Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by speedfreak »

Hallo.
As subject. Lagi mau minta masukan om² SM semua.
Ada rencana untuk ganti ignis GX AGS dengan mobil lain yang lebih besar (karena anak² sudah mulai tambah gede) dan lebih nyaman tapi konsumsi bensin gak boros² amat untuk dipakai harian ganti² ganjil genap.

Tadinya mau beli mobil baru seperti duo RR yang TSS atau ASA, dan sempat juga testdrive HRV baru dan sudah nimbrung komen di thread tentang HRV SE (harus melarin budget dikit).


Cuma setelah dipikir² lagi dan liat ke situs jual beli mobil online, dengan range budget yang sama (250-300) bisa dapat mid sedan macam camry xv50 / accord cr2 / teana L33 atau mobil lain yang secara kelegaan kabin menang dan kenyamanan berkendara juga unggul dibanding mobil baru. Cuma memang konsumsi bensin hariannya lebih boros dibanding mobil baru di bracket harga yang sama dan ada extra biaya maintenance+pajak (dan ini gak masalah).

Mazda 6 somehow diliat² yang tahun 2015-2018 harganya lebih tinggi dibanding camry accord teana, apalagi yg versi estate nya.

Sudah sempat liat cek unit teana L33 dan si pemilik mobil rumahan dan tempat satunya owner showroom mobkas bilang teana L33 lebih nyaman dan lebih mewah dibanding accord tahun 2015 generasi yg sama. Klo camry atau accord belum sempat cek unit.

Bikin thread ini karena akhir 2021 kemarin sudah sempat beli baru veloz Q TSS, cuma berasanya lebih enak mobil harian yang masih dipakai sampai sekarang (T32) cuma si veloz unggul di fitur2 kekinian aja.

Mercedes / BMW belum masuk pertimbangan dulu karena masih belum rela jadi sahabat bengkel spesialis 2 merk itu di saat weekends :big_peace:

Jadi, should I go with mobil baru duo RR atau HRV, atau ambil mobil second kondisi bagus utk mid sedan camry accord teana atau ada mobil second lain yang direkomendasikan?
Thanks in advance utk masukan²nya
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by doge »

duo rr sm hrv selisihnya jauh deh... bs 100jt

kriteria utama apa nih? nyaman apa hemat ops? klo nyaman ambil mid sedan, klo cari hemat ops ya beli baru (duo rr)

cm klo hrv baru gtw ya bakal irit apa nda... oya indennya hrv nyebelin btw
:ngacir:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by pendoli »

doge wrote: Mon Jul 25, 2022 15:44 duo rr sm hrv selisihnya jauh deh... bs 100jt

kriteria utama apa nih? nyaman apa hemat ops? klo nyaman ambil mid sedan, klo cari hemat ops ya beli baru (duo rr)

cm klo hrv baru gtw ya bakal irit apa nda... oya indennya hrv nyebelin btw
Di thread laen ada yang bilang hrv dah ga inden tu, banyak cancelan soalnya :D

@TS : camry hybrid seken ajaa.. lega prestise hemat dapet wkwkwk
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by quyquy »

Bujet berapaan ya?

Kalo 350jt => Creta trend trs pilih opsi MyOwnCreta tambah panoramic sunroof yg bisa dibuka, paketan kursi pendingin, dan paketan cruise control.

Creta nyaman Om, empuk naekannya dan senyap kabinnya..
Ergonomi jok supirnya enak. Udah test 700an km gak bikin capek di badan. Masih capekan nyetir innova reborn di rute yg sama (di tinjau dari ergonomi jok supir).
blacksaphire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 103
Joined: Fri Jan 11, 2013 3:57

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by blacksaphire »

Klo sekarang punya t32, rasanya gpp ambil l33. Cuman bisa compare l33 ama cr2, lebih nyaman l33 jauh n interior nya saya lebih suka l33. Isunya cvt, tapi udah ada pengalaman dgn t32 kan? Hajar aja. Klo xv50 ga pernah nyoba tau numpang, tapi liat sekilas kok kayak sederhana banget ya mobil ini luar dalem.
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by doge »

pendoli wrote: Mon Jul 25, 2022 21:49
doge wrote: Mon Jul 25, 2022 15:44 duo rr sm hrv selisihnya jauh deh... bs 100jt

kriteria utama apa nih? nyaman apa hemat ops? klo nyaman ambil mid sedan, klo cari hemat ops ya beli baru (duo rr)

cm klo hrv baru gtw ya bakal irit apa nda... oya indennya hrv nyebelin btw
Di thread laen ada yang bilang hrv dah ga inden tu, banyak cancelan soalnya :D

@TS : camry hybrid seken ajaa.. lega prestise hemat dapet wkwkwk
yg rs g sih? klo se ato tipe bawahnya msh inden smua keknya om
:ngacir:
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by speedfreak »

doge wrote: Mon Jul 25, 2022 15:44 duo rr sm hrv selisihnya jauh deh... bs 100jt

kriteria utama apa nih? nyaman apa hemat ops? klo nyaman ambil mid sedan, klo cari hemat ops ya beli baru (duo rr)

cm klo hrv baru gtw ya bakal irit apa nda... oya indennya hrv nyebelin btw
Pricelist rocky ASA 270jt sekian
Pricelist raize TSS two tone 304jt sekian.
Pricelist HRV S 364,9jt. HRV E 384jt.
Selisih nya gak sampai 100jt kalau dari raize. Hrv no discount. Duo RR discount ada tapi ga besar.

Kriteria utama lega dan nyaman. Konsumsi bensin gak masalah asalkan gak sampai terlalu boros juga misalkan 1:5 atau 1:6.

Hrv baru yg non RS konsumsi bensin di mid saat testdrive sekitar 1:10-1:11. Iya indennya lama
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by speedfreak »

pendoli wrote: Mon Jul 25, 2022 21:49
doge wrote: Mon Jul 25, 2022 15:44 duo rr sm hrv selisihnya jauh deh... bs 100jt

kriteria utama apa nih? nyaman apa hemat ops? klo nyaman ambil mid sedan, klo cari hemat ops ya beli baru (duo rr)

cm klo hrv baru gtw ya bakal irit apa nda... oya indennya hrv nyebelin btw
Di thread laen ada yang bilang hrv dah ga inden tu, banyak cancelan soalnya :D

@TS : camry hybrid seken ajaa.. lega prestise hemat dapet wkwkwk
Hrv ga inden itu untung²an kalau ada indent sebelumnya yg cancel atau dana gak ready, tapi kita tetep harus bikin SPK utk masuk antrian dulu. Kecuali utk tipe RS yang di banyak dealer ada banyak unit available.

Camry hybrid ini harus cari yg udah ganti baterai lithiumnya kali ya agar biaya maintenance gak bengkak di kemudian hari.. makasih masukannya
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by speedfreak »

quyquy wrote: Mon Jul 25, 2022 22:46 Bujet berapaan ya?

Kalo 350jt => Creta trend trs pilih opsi MyOwnCreta tambah panoramic sunroof yg bisa dibuka, paketan kursi pendingin, dan paketan cruise control.

Creta nyaman Om, empuk naekannya dan senyap kabinnya..
Ergonomi jok supirnya enak. Udah test 700an km gak bikin capek di badan. Masih capekan nyetir innova reborn di rute yg sama (di tinjau dari ergonomi jok supir).
Bujet 250-300 om. Bisa dimelarin dikit ga sampai 400.
Creta nyaman ya? Nanti coba diliat ke dealer dan coba testdrive.

Cuma jujurly masih trauma dengan merk ini karena dulu orangtua miara hyundai accent / bimantara cakra dari tahun 1996 sampai 2006 itu ampun bolak balik bengkel mlulu ada aja yg harus diganti.

Dan baca di thread santafe itu ada yg bilang beberapa unit creta kejadian evap bocor sampai freon habis padahal usia kendaraan belum satu tahun jadi kaget jg dan masih concern dengan issue reliability ke depan.
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by speedfreak »

blacksaphire wrote: Mon Jul 25, 2022 23:33 Klo sekarang punya t32, rasanya gpp ambil l33. Cuman bisa compare l33 ama cr2, lebih nyaman l33 jauh n interior nya saya lebih suka l33. Isunya cvt, tapi udah ada pengalaman dgn t32 kan? Hajar aja. Klo xv50 ga pernah nyoba tau numpang, tapi liat sekilas kok kayak sederhana banget ya mobil ini luar dalem.
Oh tambah satu lagi ini testimoni yang bilang lebih nyaman l33 dibanding cr2.

Kemarin sempet testdrive l33 punya showroom harganya reasonable tapi pas dicoba jalan : ac gak dingin, racksteer oblak, hydraulic kap mesin udah loyo, dan transmisi cvt udah bergejala gak smooth saat gas diinjak utk akselerasi santai dari kecepatan 30 ke 60.

Odo kayaknya jg udah di"akali" jadi di bawah 100rb km tapi kalo liat dari setir, jok kulit di kursi, penampakan pedal dan bawah setir, dll keliatannya udah mobil capek yg dipakai terus hingga di atas 100rb tapi perawatan seadanya. Jadi saya skip dulu unit yg ini.
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by quyquy »

speedfreak wrote: Mon Jul 25, 2022 23:51
Bujet 250-300 om. Bisa dimelarin dikit ga sampai 400.
Creta nyaman ya? Nanti coba diliat ke dealer dan coba testdrive.

Cuma jujurly masih trauma dengan merk ini karena dulu orangtua miara hyundai accent / bimantara cakra dari tahun 1996 sampai 2006 itu ampun bolak balik bengkel mlulu ada aja yg harus diganti.

Dan baca di thread santafe itu ada yg bilang beberapa unit creta kejadian evap bocor sampai freon habis padahal usia kendaraan belum satu tahun jadi kaget jg dan masih concern dengan issue reliability ke depan.
Sptnya yg QCnya nggak bagus malah yg Prime ya.. Karena seringan yg ngeposting ada problem yg beli Prime..

Bini uda pake Om sejak akhir mei. Kami ambil Trend dng opsi MyOwnCreta dng inden 3 bulan. Sampai detik ini puji syukur belum ada kendala..

Mungkin krn seri custom shg QCnya bagus. Kan nggak mungkin kan ya requestan paket custom kita gak terpasang satu misalnya padahal udah bayar full hehe.. Sehinggga QCnya diperhatiin betul. Tp ya gitu, inden lama 3 bulan..

Kalo nyaman, saya bilang nyaman Om..

Suspensi empuk, kabin senyap, ergonomi jok supir gak bikin capek nyetir.

Untuk mesin tergolong responsif buat ukuran mobil cvt.

Dalam kota bbmnya 1:11
Luar kota full tol kec.jelajah 100 bbmnya 1:20
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1396
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by AbdulHakim »

Menurut pendapat nubi ambil HRV aja om, kalo yg SE overbudget, ambil yg E aja, jangan yg S (karena ga ada blower AC buat row 2).
legroom headroom oke, sudut recline baris 2 nya juga oke.
Fitur EPB + brake hold + LSF itu praktis menambah kenyamanan di kemacetan.
adriangaut
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Sat Feb 04, 2017 1:38
Location: Jakarta - Bandung
Daily Vehicle: 1988 300E MT

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by adriangaut »

Kalau saya sebagai penggemar sedan ya jelas ambil sedan bekas oom

Merk” jepang gitu mah relatif aman, kecuali Nissan dengan CVT laknatnya itu wkwkwkwkwkwkwk

Personally I’ll go with Camry, soalnya paling low tech diantara lainnya, bikin bandel + gampang rawat wkwk
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3411
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by kendibocor »

Kalo om gnt ignis alesannya nyari kenyamanan ma anak2 uda beranjak gede ya mending mid sedan dong.

mazda 6 enak dibawa sendiri, teknologi jg canggih. Relatif ga rewel. Steering rack segala suka rusak tp benerinnya murah cuma 6 jt barangnya, dibanding H tegak yg sampe belasan jt. 2nd row ga senyaman merk lain. Tp namanya sedan tetep aja nyaman

Accord cr2 jg enak dan nyaman, cuma problem di steering rack (ganti kurleb 16jt) sama sensor abs (20an kalo ga salah)

Teana ga ngerti gmn, tp baca2 disini ya harus jeli milihnya yg riwayat gnt oli cvtnya segala jelas.

Paling aman ya pilihan camry, sodara pake 6 thn lebih cuma ganti oli ma isi bensin doang, sisanya maintenance rutin. Ya khas triple ellips lah. Nyaman dapet, cuma ya mobilnya boring aja sih kalo pake kelamaan.

Kalo mau baru pilihannya hrv atau creta pastiin dlu itu 2nd row sempit apa nggak bwat anak2. Kalo sempit ya mending sekalian ke brv atau stargazer yg baru launching. Harga jg masuk ke range budget om kan 250-300jt dibanding ambil hrv atau creta yg lineup tengah2nya uda >350jt. Kalo nyarinya nyaman mending hyundae kali ya.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 267
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by Iriawans »

speedfreak wrote: Mon Jul 25, 2022 23:45
doge wrote: Mon Jul 25, 2022 15:44 duo rr sm hrv selisihnya jauh deh... bs 100jt

kriteria utama apa nih? nyaman apa hemat ops? klo nyaman ambil mid sedan, klo cari hemat ops ya beli baru (duo rr)

cm klo hrv baru gtw ya bakal irit apa nda... oya indennya hrv nyebelin btw
Pricelist rocky ASA 270jt sekian
Pricelist raize TSS two tone 304jt sekian.
Pricelist HRV S 364,9jt. HRV E 384jt.
Selisih nya gak sampai 100jt kalau dari raize. Hrv no discount. Duo RR discount ada tapi ga besar.

Kriteria utama lega dan nyaman. Konsumsi bensin gak masalah asalkan gak sampai terlalu boros juga misalkan 1:5 atau 1:6.

Hrv baru yg non RS konsumsi bensin di mid saat testdrive sekitar 1:10-1:11. Iya indennya lama
mau sharing pengalaman mobil Ktr Camry XV50 2012, sebagai penumpang cukup nyaman, legroom lega semisal jok depan ada yg duduk sekalipun. Soal reliable harusnya iya, krn ini mobil tahun 2012 km udah >120K so far aman2 aja, cuma sempat rembes dikit dan udah direpair. Bicara konsumsi BBM menurut driver rata2 pemakaian dalkot Jkt sekitar 1:6 atau 1:7. Jadi kalo TS ngejar irit, gak akan dapet sih pake midsize sedan :big_peace:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15551
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by ChZ »

new accord atau new camry udah paling bener. cuma kalau accord beberapa unit ada yang kena modul EPS sepertinya.

kalau untuk family apalagi ada anak udah gede sih pake duo RR atau HRV bakal rasa kekecilan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by Pboyz97 »

speedfreak wrote: Mon Jul 25, 2022 15:16 Hallo.
As subject. Lagi mau minta masukan om² SM semua.
Ada rencana untuk ganti ignis GX AGS dengan mobil lain yang lebih besar (karena anak² sudah mulai tambah gede) dan lebih nyaman tapi konsumsi bensin gak boros² amat untuk dipakai harian ganti² ganjil genap.

Tadinya mau beli mobil baru seperti duo RR yang TSS atau ASA, dan sempat juga testdrive HRV baru dan sudah nimbrung komen di thread tentang HRV SE (harus melarin budget dikit).


Cuma setelah dipikir² lagi dan liat ke situs jual beli mobil online, dengan range budget yang sama (250-300) bisa dapat mid sedan macam camry xv50 / accord cr2 / teana L33 atau mobil lain yang secara kelegaan kabin menang dan kenyamanan berkendara juga unggul dibanding mobil baru. Cuma memang konsumsi bensin hariannya lebih boros dibanding mobil baru di bracket harga yang sama dan ada extra biaya maintenance+pajak (dan ini gak masalah).

Mazda 6 somehow diliat² yang tahun 2015-2018 harganya lebih tinggi dibanding camry accord teana, apalagi yg versi estate nya.

Sudah sempat liat cek unit teana L33 dan si pemilik mobil rumahan dan tempat satunya owner showroom mobkas bilang teana L33 lebih nyaman dan lebih mewah dibanding accord tahun 2015 generasi yg sama. Klo camry atau accord belum sempat cek unit.

Bikin thread ini karena akhir 2021 kemarin sudah sempat beli baru veloz Q TSS, cuma berasanya lebih enak mobil harian yang masih dipakai sampai sekarang (T32) cuma si veloz unggul di fitur2 kekinian aja.

Mercedes / BMW belum masuk pertimbangan dulu karena masih belum rela jadi sahabat bengkel spesialis 2 merk itu di saat weekends :big_peace:

Jadi, should I go with mobil baru duo RR atau HRV, atau ambil mobil second kondisi bagus utk mid sedan camry accord teana atau ada mobil second lain yang direkomendasikan?
Thanks in advance utk masukan²nya
kalo saya tergantung kebutuhan. kalo perlu GC tinggi dan worry free, vote HRV. karena bakal upgrade jauh secara akomodasi dari ignis + bakal ugrade juga dari sisi driving feel, tarikan dan handlingnya. yg tipe E saja sudah cukup oke menurut saya. kalo mau sedan seken. saya vote camry. karena paling all rounder. cukup nyaman dan cukup enak disetir walaupun kenyamanannya gak senyaman teana dan driving feelnya dibawah accord + mazda 6, tapi termasuk salah 1 yg durable diantara kandidat sedan yg lain. cuma nyari xv50 yg bagus ya gampang2 susah. karena mobil ini banyak digunakan buat armada PT, rental dan workhorse , jadi rata2 km nya gondrong + hati2 sm odo puteran. jangan lupa bawa inspektor kalo masih awam dan bawa scanner juga kalo mau cek unit dan belinya kalo bisa di perorangan saja
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by Pboyz97 »

speedfreak wrote: Mon Jul 25, 2022 23:57
blacksaphire wrote: Mon Jul 25, 2022 23:33 Klo sekarang punya t32, rasanya gpp ambil l33. Cuman bisa compare l33 ama cr2, lebih nyaman l33 jauh n interior nya saya lebih suka l33. Isunya cvt, tapi udah ada pengalaman dgn t32 kan? Hajar aja. Klo xv50 ga pernah nyoba tau numpang, tapi liat sekilas kok kayak sederhana banget ya mobil ini luar dalem.
Oh tambah satu lagi ini testimoni yang bilang lebih nyaman l33 dibanding cr2.

Kemarin sempet testdrive l33 punya showroom harganya reasonable tapi pas dicoba jalan : ac gak dingin, racksteer oblak, hydraulic kap mesin udah loyo, dan transmisi cvt udah bergejala gak smooth saat gas diinjak utk akselerasi santai dari kecepatan 30 ke 60.

Odo kayaknya jg udah di"akali" jadi di bawah 100rb km tapi kalo liat dari setir, jok kulit di kursi, penampakan pedal dan bawah setir, dll keliatannya udah mobil capek yg dipakai terus hingga di atas 100rb tapi perawatan seadanya. Jadi saya skip dulu unit yg ini.
nyari mobekas mending di perorangan om. kondisi lebih apa adanya menurut saya , kalopun mau nyari di showroom ,bawa inspektor + scanner dan jangan lupa GCU pas test drive. dan sudah keputusan om sudah tepat buat gak beli unit yg ini karena banyak PR nya menurut saya. kalo odometer mah udh rahasia umum om, l33 juga ada yg dipake jadi mobil operasional PT, jadi yg odonya gondrong juga lumayan. kondisi setir, jok kulitnya sm pedalnya kaya gmn kalo boleh tau? apakah setirnya udh ngelupas alias grepes semua? pedalnya udh aus dan habis? atau bawah joknya udh kempot + kulitnya udh ngelupas. kalo itu benar, sepertinya saya berani bilang km mobil itu sudah diatas 150rb. karena kondisi tersebut sangat mirip dengan cx5 2013 saya dulu yg saya jual di tahun 2019 di odo 152 rb km . sm kalo masalah odo. di unit yg om liat? apakah ada buku servis, buku manual, atau minimal gantungan oli? kalau item yg saya sebutkan tidak ada, besar kemungkinan benar yg om bilang kalo odonya sudah diputar

karena mobil yg umurnya sudah diatas 4 tahun dan odo dibawah 100rb harusnya setir masih bagus, pedal masih bagus dan blm habis + joknya jg masih bagus kulitnya, blm ngelupas apalagi kempot dibagian drivernya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by speedfreak »

quyquy wrote: Tue Jul 26, 2022 0:09
Sptnya yg QCnya nggak bagus malah yg Prime ya.. Karena seringan yg ngeposting ada problem yg beli Prime..

Bini uda pake Om sejak akhir mei. Kami ambil Trend dng opsi MyOwnCreta dng inden 3 bulan. Sampai detik ini puji syukur belum ada kendala..

Mungkin krn seri custom shg QCnya bagus. Kan nggak mungkin kan ya requestan paket custom kita gak terpasang satu misalnya padahal udah bayar full hehe.. Sehinggga QCnya diperhatiin betul. Tp ya gitu, inden lama 3 bulan..

Kalo nyaman, saya bilang nyaman Om..

Suspensi empuk, kabin senyap, ergonomi jok supir gak bikin capek nyetir.

Untuk mesin tergolong responsif buat ukuran mobil cvt.

Dalam kota bbmnya 1:11
Luar kota full tol kec.jelajah 100 bbmnya 1:20
iya om quyquy nanti coba kami lihat dulu Creta atau stargazer nya, terakhir liat creta hanya di GIIAS tahun lalu tesduduk doang di ruang pameran dan gak sempet testdrive. makasih utk masukannya..
AbdulHakim wrote: Tue Jul 26, 2022 0:19 Menurut pendapat nubi ambil HRV aja om, kalo yg SE overbudget, ambil yg E aja, jangan yg S (karena ga ada blower AC buat row 2).
legroom headroom oke, sudut recline baris 2 nya juga oke.
Fitur EPB + brake hold + LSF itu praktis menambah kenyamanan di kemacetan.
ok ditampung dulu om AbdulHakim, iya setelah kemarin liat foto unit HRV tipe S yg masih agak kosong ya itu sih kekurangannya yg paling berasa adalah tidak ada blower AC row 2 nya, kalo gak ada paddleshift masih tolerable. kalau kami jadi ambil HRV sepertinya akan ambil yg HRV tipe E atau SE, sambil santai nunggu ada diskon dulu kali.
kalau ngejar honda sensing aja BRV baru sekarang yg baca2 di sosmed discountnya tembus 40jt itu menggiurkan, sayang belum EPB+brakehold ya.
adriangaut wrote: Tue Jul 26, 2022 2:14 Kalau saya sebagai penggemar sedan ya jelas ambil sedan bekas oom

Merk” jepang gitu mah relatif aman, kecuali Nissan dengan CVT laknatnya itu wkwkwkwkwkwkwk

Personally I’ll go with Camry, soalnya paling low tech diantara lainnya, bikin bandel + gampang rawat wkwk
iya makasih masukannya om adriangaut, Camry +1
low tech tapi justru paling tahanbanting khas toyota ya. habis nonton channel youtube US orang roadtrip ke alaska pake mitsu EVO + subaru STI baru jalan 2,5 jam trus harus balik lagi karena o-ring seal oli apanya gitu bocor, trus mereka ngomong "harusnya roadtrip jauh gini kita pake camry aja ya jangan pake evo+sti modifan begini :mky_01: "
kendibocor wrote: Tue Jul 26, 2022 2:41 Kalo om gnt ignis alesannya nyari kenyamanan ma anak2 uda beranjak gede ya mending mid sedan dong.

mazda 6 enak dibawa sendiri, teknologi jg canggih. Relatif ga rewel. Steering rack segala suka rusak tp benerinnya murah cuma 6 jt barangnya, dibanding H tegak yg sampe belasan jt. 2nd row ga senyaman merk lain. Tp namanya sedan tetep aja nyaman

Accord cr2 jg enak dan nyaman, cuma problem di steering rack (ganti kurleb 16jt) sama sensor abs (20an kalo ga salah)

Teana ga ngerti gmn, tp baca2 disini ya harus jeli milihnya yg riwayat gnt oli cvtnya segala jelas.

Paling aman ya pilihan camry, sodara pake 6 thn lebih cuma ganti oli ma isi bensin doang, sisanya maintenance rutin. Ya khas triple ellips lah. Nyaman dapet, cuma ya mobilnya boring aja sih kalo pake kelamaan.

Kalo mau baru pilihannya hrv atau creta pastiin dlu itu 2nd row sempit apa nggak bwat anak2. Kalo sempit ya mending sekalian ke brv atau stargazer yg baru launching. Harga jg masuk ke range budget om kan 250-300jt dibanding ambil hrv atau creta yg lineup tengah2nya uda >350jt. Kalo nyarinya nyaman mending hyundae kali ya.
iya pengennya mid sedan karena lebih lega dan nyaman.
mazda 6 noted, nanti coba kami liat2 harga pasaran dan coba cek unit kalo ada yg cocok.
accord CR2 lumayan mahal jg ya harga steering rack dan sensor ABS nya. pengalaman rekondisi steering rack dan kaki2 honda mobilio 2014 gak sampai belasan jt.
Iriawans wrote: Tue Jul 26, 2022 3:35

mau sharing pengalaman mobil Ktr Camry XV50 2012, sebagai penumpang cukup nyaman, legroom lega semisal jok depan ada yg duduk sekalipun. Soal reliable harusnya iya, krn ini mobil tahun 2012 km udah >120K so far aman2 aja, cuma sempat rembes dikit dan udah direpair. Bicara konsumsi BBM menurut driver rata2 pemakaian dalkot Jkt sekitar 1:6 atau 1:7. Jadi kalo TS ngejar irit, gak akan dapet sih pake midsize sedan :big_peace:
makasih sharingnya om iriawans, wah konsumsi bbm dalkot nya beda tipis sama innova 2.0G MT thn 2005 yang dulu sempat kami pelihara trus dijual di akhir 2021. kirain camry masih lebih irit. emang saya dah pernah ngomong ke keluarga pengen ganti ke camry tapi nanti nunggu dapat mobil dinas dari kantor ajah, cuma selama ini pindah kerja beberapa kali kantornya udah gak provide mobdin lagi dan diswitch ke uang transport bulanan.

ChZ wrote: Tue Jul 26, 2022 3:45 new accord atau new camry udah paling bener. cuma kalau accord beberapa unit ada yang kena modul EPS sepertinya.

kalau untuk family apalagi ada anak udah gede sih pake duo RR atau HRV bakal rasa kekecilan.
siap makasih masukannya om Chz, iya duo RR dan HRV menurut saya jg kekecilan kalau rencana dipakai utk lets say 5 tahun ke depan.
Pboyz97 wrote: Tue Jul 26, 2022 3:52
kalo saya tergantung kebutuhan. kalo perlu GC tinggi dan worry free, vote HRV. karena bakal upgrade jauh secara akomodasi dari ignis + bakal ugrade juga dari sisi driving feel, tarikan dan handlingnya. yg tipe E saja sudah cukup oke menurut saya. kalo mau sedan seken. saya vote camry. karena paling all rounder. cukup nyaman dan cukup enak disetir walaupun kenyamanannya gak senyaman teana dan driving feelnya dibawah accord + mazda 6, tapi termasuk salah 1 yg durable diantara kandidat sedan yg lain. cuma nyari xv50 yg bagus ya gampang2 susah. karena mobil ini banyak digunakan buat armada PT, rental dan workhorse , jadi rata2 km nya gondrong + hati2 sm odo puteran. jangan lupa bawa inspektor kalo masih awam dan bawa scanner juga kalo mau cek unit dan belinya kalo bisa di perorangan saja
makasih masukannya om Pboyz97. camry all rounder dan paling robust memang ya tapi sederhana. dulu di tahun 2014 di thread Nissan Teana L33 nya om Chz atau om haristk7 ya itu om walid004 pernah posting komparasi camry xv50 dan teana L33 yg beliau beli hampir barengan, dan saat itu aja beliau bilang yg camry udah kalah di sisi desain dan kelengkapan fitur, cuma utk reliability dan ketahanan jangka panjang akhirnya gimana gatau tuh masih dipakai apa enggak oleh beliau sekarang2 ini.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2580
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by farizfsa »

sekali2 pake sedan gpp lah, buat senengin diri sendiri
kalo saya mungkin liatnya teana l33, cari yang dalam nya beige
mobil enak, dapet sunroof buat kampanye
beda di jalan, body ga kotak2 pejabat
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by speedfreak »

farizfsa wrote: Tue Jul 26, 2022 7:15 sekali2 pake sedan gpp lah, buat senengin diri sendiri
kalo saya mungkin liatnya teana l33, cari yang dalam nya beige
mobil enak, dapet sunroof buat kampanye
beda di jalan, body ga kotak2 pejabat
patokan harga wajar buat teana l33 berapa ya om kira2?
kemarin liat yg harga buka 230an dan harga 300an itu kualitas barang nya beda langit dan bumi, keduanya sama2 interior warna beige hanya beda tahun saja.
mau nawar yang harga 300 ke angka 250an gak tega nawarnya. hehehe.
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by bimzbim »

Saya ada pengalaman pribadi, tahun lalu nyari mobil untuk istri karena ganjil genap.
Waktu itu pilihan nya mobil baru atau mobkas, dengan budget maks di 400 jt.
Akhirnya pilihan jatuh ke accord CR2 2017. Dan kita termasuk hoki ya, karena dapet mobil dalam kondisi seger. Mobil tangan pertama dan selalu service di beres. Mobil udah jalan satu tahun, dan ga ada keluhan sama sekali. Hanya ada satu di getaran saat transmisi masuk ke D atau R. Tapi wajar sih, karena engine mounting emang belum diganti. Setelah diganti semua, getaran hilang.

Kesan pertama mobil ini manuvernya enak banget. Moncong mobil nurut banget ama setir. Walaupun ukurannya lebar dan panjang, tapi beneran lincah dan nempel di jalan.

Kesan kedua suspensi nya ga bisa dibilang empuk, tapi juga jauh dari keras. Kalo saya bilang "refine". Rasa suspensi nya bener bener sensitif ama tekanan ban, selisih 1 psi aja langsung terasa. Dengan ban Michellin PS3 agak susah nyari setting yg sesuai. Tampilan ban sebenernya paling pas kalo dikasi tekanan 35 psi. Tapi rasa suspensi jadi keras, kalo ngadepin tonjolan tonjolan dijalan. Paling nyaman di tekanan 33 psi (sesuai rekomendasi), tapi fisik ban terlihat kayak kurang angin. Akhirnya stick di 33 karena istri lebih milih nyaman.

Kesan ketiga, nih mobil bisa dibilang boros kalo dijalanan macet. Tapi wajar karena 2400 cc. Konsumsi bbm kalo macet bisa di 7-8 km per liter. Tapi kalo crusing santay jalanan lancar, bisa di 17-18 km/liter (pertamax turbo - fastron gold).

Kesan keempat, nih mobil naturenya sebenernya mobil buat dibawa kalem dan santay. Tapi pernah sekali ane pinjem dari istri, ane test top speed nya bisa mencapai 210 km/jam. O iya, speedometer di accord bisa dibilang cukup akurat, cuma selisih 4 km/jam dibandingkan GPS. Tenaga mobil ini bisa dibilang rata ya. Akselerasi dari 0-100 ga istimewa. Tapi akselerasi dari kecepatan 60 km/jam nya bisa dibilang lumayan yah. Buat naik kecepatan s/d 180 bisa dibilang effortless. Terasa butuh sedikit effort saat naik dari 180 ke 210 km/jam. Raungan mesin nya sangat merdu ya, meskipun bukan tandingan V6 atau V8, tapi jujur aja suaranya enak banget waktu gas kita bejek. Mobil yang enak banget buat crusing, tapi juga bisa memuaskan gejolak jiwa sesekali.

Kesan kelima, kabin accord ini lega, nyaman dan kedap. Noise terutama noise dari sektor ban terendam dengan sangat baik (kemungkinan konstribusi dari jenis ban juga sangat besar). Rattle ga ada. Hanya ada satu yang ganjel, disektor cup holder disisi panel pintu. Entah kenapa, botol minuman pasti selalu beradu dengan panel door trim, menimbulkan efek suara tak tak. Karena kabin yg senyap, bunyinya jadi menggangu sekali. Kesan premium terlihat dari material dan design kabinnya, tapi jauh dari kesan luxury. Karena ini emang bukan mobil luxury sih ya.

Kesan berikutnya, nih mobil minim fitur dan teknologi. Ga ada rem elektrik (autohold dan parking brake). Ga ada adaptive cruise control. Sistem keamanan aktifnya ga ada karena emang ga ada radarnya. Entertainment sistemnya lumayan terbantu karena bisa android auto. Speaker dimobil ini biasa banget, nothing spesial. Aktif noise controlnya menurut ane sederhana, tapi sangat membantu. Sistemnya sederhana, suara speaker akan mengeras secara otomatis mengikuti speed kendaraan. Noise direduksi oleh suara speaker rupanya hehehehe.

Kesan terakhir, ini yang bikin istri ga bisa beralih ke pilihan lain. Design eksterior nih mobil emang cakep sih. Campuran dari elegan dan sporty. Tampilannya bener bener eye catching, dan timeless sih. Event dengan accord cm2, CR2 facelift ga keliatan tua.

Overall, nih mobil bisa dibilang kombinasi yang pas untuk yg ingin tampilan kendaraan yang kece dan timeless tapi memberi kenyamanan buat mereka yang sudah berkeluarga, tapi masih punya sedikit sisa sisa jiwa muda buat ngerasain sensasi kecepatan dan manuver tinggi.
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3411
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by kendibocor »

bimzbim wrote: Tue Jul 26, 2022 7:52 Saya ada pengalaman pribadi, tahun lalu nyari mobil untuk istri karena ganjil genap.
Waktu itu pilihan nya mobil baru atau mobkas, dengan budget maks di 400 jt.
Akhirnya pilihan jatuh ke accord CR2 2017. Dan kita termasuk hoki ya, karena dapet mobil dalam kondisi seger. Mobil tangan pertama dan selalu service di beres. Mobil udah jalan satu tahun, dan ga ada keluhan sama sekali. Hanya ada satu di getaran saat transmisi masuk ke D atau R. Tapi wajar sih, karena engine mounting emang belum diganti. Setelah diganti semua, getaran hilang.

Kesan pertama mobil ini manuvernya enak banget. Moncong mobil nurut banget ama setir. Walaupun ukurannya lebar dan panjang, tapi beneran lincah dan nempel di jalan.

Kesan kedua suspensi nya ga bisa dibilang empuk, tapi juga jauh dari keras. Kalo saya bilang "refine". Rasa suspensi nya bener bener sensitif ama tekanan ban, selisih 1 psi aja langsung terasa. Dengan ban Michellin PS3 agak susah nyari setting yg sesuai. Tampilan ban sebenernya paling pas kalo dikasi tekanan 35 psi. Tapi rasa suspensi jadi keras, kalo ngadepin tonjolan tonjolan dijalan. Paling nyaman di tekanan 33 psi (sesuai rekomendasi), tapi fisik ban terlihat kayak kurang angin. Akhirnya stick di 33 karena istri lebih milih nyaman.

Kesan ketiga, nih mobil bisa dibilang boros kalo dijalanan macet. Tapi wajar karena 2400 cc. Konsumsi bbm kalo macet bisa di 7-8 km per liter. Tapi kalo crusing santay jalanan lancar, bisa di 17-18 km/liter (pertamax turbo - fastron gold).

Kesan keempat, nih mobil naturenya sebenernya mobil buat dibawa kalem dan santay. Tapi pernah sekali ane pinjem dari istri, ane test top speed nya bisa mencapai 210 km/jam. O iya, speedometer di accord bisa dibilang cukup akurat, cuma selisih 4 km/jam dibandingkan GPS. Tenaga mobil ini bisa dibilang rata ya. Akselerasi dari 0-100 ga istimewa. Tapi akselerasi dari kecepatan 60 km/jam nya bisa dibilang lumayan yah. Buat naik kecepatan s/d 180 bisa dibilang effortless. Terasa butuh sedikit effort saat naik dari 180 ke 210 km/jam. Raungan mesin nya sangat merdu ya, meskipun bukan tandingan V6 atau V8, tapi jujur aja suaranya enak banget waktu gas kita bejek. Mobil yang enak banget buat crusing, tapi juga bisa memuaskan gejolak jiwa sesekali.

Kesan kelima, kabin accord ini lega, nyaman dan kedap. Noise terutama noise dari sektor ban terendam dengan sangat baik (kemungkinan konstribusi dari jenis ban juga sangat besar). Rattle ga ada. Hanya ada satu yang ganjel, disektor cup holder disisi panel pintu. Entah kenapa, botol minuman pasti selalu beradu dengan panel door trim, menimbulkan efek suara tak tak. Karena kabin yg senyap, bunyinya jadi menggangu sekali. Kesan premium terlihat dari material dan design kabinnya, tapi jauh dari kesan luxury. Karena ini emang bukan mobil luxury sih ya.

Kesan berikutnya, nih mobil minim fitur dan teknologi. Ga ada rem elektrik (autohold dan parking brake). Ga ada adaptive cruise control. Sistem keamanan aktifnya ga ada karena emang ga ada radarnya. Entertainment sistemnya lumayan terbantu karena bisa android auto. Speaker dimobil ini biasa banget, nothing spesial. Aktif noise controlnya menurut ane sederhana, tapi sangat membantu. Sistemnya sederhana, suara speaker akan mengeras secara otomatis mengikuti speed kendaraan. Noise direduksi oleh suara speaker rupanya hehehehe.

Kesan terakhir, ini yang bikin istri ga bisa beralih ke pilihan lain. Design eksterior nih mobil emang cakep sih. Campuran dari elegan dan sporty. Tampilannya bener bener eye catching, dan timeless sih. Event dengan accord cm2, CR2 facelift ga keliatan tua.

Overall, nih mobil bisa dibilang kombinasi yang pas untuk yg ingin tampilan kendaraan yang kece dan timeless tapi memberi kenyamanan buat mereka yang sudah berkeluarga, tapi masih punya sedikit sisa sisa jiwa muda buat ngerasain sensasi kecepatan dan manuver tinggi.
2017 uda FL ya om? Itu gps masih suka ngaco ga kaya model PFL? :big_biglaugh: model FL cantik sih ga kelihatan kuno biarpun uda keluar penerusnya.

Ni mobil dlu saya sempet pake brp bln kesannya mirip kayak yg om blg sih. Kalo boleh dibilang ni mobil adalah mbl ternyaman yg pernah jd mobil pribadi saya karena saya kebanyakan pake mbl yg suspensinya cenderung keras dan dibawanya enak. Tp abis brp bulan ya bosennya keluar saking santainya ni mobil. Kalo mo ngincer ni mbl ya emang harus yg buat cari kenyamanan, entah kenapa kalo buat spirited driver yg suka mendemin pedal gas menurut saya malah ga cocok walaupun mesinnya cukup mumpuni bwat diajak lari2, emang kodratnya sedan jepang midsize gini ya bukan buat ugal2an (kecuali mazda 6 kayaknya)

Kalo bwat bawa keluarga long cruise misalkan di transjawabahn cocok banget sih ni mobil.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by bimzbim »

[/quote]

2017 uda FL ya om? Itu gps masih suka ngaco ga kaya model PFL? :big_biglaugh: model FL cantik sih ga kelihatan kuno biarpun uda keluar penerusnya.

Ni mobil dlu saya sempet pake brp bln kesannya mirip kayak yg om blg sih. Kalo boleh dibilang ni mobil adalah mbl ternyaman yg pernah jd mobil pribadi saya karena saya kebanyakan pake mbl yg suspensinya cenderung keras dan dibawanya enak. Tp abis brp bulan ya bosennya keluar saking santainya ni mobil. Kalo mo ngincer ni mbl ya emang harus yg buat cari kenyamanan, entah kenapa kalo buat spirited driver yg suka mendemin pedal gas menurut saya malah ga cocok walaupun mesinnya cukup mumpuni bwat diajak lari2, emang kodratnya sedan jepang midsize gini ya bukan buat ugal2an (kecuali mazda 6 kayaknya)

Kalo bwat bawa keluarga long cruise misalkan di transjawabahn cocok banget sih ni mobil.
[/quote]

2017 udah FL, dari 2016 mulai FL nya. Kalo GPS nya ga pernah dipake, istri saya selalu pake google maps.
Ini mobil kayaknya bakalan mengabdi lama, sekarang malah jadi favorit nya istri, kebetulan istri emang demen bawa mobil sendiri. Tapi yg jadi masalah bini suka banget liat ni mobil kinclong, padahal catnya super soft, mudah bener gores. Ga tau deh kayaknya bakalan dipasangin PPF.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4580
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Mid sedan 2015-2018 atau new LSUV

Post by Pboyz97 »

speedfreak wrote: Tue Jul 26, 2022 7:20
farizfsa wrote: Tue Jul 26, 2022 7:15 sekali2 pake sedan gpp lah, buat senengin diri sendiri
kalo saya mungkin liatnya teana l33, cari yang dalam nya beige
mobil enak, dapet sunroof buat kampanye
beda di jalan, body ga kotak2 pejabat
patokan harga wajar buat teana l33 berapa ya om kira2?
kemarin liat yg harga buka 230an dan harga 300an itu kualitas barang nya beda langit dan bumi, keduanya sama2 interior warna beige hanya beda tahun saja.
mau nawar yang harga 300 ke angka 250an gak tega nawarnya. hehehe.
saya coba bantu jawab ya. l33 ya 250-300an kecil, tergantung kondisi. terus yg buka harga 300an itu gmn kondisinya? apakah om udh sreg? kalo om udh sreg, coba tawar ke 280-290 aja. lebih mahal dikit gapapa om asal om nya cocok dan mobilnya minim PR, daripada asal murah tapi banyak jajan sana sini
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV