emg agak2 tipis seh jalur sarang tawon nya.. beda ama evap denso nya si inofa, tebel gede2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Should I go with LCGC?

Post by ZEXELGRIFONE »

kunaskun wrote: Thu Jul 28, 2022 7:54
ZEXELGRIFONE wrote: Wed Jul 27, 2022 4:57 Saya termasuk aliran ini om.. Temperatur mentok atau 2/3 lebih, tapi blower di level 1 atau 2. Jadi keluar udara dingin tapi angin sepoi2 :D
Klo pas diluaran panas banget, baru deh blower naek ke lv.3-4, atau maxcool sekalian.. Tapi jarang bgt sih.

Alasan yg saya pahami sampai skrg:
-Betul, karena tidak suka angin yg terlalu kencang. Kecuali pas panas bgt, butuh pendinginan segera..
-pengen dingin, tapi ga pengen bising bunyi blower. Klo bunyi kompresor ac masih okelah, agak teredam coz letaknya diruang mesin..
-biar magnetic clutch AC ga keseringan engage-disengage.. Itu cetak-cetek kompresor AC ke mesin ada umurnya jg.

Mungkin ada suhu-suhu per-AC-an disini yg bisa ngasih masukan..

Sory klo OOT..
yang bener idealnya itu memang jangan mentok dingin, diturunin selevel dua level, sisanya mainan blower speed saja.

ini saya tiru dari climate control nissan K13 dulu yang proper climate control karena ada heater juga. jadi kalau saya perhatikan set suhu 24/25C maka kompressor akan mati hidup lama selebihnya blower naik turun, kalau set dibawah itu kompressor seperti ga mati2. nah kalau suhu set 26C kadang2 heater ikutan ON untuk adjust suhu kabin :big_biglaugh: akibat pernah ketemu mobil yg AC beneran Climate Control, mobil sekarang bikin saya sebel banget akibat kaum mendang mending minta AC Digital, akhirnya tampang doang digital tapi ga climate control :big_dunno:

kenalan di bengkel AC juga bilang sama, set AC sampe suhu terendah itu malah ngerusak dan bikin boros, soal magnetic clutch cetak cetek malah umur pendek? lebih murah ganti magnetic clutch daripada ganti kompressor kan, lagian barang zaman now apa si yang awet dibandingkan zaman old :big_biglaugh:
Oke om, thank u infonya.. tar mulai rubah kebiasaan. Ga mentok2 lagi :big_grin:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Should I go with LCGC?

Post by kunaskun »

DOHC wrote: Fri Jul 29, 2022 6:51 batu makam emg agak2 bahlul mbah itu evap nya, dl lipindut kita orang jg sempet ganti evap skali, kl diliat side by side ama denso punya, yg calsonic lipindut punya emg agak2 tipis seh jalur sarang tawon nya.. beda ama evap denso nya si inofa, tebel gede2
tapi tipis2 itu bikin cepet dingin mbah. AC Nissan K13 itu si dashyat dinginnya buat ukuran non daitoyo.
kalau denso asli memang tebel2 mbah, harganya juga 2x :big_biglaugh:
RIZKIGAGA
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Thu May 24, 2018 4:18
Location: Bandung
Daily Vehicle: Honda Jazz 2007 Top Grade

Re: Should I go with LCGC?

Post by RIZKIGAGA »

MSU wrote: Sun Jul 24, 2022 3:10 Tergantung kemampuan ekonomi...kalo penghasilan ga tentu...better jgn ambil cicilan...tar pas nyicil mandek malah ilang duit kan
Kalo saya pilih opsi 1..masalah gengsi tar dulu...yg penting ga punya utang
Pilihnya mesti ati2 jg...budget 60jt ya berarti baiknya harga mobil 50jt plus spare 10jt utk perbaikan
Setuju! Yang penting gak punya utang!

Tapi nih: Biaya perawatan per bulan yang bisa saja setara harga cicilan per bulan. Mungkin bisa lebih bila nafsu tidak tertahankan.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Should I go with LCGC?

Post by daimler »

Antara mbl second dan kredit lcgc, mobil worry seharusnya emg lebih no worry soal slow moving partsnya cukup ganti oli biasa tiap 5rb km/6bln ama oli transmisinya, klo matic tiap 20rb km/2thn trs gelinding. Sodara aye pake lcgc pernah minta anterin ke semarang ,lewat tol 120kpj masih tembus (cuma ya akselerasinya lama menuju situ, dapetnya pas jalanan agak nurun sdikit) ga ada yg protes, cm bunyi angin sama bannya kenceng bgt dan megang stirnya kudu was2 :upss: klo rata2 100kpj masih enak2 aja. Dalkot jg iritnya dapet ga lemot2 amat, AC dingin buat dipakai full 4 org. Yg penting diitung mateng2 dr DPnya, cicilan+bunganya. Setau ogut makin gede DP dan tenornya, bunganya makin kecil begitu sebaliknya. Cm balik lg kemampuan nyicil kita segimana

Klo mobil 2nd kudu spare 10-15jt buat peremejaan tergantung kondisi dan siap2 spare waktu jg buat awal2 serah terima langsung cek2 dan ganti parts2 yg udh kudu diganti ama semua fluida dr oli2, air radiator, minyak power steering minyak rem dll. Cari info bengkel di kota TS yg trusted buat cek kondisi dan ganti itu semua. Itusih dr nubi pros and cons nya :big_peace:
kunaskun wrote: Thu Jul 28, 2022 7:54 -cut-

yang bener idealnya itu memang jangan mentok dingin, diturunin selevel dua level, sisanya mainan blower speed saja.

ini saya tiru dari climate control nissan K13 dulu yang proper climate control karena ada heater juga. jadi kalau saya perhatikan set suhu 24/25C maka kompressor akan mati hidup lama selebihnya blower naik turun, kalau set dibawah itu kompressor seperti ga mati2. nah kalau suhu set 26C kadang2 heater ikutan ON untuk adjust suhu kabin :big_biglaugh: akibat pernah ketemu mobil yg AC beneran Climate Control, mobil sekarang bikin saya sebel banget akibat kaum mendang mending minta AC Digital, akhirnya tampang doang digital tapi ga climate control :big_dunno:

kenalan di bengkel AC juga bilang sama, set AC sampe suhu terendah itu malah ngerusak dan bikin boros, soal magnetic clutch cetak cetek malah umur pendek? lebih murah ganti magnetic clutch daripada ganti kompressor kan, lagian barang zaman now apa si yang awet dibandingkan zaman old :big_biglaugh:
Lagi baca2, nemu pencerahan soal cara pakai AC mobil yg optimal makasih suhu ilmunya :frm_salut: Brarti paling AC di rmh/kantor yg tipe split/stand jg sama ya idealnya di set 24/25 C blowernya aja diatur sesuai keinginan supaya lebih awet, umur kompressornya panjang dan dinginnya pas. Btw pikiran ogut yg sotot di AC pilihan temperatur sampe 18C bahkan ada yg 16C kali apakah di negara subtropis ada yg ga puas dgn dingin 24C pas musim semi/gugur gitu jd pingin lbih maknyeess :big_biglaugh:
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Should I go with LCGC?

Post by daimler »

Nemu akun IG yg jual mobkas harganya cukup reasonable, cek dedysujatmoko. Cuma lokasinya bantul, jogja *bukan promosi
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image