[review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by ExorT »

Galbatorix22 wrote: Fri Oct 14, 2022 8:54
Iya udh dibersihin Om. Karena full carbon cleaning.. Tapi yg lucunya, sebelum carbon cleaning ga ada kejadian ini sama sekali. Saya mikir ini ke trigger karena coil sebelumnya itu udh usang tp dia udh nempel sama businya. Istilahnya udh cocok deh meski sama2 usang. E pas diganti busi baru, ngambek si coil usang. Mulai bermasalah mesinnya. Akhirnya ya udh ganti semua coil 4-4 nya.

RPM nya ga drop sih Om.

Masalahnya murni mesin bergetar klo di RPM rendah. Kayak dibawah 1000 dia bergetar. Patokannya pas kita ngerem ada poldur aja. Itu getar.. Selebihnya aman.

Dan iya udh di scan pakai OBD jg dan ga ada misfire sama sekali Om. Makanya bingung bgt ini issue nya dimana.

Intinya masalah mulai muncul setelah service besar.
Spek Busi baru apa sama juga dengan yang lama Om?
Di mobil ane gejala 1-4 (Getar, nyentak RPM Rendah, mesin mati pas idle mesin suara kasar, dll plus boros) itu coil nya sih Om.
Ada juga kemungkinan sisa kerak2 di throttle body. Dia juga bisa buat idle ga teratur dan nyentak maju tiba.
Kalau coil lama masih disimpan (asumsi yang 3 sehat) mungkin juga bisa dipakai lagi. Siapa tahu salah satu coil yang baru ada yang defect.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by pendoli »

Hari ini niatnya ganti oli mesin + oli matic plus diagnose gewr lever yang susah masuk D kadang nahan. cari2 bengkel yang buka paling pagi si KJA jam 8 yauda gas lah, dateng jam 0815 udah antrian kelima 🤣
Eh malah ketauan seal kruk as belakang bocor, ganti deh… :ungg:
A5495DCE-9E0E-40C8-9319-C877B3F67BCC.jpeg
eh pas dah kelar semua lupa lom ganti oli metic, yaudalah ntar aja jatahnya dah kepake buat ganti seal 🤣
Gear lever disetel ulang tapi pas pulang sempet sekali lagi susah masuk D. Huft nanti deh coba lagi
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2572
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by farizfsa »

pendoli wrote: Sat Oct 22, 2022 5:45 Hari ini niatnya ganti oli mesin + oli matic plus diagnose gewr lever yang susah masuk D kadang nahan. cari2 bengkel yang buka paling pagi si KJA jam 8 yauda gas lah, dateng jam 0815 udah antrian kelima 🤣
Eh malah ketauan seal kruk as belakang bocor, ganti deh… :ungg:
A5495DCE-9E0E-40C8-9319-C877B3F67BCC.jpeg

eh pas dah kelar semua lupa lom ganti oli metic, yaudalah ntar aja jatahnya dah kepake buat ganti seal 🤣
Gear lever disetel ulang tapi pas pulang sempet sekali lagi susah masuk D. Huft nanti deh coba lagi
Semangat om nge bengkelnya namanya jg bmw
Bmw f45 sy lg coba benerin steering rack km 50 rb aja wkwk, anugrah ga bisa pula
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3403
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by kendibocor »

Wah berjamaah ni, barusan saya ganti oli mesin di bmw sunter eh kata SAnya ga bisa reset interval olinya. Entah apa yg error. Karena hari ini cuman setengah hari terpaksa minggu depan balik. Kata SAnya uda di scan ga keliatan apa yg error, apa pengaruh module carplay yg ane pasang ya? Tp sblm ini gnt oli di bmw bsd bisa2 aja tuh reset :big_biglaugh:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11314
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by Omnibus »

pendoli wrote: Sat Oct 22, 2022 5:45 Hari ini niatnya ganti oli mesin + oli matic plus diagnose gewr lever yang susah masuk D kadang nahan. cari2 bengkel yang buka paling pagi si KJA jam 8 yauda gas lah, dateng jam 0815 udah antrian kelima 🤣
Eh malah ketauan seal kruk as belakang bocor, ganti deh… :ungg:
A5495DCE-9E0E-40C8-9319-C877B3F67BCC.jpeg

eh pas dah kelar semua lupa lom ganti oli metic, yaudalah ntar aja jatahnya dah kepake buat ganti seal 🤣
Gear lever disetel ulang tapi pas pulang sempet sekali lagi susah masuk D. Huft nanti deh coba lagi
bener kan tebakan ai dulu, rear main seal bocor.

yg gigi delay masuk D, besar kemungkinan valve body kotor krn oli atf udah kotor dr lama. kebetulan Sreten baru upload yg mirip kaya gitu gejala, dan benerinnya kaya apa. skip ke menit 34:30 om.


wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by wekiweko »

Baca trit ini gemeter sendiri gue. Khayalan untuk minang G20 seken kalo dah tiba waktunya nanti surut dengan sendirinya :big_biglaugh:
inrandomthoughts
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 121
Joined: Wed Oct 01, 2014 2:26

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by inrandomthoughts »

(Saya belum punya dan belum pernah punya bmw sih. Jd ini diskusi ya om. Bukan suggestion 🤣. Saya pernah lihat ada yg ganti non rft. Dan dia beli spare tyre space saver original bmw. Tp itu tetap akan disimpan di bagasi ya? Ngga ada dudukan di bawah bagasi?
IG: @inrandomthoughts
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by pendoli »

wekiweko wrote: Sat Oct 22, 2022 14:15 Baca trit ini gemeter sendiri gue. Khayalan untuk minang G20 seken kalo dah tiba waktunya nanti surut dengan sendirinya :big_biglaugh:
Yang F30 belum bertingkah aneh kok wek (knock on wood) cuma e39 aja bertingkah mulu ahhahaha
Btw range nya f30 oke juga ya
34717642-27CC-4A84-874C-5B1AAFCEB87E.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by pendoli »

Iqbalnugraha wrote: Mon Oct 24, 2022 2:26 (Saya belum punya dan belum pernah punya bmw sih. Jd ini diskusi ya om. Bukan suggestion 🤣. Saya pernah lihat ada yg ganti non rft. Dan dia beli spare tyre space saver original bmw. Tp itu tetap akan disimpan di bagasi ya? Ngga ada dudukan di bawah bagasi?
Iya om, ga disiapin mountnya. Ntar kaya mercy cuma disarungin n geletak di bagasi wkwkwk
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15533
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by ChZ »

jadi inget di sini ada E39 525i dijual gak laku laku banting harga terus :mky_03:

dulu buka pertama 119jt, 109jt, sekarang dibanting lagi jadi 105jt :upss:

mungkin taun depan jadi kepala 8 apa 9 klo gak laku juga :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3403
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by kendibocor »

pendoli wrote: Mon Oct 24, 2022 3:03
Iqbalnugraha wrote: Mon Oct 24, 2022 2:26 (Saya belum punya dan belum pernah punya bmw sih. Jd ini diskusi ya om. Bukan suggestion 🤣. Saya pernah lihat ada yg ganti non rft. Dan dia beli spare tyre space saver original bmw. Tp itu tetap akan disimpan di bagasi ya? Ngga ada dudukan di bawah bagasi?
Iya om, ga disiapin mountnya. Ntar kaya mercy cuma disarungin n geletak di bagasi wkwkwk
Ane jg uda gnt velg ga pake ban rft. Bawa velg std di bagasi belakang. :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by pendoli »

ChZ wrote: Mon Oct 24, 2022 3:33 jadi inget di sini ada E39 525i dijual gak laku laku banting harga terus :mky_03:

dulu buka pertama 119jt, 109jt, sekarang dibanting lagi jadi 105jt :upss:

mungkin taun depan jadi kepala 8 apa 9 klo gak laku juga :ngacir:
Kemaren ketemu temen yg tau sejarah jubel mobil gw
Jadi pertama on sale taon 2020 tu dari ownernya cuma 80 nego 😆 kemudian 2020-2021 di tiga pedagang/kolekdol sampai ke tangan gw
selama itu keluar biaya perawatan sampe akhir 2021… 34,960,000 dan HU chinavin sebutlah 4jt
Masi oke lah kayanya wkwkwk
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2572
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by farizfsa »

pendoli wrote: Mon Oct 24, 2022 3:01
wekiweko wrote: Sat Oct 22, 2022 14:15 Baca trit ini gemeter sendiri gue. Khayalan untuk minang G20 seken kalo dah tiba waktunya nanti surut dengan sendirinya :big_biglaugh:
Yang F30 belum bertingkah aneh kok wek (knock on wood) cuma e39 aja bertingkah mulu ahhahaha
Btw range nya f30 oke juga ya

34717642-27CC-4A84-874C-5B1AAFCEB87E.jpeg
ok juga ya, ini jakarta lg macet 520d ane cuma mentok di 1100km full tank, dulu masih bisa di 1200-1300km wkwk
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by pendoli »

Wkwkwk klo yg diesel mudah yak sampe range 4 digit
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by Asfur »

Ketika sheer repairing plisur menarik sheer repairing plisur lainnya :mky_01:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by pendoli »

Asfur wrote: Wed Oct 26, 2022 4:57 Ketika sheer repairing plisur menarik sheer repairing plisur lainnya
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Setidaknya x5 nya dipake kerja ya ga cuma nampang doang wkwkwk
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
Galbatorix22
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu Dec 19, 2019 11:04
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by Galbatorix22 »

ExorT wrote: Fri Oct 14, 2022 16:20
Galbatorix22 wrote: Fri Oct 14, 2022 8:54
Iya udh dibersihin Om. Karena full carbon cleaning.. Tapi yg lucunya, sebelum carbon cleaning ga ada kejadian ini sama sekali. Saya mikir ini ke trigger karena coil sebelumnya itu udh usang tp dia udh nempel sama businya. Istilahnya udh cocok deh meski sama2 usang. E pas diganti busi baru, ngambek si coil usang. Mulai bermasalah mesinnya. Akhirnya ya udh ganti semua coil 4-4 nya.

RPM nya ga drop sih Om.

Masalahnya murni mesin bergetar klo di RPM rendah. Kayak dibawah 1000 dia bergetar. Patokannya pas kita ngerem ada poldur aja. Itu getar.. Selebihnya aman.

Dan iya udh di scan pakai OBD jg dan ga ada misfire sama sekali Om. Makanya bingung bgt ini issue nya dimana.

Intinya masalah mulai muncul setelah service besar.
Spek Busi baru apa sama juga dengan yang lama Om?
Di mobil ane gejala 1-4 (Getar, nyentak RPM Rendah, mesin mati pas idle mesin suara kasar, dll plus boros) itu coil nya sih Om.
Ada juga kemungkinan sisa kerak2 di throttle body. Dia juga bisa buat idle ga teratur dan nyentak maju tiba.
Kalau coil lama masih disimpan (asumsi yang 3 sehat) mungkin juga bisa dipakai lagi. Siapa tahu salah satu coil yang baru ada yang defect.
Bener, ane jg mikir gitu makanya ane ganti lg semua coil nya pakai yang lama :D Tp tetep kejadian..

UPDATE
Masalah ini sudah selesai Om2 semua :) Ternyata issue nya cuma 1 --> pas service besar, throttle sama matic nya jadi g sinkron, cuma tinggal di sinkron ulang aja dan masalah semua langsung hilang!
2014 BMW F30 N20
Galbatorix22
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Thu Dec 19, 2019 11:04
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by Galbatorix22 »

DOHC wrote: Fri Oct 14, 2022 14:45
Galbatorix22 wrote: Fri Oct 14, 2022 8:29 Om2 semua.. butuh pencerahan dari om2..

Saya punya F30 N20 320i. Skrg di 55.000km..

Mobil sebelumnya ga ada masalah sama sekali. Semua mulus. Sampe saya putusin buat service besar deh, dibersihin pipa2nya dll, dg tujuan murni ngerawat aja, bukan karena ada masalah. Saya service di bengkel spesialis. Termasuk ganti busi nya jg. Saya ganti dg busi genuine parts. Disitu ketauan ternyata salah 1 coil itu udh getas karetnya, solusi sementara sama mekaniknya di bag yg getas itu dikasih lakban.

Ga lama kemudian pas udh selesai servis, mobil saya malah muncul masalah ini:
1. mesin bergetar di rpm rendah, dan bahkan saya pernah tersentak maju karena getarannya ngelempar saya kedepan.
2. mobil mati tiba2 klo di rpm rendah.
3. suara mesin lumayan keras.
4. lg posisi manasin mobil, mobil bergetar g enak

Di scan lagi sama mekanik ternyata ada misfire di coil yang di lakban. Kode misfire di scanner nya "50". Akhirnya diganti lah coilnya semuanya (4 coil) dg coil baru. Pake aftermarket aja merek D*lphi. Pas diganti coilnya, busi yg sebelumnya baru diganti dicek jg, dan ternyata udh gosong bgt di deket iridium nya. Artinya pembakarannya ga bagus kan? Padahal umur businya paling baru 2 minggu dan jarak tempuh semenjak ganti itu sekitaran 120km. Belum jauh. Akhirnya sama mekaniknya dituker lg ke busi yang lama tp pakai coil baru. Lalu di scan lg dan aman semua ga ada misfire.

Lalu kemudian saya bawa jalan lg, dan tetep masih terasa getar2 klo di RPM rendah. Misal saya bawa 40kpj, dan ada polisi tidur, saya rem. Pas di 10kpj dan rpm nya rendah, lgsg getar mesinnya.

Kira2 ada yang paham ga ya om2 disini?
ini servis bengkel spesialis dmana om, koq kaya kerjaan kualitet bengkel asemreges musatek sana, coba2 mulu

btw, pas servis besar yg pipa2 itu, maksutnya ampe copotin pipa2 intake manifold ? kl iya, pas masang lagi nya bener ga tuh, siapa tau geter2 nya malah karena kebocoran vakum

koil ama busi kl ud bener mustinya ga bkin geter2 lg
Iya pipa dilepas dan dibersihin om dan udh dicek jg pemasangan kembalinya aman om. Alhamdulillah masalah ini udh selesai karena ternyata issue nya cuma 1 --> Throttle sama matic nya ga sinkron. Mungkin jd ga sinkron pas service besar itu. Cuma tinggal sinkron ulang aja langsung hilang semua issue nya. Lebih ke software issue jadinya. Bukan hardware issue.
2014 BMW F30 N20
Mulsanne
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Thu Mar 28, 2019 16:12
Location: Bandung

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by Mulsanne »

Thread yg menarik :big_grin:

Kebetulan sy pake F30 2013 dan X1 2017 neh... memang kalo tenaga, handling msh jauh enakan F30 kemana2... F48 mesin 3cyl tetep ga bohong ada kerasa getaran nya saat start n go..

Tapi kalo buat daily dalam kota rasanya tetep lbh prefer si X1, simply karna GC nya yg tinggi jd lbh pede lewatin jalanan rusak.... dan yg plg menarik konsumsi BBM nya, iriiit bener macam bukan naik BMW :mky_07: :mky_07:
2017 Pajero Sport Dakar
2017 X1 sDrive18i xLine
2017 C200 Avantgarde
User avatar
pendoli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1278
Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by pendoli »

Mulsanne wrote: Mon Nov 14, 2022 19:26 Thread yg menarik :big_grin:

Kebetulan sy pake F30 2013 dan X1 2017 neh... memang kalo tenaga, handling msh jauh enakan F30 kemana2... F48 mesin 3cyl tetep ga bohong ada kerasa getaran nya saat start n go..

Tapi kalo buat daily dalam kota rasanya tetep lbh prefer si X1, simply karna GC nya yg tinggi jd lbh pede lewatin jalanan rusak.... dan yg plg menarik konsumsi BBM nya, iriiit bener macam bukan naik BMW :mky_07: :mky_07:
x1 bensin kena berapa om?
Kemaren pas ujan2 gede juga sempet ngebatin kayanya perlu SUV di rumah… trus dapet offer X5 e53 seger harga modal… trus diliatin istri langsung diveto wkwkwk
Smileage lebih penting dari mileage :mky_08:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2572
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by farizfsa »

Mulsanne wrote: Mon Nov 14, 2022 19:26 Thread yg menarik :big_grin:

Kebetulan sy pake F30 2013 dan X1 2017 neh... memang kalo tenaga, handling msh jauh enakan F30 kemana2... F48 mesin 3cyl tetep ga bohong ada kerasa getaran nya saat start n go..

Tapi kalo buat daily dalam kota rasanya tetep lbh prefer si X1, simply karna GC nya yg tinggi jd lbh pede lewatin jalanan rusak.... dan yg plg menarik konsumsi BBM nya, iriiit bener macam bukan naik BMW :mky_07: :mky_07:
Mesin b38 3 silinder ini irit sih tp ga yang gimana bgt masih ga jauh2 dr 1:10-11. Agak kurang nya di transmisi nya, coba dikasi yg zf 8 speed pasti penyaluran tenaga nya lebih enak

Kmrn2 ada beberapa spot banjir lg naik bmw sedan, muter balik deh ngeri
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 252hp 540nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3403
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by kendibocor »

farizfsa wrote: Tue Nov 15, 2022 0:19
Mulsanne wrote: Mon Nov 14, 2022 19:26 Thread yg menarik :big_grin:

Kebetulan sy pake F30 2013 dan X1 2017 neh... memang kalo tenaga, handling msh jauh enakan F30 kemana2... F48 mesin 3cyl tetep ga bohong ada kerasa getaran nya saat start n go..

Tapi kalo buat daily dalam kota rasanya tetep lbh prefer si X1, simply karna GC nya yg tinggi jd lbh pede lewatin jalanan rusak.... dan yg plg menarik konsumsi BBM nya, iriiit bener macam bukan naik BMW :mky_07: :mky_07:
Mesin b38 3 silinder ini irit sih tp ga yang gimana bgt masih ga jauh2 dr 1:10-11. Agak kurang nya di transmisi nya, coba dikasi yg zf 8 speed pasti penyaluran tenaga nya lebih enak

Kmrn2 ada beberapa spot banjir lg naik bmw sedan, muter balik deh ngeri
Dia ga zf 8 speed ya?
Btw kompleks rumah ane asal ujan gede jg pintu gerbangnya banjir om. Ga tinggi sih paling 15cm, masih bisa lewatin tp ane liat2 ke kap mesin bener2 diatas cover penutup bawahnya ada semacem modul kayanya electric power steeringnya ya. Ada kabel2. Itu kalo kena genangan gimana ya? Secara letaknya pendek banget :big_think:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Mulsanne
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Thu Mar 28, 2019 16:12
Location: Bandung

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by Mulsanne »

pendoli wrote: Mon Nov 14, 2022 21:37
Mulsanne wrote: Mon Nov 14, 2022 19:26 Thread yg menarik :big_grin:

Kebetulan sy pake F30 2013 dan X1 2017 neh... memang kalo tenaga, handling msh jauh enakan F30 kemana2... F48 mesin 3cyl tetep ga bohong ada kerasa getaran nya saat start n go..

Tapi kalo buat daily dalam kota rasanya tetep lbh prefer si X1, simply karna GC nya yg tinggi jd lbh pede lewatin jalanan rusak.... dan yg plg menarik konsumsi BBM nya, iriiit bener macam bukan naik BMW :mky_07: :mky_07:
x1 bensin kena berapa om?
Kemaren pas ujan2 gede juga sempet ngebatin kayanya perlu SUV di rumah… trus dapet offer X5 e53 seger harga modal… trus diliatin istri langsung diveto wkwkwk
Kalo di saya dapet 1:11-12 ya :mky_03: lumayan deh kalo dibandingkan ke F30 N20 yg cuma dapet 1:8an
2017 Pajero Sport Dakar
2017 X1 sDrive18i xLine
2017 C200 Avantgarde
Mulsanne
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Thu Mar 28, 2019 16:12
Location: Bandung

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by Mulsanne »

farizfsa wrote: Tue Nov 15, 2022 0:19
Mulsanne wrote: Mon Nov 14, 2022 19:26 Thread yg menarik :big_grin:

Kebetulan sy pake F30 2013 dan X1 2017 neh... memang kalo tenaga, handling msh jauh enakan F30 kemana2... F48 mesin 3cyl tetep ga bohong ada kerasa getaran nya saat start n go..

Tapi kalo buat daily dalam kota rasanya tetep lbh prefer si X1, simply karna GC nya yg tinggi jd lbh pede lewatin jalanan rusak.... dan yg plg menarik konsumsi BBM nya, iriiit bener macam bukan naik BMW :mky_07: :mky_07:
Mesin b38 3 silinder ini irit sih tp ga yang gimana bgt masih ga jauh2 dr 1:10-11. Agak kurang nya di transmisi nya, coba dikasi yg zf 8 speed pasti penyaluran tenaga nya lebih enak

Kmrn2 ada beberapa spot banjir lg naik bmw sedan, muter balik deh ngeri
Bener om di sy dapet 1:11-12 , tp kalo buat ukuran cap baling2 bensin menurut sy udh hora umum sih :mky_01:
Kebetulan sblm nya sempet punya X1 E84 yg mesin N46, dibanding itu sih jauh bener FC nya meanwhile kalo diatas kertas sih tenaga nya msh besaran si F48 ya

soal transmisi setuju malah kadang saat start n go kek berasa agak ngeden ya wkwkwk jauh bgt sama 8ZF.. so far coba2 masih salah satu transmisi paling enak :big_exellent:
2017 Pajero Sport Dakar
2017 X1 sDrive18i xLine
2017 C200 Avantgarde
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2525
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: [review] Sheer Repairing Pleasure: E39 525i 2001 & F30 320i 2018

Post by KielConstantine »

kendibocor wrote: Tue Nov 15, 2022 1:12
farizfsa wrote: Tue Nov 15, 2022 0:19 Kmrn2 ada beberapa spot banjir lg naik bmw sedan, muter balik deh ngeri
ane liat2 ke kap mesin bener2 diatas cover penutup bawahnya ada semacem modul kayanya electric power steeringnya ya. Ada kabel2. Itu kalo kena genangan gimana ya?
Kalo kena??


Minta ganti electric power steering segelondong :mky_03: :mky_03: :mky_03:


Di F30 Pre-LCI sih bgitu beberapa kasus.. yang LCI mustinya ada improvement ya. Namanya aja Life-Cycle-Improvement… Masa kg di improve? :e-eh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: