Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

xfraps wrote: Sun Oct 01, 2023 18:36 sharing dikit, abis ganti ban depan ke lm705 ukuran 225/55/17 (sblm nya turanza)

-pas lewat jalan kriting rasa nya stabil/tenang, sblm nya narik2 liar gitu
buat nyalip2 jadi lebih pede
-untuk ke-empukan nya, masih empukan lm705
-trus ini ban, kalo kita injek gas terus lepas, dengan speed yg sama, lebih meluncur/nyelonong
alhasil ngerem harus lebih niat :big_biglaugh: ,
ini faktor rolling resistance ya? ane kurang paham klo ini :mky_01:
Karakter nyaman ban asli untuk daily use, ketauan setelah 5rb km ke atas.

Krn klo skrg, lbh ke efek ban lama, mendekati TWI, pasti lbh berisik... trus ganti ban baru.

Yg penting jaga tekanan ban jgn di bawah 32 psi.
Max 40 psi.

Rentangnya 32 ~ 40 psi
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 0:12
Karakter nyaman ban asli untuk daily use, ketauan setelah 5rb km ke atas.

Krn klo skrg, lbh ke efek ban lama, mendekati TWI, pasti lbh berisik... trus ganti ban baru.

Yg penting jaga tekanan ban jgn di bawah 32 psi.
Max 40 psi.

Rentangnya 32 ~ 40 psi
om.. kenapa ya kalo ban setir venturer dan pjs saya, selalu nih habis di sisi kiri dan kanannya saja? alur ban di tengah mungkin masih 30%.
venturer dulu bawaan dunlop apa deh lupa. trus saya ganti alenza juga gitu. skrg pake lm705
kalo pajero lupa dah dunlop apa gitu

eh lupa post. tekanan angin selalu rata 35-36
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Mon Oct 02, 2023 1:57
Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 0:12
Karakter nyaman ban asli untuk daily use, ketauan setelah 5rb km ke atas.

Krn klo skrg, lbh ke efek ban lama, mendekati TWI, pasti lbh berisik... trus ganti ban baru.

Yg penting jaga tekanan ban jgn di bawah 32 psi.
Max 40 psi.

Rentangnya 32 ~ 40 psi
om.. kenapa ya kalo ban setir venturer dan pjs saya, selalu nih habis di sisi kiri dan kanannya saja? alur ban di tengah mungkin masih 30%.
venturer dulu bawaan dunlop apa deh lupa. trus saya ganti alenza juga gitu. skrg pake lm705
kalo pajero lupa dah dunlop apa gitu

eh lupa post. tekanan angin selalu rata 35-36
Habisnya bagian luar?
Atau dalam ban?

Cb cek aja sudut chambernya gmn mbah

Image
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 2:06
iamwewe wrote: Mon Oct 02, 2023 1:57
Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 0:12
Karakter nyaman ban asli untuk daily use, ketauan setelah 5rb km ke atas.

Krn klo skrg, lbh ke efek ban lama, mendekati TWI, pasti lbh berisik... trus ganti ban baru.

Yg penting jaga tekanan ban jgn di bawah 32 psi.
Max 40 psi.

Rentangnya 32 ~ 40 psi
om.. kenapa ya kalo ban setir venturer dan pjs saya, selalu nih habis di sisi kiri dan kanannya saja? alur ban di tengah mungkin masih 30%.
venturer dulu bawaan dunlop apa deh lupa. trus saya ganti alenza juga gitu. skrg pake lm705
kalo pajero lupa dah dunlop apa gitu

eh lupa post. tekanan angin selalu rata 35-36
Habisnya bagian luar?
Atau dalam ban?

Cb cek aja sudut chambernya gmn mbah

Image
habisnya bagian luar dan dalam. yang kesisa bener2 cuma jalur tengah aja. sisa 30%an si jalur tengah. pemakaian 40rb km full di ban setir only, nggak pernah rotasi.

kalo tiap habis ganti ban kan itu pasti spooring balancing ya. itu sih semua menurut komputer udh normal semua nggak ada miring2 gimana
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Mon Oct 02, 2023 2:14
Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 2:06
iamwewe wrote: Mon Oct 02, 2023 1:57

om.. kenapa ya kalo ban setir venturer dan pjs saya, selalu nih habis di sisi kiri dan kanannya saja? alur ban di tengah mungkin masih 30%.
venturer dulu bawaan dunlop apa deh lupa. trus saya ganti alenza juga gitu. skrg pake lm705
kalo pajero lupa dah dunlop apa gitu

eh lupa post. tekanan angin selalu rata 35-36
Habisnya bagian luar?
Atau dalam ban?

Cb cek aja sudut chambernya gmn mbah

Image
habisnya bagian luar dan dalam. yang kesisa bener2 cuma jalur tengah aja. sisa 30%an si jalur tengah. pemakaian 40rb km full di ban setir only, nggak pernah rotasi.

kalo tiap habis ganti ban kan itu pasti spooring balancing ya. itu sih semua menurut komputer udh normal semua nggak ada miring2 gimana
Itu biasanya tekanan bannya kurang.

Mobil apa mbah?
Coba cek di manual pinggir pintu brp tekanan rekomendasinya?
Tekanan ban max di sidewall brp?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 3:04

Itu biasanya tekanan bannya kurang.

Mobil apa mbah?
Coba cek di manual pinggir pintu brp tekanan rekomendasinya?
Tekanan ban max di sidewall brp?
nah masalahnya ini di 2 mobil lho. inova dan pajero. semua sama, setir sisi luar kiri kanan.

padahal angin selalu rata 35-36psi dpn blkg.

ya kepikiran juga sih apa angin kurang.. makanya yg nahan kaya sidewallnya sisi kiri kanan kan. tapi ini udh full rata angin sgitu masa iya masih kurang juga. ya udhlahh pasrah. ini mah iseng aja nanya suhu, kali aja ada pendapat lain hahaha

kalo sesuaiin sama stiker di pintu mobil, itu nggak pernah. semua mobil selalu isi rata 35-36psi. supaya memudahkan saya tiap mampir ke toko ban, kalo ada yang kurang or selisih jauh dari yang lain, ya berarti saya cek paku, gitu aja sih.

tekanan ban max sidewall nggak tau nih.. liatnya dari mana ini ya
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Mon Oct 02, 2023 4:10
Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 3:04

Itu biasanya tekanan bannya kurang.

Mobil apa mbah?
Coba cek di manual pinggir pintu brp tekanan rekomendasinya?
Tekanan ban max di sidewall brp?
nah masalahnya ini di 2 mobil lho. inova dan pajero. semua sama, setir sisi luar kiri kanan.

padahal angin selalu rata 35-36psi dpn blkg.

ya kepikiran juga sih apa angin kurang.. makanya yg nahan kaya sidewallnya sisi kiri kanan kan. tapi ini udh full rata angin sgitu masa iya masih kurang juga. ya udhlahh pasrah. ini mah iseng aja nanya suhu, kali aja ada pendapat lain hahaha

kalo sesuaiin sama stiker di pintu mobil, itu nggak pernah. semua mobil selalu isi rata 35-36psi. supaya memudahkan saya tiap mampir ke toko ban, kalo ada yang kurang or selisih jauh dari yang lain, ya berarti saya cek paku, gitu aja sih.

tekanan ban max sidewall nggak tau nih.. liatnya dari mana ini ya
Ada di sidewall luar.
Tulisannya imut :big_biglaugh:

Makin berat mobil, biasanya makin besar tekanan bannya.

Contoh pswt b737, itu tekanan idealnya 200 psi :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by darrelund »

rivaldiprtm wrote: Thu Sep 14, 2023 5:31 Dari beberapa list di atas ane mencoba untuk melakukan filtrasi yang lebih spesifik, yaitu budget! :big_biglaugh: iya ini harus disesuikan dengan kemampuan ya guys! Untuk budget per 1pcs ban ane coba kerucutin di sekitar 900rb-1jt/pcs, akhirnya keluarlah beberapa pilihan ban yang malah jadi bikin super bingung :big_think: list sbb :

1. Dunlop SP Sport LM 705
2. Hankook Ventus Prime 3
3. GT Radial Champiro Touring A/S
4. Falken Sincera SN832i
5. Continental Comfort Contact CC6
ni selling pointnya prime 3, dan yg membuat oe akirnya beli

ban sekelas prime 3 harganya ud ga karuan kayak dulu. oe kmrn cari yg ukuran 195/55 16 aja ud diatas 1jt semua, cuma prime 3 yg 850rb sendiri yg mana harganya setara enasep :big_biglaugh:

dan emg ni ban lebih buat comfort sih stelannya, dia ga terlalu sharp tapi masih cukup responsif klo manuver

buat harga segitu seh oke bgt ni ban

cuma emg klo lagi ga ngeh suka heran sendiri ni ban kenapa keliatannya kurang angin, padahal ud sesuai stiker pintu :big_biglaugh:

yg anti eco"an tapi pingin ban touring & ndak spend banyak, cocok :big_exellent:
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1176
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by t105erd »

darrelund wrote: Mon Oct 02, 2023 11:31
rivaldiprtm wrote: Thu Sep 14, 2023 5:31 Dari beberapa list di atas ane mencoba untuk melakukan filtrasi yang lebih spesifik, yaitu budget! :big_biglaugh: iya ini harus disesuikan dengan kemampuan ya guys! Untuk budget per 1pcs ban ane coba kerucutin di sekitar 900rb-1jt/pcs, akhirnya keluarlah beberapa pilihan ban yang malah jadi bikin super bingung :big_think: list sbb :

1. Dunlop SP Sport LM 705
2. Hankook Ventus Prime 3
3. GT Radial Champiro Touring A/S
4. Falken Sincera SN832i
5. Continental Comfort Contact CC6
ni selling pointnya prime 3, dan yg membuat oe akirnya beli

ban sekelas prime 3 harganya ud ga karuan kayak dulu. oe kmrn cari yg ukuran 195/55 16 aja ud diatas 1jt semua, cuma prime 3 yg 850rb sendiri yg mana harganya setara enasep :big_biglaugh:

dan emg ni ban lebih buat comfort sih stelannya, dia ga terlalu sharp tapi masih cukup responsif klo manuver

buat harga segitu seh oke bgt ni ban

cuma emg klo lagi ga ngeh suka heran sendiri ni ban kenapa keliatannya kurang angin, padahal ud sesuai stiker pintu :big_biglaugh:

yg anti eco"an tapi pingin ban touring & ndak spend banyak, cocok :big_exellent:
Emang hankook dari yg kinergy eco sampai prime keliatan kaya ban kempes, moga harganya ga naik2 ke puncak gunung kaya yg merk sebelah. Biar kita2 masih bisa ngerasain ban yg murmercrot
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Fenomena Hydroplaning

Post by Suryaputra »

Bacaan bagus nih.. :mky_03: 😵‍💫

https://jurnal.lapan.go.id/index.php/ju ... le/2528/26
Kesimpulan Penelitian ini adalah :
Metode empirik yang akurat dalam memprediksi hydroplaning adalah metode empirik yang dilakukan oleh NASA.

Semakin kecil kedalaman groove, maka semakin kecil luas penampang groove dan semakin besar gaya kompresi yang terjadi pada bagian bawah ban dan semakin memperbesar
kemungkinan terjadinya fenomena hydroplaning.
Btw inget postingan mbah kiel, potenza RE003 gokils sih luas groove nya :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Greenhunter »

iamwewe wrote: Mon Oct 02, 2023 1:57
Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 0:12
Karakter nyaman ban asli untuk daily use, ketauan setelah 5rb km ke atas.

Krn klo skrg, lbh ke efek ban lama, mendekati TWI, pasti lbh berisik... trus ganti ban baru.

Yg penting jaga tekanan ban jgn di bawah 32 psi.
Max 40 psi.

Rentangnya 32 ~ 40 psi
om.. kenapa ya kalo ban setir venturer dan pjs saya, selalu nih habis di sisi kiri dan kanannya saja? alur ban di tengah mungkin masih 30%.
venturer dulu bawaan dunlop apa deh lupa. trus saya ganti alenza juga gitu. skrg pake lm705
kalo pajero lupa dah dunlop apa gitu

eh lupa post. tekanan angin selalu rata 35-36
Screenshot_20231003-092805_Chrome.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

Greenhunter wrote: Tue Oct 03, 2023 2:31
iamwewe wrote: Mon Oct 02, 2023 1:57
Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 0:12
Karakter nyaman ban asli untuk daily use, ketauan setelah 5rb km ke atas.

Krn klo skrg, lbh ke efek ban lama, mendekati TWI, pasti lbh berisik... trus ganti ban baru.

Yg penting jaga tekanan ban jgn di bawah 32 psi.
Max 40 psi.

Rentangnya 32 ~ 40 psi
om.. kenapa ya kalo ban setir venturer dan pjs saya, selalu nih habis di sisi kiri dan kanannya saja? alur ban di tengah mungkin masih 30%.
venturer dulu bawaan dunlop apa deh lupa. trus saya ganti alenza juga gitu. skrg pake lm705
kalo pajero lupa dah dunlop apa gitu

eh lupa post. tekanan angin selalu rata 35-36
Screenshot_20231003-092805_Chrome.jpg
mobil ladder frame tuh kayanya minimal musti 40 psi kali yaa
idealnya ya >40 psi :big_biglaugh:

karena saya lihat tabel manual, mobilio 1500cc aja, klo full load, harus dibuat 43 psi belakang nya :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Tue Oct 03, 2023 2:42
Greenhunter wrote: Tue Oct 03, 2023 2:31
iamwewe wrote: Mon Oct 02, 2023 1:57

om.. kenapa ya kalo ban setir venturer dan pjs saya, selalu nih habis di sisi kiri dan kanannya saja? alur ban di tengah mungkin masih 30%.
venturer dulu bawaan dunlop apa deh lupa. trus saya ganti alenza juga gitu. skrg pake lm705
kalo pajero lupa dah dunlop apa gitu

eh lupa post. tekanan angin selalu rata 35-36
Screenshot_20231003-092805_Chrome.jpg
mobil ladder frame tuh kayanya minimal musti 40 psi kali yaa
idealnya ya >40 psi :big_biglaugh:

karena saya lihat tabel manual, mobilio 1500cc aja, klo full load, harus dibuat 43 psi belakang nya :upss:
o ok2.. kalo over isi nya bagian tengah ya yang botak duluan.

om surya.... ini 35-36psi aja kalo hajar jalanan gak rata aja udah kaya gerobak apalagi di >40psi wkwkwkw
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

iamwewe wrote: Tue Oct 03, 2023 2:50
Suryaputra wrote: Tue Oct 03, 2023 2:42
Greenhunter wrote: Tue Oct 03, 2023 2:31

Screenshot_20231003-092805_Chrome.jpg
mobil ladder frame tuh kayanya minimal musti 40 psi kali yaa
idealnya ya >40 psi :big_biglaugh:

karena saya lihat tabel manual, mobilio 1500cc aja, klo full load, harus dibuat 43 psi belakang nya :upss:
o ok2.. kalo over isi nya bagian tengah ya yang botak duluan.

om surya.... ini 35-36psi aja kalo hajar jalanan gak rata aja udah kaya gerobak apalagi di >40psi wkwkwkw
Yah emg ladder frame gtu mbah

Tp drpd monokok, ttp lbh mantep ladder frame buat hajar jalan rusak sih mbah.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Oct 03, 2023 2:42
mobil ladder frame tuh kayanya minimal musti 40 psi kali yaa
idealnya ya >40 psi :big_biglaugh:

karena saya lihat tabel manual, mobilio 1500cc aja, klo full load, harus dibuat 43 psi belakang nya :upss:
mbah...

mobilio pake 43 psi tuh naikan jadi kek mana :big_biglaugh: CRV isi 5 orang angin 32 aja udah pada protes ujungnya turunin ke 30 deh.

serba salah di indo, dikasih tinggi ride comfort handling brakingnya jadi kacrut, dikasih rendah rawan. makanya bener cari ban yg sidewall nya rada keras.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Oct 03, 2023 3:39
Suryaputra wrote: Tue Oct 03, 2023 2:42
mobil ladder frame tuh kayanya minimal musti 40 psi kali yaa
idealnya ya >40 psi :big_biglaugh:

karena saya lihat tabel manual, mobilio 1500cc aja, klo full load, harus dibuat 43 psi belakang nya :upss:
mbah...

mobilio pake 43 psi tuh naikan jadi kek mana :big_biglaugh: CRV isi 5 orang angin 32 aja udah pada protes ujungnya turunin ke 30 deh.

serba salah di indo, dikasih tinggi ride comfort handling brakingnya jadi kacrut, dikasih rendah rawan. makanya bener cari ban yg sidewall nya rada keras.
Klo full load, asli beneran pas.
6 org + 2 anak kecil
Dan koper

Tp klo kosong, yah 35 psi rata aja cukup

Tekanan makin tinggi, rolling resistance berkurang = bbm lbh irit :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Oct 03, 2023 3:45
Klo full load, asli beneran pas.
6 org + 2 anak kecil
Dan koper

Tp klo kosong, yah 35 psi rata aja cukup
Bbm irit :big_biglaugh:
aduh ane aja kadang mau isi 32 aja ragu mbah. :ungg: skrg ngga pernah lebih dari 32. kecuali tipis bgt.

kemaren2 mungkin karena cuaca panas jadi cek tekanan angin 34-35. ampun deh pantesan gak enak :mky_05:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Oct 03, 2023 3:47
Suryaputra wrote: Tue Oct 03, 2023 3:45
Klo full load, asli beneran pas.
6 org + 2 anak kecil
Dan koper

Tp klo kosong, yah 35 psi rata aja cukup
Bbm irit :big_biglaugh:
aduh ane aja kadang mau isi 32 aja ragu mbah. :ungg: skrg ngga pernah lebih dari 32. kecuali tipis bgt.

kemaren2 mungkin karena cuaca panas jadi cek tekanan angin 34-35. ampun deh pantesan gak enak :mky_05:
pk nitro kah?
Last edited by Suryaputra on Tue Oct 03, 2023 3:50, edited 2 times in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Oct 03, 2023 3:48
pk nitro kah?
iya, yang di pom biasa :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Oct 03, 2023 3:49
Suryaputra wrote: Tue Oct 03, 2023 3:48
pk nitro kah?
iya, yang di pom biasa :mky_03:
oh pantes mengembang nya gak banyak

itu Honda FL5 kan WAJIB >40 psi klo hi speed,
kan ente sukanya hi speed :big_weee:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Tue Oct 03, 2023 3:50
oh pantes mengembang nya gak banyak

itu Honda FL5 kan WAJIB >40 psi klo hi speed,
kan ente sukanya hi speed :big_weee:
klo lari 200 kmh buat FL5 gak high speed lah itungannya :upss: di indo bejek 200 jg abis itu ngerem pasti :big_peace:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Tue Oct 03, 2023 3:57
Suryaputra wrote: Tue Oct 03, 2023 3:50
oh pantes mengembang nya gak banyak

itu Honda FL5 kan WAJIB >40 psi klo hi speed,
kan ente sukanya hi speed :big_weee:
klo lari 200 kmh buat FL5 gak high speed lah itungannya :upss: di indo bejek 200 jg abis itu ngerem pasti :big_peace:
Enak klo ban hi pressure.
Ditekuk lbh tajam, rubber flexnya minim.

Nyelap nyelip lbh pede (dlm batas kecepatan aman) :big_weee:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Fenomena Hydroplaning

Post by Or4cle »

Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 14:07 Bacaan bagus nih.. :mky_03: 😵‍💫

https://jurnal.lapan.go.id/index.php/ju ... le/2528/26
Kesimpulan Penelitian ini adalah :
Metode empirik yang akurat dalam memprediksi hydroplaning adalah metode empirik yang dilakukan oleh NASA.

Semakin kecil kedalaman groove, maka semakin kecil luas penampang groove dan semakin besar gaya kompresi yang terjadi pada bagian bawah ban dan semakin memperbesar
kemungkinan terjadinya fenomena hydroplaning.
Btw inget postingan mbah kiel, potenza RE003 gokils sih luas groove nya :big_exellent:
Falken Sincera SN832i, mbah ... groove nya selebar ngarai Grand Canyon :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9809
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Fenomena Hydroplaning

Post by Suryaputra »

Or4cle wrote: Tue Oct 03, 2023 4:09
Suryaputra wrote: Mon Oct 02, 2023 14:07 Bacaan bagus nih.. :mky_03: 😵‍💫

https://jurnal.lapan.go.id/index.php/ju ... le/2528/26
Kesimpulan Penelitian ini adalah :
Metode empirik yang akurat dalam memprediksi hydroplaning adalah metode empirik yang dilakukan oleh NASA.

Semakin kecil kedalaman groove, maka semakin kecil luas penampang groove dan semakin besar gaya kompresi yang terjadi pada bagian bawah ban dan semakin memperbesar
kemungkinan terjadinya fenomena hydroplaning.
Btw inget postingan mbah kiel, potenza RE003 gokils sih luas groove nya :big_exellent:
Falken Sincera SN832i, mbah ... groove nya selebar ngarai Grand Canyon :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Hoya pantes reviewnya positif :big_exellent:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by iamwewe »

Suryaputra wrote: Tue Oct 03, 2023 3:29
Yah emg ladder frame gtu mbah

Tp drpd monokok, ttp lbh mantep ladder frame buat hajar jalan rusak sih mbah.
ngelanjutin masalah treadwear jadi datanya sy dpt alenza saya treadwear 300 nih. trus knp ya om? kalo di LM705 nggak ketemu nih tulisan treadwear. entah apa saya yg gk teliti. lagi puanas pol di luar, berdebu pula wkwkw
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (1).jpeg
gara2 si om.. saya jadi baca2 lagi tulisan di pipi ban wkwkwkw

menariknya disini ditulis si alenza tahan cuma max 44ps vs si lm705 di 51ps
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25.jpeg
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (2).jpeg
nah ini stiker rekomendasi pabrikan utk tekanan ban
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (3).jpeg
dan ini nih kembang alenza saya di taro di belakang. abisnya ya sama aja nih, kiri kanan yg abis tengahnya msh ada kembangan
WhatsApp Image 2023-10-03 at 11.51.25 (4).jpeg
iya kalo ladder buat hajar jalan rusak sih no debat deh emang.. gk usah sayang2 jalan pelan2 bodo amat. tapi tetep aja rasanya kalo anginnya kekencengan, 40psi gitu sih kerasa banget grebek2nya
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.