Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

Lolster wrote: Sat Oct 15, 2022 5:08
Suryaputra wrote: Sat Oct 15, 2022 3:54
Lolster wrote: Sat Oct 15, 2022 2:43

Primacy suv lbh bagus kah secara grip and comfort dibanding primacy 4 biasa?
Saya jujur blm pernag nyoba, krn ukurannya jg gak muat di mbl saya :big_biglaugh:

Tp pd dasarnya gini.. Grip dan comfort ini umum nya 2 hal yg cenderung bertolak belakang :big_peace:

Klo konteksnya ipah, ini kan sebetulnya mobil truck dgn sasis ladder berbalut MPV, jd emang cocoknya pakai ban yg cukup robust dan sidewall nya kokoh.
Primacy suv klo dilihat dr profilnya ya biaa fulfill hal ini yah.

Kecuali klo si mbah sukanya ngedrag dan track day, beda cerita, konteksnya gak bisa pakai ban ini :upss:

Masalah nyaman? karakter sasis nya aja udh meredam kontur jalan kasar, jadi no issue.
Lagipula lihat review warga sini, primacy suv juga lbh nyaman dan senyap, dibanding rata" ban seukuran nya.
Noted om hahah jadi tambah bingung deh.

Kalau di upsize 215 pertimbangan saya sih cuman di lebar velg, dia cmn lebar 6 inch. Cek2 di google lebar ban udh max di 205. Udh liat2 review yang pake primacy suv 215/65 R16 di ipah reborn sih katanya aman dan profilnya saya liat jadi lebih penuh dikit. Kalau untuk performance dan konsumsi bbm harusnya ga ngaruh banyak(kecuali yang bensin mungkin).

Saya setuju sama pendapat om ttg primacy suv untuk ladder frame ipah ini, pemikiran saya juga sama begitu. Seharusnya si ipah ini pakai ban suv melihat bobot dan sasis laddernya :big_smile]
Oh upsize yaa.
Ya jgn klo gtu, sesuaikan sm lebar velg

Sbetulnya lihat load indexnya aja mbah.
Ban std pabrik brp ?

Nah ketika ganti merk, dan size sama pastikan load indexnya lebih besar atau sama.

Klo primacy 4 std sih, harusnya di atas atau minimal sama dgn ban OEM nya yah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Lolster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 04, 2022 11:30
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GE8 L15A 2010 + ANKI 2GD 2019

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Lolster »

g4ndr1k wrote: Sat Oct 15, 2022 2:55 Newbie mau tanya ke para suhu.

Ban di mobil sekarang Pirelli P Zero dengan ukuran 275/35 R19 (depan) dan 285/30 R20 (belakang). Kalau mau cari ban dengan ukuran yang sama merk Michelin PS4S atau PS5 di mana ya? Selama ini cari online enggak pernah ketemu. Kalau mau keliling cari offline susah cari waktu. Terima kasih sebelumnya.
Bantu jawab om, coba tanya ke cv pitstop karawaci, ada wa di ignya. Biasa banyak mobil sport and super ganti situ yg ukurannya aneh2, lambo pors dkk. Pilot sport harusnya ready sih, dia distri resmi michelin.

Rencana saya jg mau ganti disitu primacy 4 hehe, harganya bersaing juga
Lolster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 04, 2022 11:30
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GE8 L15A 2010 + ANKI 2GD 2019

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Lolster »

Suryaputra wrote: Sat Oct 15, 2022 5:35
Lolster wrote: Sat Oct 15, 2022 5:08
Suryaputra wrote: Sat Oct 15, 2022 3:54

Saya jujur blm pernag nyoba, krn ukurannya jg gak muat di mbl saya :big_biglaugh:

Tp pd dasarnya gini.. Grip dan comfort ini umum nya 2 hal yg cenderung bertolak belakang :big_peace:

Klo konteksnya ipah, ini kan sebetulnya mobil truck dgn sasis ladder berbalut MPV, jd emang cocoknya pakai ban yg cukup robust dan sidewall nya kokoh.
Primacy suv klo dilihat dr profilnya ya biaa fulfill hal ini yah.

Kecuali klo si mbah sukanya ngedrag dan track day, beda cerita, konteksnya gak bisa pakai ban ini :upss:

Masalah nyaman? karakter sasis nya aja udh meredam kontur jalan kasar, jadi no issue.
Lagipula lihat review warga sini, primacy suv juga lbh nyaman dan senyap, dibanding rata" ban seukuran nya.
Noted om hahah jadi tambah bingung deh.

Kalau di upsize 215 pertimbangan saya sih cuman di lebar velg, dia cmn lebar 6 inch. Cek2 di google lebar ban udh max di 205. Udh liat2 review yang pake primacy suv 215/65 R16 di ipah reborn sih katanya aman dan profilnya saya liat jadi lebih penuh dikit. Kalau untuk performance dan konsumsi bbm harusnya ga ngaruh banyak(kecuali yang bensin mungkin).

Saya setuju sama pendapat om ttg primacy suv untuk ladder frame ipah ini, pemikiran saya juga sama begitu. Seharusnya si ipah ini pakai ban suv melihat bobot dan sasis laddernya :big_smile]
Oh upsize yaa.
Ya jgn klo gtu, sesuaikan sm lebar velg

Sbetulnya lihat load indexnya aja mbah.
Ban std pabrik brp ?

Nah ketika ganti merk, dan size sama pastikan load indexnya lebih besar atau sama.

Klo primacy 4 std sih, harusnya di atas atau minimal sama dgn ban OEM nya yah.
Okee deh om, saya pakai ukuran standar aja.
Udah cek td load indexnya sama sih dunlop enasave dan primacy 4 ukuran 205/65 r16 di 95(SL)
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

Lolster wrote: Sun Oct 16, 2022 7:24
Suryaputra wrote: Sat Oct 15, 2022 5:35
Lolster wrote: Sat Oct 15, 2022 5:08

Noted om hahah jadi tambah bingung deh.

Kalau di upsize 215 pertimbangan saya sih cuman di lebar velg, dia cmn lebar 6 inch. Cek2 di google lebar ban udh max di 205. Udh liat2 review yang pake primacy suv 215/65 R16 di ipah reborn sih katanya aman dan profilnya saya liat jadi lebih penuh dikit. Kalau untuk performance dan konsumsi bbm harusnya ga ngaruh banyak(kecuali yang bensin mungkin).

Saya setuju sama pendapat om ttg primacy suv untuk ladder frame ipah ini, pemikiran saya juga sama begitu. Seharusnya si ipah ini pakai ban suv melihat bobot dan sasis laddernya :big_smile]
Oh upsize yaa.
Ya jgn klo gtu, sesuaikan sm lebar velg

Sbetulnya lihat load indexnya aja mbah.
Ban std pabrik brp ?

Nah ketika ganti merk, dan size sama pastikan load indexnya lebih besar atau sama.

Klo primacy 4 std sih, harusnya di atas atau minimal sama dgn ban OEM nya yah.
Okee deh om, saya pakai ukuran standar aja.
Udah cek td load indexnya sama sih dunlop enasave dan primacy 4 ukuran 205/65 r16 di 95(SL)
Ok primacy better choice jauh lah dibanding dunlop eco :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by evanbngdor »

Lolster wrote: Sat Oct 15, 2022 5:08
Suryaputra wrote: Sat Oct 15, 2022 3:54
Lolster wrote: Sat Oct 15, 2022 2:43

Primacy suv lbh bagus kah secara grip and comfort dibanding primacy 4 biasa?
Saya jujur blm pernag nyoba, krn ukurannya jg gak muat di mbl saya :big_biglaugh:

Tp pd dasarnya gini.. Grip dan comfort ini umum nya 2 hal yg cenderung bertolak belakang :big_peace:

Klo konteksnya ipah, ini kan sebetulnya mobil truck dgn sasis ladder berbalut MPV, jd emang cocoknya pakai ban yg cukup robust dan sidewall nya kokoh.
Primacy suv klo dilihat dr profilnya ya biaa fulfill hal ini yah.

Kecuali klo si mbah sukanya ngedrag dan track day, beda cerita, konteksnya gak bisa pakai ban ini :upss:

Masalah nyaman? karakter sasis nya aja udh meredam kontur jalan kasar, jadi no issue.
Lagipula lihat review warga sini, primacy suv juga lbh nyaman dan senyap, dibanding rata" ban seukuran nya.
Noted om hahah jadi tambah bingung deh.

Kalau di upsize 215 pertimbangan saya sih cuman di lebar velg, dia cmn lebar 6 inch. Cek2 di google lebar ban udh max di 205. Udh liat2 review yang pake primacy suv 215/65 R16 di ipah reborn sih katanya aman dan profilnya saya liat jadi lebih penuh dikit. Kalau untuk performance dan konsumsi bbm harusnya ga ngaruh banyak(kecuali yang bensin mungkin).

Saya setuju sama pendapat om ttg primacy suv untuk ladder frame ipah ini, pemikiran saya juga sama begitu. Seharusnya si ipah ini pakai ban suv melihat bobot dan sasis laddernya :big_smile]
GNKI saya jg dulu pas msh pake velg 15 bawaan itu saya pakein 215/65R15

Meskipun lebar velg jg cuma 6, tp berasa beda sih terutama pas cornering dibanding 205/65R15
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bimzbim »

Minggu lalu ban mobil kiri depan mendadak kempes waktu lagi parkir. Setelah dicek ternyata sobek dibagian tapak.
Berhubung nih ban udah mengabdi 3 tahunan dengan jarak tepuh 56.000, ane pikir ganti sekalian deh semua nya.
O ya, ban yang ane pakek blue earthES32 yokohama. Ban ini karakternya senyap dan empuk. Gripnya bagus di jalanan kering ataupun basah. Kekurangannya ni ban mudah banget kena ranjau paku.
Pengganti yang ane incer, sengaja bukan yokohama lagi. Ane pengen ngerasain ban senyap dan empuk merk lain, yang paling value for money. Setelah baca baca review disini, ane akhirnya nyobain goodyear ATM2. Soal harga, nih ban murah ya menurut ane. Dan setelah dicoba, woooow performa bannya ternyata beneran sesuai dengan yg dikomen disini. Nih ban beneran senyap dan empuk. Rasa jalan di aspal kasar bener bener bisa diredam ama bannya. Getaran yang merambat dari ban berkurang drastis. Jalan dijalanan aspal sampai kecepatan 100 km/jam, ban masih sangat senyap. Kalo dulu audio harus di level 14 kalo jalan di kecepatan 100 km/jam, skrg cukup dievel 12 atau 13.
Tapi ya ini sensasi ban masih baru ya, ga tau bisa bertahan sampai kapan. Overall, nih ban memberi efek drastis peningkatan dikesenyapan dan kenyamanan.
Ada satu kekurangannya menurut saya, bentuk ban ini ga cakep. Ditambah alur bannya yang juga keliatan aneh dari sisi samping.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

bimzbim wrote: Mon Oct 17, 2022 2:50 Minggu lalu ban mobil kiri depan mendadak kempes waktu lagi parkir. Setelah dicek ternyata sobek dibagian tapak.
Berhubung nih ban udah mengabdi 3 tahunan dengan jarak tepuh 56.000, ane pikir ganti sekalian deh semua nya.
O ya, ban yang ane pakek blue earthES32 yokohama. Ban ini karakternya senyap dan empuk. Gripnya bagus di jalanan kering ataupun basah. Kekurangannya ni ban mudah banget kena ranjau paku.
Pengganti yang ane incer, sengaja bukan yokohama lagi. Ane pengen ngerasain ban senyap dan empuk merk lain, yang paling value for money. Setelah baca baca review disini, ane akhirnya nyobain goodyear ATM2. Soal harga, nih ban murah ya menurut ane. Dan setelah dicoba, woooow performa bannya ternyata beneran sesuai dengan yg dikomen disini. Nih ban beneran senyap dan empuk. Rasa jalan di aspal kasar bener bener bisa diredam ama bannya. Getaran yang merambat dari ban berkurang drastis. Jalan dijalanan aspal sampai kecepatan 100 km/jam, ban masih sangat senyap. Kalo dulu audio harus di level 14 kalo jalan di kecepatan 100 km/jam, skrg cukup dievel 12 atau 13.
Tapi ya ini sensasi ban masih baru ya, ga tau bisa bertahan sampai kapan. Overall, nih ban memberi efek drastis peningkatan dikesenyapan dan kenyamanan.
Ada satu kekurangannya menurut saya, bentuk ban ini ga cakep. Ditambah alur bannya yang juga keliatan aneh dari sisi samping.
iya emang secara visual agak kurang ni ban.
hahahaha..

klo secara visual, BS t005A atau LM705 better sih
tapi yg ngeliat orang lain ini :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bimzbim »

Suryaputra wrote: Mon Oct 17, 2022 2:56
bimzbim wrote: Mon Oct 17, 2022 2:50 Minggu lalu ban mobil kiri depan mendadak kempes waktu lagi parkir. Setelah dicek ternyata sobek dibagian tapak.
Berhubung nih ban udah mengabdi 3 tahunan dengan jarak tepuh 56.000, ane pikir ganti sekalian deh semua nya.
O ya, ban yang ane pakek blue earthES32 yokohama. Ban ini karakternya senyap dan empuk. Gripnya bagus di jalanan kering ataupun basah. Kekurangannya ni ban mudah banget kena ranjau paku.
Pengganti yang ane incer, sengaja bukan yokohama lagi. Ane pengen ngerasain ban senyap dan empuk merk lain, yang paling value for money. Setelah baca baca review disini, ane akhirnya nyobain goodyear ATM2. Soal harga, nih ban murah ya menurut ane. Dan setelah dicoba, woooow performa bannya ternyata beneran sesuai dengan yg dikomen disini. Nih ban beneran senyap dan empuk. Rasa jalan di aspal kasar bener bener bisa diredam ama bannya. Getaran yang merambat dari ban berkurang drastis. Jalan dijalanan aspal sampai kecepatan 100 km/jam, ban masih sangat senyap. Kalo dulu audio harus di level 14 kalo jalan di kecepatan 100 km/jam, skrg cukup dievel 12 atau 13.
Tapi ya ini sensasi ban masih baru ya, ga tau bisa bertahan sampai kapan. Overall, nih ban memberi efek drastis peningkatan dikesenyapan dan kenyamanan.
Ada satu kekurangannya menurut saya, bentuk ban ini ga cakep. Ditambah alur bannya yang juga keliatan aneh dari sisi samping.
iya emang secara visual agak kurang ni ban.
hahahaha..

klo secara visual, BS t005A atau LM705 better sih
tapi yg ngeliat orang lain ini :big_biglaugh:
Sebenernya rada maju mundur waktu milih antara LM705 ama ATM2. Kalo BS T005A udah ane coret dari awal. Ane sebelunya pemake Turanza AR20. Nih AR20 dulu reviewnya katanya ban senyap dan empuk. Tapi ane malah ngerasa nih ban berisik dan ga bisa ngeredam getaran khas jalanan aspal kasar, tapi keawetannya emang jempolan. Jadi udah udah ga percaya ama BS buat empuk dan senyap.
User avatar
gils
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 532
Joined: Mon Jun 03, 2013 18:49
Location: Jakarta-Bandung (via Tol)
Daily Vehicle: 2009 Toyota Vellfire

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by gils »

bimzbim wrote: Mon Oct 17, 2022 3:45
Suryaputra wrote: Mon Oct 17, 2022 2:56
bimzbim wrote: Mon Oct 17, 2022 2:50 Minggu lalu ban mobil kiri depan mendadak kempes waktu lagi parkir. Setelah dicek ternyata sobek dibagian tapak.
Berhubung nih ban udah mengabdi 3 tahunan dengan jarak tepuh 56.000, ane pikir ganti sekalian deh semua nya.
O ya, ban yang ane pakek blue earthES32 yokohama. Ban ini karakternya senyap dan empuk. Gripnya bagus di jalanan kering ataupun basah. Kekurangannya ni ban mudah banget kena ranjau paku.
Pengganti yang ane incer, sengaja bukan yokohama lagi. Ane pengen ngerasain ban senyap dan empuk merk lain, yang paling value for money. Setelah baca baca review disini, ane akhirnya nyobain goodyear ATM2. Soal harga, nih ban murah ya menurut ane. Dan setelah dicoba, woooow performa bannya ternyata beneran sesuai dengan yg dikomen disini. Nih ban beneran senyap dan empuk. Rasa jalan di aspal kasar bener bener bisa diredam ama bannya. Getaran yang merambat dari ban berkurang drastis. Jalan dijalanan aspal sampai kecepatan 100 km/jam, ban masih sangat senyap. Kalo dulu audio harus di level 14 kalo jalan di kecepatan 100 km/jam, skrg cukup dievel 12 atau 13.
Tapi ya ini sensasi ban masih baru ya, ga tau bisa bertahan sampai kapan. Overall, nih ban memberi efek drastis peningkatan dikesenyapan dan kenyamanan.
Ada satu kekurangannya menurut saya, bentuk ban ini ga cakep. Ditambah alur bannya yang juga keliatan aneh dari sisi samping.
iya emang secara visual agak kurang ni ban.
hahahaha..

klo secara visual, BS t005A atau LM705 better sih
tapi yg ngeliat orang lain ini :big_biglaugh:
Sebenernya rada maju mundur waktu milih antara LM705 ama ATM2. Kalo BS T005A udah ane coret dari awal. Ane sebelunya pemake Turanza AR20. Nih AR20 dulu reviewnya katanya ban senyap dan empuk. Tapi ane malah ngerasa nih ban berisik dan ga bisa ngeredam getaran khas jalanan aspal kasar, tapi keawetannya emang jempolan. Jadi udah udah ga percaya ama BS buat empuk dan senyap.
Nah ini ane lagi bingung nih mau sikat lm705 atau GY ATM, buat vellfire. GY atm sih harga nya menggiurkan bgt, 900an ga sampe sejuta.. kayanya boleh jg ya GY ATM, kebetulan stock nya ada di dket rumah, mau LM705 atau GY ATM
For everything, there is a season, there is a reason...

2009 Toyota Vellfire
2010 Honda Jazz RS
Lolster
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Aug 04, 2022 11:30
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GE8 L15A 2010 + ANKI 2GD 2019

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Lolster »

evanbngdor wrote: Mon Oct 17, 2022 1:30
Lolster wrote: Sat Oct 15, 2022 5:08
Suryaputra wrote: Sat Oct 15, 2022 3:54

Saya jujur blm pernag nyoba, krn ukurannya jg gak muat di mbl saya :big_biglaugh:

Tp pd dasarnya gini.. Grip dan comfort ini umum nya 2 hal yg cenderung bertolak belakang :big_peace:

Klo konteksnya ipah, ini kan sebetulnya mobil truck dgn sasis ladder berbalut MPV, jd emang cocoknya pakai ban yg cukup robust dan sidewall nya kokoh.
Primacy suv klo dilihat dr profilnya ya biaa fulfill hal ini yah.

Kecuali klo si mbah sukanya ngedrag dan track day, beda cerita, konteksnya gak bisa pakai ban ini :upss:

Masalah nyaman? karakter sasis nya aja udh meredam kontur jalan kasar, jadi no issue.
Lagipula lihat review warga sini, primacy suv juga lbh nyaman dan senyap, dibanding rata" ban seukuran nya.
Noted om hahah jadi tambah bingung deh.

Kalau di upsize 215 pertimbangan saya sih cuman di lebar velg, dia cmn lebar 6 inch. Cek2 di google lebar ban udh max di 205. Udh liat2 review yang pake primacy suv 215/65 R16 di ipah reborn sih katanya aman dan profilnya saya liat jadi lebih penuh dikit. Kalau untuk performance dan konsumsi bbm harusnya ga ngaruh banyak(kecuali yang bensin mungkin).

Saya setuju sama pendapat om ttg primacy suv untuk ladder frame ipah ini, pemikiran saya juga sama begitu. Seharusnya si ipah ini pakai ban suv melihat bobot dan sasis laddernya :big_smile]
GNKI saya jg dulu pas msh pake velg 15 bawaan itu saya pakein 215/65R15

Meskipun lebar velg jg cuma 6, tp berasa beda sih terutama pas cornering dibanding 205/65R15
Lebih positif ya berarti handlingnya om?

Untuk sisi safety apa ada yang pengaruh, atau fine fine aja selama dipake?
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bimzbim »

gils wrote: Mon Oct 17, 2022 4:04
bimzbim wrote: Mon Oct 17, 2022 3:45
Suryaputra wrote: Mon Oct 17, 2022 2:56

iya emang secara visual agak kurang ni ban.
hahahaha..

klo secara visual, BS t005A atau LM705 better sih
tapi yg ngeliat orang lain ini :big_biglaugh:
Sebenernya rada maju mundur waktu milih antara LM705 ama ATM2. Kalo BS T005A udah ane coret dari awal. Ane sebelunya pemake Turanza AR20. Nih AR20 dulu reviewnya katanya ban senyap dan empuk. Tapi ane malah ngerasa nih ban berisik dan ga bisa ngeredam getaran khas jalanan aspal kasar, tapi keawetannya emang jempolan. Jadi udah udah ga percaya ama BS buat empuk dan senyap.
Nah ini ane lagi bingung nih mau sikat lm705 atau GY ATM, buat vellfire. GY atm sih harga nya menggiurkan bgt, 900an ga sampe sejuta.. kayanya boleh jg ya GY ATM, kebetulan stock nya ada di dket rumah, mau LM705 atau GY ATM
kao saya pilih ATM2 karena tokonya deket ama rumah (roda mas) :big_peace: . Ane mundur dari LM705 karena baca di "tyrereview", wet grip nya LM705 horor. Soalnya kita hidup di negara yang hujan mulu
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by evanbngdor »

Lolster wrote: Mon Oct 17, 2022 4:26
evanbngdor wrote: Mon Oct 17, 2022 1:30
Lolster wrote: Sat Oct 15, 2022 5:08

Noted om hahah jadi tambah bingung deh.

Kalau di upsize 215 pertimbangan saya sih cuman di lebar velg, dia cmn lebar 6 inch. Cek2 di google lebar ban udh max di 205. Udh liat2 review yang pake primacy suv 215/65 R16 di ipah reborn sih katanya aman dan profilnya saya liat jadi lebih penuh dikit. Kalau untuk performance dan konsumsi bbm harusnya ga ngaruh banyak(kecuali yang bensin mungkin).

Saya setuju sama pendapat om ttg primacy suv untuk ladder frame ipah ini, pemikiran saya juga sama begitu. Seharusnya si ipah ini pakai ban suv melihat bobot dan sasis laddernya :big_smile]
GNKI saya jg dulu pas msh pake velg 15 bawaan itu saya pakein 215/65R15

Meskipun lebar velg jg cuma 6, tp berasa beda sih terutama pas cornering dibanding 205/65R15
Lebih positif ya berarti handlingnya om?

Untuk sisi safety apa ada yang pengaruh, atau fine fine aja selama dipake?
Safety dalam hal apa maksudnya nih Om?

Yg jelas secara overall kan ban jd lebih tebel sedikit. Potensi velg peyang ya lebih kecil
:mky_03:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

gils wrote: Mon Oct 17, 2022 4:04
bimzbim wrote: Mon Oct 17, 2022 3:45
Suryaputra wrote: Mon Oct 17, 2022 2:56

iya emang secara visual agak kurang ni ban.
hahahaha..

klo secara visual, BS t005A atau LM705 better sih
tapi yg ngeliat orang lain ini :big_biglaugh:
Sebenernya rada maju mundur waktu milih antara LM705 ama ATM2. Kalo BS T005A udah ane coret dari awal. Ane sebelunya pemake Turanza AR20. Nih AR20 dulu reviewnya katanya ban senyap dan empuk. Tapi ane malah ngerasa nih ban berisik dan ga bisa ngeredam getaran khas jalanan aspal kasar, tapi keawetannya emang jempolan. Jadi udah udah ga percaya ama BS buat empuk dan senyap.
Nah ini ane lagi bingung nih mau sikat lm705 atau GY ATM, buat vellfire. GY atm sih harga nya menggiurkan bgt, 900an ga sampe sejuta.. kayanya boleh jg ya GY ATM, kebetulan stock nya ada di dket rumah, mau LM705 atau GY ATM
Gass GY ATM 2

Klo budget berlebih, micin primacy 4 boleh lahh diicip2 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by evanbngdor »

bimzbim wrote: Mon Oct 17, 2022 4:28
gils wrote: Mon Oct 17, 2022 4:04
bimzbim wrote: Mon Oct 17, 2022 3:45
Sebenernya rada maju mundur waktu milih antara LM705 ama ATM2. Kalo BS T005A udah ane coret dari awal. Ane sebelunya pemake Turanza AR20. Nih AR20 dulu reviewnya katanya ban senyap dan empuk. Tapi ane malah ngerasa nih ban berisik dan ga bisa ngeredam getaran khas jalanan aspal kasar, tapi keawetannya emang jempolan. Jadi udah udah ga percaya ama BS buat empuk dan senyap.
Nah ini ane lagi bingung nih mau sikat lm705 atau GY ATM, buat vellfire. GY atm sih harga nya menggiurkan bgt, 900an ga sampe sejuta.. kayanya boleh jg ya GY ATM, kebetulan stock nya ada di dket rumah, mau LM705 atau GY ATM
kao saya pilih ATM2 karena tokonya deket ama rumah (roda mas) :big_peace: . Ane mundur dari LM705 karena baca di "tyrereview", wet grip nya LM705 horor. Soalnya kita hidup di negara yang hujan mulu
Sebagai pengguna LM705 di ladder frame sih so far saya ngga pernah dan jangan sampe ada pengalaman buruk dalam wet grip ya Om.

Kebetulan akhir2 ini emang ujan nya ngga kira2 deresnya, grip nya so far so good sih, di lingkar exit tol gitu speed 60an ngga ada gejala melintir. Mau high speed >100 km/jam di jalan tol cor pas hujan jg aman2 aja

Kondisi ban entah berapa % yg jelas udah jalan 20rb km lebih
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by FRD »

A59C2ACF-55B4-4210-91AE-A7084C3D7D54.jpeg
akhirnya ambil Lm705 195/70-14, dengan pertimbangan:

1. gampang cari stok dan ukurannya
2. dapet harga yg ckp terjangkau (740rb per pcs, udah coba kontak bbrp toko ban di Tulungagung / Malang rata2 pd buka di 765rb ke atas)
3. bisa memenuhin keinginan sy buat upsize ke 195/70-14 dari yg aslinya 185/70-14
4. ban yg all rounder, konon ga sesenyap CC6, tp untuk wet grip msh unggul Lm705, berhubung skrg lg musim hujan, jd kayanya lebih bijak ambil yg all rounder meskipun hrs sedikit mengorbankan kenyamanan yg lebih unggul di CC6
5. dapet stok fresh produksi mgg ke 34 th 2022, alias sekitaran bln agustus kmrn, baru umur 2 bln.. ini jd poin plus aja sih, krn mobil sy jrg jalan, jd bs lebih lama pake bannya drpd ambil merk lain yg kalah d umur bannya..

sedikit first impression pakai Lm705 setelah jalan kurleb 150km..

poin plus:
1. senyap banget! compare to SP10 bawaan avanza yg udh berumur 8th meskipun odometer baru jalan 40rb km
2. empuk! mungkin krn pengaruh upsize juga kali ya..
3. setir jd enteng, bingung jg yg ini, harusnya jd lebih berat krn upsize, ini sy rasa kok malah jd lebih enteng.. mobilio upsize ke 195/65-15 pake enasave jg setir malah jd berat dibanding std, ini di avanza upsize ban malah jd lebih enteng.. hahaha
4. wet grip cukup memadai, td sempet kena lubang pas di jalan basah, mobil pantatny sampai geser, begitu koreksi setir lsg bisa dikendalikan lg arah mobilnya, hampir aja nyium pantat truk kalo sampe nga bs koreksi setir.. pernah kejadian hal yg sm wkt pake SP10 rasanya ky nga sedirect dibanding pake Lm705

poin minusnya:
1. 1ply sidewall! ya ini cukup bikin was was sih, buat sy yg nyetir nya terjang sana sini + kdg kl parkir mepet trotoar jd bikin kurang pede aja. takut pecah sidewallnya krn cuma 1ply, tp dibandingkan SP10 rasanya lebih tebal sidewallnya 705
2. 705 ini rasanya lbh membal ketika di jalan keriting (tambelan / lubang), membalnya bikin badan jd kelempar2, hal yg seperti itu blm sy alamin ketika pake SP10 / Ecopia / Enasave / Turanza ER33 dan T005A / Michelin Primacy 4 / Hankook Ventus Prime 3 / GT Savero SUV / Dunlop Grandtrek (tp ini bs jd byk faktor, mungkin kaki2 mbl sy yg sudah minta jajan krn faktor usia, atau mmg karakter 705 yg ky gini?) ohya, ini td pake tekanan 35psi rata.. atau mungkin krn tekanannya ketinggian jd berasa lebih membal ya?

sekian review amatir tp jujur dari nubie (krn nga diendorse :upss:), mohon maaf apabila ada kesalahpahaman dalam pemilihan kata2 :big_peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:big_smoking:
bangsaun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Apr 16, 2017 14:45
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Motorcycle

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bangsaun »

Pagi semuanya,

Mau tanya orangtua saya ada Suzuki APV tipe L tahun 2007. Sekarang ini ban bawaan yaitu Bridgestone Techno dengan ukuran 185/80 R14. Ban bawaan dari dealer yaitu Bridgestone Techno. Februari 2016 baru ganti ban ke merk dan tipe yang sama. Rencananya tahun ini akan ganti ban karena usia ban hampir 7 tahun. Rencana akan ganti ban dengan Goodyear Assurance TripleMax 2/Goodyear Assurance Duraplus 2, karena saya baca2 lumayan bagus dibanding ban Bridgestone Techno. Tetapi untuk kedua tipe ban tersebut tidak ada ukuran yang 185/80 R14.

Goodyear Assurance TripleMax 2: 185/65 R14
Goodyear Assurance Duraplus 2 : 185/70 R14

Pertanyaannya aman ga ya klo ganti beda ukuran dengan bawaan dari pabrikannya? Maaf pertanyaannya newbie, karena baru dikasih kepercayaan sm orangtua untuk urus mobil. Atau bisa rekomendasikan ban yang selain yang saya sebutkan diatas.

Terimakasih.
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by evanbngdor »

FRD wrote: Wed Oct 19, 2022 17:27 A59C2ACF-55B4-4210-91AE-A7084C3D7D54.jpeg

akhirnya ambil Lm705 195/70-14, dengan pertimbangan:

1. gampang cari stok dan ukurannya
2. dapet harga yg ckp terjangkau (740rb per pcs, udah coba kontak bbrp toko ban di Tulungagung / Malang rata2 pd buka di 765rb ke atas)
3. bisa memenuhin keinginan sy buat upsize ke 195/70-14 dari yg aslinya 185/70-14
4. ban yg all rounder, konon ga sesenyap CC6, tp untuk wet grip msh unggul Lm705, berhubung skrg lg musim hujan, jd kayanya lebih bijak ambil yg all rounder meskipun hrs sedikit mengorbankan kenyamanan yg lebih unggul di CC6
5. dapet stok fresh produksi mgg ke 34 th 2022, alias sekitaran bln agustus kmrn, baru umur 2 bln.. ini jd poin plus aja sih, krn mobil sy jrg jalan, jd bs lebih lama pake bannya drpd ambil merk lain yg kalah d umur bannya..

sedikit first impression pakai Lm705 setelah jalan kurleb 150km..

poin plus:
1. senyap banget! compare to SP10 bawaan avanza yg udh berumur 8th meskipun odometer baru jalan 40rb km
2. empuk! mungkin krn pengaruh upsize juga kali ya..
3. setir jd enteng, bingung jg yg ini, harusnya jd lebih berat krn upsize, ini sy rasa kok malah jd lebih enteng.. mobilio upsize ke 195/65-15 pake enasave jg setir malah jd berat dibanding std, ini di avanza upsize ban malah jd lebih enteng.. hahaha
4. wet grip cukup memadai, td sempet kena lubang pas di jalan basah, mobil pantatny sampai geser, begitu koreksi setir lsg bisa dikendalikan lg arah mobilnya, hampir aja nyium pantat truk kalo sampe nga bs koreksi setir.. pernah kejadian hal yg sm wkt pake SP10 rasanya ky nga sedirect dibanding pake Lm705

poin minusnya:
1. 1ply sidewall! ya ini cukup bikin was was sih, buat sy yg nyetir nya terjang sana sini + kdg kl parkir mepet trotoar jd bikin kurang pede aja. takut pecah sidewallnya krn cuma 1ply, tp dibandingkan SP10 rasanya lebih tebal sidewallnya 705
2. 705 ini rasanya lbh membal ketika di jalan keriting (tambelan / lubang), membalnya bikin badan jd kelempar2, hal yg seperti itu blm sy alamin ketika pake SP10 / Ecopia / Enasave / Turanza ER33 dan T005A / Michelin Primacy 4 / Hankook Ventus Prime 3 / GT Savero SUV / Dunlop Grandtrek (tp ini bs jd byk faktor, mungkin kaki2 mbl sy yg sudah minta jajan krn faktor usia, atau mmg karakter 705 yg ky gini?) ohya, ini td pake tekanan 35psi rata.. atau mungkin krn tekanannya ketinggian jd berasa lebih membal ya?

sekian review amatir tp jujur dari nubie (krn nga diendorse :upss:), mohon maaf apabila ada kesalahpahaman dalam pemilihan kata2 :big_peace:
Setir jd enteng bisa jadi karena faktor setelan spooring, faktor kompon karet ban, sama faktor tekanan angin. Kebetulan saya juga mengalami hal yg serupa tp ngga signifikan

Membal atau keras Om? Soalnya tekanan 35 rata itu udah pasti di atas standar bawaaan pabrik, dan ideal nya kalau ganti ukuran ban itu tekanan angin nya mesti disesuaikan juga ngga bisa disamakan, ada kok di google matrix tekanan angin itu
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1404
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by AbdulHakim »

bangsaun wrote: Thu Oct 20, 2022 1:51 Pagi semuanya,

Mau tanya orangtua saya ada Suzuki APV tipe L tahun 2007. Sekarang ini ban bawaan yaitu Bridgestone Techno dengan ukuran 185/80 R14. Ban bawaan dari dealer yaitu Bridgestone Techno. Februari 2016 baru ganti ban ke merk dan tipe yang sama. Rencananya tahun ini akan ganti ban karena usia ban hampir 7 tahun. Rencana akan ganti ban dengan Goodyear Assurance TripleMax 2/Goodyear Assurance Duraplus 2, karena saya baca2 lumayan bagus dibanding ban Bridgestone Techno. Tetapi untuk kedua tipe ban tersebut tidak ada ukuran yang 185/80 R14.

Goodyear Assurance TripleMax 2: 185/65 R14
Goodyear Assurance Duraplus 2 : 185/70 R14

Pertanyaannya aman ga ya klo ganti beda ukuran dengan bawaan dari pabrikannya? Maaf pertanyaannya newbie, karena baru dikasih kepercayaan sm orangtua untuk urus mobil. Atau bisa rekomendasikan ban yang selain yang saya sebutkan diatas.

Terimakasih.
cari yg size nya sama aja om.
80 turun ke 70 apalagi 65 jadinya lebih tipis, ntar komplain lagi ortu kok rasanya jadi agak keras ya.
tapi namanya ban baru pasti sensasinya empuk pas masih baru, lha wong karetnya masih kenyal :big_biglaugh:
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by suketcell »

bangsaun wrote: Thu Oct 20, 2022 1:51 Pagi semuanya,

Mau tanya orangtua saya ada Suzuki APV tipe L tahun 2007. Sekarang ini ban bawaan yaitu Bridgestone Techno dengan ukuran 185/80 R14. Ban bawaan dari dealer yaitu Bridgestone Techno. Februari 2016 baru ganti ban ke merk dan tipe yang sama. Rencananya tahun ini akan ganti ban karena usia ban hampir 7 tahun. Rencana akan ganti ban dengan Goodyear Assurance TripleMax 2/Goodyear Assurance Duraplus 2, karena saya baca2 lumayan bagus dibanding ban Bridgestone Techno. Tetapi untuk kedua tipe ban tersebut tidak ada ukuran yang 185/80 R14.

Goodyear Assurance TripleMax 2: 185/65 R14
Goodyear Assurance Duraplus 2 : 185/70 R14

Pertanyaannya aman ga ya klo ganti beda ukuran dengan bawaan dari pabrikannya? Maaf pertanyaannya newbie, karena baru dikasih kepercayaan sm orangtua untuk urus mobil. Atau bisa rekomendasikan ban yang selain yang saya sebutkan diatas.

Terimakasih.
Aman kalo ga terlalu ekstrem, ada perhitungannya kok
kalo mau ubah dari standar, cuma lupa
:big_biglaugh:

Better size yg sama aja Hu...
Alternatif lain,
Hankook Kinergy Eco (600an/pcs)

:big_peace:
bangsaun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Apr 16, 2017 14:45
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Motorcycle

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bangsaun »

suketcell wrote: Thu Oct 20, 2022 2:14
bangsaun wrote: Thu Oct 20, 2022 1:51 Pagi semuanya,

Mau tanya orangtua saya ada Suzuki APV tipe L tahun 2007. Sekarang ini ban bawaan yaitu Bridgestone Techno dengan ukuran 185/80 R14. Ban bawaan dari dealer yaitu Bridgestone Techno. Februari 2016 baru ganti ban ke merk dan tipe yang sama. Rencananya tahun ini akan ganti ban karena usia ban hampir 7 tahun. Rencana akan ganti ban dengan Goodyear Assurance TripleMax 2/Goodyear Assurance Duraplus 2, karena saya baca2 lumayan bagus dibanding ban Bridgestone Techno. Tetapi untuk kedua tipe ban tersebut tidak ada ukuran yang 185/80 R14.

Goodyear Assurance TripleMax 2: 185/65 R14
Goodyear Assurance Duraplus 2 : 185/70 R14

Pertanyaannya aman ga ya klo ganti beda ukuran dengan bawaan dari pabrikannya? Maaf pertanyaannya newbie, karena baru dikasih kepercayaan sm orangtua untuk urus mobil. Atau bisa rekomendasikan ban yang selain yang saya sebutkan diatas.

Terimakasih.
Aman kalo ga terlalu ekstrem, ada perhitungannya kok
kalo mau ubah dari standar, cuma lupa
:big_biglaugh:

Better size yg sama aja Hu...
Alternatif lain,
Hankook Kinergy Eco (600an/pcs)

:big_peace:
Ohiya setelah saya cek ada ukuran 185/80 R14 utk Hankook Kinergy Eco2. Tapi ban tersebut lebih bagus atau sama aja ya kyk Bridgestone Techno? Kyknya mirip2 kyk Enasave atau Ecopia ya?
suketcell
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 198
Joined: Sun Jun 02, 2019 14:31
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Honda

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by suketcell »

bangsaun wrote: Thu Oct 20, 2022 2:33 Ohiya setelah saya cek ada ukuran 185/80 R14 utk Hankook Kinergy Eco2. Tapi ban tersebut lebih bagus atau sama aja ya kyk Bridgestone Techno? Kyknya mirip2 kyk Enasave atau Ecopia ya?
Enasave Dunlop emang ada ukurannya Om? Bukannya SP touring R1?
Urut dari termurah ..
SP Touring 580K
Hankook 650K
BS Techno 760K
BS Ecopi(t)a(k) 830K
BS Techno 258 900K

Ada Achilles 700K, tapi jarang baca dipake warga sini yg 185/80/14
Kalo saya pribadi, prefer hankook, empuk - silent.
BS cenderung awet sih, tapi ya agak berisik, keras
(butt-o-meter orang beda2 ya)
:big_peace:

CMIIW
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by FRD »

evanbngdor wrote: Thu Oct 20, 2022 2:03 Setir jd enteng bisa jadi karena faktor setelan spooring, faktor kompon karet ban, sama faktor tekanan angin. Kebetulan saya juga mengalami hal yg serupa tp ngga signifikan

Membal atau keras Om? Soalnya tekanan 35 rata itu udah pasti di atas standar bawaaan pabrik, dan ideal nya kalau ganti ukuran ban itu tekanan angin nya mesti disesuaikan juga ngga bisa disamakan, ada kok di google matrix tekanan angin itu
membal om, kepental2 gitu pas kena jalan keriting wkt kecepatan 40-60kmh..

barusan ngurangin tekanan ban jd 33psi, yaaa lumayaan ga sekeras kemarin wkt 35.. trs jg td sekalian spooring, stir juga tetep enteng, kynya emg faktor kompon karet bannya yg bikin stir jd enteng dibanding wkt pake sp10
:big_smoking:
bangsaun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: Sun Apr 16, 2017 14:45
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Motorcycle

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bangsaun »

suketcell wrote: Thu Oct 20, 2022 5:24
bangsaun wrote: Thu Oct 20, 2022 2:33 Ohiya setelah saya cek ada ukuran 185/80 R14 utk Hankook Kinergy Eco2. Tapi ban tersebut lebih bagus atau sama aja ya kyk Bridgestone Techno? Kyknya mirip2 kyk Enasave atau Ecopia ya?
Enasave Dunlop emang ada ukurannya Om? Bukannya SP touring R1?
Urut dari termurah ..
SP Touring 580K
Hankook 650K
BS Techno 760K
BS Ecopi(t)a(k) 830K
BS Techno 258 900K

Ada Achilles 700K, tapi jarang baca dipake warga sini yg 185/80/14
Kalo saya pribadi, prefer hankook, empuk - silent.
BS cenderung awet sih, tapi ya agak berisik, keras
(butt-o-meter orang beda2 ya)
:big_peace:

CMIIW
Kurang tausi om klo Enasave ada ukuran nya atau ga, blm ngecek soalnya. Maksudnya mirip tuh kategori ban nya om :big_grin:
Om berarti udh pernah pakai Hankook Kinergy Eco2 berarti ya?

Soalnya mobil jarang pakai sih om, ini aja mobil udh 15 tahun pakai baru ganti ban sekali :big_grin:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

bangsaun wrote: Thu Oct 20, 2022 6:21
suketcell wrote: Thu Oct 20, 2022 5:24
bangsaun wrote: Thu Oct 20, 2022 2:33 Ohiya setelah saya cek ada ukuran 185/80 R14 utk Hankook Kinergy Eco2. Tapi ban tersebut lebih bagus atau sama aja ya kyk Bridgestone Techno? Kyknya mirip2 kyk Enasave atau Ecopia ya?
Enasave Dunlop emang ada ukurannya Om? Bukannya SP touring R1?
Urut dari termurah ..
SP Touring 580K
Hankook 650K
BS Techno 760K
BS Ecopi(t)a(k) 830K
BS Techno 258 900K

Ada Achilles 700K, tapi jarang baca dipake warga sini yg 185/80/14
Kalo saya pribadi, prefer hankook, empuk - silent.
BS cenderung awet sih, tapi ya agak berisik, keras
(butt-o-meter orang beda2 ya)
:big_peace:

CMIIW
Kurang tausi om klo Enasave ada ukuran nya atau ga, blm ngecek soalnya. Maksudnya mirip tuh kategori ban nya om :big_grin:
Om berarti udh pernah pakai Hankook Kinergy Eco2 berarti ya?

Soalnya mobil jarang pakai sih om, ini aja mobil udh 15 tahun pakai baru ganti ban sekali :big_grin:
enasave 300+ sekelas sm hankook kinergy eco2.
jd klopun ada keunggulan masing", ya plus minus lah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bimzbim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Wed Dec 06, 2017 6:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by bimzbim »

bangsaun wrote: Thu Oct 20, 2022 1:51 Pagi semuanya,

Mau tanya orangtua saya ada Suzuki APV tipe L tahun 2007. Sekarang ini ban bawaan yaitu Bridgestone Techno dengan ukuran 185/80 R14. Ban bawaan dari dealer yaitu Bridgestone Techno. Februari 2016 baru ganti ban ke merk dan tipe yang sama. Rencananya tahun ini akan ganti ban karena usia ban hampir 7 tahun. Rencana akan ganti ban dengan Goodyear Assurance TripleMax 2/Goodyear Assurance Duraplus 2, karena saya baca2 lumayan bagus dibanding ban Bridgestone Techno. Tetapi untuk kedua tipe ban tersebut tidak ada ukuran yang 185/80 R14.

Goodyear Assurance TripleMax 2: 185/65 R14
Goodyear Assurance Duraplus 2 : 185/70 R14

Pertanyaannya aman ga ya klo ganti beda ukuran dengan bawaan dari pabrikannya? Maaf pertanyaannya newbie, karena baru dikasih kepercayaan sm orangtua untuk urus mobil. Atau bisa rekomendasikan ban yang selain yang saya sebutkan diatas.

Terimakasih.
Ban awalnya punya profil tebal 80 ya. Biasanya sih ini ban dipake buat kendaraan yang ekspektasinya ngangkut beban beban berat ya, alias armada angkut.
Kalo dari profil 80 turun ke 65 atau 70 untuk kendaraan APV, menurut ane sih aman ajah. Toh APV fungsinya buat angkut penumpang kan ya, kapasitasnya pun standar untuk 7 penumpang.