bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by zonepublic »

Iseng2 kepikiran aja apakah benar semua part engine part L15 engine honda bisa saling subtitusi karena kode depannya sama
Bisakah part city hatchback dipasang di Jazz GD3/GE8/GK5/freed
Bisakah part honda mobilio/brv/hrv dipasang di honda freed
Apakah plug and play?
Karena kode enginenya meskipun sama2 L15 tapi ada L15A,L15Z,L15ZF
Terus kenapa bisa tenaga dan torsi L15 hrv dan jazz terletak di beda rpm?
Trus klo mesin L15 sohc teknologi lama seperti L15A,L15Z jumlah katupnya 16,apakah di mesin L15ZF punya city hatchback yang katanya DOHC katupnya jadi 32?
Ada yang sudah pernah bedah dan bandingkan jeroan L15 sohc dan L15 DOHC?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

Sbenernya enjin H tegak salam satu enjin itu ud dari lama banget. As old as time. B series pun sampe kita berbusa busa jg ga kelar sebutinnya.

Tp sederhananya gini

Lseries SOHC hampir semua interchangeable. L12 /L13 brio head bs tukeran ama L15A7/Z1

A1 A7 dan Z1 more or less sama hanya improvement design. Dari GD GE GK. GD masi pake exhaust header terpisah, GE udah casted + ada torque boost resonator. GK intake runnernya uda full plastik. Ada bbrp minor design change lain tp ga kelar2 kl dirinci satu persatu.

Tp yang DOHC base agak ribet buat interchangeable dgn yang SOHC. Agak kurang tepat dibilang same engine krn design udah beda total (kecuali msh pake same block).

Headnya pasti beda. Valve tetep 16 tp dulu in dan ex dikontrol 1 cam skrg dikontrol 2 cam berbeda. Intake design juga beda ada nongol 1 runner di tengah jadi seperti 5 silinder yang ini jg ada di L15B1 jdm fit/vezel. Liat design kayaknya buat improve karakteristik torsinya.

Kalau engine characteristic, biasa different exhaust length bisa beda. Tp kalau nurut saya lbh ke engine mapping aja. Misal Freed dan GE itu setau saya beda engine mapping krn beda bobot.

Nah kl sama yang turbo beda mahluk lagi... Krn platform engine nya jadi semakin modular.

L series ini uniknya udah disiapin Honda sebagai platform yang robust. Inget temen saya build GE8 AT boost 0.8bar ganti stangnya aja, skrg stock boost itu di civic. Artinya stock blocknya sebenarnya emang kuat

L engine skrg bukan cuma mencakup eco engine aja, tp juga spiritual suksesor buat K series eco di Civic non type-R (Si juga pake), CRV dan Accord. Fiturnya banyak banget dari exhaust cooling (yang bikin kasus oil dilution di northern continent krn terlalu dingin), direct injection, piston coating jg khusus, dan VTEC di exhaust cam (Accord CV/civic FE/HRV RS). Dan fun fact, K20C1 juga punya head design yang identical dengan L15B turbo.

Menariknya, sepertinya ini pendekatan yang pragmatis untuk ngurangin ongkos produksi (well Honda jg bkn perush segede toyota sih, sama Hyundai aja kalah), tp saking luasnya jenis mesin dalam 1 platform, hampir semua engine builder mengakui paling mudah, murah, enak itu bikin Honda krn parts nya swappable antar tipe. Sampe touring car itu skrg hampir kayak one make race krn pada pake jazz GK saking accessiblenya sumber daya untuk tune itu mobil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

ChZ wrote: Sat Aug 06, 2022 16:18 Sbenernya enjin H tegak salam satu enjin itu ud dari lama banget. As old as time. B series pun sampe kita berbusa busa jg ga kelar sebutinnya.

Tp sederhananya gini

Lseries SOHC hampir semua interchangeable. L12 /L13 brio head bs tukeran ama L15A7/Z1

A1 A7 dan Z1 more or less sama hanya improvement design. Dari GD GE GK. GD masi pake exhaust header terpisah, GE udah casted + ada torque boost resonator. GK intake runnernya uda full plastik. Ada bbrp minor design change lain tp ga kelar2 kl dirinci satu persatu.

Tp yang DOHC base agak ribet buat interchangeable dgn yang SOHC. Agak kurang tepat dibilang same engine krn design udah beda total (kecuali msh pake same block).

Headnya pasti beda. Valve tetep 16 tp dulu in dan ex dikontrol 1 cam skrg dikontrol 2 cam berbeda. Intake design juga beda ada nongol 1 runner di tengah jadi seperti 5 silinder yang ini jg ada di L15B1 jdm fit/vezel. Liat design kayaknya buat improve karakteristik torsinya.

Kalau engine characteristic, biasa different exhaust length bisa beda. Tp kalau nurut saya lbh ke engine mapping aja. Misal Freed dan GE itu setau saya beda engine mapping krn beda bobot.

Nah kl sama yang turbo beda mahluk lagi... Krn platform engine nya jadi semakin modular.

L series ini uniknya udah disiapin Honda sebagai platform yang robust. Inget temen saya build GE8 AT boost 0.8bar ganti stangnya aja, skrg stock boost itu di civic. Artinya stock blocknya sebenarnya emang kuat

L engine skrg bukan cuma mencakup eco engine aja, tp juga spiritual suksesor buat K series eco di Civic non type-R (Si juga pake), CRV dan Accord. Fiturnya banyak banget dari exhaust cooling (yang bikin kasus oil dilution di northern continent krn terlalu dingin), direct injection, piston coating jg khusus, dan VTEC di exhaust cam (Accord CV/civic FE/HRV RS). Dan fun fact, K20C1 juga punya head design yang identical dengan L15B turbo.

Menariknya, sepertinya ini pendekatan yang pragmatis untuk ngurangin ongkos produksi (well Honda jg bkn perush segede toyota sih, sama Hyundai aja kalah), tp saking luasnya jenis mesin dalam 1 platform, hampir semua engine builder mengakui paling mudah, murah, enak itu bikin Honda krn parts nya swappable antar tipe. Sampe touring car itu skrg hampir kayak one make race krn pada pake jazz GK saking accessiblenya sumber daya untuk tune itu mobil.
sekarang banyak om partsnya MRX masuk kesini lengkap tuh jeroan L15 , piston, setang piston, valve, per klep, malahan mungkin bisa pesen crankshaftnya :big_biglaugh:

emang pinter honda bikin mobil dia usahain common partsnya banyak jd banyak yang berani bikin aftermarketnya :big_biglaugh:
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

zonepublic wrote: Sat Aug 06, 2022 14:41 Iseng2 kepikiran aja apakah benar semua part engine part L15 engine honda bisa saling subtitusi karena kode depannya sama
Bisakah part city hatchback dipasang di Jazz GD3/GE8/GK5/freed
Bisakah part honda mobilio/brv/hrv dipasang di honda freed
Apakah plug and play?
Karena kode enginenya meskipun sama2 L15 tapi ada L15A,L15Z,L15ZF
Terus kenapa bisa tenaga dan torsi L15 hrv dan jazz terletak di beda rpm?
Trus klo mesin L15 sohc teknologi lama seperti L15A,L15Z jumlah katupnya 16,apakah di mesin L15ZF punya city hatchback yang katanya DOHC katupnya jadi 32?
Ada yang sudah pernah bedah dan bandingkan jeroan L15 sohc dan L15 DOHC?
Engine L15A ada 2 jenis : i-DSI dengan 2 valve / cylinder (1valve@intake + 1valve@exhaust), total 8 valve, SOHC) & VTEC dgn 4 valve / cylinder (2 valve@intake + 2 valve@exhaust, total 16 valve, SOHC)

Untuk engine L15ZF itu jumlah valve tetap 16 valve (2 valve@intake + 2 valve@exhaust), bedanya camshaft / noken as ada 2 (DOHC). Tidak ada engine mobil Honda dgn 32 valve, kecuali di engine motor Honda NR (V4 engine, oval piston, 8 valve / cylinder, total 32 valve, 2 conn. rods/piston, total 8 conn. rods)
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by michaelgiri93 »

Or4cle wrote: Sun Aug 07, 2022 4:49 Engine L15A ada 2 jenis : i-DSI dengan 2 valve / cylinder (1valve@intake + 1valve@exhaust), total 8 valve, SOHC) & VTEC dgn 4 valve / cylinder (2 valve@intake + 2 valve@exhaust, total 16 valve, SOHC)

Untuk engine L15ZF itu jumlah valve tetap 16 valve (2 valve@intake + 2 valve@exhaust), bedanya camshaft / noken as ada 2 (DOHC). Tidak ada engine mobil Honda dgn 32 valve, kecuali di engine motor Honda NR (V4 engine, oval piston, 8 valve / cylinder, total 32 valve, 2 conn. rods/piston, total 8 conn. rods)
images (4).jpeg
Yg kaya gitu ya?
Dulu samar² inget pernah lihat gambarnya
Keren sih mesin v4 dengan desain piston kaya gitu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by zonepublic »

Or4cle wrote: Sun Aug 07, 2022 4:49
zonepublic wrote: Sat Aug 06, 2022 14:41 Iseng2 kepikiran aja apakah benar semua part engine part L15 engine honda bisa saling subtitusi karena kode depannya sama
Bisakah part city hatchback dipasang di Jazz GD3/GE8/GK5/freed
Bisakah part honda mobilio/brv/hrv dipasang di honda freed
Apakah plug and play?
Karena kode enginenya meskipun sama2 L15 tapi ada L15A,L15Z,L15ZF
Terus kenapa bisa tenaga dan torsi L15 hrv dan jazz terletak di beda rpm?
Trus klo mesin L15 sohc teknologi lama seperti L15A,L15Z jumlah katupnya 16,apakah di mesin L15ZF punya city hatchback yang katanya DOHC katupnya jadi 32?
Ada yang sudah pernah bedah dan bandingkan jeroan L15 sohc dan L15 DOHC?
Engine L15A ada 2 jenis : i-DSI dengan 2 valve / cylinder (1valve@intake + 1valve@exhaust), total 8 valve, SOHC) & VTEC dgn 4 valve / cylinder (2 valve@intake + 2 valve@exhaust, total 16 valve, SOHC)

Untuk engine L15ZF itu jumlah valve tetap 16 valve (2 valve@intake + 2 valve@exhaust), bedanya camshaft / noken as ada 2 (DOHC). Tidak ada engine mobil Honda dgn 32 valve, kecuali di engine motor Honda NR (V4 engine, oval piston, 8 valve / cylinder, total 32 valve, 2 conn. rods/piston, total 8 conn. rods)
Pantes L15ZF power&torsinya ga beda signifikan ya,krn cm beda noken aja tp bingung L15A jazz GD3 vtec&GE8 kok rasanya beda ya tenaga&torsinya kons bbm borosnya juga beda apakah torque boost resonator dan penggantian header ke downpipe frontpipe nambah signifikan.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sun Aug 07, 2022 8:09
Or4cle wrote: Sun Aug 07, 2022 4:49
zonepublic wrote: Sat Aug 06, 2022 14:41 Iseng2 kepikiran aja apakah benar semua part engine part L15 engine honda bisa saling subtitusi karena kode depannya sama
Bisakah part city hatchback dipasang di Jazz GD3/GE8/GK5/freed
Bisakah part honda mobilio/brv/hrv dipasang di honda freed
Apakah plug and play?
Karena kode enginenya meskipun sama2 L15 tapi ada L15A,L15Z,L15ZF
Terus kenapa bisa tenaga dan torsi L15 hrv dan jazz terletak di beda rpm?
Trus klo mesin L15 sohc teknologi lama seperti L15A,L15Z jumlah katupnya 16,apakah di mesin L15ZF punya city hatchback yang katanya DOHC katupnya jadi 32?
Ada yang sudah pernah bedah dan bandingkan jeroan L15 sohc dan L15 DOHC?
Engine L15A ada 2 jenis : i-DSI dengan 2 valve / cylinder (1valve@intake + 1valve@exhaust), total 8 valve, SOHC) & VTEC dgn 4 valve / cylinder (2 valve@intake + 2 valve@exhaust, total 16 valve, SOHC)

Untuk engine L15ZF itu jumlah valve tetap 16 valve (2 valve@intake + 2 valve@exhaust), bedanya camshaft / noken as ada 2 (DOHC). Tidak ada engine mobil Honda dgn 32 valve, kecuali di engine motor Honda NR (V4 engine, oval piston, 8 valve / cylinder, total 32 valve, 2 conn. rods/piston, total 8 conn. rods)
Pantes L15ZF power&torsinya ga beda signifikan ya,krn cm beda noken aja tp bingung L15A jazz GD3 vtec&GE8 kok rasanya beda ya tenaga&torsinya kons bbm borosnya juga beda apakah torque boost resonator dan penggantian header ke downpipe frontpipe nambah signifikan.
tapi ge8 juga gak ada apa2xnya bro sama mesin city z versi jdm 1500 tapi 130hp :big_biglaugh: kayaknya lebih ke setelannya aja mungkin karena pake busi laser plus torque boost resonator buat bantuin torsi bawah jadi berani hajar high revnya lebih tinggi :big_think: kalo gak ya jadi kek gd pisah 2 mesin kalo mau torsi bawah pake idsi klo mau high rev vtec
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

michaelgiri93 wrote: Sun Aug 07, 2022 6:10
Or4cle wrote: Sun Aug 07, 2022 4:49 Engine L15A ada 2 jenis : i-DSI dengan 2 valve / cylinder (1valve@intake + 1valve@exhaust), total 8 valve, SOHC) & VTEC dgn 4 valve / cylinder (2 valve@intake + 2 valve@exhaust, total 16 valve, SOHC)

Untuk engine L15ZF itu jumlah valve tetap 16 valve (2 valve@intake + 2 valve@exhaust), bedanya camshaft / noken as ada 2 (DOHC). Tidak ada engine mobil Honda dgn 32 valve, kecuali di engine motor Honda NR (V4 engine, oval piston, 8 valve / cylinder, total 32 valve, 2 conn. rods/piston, total 8 conn. rods)
images (4).jpeg
Yg kaya gitu ya?
Dulu samar² inget pernah lihat gambarnya
Keren sih mesin v4 dengan desain piston kaya gitu
Iya, project engine New Racing Honda yg paling gila & ambisius pada masanya, mengalahkan engine 2tak dgn 4tak :big_chicken:
zonepublic wrote: Sun Aug 07, 2022 8:09
Or4cle wrote: Sun Aug 07, 2022 4:49
zonepublic wrote: Sat Aug 06, 2022 14:41 Iseng2 kepikiran aja apakah benar semua part engine part L15 engine honda bisa saling subtitusi karena kode depannya sama
Bisakah part city hatchback dipasang di Jazz GD3/GE8/GK5/freed
Bisakah part honda mobilio/brv/hrv dipasang di honda freed
Apakah plug and play?
Karena kode enginenya meskipun sama2 L15 tapi ada L15A,L15Z,L15ZF
Terus kenapa bisa tenaga dan torsi L15 hrv dan jazz terletak di beda rpm?
Trus klo mesin L15 sohc teknologi lama seperti L15A,L15Z jumlah katupnya 16,apakah di mesin L15ZF punya city hatchback yang katanya DOHC katupnya jadi 32?
Ada yang sudah pernah bedah dan bandingkan jeroan L15 sohc dan L15 DOHC?
Engine L15A ada 2 jenis : i-DSI dengan 2 valve / cylinder (1valve@intake + 1valve@exhaust), total 8 valve, SOHC) & VTEC dgn 4 valve / cylinder (2 valve@intake + 2 valve@exhaust, total 16 valve, SOHC)

Untuk engine L15ZF itu jumlah valve tetap 16 valve (2 valve@intake + 2 valve@exhaust), bedanya camshaft / noken as ada 2 (DOHC). Tidak ada engine mobil Honda dgn 32 valve, kecuali di engine motor Honda NR (V4 engine, oval piston, 8 valve / cylinder, total 32 valve, 2 conn. rods/piston, total 8 conn. rods)
Pantes L15ZF power&torsinya ga beda signifikan ya,krn cm beda noken aja tp bingung L15A jazz GD3 vtec&GE8 kok rasanya beda ya tenaga&torsinya kons bbm borosnya juga beda apakah torque boost resonator dan penggantian header ke downpipe frontpipe nambah signifikan.
Gak gampang gain power / torsi di engine N/A. Kalau sama2 di kubikasi 1500 CC, mau SOHC / DOHC selisihnya gak terlalu jauh. Kalau dipakai baru terasa bedanya. Torque boost resonator itu prinsip kerjanya sama di semua engine mobil, cuma di engine Honda terbaru diberi nama biar kelihatan "teknologi" advance

Penggantian header to downpipe itu sebenarnya membatasi kreasi buat yg petrolhead. Justru dari desain header masih bisa diupgrade torsi/power mau disalurkan di low/high RPM.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Sun Aug 07, 2022 8:09
Pantes L15ZF power&torsinya ga beda signifikan ya,krn cm beda noken aja tp bingung L15A jazz GD3 vtec&GE8 kok rasanya beda ya tenaga&torsinya kons bbm borosnya juga beda apakah torque boost resonator dan penggantian header ke downpipe frontpipe nambah signifikan.
sbenernya kalo spec power & torque di brosur itu irrelevant. krn dengan teknologi skrg power dan torque itu bisa gampang manipulated. coba bawa ke tuner itu baru kelihatan bedanya nanti L15Z1 dan L15ZF mana yang lebih bisa di push. yang DOHC krn "dipaksa" bisa minum RON90 minimal, timing atasnya jadi kacrut bener. Honda engine kalau dibawa ke tuner itu paling kentara top end powernya naik drastis kalau berani pakai fuel yang lebih tinggi grade nya.

kl spec di brosur akan sangat bergantung di market mana dia di pasarkan termasuk knp ngotot pakai DOHC kalau memang naik cuma 2hp kan lebih efisien pakai L15Z1 ? krn skrg honda praktis udah ga punya platform SOHC lagi. R18 dan R20 engine juga mungkin ga lama lg umurnya itu mesin udah dari 2005. perbedaan L15ZF dan L15B1 (JDM) itu yg krusial jg salah satunya : ZF port injection, B1 direct injection.

DOHC secara teoritikal lebih bisa di push. tapi balik lg semakin complex elektrikal mobil skrg, semakin challenging juga buat unlock potensinya krn ECU restriction akan semakin banyak. contoh dulu orang awal2 GE8 keluar bilang L15A7 ga bisa d push macem L15A1 di GD nyatanya skrg pada gila gila jg main GE/GK.

kmaren ya ada yang bilang L15ZF ga bs d push macem L15A7/Z1 SOHC tp waktu saya tanya lebih lanjut katanya belum ada penyesuaian di software alias cm ganti hardware (dp/fp dan replacement filter). jujur aja sbenernya handicap banyak eco engine itu di sini, ECU nya bener bener di restrict. same engine blm tentu protokol nya sama.

lalu integrated header... kalau traditional tuner akan lebih suka pakai exhaust header krn fleksibel kita bisa minta length nya seberapa dan konfigurasinya 4-2-1 apa 4-1 (makanya mazda masih pake), tp ini sebenarnya lebih ke alasan emisi krn mobil skrg pakai cat converter penggunaan integrated casted header itu membantu kerja catcon lebih baik krn jarak dari exhaust port ke catcon jadi lebih dekat = lebih panas = lebih efisien kerja catcon nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

b0ku wrote: Sun Aug 07, 2022 9:15
zonepublic wrote: Sun Aug 07, 2022 8:09
Or4cle wrote: Sun Aug 07, 2022 4:49

Engine L15A ada 2 jenis : i-DSI dengan 2 valve / cylinder (1valve@intake + 1valve@exhaust), total 8 valve, SOHC) & VTEC dgn 4 valve / cylinder (2 valve@intake + 2 valve@exhaust, total 16 valve, SOHC)

Untuk engine L15ZF itu jumlah valve tetap 16 valve (2 valve@intake + 2 valve@exhaust), bedanya camshaft / noken as ada 2 (DOHC). Tidak ada engine mobil Honda dgn 32 valve, kecuali di engine motor Honda NR (V4 engine, oval piston, 8 valve / cylinder, total 32 valve, 2 conn. rods/piston, total 8 conn. rods)
Pantes L15ZF power&torsinya ga beda signifikan ya,krn cm beda noken aja tp bingung L15A jazz GD3 vtec&GE8 kok rasanya beda ya tenaga&torsinya kons bbm borosnya juga beda apakah torque boost resonator dan penggantian header ke downpipe frontpipe nambah signifikan.
tapi ge8 juga gak ada apa2xnya bro sama mesin city z versi jdm 1500 tapi 130hp :big_biglaugh: kayaknya lebih ke setelannya aja mungkin karena pake busi laser plus torque boost resonator buat bantuin torsi bawah jadi berani hajar high revnya lebih tinggi :big_think: kalo gak ya jadi kek gd pisah 2 mesin kalo mau torsi bawah pake idsi klo mau high rev vtec
Engine 3-stage VTEC-SOHC (D15B series) Honda sering dianggap inferior dibanding VTEC-DOHC Honda.
Padahal itu engine pinter, actuator VTEC bisa switch dimana power & economy (irit) dalam satu engine, mainnya di 3 stages : di bawah 2500 RPM, 2500 RPM - 6000 RPM, diatas 6000 RPM. Makanya D15B JDM seri bisa diperas sampai 130 PS, dgn readline di 7200 RPM, angka RPM yang cukup tinggi buat engine SOHC.
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 768
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Kaleng »

zonepublic wrote: Sat Aug 06, 2022 14:41 Iseng2 kepikiran aja apakah benar semua part engine part L15 engine honda bisa saling subtitusi karena kode depannya sama
Bisakah part city hatchback dipasang di Jazz GD3/GE8/GK5/freed
Bisakah part honda mobilio/brv/hrv dipasang di honda freed
Apakah plug and play?
Karena kode enginenya meskipun sama2 L15 tapi ada L15A,L15Z,L15ZF
Terus kenapa bisa tenaga dan torsi L15 hrv dan jazz terletak di beda rpm?
Trus klo mesin L15 sohc teknologi lama seperti L15A,L15Z jumlah katupnya 16,apakah di mesin L15ZF punya city hatchback yang katanya DOHC katupnya jadi 32?
Ada yang sudah pernah bedah dan bandingkan jeroan L15 sohc dan L15 DOHC?
block rocker arm sama sih kyknya, sempat bermasalah dan ganti 1 blok roller rocker arm 1 silinder pakai copotan, cocok semua dari yang jazz sampai ke brio.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ariswp »

Banyak kasak kusuk klo mesin L15Z sohc lebih galak dan enteng larinya ketimbang L15ZF dohc dengan cons hanya di fuel consumption sedikit lebih boros,
Kira2 memang karena mesin yang L15Z lebih energetic atau ada pengaruh ubahan di transmisinya ya? Atau hanya karena penambahan bobot ya?
Yang saya rasain naik GK sama GN memang lumayan beda narik dan responsifnya, GK berasa responsif (bonus glodakan) yang GN berasa lebih halus nariknya (dan halus juga bawanya)
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

ariswp wrote: Mon Aug 08, 2022 3:57 Banyak kasak kusuk klo mesin L15Z sohc lebih galak dan enteng larinya ketimbang L15ZF dohc dengan cons hanya di fuel consumption sedikit lebih boros,
Kira2 memang karena mesin yang L15Z lebih energetic atau ada pengaruh ubahan di transmisinya ya? Atau hanya karena penambahan bobot ya?
Yang saya rasain naik GK sama GN memang lumayan beda narik dan responsifnya, GK berasa responsif (bonus glodakan) yang GN berasa lebih halus nariknya (dan halus juga bawanya)
mereka ngomon galak kadang karena ngomong low end torquenya aja nyatanya DOHC itu emang lebih bagus buat RPM tinggi terus dihajar matic makin jadi2x low end torquenya berasa payah buktinya L15 DOHC top speednya si gak waras buat mesin 1500cc 220kmh buat versi matic :big_biglaugh: ya yang SOHC juga ada bisa sih apalagi yang manual biasanya HRV 6 speed yang dapet cuma effortnya gak seenteng yang dohc belom kena limiter 190kmh di beberapa model sohc :big_bored:

kalo buat saya sih sama aja DOHC sma SOHC yang penting revnya tinggi kalo bisa 7500rpm gitu :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Mon Aug 08, 2022 3:20 Engine 3-stage VTEC-SOHC (D15B series) Honda sering dianggap inferior dibanding VTEC-DOHC Honda.
Padahal itu engine pinter, actuator VTEC bisa switch dimana power & economy (irit) dalam satu engine, mainnya di 3 stages : di bawah 2500 RPM, 2500 RPM - 6000 RPM, diatas 6000 RPM. Makanya D15B JDM seri bisa diperas sampai 130 PS, dgn readline di 7200 RPM, angka RPM yang cukup tinggi buat engine SOHC.
Hahahaha bener ini. D15B itu byk yang bilang the closest thing to real vtec, 1-1nya 3stage vtec yang pernah masuk indo secara resmi.

Bisa dibilang ini salah satu experimental engine honda cikal bakalnya L series. Basisnya economy engine tp dibuat bisa rev tinggi. Makanya L series vtec/ivtec tuh aneh, economy engine kok peak torque nya tinggi banget. Dimana mana mau irit ya peak torque rpm bawah ini malah disimpen di 4800.
ariswp wrote: Mon Aug 08, 2022 3:57 Banyak kasak kusuk klo mesin L15Z sohc lebih galak dan enteng larinya ketimbang L15ZF dohc dengan cons hanya di fuel consumption sedikit lebih boros,
Kira2 memang karena mesin yang L15Z lebih energetic atau ada pengaruh ubahan di transmisinya ya? Atau hanya karena penambahan bobot ya?
Yang saya rasain naik GK sama GN memang lumayan beda narik dan responsifnya, GK berasa responsif (bonus glodakan) yang GN berasa lebih halus nariknya (dan halus juga bawanya)
Kadang kadang gearing berpengaruh. Saya kurang research soal final gear tp seinget saya coba city GN cvt emang gearing nya lebih alus. Takeoff lebih smooth. Torsi lebih flat dibanding GK yang aga lompat.

Rasa lemotnya jg didukung faktor city yang lebih berat.

Makanya karakter city GN lebih enak buat tourer luar kota ketimbang agresif.

Sebenernya kerasa banget L15ZF itu specnya impoten kalau liat fuel req yang cuma ron90. Timing atasnya seakan ditahan biar advance ga terlalu jauh
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Mon Aug 08, 2022 6:26
Or4cle wrote: Mon Aug 08, 2022 3:20 Engine 3-stage VTEC-SOHC (D15B series) Honda sering dianggap inferior dibanding VTEC-DOHC Honda.
Padahal itu engine pinter, actuator VTEC bisa switch dimana power & economy (irit) dalam satu engine, mainnya di 3 stages : di bawah 2500 RPM, 2500 RPM - 6000 RPM, diatas 6000 RPM. Makanya D15B JDM seri bisa diperas sampai 130 PS, dgn readline di 7200 RPM, angka RPM yang cukup tinggi buat engine SOHC.
Hahahaha bener ini. D15B itu byk yang bilang the closest thing to real vtec, 1-1nya 3stage vtec yang pernah masuk indo secara resmi.

Bisa dibilang ini salah satu experimental engine honda cikal bakalnya L series. Basisnya economy engine tp dibuat bisa rev tinggi. Makanya L series vtec/ivtec tuh aneh, economy engine kok peak torque nya tinggi banget. Dimana mana mau irit ya peak torque rpm bawah ini malah disimpen di 4800.
ariswp wrote: Mon Aug 08, 2022 3:57 Banyak kasak kusuk klo mesin L15Z sohc lebih galak dan enteng larinya ketimbang L15ZF dohc dengan cons hanya di fuel consumption sedikit lebih boros,
Kira2 memang karena mesin yang L15Z lebih energetic atau ada pengaruh ubahan di transmisinya ya? Atau hanya karena penambahan bobot ya?
Yang saya rasain naik GK sama GN memang lumayan beda narik dan responsifnya, GK berasa responsif (bonus glodakan) yang GN berasa lebih halus nariknya (dan halus juga bawanya)
Kadang kadang gearing berpengaruh. Saya kurang research soal final gear tp seinget saya coba city GN cvt emang gearing nya lebih alus. Takeoff lebih smooth. Torsi lebih flat dibanding GK yang aga lompat.

Rasa lemotnya jg didukung faktor city yang lebih berat.

Makanya karakter city GN lebih enak buat tourer luar kota ketimbang agresif.

Sebenernya kerasa banget L15ZF itu specnya impoten kalau liat fuel req yang cuma ron90. Timing atasnya seakan ditahan biar advance ga terlalu jauh
VTEC DOHC jadul memang ganas-ganas engine-nya, sayang gak masuk ke pasar domestik Indonesia.
Engine VTEC DOHC ( B series & H series) dibilang real VTEC karena fokusnya memang ke power, gak ada actuator VTEC switch ke VTEC-E
Engine B series & H series beda powernya cukup jauh dengan engine D series, CC nya juga beda juga :big_biglaugh:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by ChZ »

Or4cle wrote: Mon Aug 08, 2022 7:10
VTEC DOHC jadul memang ganas-ganas engine-nya, sayang gak masuk ke pasar domestik Indonesia.
Engine VTEC DOHC ( B series & H series) dibilang real VTEC karena fokusnya memang ke power, gak ada actuator VTEC switch ke VTEC-E
Engine B series & H series beda powernya cukup jauh dengan engine D series, CC nya juga beda juga :big_biglaugh:
civic nya di sini dapet engine cupu semua. gorengan sejuta umat estilo aj cuma dapet D16 SOHC non VTEC. civic baru dapet enjin proper ya 2 generasi terakhir ini. kebetulan aj L15B turbo skrg jadi modular buat gantiin K series economy juga.

tapi yah bisa dipahami lah jaman itu bbm lokal jg begitulah. mesin kompresi tinggi macem B16 DOHC masuk sini salah salah dicekokin premium ama salesnya ambyar dah jeroan :mky_03: dulu EFI blom secanggih skrg retard timingnya ga bisa banyak2.

sebenernya di luar udah mulai ninggalin B lebih suka main K series krn lebih aksesibel dan powernya lebih bisa di abuse. cm di indo main K series masih mahal. di indo antara main L15 (brio jazz) ya main D atau yg berduit B swap sekalian. D16 aj banyak yang bikin ganas-ganas. :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by Or4cle »

ChZ wrote: Mon Aug 08, 2022 7:20
Or4cle wrote: Mon Aug 08, 2022 7:10
VTEC DOHC jadul memang ganas-ganas engine-nya, sayang gak masuk ke pasar domestik Indonesia.
Engine VTEC DOHC ( B series & H series) dibilang real VTEC karena fokusnya memang ke power, gak ada actuator VTEC switch ke VTEC-E
Engine B series & H series beda powernya cukup jauh dengan engine D series, CC nya juga beda juga :big_biglaugh:
civic nya di sini dapet engine cupu semua. gorengan sejuta umat estilo aj cuma dapet D16 SOHC non VTEC. civic baru dapet enjin proper ya 2 generasi terakhir ini. kebetulan aj L15B turbo skrg jadi modular buat gantiin K series economy juga.

tapi yah bisa dipahami lah jaman itu bbm lokal jg begitulah. mesin kompresi tinggi macem B16 DOHC masuk sini salah salah dicekokin premium ama salesnya ambyar dah jeroan :mky_03: dulu EFI blom secanggih skrg retard timingnya ga bisa banyak2.

sebenernya di luar udah mulai ninggalin B lebih suka main K series krn lebih aksesibel dan powernya lebih bisa di abuse. cm di indo main K series masih mahal. di indo antara main L15 (brio jazz) ya main D atau yg berduit B swap sekalian. D16 aj banyak yang bikin ganas-ganas. :mky_03:
Main K-series masih jauhh risetnya kalau di indo
Parts kompetisi K series bejibun tapi gak kuat di harganya, bangun K series full specs bisa dapat satu mobil LCGC baru :big_biglaugh:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 574
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by zonepublic »

Or4cle wrote: Mon Aug 08, 2022 3:20
b0ku wrote: Sun Aug 07, 2022 9:15
zonepublic wrote: Sun Aug 07, 2022 8:09

Pantes L15ZF power&torsinya ga beda signifikan ya,krn cm beda noken aja tp bingung L15A jazz GD3 vtec&GE8 kok rasanya beda ya tenaga&torsinya kons bbm borosnya juga beda apakah torque boost resonator dan penggantian header ke downpipe frontpipe nambah signifikan.
tapi ge8 juga gak ada apa2xnya bro sama mesin city z versi jdm 1500 tapi 130hp :big_biglaugh: kayaknya lebih ke setelannya aja mungkin karena pake busi laser plus torque boost resonator buat bantuin torsi bawah jadi berani hajar high revnya lebih tinggi :big_think: kalo gak ya jadi kek gd pisah 2 mesin kalo mau torsi bawah pake idsi klo mau high rev vtec
Engine 3-stage VTEC-SOHC (D15B series) Honda sering dianggap inferior dibanding VTEC-DOHC Honda.
Padahal itu engine pinter, actuator VTEC bisa switch dimana power & economy (irit) dalam satu engine, mainnya di 3 stages : di bawah 2500 RPM, 2500 RPM - 6000 RPM, diatas 6000 RPM. Makanya D15B JDM seri bisa diperas sampai 130 PS, dgn readline di 7200 RPM, angka RPM yang cukup tinggi buat engine SOHC.
Honda city type Z tahun 2000an kan?pernah nyoba manual dan maticnya (dulu mobil buat belajar nyetir) sayang maticnya cm 4 percepatan
Begitu masuk kabin feelnya berasa familiar,abis driving &bantingannya baru nyadar ternyata sangat2 mirip honda grand civic tahun 90 keras sekali,kayanya bisa dibilang spt honda grand civic yang di swap engine pake mesin injeksi vtec hahaha
User avatar
rajapb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 430
Joined: Thu Nov 26, 2015 16:27

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by rajapb »

zonepublic wrote: Mon Aug 08, 2022 7:42
Or4cle wrote: Mon Aug 08, 2022 3:20
b0ku wrote: Sun Aug 07, 2022 9:15

tapi ge8 juga gak ada apa2xnya bro sama mesin city z versi jdm 1500 tapi 130hp :big_biglaugh: kayaknya lebih ke setelannya aja mungkin karena pake busi laser plus torque boost resonator buat bantuin torsi bawah jadi berani hajar high revnya lebih tinggi :big_think: kalo gak ya jadi kek gd pisah 2 mesin kalo mau torsi bawah pake idsi klo mau high rev vtec
Engine 3-stage VTEC-SOHC (D15B series) Honda sering dianggap inferior dibanding VTEC-DOHC Honda.
Padahal itu engine pinter, actuator VTEC bisa switch dimana power & economy (irit) dalam satu engine, mainnya di 3 stages : di bawah 2500 RPM, 2500 RPM - 6000 RPM, diatas 6000 RPM. Makanya D15B JDM seri bisa diperas sampai 130 PS, dgn readline di 7200 RPM, angka RPM yang cukup tinggi buat engine SOHC.
Honda city type Z tahun 2000an kan?pernah nyoba manual dan maticnya (dulu mobil buat belajar nyetir) sayang maticnya cm 4 percepatan
Begitu masuk kabin feelnya berasa familiar,abis driving &bantingannya baru nyadar ternyata sangat2 mirip honda grand civic tahun 90 keras sekali,kayanya bisa dibilang spt honda grand civic yang di swap engine pake mesin injeksi vtec hahaha
city sx8 emang ngambil basic grand civic/civic lx/EF
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by b0ku »

Or4cle wrote: Mon Aug 08, 2022 7:10
VTEC DOHC jadul memang ganas-ganas engine-nya, sayang gak masuk ke pasar domestik Indonesia.
Engine VTEC DOHC ( B series & H series) dibilang real VTEC karena fokusnya memang ke power, gak ada actuator VTEC switch ke VTEC-E
Engine B series & H series beda powernya cukup jauh dengan engine D series, CC nya juga beda juga :big_biglaugh:
berasa ganas karena jaman segitu ngerasainnya manual di tambah suaranya emang lebih garang di banding k series cuma kalo dipasangin gearbox maticnya gak yakin saya masih ganas yang ada kena ratio panjang belom VTEC keburu ngerem lagi :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by DOHC »

ChZ wrote: Mon Aug 08, 2022 6:26
Or4cle wrote: Mon Aug 08, 2022 3:20 Engine 3-stage VTEC-SOHC (D15B series) Honda sering dianggap inferior dibanding VTEC-DOHC Honda.
Padahal itu engine pinter, actuator VTEC bisa switch dimana power & economy (irit) dalam satu engine, mainnya di 3 stages : di bawah 2500 RPM, 2500 RPM - 6000 RPM, diatas 6000 RPM. Makanya D15B JDM seri bisa diperas sampai 130 PS, dgn readline di 7200 RPM, angka RPM yang cukup tinggi buat engine SOHC.
Hahahaha bener ini. D15B itu byk yang bilang the closest thing to real vtec, 1-1nya 3stage vtec yang pernah masuk indo secara resmi.

Bisa dibilang ini salah satu experimental engine honda cikal bakalnya L series. Basisnya economy engine tp dibuat bisa rev tinggi. Makanya L series vtec/ivtec tuh aneh, economy engine kok peak torque nya tinggi banget. Dimana mana mau irit ya peak torque rpm bawah ini malah disimpen di 4800.
ariswp wrote: Mon Aug 08, 2022 3:57 Banyak kasak kusuk klo mesin L15Z sohc lebih galak dan enteng larinya ketimbang L15ZF dohc dengan cons hanya di fuel consumption sedikit lebih boros,
Kira2 memang karena mesin yang L15Z lebih energetic atau ada pengaruh ubahan di transmisinya ya? Atau hanya karena penambahan bobot ya?
Yang saya rasain naik GK sama GN memang lumayan beda narik dan responsifnya, GK berasa responsif (bonus glodakan) yang GN berasa lebih halus nariknya (dan halus juga bawanya)
Kadang kadang gearing berpengaruh. Saya kurang research soal final gear tp seinget saya coba city GN cvt emang gearing nya lebih alus. Takeoff lebih smooth. Torsi lebih flat dibanding GK yang aga lompat.

Rasa lemotnya jg didukung faktor city yang lebih berat.

Makanya karakter city GN lebih enak buat tourer luar kota ketimbang agresif.

Sebenernya kerasa banget L15ZF itu specnya impoten kalau liat fuel req yang cuma ron90. Timing atasnya seakan ditahan biar advance ga terlalu jauh
Haa the honda D series enjin

Beruntung kita orang masi sempet punya sendiri (bukan katanya2 si anu ini ono) dan cobain sendiri, kaka beradik D15 ama D16,

Btw kl dibandingin ama L15, itu both D15 ama 16 sebenernya utk putaran bawah nya loyo loh, yg D15 ndut2an bawahnya, yg D16 kedodoran ngisi tenaga nya.. tapi 2 2 nya, pas ud masup 3000 rpm keatas, wuohhhh vitek kik in yoo, suara kombinasi resonasi dr header dan intek manipol nya jg bkin nagih pas puteran tinggi

Makanya jg utk jenis mahluk ini wajip transmisi manual, kl metik yah tuh vitek nyaris ga kepake, wong rpm baru masup 3000 ud shifting

Dann satu lagi

Seri honda kasta terbawah terakhir yg bunyi starter mesin nya ikonik banget, beda ama suara starter mesin nya L15A, sounds so cheapo, sperti outsourcing ke daihatsu bunyi nya, untung sejak gen hrv, jazz GK, palagi yg L15 DoHC ud lebi enak bunyi starter mesin nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by McLaren »

Trus d16 hatchback digoreng segoreng2nya 200-300 juta
Sementara sedannya 40-80 juta wkwkwk
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by marmut »

ariswp wrote: Mon Aug 08, 2022 3:57 Banyak kasak kusuk klo mesin L15Z sohc lebih galak dan enteng larinya ketimbang L15ZF dohc dengan cons hanya di fuel consumption sedikit lebih boros,
Kira2 memang karena mesin yang L15Z lebih energetic atau ada pengaruh ubahan di transmisinya ya? Atau hanya karena penambahan bobot ya?
Yang saya rasain naik GK sama GN memang lumayan beda narik dan responsifnya, GK berasa responsif (bonus glodakan) yang GN berasa lebih halus nariknya (dan halus juga bawanya)



yang pertama, jangan pake istilah DOHC karena entar ada yang gede kepala karena disebut² mulu, atau bahkan ybs minta royalti.

yang kedua, ini nggak apple to apple. engine single cam nggak mungkin bisa dibandingin dengan twincam karena beda karakter.
single overhead cam powerband lebih luas, dari RPM bawah aja udah dapet sampai menjelang atas. giliran di RPM atas umumnya bengek.
kalo twincam, justru bengek di putaran bawah, enaknya baru berasa diatas 4rb sampai redline.

pertanyaan saya, seberapa banyak pemilik mobil dengan mesin twincam yang mau main di redline?
kan banyak yang bilang RPM 3rb aja "mesin nggerung" atau "teriak".....

:mky_03:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by maastricht889 »

DOHC wrote: Mon Aug 08, 2022 9:16
ChZ wrote: Mon Aug 08, 2022 6:26
Or4cle wrote: Mon Aug 08, 2022 3:20 Engine 3-stage VTEC-SOHC (D15B series) Honda sering dianggap inferior dibanding VTEC-DOHC Honda.
Padahal itu engine pinter, actuator VTEC bisa switch dimana power & economy (irit) dalam satu engine, mainnya di 3 stages : di bawah 2500 RPM, 2500 RPM - 6000 RPM, diatas 6000 RPM. Makanya D15B JDM seri bisa diperas sampai 130 PS, dgn readline di 7200 RPM, angka RPM yang cukup tinggi buat engine SOHC.
Hahahaha bener ini. D15B itu byk yang bilang the closest thing to real vtec, 1-1nya 3stage vtec yang pernah masuk indo secara resmi.

Bisa dibilang ini salah satu experimental engine honda cikal bakalnya L series. Basisnya economy engine tp dibuat bisa rev tinggi. Makanya L series vtec/ivtec tuh aneh, economy engine kok peak torque nya tinggi banget. Dimana mana mau irit ya peak torque rpm bawah ini malah disimpen di 4800.
ariswp wrote: Mon Aug 08, 2022 3:57 Banyak kasak kusuk klo mesin L15Z sohc lebih galak dan enteng larinya ketimbang L15ZF dohc dengan cons hanya di fuel consumption sedikit lebih boros,
Kira2 memang karena mesin yang L15Z lebih energetic atau ada pengaruh ubahan di transmisinya ya? Atau hanya karena penambahan bobot ya?
Yang saya rasain naik GK sama GN memang lumayan beda narik dan responsifnya, GK berasa responsif (bonus glodakan) yang GN berasa lebih halus nariknya (dan halus juga bawanya)
Kadang kadang gearing berpengaruh. Saya kurang research soal final gear tp seinget saya coba city GN cvt emang gearing nya lebih alus. Takeoff lebih smooth. Torsi lebih flat dibanding GK yang aga lompat.

Rasa lemotnya jg didukung faktor city yang lebih berat.

Makanya karakter city GN lebih enak buat tourer luar kota ketimbang agresif.

Sebenernya kerasa banget L15ZF itu specnya impoten kalau liat fuel req yang cuma ron90. Timing atasnya seakan ditahan biar advance ga terlalu jauh
Haa the honda D series enjin

Beruntung kita orang masi sempet punya sendiri (bukan katanya2 si anu ini ono) dan cobain sendiri, kaka beradik D15 ama D16,

Btw kl dibandingin ama L15, itu both D15 ama 16 sebenernya utk putaran bawah nya loyo loh, yg D15 ndut2an bawahnya, yg D16 kedodoran ngisi tenaga nya.. tapi 2 2 nya, pas ud masup 3000 rpm keatas, wuohhhh vitek kik in yoo, suara kombinasi resonasi dr header dan intek manipol nya jg bkin nagih pas puteran tinggi

Makanya jg utk jenis mahluk ini wajip transmisi manual, kl metik yah tuh vitek nyaris ga kepake, wong rpm baru masup 3000 ud shifting

Dann satu lagi

Seri honda kasta terbawah terakhir yg bunyi starter mesin nya ikonik banget, beda ama suara starter mesin nya L15A, sounds so cheapo, sperti outsourcing ke daihatsu bunyi nya, untung sejak gen hrv, jazz GK, palagi yg L15 DoHC ud lebi enak bunyi starter mesin nya
Mbahh, saya nda bakal lupa kalo kita orang pernah punya stream D17 manual 2002. Ini mobil mpv semi low slung yg bener2 enak dr performance, desain jepang, handlingnya. Gerung D17 VTECnya mantappu.

Sampe hari ini blm pernah ada mpv non sliding agak medium yg bs seenak stream S7A
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: bahas perbedaan Honda L15 engine di indonesia

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon Aug 08, 2022 15:08
ariswp wrote: Mon Aug 08, 2022 3:57 Banyak kasak kusuk klo mesin L15Z sohc lebih galak dan enteng larinya ketimbang L15ZF dohc dengan cons hanya di fuel consumption sedikit lebih boros,
Kira2 memang karena mesin yang L15Z lebih energetic atau ada pengaruh ubahan di transmisinya ya? Atau hanya karena penambahan bobot ya?
Yang saya rasain naik GK sama GN memang lumayan beda narik dan responsifnya, GK berasa responsif (bonus glodakan) yang GN berasa lebih halus nariknya (dan halus juga bawanya)



yang pertama, jangan pake istilah DOHC karena entar ada yang gede kepala karena disebut² mulu, atau bahkan ybs minta royalti.

yang kedua, ini nggak apple to apple. engine single cam nggak mungkin bisa dibandingin dengan twincam karena beda karakter.
single overhead cam powerband lebih luas, dari RPM bawah aja udah dapet sampai menjelang atas. giliran di RPM atas umumnya bengek.
kalo twincam, justru bengek di putaran bawah, enaknya baru berasa diatas 4rb sampai redline.

pertanyaan saya, seberapa banyak pemilik mobil dengan mesin twincam yang mau main di redline?
kan banyak yang bilang RPM 3rb aja "mesin nggerung" atau "teriak".....

:mky_03:
:mky_04: :mky_06: :mky_06: asemm

Btw

Itu ferio ama cityZ SOHC loh mbah, tp knapa puteran bawah nya ga enak banget yah (ini beneran dulu punya loh, bukannya kata2nya, apalagi kebetulan kebetulan), enaknya justru kl ud masup 3000 rpm ke atas, berasa banget kaya smua segel mesin kebuka
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: