MG HS Seken Gantiin CX-5... Thoughts?

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Zodiac
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Dec 27, 2012 22:59

Re: MG HS Seken Gantiin CX-5... Thoughts?

Post by Zodiac »

grimjow wrote: Fri Aug 19, 2022 3:15 Mazda beneran dan Mazda gadungan sekarang under payung yang sama PT. EMI
mo share aja om, kemarin abis nanya2 MG Pluit, jadinya:
ATPM MG disini itu PT. SAIC Motor Indonesia
MG Pluit dipegang PT. Tritunggal
MG Kebun Jeruk dipegang Sun Motor
MG BSD dipegang Eurokars

jadi kondisinya mirip MMI dulu, ATPM ga jualan langsung, dealernya split ke beberapa PT.

Or4cle wrote: Fri Aug 19, 2022 5:12 Kalau tidak memikirkan resale value & tidak di keep untuk pemakaian lama, go ahead aja ...
Lagian toh pernah punya CX5, cobain sesuatu yang baru ... apalagi ada 4-5 taon free service + part.
Pboyz97 wrote: Fri Aug 19, 2022 11:55 wah rendah juga ya km cx5 nya, punya saya dulu tahun 2013 pas dijual tahun 2019 kmnya udh 152rb hehehe. back to topic. kalo brand mazda ke mg ya agak downgrade ya, apalagi perlu dibuktikan eksistensinya minimal 4-5 tahun kedepan, apakah akan tetap survive or bernasib sama kaya chevy, ford dan datsun. kalo dari saya, untuk non jepang, bisa lirik sante fe CRDI yg fl tahun 2016-2017. cukup memenuhi kriteria dan upgrade secara kelas dan akomodasi dari CX5. apalagi kalo om TS nya tinggal di jakarta, aftersalesnya masih cukup baik lah menurut saya. atau opsi lain bisa lirik CX5 yg mudaan kaya GT FL 2015-2016 atau AN CX5 Elite yg 2017-2018 , walaupun sama2 dari brand jepang dan merek Mazda hehehe. atau naik kelas ke bmw sekalian seperti f30 or f10 seken hehe karena ya nyari mobil di range harga yg mirip yg enaknya bisa nyamain cx5 cukup sulit , mau gak mau ya emg mesti ke mobkor jaman now , mazda lagi or mobil eropa sekalian hehehe kalo mau upgrade (pengalaman miara CX5 2013 selama 6 tahun dan cx5 2018 selama 3,5 tahun)
sebenernya ane itu tadinya termasuk golongan konservatif soal merk, dari dulu sama sekali ga lirik merk diluar Jepun (Eropa irrelevan karena rejekinya lom sampe sana) dan selalu ambil mobil baru. setelah umur nambah (jadi agak lebih bijak :big_biglaugh: ) dan nimbang2, ya okelah why not coba mobkas sesekali. dan karena uda seken, kenapa gak sekalian nyebur ke 'uncharted territory' which is merk Korea or China, hitung2 sedikit memanfaatkan paradigma 'resale value nyungsep' dimari untuk tahun2 awal.

soal tahun, keknya ane batasin max 2-3 tahun aja om, lebih dari itu feel 'like new' nya uda hilang (at least mentally). rasanya itu compromise yang masuk akal untuk mobkas pertama untuk pemakaian pribadi. kalo buat dagang kek antar barang ya lain ceritanya. kendalanya ya itu, sepertinya Santa Fe dan CX5 muda harganya masi cukup nahan kan ya?

kalo soal hitung2an jajan, pertimbangan ane ini MG kan kebetulan ada free service 4-5 taon sejak pembelian. kalau mau fair perbandingannya antara MG dengan sekenan merk lain yang ga ada coverage itu, by the time 2024-2025 (saat coverage MG habis), uang jajan sekenan merk lain mungkin uda cukup lumayan setelah terakumulasi 2-3 taon (termasuk selisih PKB buat mobil Eropa), dan itulah selisih yang dihemat dengan pilih MG. selisih itu ya bisa buat bantu cover uang jajan MG berbayar (andai ternyata jeng jeng jeng jatuhnya mahal) dan/atau resale value... dengan catatan nasibnya gak jadi total scrap pada saat itu yah :big_cry:

harus diakui kalau menebak2 nasib merk/tipe mobil tertentu di Indonesia memang menarik dan ngeri2 sedap sih :big_biglaugh: inget dulu 2012-13 sewaktu CX5 masuk sini, Mazda baru masuk sekitar 3-4 taonan, dealernya di Kelapa Gading (domisili ane) juga masi nebeng automall yang skrg uda jadi sekolah internasional. kalo ga salah dulu untuk segmen itu cuma ada CRV dan Xtrail. CX5 dengan KODO-nya seperti underdog... fast forward 10 tahun, ATPM boleh cabut, angka salesnya juga jauh dari market leaders, tapi CX5 sendiri sukses, konsep KODOnya di-apply ke model lain, dan sampai sekarang masih populer dan menjadi acuan untuk segmen mid SUV. not saying MG bakal replicate ini sih, dan harus diakui itu tall order.
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: MG HS Seken Gantiin CX-5... Thoughts?

Post by alexand »

pabrikan ngasih free service & garansi 5 tahun sih boleh juga nyari bekasan yg 1-2 tahun, pas 5 tahun jual sebelum keluar penyakit aneh2 :)
timbermaniac123
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 577
Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Voxy

Re: MG HS Seken Gantiin CX-5... Thoughts?

Post by timbermaniac123 »

Zodiac wrote: Fri Aug 19, 2022 19:04
sebenernya ane itu tadinya termasuk golongan konservatif soal merk, dari dulu sama sekali ga lirik merk diluar Jepun (Eropa irrelevan karena rejekinya lom sampe sana) dan selalu ambil mobil baru. setelah umur nambah (jadi agak lebih bijak :big_biglaugh: ) dan nimbang2, ya okelah why not coba mobkas sesekali. dan karena uda seken, kenapa gak sekalian nyebur ke 'uncharted territory' which is merk Korea or China, hitung2 sedikit memanfaatkan paradigma 'resale value nyungsep' dimari untuk tahun2 awal.
beberapa tahun lalu saya juga berpikir seperti itu... lalu ambilah almaz dengan banyak fitur yang menarik (jaman 2019 atpm jepang masih pelit2 kasih fitur, even innova harga 400 jutaan kecuali venturer, fiture safety nya belum lengkap). Setelah tau rata2 mobcin mesinnya boros boros... akhirnya balik ke jepun dan ke depannya males nyentuh mobcin lagi. Soal MG, saya cuma takutnya pas jual udah mau garansi abis, resell value nya tambah jeblok lagi, dan perlu menimbang2 lagi soal sparepart ke depannya.
speedfreak
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07

Re: MG HS Seken Gantiin CX-5... Thoughts?

Post by speedfreak »

Zodiac wrote: Fri Aug 19, 2022 19:04
grimjow wrote: Fri Aug 19, 2022 3:15 Mazda beneran dan Mazda gadungan sekarang under payung yang sama PT. EMI
mo share aja om, kemarin abis nanya2 MG Pluit, jadinya:
ATPM MG disini itu PT. SAIC Motor Indonesia
MG Pluit dipegang PT. Tritunggal
MG Kebun Jeruk dipegang Sun Motor
MG BSD dipegang Eurokars

jadi kondisinya mirip MMI dulu, ATPM ga jualan langsung, dealernya split ke beberapa PT.




sebenernya ane itu tadinya termasuk golongan konservatif soal merk, dari dulu sama sekali ga lirik merk diluar Jepun (Eropa irrelevan karena rejekinya lom sampe sana) dan selalu ambil mobil baru. setelah umur nambah (jadi agak lebih bijak :big_biglaugh: ) dan nimbang2, ya okelah why not coba mobkas sesekali. dan karena uda seken, kenapa gak sekalian nyebur ke 'uncharted territory' which is merk Korea or China, hitung2 sedikit memanfaatkan paradigma 'resale value nyungsep' dimari untuk tahun2 awal.

soal tahun, keknya ane batasin max 2-3 tahun aja om, lebih dari itu feel 'like new' nya uda hilang (at least mentally). rasanya itu compromise yang masuk akal untuk mobkas pertama untuk pemakaian pribadi. kalo buat dagang kek antar barang ya lain ceritanya. kendalanya ya itu, sepertinya Santa Fe dan CX5 muda harganya masi cukup nahan kan ya?

kalo soal hitung2an jajan, pertimbangan ane ini MG kan kebetulan ada free service 4-5 taon sejak pembelian. kalau mau fair perbandingannya antara MG dengan sekenan merk lain yang ga ada coverage itu, by the time 2024-2025 (saat coverage MG habis), uang jajan sekenan merk lain mungkin uda cukup lumayan setelah terakumulasi 2-3 taon (termasuk selisih PKB buat mobil Eropa), dan itulah selisih yang dihemat dengan pilih MG. selisih itu ya bisa buat bantu cover uang jajan MG berbayar (andai ternyata jeng jeng jeng jatuhnya mahal) dan/atau resale value... dengan catatan nasibnya gak jadi total scrap pada saat itu yah :big_cry:

harus diakui kalau menebak2 nasib merk/tipe mobil tertentu di Indonesia memang menarik dan ngeri2 sedap sih :big_biglaugh: inget dulu 2012-13 sewaktu CX5 masuk sini, Mazda baru masuk sekitar 3-4 taonan, dealernya di Kelapa Gading (domisili ane) juga masi nebeng automall yang skrg uda jadi sekolah internasional. kalo ga salah dulu untuk segmen itu cuma ada CRV dan Xtrail. CX5 dengan KODO-nya seperti underdog... fast forward 10 tahun, ATPM boleh cabut, angka salesnya juga jauh dari market leaders, tapi CX5 sendiri sukses, konsep KODOnya di-apply ke model lain, dan sampai sekarang masih populer dan menjadi acuan untuk segmen mid SUV. not saying MG bakal replicate ini sih, dan harus diakui itu tall order.

Kalau boleh saran coba ditestdrive dulu aja om MG HS nya.
Syukur syukur kalau bisa testdrive agak lamaan beberapa jam atau seharian gitu (misalkan pinjam ke relasi / saudara yang mungkin punya MG HS). Nanti setelah merasakan sendiri agak lamaan bisa tau apakah kendaraan nya cocok atau tidak.


Di SM sini sudah pernah ada yang review MG HS kalau gak salah waktu itu orangnya mau beli juga tapi in the end beliau memutuskan membeli mobil merk dan tipe lain.


Saya sendiri jujur tahun 2021 juga sempat melirik MG tapi yang tipe ZS. Gimmick interior dan fitur²nya lumayan membuai dan menarik. Tapi setelah merasakan testdrive sendiri akhirnya menemukan beberapa hal yang kurang cocok lalu akhirnya membulatkan tekad beli veloz Q TSS. Nyesel juga ternyata utk tanjakan si veloz ini kurang joss tapi karena jarang lewat rute tanjakan jd masi aman & selama ini gaada kendala lain.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4195
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: MG HS Seken Gantiin CX-5... Thoughts?

Post by b0ku »

saya sempet di lampu merah di belakang MG kebetulan itu mobil kacanya tembus jd bisa keliatan spion tengah lagi display mobil saya via kamera, waktu itu ud sore agak mau gelap entah kenapa ada pikiran jahat saya nyalain aja lampu mobil saya sampe paling poll biar dia kesilauan kameranya, hasilnya itu spion tengah kesilauan kagak keliatan belakangnya kena sinar mobil saya mau ketawa ngeliatnya :big_biglaugh: